Menu

Bisnis toko online adalah bisnis yang sangat bagus

Oct
14
2011
by : 1. Posted in : blog

Tips on line shop

Bisnis toko online adalah bisnis yang sangat bagus untuk dibuka bagi mereka yang tidak mempunyai modal terlalu besar, atau yang ingin mengembangkan jaringan tokonya agar menjangkau seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia, tanpa harus menghabiskan uang untuk membuka cabang.
Namun, banyaknya pesaing membuat berdagang toko online seolah-olah seperti memiliki bisnis komoditas. Seringkali ada kejadian para pebisnis yang berjualan lewat online menjual barang yang persis sama, bahkan dengan foto yang sama. Padahal, dengan beberapa strategi yang bagus, toko online Anda akan menarik dilihat dan disukai pengunjung. Siapa tahu, banyak yang akan berlangganan untuk berbelanja di toko online milik Anda.
1. Logo yang Unik
Pasanglah logo atau nama toko yang unik untuk toko online Anda. Buatlah logo yang “mencolok” mata pengunjung ketika melihatnya. Namun, Anda harus menyesuaikannya dengan produk dan target pasar Anda. Bila Anda berjualan baju untuk remaja wanita dengan desain yang anggun, pilihlah warna-warna yang manis seperti pastel.
Sesuaikan desain logo yang Anda buat dengan nama toko Anda. Jangan sampai, Anda memiliki toko dengan nama ‘Princess’ namun Anda malah menampilkan karakter badut dalam logonya. Akan tetapi, tentu saja itu semua kembali ke dalam kreativitas Anda.
Di YukBisnis HOT kami juga pernah mewawancara salah satu member YukBisnis mengenai bagaimana membuat logo yang menjual. Lihat wawancara selengkapnya disini.

2. Moncrot-moncrot
Pernahkah Anda makan di McDonald atau Pizza Hut? Perhatikanlah gambar dari setiap menu yang disediakan di sana. Pasti Anda dibuat ngiler melihatnya. Kelihatannya semua enak dan menggiurkan, padahal belum tentu gambar dengan kenyataannya sama persis.

Buatlah foto produk Anda tampil seperti itu. Meski bukan makanan, produk Anda juga bisa tampil moncrot-moncrot, alias menggiurkan. Misalnya baju atau sepatu, Anda harus memotretnya dengan kamera dan pencahayaan yang bagus, minimal menggunakan kamera digital. Carilah toko online yang terkenal dan mempunyai foto produk yang bagus, dan tirulah trik mereka untuk membuat produk Anda kelihatan ‘wah’ di dalam display internet.
Jangan lupa, karena pembeli tidak bisa melihat barang tersebut secara detail, berikan juga foto-foto close up untuk menunjukkan detail produk tersebut. Misalnya pada produk tas, tunjukkan isi tas tersebut seperti apa, dan bila dipakai kira-kira bagaimana. Mudah, bukan?
Lihat video dibawah ini. McDonald’s Canada akan membuka rahasia membuat foto produk yang mempesona:
3. Pelayanan yang Ramah
Suatu hari Mas J bercerita kepada saya, beliau pernah melihat sebuah toko online yang menjual berbagai macam kalung yang lucu-lucu dan unik. Dia memajang foto produk dengan begitu apik dan mendesain logo yang akrab dengan dunia para gadis. Sudah pasti cewek-cewek seperti saya tertarik untuk membelinya. Akan tetapi, di dalam deskripsi produk tersebut terdapat tulisan “FOR SERIOUS BUYER ONLY.”
Menurut Anda, bila Anda melihat toko online yang memasang peringatan seperti itu, bukankah Anda merasa ‘ditolak’? Siapa yang tidak takut untuk bertanya-tanya atau menghubungi toko online Anda bila Anda bersikap seperti itu?
Terlebih lagi, ketika Mas J menghubungi toko online tersebut via telepon, yang pertama kali diucapkan adalah “Maaf, ini siapa ya?”
Padahal, bila Anda mencantumkan nomor customer service untuk dihubungi di toko online Anda, sebaiknya Anda tidak berkata begitu. Lebih baik Anda mengangkat telepon dengan mengatakan, “Ini toko online X, ada yang bisa dibantu?”

4. Harga yang Realistis
Toko online akhir-akhir ini sedang sangat digemari oleh banyak kalangan bisnis. Karena itu, Anda harus memaklumi ketatnya persaingan yang harus Anda hadapi. Masalah harga kembali menjadi masalah yang sensitif untuk para pembeli. Seperti yang telah saya bahas di awal artikel ini, banyaknya pebisnis yang menjual barang yang sama di toko online mereka, membuat bisnis ini nyaris menjadi komoditas.
Berilah harga yang realistis untuk para konsumen agar menghindari persaingan. Kecuali bila barang Anda sangat unik hingga tidak bisa dibandingkan. Atau, barang Anda mempunyai ciri khas tersendiri sehingga membuat pembeli tidak bisa menemukan barang yang sama persis seperti yang Anda jual.

5. Mudahkan Pembayaran
Bila pengunjung sudah tertarik melihat desain logo dan nama toko Anda, kemudian telah melihat-lihat barang yang tertata apik dengan foto yang berkualitas bagus, dengan harga yang murah pula, tetapi tiba-tiba ketika akan membayar, dia harus mengisi sejumlah formulir atau rekening bank Anda tidak sesuai dengan apa yang dia punya.
Memudahkan pengunjung untuk membayar adalah faktor yang sangat penting, demi kesuksesan bisnis Anda. Sediakan minimal tiga rekening bank yang berbeda, seperti Mandiri, BCA dan BNI. Kemudian jelaskan tahap-tahap pembayaran yang harus dia lalui. Lebih baik lagi bila Anda memangkas tahap-tahap tersebut dengan hanya satu klik saja, misalnya.
Untuk lebih memudahkan lagi, Anda bisa menggunakan fitur semacam YubiPay sehingga pembeli semakin yakin dan memiliki pilihan pembayaran yang lebih fleksibel.

