Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Soal TIK kurikulum 2013 yahuu

Sep
04
2014
by : Bupeko. Posted in : blog

I. Berilah tanda (X) pada salah satu alternatif jawaban yang tepat!

1. Gambar natural/alam umumnya merupakan jenis gambar ….
A. Digital
B. Vektor
C. Bitmap
D. Sketsa
E. Pixel

2. Sebuah gambar dibangun dari garis-garis yang diformulasikan secara matematik, merupakan definisi dari gambar jenis….
A. Digital
B. Bitmap
C. Skalar
D. Vektor
E. Pixel

3. Sebuah gambar dibangun dari kumpulan titik-titik berwarna, merupakan definisi dari gambar jenis….
A. Digital
B. Bitmap
C. Skalar
D. Vektor
E. Pixel

4. Kedalaman warna (bit depth) akan berpengaruh pada :
A. Banyaknya warna yang ditampilkan pada sebuah gambar
B. Tingkat kecerahan warna sebuah gambar
C. Tingkat kekontrasan warna sebuah gambar
D. Kemampuan membedakan warna gelap dan terang
E. Banyaknya titik-titik berwarna pada sebuah gambar

5. Salah satu extensi gambar jenis bitmap adalah ….
A. .wmf
B. .svg
C. .ico
D. .png
E. .cdr

6. Salah satu extensi gambar jenis vector adalah ….
A. .jpeg
B. .bmp
C. .cdr
D. .pdf
E. .gif

7. Pada program Aplikasi Corel Draw, untuk memunculkan deretan tombol fungsi di bagian atas atau disamping kiri layar utama, dilakukan dengan cara ….
A. View – toolbar
B. Klik kanan menu bar
C. Tool – options
D. Menu – tool
E. File – Tool

8. Untuk memunculkan palet warna, kita gunakan menu ….
A. File
B. View
C. Tools
D. Windows
E. Help

9. Pada Corel, scrolling wheel pada mouse dapat digunakan untuk ….
a. Browse objek
b. Zoom in Zoom out
c. Scroll objek
d. Slide objek
e. Memutar objek

10. Pada program Aplikasi Corel Draw, deretan tombol fungsi di bagian atas layar pembuka yang selalu berganti-ganti tergantung pada apa yang kita kerjakan disebut ….

A. Toolbox
B. Property Bar
C. Format Bar
D. Status Bar
E. Standard Bar

11. Pada program Aplikasi Corel Draw, di samping kiri jedela edit terdapat bar yang berisi berbagai perintah tool, disebut ….
A. Toolbox
B. Property Bar
C. Format Bar
D. Status Bar
E. Menu Bar

12. Untuk memperoleh bentuk-bentuk jajaran genjang, hati, halilintar, bulan sabit, segitiga siku-siku dll, kita aktifkan modus
A. Freehand tool
B. Rectangle tool
C. Ellipse tool
D. Polygon tool
E. Basic tool

13. Untuk membuat segitiga sama sisi kita aktifkan modus …..
A. Freehand tool
B. Rectangle tool
C. Ellipse tool
D. Polygon tool
E. Basic tool

14. Untuk membuat lingkaran sempurna; sambil melakukan “dragging”; kita tekan tombol …
A. Shift
B. Alternate (Alt)
C. Control (Ctrl)
D. Ctrl + Shift
E. Space

15. Untuk memperoleh bentuk berikut yang paling cepat

Kita aktifkan modus
A. Freehand tool
B. Rectangle tool
C. Graph Paper tool
D. Table Tool
E. Basic tool

16. Untuk memilih sebuah Objek kita aktifkan modus ….
A. Pick tool
B. Shape tool
C. Zoom tool
D. Hand tool
E. Smudge tool

17. Untuk memilih beberapa Objek secara acak kita lakukan dengan cara …..
A. Blok gambar yang akan dipilih
B. Klick + Shift
C. Klick + Ctrl
D. Block + Shift
E. Block + Ctrl

18. Untuk membuat bujur sangkar dengan titik pusat tertentu sambil melakukan “dragging” dari satu titik kita tekan tombol
A. Space
B. Ctrl + Shift
C. Ctrl
D. Alt
E. Shift

19. Untuk mengedit bentuk tak beraturan kita aktifkan modus ….
A. Pick tool
B. Shape tool
C. Zoom tool
D. Hand tool
E. Smudge tool

20. Untuk mendapatkan bentuk berikut, kita peroleh pada modus ….

A. Basic Shape – Brush
B. Freehand Tool – Artistic
C. Artistic media – Brush
D. Multimedia – Artistic
E. Smartmedia – Brush

21. Untuk membuat bentuk disamping, kita gunakan fungsi ….
A. Weld
B. Trim
C. Intersect
D. Simplify
E. Front minus back
22. Untuk membuat gambar berikut,

Kita gunakan fungsi ….
A. Weld
B. Trim
C. Intersect
D. Simplify
E. Front minus back

