Menu

Silabus geografi sma terbaik 2013

Sep
04
2014
by : 1. Posted in : blog

 

SILABUS SMA

 

Satuan Pendidikan   : SMA

Mata Pelajaran          : Geografi

Kelas/Semester        : X

Kompetensi Inti         :

  1. Menghayati dan mengamalkanajaran agama yang dianutnya.
  2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  4. Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

 

Kompetensi Dasar

 

Materi pokok

 

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi waktu

Sumber Belajar

 

1.1  Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.

1.2  Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.

1.3  Menghayati jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan cara menata lingkungan yang baik guna memenuhi kesejahteraan lahir bathin.

1.4  Menghayati keberadaan diri di tempat tinggalnya dengan tetap waspada, berusaha mencegah  timbulnya bencana alam, dan memohon perlindungan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

   

   
2.1  Menunjukkan perilaku proaktif dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran geografi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2.2  Menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab sebagai makhluk yang dapat berfikir ilmiah.

2.3  Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera.

2.4  Menunjukkan sikap peduli terhadap peristiwa bencana alam dengan selalu bersiap siaga, membantu korban, dan bergotong royong dalam pemulihan kehidupan akibat bencana alam.

         
3.1  Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.

4.1  Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.

PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI

  • Ruang lingkup pengetahuan geografi
  • Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
  • Obyek studi geografi
  • Prinsip geografi dan contoh terapannya
  • Pendekatan geografi dan contoh terapannya
  • Aspek geografi

 

Mengamati:

  • membaca buku teks dan sumber bacaan lainnya tentang ruang lingkup pengetahuan geografi, konsep esensial geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan,serta aspek geografi; dan atau
  • mengamati peta atau citra penginderaan jauh seperti foto udara atau foto satelit yang memperlihatkan relief permukaan bumidan pola penggunaan lahan. Peserta didik diarahkan untuk menerapkan prinsip geografi dalam mengidentifikasi objek dan gejala di permukaan bumi.

 

Menanya:

  • Peserta didik ditugasi untuk mengajukan pertanyaan tentang sesuatu yang ingin diketahuinya lebih mendalam terkait dengan ruang lingkup pengetahuan geografi, konsep esensial geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan,atau aspek geografi. Butir pertanyaan dapat ditulis dalam kertas selembar atau diajukan secara lisan;atau
  • Secara klasikal, peserta didik diminta untuk mendaftar sejumlah pertanyaan tentang konsep dan prinsip geografi kaitannya dengan keberadaan suatu objek dan gejala di permukaan bumi setelah mereka mengamati peta atau citra penginderaan jauh.

 

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkandata:

  • Peserta didik mencoba menerapkan konsep, prinsip, dan pendekatan geografi yang diketahuinya dengan menunjukkan bukti di lapangan melalui media peta atau citra penggunaan lahan. Misalnya menunjukkan letak delta yang selalu ada di muara sungai atau pola permukiman penduduk yang memanjang jalan atau sungai; atau
  • Peserta didik memberi contoh kenampakan objek buatan manusia (permukiman, pesawahan, atau jaringan jalan) yang dipengaruhi oleh keadaan relief muka bumi sebagai bukti berlakunya konsep dan prinsip geografidalam kehidupan sehari-hari.

 

Mengasosiasi:

  • Peserta didik diminta untuk menganalisis hubungan antara keberadaan suatu objek di permukaan bumi dengan objek-objek lainnya sehingga mereka memperoleh makna tentang konsep dan prinsip geografi. Contohnya menghubungkan antara keberadaan permukiman di tepian sungai yang selalu memanjang mengikuti aliran sungai, atau menghubungkan antara kepadatan jaringan jalan dengan kondisi perkotaan.
  • Peserta didik diminta untuk menyimpulkan hasil eksplorasinya tentang konsep, prinsip, dan pendekatan geografi sehingga memperoleh pengetahuan baru tentang dasar-dasar ilmu geografi.

 

Mengomunikasikan:

  • Peserta didik mengomunikasikan hasil analisisnyadalam bentuk tulisan yang dilengkapi dengan gambar, tabel, atau grafik yang mendukung gagasan yang ditulis, atau
  • Pesera didik menyampaikan hasil kesimpulannya tentang ruang lingkup pengetahuan geografi, konsep esensial geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan,dan aspek geografi di depan kelas.

 

Tugas:Membuat daftar nama objek alam dan objek buatan manusia di permukaan yang saling berhubungan (misalnya objek jembatan yang dipasangkan dengan adanya sungai dan jalan, rawa dan daerah dataran rendah). Daftar nama objek minimal 10 pasang.