Pembeli adalah Raja, tetapi Anda adalah ‘Dewa’ yang dapat mempengaruhi Raja agar setia kepada Anda. Semoga apa yang saya tulis dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat berbisnis online!

Profil
3 Aplikasi SEO untuk Meningkatkan Trafik Website
Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (Sumber:Wikipedia)
Di dalam Yukbisnis HOT, telah banyak artikel yang membahas SEO, artikel secara teknis kebanyakan ditulis oleh Mas Fikry Fatullah. Sekarang saya akan mencoba untuk membahas beberapa aplikasi SEO untuk meningkatkan trafik website Anda.

1. BoostSuite

BoostSuite adalah software aplikasi yang didesain khusus untuk bisnis skala kecil. Aplikasi ini mengambil data dari website Anda dan menganalisisnya, kemudian memberikan daftar apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki SEO website Anda. BoostSuite juga akan memberikan perkiraan pendapatan yang bisa Anda raih dalam website Anda bila Anda melakukan apa yang mereka sarankan.
Bila Anda ingin mencobanya secara gratis, Anda akan mendapatkan 25 saran yang bisa Anda terapkan untukwebsite Anda. Lumayan, bukan?

2. Scribe

Scribe akan membantu Anda untuk mengoptimalkan konten, sosial dan pencarian hanya dalam satu aplikasi. Scribe akan memberitahu Anda konten yang paling menarik dan paling banyak dicari, yang berhubungan dengan bisnis Anda, sehingga Anda bisa membuat konten sesuai dengan yang mereka sarankan.

3. SEOmoz
SEOmoz sudah seperti ‘leluhur’ dari praktek SEO terbaik. Versi pro-nya akan membantu Anda untuk me-manage SEO website Anda, menganalisis situs Anda secara reguler, kemudian memberikan saran dan rekomendasi. Di dalam website-nya juga terdapat komunitas-komunitas yang bisa membantu Anda bila terdapat kesulitan. SEOmoz juga menyediakan toolbar gratis yang bisa Anda download yang menginformasikan kepada Anda metrik SEO setiap situs ketika Anda sedang menjelajah di internet.
Selain itu, aplikasi ini memfasilitasi penggunanya dengan berbagai blog dan e-book yang bermanfaat untuk Anda sebagai pemula dalam bidang SEO. Hal ini membuat SEOmoz menjadi sumber belajar SEO untuk pemula maupun professional karena kelengkapan content yang mereka miliki. Meskipun berbayar, Anda bisa mencobanya secara gratis untuk 30 hari :D.

SEO memang penting untuk online marketing bisnis Anda, namun bukanlah satu-satunya yang dapat meningkatkan omset atau pelanggan Anda. Meskipun begitu, ada baiknya juga bila Anda mulai belajar SEO dari sekarang, supaya bisnis Anda tidak ketinggalan jaman :)

Ilustrasi: Sean MacEntee
Disadur
Membuat Profil Twitter Yang Menjual
Profil di Twitter sering kali menjadi hal pertama yang dibaca oleh target pasar Anda setelah tweet Anda. Profil Twitter yang baik bisa membuat perbedaan besar apakah seseorang akan mem-follow Anda atau tidak. Jika Anda menggunakan Twitter untuk bisnis Anda, Anda juga tidak bisa melupakan salah satu elemen penting ini. Namun kendala yang harus Anda hadapui seperti semua hal di Twitter adalah: keterbatasan ruang. Twitter hanya mengizinkan Anda untuk menulis profil sepanjang 160 karakter, sebuah gambar header, sebuah profil picture, gambar background, dan satu alamat website. Hal ini sangat sedikit jika Anda gunakan untuk mengkomunikasikan seperti apa bisnis Anda ke pasar Anda. Namun dengan sedikit trik, Anda dapat memanfaatkan seluruh elemen profil Anda untuk berpromosi.
Mari kita lihat elemen profil Twitter ini satu-persatu:

Header Image

Header image adalah gambar yang akan Anda lihat pada bagian utama profil Anda. Fungsinya mirip sepertiFacebook Cover. Header image akan menjadi latar belakang tulisan profil Anda, jadi pilihlah warna-warna yang akan membuat profil Anda mudah untuk dibaca. Header image juga akan muncul secara seragam dimanapun Anda mengakses Twitter. Baik dari PC,. iPhone, iPad, Android, dll.

Karenanya pertimbangkan gambar yang mudah dilihat dari seluruh gadget tersebut. Dimensi yang ditekomendasikan untuk header image di Twitter adalah:
• Dimensi gambar yang direkomendasikan: 1252 pixels x 626 pixels.
• Memiliki lebar lebih dari 700 pixels agar kualitas gambarnya terjaga.
• Memiliki ukuran file dibawah 5MB.
Twitter akan secara otomatis memberikan sedikit efek bayang-bayang berwarna abu-abu kehitaman pada bagian bawah foto Anda. Karenanya bereksperimenlah hingga Anda mendapatkan komposisi header image yang tepat.
Anda dapat meng-upload header image pada bagian: Setting => Profile.

Untuk memudahkan Anda, gunakan template Photoshop ini untuk memandu Anda dalam mendesain TwitterHeader. Download template-nya disini.

Background Image
Background image adalah gambar yang menjadi latar belakang halaman profil Anda di Twitter. Background image dapat bermanfaat sebagai media berkomunikasi visual dan jika dikombinasikan dengan header image, dapat membantu sarana komunikasi visual bisnis Anda. Namun hal yang harus Anda ingat adalah, background image tidak bisa di klik, sehingga buatlah informasi seperti alamat URL Anda menjadi mudah untuk dibaca. YukBisnis sendiri memanfaatkan background image di Twitter untuk menginformasikan akun-akun social media yang lain sekaligus berpromosi.

