Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 25000 setahun dan dapatkan Trafik setiap harinya

Sebuah Perjalanan Seorang Mujahid

Jan
17
2017
by : Bupeko. Posted in : blog

BANNERKAYAMARAADV

Selepas berjamaah solat duhur saya rapat kecil dengan adik adik Dan pengurus santri senior bertempat diberanda depan rumah, mulailah kita membagi tugas, h. Agus malik(Zieguz Maliex) diberi amanah untuk mobilisasi masa, h. Saepul khiyar(Aspri Bu Ipah) sebagai pengatur peta Jalan, hj. Ima rohimah(deza Deza Azra Aurora) sebagai kordinator santri, h. Daais nurul wahidah( Umu Sofwa)istri saya sebagai Tim logistik, h. Cece bahrul ulum(uwaanom) sebagai Tim dokumentasi, h. Ucu sebagai kordinator medis, Dan ditambah lagi kepanitiaan dari luarr . Rapat hanya sebentar semua langsung bergerak sesuai peran masing masing karena kita dikejar waktu, arsenal perang dalam perjalanan disiapkan, pita merah putih langsung pesan ke tukang jahitt, dudukuy cetok beli sekitar 1000 lebih ,santri dilibatkan unttuk mengecat dudukuy dengan warna merah putih ,sebagian santri nebang pohon bambu ke kebun untuk bikin tongkat, hari itu hari yg sangat syibuk bagi para santri, sesekali saya telpon kesana kemari mengecek kesiapan yg mau gabung sambil Jalan Jalan mengecek istri didapur umum yg lagi mimpin santri putri bikin buras untuk bekal para mujahid Tibalah waktu berjamaah solat asar saya baru ngeuh banyak kendaraan yg datang ternyata itu jemaah alumni pesantren untuk kajian rutin bulanan setiap senin ke 4 ,mndadak suasasana mnjadi riuh menamabah kesyibukan para santri, malamnya bada magrib saya ngisi kajian tajkiyatunafsy rutin dilanjut kajian bada isya super sibuk pokonya, bada subuh dilanjut kajian khusus alumni miftahul huda2(HAMIDU) ADA sekitar 500 orang bahasannya kitab hikam Dan madzahibul arbaah(perbandingan madzhab fikih) disitu saya sampaikan acara kita pada alumni disertai motivasi pentingnya semangat zihad. Senin pagi jam 06.30 diluar mesjid santri sudah ramai persiapan Dan adik saya melakukan pengarahan berkaitan persiapan tennis keberangkatan Dan perlengkapan yg harus dibawa topi cetok merah putih siap dipakai kalaupun catnya masih basah, pita merah Sudan dililit, ransel mereka Sudah dipunggung posisi semua menunggu komando berangkat Saya bergegas menutup pengajian alumni Dan persiapan perlengkapan , telepon terus berdering banyak yg tidak terangkat,, Ada kh. Kamaludin dari manhajul ulum nyambung ditelpon beliau Sudah siap dengan 300 santri nunggu dijalan,, wadduh saya belum mandi belum sarapan padahal pasukan Sudah siap,, datanglah Mobil back terbuka yg Sudan dipesan sekitar 100 armada plus 10 Mobil truck (semuanya modal sendiri) Dan tak perlu saya bersumpah semuanya didatangkan untuk mengangkut santri ke pusaat kota ciamis,, mulai tuhh saya kalutt Sambil lari kecil saya menghidupkan Mobil pribadi Dan mnyimpan pakaian alakadarnya, santri Sudah tidak sabar untuk diberangkatkan saya menuju Mobil komando, mulailah saya berikan arahan pekikan istidduuu,,, dijawab serempak labbaikk 3x ,,takbir,,, ,allohu Akbar berkali Kali darah mereka sudah naik ke ubun ubun serasa suasana perang badar hadir dikomplek pesantren miftahul huda2 ,kalimah thoyyibah menjadi mabda kami dalam memberangkatkan ribuan santri, mualailah ratusan Mobil itu merayap berjalan keluar komplek pesantren tetangga kita bertanya,,, barade kamana rombongan seueur2 teuing(mau kemana rombongan banyak sekali??? Tanda Tanya bagi masyarakat yg terlewatiii,,,,, Pengen tau jawabannya????





    12/16/16, 11:30 – Messages you send to this group are now secured with end-to-end encryption. Tap for more info. 12/16/16, 15:45 – Mta J2 Sapto Aji: Assalaamu’alaikum… Sy dpt info ini dari temen sy alumni ponpes DAARUT TAFSIR BOGOR. Info ini valid. Klu tdk percaya blh cek di struk belanjanya. Mulai sekarang setiap belanja di Sebagian Indomaret & Alfamart akan dipotong Rp. 100,- untuk donasi kampanye Ahok. Stop belanja di indomart dan Alfamart, belanjalah ke saudara kita pribumi……!!! Ga usah bingung bu …stop belanja di alfamart atau indomart,saya barusan coba beli di alfamart benar ada potongan 100,saya tanya ke petugasnya ga bisa nerangin…saya minta kembaliin katanya ga bisa karena sistemnya… 12/16/16, 15:45 – Mta J2 Sapto Aji: [12/16, 14:25] Djarot Sutjahjono: Mengambil sesuatu tanpa ijin dari yg punya walaupun 100 rupiah itu namanya maling…… Bisa diperkarakan. Diperes saja sekalian Indomart & Alfamart [12/16, 14:26] Djarot Sutjahjono: Apalagi memaksa ….. Itu namanya merampok. Lebih berat lagi resikonya….. 12/16/16, 16:58 – Mta J2 Sapto Aji: 12/16/16, 16:58 – Mta J2 Sapto Aji: 12/16/16, 17:02 – Mta J2 Singgih: a 12/16/16, 17:03 – Mta J2 Singgih: sl 12/16/16, 17:03 – Mta J2 Rian: 12/16/16, 22:54 – Mta J2 Sapto Aji: Miturut wong sing seneng pitungan jawa Oleh percoyo Oleh ora *_Trawangan Final piala AFF 2016._* Main 14 Des – Rabo Pon, lan main 17 Des – Setu Legi. Analisa versi primbon. (rabo – 7 pon-7 = 14) (setu – 9 legi – 5 = 14) tanggal lan neptu dino podho 14. Dadi 1+4 = 5 lan 14 (1+4= 5). Mulo 5+5 = 10. Angka 10 Kuwi podho karo jumlah pemain minus kiper. Lan 10 dalah 1+0= 1 mulo lndonesia berpeluang juara 1. 12/17/16, 09:20 – Mta J2 Parno: 12/17/16, 10:06 – Mta J2 Sapto Aji: Hehehe Yo Kuwi wong jowo 12/17/16, 10:18 – Mta J2 Sapto Aji: [12/6, 20:23] Yahya DNC: Sebuah catatan Ide gila Jalan kaki 212 Tulisan dari: Kiai Nop Hanafi Mungkin banyak orang bertanya bagimana cerita Jalan kaki santri ciamis longmacrh ke Jakarta,. Dimulai dari diskusi kecil antara saya adik saya Dan seorang kiyai sepuh ciamis Kh. M. Syarif hidayat tak luput sahabat kita didi sukardi pada sabtu pagi, obrolan tak jauh dari keseharian kami dipesantren ,namun akhirnya obrolan makin hangat tatkala topik mengarah pada aksi Bela Islam jilid 3 atau yg lebih dikenal dengan aksi 212 ,TERINGAT dengan tokoh 212 yaitu Sinto gendeng dalan lakon sinetron saya berceloteh bahwa saat ini Yang harus muncul adalah ideu Gila, Kenapa? Karena nuansa aksi jilid 3 dibumbui dengan aroma terror pesyikologi ummat, Ada kosa kata yg beredar bahwa kegiatan itu adalah makar, moda transportasi dipersulit lewat himbauan Kapolri ditambah fatwa PBNU mengeluarkan fatwa tidak sah sholat jumat dilapangan lengkap Sudah gaung aksi jilid 3 semakin ciut gemannya dibanding aksi jilid2 .pada saat itu saya mengatakan untuk aksi ke Jakarta kita Jalan kaki aja, namun semuanaya bertannya apa mungkin kita samapai? Saya katakan kalauapun fisik kita tidak sampai minimal pesannya sampai. Dari diskusi itu saya telpon beberapa orang kiyai untuk rapat persiapan keberangkatan ke Jakarta Dan alhamdulillah beberapa orang datang sehabis sholat maghrib malam ahad di pindok pesantren Miftahul Huda 2 , rapat dimulai bada magrib dengan penjelasan pentingnya membangun ruh ummat ditengah berkecamuknya perang pemikiran, rehat sholat isya Dan makan nasi liwet khas anak pesantren, rapat dilanjut dengan tema tehnnis keberangkatan ke aksi 212,,dari semua laporan tiap daerah Kendalnya pada angkutan bis, disitulah saya kemukakan bagaimana kalau kita Jalan kaki saja semuanya menyatakan siap Dan sepakat setelah perdebatan dengan berbagai argument dikemukakan, diujung rapat kita bikin pernyataan semacan Pres release Yang dibacakan oleh ustd. Deden badrul kamal lewat siarang langsung fb adik saya dengan akun Nenk Gidha, semua peserta rapat bubar Dan istirahat, Jam 5 sehabis sholat subuh saya kembali ke aktifitas Harian ngajar santri kitab uqudul juman kajian ilmu bilaghoh sastra Arab paling populer,, ditengah ngajar saya iseng buka fb ternyata di akun fb Nenk Gidha, Pres realeas Yang semalam Sudah dilike 25 ribu orang Dan dibagikan oleh ribuan orang kaget bukan main. Ahad pagi saya Dan adik saya mulai membangun komunikasi dengan pimpinan pesantren sekabupaten ciamis untuk menjelaskan rencana Dan mendata santri yg Akan ikut gabung,,,,, Bersambung,,,,,,,, ,,,,,, , cape ngetikna [12/6, 20:26] Yahya DNC: Sebuah catatan Ide Gila Jalan kaki 212 (Seri2)