 

Observasi:mengamati kegiatan peserta didikdalam proses mengumpulkan data, analisis data,pembuatan laporan, dankomunikasi. Aspek yang diamati adalah keuletan dan keseriusannya dalam mengerjakan tugas.

 

Tes:menilai kemampuan peserta didik dalam memahami ruang lingkup pengetahuan geografi, konsep esensial geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan,atau aspek geografi. Bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda atau tes uraian.

4 mgg xJP

-   Buku paket geografi kelas X

-   Jurnal ilmiah

-   Berita dan kasus yang dimuat oleh media masa (koran dan majalah)

-   Laporan perjalanan

-   Peta rupa bumi,

-   Foto satelit atau foto udara

-   Sumber informasi lain yang dimuat dalam situs terkait di internet,

-   dan lain-lain

 

3.2  Menganalisis langkah-langkah penelitian  geografi terhadap fenomena geosfera.

4.2 Menyajikan contoh penerapan langkah-langkah penelitian geografi dalam bentuk laporan observasi lapangan.

LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI

  • Sifat studi geografi
  • Pendekatan analisis studi geografi
  • Metode analisis Geografi
  • Teknik pengumpulan data geografi
  • Teknik analisis data geografi
  • Publikasi hasil penelitian geografi
Mengamati:

  • Peserta didik ditugasi mengamati sejumlah laporan yang bersifat penelitian geografi atau diminta untuk membaca artikel dari jurnal ilmu geografi.
  • Peserta didik ditugasi membaca buku teks tentang metode penelitian geografi untuk memahami sifat studi, pendekatan, metode analisis,  teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data geografi, serta publikasi hasil penelitian geografi

 

Menanya

  • Peserta didik diminta untuk membuat sejumlah pertanyaan yang ingin diketahuinya setelah membaca laporan penelitian, artikel, atau buku teks tentang metode penelitian geografi, atau
  • melalui kegiatan diskusi,setiap peserta didik mengajukan keinginan untuk meneliti tentang suatu objek atau masalah geografi. Berdasarkan keinginan tersebut, peserta didik mengajukan sejumlah pertanyaan tentang langkah-langakh penelitian yang harus dilakukan

 

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkandata:

  • peserta didik secara berkelompok berdiskusi untuk merencanakan suatu kegiatan penelitian yang bersifat studi geografi. Setiap rencana langkah-langkah dideskripsikan atau diuraikan dengan cermat, atau
  • setiap kelompok menelaah laporan penelitian geografi dan melaporkannya dalam bentuk tabel dua kolom. Kolom pertama berisi komponen-komponen langkah penelitian dan kolom kedua deskripsi tentang hasil telaahannya, atau
  • secara kelompok, peserta didik mencoba melakukan penelitian geografi secara sederhana dengan langkah-langkah penelitian yang benar.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan tentang pentingnya penelitian geografi yang dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis. Kesimpulannya ditulis dalam bentuk pointer-pointer yang dianggap paling penting, atau
  • Peserta didik ditugasi untuk membuat hubungan antar komponen penelitian sehingga peserta didik memperoleh tambahan wawasan tentang pentingnya penelitian dalam mengembangkan suatu ilmu.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik diminta untuk melaporkan hasil penelitian geografinya dalam forum diskusi kelas, atau
  • Peserta didik diminta untuk membuat satu buah artikel atau ringkasan laporan hasil penelitian yang dipublikasi melalui majalah dinding atau diunggah di media internet.
  • Peserta didik diminta untuk melaporkan hasil telaahan naskah laporan penelitian geografi dalam bentuk narasi yang disajikan dalam diskusi atau diunggah di internet.

 

Tugas:

Peserta diminta untuk membuat proyek penelitian sederhana tentang fenomena geografi yang ada di sekitar sekolah.

 

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses penelitian yaitu pada saat membuat rencana, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan, menganalisis data dan membuat media publikasi

 

Tes tulis:

menilai kemampuan peserta didik tentang sifat studi, pendekatan, metode analisis,  teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data geografi,

4 mgg x JP

 

-   Buku paket geografi kelas X

-   Jurnal ilmiah

-   Informasi berkala yang terkait dengan penelitian geografi

-   Dokumen hasil penelitian geografi(skripsi atau makalah).

-   Dan lain-lain

 

3.3  Menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan.

4.3 Mengolah informasi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan dan menyajikannya dalam bentuk narasi dan gambar ilustrasi.