Agar bisa meng-upload background image, Anda dapat menuju Setting => Design. Anda dapat memilihbackground yang tersedia atau dapat membuat desain Anda sendiri.

Jika Anda mendesain sendiri saran dimensi ukuran background dari kami adalah:
• Dimensi gambar: 1922 pixels x 1201 pixels.
• Ukuran file gambar tidak lebih dari 2MB.
Anda dapat meng-upload-nya pada menu dibawah pilihan background. Temukan tombol bertuliskan “Change Background.”

Anda dapat mencentang tulisan “Tile Background” untuk mendapatkan efek gambar background yang berulang-ulang. Namun tidak saya sarankan jika dimensi Anda sudah mengikuti rekomendasi kami diatas.

Nama, Lokasi, Bio, Website
Yang harus Anda optimalkan selanjutnya adalah semua unsur profil berbasis text, yaitu: Nama, Lokasi, Bio, danWebsite. Untuk nama kami menyarankan Anda untuk menulis sebagaimana adanya brand Anda. Ingatlah bahwa Anda selalu bisa menggantinya nanti. Bereksperimenlah dengan nama bisnis Anda.
Lokasi akan langsung membentuk segmentasi pasar Anda terutama jika Anda memiliki bisnis retail atau kuliner. Jika Anda sudah memiliki lebih dari satu lokasi, tulislah lokasi kantor pusat bisnis Anda.
Untuk bio, Anda bisa menuliskan beberapa kemungkinan seperti:
• Tagline bisnis Anda.
• Nomor kontak atau alamat email yang mudah dihubungi.
• Promosi bisnis yang sedang Anda jalankan.
• Menuliskan kata kunci terkait dengan bisnis Anda agar akun Anda mudah ditemukan.
• Hal-hal yang unik diseputar bisnis Anda.
Untuk website, kami masih sering menemukan bisnis yang membiarkan alamat web-nya kosong, atau menuliskannya dengan alamat untuk profil Twitter. Jika Anda tidak memiliki website, Anda bisa saja menuliskan akun social media lain seperti Facebook. Atau Anda dapat membuat toko online gratis untuk bisnis Anda di YukBisnis dimana Anda akan mendapatkan URL khusus untuk bisnis Anda. Intinya jangan biarkan kosong bagian website ini.
Tidak ada satu formula khusus untuk membuat profil Twitter yang menjual, Anda harus terus bereksperimen dan mencari mana yang paling berhasil untuk bisnis Anda.
Selamat Mencoba.

Resep SEO Untuk Toko Online
SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu metode pemasaran online yang masih menjadi perhatian hingga sekarang. Pada dasarnya SEO membuat mesin pencari seperti Google lebih mudah untuk mengindeks website kita. Pada artikel ini kita akan membahas teknik dasar dari SEO dan mengaplikasikannya kedalam toko online Anda.
Namun sebelum kita mulai Ada baiknya Anda tahu bahwa Google memiliki 200 variabel yang biasa disebut sebagai: search signals untuk menentukan posisi website Anda di halaman hasil pencarian mereka. ke-200signal ini memberikan semacam “bobot” atau penilaian kepada website Anda dan berdasarkan penilaian tersebut, Google mengambil keputusan apakah website dimana posisi website Anda terhadap kompetitor Anda terhadap suatu kata kunci. Sementara yang saya jabarkan disini hanya sebagian kecil search signals yang akan dibaca oleh Google. Intinya adalah: mengaplikasikan teknik dasar SEO berikut ini TIDAK MENJAMINwebsite Anda akan muncul di halaman pertama (atau kedua) Google. Namun tetap akan membantu Anda menjaring target pasar yang sesuai.
SEO pada dasarnya terbagi menjadi 2 bagian besar: on-page SEO dan off-page SEO. Perbedaannya adalah:
On-page SEO: Adalah teknik SEO yang mengoptimalkan halaman website kita sendiri sehingga membuatnya menjadi mudah untuk diindeks oleh Google atau sering disebut halaman web yang Google Friendly. Teknik ini banyak membahas bagaimana mengaplikasikan kata kunci yang tepat kedalam website Anda. Walaupun konon kabarnya On-page SEO memiliki bobot tidak sebesar Off-page SEO namun tidak ada salahnya Anda menguasai terlebih dahulu teknik dasar ini.
Off-page SEO: Adalah sebuah teknik untuk membuat website lain membantu kita dalam mendapatkan bobot nilai halaman web yang lebih baik di Google. Google menilai penting atau tidaknya sebuah halaman web dari banyaknya link yang mengarah kembali ke halaman tersebut. Semakin banyak dan semakin berbobot website yang mengarah balik ke Anda, semakin baguns peringkat Anda di Google. Google menyebut metode penilaian seperti ini dengan: Page Rank (dari nama salah satu pendirinya: Larry Page.)
Artikel ini hanya akan membahas teknik dasar On-page SEO.
Untuk toko online seperti YukBisnis, pada dasarnya ada 2 jenis halaman yang harus Anda perhatikan: halaman toko online dan halaman produk. Ini detail dari keduanya:
Halaman Toko Online: Agar bisa menerapkan apa yang Anda baca disini, Anda dapat login, klik “Bisnisku,” lalu klik “Pengaturan” dari menu disebelah kiri. Anda akan melihat halaman seperti ini:
Halaman Produk: Tidak jauh berbeda dengan Halaman Toko Online, Anda dapat menuju kehalaman untuk menambah produk dengan meng-klik “Bisnisku,” lalu klik “Katalog” pada menu disebelah kiri. Klik “Tambah Produk” pada menu dibagian atas di halaman katalog. Anda akan menjumpai tampilan yang tidak jauh berbeda. Tugas Anda selanjutnya adalah sederhana. Anda tinggal mengoptimalkan kata kunci pada beberapa kolom yang sudah tersedia di kedua halaman tersebut diatas. Anda sudah siap? Mari kita mulai.