    Bersambung ke seri 3,,,, hehe [12/6, 20:27] Yahya DNC: Sebuah catatan Ide Gila Jalan kaki 212 Seri3 Sepuluh menit berlalu iring iringan Mobil back terbuka berjalan menyusuri Jalan berbelok ,masyarakat yg terlewati menatap penuh Tanya Ada apa Dan mau kemana ,satu tabir Yang belum Ada tafsirnya . Saya terus mengontak kiyai sepuh untuk konfirmasi kesiapaannya,,, assalamualaikum kang haji, dimana posisi? Tanya saya pada kh m syarip hidayat pimpinan pontren alhasan,, diujung telepon beliau menjawab ” saya dijakarta jajap jamaah umroh,, wadduhh gimana initeh kan udah disetting untuk memberangkatkan,, beliau mnjawab, sok waelah ku ente(silahkan saja sama kamu), tak patah arang saya coba ngontek kh maksum pimpinan pontren cikole, assalamaualaikum kang diantos dimasjid agung,, beliau bertanya Ada spa? Santri Yang mau ke Jakarta jadinya Jalan kaki,,,, jawab saya, beliau menjawab insya Alloh nanti beres ngajar akang merapat ke mesjid agung,, Ada rasa gembira Karena kiyai sepuh memberikan support sehingga bertambah semangat. Kira kira 10 menit sebelum nyampai dimesjid agung saya berfikir ,,aaduh belum minta idzin ke ketua dkm,,, dicari nomor yg bisa dihubungi, akhirnya nyambung juga denga ketua dkm saya ngomong bla bla Dan beliau mengamini maksud kami plus menyediakan sound system ,sampailah rombongan santri kami dimasjid agung Dan ternyata disana Sudah tumpah ruah riuh ramai dengan santri dari pesantren yg lain Ada kh. Pipin dari sabiilunnajat, Ada kh haidarifan dari banyulana Ada dari miftahul amiin juga santri pesantren sekitar ciamis,, para pimpinan pesantren Yang Ada berkumpul diteras mesjid sambil senyum seorang kiayi bertanya pada saya, Bener iyeuteh?( betulkah ini?) Saya jawab serius kang,,,ditengah rapat kecil itu Tiba Tiba hp Nokia jadul saya berdering Dan tidak muncul nama nomornya tidak dikenal,, saya coba angkat,, halloo asalamulaikum,, diujung telpon seseorang menjawab waalaikum salam pak kiayi ini saya dari polres bapa kapolres minta bertemu bisa engga? Ooohh iya insya alloh bisa tunggu satu jam lagi,, saya melanjutkan rapat Dan diputuskan acara pengarahan harus segera dimulai,, Lewat Mobil komando korlap mengumumkan seluruh santri segera masuk ke mesjid,, serempak semuanya masuk mesjid,, para pimpinan pontren Yang hadir duduk paling depan,, santri putri Dan putra dipisah dengan barisan brigade santri berrompi khusus,, acara dimulai dengan lantunan ayat suci alquran,, lanjut pengarahan dari mulai maksud teknis diperjalanan Dan destinasi pos peristirahatan, para kiayi bergantian memberikan arahan,, giliran saya ambil mikropon,, saya pekikan takbiirrr,,, gemuruh semuanya mengucapkan allohu Akbar,, allahu Akbar berkali Kali, semunya berdiri,, ista’idduuuu,,, dijawab labbaik,, apakah kalian siap Bela alloh? ,,siaaap serempak, apakah kalian siap Bela rosul,, siaap apakah kalian siap Bela islamm,, siap apakah kalian siap Bela quran,, siapp, takbiirr,, allohu Akbar,, begitulah kata komando itu diulang ulang, adrenaline santri semakin memuncak tatkala kh maksum datang bergabung Dan mmberikan arahan terahirr,, awak media mulai berdatangan kilatan lampu kamera menghiyasi suasana mesjid agung,, hp terus berbunyi dengan nomor yg sama ternyata yg dari polres itu terus menghubungi,,, acara dilanjut dengan do a Dan santri bersiap keluar mesjid menuju Jalan utama ke Jakarta,, barisan diatur 3 orang setiap baris Mobil komando didepan,, tepat dibelakangnya ribuan santri yg memakai dudukuy cetok bercat merah putihh berbaris panjang,, korlap mulai mulai bersuara lewat komando takbiirr,,, kiayi maksum kiayi kamaludin kiayi deden dijajaran paling depan kiayi agus malik dibelakang untuk sapu bersih peserta Yang tercecer, haruuu seruu semangat siap berangkat Bela Islam allahu Akbar,,, panjang mengular semua orang kagett,, Ada apa acara apa mau kemana semua katakan mau Jalan kaki ke Jakarta, mereka geleng kepala,, sambil berceloteh dadaekanan,, Tiba Tiba seseorang berambut cepak badannya tegap ototnya berisi mendekat ketika saya asyik berjalan,,, pa kiyai pa kapolres menunggu dikantor,,, ohh iya saya kesana,, akhirnya saya naik Mobil menuju kantor polres ciamis,, Lima menit saya Sudah sampai dimapolres disambut oleh petugas Dan saya masuk keruangan kapolres,,, , Apa saja Yang dibahas antara saya Dan kapolres ciamis???? ,,,tunggu di seri4… Bersambung,,,, ,,,,,, [12/6, 20:27] Yahya DNC: Terusan yg semalam Sebuah catatan Ide Gila Jalan kaki 212 Seri4 Lima menit kami berada diruangan kapolres ciamis, beliau masih muda namun tampak berwibawa obrolan dimulai dari pertanyaan Yang datar,, gimana kondisi anak anak pa kiayi? Sehat pa alhamdulillah ,,saya menimpali pertanyaan beliau, sampai mana anak anak Jalan kaki? Tanya kapolres,, sekuatnya aja pa,, jawab saya,,, selanjutnya beliau mengatakan “pada dasarnya tidak Ada larangan apapun bagi perusahaan po bus Yang Ada cuma himbauan aja,, iya pa bagus kata saya,, terus beliau menyuruh mengambilkan himbaun kapolda dalam map Dan diberikan pada saya,,, saya pamitan pada kapolres beliau mengantar saya sampai luar gedung bersama kanit Intel, Saya bergegas menuju Jalan poros utama mencegat rombongan namun agak lama menunggu karena jarak antara mesjid agung Dan mapolres sekitar 8 km,,, Tiba Tiba perut saya aga murilit baru ngeuh saya belum sarapan sejak pagi, saya berjalan aga beberapa puluh meter kedepan mencari warung nasi tapi tidak ketemu yg Ada tukang basoo ya udah saya mesen baso dua mangkok untuk saya Dan teman saya baru mencicipi kuahnya dua sendok terdengar suara korlap orasi dari Mobil komando datang mendekat buru buru saya bayar Dan merapat kerombongan ,saya ambil hp Samsung untuk mengambil photo Dan siaran langsung melalui fb ,10 menit Jalan kaki terdengar suara adan solat duhur tepat disamping kanan Ada mesjid besar namanya mesjid alghoni kami berembug Dan diputuskan santri putri solat disitu santri putra suruh Jalan kedepan setengah kilometer menuju mesjid nurul iman untuk melakukan solat dhuhur berjamaah disarankan jama Dan qhosor,, Kurang lebih satu jam kita istirahat,, kita kasih komando lagi semua peserta Jalan kaki masuk mesjid untuk diberikan pengarahan lanjutan tak lupa pekikan kata ista’idduuu,,, serempak dijawab labbaikk,, takbiirr,,, allohu akabar allohu Akbar,, semua keluar dari mesjid Mobil komando didepan Dan Jalan kaki dilanjutkan,, baru 5 menit berjalan hujan turun tapi peserta tidak bergeming melangkah Dan terus melangkah waktu saat itu menunjukan jam 13.00 wib Selama dua jam perjalanan belum Ada sambutan apapun dari masyarakat sekitar Yang terlewati,, baru ketika sampai disindang kasih saya kaget banyak masyarakat berjejer sepanjang Jalan padahal saat itu hujan lebat anak anak mengucapkan takbiir ibu ibu banyan yg berkata ” sok ujang diduakeun ku ema sing salamet sarehat sing sabar da keur ngabela agama( didoakan sama ibu biar selamat sehat Dan sabar sebab lagi membela agama) banyan sekali ibu ibu yg menyediakan makanan Dan minuman bahkn Ada seorang ibu lagi panen mentimun disawah langsung dibawa diberikan pada peserta sambill menagiss entah apa yg membuatnya jadi menangis,, Dan secara spontas seorang nenek memberikan uang Lima puluh ribu Ada juga yg seratus ribu,, tak kuasa saya menahan haru Ada perasaan yg tak bisa diungkapkan dengan kata kata hanya air mata Yang meleleh Yang menajadi jawaban, Ditengah guyuran hujan semuanya terus berjalan tak peduli lagi baju basah kuyup cuaca dingin kalah dengan panasnya api semangat jihad yg menyalak ,,saya ambil hp Yang terbungkus plastik agar tidak kehujanan untuk liat jam Dan mengabadikan moment indah Yang tak Alan pernah terlupakan,, telpon berdering saya angkat,,, assalamualaikum,, pa ini saya dari Inews tv mau wawancara 5 menit lagi,, entar tunggu 10 menit lagi biar sekalian istirahat jawab saya singkat,,,, diujung telpon mnjawab bail pa terimakasih,, pas 10 menit Yang dijanjikan hp bunyi lagi dengan nomor yg sama,,, pa saya dari I news siap untuk wawanacara,,, OK siap,,, tapi tiba tiba hp jadi buram ternyata batunya hampir habis,,, saya cari peserta Yang bawa power bank lama juga nyarinya akhirnya dapat juga dari kiyi maksum hp tersambung dengan Power bank Dan wawancara selama 5 menit sambil berjalan ,, kita tidak tau pemberitaan media apapun karena pokus Jalan kaki ,,kondisi mulai agak kikuk hp terus berdering selang satu menit bahkan banyak Yang berbarengan masuknya ,, masuk lagi telpon dengan nama kiayi senior biliau bertanya,, Sudah sampai mana,?,, cikole kang. ,,jawab saya,,,, Sekarang mah kapolri udah mencabut larangan bus barusan Ada disiaran tv one,, katanya,,, perjalanan gak usah dilanjutkan,,, saya jawab iya kang nanti saya musyawarah dipesantren cikole ,telepon ditutup Dan kita terus Jalan menuju pesantren cikole Yang menjadi destinasi pos 1 sesuai peta Jalan yg Sudah dibuat . Hp berdering lagi saya angkat,, asalamalaikum ini aang(panggilan saya disantri Dan orang tua) gimana anak