Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

PROGRAM PROMOSI KOPMA

Aug
19
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

KOPMA-MU HARI INI
KOPMA UNS sebagai laboratorium bisnis bagi anggota KOPMA UNS. Sifat dari koperasi dalam hal ini adalah KOPMA UNS yaitu untuk mensejahterakan anggotanya. Anggota KOPMA UNS terdiri dari para mahasiswa UNS yang telah menjadi anggota KOPMA UNS.
KOPMA UNS berusaha untuk memberikan fasilitas – fasilitas yang dapat memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, salah satunya adalah dengan perbaikan pelayanan pada anggota KOPMA UNS seperti pada fasilitas ID Card untuk anggota KOPMA UNS angkatan 2006. Kartu Tanda Anggota atau ID Card tersebut juga dapat digunakan sebagai kartu diskon pada merchant atau mitra dari KOPMA UNS.
Adapun fasilitas dari ID Card tersebut adalah:
1. Sebagai Kartu Anggota KOPMA UNS selama periode 1 tahun.
2. Sebagai discount card (kartu diskon) belanja sebesar 5-50 % di berbagai tempat di Surakarta dan sekitarnya. Daftar merchant dapat ditanyakan di KOPMA UNS.
3. Mendapat jaminan asuransi dari PT. Asuransi Jiwa Sraya selama 1 tahun. Besar jaminan asuransi tersebut adalah:
a) Bila terjadi kecelakaan, maka akan mendapat asuransi sebesar
Rp 400.000,-/kejadian.
b) Bila cacat tetap, dijamin dengan asuransi sebesar Rp 2.500.000,-
c) Bila meninggal dunia, dijamin asuransi sebesar Rp 1.000.000,-
Adapun beberapa daftar merchant atau mitra dari KOPMA UNS yang berada di Surakarta dan sekitar kampus UNS adalah:
1. Sinergi , Jl..Punk Rock No.7 Telp 7003322 / 7060212, berupa diskon untuk setiap pembelian produk di Sinergi.
2. Bengkel Mulyo, JL. Maskur No.6 RT 02/XVI Telp. (0271) 5801201, dengan 5X cuci motor gratis 1X cuci motor.
3. Salon LIA, JL. Kartika RT 04/XXII Ngoresan HP: 085647069988 / 08562814044, berupa diskon antara 20 -25%.
4. SOPHIE MARTIN BC FANNY. JL. Yos Sudarso No.202 Kratonan Telp. 666906, berupa pemberian diskon.
KOPMA UNS juga memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk dapat menjadi staff dan maganger . Untuk dapat menjadi staff meupun maganger ada persyaratan yang harus dipenuhi yaitu telah mengikiti pendidikan dasar koperasi atau CBT. CBT merupakan tahap awal untuk anggota memasuki Lembaga Semi Otonom yang terdiri dari DETEKSI, KATERA, FKSEK. Partisipasi aktif anggota yang telah menjadi kader dalam mengembangkan KOPMA UNS dapat dilihat dari berkembang tidaknya kegiatan – kegiatan yang ada di dalam Lembaga Semi Otonom. Dengan LSO yang ada, maka kader diharapkan dapat mengekspresikan kreatifitas dan potensi yang dimiliki dan secara tidak langsung di dalam lembaga pengkaderan tersebut telah diajarkan mekanisme berorganisasi dan kemampuan memenejemen suatu organisasi. Pemilihan kader teladan yang dilaksanakan setiap bulannya, hal tersebut dapat memotivasi anggota untuk aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan KOPMA UNS.