1. Menentukan Kata Kunci Yang Sesuai Untuk Bisnis Anda
Setiap bisnis memiliki nilai jual masing-masing. Tugas Anda adalah menemukan nilai jual yang unik dari bisnis Anda dan menentukan kata kunci yang cocok untuk Anda berdasarkan nilai jual yang unik tersebut. SEO adalah program jangka panjang, Anda mungkin harus bereksperimen dengan berbagai variasi kata kunci hingga Anda menemukan kata kunci yang paling sesuai untuk toko online Anda. Jangan harapkan hasil satu malam untuk suatu kata kunci.
Setelah Anda menemukan kata kunci yang sesuai, cek apakah kata kunci tersebut sering digunakan oleh target pasar Anda. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi kata kunci gratis yang banyak tersedia di internet. Kata kunci ini akan Anda gunakan untuk bagian meta title dan meta description yang akan kita bahas setelah ini.

2. Nama Bisnis, Nama Produk Dan Meta Title
Judul adalah hal pertama dan salah satu elemen terpenting yang akan diindeks oleh Google. Ada 2 jenis judul yang akan ada disemua halaman toko online Anda:
1. Judul Utama adalah judul yang dapat Anda lihat dengan mudah dihalaman bisnis/ produk. Judul utama akan berdampak ke URL atau halaman website Anda. Untuk halaman toko online Anda, judul utama adalah apa yang Anda tulis di kolom “Nama Bisnis” pada menu pengaturan sesuai gambar diatas. Untuk halaman produk, judul utama adalah apa yang Anda isi pada kolom “Nama Produk.”
2. Meta Title adalah apa yang dilihat oleh Google. Cara paling mudah melihat Meta Title Anda adalah melalui bagian atas browser Anda. Perhatikan gambar dibawah ini:

3. Deskripsi Dan Meta Description
Sama seperti layaknya judul, deskripsi adalah penjelasan bisnis atau produk Anda, sedangkan Meta Description Adalah deskripsi yang bertujuan agar Google mudah meng-indeks deskripsi produk atau bisnis Anda. Anda akan menemukan kolom untuk Meta Title dan Meta Description pada bagian bawah halaman bisnis dan halaman produk Anda. Kolomnya akan terlihat seperti ini:

4. Optimasi Toko Online
Setelah Anda paham ketiga elemen dasar tersebut, berikut ini adalah beberapa point optimasi yang dapat Anda lakukan:
• Selalu tuliskan kata kunci pada bagian awal kalimat.
• Tuliskan kata kunci pada bagian Meta Title paling tidak SATU KALI pada bagian awal. Sebagai contoh: jika kata kunci Anda: “Aksesoris iPad” maka format penulisan Meta Title yang baik adalah: “Aksesoris iPad | [Nama Toko atau merek]. Jadi jika nama toko Anda: “Juragan Aksesoris,” Maka rekomendasi Meta Titleuntuk toko online Anda adalah: “Aksesoris iPad | Juragan Aksesoris.”
• Tuliskan kata kunci secara menonjol pada awal deskripsi produk atau toko online.
• Anda dapat menuliskan kata kunci hingga 2-3 kali jika deskripsi produk Anda cukup panjang.
• Jika memungkinkan, tuliskan kata kunci paling tidak SATU KALI pada URL.
• Tuliskan kata kunci SATU KALI pada bagian awal Meta Description. Walaupun konon kabarnya hal ini tidak mempengaruhi peringkat Anda di Google, namun memiliki Meta Description Yang baik, akan lebih menarik orang lain untuk meng-klik toko Anda. Hal ini juga akan membantu jika Anda menggunakanFacebook untuk mempromosikan produk Anda.
• Tuliskan kata kunci Anda didalam nama file foto yang akan Anda upload ke toko online Anda. Contoh nama yang tidak baik: 112gjah.jpg. Editlah namanya sehingga menjadi mudah dibaca seperti: aksesoris-ipad-cover.jpg.
• Setelah beberapa waktu, lihatlah hasilnya. Apakah Anda membidik target pasar yang tepat? Jika Anda merasa belum, ulangi lagi eksperimen Anda.

5. Beberapa Hal Yang Harus Anda Hindari
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda hindari dalam mengoptimalkan toko online Anda:
• Menulis deskripsi untuk Google. Ini adalah kejadian yang umum sekali terjadi. Seringkali kita temukan deskripsi produk yang sulit sekali kita mengerti apa maksudnya. Hal ini karena sang pemilik toko ingin agar toko online-nya mudah diindeks oleh Google sehingga tidak memperdulikan struktur kosa kata bahasa Indonesia yang benar. Tulislah untuk manusia, untuk pembeli Anda. Setelah Anda membuat deskripsi yang menjual, Anda baru dapat mengoptimasi deskripsi Anda agar tetap memiliki komposisi kata kunci yang seimbang.
• Memenuhi toko online Anda dengan kata kunci. Tingkat kepadatan kata kunci tidak berpengaruh besar terhadap hasil pencarian. Sebaliknya, memenuhi toko online Anda dengan kata kunci akan membuka peluang toko online Anda tersingkir dari Google.
• Tidak sabar. Seperti yang saya tulis diatas, jangan mengharapkan hasil optimasi Anda akan muncul dalam satu malam.
• Hanya mengandalkan SEO. Ini juga sangat umum terjadi. SEO adalah BAGIAN DARI PEMASARAN ONLINE. Banyak teknik pemasaran lain yang tetap harus Anda jalankan meskipun website Anda muncul di peringkat pertama hasil pencarian di Google agar bisnis Anda bisa melesat.
• Tidak fokus. Anda tidak akan bisa muncul di Google dalam semua kategori, kata kunci yang Anda pilih harus fokus ke target pasar yang menurut Anda akan langsung tertarik dengan produk Anda.
• Mengutamakan Merek. Merek atau brand memang penting dalam bisnis. Namun jika merek Anda belum banyak dicari oleh orang lain, jangan letakkan merek atau nama toko Anda sebelum kata kunci yang Anda tuju. Banyak tempat untuk memperlihatkan merek Anda seperti di profile picture.