saya ikut engga? ,,ikut kang,,,, gimana engga sakit? Insya alloh sehat ,,sambil terus Jalan ditengah hujan,, pikiran mulai agak kacau sebab telpon bejibun yg masuk belum lagi konfirmasi dari orang tua santri,, akhirnya tepat jam 17.00 kita sampai ditujuan pertama pesantren miftahul huda usmaniyah,, disana seluruh santri Sudah berjejer dengan masyarakat menyambut kafilah mujahid sambil mengacungkan tangan takbir menggema,,, peserta merasa gembira karena banyak kaum anshor datang menyambut dengan hangat . Peserta istirahat dipesantren cikole sekalian solat magrib dijama dengan isya ,, disana sudah Ada kh syarif hidayat pimpinan pesantren alhasan yg menyambut,,, beliau baru datang dari Jakarta Dan langsung bergabung dengan kafilah,,, wartawan berkerumun menanyakan apakah perjalanan dilanjut atau hanya sampai sini,, saya menjawab nanti keputusannya sesudah sholat magribb Saya betul betul dibuat syibuk Dan harus bertanggung jawab pada seluruh peserta plus melayani wartawan,, beres solat magrib kita melakukan rapat dengan kiayi maksum Dan sesepuh pesantren lainnya keputusannya,, peserta bermalam dicikole Dan Dan perjalanan dilanjut besok pagi Dan untuk santri putri juga anak santri yg sambil sekolah dikembalikan ke pondok masing masing jumlahnya Ada sekitar 3500 orang ,semua pimpinan masuk mesjid Dan kita mengumumkan hasil keputusan rapat dihadapan peserta Dan wartwan ,,pekik takbir menggema setiap point keputusan dibacakan ,, jam 19.00 para pimpinan pesantren banyak yg idzin balik ke pondok dulu Dan berjanji besok pagi bergabung lagi Dan hanya tinggal saya seorang diri yg mnjadi pusat komando,, waktu semakin larut malam,,, lelah Dan ngantuk mulai menyerang saya merebahkan diri ke karfet masjid berbantalkan ransel yg agak basah,,, puless tak ingat apa apa,, Bersambung ke seri 5 ,,,,,,,,,,,,, [12/6, 23:52] Yahya DNC: Sebuah catatan Ide Gila santri Ciamis Jalan kaki 212 Seri5 Waktu menunjukan pukul 06.00 santri Sudah siap lagi untuk melanjutkan perjalanan tapi kiyai maksum sebagai sohibul bait masih menahan keberangkatan kami dari pondok pesantren cikole yg terletak dikecamatn cihaurbeti itu, beliau mengatakan ” tidak boleh berangkat sebelum sarapan dulu, terlihat didapur pesantren pengurus santri sangat sibuk mempersiapkan makanan teteh istrinya kiyai hilir mudik konsolidasi kesiapan piring Dan tektek bengeknya,,, hati saya berkata aduhh kok jadi ngerepotin orang, tapi dari tampak wajahnya semuanya memancarkan wajah gembira maklum keluarga pejuang bagi beliau2 hal itu bukan beban melainkan anugerah. Tibalah saatnya semua peserta Jalan kaki sarapan pagi maklum jumlahnya ribuan tidak semuanya kebagian piring sehingga banyak diantara mereka makan beralaskan daun pisang yg diambil dikebun kiyai bahkan banyak pula Yang pakai plastik mereka tak peduli yg penting perut terisii,, tepat jam tujuh saya umumkan semunya siap2 berangkat namun tidak boleh meninggalkan sampah secuilpun, sambil Jalan mereka pungut sampah serempak sehingga lingkungan pondok bersih nyaris Tanpa meningalkan sampah,, kiayi maksum berjalan paling depan dekat Mobil komando seluruh santri cikole putra putri ikut bersama rombongan Dan saya aga belakngan dengan maksud menyapu peserta takut ada Yang ketinggalan,, hebatnya banyak ibu ibu Yang umurnya sudah diatas 60 tahun ikut kafilah mengantar sampai ke perbatasan tasikmalaya. Dengan setamina Yang masih segar bugar kita terus berjalan menyusuri Jalan utama, selang beberapa menit kiayi titing gabung lagi Dan kita sepakat berjalan pada shap paling depan untuk memberikan motipasi para santri agar tetap semangat, tiga puluh menit berjalan sampailah kita diperbatasan tasikmalaya disana Sudah banyak sekali masyarakat Yang menyambut kami sepanjang perjalanan plus aneka makanan Dan minuman,, bahkan ribuan santri Dan anak anak sekolah berjejer baris menyemangati kami dengan pekikan takbir Dan nasyid perjuangann makin semamgat kita berjalan,, didaerah tasikk saya dipeluk seorang kiyayi sambil menangis haru saya tak kuat menahan air mata sehinga kami berpelukan saling mendoakan, dia berkata ” teruskan perjuanganmu saudaraku saya menyusul hari jumat,, saya menjawab ” mohon doanya aja,, sambil salaman dia ngeluarin amplop dari saku bajunya Dan mengatakan ini tambahan amunisi untuk berjuang,,, makin tak kuat saya merasakan betapa hebatnya denyut iman menumbuh ukhuwah , Saya Dan kafilah melangkah Dan terus melangkah, kedua hp terus berbunyi ketika diangkat ternyata wartawan dari berbagai media,,, pertanyaannya hampir semuanya sama, Sudah sampai dimana? Berapa jumlah Yang ikut,, saya jawab semua telpon dengan sabar,, kalaupun agak sedikit malas Dan pusing karena saking banyaknya Yang menghubungi . Satu lagi handpon berbunyi begitu diliat ternyata guru saya,, saya angkat assalamualaikum uwa,,,,,, guru saya bertanya,, gimana kondisi santri??? Perjalanan mau sampai mana? Pertimbangkan kondisi santri jangan sampai orang tua menyalahkan kita ,,saya hanya menjawab,, baik uwa Akan saya musyawarahkan didepan,,, hati mulai Ada sedikit kebimbangan,, tak terasa perjalanan Sudah hampir 4 jam Dan akhirnya sampailah kita disatu mesjid daerah ciawi dekat rumah makan asep strawberry kita putuskan untuk istirahat Dan solat,, begitu ke masjid ternyata Sudah berkumpul ratusan santri Dan laskar fpi Yang siap bergabung jumalah peserta makin bertambah,, Adan duhur berkumanadang semua bergegas ngambil wudu ,,solat berjamaah duhur Dan asar dijama Dan qhosor imamnya kiayi tiring,, santri dibiarkan dulu istirahat sambil menikmati makanan Dan minuman pemberian masyarakat disepanjang jalan. Ketika saya rebahan diteras masjid sambil ngurut kaki, telpon berbunyi namanya muncul kiayi senior ciamis,, beliau katakan,, saya kedatangan pa dandim Dan mohon santri untuk kembali ke pondok masing masing ,,saya jawab mau dirapatkan dulu,, hp ditutup Dan saya meneruskan rebahan,, Tiba2 datang Mobil polisi ternyata belakangan diketahui itu adalah kapolresta tasik Dan kapolres tasikmalaya Serta dandim tasik,, ketiganya berjalan menuju arah mesjid ,,salahseorang diantara mereka bertanya,, mana pimpinan rombongannya?? Semua santri nunjuk pada saya,, itu pa,, saya berdiri menyambut tamu special,,, ini pimpinan rombongan??? Kata Yang berbaju loreng,,, betul pa saya,, bisaa bicara sebentar,! ,,bisa pa saya mnjawab,, kami berlima duduk melingkar,, Dan pa dandim memulai obrolan,,,, pa kiayi saya ditelpon pangdam agar menjemput santri untuk pulang ke pondok masing2,,,bagaimana?? Saya melirik ke kiayi maksum Dan kiayi titing, keduanya memberikan isyarat menyerahkan keputusan pada saya,,, saya agak bingung,,, terdiam Dan nengok ke kanan ada ade saya yg mengatur peta Jalan ,,,pung,, gimana lanjut apa pulang?,, sambil melotot dia menjawab jangan pulang,,, niih liat pemberitaan media sekuler menurunkan ulasan bahwa pejalan kaki santri ciamis tinggal 86 orang,,harus dilawan dengan pakta,, papar ade saya,,, saya pokus lagi mengarah ke dandim,, pa dandim saya tidak bisa memutuskan sendiri saya Akan Tanya santrinya aja,,,, boleh Kata pa dandim,, lewat pengeras suara masjid,, santri disuruh masuk mesjid, semuanya duduk pengarahan dimulai, pekikan takbiir selalu jadi kata penyemangat disetiap waktu , saya bertanya,,,, apakah perjalanan dilanjut,,, mereka serempak lanjuuuuuuuuttt, masih kuat masiiihhhh,, pertannyaan dilanjutkann,,, siapa Yang mau pulang berdiriii! Tak ada satupun Yang berdiri,,,, siapa yg mau lanjut duduk,,, semuanya dudukk,, mereka teriakan takbir berkali Kali,, mata saya tak kuat menahan haru Dan air mata meleleh tak terasa tenggorokan serasa ada yg mengganjal sehingga berbicara agak parau saking harunya,,, saya berjalan mengelilingi mereka disaksikan kapolres Dan dandim ,,kenapa kalian memilih lanjutt,, seorang santri Yang perawakannya paling ceking ngacungkan tangan sambil berkata,, mundur sejengkal adalah mental munafik Dan pecundang,,, disambut takbiirr bergemuruh,, saya tak kuat lagi bicara karena suasana mesjid itu menjdi begitu bergema dengan semangat jihad,, mikropun saya serahkan pada kiayi maksum beliau berkata itulah keputusannya pa dandim anak anak tetap lanjutt,,, takbiiirr. Pa dandim mengatakan,, saya tidak ada hak untuk melarang hanya ngasih Saran saja kalau itu pilihannya silahkan Jalan hati2 jaga keselamatan,,, baik pa dandim mohon doanya saja, timpal saya, kami bersalaman Dan berpelukan sambil berlinang air mata sungguh perjalanan Yang penuh dinamika setiap titiknya,, Semua santri keluar dari masjid, Mobil komando tetap didepan , polisi mengawall Dan pa dandim melambaikan tangan,,, perjalanan dilanjutkan menyusuri Jalan gentong Yang nanjak Dan berkelok deru mesin Mobil Mobil Yang lewat mengerang menanjak seolah2 irama musik pengantar para pejuang,,,, bagaimana lanjutannya?????? Tunggu seri selanjutnya,,, , 12/17/16, 10:18 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan Ide Gila santri Ciamis Jalan kaki 212 Seri6