MENGENAL BUMI

-       Teori penciptaan planet bumi.

-       Gerak rotasi dan revolusi bumi

-       Karakteristik lapisan bumi dan pergeseran benua

-       Kala geologi dan sejarah kehidupan

-       Kelayakan planet bumi untuk kehidupan.

 

 

Mengamati:

  • Peserta didik ditugasi membaca buku teksdan sumber lainnya (majalah dan internet) yang memuat gambar, dan ilustrasi, tentang teori penciptaan planet bumi, gerak rotasi dan revolusi bumi, karakteristik perlapisan bumi, pergeseran benua, kala geologi dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk kehidupan; atau
  • Peserta didik diminta untuk dan menyaksikan media audio visual untuk mengenal planet bumi.

 

Menanya:

  • Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan yang menarik minatnya untuk belajar lebih mendalam tentang teori penciptaan planet bumi, dampak gerak rotasi dan revolusi bumi, karakteristik perlapisan bumi, teori pergeseran benua, kala geologi dan sejarah kehidupan serta dinamika planet bumi; atau
  • Peserta didik mengajukan suatu hipotesis sebagai panduan dalam melakukan eksplorasi pemahaman tentang dinamika planet bumi baik perorangan maupun secara berkelompok.

 

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkandata:

  • Peserta didik diminta untuk memeragakan gerak rotasi dan revolusi bumi melalui media globe dan berdiskusi tentang pengaruh gerakan planet bumi terhadap kehidupan.
  • Secara berkelompok, peserta didik diminta untuk berdiskusi atau diminta untuk mengumpulkandatauntukmencari informasi tambahan untuk menjawab pertanyaan dan hipotesisnya, atau

 

Mengasosiasi:

  • Peserta didik diminta untuk memberi contoh nyata dari data yang diperoleh baik dari bacaan maupun praktek untuk mendapatkan kesimpulan tentang teori penciptaan planet bumi, karakteristik perlapisan bumi, dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk kehidupan.
  • Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan tentang pengaruh rotasi bumi terhadap perbedaan waktu di bumi dan pengaruh revolusi bumi terhadap pergiliran musim tahunan.
  • Peserta didik diminta untuk menghubungkan teori  pergeseran benua dengan pembentukan daratan dan samudera dalam kala geologi tertentu

 

Mengomunikasikan:

  • Peserta didik diminta untuk membuat laporan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan mapun lisan yang dilengkapi/ dibantu dengan gambar dan ilustrasi.Setelah selesai, laporan disampaikan dalam forum diskusi atau diunggah di internet, atau
  • Peserta didik diminta membuat animasi sederhanaatau audio visual tentang materi mengenal bumi. Untuk memotivasi belajar, animasi dan video dapat dilombakan..

 

Tugas:

Membuat tulisan dalam bentuk laporan hasil analisis tentang materi mengenal bumi.

 

Observasi : mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan, menganalisis data, praktek, membuat laporan, dan membuat animasi sederhanaatau audio visual.

 

Portofolio:

menilai hasil pekerjaan peserta didik dari setiap rangkaian proses pembelajaran baik berupa hasil diskusi, naskah laporan, dan produkanimasi sederhanaatau audio visual

 

Tes tulis:

menilai pemahaman peserta didik tentang

teori penciptaan planet bumi, gerak rotasi dan revolusi bumi, karakteristik perlapisan bumi, pergeseran benua, kala geologi dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk kehidupan.

6 mgg x JP

-   Buku paket geografi kelas X

-   Jurnal ilmiah

-   Informasi berkala yang terkait

-   Poster-poster yang dipublikasikan oleh instansi terkait (LAPAN dan badan geologi)

-   Sumber lain yang diperoleh dari internet,

-   Dan lain-lain

 

3.4  Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika  litosfer.

4.4 Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika litosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.

HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA LITOSFER

-       Aktivitas manusia dalam pemanfaatan batuan penyusun litosfer

-       Pengaruh tektonisme terhadap kehidupan

-       Pengaruh vulkanisme terhadap kehidupan

-       Pengaruh seisme terhadap kehidupan

-       Pengaruh proses eksogen terhadap kehidupan

-       Pembentukan tanah dan pemanfaatannya

 

Mengamati:

  • Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang memuat pembahasan tentang aktivitas manusia dalam pemanfaatan batuan penyusun litosfer, pengaruh tektonisme, vulkanisme, seisme, dan proses eksogen terhadap kehidupan, dan pembentukan tanah dan pemanfaatannya, atau
  • Peserta didik ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video yang terkait dengan dinamika litosfer (tektonisme, vulkanisme, seisme, dan proses eksogen), danatau
  • Peserta didik ditugasi untuk membuat kliping yang dipajang di kelas sehingga masing-masing peserta didik dapat bertukar informasi tentang dinamika litosfer.

