Menu

Peran sekolah dalam pemberantasan korupsi

Jan
14
2015
by : 3. Posted in : blog

Korupsi memang menyebalkan, Pendidikan Anti Korupsi, Jika mainan atau barang milik temanmu tertinggal di rumahmu. Segera kembali. Jangan pernah menganggap mainan atau barang itu milikmu. Jangan mengambil barang atau mainan milik temanmu jika kamu mengambil berarti kamu telah mencuri. Mencuri adalah perbuatan tercela dan termasuk perbuatan dosa. Jika kamu telah melakukan kesalahan. Segera akui kesalahanmu dan segeralah meminta maaf. Gurumu tentu sering memberikan PR atau pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah harus kamu kerjakan di rumah. Pekerjaan rumah harus kamu kerjakan sendiri. Jangan pernah meminta orang tua atau kakakmu untuk mengerjakan PR-mu. Kamu harus berusaha mengerjakan sendiri PR-mu. Bertanyalah kepada orang tua atau kakakmu jika kamu tidak dapat mengerjakannya. Jangan pernah menyontek pekerjaan rumah milik temanmu. Kerjakan PR sesuai kemampuanmu.

Pemberantasan korupsi disekolah, Korupsi memang menyebalkan, Saat guru menerangkan pelajaran, mungkin kamu belum memahami atau belum mengerti apa yang dijelaskan gurumu. Kamu harus berterus terang pada guru bahwa kamu belum memahami materi tersebut. Mintalah gurumu untuk menjelaskan kembali agar kamu memahami materi tersebut. Jika kamu belum paham dengan pelajaran yang disampaikan oleh gurumu jangan malu untuk bertanya. Gurumu tentu akan menjawab pertanyaanmu dengan senang hati. Gurumu tentu sering bertanya tentang materi yang baru saja diajarkan/dijelaskan. Jawablah pertanyaan gurumu sesuai pemahamanmu. Saat mengerjakan tugas-tugas sekolah, misalnya lembar kerja atau pekerjaan rumah kerjakan sendiri tugas-tugas tersebut. Jangan menyontek atau mencontoh tugas milik temanmu. Jawablah pertanyaan gurumu sesuai pengetahuan yang kamu ketahui. Hal itu lebih baik daripada kamu menjawab seolah-olah kamu mengerti tetapi jawabanmu justru tidak tepat. Ingatlah untuk selalu bertindak hati-hati atau melakukan sesuatu dengan hati-hati jangan terburu-buru. Karena sesuatu yang dilakukan atau dikerjakan dengan buru-buru hasilnya tidak baik.

Korupsi berawal dari etikan dan sopan santun, Biasakan berbicara dengan jujur dan santun kepada semua orang. Dengan berbicara jujur kamu akan dipercaya orang lain. Saat mengerjakan soal-soal ulangan atau ujian, jangan pernah menyontek. Jika menyontek berarti kamu telah berbuat tidak jujur. Bisakan untuk selalu belajar setiap hari walaupun tidak ada ulangan. Pada saat ulangan atau ujian jika temanmu bertanya mengenai jawaban soal ujian jangan kamu beritahu. Jika kamu memberitahu jawaban soal-soal ulangan atau ujian berarti kamu membantu temanmu untuk berbuat tidak jujur. Suatu hari mungkin gurumu mengadakan ulangan mendadak dan kamu tidak siap karena belum belajar. Jika ada soal yang tidak dapat kamu kerjakan, jangan meminta batuan temanmu atau menerima jawaban yang diberikan temanmu. Percayalah dengan kemampuanmu. Kamu pasti pernah membuat karangan ilmiah. Pada saat membuat karangan ilmiah pasti kamu mengambil atau mengutip pendapat seseorang atau buku referensi. Jangan lupa untuk menyebutkan sumber atau referensi itu dalam kutipan maupun di daftar pustaka. Hal ini dilakukan untuk menghindari plagiat.