    Waktu menunjukan jam 14.00 kafilah melanjutkan lagi perjalanan menyusuri perjalanan tanjakan gentong berkelok Yang agak agak ekstrim bagi pejalan kaki ,Yang mimpin didepan adik saya kiayi agus malik Dan epung dimobil komando ngasih orasi plus peserta berperawakan tinggi besar kiayi Fatah namanya suaranya menggelegar memberi semangat dan penjelasan kepada masyarakat Yang terlewati,,, Perjalanan agak lambat karena faktor Jalan Yang nanjak, peserta mulai kelihatan ngos ngosan menghela napas,, air mineral dimobil komando dibagikan secara berantai kepada peserta longmarc semuanya rela saling bagi sebotol berdua sesekali senyum terlempar dari bibir masing masing menghilangkan rasa cape, dijalan satu arah peserta menepi ke pinggir median Jalan duduk diatas pembatas Jalan sambil menikmati indahnya pegunungan dibawah cuaca Yang adem,, saya mendekati peserta yg paling kecil,cape enggak? Sambil ditepuk punggungnya,,,, engga biasa aja,, jawabnya,, kemana sandalnya?? Putus talinya kang,, udah naik aja ke Mobil,,, suruh saya,, engga ah masih kuat kok, perasaan saya ada rasa berdosa dengan pemanadanagan itu, saya terus berjalan inpeksi semua peserta, Yang agak parah lecetnya cepat cepat ditangani Tim kesehatn dari Rumah zakat Yang setia mengikuti dibelakang rombongan. Setengah jam istirahat Mobil komando disuruh berjalan lagi,,, perjalannan dilanjutkan kembali untuk menyemangati peserta saya naik kemobil komando,,wahai para santri memang perjalanan kita masih panjang tetapi janganlah kalian menghitung jarak tempuh ,ayunkan langkah kaki kalian walau sedikit merangkak Dan kita akan sampai tujuan,,,semuanya serempak menyambut dengan takbiirr sambil mengepalkan tangan keatas tanda semangat mereka tidak lunturr,, handpon disaku celana berebunyi,, begitu dingkat seseorang Yang mengaku dari IIBF komunitas pengusaha Muslim Indonesia mengatakan dia Dan Tim menunggu rombongan diatas habis tanjakan kami menyediakan nasi kotak untuk makan sore ,,, baik pa terima kasiihhh,, ,setengah jam berlalu sampailah rombongan didaerah perbatasan garut tepatnya ditugu selamat datang, rombongan istirahat lagi karena dermawan Yang menyediakan ribuan nasi kotak Sudah stanbay dari tadii, subhaanallohh rijqi begitu melimpah ruah datang tidak disanggka kalau bukan karena kuasa Alloh tidak mumkin orang terketuk hatinya sedemiakan dahsyat menyediakan makanan untuk ribuan orang ini mutlak pertolongan Alloh,, semua peserta lahap menikmati makan sore dipinggir Jalan karena sejak pagi baru saat itu dapat jatah makan lagii, Satu jam kita istirahat ,hari itu matahari mulai redup waktu menunjukan jam Lima sore kita berikan komando perjalanan dilanjutkan menuju mesjid kaum malngbong,, Jalan menurun masyarakat memyemut berbaris dipinggir Jalan sambil berteriak takbiirr allohu Akbar,, tua muda anak anak dengan setia menunggu rombongan kami lewatt,, makanan minuman kemasan bertumpukk dipinggir Jalan dibagi bagikan pada peserta subhaanallohh saya tak kuat menahan air mata begitu dahsyat rekayasa Allah sampai semua hati ummat tergerak secara sepontan, ketika sedang khusyu berjalanan Tiba tiba ada Yang mencegat saya langsung merangkull mencium pipi saya awalnya belum ngeuh setelah wajahnya kelihatan termyata teman seperjuangan kita kiyai tatang mustopa kamal tokoh ulama malangbong,, beliau berlinang air mata menggandeng tangan kami Dan ikut berjalan kurang lebih satu kilometer sebelum masjid kaum,,, subahanallohh begitu kita sampai dimesjid malangbong ribuang orang menyambut kami Jalan ditutup sementara,, kumanadang takbirr berkali Kali terdengar dari masyarakat mereka menangis sambil pegang handpone memgambil photo Dan vidio rombongan,, begitu masuk halaman masjid sepeker dimenara masjid terdengar suara kiayi pengumuman selamat datang kafilah jihad ciamis,,, selamat datang wahai pembela agama Alloh, kami bangga dengan kalian kami bangga perjuangan kalian,, ratusan santri berjejer diteras masjid melantunkan solawat badar,, tak tersa air mata tumpah seketika, yaa robbb keajaiban apa lagi Yang emgkau perlihatkan pada kami padahal Yang kami lakukan bukan apa apa Dan belum seberapa dibandingkan dengan perjuangan para nabi Dan para sahabat,, ibu ibu Yang menyambut kami kelihatan girang sekali menyediakan aneka makanan Dan minuman untuk kafilah mujahid,, sepuluh menit sebelum adzan magrib semua peseta terkulai lemas dilantai Dan pelataran masjid sebahagian pergi ke belakang ngambil wudhu persiapan sholat magrib Tibalah waktunya adzan magrib semua peserta sudah siap melakukan berjamaah,, masjid penuh sesak sampai luber keluar,, takbirotul ihrom imam memulai solat suaranya merdu menambah suasana perjuangan semakin kokoh beres magrib kiayi maksum maju kedepan untuk memgimami isya jama qosor , Selepas berjamaah saya merebahkan diri ke karfet Yang empuk enak rasanya kalau langsung tidur,,, namun belum satu menit banyak orang disekeliling Yang menunggu ditanya satu petsatu ternyata awak media Dan para dermawam Yang menanyakan rute Dan jumlah peserta longmarc Yang tersisa mereka siap kordonasi dengan rekan rekan untuk memyediakan logistik sepanjang perjalanan. Saya memgiyakan Dan memghaturkan terima ksihh tidak banyak ngomong karena rasa ngantuk Yang sngat kuat,,, selang beberapa menit seluruh peserta diumumkan masuk mesjid kita berikan arahan Dan spirit,, seperti biaasa pikikan ista’iduuuu, semua serempak labbaik,,, takbiir,,, allohu akbarr suara mereka bergemuruh memenuhi ruangan masjid,, Tiba Tiba diluar terdengar suara gemuruh turun hujan lebat sekalii ,,,semua terdiam,,, saya lanjut apa cukup sampai disini, lanjuuuut merka mnjawab, tidal takut hujan?? Tidaaaaaak,, tidal takut kedinginan?? Tidakkkkk, padahal waktu menunjukan pukul 19.30,,,akhirnya diputuskan rombongan tetap Jalan walau hujan Dan gelap,, semua dianjurkan memakai jas hujan pelastik Yang telah dibagikan , mulai lagi kita berjalan menyusuri Jalan ditengah dingin hujan Yang mengguyur Dan gelapnya malam,, Dimankah kita bermalam?????? Tunggu seri berikutnya 12/17/16, 10:18 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan Ide Gila santri ciamis Jalan kaki 212 Seri7 Waktu menunjukan pukul 19.00 ,,kafilah pejalan kaki terus melangkah ditengah guyuran hujan gelap malam makin pekat sesekali sorot lampu Mobil mengenai wajah wajah lugu Yang berselinap dibalik topi caping bercat merah putih,, tak ada suara Yang keluar dari mulut mulut mereka khusyu berjalan, paling sesekali terdengar sayup sayup alunan ayat suci alquran dari Mobil komando ,dipinggir Jalan jarang masyarakat Yang ditemukan berjejer karena hujan Turun sangat lebat kebetulan dikiri kanan Jalan agak jarang rumah pendudukk itulah saat paling berat Yang dialami para kafilah,,, beberapa jam berjalan tibalah kita dipasar lewo garut suasana sunyi berubah menjadi ramai masyarakat sekitar pasar menyambut kami dengan pekikan allohu Akbar ,,banyak sekali masyarakat berkumpul disitu seorang ibu mendekati kami,,, pa ini ada titipan dari warga pasar tadi mereka menunggu sejak duhur,, kami ingin termasuk orang orang Yang membela agama,, kata siibuu ,sambil mengusap pipinya Yang basah oleh air mata campur air hujan,, matanya berkaca kaca memandangi kamii,, bahkan ada diantara pedagang pasar yg memberikan belasan payung Dan lampu senter untuk anak anak santri , kami mengucapkan syukur Dan terima kasihh pada masyarakat Yang menyambut kamii sambil pamitan untuk melanjutkan perjalanan,,handpone tak Henti hentinya bedering begitu diangkat semuanya kebanyakan dari wartawan Yang menanyakan,, kang Sudah sampai mana rombongan? Terus mau istirahat dimana? Kita mau meliputt,,ujar seorang wartwan ,,semua pertanyaan dijawab dengan sabar Dan telaten kalaupun agak kesel juga karena saking banyaknya telpon Yang masuk ,, sangat berat sekali terasa perjalanan malam rabu itu karena lelah ngantuk dingin Dan baju basah bercampur menjadi satu tantangan Yang harus ditaklukan,, namun tekad Yang membara lah Yang membuat kami terus melangkah,, dalam hati kami berkata ” inimah belum seberapa Dan belum ada apa apanya dibandingkan dengan perjalanan Rosululloh dari makkah menuju madinah dalam menyebarkan dakwah sembari dikejar kejar musuhh,,, keyakinan Dan rasa itulah Yang selalu menjadi obat sepanjang Jalan. Saya Jalan agak cepat kedepan mendekati Mobil komando ,,buru buru ambil mikropon,,, apakah masih kuat berjalan sampai kampung nagreg? Atau kita berhenti disini,, serempak semua mnjawab lanjuuuutttt,,, takbiiirr allohu Akbar allahu Akbar,, saya berusaha menyemangati peserta padahal jujur jangankan peserta saya sekalipun sebenarnya Sudah sangat lelah Dan ngantuk badan menggigil ditambah bersin Yang tidal berhenti epek dari kecinginan,,, ayunan langkah terus berlanjut waktu di hp menunjukan pukul 21.00 ,,didaerah sebelum limbangan kami dapati kerumunan santri Dan laskar fpi menyambut kami dengan alunan solawat badar Dan tabuhan marawis has anak pesantren, sebagian mereka siap gabung dengan kafilah kami dari ciamis, kami saling menyapa bersalaman dengan erat sehingga semangat peserta naik kembali beberapa persen suasana menjadi hangat kembali karena hujan mulai reda ,rombongan bertambah jumlahnya derap langkah malam itu makin bersemangat,, kira2 pukul 11 malam tibalah kami dikampung nagreg sebuah reest area plus rumah makan milik pengusaha asal rajapolah tasikmalaya ,,kami disambut banyak orang dengan senyum ukhuwah Dan air mata haru yg mucul dari iman ,,suasana ramai sekali dengan kaum anshor asal Bandung Dan wartawan Sudah menunggu dari tadi, para santri semuanya masuk mesjid disana sudah tersedia ribuan nasi Kotak ,,hilir mudik masuk toilet menjadi pemandangan paling dominan saat itu,, selesai makan semuanya pada ganti baju yg basah kuyup Dan kotorr,, sebagian ada Yang saling pijit kaki Dan punggung diolesi hotcream Yang banyak tersedia sumbangan para dermawann ,,waktu menunjukan jam 11.30 beres ganti baju saya berusaha untuk istirahat namun mata sulit dipejamkan karena pegalnya sekujur tubuh,,,saya manggil kiayi endang Dan minta tolong untuk diurutt,, baru beberapa menit diurut Sudah ada Yang manggil,,, kang ada Yang nunggu diluar mesjid,,, ujarnya,, iya tunggu diluar saya menyusul , mata udah kesat sekali karena kantuk Yang semakin parah,,, para kafilah sebagian Sudah mendengkur tidur menikmati karpet empuk berbantal ransel masing masing,, saya bangkit Dan berjalan keluar , menuju kios kios kecil dipinggir rumah makan, disana Sudah berkumpul sahabat sahabat sesama alumni hamida dari garut menyalami Dan ngajak ngobrol namun karena engga kuat dengan kantuk saya pamit masuk mesjid baru may rebahan tiba tiba wartawan mendekati. ,,,pak bisa minta waktu sebentar,, pinta salah seorang wartawan,,,, ohh iya mangga,,, sambil cari tempat Yang bagus awak media mulai wawancara,,, saya berusaha untuk menampilkan Roman muka Yang segar Dan jawaban Yang semangat agar tidak terjadi pemelintiran media Yang akibatnya bisa meruntuhkan Semangat ummat yg Sudah tumbuh Dan berdenyutt,,, hanya 10 menit wawancara selesai,, badan Sudah oleng kepala serasa