 

Menanya

  • Peserta didik diminta mengajukan  pertanyaan (perorangan atau kelompok). Setiap topik bahasan disarankan agar peserta didik mengajukan pertanyaan lebih dari satu, atau
  • Peserta didik diminta untuk membuat hipotesisyang terkait dengan pengaruh proses tektonisme, vulkanisme, seisme, atau tenaga eksogen terhadap kehidupan makhluk hidup.

 

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkandata:

  • Peserta didik diminta mencari informasi atau bahan untuk menjawab dan membuktikan hipotesis yang diajukan terkait dengan pengaruh proses tektonisme, vulkanisme, seisme, atau tenaga eksogen terhadap kehidupan makhluk hidup, atau
  • Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan atau hipotesisnya. Hasil diskusi dapat berupa peta konsep atau mindmap sehingga mereka memahami konsep-konsep yang saling terkait dalam skema dinamika litosfer.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta memberi contoh kasus keterkaitan antara konsep yang telah dipelajarinya dengan gejala atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.
  • Peserta didik ditugasi untuk menganalisis bahwa kehidupan manusia dipengaruhi oleh aktivitas litosfer (proses tektonisme, vulkanisme, seisme, dan tenaga eksogen).

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik diminta untuk mengkomunikasikan hasil analisis tentang dinamika litosfer dalam bentuk tulisan atau lisan yang dilengkapi/ dibantu dengan gambar, ilustrasi, animasi, audio visual. Forum untuk menyampaikan gagasan dapat menggunakan forum diskusi, diunggah di internet, lomba menulis artikel, dan lain-lain.

 

Tugas:

Peserta didik diberi tugas membuat tulisan tentang contoh kehidupan manusia yang dipengaruhi oleh dinamika litosfer.

 

Observasi : mengamatikegiatan peserta didikdalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan dan bahan untuk dikomunikasikan

Portofolio:

menilai karya peserta didik yang berupa laporan, bahan yang disampaikan dalam forum diskusi, tulisan diupload di internet, dan lain-lain.

 

Tes:

menilaipemahaman peserta didik dalam penguasaan materitentang keterkaitan antara kehidupan manusia dan lingkungannya sebagai akibat dinamika litosfer. Bentuk tes dapat berupa pilihan ganda atau tes uraian,

 

6 mgg x JP

-   Buku paket geografi X

-   Jurnal ilmiah

-   Informasi berkala instansi terkait

-   Poster-poster yang dipublikasikan oleh instansi terkait.

-   Media visual

-   Sumber yang ada di situs internet,

-   Dan lain-lain

 

3.5  Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika  atmosfera.

4.5  Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.

HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA ATMOSFER

-       Lapisan atmosfer

-       Cuaca dan iklim

-       Klasifikasi tipe Iklim

-       Ciri iklim di Indonesia

-       Dampak perubahan iklim global

-       Research tentang iklim dan pemanfatannya

 

Mengamati

  • Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang memuat ulasan tentang lapisan atmosfer, cuaca dan iklim, klasifikasi tipe iklim,ciri iklim di Indonesia, dan dampak perubahan iklim global dan research tentang iklim serta pemanfatannya, dan atau
  • Peserta didik ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video yang terkait dengan dinamika atmosfer.

 

Menanya:

  • Peserta didik diminta untuk mengajukan  pertanyaan atau hipotesis (perorangan atau kelompok) tentang aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh dinamika atmosfer, atau
  • Peserta didik mengajukan pertanyaan  tentang kaitan antara kerusakan lingkungan dan dampaknyaterhadap perubahan iklim global.Setiap topik bahasan disarankan agar peserta didik mengajukan pertanyaan/ hipotesis lebih dari satu.