Inilah resep dasar SEO untuk toko online Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, kami menyediakan forum khusus SEO untuk toko online yang bisa Anda akses dialamat ini:

http://yukbisnis.com/forum/isi/4/17/473/1/resep-seo-untuk-toko-online.html

7 Strategi Meningkatkan Omzet Toko Online – Bagian 1
Bila Anda membangun toko online Anda sepuluh tahun lalu, maka sangatlah mudah untuk menjadi sukses ketimbang sekarang. Jika Anda mempunyai produk-produk untuk dijual, kemudian mulai membangunwebsite, memahami bagaimana cara agar Google dapat melihat situs Anda, dapat mengirimkan produk tersebut, Anda sangat mudah untuk berjaya.
Tetapi pada tahun 2012, Anda haruslah mengambil pendekatan secara logika terhadap strategi bisnis Anda. Secara virtual, di dalam internet sana tidak ada lagi yang dinamakan “barang unik”. Semua produk mempunyai barang substitusi masing-masing dan konsumen dapat dengan mudah mencari barang tersebut di toko yang berbeda-beda.
Terdapat tujuh strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan omzet toko online Anda:

1. Memperoleh Pelanggan Baru
Setiap bisnis e-commerce dapat dikatakan selalu mencari pelanggan baru. Jika Anda memang benar-benar fokus dalam usaha ini, ada beberapa cara baru untuk menggaet pelanggan:
• Berilah pelanggan Anda yang sudah ada beberapa bonus jika dapat menemukan pelanggan melalui teman-teman mereka, bisa juga lewat e-mail, social media, dan lain-lain.
• Perbanyak iklan. Mulai dari iklan bayar-per-klik, iklan konten, dan lain-lain. Ingat, Anda harus menganalisa iklan mana yang paling efektif untuk toko Anda, sehingga Anda tidak akan membuang uang terlalu banyak untuk itu.
• Buatlah sebuah kontes di Facebook untuk menambah pelanggan e-mail produk toko Anda, perbanyak membuat blog, nge-tweet tentang produk baru atau produk yang spesial, dan perluas followers dan fansAnda.
• Positioning baru: Ciptakan sebuah kampanye marketing dengan tampilan yang fresh dan berbeda, yang dapat menggaet segmen pasar yang berbeda dari yang sudah ada selama ini. Anda juga dapat memperbarui tampilan website Anda dan mintalah beberapa media untuk meliput toko Anda.

2. Membidik Pasar Baru
“Pasar baru” yang dimaksud disini adalah pelanggan baru yang secara keseluruhan tidak mengetahui bahwa toko online Anda ada.
Dalam beberapa kasus, pasar yang baru ini dapat dijangkau dengan membuka toko baru. Dalam kasus lainnya, seperti membidik pasar luar negeri, yang harus Anda lakukan hanyalah mengubah bahasa website Anda dengan bahasa penduduk setempat.
• Overseas market atau pasar luar negeri. Menyediakan beberapa bahasa untuk situs belanja Anda dan menyebarkan informasi mengenai toko Anda melalui iklan adalah salah satu cara untuk menjangkau pasar ini. Untuk negara yang mempunyai dasar bahasa Inggris, akan semakin mudah untuk Anda untuk menjangkaunya. Anda tinggal menyiapkan pengiriman produk Anda, beberapa proses custom, dan memahami kebiasaan orang-orang disana.
• Niche market. Anda dapat memperluas penawaran Anda melalui niche market dan membuka toko baru hanya untuk melayani hal tersebut.
• Broader market. Jika Anda mempunyai niche store, pertimbangkan untuk memperluasnya melaluibroader market.
• Grosir atau ritel? Banyak toko online yang menyediakan pelayanan grosir dan ritel untuk mengejar peluang lain di pasar. Perjelaslah perbedaan kedua macam penjualan ini, yang lebih dari sekedar perbedaan harga.
• Mobile. Banyak orang yang mulai berbelanja melalui smartphone mereka. Anda akan kehilangan banyak peluang jika tidak mulai berjualan lewat sana.
• Juallah melalui channel baru. Perluas penawaran produk Anda melalui beberapa platform e-commercelain, seperti Amazon, Buy.com, Overstock.com, bahkan eBay.
Keuntungan membidik pasar baru ini adalah dampaknya yang mungkin sangat besar dibandingkan tokoonline yang biasanya. Kerugiannya, dalam sisi investasi mungkin membutuhkan biaya besar dan berisiko tinggi.

3. Jual Lebih Banyak Kepada Pelanggan Lama
Penjual terkadang terlalu fokus untuk menjaring konsumen baru dan melupakan ada ribuan pelanggan lama yang telah membeli kepada mereka. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menambah omzet dari pelanggan yang sudah ada. Kebanyakan membutuhkan sedikit investasi.
• Re-marketing. E-mail katalog adalah cara yang ampuh untuk melakukan re-marketing. Anda dapat mengirimkan e-mail promosi di dalam e-mail transaksi dan konfirmasi pembayaran.
• Program loyalitas. Tawarkan pelanggan setia Anda beberapa ‘godaan’. Berilah sesuatu yang sederhana seperti free ongkir pada hari atau minggu yang sama. Anda juga dapat menawarkan kepada pelanggan yang berbelanja dalam batas tertentu beberapa bonus tambahan.
• Penawaran harian. Tawarkan pula penawaran harian agar toko Anda tetap diamati oleh pelanggan setiap harinya dan menguatkan brand toko Anda. Hal ini akan meningkatkan transaksi di dalam toko Anda, meskipun mereka mungkin tidak tertarik dengan penawaran harian Anda.