berputar akhirnya bluk badan terjatuh ke karpet masjid,, Jam berapa bangunnya,,,????? Tunggu diseri selanjutnya 12/17/16, 10:19 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan Ide Gila santri Ciamis Jalan kami 212 Seri8 Lagi enak2nya terlelap tidur dalam buaian mimpi, dibangunkan suara nyaring alarm pukul 03.30 ,,.mencoba untuk bangkit namun sekujur tubuh terasa remuk maklum udah kepala empat jadi daya tahan tubuh tidak seperti muda duluu, kucoba duduk sambil baca do’a bangun tidur namun mata masih sulit untuk terbuka keset rasanya ,,kebayangkan??? Udah agak sadar dibawah sinar lampu penerang masjid yg remang terlihat dikanan Kiri peserta longmarc tertidur pulas Tanpa beraturan posisinya,, terlihat ada kaki Yang numpang diatas kepala Yang lain,, Dan kebanyakan tidurnya berbantal tangan sendiri,,, sungguh pemandangan Yang mengharukan, Aku bangkit bergegas menuju toilet sekedar untuk wudlu saja engga pakai mandi dingiinnya berrrrr kagak nahann ,selang beberapa menit beres ganti baju masuk mesjid lagi ternyata para santri udah dibangunin semua , ditoilet memjadi temp at Yang paling ramai keliatan satu pintu ada antrian sampai 5 orang,, sabar menunggu antrian ada Yang tidur sambil berdiri tapi kebanyakan tangannya menyelinap dibalik sarung he,, he,, .adzan subuh berkumandang semua bergegas masuk mesjid berbaris membangun shof berjamaah, selesai muadzin qomat seseorang maju kedepan menjadi imam ternyata kh. Qohar alqudsy ketua dpd fpi jawa barat bacaannya syahdu qunut najilahnya panjang menambah kesyahduan subuh pagi dihari rabu. Selepas wirid bapa Yang pakai peci putih berkecamata mengambil Mike Dan berdiri diatas mimbar beliau mengucapkan terimakasih rombongan telah bermalam dikampung nagreg ternyata dia manager rumah makan disitu, mike berpindah ke tangan kiayi kohar beliau berikan kultum Dan apresiasi semangat jihad santri ciamis gemuruh takbiir menggema menghangatkan suasana dingiinya kampung nagreg,,, kiayi kohar bertanya siapa pamglima kafilah ciamis, mana pimpianannya??? Saya berdiri sambil berjalan agak kedepan ” saya kiayi,, oohh ini celoteh kiayi kohar , kami salaman Dan berangkulan , Mike berpindah ketangan saya,, kami berika. Kultum Dan pekik komando istaidduu,, labbaik suasana membahana stamina serasa pulih Dan energi Yang semalam habis kini pulih kembali. Beres berjmaah subuh korlap memberikan komando untuk persiapan membereskan semua perlengkapan ,saya berlari sambil meregangkan tangan Dan kaki menuju Mobil ngambil handpone Yang lagi dicas,, batrenya yerlihat fool 100% girang banget rasanya ,banyak banget SMS Yang masuk isinya pun Macam madam,, Beralih ke pesan watsup pesan paling update sangat memggembirakan “” kiayi untuk sarapan pagi 10 menit lagi nyampai lokasi”" saya balas thoyyib syukron,, Sepuluh menit berlalu datang Mobil book mwmbawa nasi bungkuss,,, supirnya bilang pak saya suruh ngantar ini,, oohh iya pa terimakasihh,, korlap cepat pengumuman supaya semua peserta ngambil nasi sarapan pagii, subhaanallohh begitu gampangnya rizqi datang tak diundang Dan tidak berapa lama datang lagi Mobil avanza putihh seseorang keluar dari Mobil perawakannya tinggi kumisnya tipis,, dia diantar santri menuju saya,, pak saya dari kumpulan pengusaha ingin berderma sedikit ada snak 2000 kotak ingin sekali dinikmati para mujahid ciamis,,, begitu bilangnya,,,, baiik pa terimaksiiihhhh jazakumullohh semoga dibalas berlimpah oleh Allah,, tak kuat menahan air mata saking harunya akan pertolongan Dan anugerah Allah yg begitu ruar biasa,, ternyata kejutannnya tak sampai disitu selang beberapa menit datang lagi bapak bapak Yang memberikan 1000 botol madu ukuran kecil,, tak Henti hentinya lisan membaca subhanalloh,, Tepat jam 07.00 semua peserta Sudah berbaris dipelataran restarea denganan peralatn lengkap ,,saya Dan kiayi syarip Yang Sudah bergabung kembali dengan rombongan ,, kiayi titing,, Dan kiayi kohar naik keatas Mobil komando,,, kiayi agus malik memanaskan suasana dengan nasyid nasyid perjuangan,, diselang dengan gerakan gerakan tubuh ramai sekali suka ceria canda tawa hadir menjadi pemandangan indah,,, saya memgambil vidio siaran langsunh lewat akun fb,, giliran kiayi syarif memberikan wejangan,,saya ambil bagian handpone disimpan disaku ceulana,, takbir menggelegar membakar adrenaline,, pikakan istaiidduu menaikan suhu tubuh semua soap untuk melanjutkan perjalanan, lanjut oleh kiayi kohar, pemantapan sama kiayi titing Dan terahirr do’ a keberangkatan oleh kiayi maksum sungguh kami dapat merasakan kebersamaan Yang sangat luar biasa,,, Mobil komando berjalan kedepan kita Dan empat orang kiayi berjalan didepan Mobil komando nasyid ikon aksi Bela Islam terdengar nyaring memgantar derap langkah kami. ,,, kemanakah destinasi selnjutnya,, ??? Ikuti diseri9 12/17/16, 10:19 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan Ide Gila santri ciamis Jalan kaki 212 Seri9 Waktu menunjukan pukul 07.30 rabu pagi rombongan panjang dengan semangat juang membara berjalan menyusuri Jalan protocol cicalengka,,, masyarakat Sudah berjejer dipinggir Jalan menyambut kedatangan kami tak Henti hentinya pekik allohu Akbar diteriakan oleh setiap orang Yang berpapasan dengan kami,, tumpukan makanan Dan minuman hampir merata disetiap Jalan,, mereka semangat sekali membagi bagikan botol minuman pada peserta,, namun saking melimpahnnya rezqi kami arahkan bantuan masyarakat ke Mobil dibelakang, Sudah hampir 5 truck Dan Lima Mobil back terbuka penuh dengan makanan ,,bahkan ada juga pedagang pasar cicalengka Yang membagi bagikan sendal jepit pada peserta, lagi lagi keharuan keterkejutan Dan kejadian Yang Tampa diduga sebelumnya nampak nyata didepan mata, yaa alloh begitu mudahnya engkau membolak balikan hati manusia sampai mereka tertarik dengan magnet alquran rela mendermakan apapun Yang dimilikinya hanya karena sentuhan imam,,, dua jam Jalan kaki telah dilalui, polisi Yang menjaga Dan mengatur perjalanan kami memberhentikan Mobil komando dipertigaan Jalan semua peserta istirahat sebentar sambail menikmati makanan Dan aneka minuman Yang melimpah rush,,, perut kamipun Sudah tidak bersahabat Terlihat disela sela tumpukan kardus ada ratusan kotak nasi tersedia,, deza Aurora adik perempuanku sebagai ketua logistik syibuk membagi bagikan makanan paadahal anknya Yang masih bayi ikut dimobil pengantar bersama pengasuhnya,, tadinya saya mau makan namun tertegun melihat semangat wanita tangguh Yang tak kelihatan lelah sedikitkun mengawal logistik sedari awal perjalanan tak terasa air mats meleleh sambil berkata didalam hati,, ya robb terimalah lelah Dan capenya begitu hebat pengorbanannnya sampai tak peduli lagi bayi umur satu tahun ikut dibawa dalam perjalanan ini,, saya kembali pokus ke kotak nasi begitu mau dibuka didus kotak warna poutih ada tulisan Yang membuat hati jadi tertegun ” wahai para mujahid kakiku tak sekuat kakimu,, terimalah derma kecilku sebagai wakilku menyertai langkahmu semoga lelahmu menjadi lillah”" tak kuat lagi perasaan ini air mata tak Terasa meleleh dipipi,, ya robb engkau telah sebarkan rasa kebersamaan ummat ini untuk bangkit bersama,, saya tak jadi makan kenyang Sudah bathin ini dengan ghiroh ummat Yang tumbuh kesadarannya, Satu jam istirahat dipertigaann h agus malik mengumumkan dimobil komando perjalanan dilanjutkan,,, awas jangan meninggalkan sampah sedikitpunn media sekulerr mengintip kelemahan kita,,, begitu ujar Zieguz Maliex dimobil komando, semua peserta berbaris tiga tiga kebelakang ,agar tidak mengganggu lalulintas kendarann kita bentangkan talk rapia sebagai pagar peserta longmarch tidak keluar jalurr,, perjalanan dilanjut kami bertiga kiayi syarip, kiayi maksum, kiayi titing sepakat berjalan paling depan,, sepanjang Jalan sambutan manusia semakin meluber ke Jalan anak anak sekolah tumpah ruah menyambut kami,,, sepanduk bertuliskan ” selamat datang para mujahid kami bangga dengan kalian” ada anak anak sma Yang dipimpin langsung oleh guru gurunya memakai seragam batik setelan bawahan samping batik has Bandung kelihatannya sengaja dipersiapkan menyambut kafilah ini,,, allohu Akbar allohu Akbar teriak mereka seolah olah mereka katakan rasa kami sama kerinduan kami sama nasib kami sama namun kami tak visa seperti kalian begitu kira2 terjemahan raut wajah Yang tampak dihadapan kami,, saya melirik ke kiyai syarip berulang Kali beliau menyeka air mata sambil berkata” haj baru seumur hidup saya mendapatkan rasa Yang aneh ini’”" kiayi tiring Dan kiyai maksum pun sama wajahnya penuh dengan urai air mata,, kami terdiam sambil terus melangkah,,, nasyid aksi Bela islam’ terus bergema sepanjang Jalan,,, menambah suasana making haru tak terelakan. Suara handpon terus berbunyi nomornya semua tidal dikenal, saya angkat Dan dijawab satu persatu dan pertanyaannya hampir sama,, pa rombongan Sudah sampai mana,, kami mau menyambuutt??? Dijawab sesuai dengan posisi pada saat itu,, ku lihat pesat SMS penuh menawarkan bantuan logistikk,, pesan WA ratusann semuanya bertanya,, ini pimpinan kafilah ciamis yaa? Dijawab iya pa,,, iya buuuu,,, Sebagian dijawab sebagian tidak terjawab saking banyaknya ,,seorang santri Yang berjalan dibelakang Tiba Tiba dicegat ibu Yang berdiri disisinya dua anak perempuan belia,,, ibu itu berkata,,, de ibu engga bisa ikut,,, anak saya kedua duanya suruh ikut aja sama ade yah Jalan kaki!!! Ibu ridlo ade dijadikan mantu ibu,,,, he he saya agak kaget sambil Tertawa kecil begitu dahsyat pesona peserta Jalan kaki bagi kaum ibu sampai rela anaknya dipinang,,, saya berkata dalam hati jangankan diakhirat didunia saja balasannya begitu hebat,,, telepon berdering lagi terlihat namanya muncull ummu shofwa istri saya Yang bertugas jadi kifer menjaga pondok,,, begitu diangkat,,, buuuu( panggilan istri pada saya Abu) saya sakitt,, terkejut bukan main, sakit apa? Tanya saya,,, meriang tapi begitu diperiksa tadi pagi ke Dokter,, kata dokter fositif hamilll,,, allohu Akbar,, berita gembiara datang dari berbagai arah calon mujahid baru,, kata saya,, oohhh alhamdulillah muu sehat Dan baik bail ya dirumah,, jawabku,,, saya menoleh ke kiayi syarip sambil Jalan,, kang istri hamil,,,, kiayi syarip tersenyum sambil berkata ” nanti kalau lahir kasih nama mujahid 212,,,hahahahh saya tertawa lebarr,, subahanalllohh warna warni cerita tersaji dalam langkah ini . Ttidak lama terdengar kumandang Adan duhur kami berembug sambil Jalan. ,dimana kita berhenti?,,, belum sempat ada Yang jawab polisi lalulintas membelokan arah rute masuk ke kiri ke aula almaksum, seseorang memberitahukan bahwa gubernur, kapolda Dan pangdam 3 siliwangi menunggu rombongan di rumah makan sukahati,,, semua istirahaat diruangan terbuka Yang sangat luas,,, hujan turun rintik rintik mengiringi istirahat kami, ,,, Bersambung,,,,, ,, #save aceh 12/17/16, 10:19 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan Ide Gila santri ciamis jalan kaki 212 Seri10 Jam 12 .00 semua kafilah peserta longmarch rebahan diaula almaksum,, yang luas dan bersih kelihatan siswa siswa smk almaksum atas