a) DETEKSI merupakan LSO yang kegiatannya fokus pada pelatihan anggota untuk regenerasi dan menambah pengalaman anggota yang nantinya dipakai untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan KOPMA UNS . Banyak upaya yang dilakukan untuk merekrut dan melatih anggotanya, diantaranya dengan mengadakan CBT yang merupakan syarat bagi anggota untuk masuk lebih jauh dalam struktur organisasi dari KOPMA UNS, harmonisasi KOPMA UNS yang bertujuan untuk lebih mengakrabkan antara pengurus, pengawas, karyawan dan kader-kader KOPMA UNS.
b) KATERA merupakan LSO yang kegiatannya fokus dalam jurnalistik yaitu mengenai penerbitan, pelatihan serta peninjauan atau kunjungan ke media massa maupun kegiatan lainnya. Kedepannya KATERA diharapkan dapat mensinergiskan fungsi sebagai media komunikasi dan sebagai lokomotif entrepreneurship atau kewirausahaan. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan, diantaranya dengan menerbitkan Buletin dan newsletter dan mengadakan training corel draw.
c) FKSEK merupakan LSO yang kegiatannya fokus pada masalah kajian sosial ekonomi koperasi dan masalah jajak pendapat. Dengan kegiatan tersebut FKSEK dapat menjadi suatu wadah bagi anggota KOPMA UNS yang mempunyai bakat untuk berkomunikasi dengan sesama anggota KOPMA UNS. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan ,diantaranya NGOPI Bareng Pengawas yang merupakan kajian dan diskusi interaktif mengenai kepengawasan di KOPMA UNS oleh pengawas KOPMA UNS, polling atau jajak pendapat dan beberapa proker FKSEK lainnya.
. Partisipasi aktif anggota yang telah menjadi kader dalam mengembangkan KOPMA UNS dapat dilihat dari berkembang tidaknya kegiatan – kegiatan yang ada di dalam Lembaga Semi Otonom. Dengan LSO yang ada, maka kader diharapkan dapat mengekspresikan kreatifitas dan potensi yang dimiliki dan secara tidak langsung di dalam lembaga pengkaderan tersebut telah diajarkan mekanisme berorganisasi dan kemampuan memenejemen suatu organisasi. Pemilihan kader teladan yang dilaksanakan setiap bulannya, hal tersebut dapat memotivasi anggota untuk aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan KOPMA UNS.
KOPMA UNS juga sering mengadakan pendidikan dan pelatihan baik yang diadakan oleh KOPMA UNS sendiri maupun pengiriman delegasi pelatihan yang diselenggarakan oleh instansi lain yang bertujuan untuk membuka wawasan dan cakrawala, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas anggota aktif dalam mengembangkan dan mengelola KOPMA UNS ke depan.
Pembaharuan pelayanan yang dilakukan KOPMA UNS untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya selain ID Card, KOPMA UNS juga membuat pembatas buku eksklusif yang dapat digunakan sebagai kartu diskon dari sponsor yang tertera di sisi belakang dari pembatas buku eksklusif tersebut. Untuk menyambut mahasiswa baru, KOPMA UNS juga mengadakan acara WELCOME PARTY yang merupakan ajang seni seperti parade band.