6 Strategi Marketing untuk Toko Online
Toko online tentu mempunyai cara tersendiri untuk memasarkan produknya, tidak bisa hanya menggunakan cara-cara konvensional terdahulu. Karena meningkatnya pengguna internet, banyak toko online yang bermunculan dan meningkatnya persaingan antar toko tersebut. Tentunya Anda tidak ingin terus menerus berputar dalam roda persaingan, bukan?
Peningkatan pengguna internet di setiap harinya ternyata tidak diacuhkan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Mereka justru memanfaatkan peningkatan pengguna internet ini untuk mengembangkan jaringan bisnis mereka.
Dewasa ini banyak para pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog atau bahkan fans page di jejaring sosial untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan di bidang teknologi ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu cara atau strategi pemasaran bisnis.
Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu strategi untuk memperluas jangkauan pasar para pelaku bisnis. Melalui online marketing, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang ada jauh dari domisili anda, tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk anda.
Dengan fenomena ini, tentu semua orang akan tahu bahwa strategi online marketing lebih efektif dan efisien karena strategi online marketing membuat usaha seakan-akan buka selama 24 jam non-stop dan dapat diakses dari seluruh dunia. Hanya dengan melakukan optimasi yang benar dan tepat, usaha anda akan lebih mudah ditemukan dan dikenal oleh orang banyak.
Berikut 8 strategi marketing secara online sederhana yang dapat Anda pergunakan untuk mempersenjatai bisnis Anda.

1. Strategi Online Marketing via Website atau Blog.
Dengan memiliki sebuah website atau blog akan membuat usaha anda seakan-akan buka selama 24 jam tanpa henti. Salah satu yang penting untuk diperhatikan dari web usaha adalah mampu untuk menjelaskan secara rinci tentang produk yang dipasarkan.
Anda juga harus meng-upload foto produk yang berkualitas bagus sehingga dapat meyakinkan para pelanggan untuk membelinya. Bacalah artikel mengenai cara membuat foto produk yang baik yang pernah kami tulis sebelumnya.
Ingat, jika Anda membuat blog, berikanlah konten yang bagus dan bermanfaat supaya pembaca kembali lagi untuk melihat blog Anda.

2. Strategi Marketing Online Dengan Optimasi Website
Sebagian besar pengguna internet mencari informasi lewat search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain sesuai kata kunci yang mereka ingin cari. Inilah yang perlu anda manfaatkan, anda harus berusaha agar website anda tampil di posisi terbaik di search engine agar mendapatkan potensi pembeli yang lebih besar.
Anda dapat membaca beberapa artikel yang khusus membahas SEO untuk toko online di YukBisnis HOT.

3. Memanfaatkan Jejaring Sosial
Jejaring sosial atau social media sudah tentu menjadi alat yang bagus dan efektif sebagai daya ungkit dari bisnis online Anda.
Saat ini, sebagian besar pengguna internet mempunyai akun di situs jejaring sosial misalnya Facebook dan Twitter. Jejaring sosial ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk. Karena seperti yang kita tahu, pengguna jejaring sosial di dunia berjumlah jutaan. Tentunya ini bisa jadi salah satu ceruk pasar yang menguntungkan.
Selain Facebook dan Twitter, Anda juga dapat mengoptimalkan Instagram untuk berjualan. Instagram sangan baik untuk toko online karena dapat mengunggah foto produk dengan mudah dan simple. Namun, ada beberapa kekurangan Instagram yang mungkin harus Anda pertimbangkan.

4. E-mail Marketing
Selain menggunakan website dan jejaring sosial, anda juga bisa memanfaatkan e-mail sebagai media promosi anda. Pemberitahuan mengenai produk terbaru anda yang dikirimkan via e-mail kepada calon pembeli akan terasa lebih tertarget. Sehingga kegiatan promosi produk semakin mudah dan murah.

5. Komunitas atau Forum
Forum atau tempat diskusi lainnya juga bisa menjadi sarana yang bagus untuk promosi produk. Manfaatkantool signature untuk memberikan link menuju web anda. Namun hati-hati, tidak semua forum memberi keleluasaan ini.
Anda juga dapat ‘merayu’ anggota forum atau grup BBM (Blackberry Messenger) untuk memasang foto produk beserta sedikit info tentang produk tersebut selama beberapa waktu. Sehingga, informasi mengenai barang dagangan Anda akan dengan cepat menyebar dan siapa tahu akan meningkatkan penjualan.
Yukbisnis juga sudah membekali toko online Anda dengan fitur Embed. Dengan fitur ini Anda bisa menempel toko online Anda di forum-forum maupun website/ blog.

6. Promosi Bisnis Melalui Iklan Gratis
Di internet, sudah menjamur layanan iklan gratis online yang artinya anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk iklan. Anda cukup registrasi ke situs iklan dan membuat iklan produk anda ke situs tersebut.
Bila Anda mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan lewat Facebook Ad. Sebab, Facebook menempatkan iklan tersebut sesuai dengan target pasar. Misalnya, bila Anda mempunyai produkfashion atau tas dari korea, maka Facebook akan menempatkan iklan tersebut di halaman pengguna remaja wanita. Canggih, bukan?

