Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Pengertian metode tanya jawab

Dec
05
2014
by : Bupeko. Posted in : blog

Pengertian Metode Tanya Jawab

 

Metode tanya jawab diartikan sebagai metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung secara dua arah (two way traffic) antara guru dengan siswa.[i][16]  Dalam hal ini, guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban[ii][17] atau siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan guru memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.[iii][18]
Dari beberapa referensi sepertinya memberikan definisi yang tampak sama dengan yang dikemukakan di atas. Intinya metode tanya jawab ini adanya interaksi aktif antara guru dengan siswa atau terciptanya hubungan yang saling timbalik antara guru dengan siswa. [iv][19]

 

Berdasarkan beberapa pengertian tentang metode tanya jawab di atas, di sini dapat dikatakan bahwa metode tersebut merupakan metode yang ikut serta dapat meningkatkan keberhasilan dan kegairahan siswa mengikuti pembelajaran yang diberikan. Setidaknya dari indikasi yang dapat ditangkap bahwa melalui metode ini adanya komunikasi aktif antara guru dengan siswa sehingga siswa dapat memanfaatkan moment ini untuk menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan secara khusus peningkatan penguasaannya terhadap materi yang diajarkan. Begitu pula sebaliknya bahwa guru pun dapat memanfaatkan situasi ini untuk memberikan pemahaman yang maksimal kepada siswa, sehingga siswa pun dapat menyerap dengan maksimal materi ajar yang disampaikan.

 

Dengan demikian, tampaknya dapat pula dikatakan bahwa melalui metode ini ada dua keuntungan yang diperoleh. Guru yang menyampaikan materi ajar dipandang berhasil menjadi guru profesional dan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan serta energi pun tidak terkuras secara berlebihan atau sia-sia dengan kurangnya perhatian dan penguasaan siswa yang diajar. Keuntungan lainnya bahwa para siswa pun dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan cepat dan bahkan dalam memori siswa pun informasi atau hasil tanya jawab itu dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama.

 

Kelebihan Metode Tanya Jawab

 

Ada beberapa hal yang menjadi kelebihan menggunakan metode tanya jawab, yaitu :

  • Memberi   kesempatan   kepada   siswa-siswanya untuk dapat   menerima penjelasan lebih lanjut;
  • Guru dapat dengan segera mengetahui kemajuan siswanya dari materi ajar yang telah diberikan;
  • Pertanyaan-pertanyaan   yang   sulit   dan   agak   baik   dari   siswa dapat
    mendorong guru untuk memahami lebih mendalam dan mencari sumber-sumber lebih lanjut.
  • Teknik yang efektif memiliki nilai positif dalam melatih siswa agar berani mengemukakan pendapatnya dengan lisan secara teratur.
  • Mendorong murid lebih aktif dan bersungguh-sungguh, dalam arti siswa yang biasanya segan mencurahkan perhatian akan lebih berhati-hati dan aktif mengikuti pelajaran.
  • Suasana kelas menjadi hidup dengan adanya keaktifan masing-masing siswa mengemukakan pendapat, memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban;
  • Adanya perbedaan pendapat di antara siswa akan membawa kelas pada situasi diskusi. [v][20]

Kekurangan Metode Tanya Jawab

 

Setiap sesuatu yang masih termasuk sebagai makhluk diyakini dan dipastikan adanya kelemahan atau kekurangan. Termasuk pula metode tanya jawab. Kendati metode ini diajarkan langsung oleh Nabi melalui interpretasinya terhadap Alquran, namun selama hal tersebut termasuk makhluk, ia pun memiliki kelemahan. Beberapa kelemahan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pemakaian   waktu   lebih   banyak jika   dibandingkan   dengan   metode ceramah. Jalan pelajaran lebih lambat dari metode ceramah, sehingga kadang-kadang menyebabkan bahan pelajaran tak dapat dilaksanakan menurut yang ditetapkan.
  • Adanya kemungkinan terjadi perbedaan pendapat antara guru dan siswa. Hal ini terjadi karena pengalaman siswa berbeda dengan guru.
  • Kadang terjadi  penyimpangan  masalah  dari  pokok bahasan.  Karena adanya miss interpretasi antara yang mengajukan pertanyaan (guru) dan yang menjawab pertanyaan (siswa).
  • Waktu yang tersedia seringkali tidak mencukupi untuk suatu proses tanya jawab secara relatif utuh dan sempurna sesuai rencana.
  • Kurang dapat secara cepat merangkum bahan-bahan pelajaran.
  • Kemungkinan terjadi penyimpangan perhatian siswa, terutama apabila terdapat jawaban yang kebetulan menarik perhatiannya, padahal bukan sasaran yang dituju.[vi][21]

Berdasarkan beberapa rumusan di atas, di sini dapat disimpulkan bahwa kekurangan metode tanya jawab adalah waktu yang tersedia sering tidak mencukupi dan terkadang persoalan pun cenderung melebar terlebih apabila terjadinya perbedaan pendapat di antara siswa yang akhirnya tidak dapat secara cepat merangkum hasil tanya jawab tersebut.
(Source : http://www.abdulhelim.com)

 

 


 

 

 

 

 

 

Testimoni

artikel lainnya Pengertian metode tanya jawab



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Monday 12 January 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER  …

Monday 11 May 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER     MEMBUAT PROGRAM UNTUK…

Thursday 6 March 2014 | blog

Kata – Kata Mutiara 3    “Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum…

Sunday 17 May 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER   MEMBUAT PROGRAM APLIKASI…