 

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkandata:

  • Peserta didik diminta mencari informasi atau bahan untuk menjawab dan membuktikan hipotesis yang diajukan terkait dengan pengaruh proses atmosfer terhadap kehidupan makhluk hidup, atau
  • Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan hipotesisnya. Hasil diskusi dapat berupa peta konsep sehingga mereka memahami konsep yang saling terkait dalam skema dinamika atmosfer.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta untuk memberi contoh kasus tentang kebenaran teori yang telah dipelajarinya dengan gejala dan fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga materi menjadi bermakna, atau
  • Peserta didik ditugasi untuk menganalisis tentang kehidupan manusia yang dipengaruhi oleh dinamika atmosfer baik dalam wilayah yang sempit maupun luas.
  • Peserta didik membuat model peta tematik persebaran curah hujan atau peta iklim di wilayah tertentu di Indonesia.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik diminta membuat tulisan yang dilengkapi/dibantu dengan gambar, ilustrasi, animasi, atau membuat audio visual tentang dinamika atmosfer. Forum untuk menyampaikan gagasan dapat menggunakan forum diskusi atau diunggah di internet, dan lain-lain.
  • Peserta didik diminta untuk membuat artikel tentang keunikan dinamika atmosfer lalu dilombakan antar siswa dengan penghargaan tertentu dari guru.

 

Observasi: mengamatikegiatan peserta didikdalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan dan bahan untuk dikomunikasikan

Portofolio: menilai portofolio peserta didik yang berupa laporan, bahan yang disampaikan dalam forum diskusi, pameran, yang diupload di internet, dan lain-lain.

 

Tes tulis:

menilai tingkat pemahaman peserta didik tentang dinamika atmosfer. Bentuk tes dapat berupa pilihan ganda atau tes uraian,

 

6 mgg x JP

-   Buku paket geografi kelas X

-   Jurnal ilmiah

-   Informasi berkala instansi terkait

-   Peta tematik

-   Media audio visual

-   Situs terkait di internet,

-   Dan lain-lain

3.6  Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika  hidrosfera.

4.6  Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika hidrosfer  dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.

HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA HIDROSFER

-       Siklus air

-       Perairan darat dan potensinya

-       Perairan laut dan potensinya

-       Pemanfaatan dan pelestarian perairan darat dalam unit Daerah Aliran Sungai (DAS)

-       Pemanfaatan dan pelestarian laut secara berkelanjutan

 

Mengamati

  • Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang memuat ulasan dan ilustrasitentang siklus air,perairan darat dan perairan laut, potensi yang dikandungnnya, pemanfaatan dan pelestarian perairan darat dalam unit DAS dan laut secara berkelanjutan
  • Peserta didik ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video yang terkait dengan dinamika hidrosfer.

 

Menanya

  • Peserta didik diminta untuk mengajukan  pertanyaan atau hipotesis secara perorangan atau kelompok tentang hubungan siklus air yang dipercepat akibat kerusakan lingkungan, atau
  • Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang potensiperairan darat dan laut dan upaya pelestariannya.

 

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkandata:

  • Peserta didik ditugasi untuk mencari informasi atau bahan untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan hipotesis yang diajukan.
  • Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan hipotesisnya. Hasil diskusi dapat berupa peta konsep sehingga mereka memahami konsep yang saling terkait dalam skema dinamika hidrosfer.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta untuk memberi contoh untuk membuktikan kebenaran teori yang telah dipelajarinya dengan gejala dan fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga materi menjadi bermakna. Peserta didik juga dapat menarik kesimpulan tentang materi yang telah dipelajarinya.
  • Peserta didik ditugasi untuk menganalisis tentang kehidupan manusia yang dipengaruhi oleh dinamika hidrosfer baik dalam wilayah yang sempit maupun luas, atau
  • Peserta didik membuat model peta tematik tentang Daerah Aliran  Sungai (DAS) persebaran curah hujan atau peta iklim di wilayah tertentu di Indonesia.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik diminta untuk mengomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan mapun lisan yang dilengkapi/ dibantu dengan gambar, ilustrasi, Forum untuk menyampaikan gagasan dapat menggunakan forum diskusi, diunggah di internet, lomba menulis artikel, dan lain-lain.
  • Bagi yang telah memiliki kemampuan untuk menyediakan komputer, peserta didik dapat juga diminta untuk membuat kreativitas animasi atau audio visual tentang dinamika hidrosfer yang kemudian diunggah di internet.

 

Tugas:

Peserta didik diberi tugas membuat peta tematik tentang perairan darat dalam unit DAS yang bersumber dari peta rupa bumi atau peta jenis lainnya.

 

Observasi : mengamatikegiatan peserta didikdalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan dan bahan untuk dikomunikasikan

Portofolio:

menilai portofolio peserta didik baik dalam bentuk laporan, bahan yang disampaikan dalam forum diskusi, atau bahan yang diupload di internet, dan lain-lain.