Itulah beberapa strategi sederhana yang dapat Anda optimalkan untuk meningkatkan keuntungan toko onlineAnda. Siapa bilang membuka toko online hanya mampu menghasilkan pendapatan yang segitu-gitu saja?Amazon dan Zappos telah membuktikan lewat kesuksesan berbisnis lewat online. Anda juga dapat menyusul mereka
Dropship Apaan Sih?
Pertanyaan itu pasti terlintas di benak Anda jika mendengar kata “dropship“. Hal ini mungkin disebabkan karena sistem dropship yang kurang populer di negara kita. Dalam sistem penjualan toko online, orang cenderung hanya mengenal re-seller saja. Padahal, sistem dropship ternyata mudah diaplikasikan dan sangat menguntungkan, lho. Yuk, lebih mengenal dropship.

Apa itu Dropship?
Secara sederhana, dropship dapat dijelaskan seperti ini:
Anda memiliki toko online, sebutlah AADC. Dalam toko online tersebut Anda memajang barang dari supplier. Nah, ketika konsumen memesan sebuah barang kepada Anda, barulah Anda menghubungi supplier untuk mengantarkan barang tersebut atas nama Anda kepada konsumen yang memesan. Jadi, Anda tidak nyetokbarang, hanya memesan kepada supplier ketika Anda mendapat order. Inilah yang dinamakan sistem dropship.Supplier yang bekerja sama dengan Anda disebut supplier dropship.
Supplier dropship bertugas menyediakan barang, kemudian jika ada pesanan dari Anda, supplier juga bertugas mengemas barang tersebut dan mengirimkannya langsung kepada konsumen Anda.

Terus, dapet duit dari mana?
Harga barang yang Anda jual di toko online AADC tidak sama dengan harga barang yang ditawarkan olehsupplier dropship. Harga barang di toko online AADC ditentukan oleh Anda sendiri, sedangkan harga supplierya ditentukan oleh supplier. Selisih dari kedua harga ini menjadi keuntungan Anda. Gampang, bukan?

Bedanya dengan re-seller?
Reseller menerapkan sistem yang berbeda. Ada dua macam sistem yang umumnya diterapkan di lingkungan Anda.
1. Re-seller Bermodal
Misalnya, Anda ingin menjadi re-seller dari produk hijab Alila. Anda harus mengeluarkan modal untuk mendapatkan produk tersebut dalam beberapa kodi, misalnya, baru kemudian dapat menjualnya kepada orang lain.
2. Re-seller Tanpa Modal
Nah, sistem re-seller yang ini tidak mengharuskan Anda untuk membeli dahulu produk dari supplier barang. Anda tinggal mengambil foto-foto produk dari supplier, bila ada konsumen yang memesan barulah Anda memesan barang tersebut kepada supplier. Bedanya dengan dropship adalah, Anda tetap harus mengemas dan mengirimkannya sendiri kepada konsumen Anda.

Kelebihan vs Kekurangan
Sistem dropship ada kelebihannya, tetapi pasti juga ada kekurangannya. Apa saja kelebihan sistem dropship? Lihat ulasan berikut.
Kelebihan sistem dropship antara lain:
1. BEBAS MODAL. Anda hanya bermodalkan akses internet saja dan sudah bisa mendapatkan keuntungan.
2. MUDAH. Seperti kata Jacob Black, “Easy as breathing.” Anda hanya perlu mencari orderan tanpa harus memikirkan bolak-balik mengirim barang, biaya kemasan, dan ketakutan akan barang yang tidak habis terjual.
3. ANTI RUGI. Bagaimana bisa rugi, kan barang, pengiriman dan semuanya diurus oleh supplier. Anda hanya duduk santai di rumah dan mencari orderan.

Namun, ada beberapa kekurangan dari sistem dropship, yakni:
1. Lumayan sulit mencari supplier dropship karena sistem ini tidak se-populer sistem re-seller dan lainnya.
2. Barang yang dimiliki supplier belum tentu sesuai dengan kemauan Anda. Sehingga Anda tidak bisa apa-apa jika konsumen mengajukan komplain kepada Anda mengenai barang yang mereka pesan.
3. Macam barang yang dimiliki oleh supplier mungkin terbatas, sehingga Anda tidak bebas memilih barang apa saja yang dapat Anda jual.

Begitulah sekiranya ulasan tentang dropship yang saya buat, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua.

Seluruh Ukuran Dimensi Yang Anda Butuhkan Untuk Akun Social Media
Social media cepat atau lambat akan berjalan menuju ke arah yang lebih visual. Ini artinya hal ini akan memberikan ruang untuk Anda berkreasi lebih banyak menggunakan gambar/ foto selain tentunya text.
Agar Anda (atau designer Anda) bisa berkreasi dengan bebas, Anda harus mengetahui dengan tepat dimensi dari gambar dari layanan social media agar pesan visual Anda tampil dengan optimal. Sebenarnya di YukBisnis HOT kami sudah pernah membahas bagaimana mendesain pesan visual Anda di Facebook dan Twitter. Namun disini kami akan melangkah lebih jauh lagi dan membongkar semua dimensi yang Anda butuhkan dari layanan social media yang populer: Facebook, Twitter, Google+, Youtube, Linkedin, dan Pinterest.
Lunametrics membuat infografik yang akan sangat membantu Anda untuk memahami format dan dimensi dari seluruh layanan social media yang populer tersebut. Ini dia infografiknya:

Designed by LunaMetrics.
Jika Anda kesulitan melihat data diatas, ini dia tabel dimensi lengkapnya:
Facebook
Timeline
Profile Picture 160 x 160 px Must be uploaded at least 180 x 180 px
Cover Photo 851 x 315 px
About Us 255 Characters
App Preview Image 111 x 74 px
Total Length of Apps bar (including gaps) 350 px
Timeline Profile Picture 32 x 32 px
Shared Image 403 x 403 px Photos can be viewed up to 960 x 720 px in the lightbox and expanded up to 2048 x 2048 px.
Shared Facebook Video 403 x 226
Status Update 63,206 characters
Shared Link Preview 156 x 116 px Editable, can be set with the og:type meta property
Shared Link Title Tag Up to 100 characters Editable, can be set with og:title meta property
Shared Link Metadescription Varies based on available room
Highlighted Post or Milestone 843 x 403 px
Highlighted Video Post or Milestone 843 x 475 px
News feed
News feed profile picture 50 x 50 px
News Feed Status update Up to 5 lines of text before Facebook truncates & appends ‘See More’ at the first break after the fifth
Shared Image Landscape 398 x 296 px
Portrait 296 x 398 px
Square 320 x 320 px
News Feed Sponsored Story Profile Picture 32 x 32 px
News Feed Sponsored Story Image Landscape 358 x 268 px
Portrait 268 x 358 px
Square 300 x 300 px
Shared Facebook Video Preview 403 x 226 px
Shared Video Link Preview 130 x 73 px
Shared Link Thumbnail 90 x 90 px
Shared Link Title Up to 100 Characters Editable
Shared Link Description Varies based on Thumbnail & Title Size Editable
Ads
URL Ad Title 25 Characters
URL Ad Copy 90 Characters
Page Ad Profile Picture 50 x 50 px
Page Ad Title Page Name
Page Ad Copy 90 Characters
Page Post Ad Profile Picture 32 x 32 px
Page Post Ad Title Page Name
Page Post Ad Copy First 90 characters of selected post First 120 characters if post is text-only
Page Post Ad Image 90 x 118 px
Page Post Ad Video Preview 128 x 72 px
Page Post Ad Link Thumbnail 50 x 50 px
Sponsored Story Fan Picture 50 x 50 px
Sponsored Story Profile Picture 32 x 32 px
Premium Page Post Ad Profile Picture 50 x 50 px
Premium Page Post Ad Video Preview 185 x 104 px
Premium Page Post Ad Image 168 x 128 px
Twitter
Profile
Background Image 90% of visitors see first 78 px of the background
67% see 204 px
43% see 247 px
21% see 284 px
Recent Image Preview 90 x 90
Profile Picture 81 x 81 px 4 px border
Tweet Length 140 Characters
In-stream
Profile Picture 48 x 48 px
Shared Media Tweet Length 140 characters, including link
Shared Link Preview 120 x 120 px Must be at least 60 x 60 px
Shared Link Title First 70 characters of twitter:title tag
Shared Link Description First 200 characters of twitter:description tag
Shared Image 375 x 375 px
Shared Video Preview 435 x 244 px
Video Details Video Title and first 160 characters of video description
Google+
Company Profile
Cover Photo 890 x 180 px
Profile Picture 250 x 250 px 5 px border
Horizontal Profile and cover photo gap 614 px
Status Update 100,000 Characters Can include hash tags
Shared Link Thumbnail 150 x 150 px
Shared Video Preview 497 x 279 px
Shared Image 497 x 373 px Can be uploaded and viewed up to 2048 x 2048 px
YouTube
Branded Channel
Content Container 970 px wide
Mappable Header 970 x 150 px Can map links off of YouTube
Profile Picture 55 x 55 px
Featured Video 640 x 390 px
Video Thumbnail 288 x 162 px
YouTube Brand Channel Background Size 90% of users see 8 px on either side of the content container Up to 1 mb in size
67% see 136 px
43% see 180 px
21% see 216 px
Video
Title Up to 100 characters
User Banner Up to 170 x 25 px
Video Preview 640 x 390 px
Description Up to 5000 characters
Tags Up to 500 characters Hidden, can be found in page source under “meta:keywords”
Recommended Playlist Details Playlist Title
Recommended Playlist Large Thumbnail 120 x 67 px
Recommeded Playlist Small Thumbnail 40 x 25 px
Recommended Video Details Video Title, Author, and Views
Recommended Video Thumbnail 120 x 67 px
LinkedIn
Overview
Horizontal Logo 100 x 60 px
Cover Photo 646 x 220 px
Company Square Logo 50 x 50 px
Company Comment Logo 30 x 30 px
Shared Link Thumbnail 180 x 110 px
Shared Link Details Shared Link Title and up to 230 characters of description. The description is editable.
Careers
Careers Cover Photo 974 x 238 px
Products and Services
Products and Services Banner Image 646 x 220 px
Product Image 100 x 80 px
Product Details 100 character title and 2000 character description
Pinterest
Profile
Profile Picture 160 x 165 px
About Section Up to 200 characters
Boards
Board 222 x 207 px
Big Thumbnail 222 x 150 px
Small Thumbnails 55 x 55 px
Pins
Profile Picture 32 x 32 px
Pin Image Preview 192 x scaled height
Pin on board 222 x scaled height
Pin
Profile Picture 49 x 49 px
Pin 600 x infinity

Selamat berkreasi, jadikan bisnis Anda lebih visual.

artikel lainnya Bisnis toko online adalah bisnis yang sangat bagus

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Wednesday 27 May 2015 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA MENGIDENTIFIKASI DAN MENGANALISIS STANDAR KOMPETENSI PLK.MP01.003.01…

Tuesday 11 November 2014 | blog

    MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR JASA PERUSAHAAN BIDANG JASA ADMINISTRASI PERKANTORAN     MELAKUKAN…

Friday 8 August 2014 | blog

DATABASE PERUSAHAAN KATEGORY MESIN No. Perusahaan Komoditi Kelompok Industri Mesin perkakas untuk ACC, UD pengolahan/pengerjaan Kyai…

Tuesday 10 March 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR JARINGAN KOMPUTER DAN SISTEM ADMINISTRASI    …