Saat pelajaran biologi atau kimia pasti ada kegiatan praktikum di laboratorium. Pada saat melaporkan hasil percobaan, kamu harus melaporkan data kegiatan praktikmu apa adanya walaupun hasilnya kurang tepat. Jangan pernah merekayasa data karena berarti kamu telah melakukan kecurangan. Apabila kamu menemukan barang di lingkungan sekolahmu segera serahkan kepada gurumu atau guru piket. Itu akan melatih kejujuranmu sejak dini. Apabila ada kesalahan saat mengerjakan tugas, kamu harus berterus terang tentang kesalahan yang ada, jangan kamu tutupi dan segera mengintrospeksi agar kesalahan yang sama tidak terulang Saat proses belajar mengajar pasti ada tugas yang dikerjakan secara berkelompok. Jika ada permasalahan jangan saling menyalahkan, selesaikan masalah itu dengan musyawarah. Di kelas dan disekolahmu pasti ada uang kas yang diiur anggota setiap bulan. Biasakan untuk mengelola uang kas dengan jujur, transparan,d an terbuka sehingga anggota yang lain percaya dengan kepengurusan kalian.

Walaupun hany sebagai anggota kamu juga harus ikut mengawasi penggunaan uang kas kelas, sekolah, dan OSIS untuk menghindari penyelewengan. Lakukan semua tugas yang diberikan orang tua dan gurumu. Dengan melaksanakan semua tugas itu akan melatih kedisiplinanmu. Biasakan untuk segera mengerjakan tugas atau PR dengan, jangan menunda-nunda. Dengan menunda-nunda pekerjaan, pekerjaan atau tugas lain akan tertunda pula. Biasakan untuk membuat jadwal pekerjaan yang harus kamu lakukan. Buatlah skala prioritas pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Kamu pun harus disiplin dengan jadwal dan skala prioritas yang kamu buat sehingga tugasmu akan selesai tepat pada waktunya. Kerjakan tugasmu sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh orang tua atau gurumu. Dengan mengikuti petunjuk tersebut tugasmu akan selesai dengan baik. Biasakan untuk antre di rumah atau di tempat umum. Antre akan melatih kedisiplinanmu sejak dini. Larangan yang diberikan oleh guru atau orang tuamu jangan pernah kamu langgar karena itu akan menunjukkan kedisiplinanmu. Di rumah dan di kelas tentu ada pembagian tugas. Kerjakan tugas yang menjadi tanggung jawabmu jangan mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab temanmu, kecuali kamu telah diberi mandat.

Taatilah tata tertib yang ada di sekolahmu. Taat tata terbit berarti disiplin. Tempat umum adalah milik kita bersama oleh karena itu jagalah kebersihan tempat umum agar kita nyaman di tempat itu. Ikutlah berpartisipasi dalam pelaksanaan aturan-aturan sosial sehingga kehidupan sosial di sekitarmu akan berjalan aman dan tertib. Kelolalah dana-dana kegiatan siswa secara transparan untuk menghindari adanya penyelewengan. Segera kerjakan semua tugas dari guru dengan perasaan senang tanpa harus diingatkan oleh orang tuamu. Pekerjaan yang dikerjakan dengan terpaksa hasilnya pun kurang baik. Kerjakan sendiri tugas yang diberikan gurumu jangan meminta orang tua atau kakakmu mengerjakan tugas-tugasmu karena tugas itu merupakan tanggung jawabmu. Selesaikan tugas-tugasmu tanpa putus asa, pantang menyerah, dan penuh tanggung jawab sehingga tugasmu akan selesai dengan baik. Tugas kelompok harus dikerjakan oleh semua anggota kelompok dengan penuh semangat dan jangan dibebankan kepada salah satu anggota kelompok. Jika suatu saat kamu diberi tugas untuk menjadi salah satu petugas upacara kerjakan dengan penuh tanggung jawab.

Tugas yang menjadi tanggung jawabmu harus kamu selesaikan dengan tuntas. Jika tugas yang kamu kerjakan tidak selesai kamu harus siap dengan semua konsekuensinya. Salah satu bentuk tanggung jawabmu adalah ikut mengawasi pengelolaan dan penggunaan keuangan kelas dan sekolah. Kamu harus menerima dan menjalankan sanksi yang diberikan kepada atas kesalahan yang kamu lakukan dengan penuh tanggung jawab. Apabila kamu menjadi ketua, sekretaris, bendahara di kelas atau organisasi sekolah lainnya kamu harus melaksanakan tugas dan tanggung jawabmu sebaik-baiknya. Jika terjadi masalah saat mengerjakan tugas, jangan saling melemparkan kesalahan. Carilah akar permasalahannya dan selesaikan bersama-sama. Tugas yang diberikan secara berkelompok merupakan tanggung jawab bersama sehingga harus dipikul bersama-sama. Walaupun hanya sebagai anggota organisasi di sekolah kamu juga harus ikut bertanggung jawab dalam pengawasan, pengelolaan, dan penggunaan uang kas kelas dan sekolah. Kerjakan tugas dan PR yang diberikan gurumu dengan sebaik-baiknya agar hasilnya juga baik. Jangan mudah menyerah jika tugas yang diberikan kepadamu sulit untuk diselesaikan. Teruslah berusaha untuk menyelesaikannya sesuai kemampuanmu.