intruksi pimpinannya menyapa kami dengan ramah sambil membagi bagikan jeruk segar kesetiap peserta satu persatu desisipi senyum ramah membuat bahagia setiap orang yang melihatnya,,, hati membayangkan bagaimana indahnya disyurga nanti tatkala penduduk syurga dijamu oleh bidadara dan bidadari syurgawi yang kecantikan dan kegantengannnya tak Kan bisa dibayangkan didunia,, lamunan tiba tiba buyar tatkala suara pengumuman dari mobil komando ” semua peserta diharap menuju rumah makan suka hati yang berada disebrang jalan” buru buru saya bersuara dengan keras, wooyyyy itu intruksi siapa,,, pada orang yang berbicara dimobil,,karena tidak dikenal juga bukan peserta dari ciamiss,,, oohh saya dapat telepon dari kiayi maksum kang,,, begitu jawabnya,,,, baik kalau begitu, saya ambil miceropon,, kepada peserta yang sudah solat duhur silahkan naik penyebrangan untuk menuju sukahati,,, karena tempatnya sempiit sebagian silahkan solat dulu jangan lupa jama qosor, Sejam berjalan kiyai maksum nelponn,, kiayi dirunggu disini!!! Baik kang saya kesana,, dibawah guyuran hujan kami nyebrang jalan naik ditangga jembatan penyebrangan lutut terasa mau copot saking pegelnya, tidak berapa lama kami sampai di rm sukahati,,, peserta longmarch sudah duduk berbaris rapi dihalaman rm sukahati,, saya menuju ke branda depan disana sudah menunggu kiayi syarip dan adik Zieguz Maliex serta kiayi maksum,, pas mau duduk terdengar serine mobil patwal pejabat yang datang,,, lirikan mata pokus pada yang datang dan ternyata gubernur jawabarat kang aher, pangdam 3 siliwangi serta kapolda jawa barat turun dari mobil ,,peserta sepontan menyambut dengan takbir kelihatan kang aher tersenyum sambil melambaikan tangan sesekali mengepalkan tangan sambil bertakbirr,, memberi semangat pada rakyatnya ,semakin mendekat pada kami bertiga kang aher salaman plus cipika cipiki,,, ” gimana sehat? Alhamdulillah kang jawab saya,,, gantian salaman dengan pangdam dan kapolda,,, panitiya yang nyambut disukahati rupanya sudah mendisain acara, kami kepala kafilah bertiga dibawa ke ruang lobi diikuti puluhan awak media,,, sehingga ruangan yang kira2 6×3 meter itu penuh sesak ,disana sudah tersedia meja panjang dikelilingi sepuluh kursi,, kami bertiga tidak kebagian duduk karena kelihatan banyak orang yang tidak berkepentingan ikut duduk dengan pejabat, otomatis kami berdiri saja , hehee biasaa udah hangat beritanya, acara dialog dibuka tapi kang aher memotong pembicara ,,” nanti dulu mana pimpinan kafilah?? Duduk disini !Pintanya ,akhirnya kami bisa duduk dekat pangdam 3 siliwangi, kiayi syarip berada disebelah kapolda, kiayi maksum dan kiayi kohar duduk dengan kang aher, dialog dimulai,, kang aher membuka” silahkan kiayi nonop gimana Langkah selanjutnya ? ,dengan lugas saya ceritakan asal muasal kronologi santri ciamis jalan kaki,, dari mulai ummat islam merasa diteror psyikologi dengan sebutan makar bagi aksi abi 3 ,moda transportasi diintimidasi, ulama dipecah belah, dan ujungnya Salah satu ormas islam mengeluarkan fatwa tidak sah sholat jumat dilapangan dari situlah kami berijtihad untuk melakukan penetrasi memecah kebuntuan dan keterkungkungan kebebasan ummat untuk menyatakan hak berpendapat dimuka umum dengan jalan kaki sebagai bentuk protes sosial pada aparat,, begitu gamblang dan terang benderang saya ngomong,,, kelihatan kang aher tersenyum bangga dengan kami hehe, sorot mata pangdam menatap tajam pada saya ,saya balas dengan senyum,, pa kapolda nyimak dengan serius namun kentara dihatinya menyimpan sesuatu yang sampai saat INI belum tersibak,, kang aher,, memberikan komentar,, ” euu,, saya sangat mengapresiasi gerakan santri yang dipimpin para kiayi ciamis jalan kaki dari ciamis menuju jakarta dan banyak mendapat sambutan hangat masyarakat dan bisa jadi inspirasi muslim yang lainnya untuk melakukan Hal yang sama,, namun harus realistis kalau INI dilanjutkan menimbang jarak tempuh dan waktu yang tersisa kayanya tidak akan sampai ke jakarta jjadi saya ngasih saran baiknya perjalanan dilanjutkan dengan bus,, saya hanya ngangguk tidak sepatah katapun yg terucap, giliran pangdam bicara” kiayi Tentara saja kalau satu hari sudah jalan 46 km itu harus dihentikan, karena tidak baik bagi stamina tubuh,, saya menimpali ” berarti kekuatan fisik santri dan kiayi lebih hebat dari tentara,,, semua yang hadir tertawa, pangdam menepuk bahu saya,, giliran kiayi kohar bicara ” bapa bapa mungpung semua Ada saya minta pa kapolda memberikan statemen jelas dan diumumkan dihadapan wartawan bahwa pelarangan bus dicabut,,, sebelum kapolda menjawab,, begini saja kita langsung saja ngobrolnya diluar ruangan dihadapan peserta agar tidak terjadi pandangan negatif,,, ahirnya kita semua pindah keluar,, santri menyambut dengan gemuruh takbiirr. Kita semua duduk dikursi yang telah disediakan dibelakang panggung sederhana mwnghadap ke peserta,,, kapolda yang pertama naik pòdium dia berikan statemen bahwa tidak Ada lagi larangan bus angkutan didaeran, giliran saya naik pòdium pekik istaidduu,,, labbaik serempak mnjawab, takbiiir,, allohu akbar gemuruh membahana menbakar senangat seolah olah momentum ledakan ghiroh islam mulai naik suhu dan temperaturnya, ucapan terimakasih terucap bagi para pemangku kepentingan jawa barat namun saya katakan keputusan lanjut atau tidaknya akan diputuskan bersama para kiayi yang lain, karena jujur sejak awal kita jalan kaki sampai jakarta agar gerakan INI menjadi pemantik semangat dan ghiroh islam seluruh indonesia,, takbirr menggema berkali kali,, kang aher menggantikan naik ke pòdium beliau mengafresiasi santri dan kaiyi ciamis,, beliau katakan sebagai gubernur saya bangga dengan kalian,, allohu akbar santri menyambut,, acara beres kita poto selfi bersama membelakangi peserta sambil bergandengan tangan,,pa pangdam menepuk pungung saya kiayi motipator hebat,, saya katakan itu belum apa apa pak pangdam kalau saya keluarkan bisa meledak indonesia hahhaha sedikit naik kata katanya,, ah bisa aja celoteh pangdam,, gubernur dan rombongan keluar arena meninggalkan kami,,, saya dan kiayi masuk rumah makan hidangan tersedia kiayi agus malik mengatur pembagian makan siang santri diluar hari itu setengah perjuangkan telah dimenangkan,, ternyata didalan awak media menunggu untuk konfirmasi keputusannya, namun karena lapar saya dan kiayi yang lain santap siang dulu dan wartawan sabar menunggu,,, Ada lagi tamu sepesial kami menunggu dipojok ruangan,, siapakah beliau??????…… Bersambung 12/17/16, 10:19 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan IDE Gila santri Ciamis jalan kaki 212 Seri11 Jam 13.00 posisi masih dirumah makan sukahati, seseorang dipojok ruangan menunggu dari tadi,, assalamualaikun ustad? Walalaikum salamm,, INI saya dari GNPF MUI pusat diutus langsung oleh ketua untuk mengkondisikan waktu sampai dijakarta,, pengurus Jakarta ingin penyambutan khusus bagi kafilah ciamis karena dengan gerakan inilah semua jadi tergerak untuk hadir ke jakarta dan secara khusus ustad bahtiar nasir dan Habib rizik sihab menyampaikan salam tadhim untuk rombongan ciamiss,,, begitu kata beliau,, saya jawab,, terimakasih atas perjatian lebihh pengurus jakarta pada kami cuma kami belum bisa putuskan jam berapa kami sampai jakarta,,, INI saja nomor wa saya nanti bisa kontek kontekan,, oohhh baik kalau begitu,, saya mohon pamit untuk melaporkan langsung ke jakarta,, kata beliau dari gnpf mui sambil melangkah keluar menuju mobil diparkirann, Saya duduk kembali dimeja makan yang penuh dengan hidangan,,,belum sempat ngambil nasi tiba tiba datang lagi serombongan bapa bapa menemui langsung salaman tanpa basa basi sambil merangkul badan,, kedengaran suaranya berkata terbata bata Air matanya meleleh menangis ,sambil nepuk punggung alhamdulillah orang ciamis menjadi pelecut semangat kaum muslimin untuk bangkit,,,, baik pa mohon doanya saja semoga jadi ladang amal,,, jawab saya sambil melepaskan tangannya Saya kembali duduk dikursi terlihat didepan meja Ada orang lagi lahap menikmati hidangan”"” hei antum enak ya ikut sama kita kita”" iya pak kiayi lapar nee jawabnya ,,dia adalah intel dari polres ciamis yang setia mengikuti perjalanan peserta jalan kaki karena tugas dari atasannya, belum sempet ngambil nasi datang lagi seseorang menghampiri,,, sehat Ang? Alhamdulillah sehat,, dia adalah alumni pondok kami yang mukim dibandung sengaja menemui untuk silaturohmii. Tak henti hentinya orang datang menemui terpaksa dilayani sambil makan karena perut sudah tidak bisa diajak damai lagi,, begitu banyak orang yang terketuk hatinya sehingga kami banyak menerima amanah uang dari para dermawan,,, saku celana tak muat lagi nyimpan amplop pemberian,,, saya panggil kiayi endang yang diduk tidak jauh dari tempat kami,, saya katakan padanya,, kang karena banyak amanah INI simpan baik baik pokonya k endang diangkat jadi bendahara kafilah,, ,kang endang bilang, ooh siap insya alloh kalau dipercaya,, Sepuluh menit berlalu, rumah makan tempat kami beristirahat dan dapat jamuan makan mulai SEPI,, peserta terkonsentrasi diaula almaksum yang Ada diserbang jalan,, kami pamit ke pribumi sekaligus mengahaturkan terima kasih atas jamuannya,, hujan turun deras saya munuju aula menaiki jembatan penyebrangan,, peserta longmarch sudah siaga menunggu komandoo,,, saya ambil komando dan pengarahan dimulai, pertanyaan selalu dilontarkan,, apakah kalian masih kuat? Kuaaaatt,,, serempak menjawab,, apakah kalian masih semangat? Semangaaatt.. Lanjut apa naik bus? Lanjuuttt Apakah kaalian takut dengan hujan? Tidakkkk Takbiirr!! Allohu akbar allohu akbar Istaidduuuu ! Labbaik Istaidduuuuu!!! Labbaikk semua peserta harus memakai jas hujan plastik agar terlindung dari hujan ,,mobil komando siap didepan perjalanan dimulai ditengah guyuran hujan,pekik takbiirr terus dikumandangkan agar semangat tidak luntur,,, gema nasyid bela islam nyaring terdengar dari speaker menghangatkan tubuh yang kehujanan, ketika kami mau berangkat menyusul ade saya manggil,, Ang INI makanan dan minuman banyak sekali gimana bawanya? Mobil yang Lima sudah penuh dengan barang pemberian para dermawan,,,ohh gitu yaa,, Mari kita ngumpul dulu atuhh,, kami rapat kecil dan diputuskan kita nyewa mobil empat mobil truk untuk mengangkut makannn dibawa mengikuti rombongan dibelakang,, Dibawah guyuran hujan kami ikuti rombongan dibelakang,, menyusuri jalan protokol rancaekek menuju cileunyi ,,masyarakat setia menungu dan menunggu kami dipinggir jalan walau hujan terus turun ,,,sambutan taakbir membahana memecah suasana, deraian Air mata bercampur Air hujan sangat jelas terlihat dimata mereka sebuah pemandangan yang indah yang tak mumkin ditemukan lagi dalam sejarah hidup Air mata yang muncul bukan karena IBA tapi Air mata muncul karena desiran darah yang dipompa energi iman,, Air mata kami pun tak bisa ditahan terbawa suasana kebatinan saudara kami yang berjejer sepanjang jalan, walau baju basah kuyup walau badan kedinginan walau kaki lecet dan pegel terbayar sudah pengorbanan INI dengan bangkitnya rasa ukhuwah sesama muslim,, naiknya tensi ghiroh pada islam dan tumbuh suburnya arti pengorbanan,,, kepedulian masyarakat semakin menjadi manakala diantara peserta Ada yang sudah tidak lagi memakai sendal karena copot talinya bagi mereka itu pemandangan yang membuat hati luluh epeknya lahir empati dan simpati dalam tindakan nyata. Kira kira pukul 16.30 setelah tiga jam perjalanan didaerah gede bage rombongan dicegat polisi pengawalan dibelokan ke komplek kantor perum perhutani jawa barat untuk istirahat,,, semua karyawan perum perhutani keluar kantor menyambut dan mengarhkan kami ke belakang tepatnya ke masjid kantor perhutani terdengar suara takbirr berkali kali dari atas menara masjid suaranya makin parau karena bercmpur dengan tangisan kami yang datang kompak memekikan takbirr,,, menyahut seruan suara didalam masjid,,, peserta istirahat sebagian ditempatkan diaula sebagian diteras masjid. Apakah kita nginap disitu?????? Tunggu seri selanjutnya……. 