31.Untuk memperoleh gambar berikut,

Kita gunakan fungsi ….
A. Weld
B. Trim
C. Intersect
D. Simplify
E. Front minus back

32.Agar sebuah objek text merekat dan mengikuti bentuk kurva, kita pilih menu dan sub menu ….
A. Text – Fit text to path
B. Text – Text align
C. Tool – Text Path
D. Tool – Text align
E. Edit – Text align

33.Icon berikut berguna untuk ….
A. Flip objek vertical/ horizontal
B. Memutar objek
C. Melipat objek mendatar/ vertical
D. Mencerminkan objek
E. Skew objek

34.Agar sebuah objek dasar bisa diedit, langkah pertama yang kita lakukan ….
a. Mengubah objek menjadi kurva
b. Menduplikasi objek
c. Meng-combine objek
d. Meng-crop objek
e. Mengubah objek menjadi pixel

35.Efek gradasi warna pada Corel kita dapatkan pada ….
a. Paint Bucket Tool
b. Fountain Fill Dialog
c. Gradient Tool
d. Opacity Tool
e. Fill Color Dialog

36.Pada Corel Draw, untuk menyusun objek kita gunakan menu ….
a. File
b. Edit
c. View
d. Arrange
e. Effect

37.Untuk mengekstrak gambar (memotong objek bentuk acak kita gunakan ….
a. Lasso tool
b. Magnetic lasso tool
c. Magic wand tool
d. Polygonal lasso tool
e. Elliptical marquee tool

1. Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua jenis, yaitu ….
a. garis dan kurva d. grafis vektor dan raster
b. grafis bitmap dan gravis vektor e. grafis bitmap dan raster
c. grafis rester dan resolution
2. Apabila image bitmap diperbesar melebihi kemampuan maksimalnya, maka hasilnya adalah ….
a. detail warna hilang d. akan terlihat makin jelas
b. gradasi akan berkurang e. akan terlihat pecah atau kabur
c. memiliki kemampuan untuk tidak pecah
3. Berikut ini program aplikasi grafis yang cukup populer untuk membuat karya grafis kecuali ….
a. Excel d. Photoshop
b. Macromedia FreeHand e. CorelDRAW
c. Corel Photo Paint
4. Untuk membuat kurve tool yang kita pergunakan adalah ….
a. ellips d. basic shape
b. rectangle e. freehand
c. polygon
5. Untuk membesarkan dan mengecilkan tampilan tool yang dipergunakan adalah ….
a. Tool ellips d. Tool pick
b. Tool rectangle e. Tool zoom
c. Tool polygon
6. Spesial efek yang menjadikan garis tepi objek menjadi berlapis-lapis dengan beraneka warna lapisan adalah ….
a. Interactif transparency tool d. Interactif Distortion
b. Interactif blend tool e. Interactif Contour
c. Interactif Envelope
7. Setiap pekerjaan yang telah kita buat tentu harus disimpan. Cara menyimpan hasil kerja dimulai dengan ….
a. klik File pilih Open d. klik Edit pilih Paste
b. klik Edit pilih Properties e. klik File pilih Save
c. klik File pilih New
8. Untuk memanggil bitmap yang berada di library yang tersedia, caranya adalah ….
a. klik tool Interactif Envelope
b. klik tool interactive distortion > lalu drag di dalam objek segi empat
c. klik salah satu palet warna
d. klik tool Interactif Contour, lalu drag bebas di dekat objek kurva tertutup
e. klik Fill Dropdown > pilih Other
9. Untuk mengubah ukuran sebuah objek terpilih menjadi kelipatan ukuran objek orisinil adalah ….
a. tekan tombol F1 lalu seret salah satu pegangan seleksi
b. tekan tombol Caps Lock lalu seret salah satu pegangan seleksi
c. tekan tombol ALT lalu seret salah satu pegangan seleksi
d. tekan CTLR lalu seret salah satu dari pegangan seleksi
e. tekan tombol SHIFT lalu seret salah satu dari pegangan seleksi
10. Objek Pre-defined ada yang memiliki titik berwarna merah yang dapat digeser-geser untuk mengubah bentuk objek itu sendiri. Objek tersebut ialah ….
a. Perfect Shape d. Callout Shape
b. Flowchart Shape e. Basic Shape
c. Glyphs
11. Tool untuk pewarnaan disebut ….
a. Shape Edit Flyout d. Eyedrop flyout
b. Fill Flyout e. Basic Shape
c. Interactive Flyout
12. Suatu jenis pengisian warna yang hanya memiliki satu macam warna penuh pada sebuah objek adalah ….
a. Fountain Fill d. Patern Fill
b. PostCrip Texture e. Uniform Fill
c. Two Color Bitmap Patern
13. Anda dapat membuat kustom tekstur fill dengan menspesifikasi setting yang diinginkan di dalam ….
a. Transform will with objek d. on – screen fill tiling vector
b. Tiling e. Style Name area
c. Texture library
14. Anda dapat menset tile origin dari sebuah tekstur file dengan memasukkan sebuah nilai di dalam kotak X dan kotak Y pada ….
a. Origin area d. Row or Column offset area
b. Size area e. Mirror area
c. Transform area
15. Untuk memutar sebuah pengisian tekstur, Anda dapat memasukkan sebuah nilai putaran di dalam kotak ….
a. Row d. Rotate
b. Y e. Column
c. X
16. Anda dapat membuat offset pada pengisian tekstur yang dapat melihat setiap perubahan yang dibuat terhadap offset yang dilakukan dengan mengklik tombol ….
a. Tiling d. Style Name
b. Preview e. Option
c. Texture Library
17. Untuk mengimpor file image bitmap, dapat diawali dengan langkah berikut ini ….
a. klik File > Acquire Image d. klik File > Open
b. klik File > Revert e. klik File > New From Template
c. klik File > Import
18. Sebuah perintah untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dari sebuah image bitmap ….
a. Inflate Bitmap d. Cropping
b. Fit Text To Path e. Color Transform
c. Sharpen
19. Untuk membuat sebuah kotak dapat menggunakan tool berikut ini ….
a. Star Shape d. Rectangle Tool
b. 3 Point Ellipse Tool e. 3 Point Rectangle Tool
c. Ellipse Tool