KOPMA-MU HARI INI
KOPMA UNS, sebagaimana layaknya koperasi pada umumnya juga memiliki usaha, kepengurusan, kepangawasan, serta adanya Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang sering dianggap sebagai ajang bagi-bagi Sisa Hasil Usaha (SHU). Hal tersebut sesuai dengan prinsip dari koperasi pada umumnya yaitu untuk mensejahterakan anggotanya. Melihat sistim perekonomian di Indonesia yang memasukan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional, maka tepat kiranya bagi para Mahasiswa UNS untuk bisa belajar tentang perkoperasian dan dunia usaha di KOPMA UNS sebagai bekal saat terjun langsung di tengah-tengah masyarakat langsung dan dunia usaha nantinya.
Mengingat anggota KOPMA UNS adalah para mahasiswa yang kritis dan dinamis maka setiap hari, setiap waktu senantiasa terjadi perbaikan-perbaikan untuk KOPMA yang lebih baik. Untuk mewujudkan perbaikan pelayanan kepada Mahasiswa, khususnya bagi anggota, kepengurusan tahun 2006/2007, bidang PSDA memunculkan trobosan baru dalam penggunaan ID card atau Kartu Tanda Anggota (KTA). Inovasi yang dilakukan itu adalah dengan adanya manfaat lebih bagi anggota u8ntuk memanfaatkan fasilitas ID Card KOPMA nya. Manfaat atau fasilitas dari Kartu Tanda Anggota atau ID Card tersebut adalah disamping sebagai kartu identitas anggota juga dapat digunakan sebagai kartu diskon pada merchant atau mitra dari KOPMA UNS. Saat ini telah ada ID Card Ekslusif KOPMA UNS untuk dapat dinikmati para anggota yang menginginkan nya.
Adapun fasilitas dari ID Card eksklusif KOPMA tersebut adalah:
1. Sebagai Kartu Anggota KOPMA UNS selama periode 1 tahun.
2. Sebagai discount card (kartu diskon) belanja sebesar 5-50 % di berbagai tempat di Surakarta dan sekitarnya. Daftar merchant dapat ditanyakan di KOPMA UNS.
3. Mendapat jaminan asuransi dari PT. Asuransi Jiwa Sraya selama 1 tahun. Besar jaminan asuransi tersebut adalah:
a) Bila terjadi kecelakaan, maka akan mendapat asuransi sebesar
Rp 400.000,-/kejadian.
b) Bila cacat tetap, dijamin dengan asuransi sebesar Rp 2.500.000,-
c) Bila meninggal dunia, dijamin asuransi sebesar Rp 1.000.000,-
Berikut adalah contoh merchant ID Card Eksklusif KOPMA UNS:
1. AZIROO SHOES
Jl. A. Yani 346 Mendungan ( Disc. 5% )
2. CHRISVINA BOUTIQE
Solo Grand Mall Lt.1 ( disc. 10% )
3. F& D Counter culture
Solo Grand Mall ( Disc. 10 %)
4. JENNETE BUTIK
Jl. Kalilarangan 15 & 95 ( Disc 20% )
5. CAHAYA CIBER SHOOT
Solo Grand Mall Lt. 1 ( Hadiah menarik utk pembelian Handycam, kamera digital, discman, walkman, dll. )
6. RONA SURYA HARMONI ADITHAMA
Jl. Lampobatang Utara II Mojosongo (Disc 25%, Agen pulsa 7,5%, dll)
7. APOTIK KOONDANG SEHAT SOLO
Jl. Gajahmada 112 Solo ( Disc 7,5% )
8. BIO OPTIK
Jl. Honggowongso 78A (Disc 20% – 30%)
9. MELLISA HAIR & BEAUTY CLINIC
Jl. Urip Sumoharjo 112 Solo (Disc 10% – 20%)
10. STEAK 17
Jl. A. Yani 348 Pabelan (Disc 10 %)
Itu tadi sebagian contoh merchant ID Card Eksklusif KOPMA UNS. Jika kamu menginginkan untuk memiliki nya kamu dapat mendafrar di KOPMA UNS dengan cukup membayar Rp 30.000,- (Tiga Puluh Ribu Rupiah ).
Tak kalah dengan ID Car Eksklusif tersebut, Kartu Tanda Anggota (KTA) KOPMA UNS angkatan 2006 juga akan dilengkapi dengan fasilitas diskon serta kemudahan lain. Sungguh beruntung anggota KOPMA angkatan 2006, karena KTA mereka telah dapat dijadikan sebagai kartu diskon atau kemudahan lain di beberapa unit usaha baik KOPMA maupun di luar. Makanya bagi kamu yang sekarang lagi masuk UNS, jangan ragu untuk daftar KOPMA sekarang juga. Dengan menjadi anggota KOPMA selain dapat dijadikan sebagai tempat mencari sahabat dan belajar tentang dunia usaha, juga dapat digunakan untuk memenuhi dan memudahkan keperluanmu. Berikut adalah mitra KOPMA UNS yang akan memberikan diskon atau kemudahan yang lain bagi pemegang KTA KOPMA 2006