 

Tes:

menilai kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep, dalil, dan teori tentang dinamika hidrosfer.

6 mgg x JP

-   Buku paket geografi kelas XI

-   Jurnal ilmiah

-   Informasi berkala instansi terkait

-   Peta tematik

-   Media audio visual

-   Situs terkait di internet,

-   Dan lain-lain

-

3.7  Menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi.

4.7  Menyajikan contoh penerapan  mitigasi dan cara beradaptasi  terhadap  bencana alam di lingkungan sekitar.

MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM

-       jenis dan karakteristik bencana alam

-       sebaran daerah rawan bencana alam di Indonesia

-       usaha pengurangan resiko bencana alam

-       kelembagaan penanggulangan bencana alam

 

Mengamati

  • peserta didik diminta membaca buku teks dan sumber lainnya yang memuat ulasan, gambar, ilustrasi, dan animasi tentang jenis dan karakteristik bencana alam, sebaran daerah rawan bencana alam di Indonesia,  upaya pengurangan resiko bencana alam dan kelembagaan penanggulangan bencana alam, atau
  • peserta didik diminta untuk mengumpulkan berita yang dimuat di koran atau majalah lalu dipajang di kelas sehingga peserta didik dapat bertukar informasi tentang perlunya mitigasi dan adaptasi bencana alam.

 

Menanya

  • Peserta didik diminta mengajukan  pertanyaan dan hipotesis (perorangan atau kelompok) tentangjenis dan karakteristik bencana alam, sebaran daerah rawan bencana alam di Indonesia, upaya pengurangan resiko bencana alam dan kelembagaan penanggulangan bencana alam, atau
  • Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan tentang manfaat mitigasi dan adaptasi bencana alam.

 

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkandata:

  • Peserta didik ditugasi mencari informasi atau bahan untuk menjawab dan membuktikan hipotesis yang diajukan terkait dengan materi mitigasi bencana alam.
  • Peserta didik ditugasi untuk berdiskusi secara berkelompok tentang langkah mitigasi dan adaptasi bencana alam (gempa, gunung api meletus, banjir, atau bentuk bencana lainnya) jika terjadi di daerahnya.
  •  Peserta didik ditugasi untuk membuat sketsa jalur evakuasi ketika bencana alam terjadi di daerahnya.

 

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta untuk menganalisis informasi dan data yang diperoleh baik dari bacaan maupun sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang peranan mitigasi bencana alam, atau
  • Peserta didik diminta untuk memberi contoh kasus untuk memperjelas konsep mitigasi dan adaptasi bencana yang telah dipelajarinya dengan gejala dan fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga materi menjadi bermakna.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik diminta untuk mengomunikasikan hasil analisis mitigasi dan adaptasi bencana dalam bentuk tulisan mapun lisan yang dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi.

Forum komunikasi dapat menggunakanmedia diskusi ataudiunggah di internet.

  • Jika memungkinkan, peserta didik diminta untuk membuat animasi sederhana atau audio visual tentang mitigasi bencana dan hasilnya dapat dipamerkan.
Observasi : mengamatikegiatan peserta didikdalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan dan bahan yang akan dikomunikasikan

Portofolio:

menilai portofolio peserta didik yang berupa laporan, bahan yang disampaikan dalam forum diskusi, pameran, yang diupload di internet, dan lain-lain.

 

Tes

Mengukur tingkat pemahaman peserta didik dalam penguasaan konsep tentangmitigasi dan adaptasi bencana alam.

 

4 mgg xJP

-   Buku paket geografi kelas XI

-   Jurnal ilmiah

-   Informasi berkala instansi terkait

-   Berita dan kasus yang dimuat oleh media masa (koran dan majalah)

-   Poster-poster yang dipublikasikan oleh instansi terkait (BNPB, BMKG, Pusat Vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, dll).

-   Media audio visual

-   Situs terkait di internet,

-   Dan lain-lain

 

 

artikel lainnya Silabus geografi sma terbaik 2013

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Tuesday 26 May 2015 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA     MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN DALAM…

Friday 15 May 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER     MENERAPKAN PROGRAM SCRIPTING…

Sunday 30 November 2014 | blog

Name Tags: Roommates place these tags on the backs of their chairs so that callers know…

Wednesday 6 September 2017 | blog

Pesta Diskon Menyambut HUT RI ke 72. Dirgahayu Indonesia Ku.. Lebih dari 40 Produk Digital Diskon…