12/17/16, 10:20 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan Ide Gila santri ciamis jalan kaki 212 Seri12 Waktu menunjukan pukul 18.30 selepas berjamaah Magrib semua peserta melepas lelah dimasjid perum perhutani ,,Ada yang saling pijit, Ada pula yang menikmati hidangan teh hangat dan jenis minuman hangat lainnya yang disediakan ibu ibu dengan penuh hidmat dan antusias entah ibu ibu dari mana namun dari sorot matanya beliau ingin sekali berhidmat dan untuk melayanai para peserta, lagi lagi pemandangan yang sangat mengharukan. Seiring waktu berjalan dimalam kamis semakin banyak yang datang dari berbagai daerah sekitar bandung yang ingin bergabung jalan kaki dengan kafilah ciamis, luar biasa magnetnya sampai sahabat sahabat dari HAMIDA, HAMIDU bandung raya tumplek dimasjid dan aula perum perhutani selain menyambut kami mereka juga siap berbaur dengan kafilah menuju aksi bela islam jilid3 Banyak pula kenalan para pejabat dan pengusaha datang menyalami kami mengucapkan salam dan merasa bangga dan apresiasi katanya gerakan INI telah memantik solidaritats muslim indonesia, saya hanya terseyum sambil mengucapkan “haturnuhun kasadayana” ,begitu banyak para dermawan yang berkontribusi baik berupa yang, makanan, minuman dan pakaian serta obat obatan, handpond tak henti hentinya terus berdering Ada dari saudara kita dari purwakarta,,, bekasi dan ciajur,, semua pertanyaannya sama,, pa kiayi sekarang posisi dimana?? Kapan kira kira sampai ditempat kami? Kami akan mengadakan penyambutan rombongan,, jawabanya samma,,, kami belum bisa jawab sekarang pa karena belum bisa diprediksi,, jawab saya diujung telpon. Ketika saya rebahan dimasjid karena ngantuk dan pegal sekujur tubuh tiba tiba adik saya Zieguz Maliex memanggil, Ang wartawan tvone mau wawancara diaula,, oohh iya tunggu sebentar,,, kebetulan saya hanya pakai kaos oblong plus sarung karena baju hanya bawa dua stel dan semuanya basah,, saya agak kikuk masa diwawancara pakai kaos oblong ,saya cari baju namun engga Ada,, seorang alumni asal soreang mahfud abdul muhyi namanya nyelonong mwndekati saya ” Ang pakai baju saya saja ” ohh iya baikk terimakasih, kebetulan pas dengan ukuran badan ,,, bergegas saya menuju aula disitu awak media sudah banyak yang nunggu,, Lima menit wawancara dengan tvone selesai, puluhan awak media cetak maupun elektronik bertanya ” pa kapan naik bisnya? Nanti kita tunggu jam 20.00 saya mau rapat dulu,, jawab saya sambil keluar ruangan menuju mesjid. Baru nyampai diteras masjid seorang peserta menyusul ” kang Ada kang emil walikota bandung dan pa umuh manager persib mau ketemu, beliau berdua sudah berada diaula , karena badan sudah lelah dan ngantuk saya nyuruh korlap untuk menerima beliau,maklum kedatangan selebriti suasana menjidi riuh ,kilatan lampu kamera datang dari berbagai arah mengambil posisi dan momen yang paling bagus . Tepat jam 20.00 rabu malam yang dijanjikan handpond terus berbunyi kebanyakan dari maedia yang menanyakan jadwal keberangkatan naik bus kejakarta, karena dipinggir jalan sudah Ada 10 armada bis yang siap mengangkut peserta longmarc, saya agak bingung jawabnya karena belum rapat,, “tunggu sebentar bang ya saya rapat dulu” selalu jawaban itu yang terlontar pada para penanya. Saya jalan mengelilingi masjid mencari kiayi maksum, kiayi syarif dan kiayi titing karena berkali kali ditelepon hpnya tidak diangkat, setelah ketemu kita rapat namun karena suasananya sangat ramai sekali, kita pindah mencari tempat yang aman untuk rapat rapat berjalan agak alot sampai satu jam namun akhirnya dicapai kesepakatan bahwa kita akan berangkat naik bus jam 08.00 besok pagi dari perum perhutani dan untuk malam kamis INI kita bermalam di perhutani. Rapat selesai Kita semua keluar ruang rapat menuju aula, puluhan wartawan sudah menunggu hasil keputusannya, kami berempat plus anggota dprd profinsi jawa barat yang menemui kami naik ke pòdium utama yang penuh dengan aneka makanan dan minuman serta obat obatan kiriman para dermawan ,saya mulai berbicara” assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh,,, semua menjawab salam dengan serempak ,,,pekik istaidduu,,,, labbaik,, takbiiirr,, allohu akbar menjadi kata kata komando yang hadir setiap saat, ” para peserta longmarc dan wartawan setelah kami bermusyawarah maka kami memutuskan untuk bermalam disini,, dan untuk jadwal keberangkatan besok pagi akan dirapatkan ulang besok”" semua peserta takbir berulang ulang dan selalu siap satu komando ,,, diakhir pres release saya mempersilahkan kang abdul hadi wijaya anggota dprd untuk memimpin lagu indonesia raya agar semangat nasionalisme peserta makin mantap. Turun dari paodium wartawan terus menyerang dengan rentetan pertanyaan,, ” jadi bagaimana jadinya besok itu lanjut jalan kaki atau naik bus?? Jawabannya besok tergantung hasil rapat tim kecil ” kata saya, wartawan dibuat bingung karena tidak Ada kepastian jawaban,, dan itu paktor kesengajaan agar para kuli tinta semakin penasaran dan lensa kamera tidak berpaling dari peserta longmacrh sehingga dengan itu masyarakat indonesia terus disuguhi berita hotnews ,harapannya semua tergerak untuk bangkit dan berangkat serentak pada waktu tempat dan moment yang sama 212 . Saya kembali ke mesjid untuk istirahat, sampai jam 24.00 masih belum bisa tidur padahal ngantuk sekali bawaannya namun karena banyak orang yang datang silih berganti sekedar bersilaturohmi atau menyerahkan amanah masyarakat waktu istirahat jadi terlambat,, tak terasa jam menunjukan pukul 01.00 badan sudah hampir roboh akhirnya tengkurap dikarpet masjid,, belum setengah jam tidur Ada yang manggil dengan suara agak pelan ” aang,, Ang, mata yang perih kepala pusing antara sadar dan tidak,, saya bertanya ” siapa? Saya Ang,,,, epung” buru buru saya bangun,, Ada apa pung?,, begini Ang peserta banyak yang ngomong ” kalau kita besok naik bus maka media pasti akan menurunkan berita kurang baik,, sedangkan masyarakat ghiroh dan semangatnya lagi naik,, kalau kita berhenti jalan kaki itu bisa meruntuhkan semuanya” Saya menoleh ke kiri ada seseorang yang ikut mendampingi epung namnya Dr. Jamiludin rektor STIA ciamis yang turut serta ikut jalan kaki, gimana kang kira2 ya? Harus putus sekarang jam enam kita umumkan,, kang jamil mulai bicara” kaaang hentakan pantulan sejarah tidak akan terjadi dua kali dalam hidup, saya berharap kita lanjutkan jalan kaki sampai malam jumat” saya terdiam bukan mikir tapi ngantuk hehee,, okeh besok kita lanjutkan jalan kaki,, semuanya salaman pakai salam komando. Tak kuat lagi dengan kantuk kami semua tidur dengan pulas,,,,,,,,,, Betsambung….. 12/17/16, 10:20 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan Ide Gila santri ciamis jalan kaki 212 Seri13 Adan subuh berkumandang suara indah nan merdu memecah sunyinya malam ,memanggil setiap insan untuk bergegas tunaikan panggilan tuhan, wajah wajah layu dengan kaki dan tangan yang ringkih berbalut lesu satu demi satu bangkit singkirkan hawa nafsu menuju toilet mengambil Air wudlu. Penuh sesak antrian dikamar mandi menjadi pemandangan has dipagi itu,, selang beberapa menit persediaan Air habis jangankan untuk mandi untuk sekedar gosok Gigi saja tak setetes Air pun mengalir dari kran kran toilet masjid yang berjejer, saya mencoba ke aula kali aja Ada toilet yang airnya aman tapi ternyata kondisinya sama,, insting berjalan gimana caranya bisa wudlu? Terlihat diemperan aula ratusan dus Air mineral menumpuk, saya ambil satu dus aqua botol dibawa ketempat yang agak gelap dipojok kanan masjid dan mulai beraksi gosok Gigi wudu dan yang lainnya kira kira habis 5 botol semuanya beres, bergegas masuk masjid imam saat itu kiayi maksum lagi baca fatihah saya kebagian dishaf paaling belakang lanjut ke rokaat kedua qunut najilah panjang dibaca,seraya memohon pertolongan Alloh akan nasib kaum muslimin yang teraniyaya di Palestina, suriyah dan miyanmar,,dan seluruh mujahidin diseluruh dunia, amiin amiin dibacakan dengan suara lirih nan perih menjiwai isi doa, tak terasa Air mata hangat meleleh dipipi ,,yaa robb kabulkan semua harapan kami,, tunjukan kebesaranmu tolonglah saudara kami teguhkan iman kami berikan kekuatan pada kami agar kami bisa menolong hamba yang lemah dan terdolimi, selepas salam kami bersalaman satu sama lain sebagai pengikat jiwa perekat ukhuwah Beres solat dilanjutkan pengarahan, semua peserta longmarh harap persiapan untuk mengemas seluruh barang bawaan dan berkumpul diaula utama perum perhutani, begitu masuk ruangan ribuan nasi bungkus untuk sarapan pagi telah tersedia,, subhanalloh rizqi begitu mudah allah datangkan lewat tangan tangan manusia beriman tak terbayang jam berapa mereka bangun berapa puluh orang yang terlibat dalam penyediaan nasi bungkus untuk ribuan orang subhanalloh walhamdulillah, korlap diberi arahan agar memberikan himbauan kepada semua peserta untum melakukan kebersihan sampah diarena aula dan sekitar masjid, sehingga kita tidak meningalkan jejak sampah sedikitpun. Ketika kita syibuk kegiatan kebersihan,, seseorang datang menemui, assalamuaalaikum ustad? Waalaikum salam,,, kenalkan saya dari MQFM,, ohh iya jazakumulloh,, ustadz INI Aa gyim mau bicara ,,baik mangga, handpond aktifis DT itu diberikan pada saya, diujung handpond,,,, Aa gyim bicara,, assalamualaikum kang? Waalaikum salamm,,, Aa,, gimana kabarnya? Alahamdulillah baik Aa,, beliau melanjutkan dialog dengan saya dalam kajian subuh yang disiarkan live di mqfm selama 5 menit,, dialog berahir dengan ending yang sangat mengesankan, saya dan korlap bergegas menuju ruang aula dimana santri sudah siap siaga kembali. Zieguz Maliex memulai dengan arahan pentingnya menjaga semangat kebersamaan, dilanjut oleh Deden badrul kamal memotivasi peserta untuk terus menggelorakan semangat aksi bela islam, giliran saya kasih penjelasan lanjutan aksi jalan kaki,, pekikan istaidduuu!!! Serempak dijawab ” labbbaik, sampai beberapa kali sehingga api semangatnya naik sampai seratus derajat, takbiirrr,,, allohu akbar allohu akbar, gemuruh penuh seisi ruangan hampir saja langit langit aula runtuh saking