1. SOPHIE MARTIN BC FANNY
JL. Yos Sudarso No.202 Kratonan Telp. 666906 ( Disc 10 % )

2. Bengkel Mulyo
JL. Maskur No.6 RT 02/XVI Telp. (0271) 5801201 (5X cuci motor, gratis cuci 1X, Servis motor, dapat 1 kupon cuci motor)

3. RESTU LAUNDRY
Jl. K.H. Maskur Kentingan Baru, Cab: dpn gerbang STSI, dpn SD Gulon HP.085640282618 ( 10 potong gratis dua potong )

4. Lembaga Pendidikan Komputer KOPMA UNS (LPK KOPMA UNS)
Jl. Kol. Sutarto 150 Jebres Surakarta 57126 Telp. (0271) 635806 Fax.(0271)641439
5. Sinergi , Jl..Punk Rock No.7 Telp 7003322 / 7060212, berupa diskon untuk setiap pembelian produk di Sinergi.
Bagi kamu, khususnya Mahasiswa baru 2006 dengan ikut mendaftar anggota KOPMA, kamu akan mendapatkan KTA dengan fasilitas tersebut. Jadi buruan sekararang daftar! Mau tahu cara daftarnya? Datang langsung aja ke KOPMA UNS, atau saat pengambilan jas almamater serta event lain KOPMA UNS.
Dengan adanya fasilitas yang dimiliki oleh KTA biasa terlebih ID Card eksklusif KOPMA UNS tersebut merupakan bentuk usaha pengurus 2006 untuk lebih memberikan pelayanan kepada anggota dan usaha KOPMA untuk lebih mensejahterakan anggota.Selain usaha peningkatan pelayanan kepada anggota pengurus senantiasa berupaya agar kader – kader KOPMA UNS dapat belajar baik dengan perekrutan staf pengurus maupun maganger serta adanya kegiatan – kegiatan lain di tingkat kader.
Untuk dapat menjadi staff meupun magang-er Mahasiswa yang telah menjadi anggota KOPMA haruslah telah mengikiti pendidikan dasar koperasi atau CBT. Dengan CBT anggota sangat dimungkinkan untuk meniti jenjang perkoperasian. CBT merupakan tahap awal untuk anggota memasuki Lembaga Semi Otonom yang terdiri dari DETEKSI, KATERA dan FKSEK. Partisipasi aktif anggota yang telah menjadi kader dalam mengembangkan KOPMA UNS dapat dilihat dari berkembang tidaknya kegiatan – kegiatan yang ada di dalam Lembaga Semi Otonom. Dengan LSO yang ada, maka kader diharapkan dapat mengapresiasikan bakat, kreatifitas dan potensi yang dimiliki. Dengan demikian secara tidak langsung di dalam lembaga pengkaderan tersebut telah diajarkan mekanisme berorganisasi dan kemampuan menejemen suatu organisasi.
Pemilihan kader teladan yang dilaksanakan setiap bulannya, merupakan salah satu bentuk penghargaan dan sebagai pemotivasi bagi kader untuk lebih bisa giat dalam kegiatan pengembangan KOPMA. Lembaga ditingkat kader dalam KOPMA UNS adalah sebagai berikut:
a) DETEKSI merupakan LSO yang kegiatannya fokus pada pelatihan anggota untuk regenerasi dan menambah pengalaman anggota yang nantinya dipakai untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan KOPMA UNS . Banyak upaya yang dilakukan untuk merekrut dan melatih anggotanya, diantaranya dengan mengadakan CBT yang merupakan syarat bagi anggota untuk masuk lebih jauh dalam struktur organisasi dari KOPMA UNS, harmonisasi KOPMA UNS yang bertujuan untuk lebih mengakrabkan antara pengurus, pengawas, karyawan dan kader-kader KOPMA UNS.
b) KATERA merupakan LSO yang kegiatannya fokus dalam jurnalistik yaitu mengenai penerbitan, pelatihan serta peninjauan atau kunjungan ke media massa maupun kegiatan lainnya. Kedepannya KATERA diharapkan dapat mensinergiskan fungsi sebagai media komunikasi dan sebagai lokomotif entrepreneurship atau kewirausahaan. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan, diantaranya dengan menerbitkan Buletin dan newsletter dan mengadakan training corel draw.
c) FKSEK merupakan LSO yang kegiatannya fokus pada masalah kajian sosial ekonomi koperasi dan masalah jajak pendapat. Dengan kegiatan tersebut FKSEK dapat menjadi suatu wadah bagi anggota KOPMA UNS yang mempunyai bakat untuk berkomunikasi dengan sesama anggota KOPMA UNS. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan ,diantaranya NGOPI Bareng Pengawas yang merupakan kajian dan diskusi interaktif mengenai kepengawasan di KOPMA UNS oleh pengawas KOPMA UNS, polling atau jajak pendapat dan beberapa proker FKSEK lainnya.
Setelah tahu keberadaan Lembaga Semi Otonom KOPMA itu, Anggota baru dapat memilih kira-kira nanti setelah CBT akan mengawali karir di KOPMA UNS melalui LSO yang mana?
Kegiatan KOPMA UNS tidak hanya dalam berbisnis atau berusaha semata. KOPMA UNS juga sering mengadakan pendidikan dan pelatihan baik yang diadakan oleh KOPMA UNS sendiri maupun pengiriman delegasi pelatihan yang diselenggarakan oleh instansi lain, yang tujuannya untuk membuka wawasan dan cakrawala, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas anggota aktif dalam mengembangkan dan mengelola KOPMA UNS ke depan.
Bagi kamu – kamu yang ikut KOPMA untuk mendapatkan SHU yang tinggi, tenang aja poin SHU dapat kamu peroleh dengan berpartisipasi dengan menggunakan jasa KOPMA UNS ( membeli atau menggunakan jasa di unit usaha, menjadi siswa LPK). Selain itu ternyata peran serta anggota dalam kegiatan yang diselenggarakan KOPMA UNS juga mendapatka poin ( menjadi peserta atau panitia event KOPMA)
Bagi anggota baru atau lama yang tidaksabar ingin aktif di KOPMA sabar aja, pada bulan Sebtember yang akan datang telah direncanakan pendidikan dasar perkoperasian (CBT). Oya sementara menunggu waktu pelaksanaan CBT tersebut bagi anggota baru atau lama dapat pula mengikuti kegiatan – kegiatan di Lembaga Semi Otonom KOPMA UNS.

