Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

PROPOSAL KULINER KANTIN

Feb
20
2016
by : Bupeko. Posted in : blog

klikPENDAHULUAN

Persaingan bisnis dimasa sekarang semakin keras sehingga para pelaku bisnis dituntut untuk melakukan perbaikan terhadap bisnis yang dijalani. Apalagi bagi para pelaku usaha yang bergerak dalam bidang industri. Keputusan – keputusan pemerintah yang semakin menyulitkan industri usaha memicu bagi para pelaku bisnis untuk lebih memilih jalan dengan cara menutup usahanya dari pada meneruskan. Bagi Entrepreneur yang tangguh dituntut untuk keluar dari permasalahan ini dengan cara melakukan perbaikan produk, melakukan promosi untuk memenuhi target penjualan demi kelangsungan perusahaan. Kami sebagai pelaku bisnis yang bergerak dalam bidang jasa muncul inisiatif untuk membantu promosi bagi para pelaku bisnis yang bergerak dalam bidang produksi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan Branding dan Penjualan dilingkup Cafe.
Berbekal pengalaman dalam mengelola Cafe yang kami dapatkan sebelumnya maka kami optimis dapat mengembangkan usaha ini dengan baik. Program ini akan memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan maupun mitra usahanya yakni KOPMA UNS.

ANALISIS KELAYAKAN
Pengenalan bisnis
Untuk perkembangan bisnis dalam bidang produksi makanan dan minuman ditahun 2006 mengalami perkembangan yang pesat jika dibandingkan dengan tahun 2005. Hal ini dapat dibuktikan dengan bertambahnya penduduk indonesia yang semakin besar dan berdasarkan hasil survai dilapangan yang itu menyangkut analisis diseluruh kantin UNS ditambah lagi perbandingan jumlah mahasiswa yang masuk ke UNS lebih besar daripada yang keluar untuk setiap tahunnya.
Segmen pasar yang begitu besar ini ketika kita mau memanfaatkan dan meyajikan promosi yang bagus akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Bahkan diperkirakan akan mengalami peningkatan penjualan yang luar biasa.

TARGET PASAR
Keberadaan KOPMA UNS yang terletak dicenternya UNS memiliki posisi yang pas jika dimanfaatkan sebagai pusat perdagangan dilingkungan Universitas. Jumlah anggota KOPMA UNS hingga tahun ini sebanyak 9554 anggota belum lagi nanti ditambah dengan mahasiswa baru yang masuk. Sedangkan mahasiswa UNS hingga saat ini mencapai + 27.000 mahasiswa jumlah yang sangat besar. Produk minuman adalah barang yang mempunyai tingkat spekulasi yang sangat rendah bahkan hampir tidak ada karena merupakan barang yang tahan lama.
Mahasiswa baru tahun ajaran 2006 yang nantinya akan mengambil jaket Almamater diKOPMA UNS adalah salah satu sasaran yang menjadi target konsumen program Cafe ini. Koperasi adalah terdiri dari anggota yang itu sebagai pemilik sekaligus sebagai konsumen langsung. Artinya ketika anggota akan memenuhi kebutuhan dirinya secara sadar mereka akan membeli barang di Koperasi tersebut.

NILAI LEBIH
1. Promosi dari mitra KOPMA UNS akan lebih efektif.
2. Usaha ini sangat prospektif dilingkungan Mahasiswa.
3. Konsumen yang terjadi selama 4 bulan terakhir di KOPMA UNS mengalami peningkatan hingga 12,5%.
4. Penjualan yang terjadi sangat stabil.
5. Tempat yang ada merupakan senternya Universitas sebagai jalan utama.
6. Selain program penjualan minuman perusahaan sekaligus dapat menggunakan tempat tersebut sebagai tempat untuk BRANDING.
7. Pengelolaan Cafe yang profesional dari pengurus KOPMA UNS.
8. Program ini mendapatkan respon yang positif dari Universitas.
9. Selain penjualan minuman ditempat ini diadakan perdagangan makanan yang praktis serta di sukai oleh para mahasiswa.

KOMPETITOR
1. Koperasi Karyawan
Konsep yang ada di tempat tersebut hanya dalam bentuk pejualan didalam mini market.
2. Kantin yang ada dibelakang KOPMA UNS
Kantin ini berdasarkan survai yang ada hanyalah minuman seperti esteh dan minuman lainnya yang itu tidak berkaitan dengan minuman yang dikemas dalam botol.
Kompetitor diatas mempunyai pangsa pasar yang berbeda dengan konsep Cafe yang di rencanakan. Sehingga keberadaannya tidak berpengaruh secara signifikan dalam pengembangan Cafe.

RENCANA PEMASARAN

Anggota KOPMA UNS, Mahasiswa UNS, Karyawan dan Dosen UNS.
Pada setiap harinya rata – rata konsumen yang datang ke KOPMA UNS mencapai 600 orang. Ditambah lagi dengan mahasiswa dari fakultas sastra yang dekat dengan letak Cafe yang derencanakan. Komunitas masyarakat kampus disolo berdasarkan survai mempunyai tingkat konsumsi tinggi serta gengsi hidup yang tinggi pula. Hal ini menjadi momen yang relatif tepat ketika menjadikan KOPMA UNS sebagai tempat penjualan didalam lingkungan kampus. Segmen pasar yang begitu besar dan dekat dengan aktifitas di KOPMA sangat menunjang untuk sosialisasi dan promosi keberadaan CAFE.

MANAJEMEN
1. Struktur Organisasi Usaha
Struktur pengelolaan/manajemen dalam CAFE adalah sebagai berikut :
Manajer : Direktur Keusahaan
Kasir : Profesional staff
Penjualan : Karyawan
2. Jam Kerja
Operasional dimulai pada jam 07.30 – 16.50 WIB.
3. Evaluasi perakhir bulan.
4. Jam kerja efektif perbulan 25 Hari.

PENUTUP
Menjadi entrepreneur itu mudah, tapi menjadi entrepreneur yang handal dan tangguh perl;u mempunyai semangat yang tinggi dan persiapan mental. Dengan bekal pengalaman yang kami dapatkan mengelola Koperasi maka kami optimis dapat menjalankan bisnis ini secara profesional dan luar biasa yang itu akan memberikan manfaat yang besar bagi Masyarakat kampus pada khususnya. Tentunya peran serta pihak yang berkaitan akan sangat mendukung program ini.

PROPOSAL USAHA CAFE DAN BRANDING CAFE

Testimoni

tags:

artikel lainnya PROPOSAL KULINER KANTIN



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Wednesday 18 January 2012 | blog

1 Rabu, 12 september 2012 Kelas XE Jam ke 1 - 2 Kegiatan Produksi Nihil 2…

Saturday 14 February 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     Melakukan Restore Operating…

Saturday 9 May 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER         MENJELASKAN…

Thursday 29 January 2015 | blog

DAFTAR PUSTAKA   Kusrianto, Adi dan Nurcahyo B. W. 2003. Membuat Efek Teks Menggunakan Corel Draw…