kerasnya gelora takbir para peserta . Pertanyaan lanjutan sebagai bahan evaluasi selalu dilontarkan bagi seluruh peserta, apakah kita siap satu komando? Siaap Apakah masih kuat kaki kaki kalian? Kuaaat Apakah masih semangat untuk terus berjalan? Semangaat Apakah masih lurus niyat kalian ? Luruuuussss Takbiirr allohu akbar,, lagi lagi dan lagi kata kata itu menjadi penyemangat setiap langkah perjuangan. Mimbar diserahkan ke haji epung pengatur dan arsitek lapangan,, disitulah kita memulai menyortir peserta yang kondisinya sudah sangat kelelahan dan kakinya sudah pada lecet diputuskan naik bus menuju jakarta karena dari semalan 12 armada bus sudah standbay disekitar perum perhutani kafilah yang naik bus dipimpin haji agus dan mama golangsing sebutan lain dari deden badrul kamal, dan yang lainnya melanjutkan jalan kaki dibawah komando saya, kiayi titing, kiayi syarif dan kiayi ma’sum beres acara pengarahan ditutup doa oleh kiayi titing. Peserta jalan kaki yang tersisa sekitar 2500 orang berjalan keluar ruangan berbaris tiga tiga memanjang, mobil komando sudah siap didepan dan nasyid aksi bela islam nyaring terdengar,, perjalanan dimulai kembali saya masih bertahan ditempat karena wartawan CNN minta wawancara selama Lima menit,, saya layani dengan baik disertai mimik muka semangat dan closing statemen ” bahwa jalan kaki dilanjutkan agar semangat ruhany ummat untuk bergerak dan bangkit bersama terus berkobar diseluruh peloksok nusantara” pekikan takbiir menjadi kata terahir wawancara. Saya kembali ke ruangan untuk memastikan peserta yang naik bus berangkat semua,,, tim logistik Deza Azra Aurora syibuk mengemas logistik yang melimpah ruah seisi ruangan ,sesuadah beres pendelegasian tugas saya menysul rombongan pejalan kaki untuk mwlanjutkan longmarch kembali,,, Bersambung,, #save aceh #bersyukur timnas menang # terus gelorakan semangat indonesia 12/17/16, 10:20 – Mta J2 Sapto Aji: Sebuah catatan IDE gila santri ciamis jalan kaki 212 Seri14 Waktu menunjukan pukul 08.00 pagi perjalanan terus berlanjut menyusuri jalan soekarno Hatta bandung, antrian pejalan kaki semakin bertambah karena banyaknya yang bergabung disetiap titik sehingga kehebohan terjadi disepanjang jalan yang terlewati Orasi dimobil komando terus dilakuakan oleh kiayi Fatah bergantian dengan yang lain sedangkan saya dan adik saya epung sudah tidak kuat lagi bersuara karena serak yang makin parah kalaupun dipaksakan serasa sakit ditenggorokan,, pada akhirnya nasyid aksi bela Islam dan nasyid wahai mujahid karya hamka lebih banyak mengiringi perjalanan kami. Kami para kiayi tetap berada pada garis depan dalam memimpin longmarch dengan tujuan agar semangat peserta tidak pernah kendor dan ingin memberikan pendidikan nyata bahwa pemimpin harus bertanggung jawab dalam segala hal dan berani mengambil resiko sepahit apapun demi kepentingan ummat yang lebih besar, Terik Matahari mulai menyengat ke sekujur tubuh namun tiba tiba awan menyelimuti langit kota Bandung,kiayi titing menoleh ke arah saya sambil berkata ” insya Alloh perjalanan kita INI diridhoi oleh Alloh ” kenapa emang kang? “Tanda tandanya jelas awan melindungi kita sepanjang perjalanan INI dan itu bukan paktor kebetulan semuanya atas seidzin Alloh ” ujar beliau, saya tertunduk sambil berjalan sesekali menatap ke atas sambil berkata” ya Robb berkahi perjalanan kami dan mohon jaga dan bimbing kami agar hati INI tetap lurus demi membela agamamu. Sepanjang perjalanan masyarakat terus menyemut menyambut dengan pekikan allohu akabar plus makanan dan minuman menumpuk namun lagi lagi mobil tak muat lagi membawa loghistik begitu banyak sampai ada IBU IBU sambil menangis kepengen makanan itu dibawa kalaupun merasa ringkih makanan itu dibawa juga kita menghargai maksud baik pengorbanan saudara seiman, subhaanalloh tabaarokalloh, sampailah kita didaerah sekitar buah batu rombongan ada yg nyegat,, bapa bapa yang pakai baju batik korpri mengampiri saya, ” pa maap kepala kemenag kota bandung Drs.h.m yusup ingin bertemu” kata bapa tersebut, oohh iya itu teman saya, begitu ketemu dengan kami langsung kepala kemenag merangkul kami sambil sesenggukan menahan tangis haru,, agak terbata bata beliau berkata terima kasih,,, salut luar biasa kiayi dan santri ciamis telah menyadarkan kami arti sebuah perjuangan dan pengorbanan ,,beliau melirik pegawai yang dibelakangnya sambil isyarat,,, IBU IBU yang dibelakang mengahmpiri saya” pa INI ada rizqi sedikit untuk bekal dijalan hasil urunan pegawai kemenag bandung” sambil terharu saya ucapkan terima kasihh,,, tak henti hentinya keajaiban dan pertulungan Alloh datang secara tidak disangka,saya memanggil kiayi endang yang jalan dibelakang untuk mwnyimpan setiap amanah ummat INI. Sudah hampir empat jam kami berjalan kaki mulai terasa pegal lutut terasa nyeri perut sudah mulai keroncongan,, handpond disaku celana berdering sengaja nada deringnya diset nasyid Untukmu para mujahid biar iramanya menambah motivasi semangat jihad,, saya liat nomornya tidak dikenal begitu dipijit tombol terdengar seseorang berbicara; Assalamualaikum pa kiayi? Waalaikum salamm INI saya dari aktifis Salman ITB mau konfirmasi dimana istirahat?? Insya allah kita akan istirahat dimesjid pertigaan cibeureum pa,, ada APA pa? Tanya saya Ini saya sudah menyediakan 4000 Paket nasi untuk makan siang pa,, oohh terimakasih jazakumullohhh,,, lagi dan lagi saya menangis,, baru saja perut terasa lapar,, Alloh sudah langsung kirim jawaban lewat hambanya untuk jamuan makan siang ” nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kalian bohongkan????” Tidak lama berselang sampailah kami dipertigaan cibereum sebelum masjid kaum ibu IBU dari majlis talim menyemut menyambut kami pada menangis sesekali ambil photo kami, pimpinan majlis ta’lim memasukan amplop ke saku kami sambil berujar” ini amanah dari IBU IBU MT untuk mujahid Ciamis” jazajakumulloh ibu,, semoga berkah saya menimpali,,, mulut ini sudah kehilangan kata kata untuk sekedar mengucapkan terima kasih,, yaa Robb apakah ini ni’mat atau istidraj??? Ujian manis datang bertubi tubi pada kami apakah kami sanggup menjadi hamba yang bersyukur atau malah kami menjadi kufur?? Begitulah gejolak bathin saya saat itu. Sampailah kami dimesjid cibeureum berbarengan dengan adzan dhuhur semua rebahan dipelataran dan emperan mesjid,, saya umumkan kita hanya istirahat satu jam dan dipersilahkan untuk ngambil wudhu terus solat berjamaah duhur jama qosor dengan asar sekaligus, namun sebagaimana biasa baru sepuluh menit dimesjid seorang peserta melaporkan air ditoilet masjid habis ,,akhirnya kita yang belum wudhu terpaksa wudhu dengan air mineral, qomat dikumandangkan bertindak sebagai Imam kiayi titing . Selepas solat berjamaah kita rebahan didalam mesjid sambil ngobrol ringan,,, tiba tiba dari belakang ada yang baca salam,,, Asalamualaikum pa kiyi? Waalaikum salam Pa saya yang tadi nlpon,, saya dari aktifis Salman ITB sudah menyediakan makan siang untuk para mujahid ,, oohhh baik akhi jazakumullhh jawab saya Pak saya sengaja dari aktivis Salman nyembelih satu ekor sapi dan empat ekor domba disembelih sendiri dan dipasak sendiri oleh aktivis Salman kami belum tidur, kami ingin ambil bagian bersama kafilah mujahid ciamis dan berharap Alloh mencatat kami termasuk anshor bagi para Mujahid,,, Saya terdiam agak lama saya pegang tangannya lama sekali,,, sambil berurai air mata disaksikan para kiayi saya katakan “baarokalloh hayyakalloh bilistiqomah,, kita berangkulan dan peserta antri ngambil nasi kotak semua lahap menikmati sajian santap siang hadiyah terindah aktivis Salman ITB. Bersambung,,, #save aleppo #kawalkasus AHOK #SAATNYA KITA BERSATU #LAKUKAN TERUS AMAR MA’RUF, NAHYIMUNKAR #KOBARKAN SEMANGAT INDONESIA 12/17/16, 16:02 – Mta J2 Sapto Aji: Selingan informasi BI terbitkan 11 uang baru 19 Desember http://tz.ucweb.com/12_xtev BI terbitkan 11 uang baru 19 Desember Antaranews BI Akan Terbitkan Desain Gambar Uang Baru Pengunjung menunjuk gambar uang pecahan baru dengan desain gambar pahlawan melalui monitor komputer di Jakarta, Rabu (5/10/2016). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja) Jakarta (ANTARA News) – Bank Indonesia akan menerbitkan secara bersamaan 11 pecahan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia terbaru dengan gambar pahlawan nasional pada 19 Desember 2016. “Rencana tanggal 19 November 2016,” kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi kepada ANTARA di Jakarta, Jumat. Sebanyak 11 pecahan uang NKRI baru tersebut terdiri atas tujuh uang rupiah kertas dan empat uang rupiah logam. Dalam 11 pecahan uang NKRI tersebut terdapat 12 gambar pahlawan nasional. Suhaedi memastikan setelah uang NKRI baru tersebut beredar, uang rupiah lama masih tetap berlaku hingga BI secara resmi menarik uang rupiah lama dari peredaran. Dalam penjelasan BI sebelumnya, sebanyak 11 uang baru tersebut akan memenuhi semua ciri-ciri fisik dalam Undang-Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011. Ciri-ciri fisik itu antara lain, lambang Garuda Pancasila, frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tanda tangan pemerintah dan BI, serta tahun cetak dan tahun emisi. Adapun 12 pahlawan nasional yang tercantum dalam uang NKRI tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI. Berikut gambar pahlawan nasional pada uang NKRI sesuai Keppres tersebut : 1. Gambar Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) 2. Gambar Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp50.000,00 (lima puluh ribu rupiah); 3. Gambar Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp20.000,00 (dua puluh ribu rupiah); 4. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah); 5. Gambar Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp5.000,00 (lima ribu rupiah) 6. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp2.000,00 (dua ribu rupiah); 7. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutia sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp1.000,00 (seribu rupiah); 8. Gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp1.000,00 (seribu rupiah); 9. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp500,00 (lima ratus rupiah); 10. Gambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp200,00 (dua ratus rupiah); dan 11. Gambar Pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp100,00 (seratus rupiah). 12/17/16, 18:29 – Mta J2 Sapto Aji:

Testimoni

artikel lainnya Sebuah Perjalanan Seorang Mujahid

Sunday 11 January 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER     MENGIDENTIFIKASIKAN KOMPONEN SISTEM KOMPUTER…

Thursday 15 October 2015 | blog

PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI DEPARTEMEN TEKNOLOGI INFORMATIKA OPERATOR KOMPUTER KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI RI DIREKTORAT…

Wednesday 6 August 2014 | blog

KAYAMARA.COM 1. BUPEKO.COM 1.1. Digital Printing 1.2. Iklan Koran 1.3. Website 1.4. Multimedia 1.5. Design Grafis…

Tuesday 14 April 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI            …