/loginCABANG BULUKERTO
1974 – 2002

Gagasan pertama kali untuk menyelenggarakan ceramah penerangan Pangestu adalah datang dari Ibu Dwijasartono (Isteri Mantri Kesehatan), Bapak Agus Sularto (Mantri Polisi), dan Bapak Mitowirejo (pegawai Penerangan). Ceramah pertama kali dimulai pada bulan januari 1974 yang berlangsung 10 (sepuluh) kali. Untuk pendalamannya ditambah 5 (lima) kali. Penceramah pada waktu itu yaitu :
1. Bapak Sukamto (Dwikarya) dari Cabang Pangestu Wonogiri.
2. Bapak Sukatmo dari Cabang Solo,
3. Bapak Haji Chambali dari Solo,
4. Bapak Moh. Saito dari Cabang Solo,
5. Bapak Sunoko dari Cabang Jatisrono.
Setelah memenuhi syarat dari jumlah anggota yang ada, maka diresmikan Cabang Bulukerto pada tanggal 4 Mei 1974 oleh Koordinator III Surakarta yaitu Bapak Swandito dan Bapak Haji Chambali. Jumlah anggota pada saat itu 83 (delapan puluh tiga) orang, terdiri dari 48 pria dan 35 orang wanita. Adapun yang ditunjuk sebagai Ketua Cabang Bulukerto yang pertama kali adalah Bapak Agus Sularto yang pada saat itu berusia 49 tahun dengan alamt Gondang Bulukerto, dan jabatannya dalam masyarakat adalah Mantri Polisi.
Perkembangan dari tahun 1974 s.d. tahun 1979 jumlah anggota pria 315 orang dan jumlah anggota wanita 255 orang. Sedang rata rata yang hadir dalam olah rasa berjumlah 150 orang. Pada tahun 1979 s.d. 1984 jumlah anggota pria 348 orang dan jumlah anggota wanita 275 orang. Sedang yang hadir dalam olah rasa rata rata 1565 orang. Pada tahun 1989 jumlah anggota pria 310 orang dan wanita 200 orang, sedang olah rasa yang hadir rata rata 85 orang. Pada tahun 1994 jumlah anggota pria 295 orang dan wanita 150 orang, sedang yang hadir dalam olah rasa rata rata 80 orang. Pada tahun 1994 s.d. tahun 2002 jumlah anggota pris 119 orang dan wanita 98 orang, sedang yang hadir dalam olah rasa rata rata 65 orang yang aktif.

Cabang Bulukerto mempunyai beberapa Ranting yaitu :
1. Bulukerto, kegiatan olah rasa setiap malam Senen Pon
2. Conto, kegiatan olah rasa setiap hari Minggu Pon
3. Nguneng, kegiatan olah rasa setiap hari Minggu Kliwon
4. Domas, kegiatan olah rasa setiap malam Selasa Kliwon
Sedang jumlah kelompok yang ada yaitu :
1 Nadi yang mengadakan saresehan sebulan sekali,
2 Krandegan yang mengadakan saresehan sebulan sekali,
Kebanyakan anggota Pangestu cabang Bulukerto adalah Petani, sehingga belum diadakan olah rasa khusus, yang baru diadakan adalah olah rasa umum. Untuk pengisi olah rasa disampaikan dalam Cabang Bulukerto saja, belum pernah dating dari Pusat maupun dari luar Bulukerto. Untuk kegiatan ekstra struktural belum ada. Kegiatan olah rasa tidak dilaksanakan di Gedung Dana Warih, karena Cabang Bulukerto belum memiliki Gedung Dana Warih.
Pada hari hari Besar Pangestu selalu diadakan secara rutin setiap tahun yaitu Hari Pepadang, Hari Pamudaran dan Hari Pembangunan yang diselenggarakan secara sederhana tanpa acara lomba dan kegiatan pentas lainnya. Berhubung Bulukerto terletak di Pedesaan maka kegiatan Pamiwahan Putra belum dilaksanakan.
Catatan bahwa kronologis Ketua tidak disebutkan, yang ada pada surat laporan saat ini (tahun 2002) tertera Ketua Bapak Suyatno dengan Sekretaris Bapak Sarmun.



Testimoni

tags: , ,

artikel lainnya PROGRAM PROMOSI KOPMA



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Sunday 28 December 2014 | blog

Punctuation   Punctuation is the system of symbols (. , ! - : etc) that we…

Friday 8 May 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER     MENERAPKAN DASAR-DASAR PEMBUATAN WEB …

Saturday 6 June 2015 | blog

      MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI        …

Tuesday 24 September 2013 | blog

Dalam halaman ini kami akan berbagi buku yang sangat bagus dan penting, yaitu buku html 5, …