20. Untuk membuat objek ini tool yang digunakan adalah ….
a. 3 Point Curve Tool d. Bezier Tool
b. Pen Tool e. Freehand Tool
c. Rectangle Tool
21. Anda dapat menempatkan artistic teks sepanjang sebuah path dari sebuah objek garis, kurva terbuka, atau sebuah objek kurva tertutup seperti objek bujur sangkar, lingkaran, elips, dan lain-lain dengan menggunakan cara berikut ini ….
a. klik Text > Straighten Text d. klik Text > Fit Text To path
b. klik Text > Insert Character e. klik Text > Format Text
c. klik Text > Edit Text
22. Pilihan berikut ini digunakan untuk mengatur jarak teks terhadap path ….
a. Distance From d. Vertikal Placement
b. Text Orientation e. Horizontal Offset
c. Text Placement
23. Untuk mengubah atribut font, langkahnya adalah sebagai berikut ….
a. klik Text > Fit Text To path d. klik Text > Edit Text
b. klik Text > Straighten Text e. klik Text > Format Text
c. klik Text > Insert Character
24. Untuk mengisi sebuah objek dengan warna texture digunakan tool ….
a. Patern Fill dialog d. Fountain Fill dialog
b. Texture Fill dialog e. Fill Color dialog
c. Color Docker Window
25. Untuk memudahkan Anda dalam memilih warna, Anda dapat menampilkan nama dari Fixed Color atau Custom Color dengan mengklik ….
a. Type > Preset d. Options > Show Color Names
b. Add to Pallet > Default e. Color Blend > Two Color
c. Options > Swap Color
26. Untuk mengubah ukuran tekstur tile, langkah pertama yang harus dilakukan adalah sebagai ….
a. klik Pallet pada kotak dialog Uniform Fill
b. klik Mixer pada kotak dialog Uniform Fill
c. klik Full Color pada kotak dialog Patern Fill
d. klik tombol tiling pada kotak dialog Texture Fill
e. klik Model pada kotak dialog Texture Fill
27. Anda juga dapat menentukan persentase ukuran tile dengan menspesialisasikan nilai dalam kotak ….
a. Mirror area d. Transform area
b. Origin area e. % of tile Size
c. Size area
28. Untuk mengatur susunan objek Anda dapat menggunakan perintah berikut ini ….
a. klik menu Bitmap > Resample
b. klik menu Bitmap > Edit Bitmap
c. klik menu Arrange > Align and distribute
d. klik menu Arrange > Clear Transformation
e. klik menu Arrange > Shaping
29. Kita dapat membuat efek kertas menggulung dengan langkah ….
a. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Cylinder
b. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Page Curl
c. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Emboss
d. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Perpecstive
e. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Shepere
30. Untuk memisahkan teks dari sebuah path dapat dilakukan dengan langkah berikut ini ….
a. klik arrange > Shaping
b. klik arrange > Convert to Curve
c. klik arrange > break a part
d. klik arrange > Align and Distribute
e. klik arrange > Transformation

Testimoni

artikel lainnya Soal TIK kurikulum 2013 yahuu



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Sunday 26 April 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER     MEMBUAT ALGORITMA…

Thursday 22 January 2015 | blog

YAYASAN PENDIDIKAN WARGA SURAKARTA SMA WARGA SKA JL. MONGINSIDI No. 21 TELP. 638873 SURAKARTA 57128 RENCANA…

Thursday 18 December 2014 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA     MEMFASILITASI PROSES PEMBELAJARAN PLK.MP02.009.01…

Thursday 6 August 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     MENGUJI KINERJA KOMPUTER…