Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 25000 setahun dan dapatkan Trafik setiap harinya

RENCANA ANGGARAN KOPERASI

Oct
11
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

Perkembangan dinamika ekonomi dan bisnis semakin meningkat. Iklim persaingan juga semakin keras. Setiap pelaku usaha dituntut untuk terus berinovasi dan berkreasi jika tidak ingin tergilas oleh kerasnya persaingan usaha.

Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Sebelas Maret Surakarta (NEGARA INDONESIA), sebagai salah satu bagian dari dunia usaha tidak terlepas dari kondisi tersebut. Apalagi keberadaan KOPMA sebagai lembaga bisnis berbasis kampus berarti menjadi trendcentre dinamika masyarakat sekitar. Oleh karena itu KOPMA NEGARA INDONESIA mencoba berupaya menjalin kerjasama dengan unit usaha masyarakat di luar maupaun di dalam kampus.

Dengan adanya keinginan tersebut, KOPMA NEGARA INDONESIA berencana untuk membuat pembatas buku eksklusif yang sekaligus dapat dimanfaatkan oleh pemakainya untuk mendapatkan vouher atau diskon atau bentuk kemudahan-kemudahan lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa baru secara lebih. Dalam usaha untuk mewujudkan usaha tersebut, KOPMA NEGARA INDONESIA berusaha melibatkan pihak-pihak diluar KOPMA untuk dapat berpartisipasi.

Melihat perubahan dunia ekonomi yang sangat dinamis maka perlu kiranya bagi KOPMA dan pelaku usaha di dalam maupun di luar NEGARA INDONESIA untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan yang umumnya adalah Mahasiswa.Melihat kesamaan kepentingan tersebut KOPMA NEGARA INDONESIA akan mengadakan pembagian  pembatas buku eksklusif dengan manfaat lebih secara Cuma-Cuma kepada Mahasiswa baru 2006. Pembatas buku eksklusif tersebut terdiri dari dua sisi yaitu satu sisi sebagai persembahan dari KOPMA NEGARA INDONESIA kepada mahasiswa baru, dan di sisi yang lain dapat dimanfaatkan oleh unit-unit usaha disekitar kampus NEGARA INDONESIA sebagai sarana promosi atau memperkenalkan usahanya kepada mahasiswa baru 2006..

r      LANDASAN KEGIATAN

1.  Pancasila sebagai landasan ideal

2.  Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional

3.  UU. No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian

4.  AD/ART KOPMA NEGARA INDONESIA

5. Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

r      TARGET PASAR

Mahasiswa baru NEGARA INDONESIA terdiri dari mahasiswa dari berbagai berbagai jalur penerimaan yaitu, PMDK, SPMB, Non Reguler, PGSD dan PGTK baik S1 maupun Diploma. Kopma NEGARA INDONESIA adalah koperasi yang beranggotakan Mahasiswa. Sampai saat ini jumlah anggota KOPMA yang terdaftar mencapai 9.554 anggota. Belum lagi ditambah jumlah Mahasiswa NEGARA INDONESIA yang mencapai 27.000 Mahasiswa. Besarnya jumlah anggota KOPMA serta Mahasiswa NEGARA INDONESIA tersebut sungguh merupakan pasar yang sangat potensial bagi KOPMA dan Mitra. Sesuai dengan jiwa kopersi bahwa anggota adalah pemilik sekaligus konsumen, maka anggota koperasipun memiliki jiwa untuk selalu mendukung program-program yang dijalankan koperasi. Oleh karena itu dengan jumlah konsumen yang begitu besaar, mitra KOPMA nantinya tidak perlu melakukan promosi lagi yang itu berdampak pada pemborosan. Dengan adanya program ini mitra KOPMA akan terbantu untuk mencari pasar yang ideal bagi perkembangan uasahanya.

 

r      NILAI LEBIH

  1. Perusahaan / mitra KOPMA akan di publikasikan melalui media pembatas buku eksklusif  dan dibagikan gratis kepada mahasiswa baru.
  2. Program ini akan disosialisasikan pada para mahasiswa baru NEGARA INDONESIA dalam rangkaian program pedistribusian jaket almamater dan sosialisasi KOPMA kepada mahasiswa baru. Dengan program ini secara otomatis keberadaan mitra KOPMA juga akan di sosialisasikan atau diperkenalkan kepada Mahasiswa baru 2006.
  3. KOPMA NEGARA INDONESIA dan mitra akan memiliki konsumen baru, terkhusus pemegang pembatas buku eksklusif tersebut.

r      TUJUAN

  1. Mengembangkan dan memajukan Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta agar lebih bermanfaat bagi anggota.
  2. memberikan pelayanan yang istimewa kepada anggota KOPMA NEGARA INDONESIA dalam berbagai bentuk layanan dan kemudahan.
  3. 3.      Memacu motivasi anggota untuk aktif berpartisipasi ke arah pengembangan KOPMA NEGARA INDONESIA beserta para mitra.
  4. Memberikan wawasan dan arahan kepada anggota KOPMA NEGARA INDONESIA sebagai calon konsumen yang sangat potensial .
  5. Memperluas jaringan kerjasama yang saling menguntungkan antar sesama pelaku usaha.