Jangan sering mengeluh walaupun tugas yang diberikan kepadamu sangat banyak. Mengeluh akan menghambat pekerjaanmu. Saat melakukan kegiatan praktikum lakukan dengan senang hati dan bersemangat karena kegiatan praktikum akan menambah pengalaman dan pengetahuanmu. Rajin dan giatlah belajar walaupun tidak ada ulangan atau ujian. Dengan belajar setiap hari kamu akan siap jika sewaktu-waktu guru mengadakan ulangan atau ujian. Tugas utama pelajar adalah belajar selesaikan semua tugas atau PR dengan penuh semangat dan antusias. Isilah waktu luangmu untuk kegiatan positif misalnya membaca dan belajar walaupun tidak ada ulangan. Buatlah jadwal kegiatan harianmu agar kamu dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Berusahalah untuk selalu mencapai yang terbaik dan selalu berprinsip hari ini lebih baik dari hari kemarin. Berusahalah menguasai kompetensi yang diajarkan di sekolah untuk bekal hidup dan melanjutkan pendidikanmu.

Pakailah pakaian yang sederhana, walaupun orang tuamu orang berada. Itu akan melatihmu hidup sederhana. Jangan suka memamerkan apa yang kamu punya karena itu akan membuatmu menjadi anak yang sombong. Walaupun orang tuamu orang berada jangan menggunakan barang-barang yang berharga mahal. Jangan suka membandingkan kelebihan yang kita punya dengan orang lain. Jangan pula mencela kekurangan orang lain. Jangan memakai perhiasan berlebihan, selain membahayakan dirimu sendiri juga akan melatihmu untuk tidak berlebih-lebihan. Sebaiknya tidak membawa HP atau telepon seluler ke sekolah karena akan mengganggu belajarmu di sekolah. Siswa SMP belum diperbolehkan naik sepeda motor di jalan umum. Oleh karena itu jika ke sekolah sebaiknya naik sepeda, kendaraan umum, atau diantar orang tuamu. Jangan suka memamerkan kekayaan orang tuamu karena akan membuatmu sombong. Belajarlah untuk hidup hemat, tabunglah sebagian uang sakumu. Jangan biasakan menyuruh orang lain untuk mengerjakan sesuatu, kerjakan sendiri sesuai kemampuanmu. Itu akan melatih kemandirianmu. Tugas-tugas yang diberikan kepadamu harus kamu kerjakan sendiri dan percayalah pada kemampuanmu sendiri. Jangan menyontek pekerjaan temanmu atau menyuruh orang lain mengerjakan tugas-tugasmu. Saat ulangan atau ujian kamu harus mengerjakan sendiri soal-soal tersebut jangan bertanya kepada temanmu. Kamu harus percaya diri dan tidak tergantung pada orang lain. Jangan mengandalkan orang lain untuk mengerjakan tugas-tugasmu. Kamu harus belajar mengambil keputusan untuk semua permasalahan yang berhubungan dengan dirimu sendiri. Jika kamu mendapatkan kesulitan kamu harus dapat membuat keputusan sendiri bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut. Biasakan untuk menyelesaikan permasalahanmu sendiri jangan bergantung pada orang lain. Penuhi sendiri kebutuhan-kebutuhan pribadimu jangan minta dilayani orang lain.