 

r      HAK DAN KEWAJIBAN

Dengan adanya kerjasama ini, maka Calon Mitra akan memperoleh keuntungan sebagai berikut :

  1. Mendapatkan rujukan calon konsumen, yakni para Mahasiswa baru NEGARA INDONESIA untuk bertransaksi di mitra tersebut.
  2. Mendapatkan sarana advertising dalam bentuk pemuatan logo Mitra di belakang pembatas buku eksklusif.
  3. Kami akan mendistribusikan serta memberi penjelasan mengenai keberadaan mitra usaha dalam pembatas buku eksklusif tersebut kepada mahasiswa baru.

Sedangkan kewajiban yang akan ditanggung oleh calon Mitra adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan diskon ataupun fasilitas kemudahan lainnya kepada pemegang pembatas buku eksklusif dalam bentuk dan nilai yang telah disepakati bersama.
  2. Bersedia memasang collateral atau informasi tentang penggunaan pembatas buku eksklusif, yang disepakati di tempat-tempat strategis (kasir, pintu, masuk tempat usaha, dll).
  3. Mengganti biaya pembuatan pembatas buku eksklusif.

 

r      BIAYA

NO JML PEMBATAS BUKU BIAYA
    50 lembar Rp   20.000
  105 lembar Rp   40.000
  165 lembar Rp   60.000
  230 lembar Rp  80.000
  300 lembar Rp  100.000
  375 lembar Rp  120.000
  455 lembar Rp  140.000
  540 lembar Rp  160.000
          630 lembar Rp  180.000
          725 lembar Rp  200.000

 

r      KETENTUAN

  1. Nama dan alamat mitra akan dimasukan dalam satu sisi pembatas buku.
  2. Pembuatan pembatas buku dilakukan oleh pelaksana, dalam hal ini KOPMA NEGARA INDONESIA.
  3. Apabila mitra menginginkan logo nya dimuat dalam pembatas buku eksklusif, harus menyerahkan soft copy kepada pelaksana.
  4. Rancangan bentuk pembatas buku eksklusif ditentukan oleh pelaksana.
  5. Mitra diharapkan memberikan diskon atau kemudahan lain kepada pemegang pembatas buku eksklusif sesuai kesepakatan bersama.
  6. Jangka waktu penggunaan fasilitas pembatas buku eksklusif di unit usaha mitra dibatasi sesuai kesepakatan.
  7. Pelaksana mencantumkan batas akhir penggunaan pembatas buku eksklusif di unit usaha mitra.
  8. Pembatas buku eksklusif di distribusikan kepada mahasiswa baru oleh pelaksana.
  9. Mitra di wajibkan memasang kollateral atau informasi tentang pelaksanaan penggunaan pembatas buku eksklusif di tempat-tempat strategis unit usaha mitra (kasir, pintu, masuk tempat usaha, dll).
  10. Untuk pengadaan kollateral atau informasi disediakan dan dipasang sendiri oleh mitra atau dapat juga disediakan oleh pelaksana dan mitra mengganti biaya pembuatannya.

 

r      PENUTUP

Akhir kata, besar harapan kami untuk dapat bekerjasama dengan Calon Mitra. Untuk itu kami harapkan proses kerjasama ini dapat berlangsung terus menerus dan berkesinambungan dengan tujuan untuk saling memberikan manfaat dan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasamanya kami haturkan terima kasih.

 

 

 

Testimoni

artikel lainnya RENCANA ANGGARAN KOPERASI

Monday 23 December 2013 | blog

  Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua jenis, yaitu ….   Short cut untuk…

Wednesday 16 December 2015 | blog

Table of Contents A. Data Synchronizer ............................................................................................................1 A1. Set up your Data Synchronizer...............................................................................1 A2. ReadMore >>Testimoni…

Wednesday 31 December 2014 | blog

Matrik Analisis Materi Pembelajaran     Unit Kompetensi                     :           BERKOMUNIKASI LISAN DALAM BAHASA INGGRIS PADA TK.…

Saturday 11 April 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER MENGOPERASIKAN PIRANTI LUNAK PENGOLAH KATA…