Semua siswa di sekolah sama jangan sekali-kali meminta untuk diistimewakan walaupun orang tuamu terpadang di sekolahmu. Jangan membeda-bedakan teman dan jangan memilih milih teman. Bertemanlah dengan semua orang. Jangan pilih kasih. Jika kamu diberi tugas untuk membagi kelompok. Bagilah kelompok secara adil. Hargailah hasil pekerjaan temanmu. Jika kamu diberi tugas untuk membagi tugas atau pekerjaan kamu harus membaginya secara adil, proporsional, dan merata. Jika temanmu ada yang berselisih segera damaikan jangan memihak salah satu teman. Saat berdiskusi atau berbicara dengan temanmu berilah kesempatan kepada teman-temanmu untuk menyampaikan pendapatnya jangan mendominasi pembicaraan. Jangan bersifat egois dan berbagilah dengan sesama. Bekerja samalah dengan teman-temanmu dengan baik. Melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang berarti telah berbuat adil. Seseorang telah berbuat adil jika mempunyai pribadi yang seimbang antara dunia dan akhirat. Adil berarti melaksanakan kewajibannya terlebih dulu baru menuntut haknya.

Tidak pilih kasih dalam memperlakukan orang-orang di sekitarmu berarti kamu telah berbuat adil. Memperlakukan orang lain seperti memperlakukan diri sendiri adalah perbuatan adil Kita harus memikirkan perasaan, kebutuhan, dan keinginan orang lain ketika akan berbuat adil. Jika kamu tidak melakukan kewajibanmu di sekolah kamu harus siap menerima sanksi dari guru atau sekolah. Jika kamu melakukan kesalahan kamu harus berani dan terbuka mengakuinya. Jika temanmu mengambil pensil atau buku milik temanmu yang lain kamu harus berani melaporkan kepada gurumu. Kamu harus mempunyai keberanian untuk mengatakan hal-hal yang benar. Jika kamu tidak mengerti dengan penjelasan gurumu kamu harus berani bertanya. Jika gurumu bertanya tentang pelajaran yang dijelaskan kamu harus berani menjawab sesuai pengetahuanmu. Ketika sedang berdiskusi atau bermusyawarah kamu harus berani mengemukakan pendapatmu. Jika gurumu menyuruh membaca puisi di depan kelas kamu harus berani tampil di depan kelas. Jika temanmu akan melanggar peraturan di sekolah kamu harus berani memperingatkannya. Laporkan pelanggaran-pelanggaran yang kamu lihat kepada guru atau guru BP. Jika ada pelanggaran penggunaan dan pengelolaan uang kas kelas atau OSIS kamu harus berani melaporkan kepada guru kelas atau BP. Kamu harus berani mengungkapkan kebenaran dengan risiko apapun.Apabila kamu menjadi saksi kamu harus bersaksi dengan jujur, mengatakan apa adanya apa yang kamu tahu. Apabila buku atau barang lain milik temanmu tertinggal kamu harus mengingatkan temanmu.

Jangan pernah kamu melakukan perbuatan yang dapat merugikan temanmu. Jika kamu meminjam barang atau alat-alat sekolah milik temanmu segera kembalikan dengan kondisi seperti semula Jagalah barang-barang yang ada di kelasmu seperti kamu menjaga barang-barang milikmu sendiri. Buku-buku yang kamu pinjam dari perpustakaan harus kamu jaga jangan kamu corat-coret karena buku itu milik umum Ingatkan teman-temanmu jika mereka melakukan kesalahan dalam penggunaan dan pengelolaan uang kas kelas dan sekolah (OSIS). Jagalah semua fasilitas yang ada di sekolah agar tetap berfungsi dengan baik. Jagalah kebersihan lingkungan sekolahmu, misalnya membuang sampah di tempat sampah agar sekolahmu tetap nyaman dan bersih. Kamu harus terlibat dalam pengawasan penggunaan dan pengolaan uang Osis. Itu menunjukkan kepedulianmu agar tidak terjadi pelanggaran penggunaan uang Osis tersebut.

artikel lainnya Peran sekolah dalam pemberantasan korupsi

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Friday 31 October 2014 | blog

LOGO TECHNOPARK JUDUL: SUPER NANNY PROGRAM PUSING DEH…… TIDAK PUNYA PENGASUH ANAK PUSING DEH….. CARI GURU…

Tuesday 10 September 2013 | blog

Dowload The Secret ini lah pengakuan dari beberapa pakat fisikawan megenai the secret BOB PROCTOR FILSUF,…

Sunday 28 June 2015 | blog

Sumber Berita dari Saksi Sejarah Saksi merupakan seseorang yang pernah menyaksikan atau melihat sebuah peristiwa ketika…

Tuesday 4 November 2014 | blog

Alur Pencairan Jamsostek di perusahaan Textile PT. Tyfountex Indonesia. Alur Pencairan Jamsostek dibagi 2 : 1.…