Menu

MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA

Oct
23
2014
by : 1. Posted in : blog

MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA

BUKU KERJA

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN 3
A. Latar Belakang 3
B. Tujuan 3
C. Ruang Lingkup 3
BAB II TUGAS TEORI 6
A. TUGAS TEORI 1 mendeskripsikan unit dan elemen kompetensi 6
B. TUGAS TEORI 2 menganalisis kriteria unjuk kerja dan batasan variabel 14
C. TUGAS TEORI 3 mengidentifikasi panduan penilaian dan kompetensi kunci 17
D. TUGAS TEORI 4 19
E. TUGAS TEORI 5 22

BAB II TUGAS PRAKTEK 23
A. TUGAS UNJUK KERJA MENGIDENTIFIKASI DAN MENGANALISIS STANDAR KOMPETENSI
B. TUGAS UNJUK KERJA 1 Mengidentifikasi Dan Menganalisis Standar Kompetensi 19
C. TUGAS UNJUK KERJA 2 Mendeskripsikan unit dan elemen kompetensi Menganalisis Kriteria Unjuk Kerja Dan Batasan Variabel 22
D. TUGAS UNJUK KERJA 3: Mengidentifikasi Panduan Penilaian Dan Kompetensi Kunci 35
BAB III TUGAS PRAKTEK 23

BAB IV DAFTAR UNJUK KERJA
BAB IV CEK LIS TUGAS 38

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pelatihan berbasis kompetensi mengharuskan proses pelatihan memenuhi unit kompetensi secara utuh yang terdiri atas pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja. Dalam buku informasi mengidentifikasi dan menganalisis standar kompetensi telah diberikan informasi lengkat yang harus dimiliki untuk melakukan identifikasi dan analisis standar kompetensi.
Setelah memperoleh pengetahuan dilanjutkan dengan latihan-latihan guna mengaplikasikan pengetahuan yang telah dimiliki tersebut. Untuk itu diperlukan buku kerja Mengidentifikasi dan menganalisis standar kompetensi ini sebagai media praktik dan sekaligus mengaplikasikan sikap kerja yang telah ditetapkan karena sikap kerja melekat pada keterampilan.

B. Tujuan
Adapun tujuan dibuatnya buku kerja ini adalah:
1. Prinsip pelatihan berbasis kompetensi dapat dilakukan sesuai dengan konsep yang telah digariskan, yaitu pelatihan ditempuh elemen kompetensi per elemen kompetensi, baik secara teori maupun praktik;
2. Prinsip praktik dapat dilakukan setelah dinyatakan kompeten teorinya dapat dilakukan secara jelas dan tegas;
3. Pengukuran unjuk kerja dapat dilakukan dengan jelas dan pasti.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup buku kerja ini meliputi pengerjaan tugas-tugas teori dan praktik per elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja berdasarkan SKKNI metodologi pelatihan kerja.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Buku penilaian untuk unit kompetensi Mengidentifikasi dan Menganalisis Standar Kompetensi dibuat sebagai konsekuensi logis dalam pelatihan berbasis kompetensi yang telah menempuh tahapan penerimaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja melalui buku informasi dan buku kerja. Setelah latihan-latihan (exercise) dilakukan berdasarkan buku kerja maka untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimilikinya perlu dilakukan uji komprehensif secara utuh per unit kompetensi dan materi uji komprehensif itu ada dalam buku penilaian ini.

B. Tujuan
Adapun tujuan dibuatnya buku penilaian ini, yaitu untuk menguji kompetensi peserta pelatihan setelah selesai menempuh buku informasi dan buku kerja secara komprehensif dan berdasarkan hasil uji inilah peserta akan dinyatakan kompeten atau belum kompeten terhadap unit kompetensi Mengidentifikasi dan Menganalisis Standar Kompetensi.

C. Metoda Penilaian

1. Metoda Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tertulis
Untuk menilai pengetahuan yang telah disampaikan selama proses pelatihan terlebih dahulu dilakukan tes tertulis melalui pemberian materi tes dalam bentuk tertulis yang dijawab secara tertulis juga. Untuk menilai pengetahuan dalam proses pelatihan materi tes disampaikan lebih dominan dalam bentuk obyektif tes, dalam hal ini jawaban singkat, menjodohkan, benar-salah, dan pilihan ganda. Tes essay bisa diberikan selama tes essay tersebut tes essay tertutup, tidak essay terbuka, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi faktor subyektif penilai.

b. Tes Wawancara
Tes wawancara dilakukan untuk menggali atau memastikan hasil tes tertulis sejauh itu diperlukan. Tes wawancara ini dilakukan secara perseorangan antara penilai dengan peserta uji/peserta pelatihan. Penilai sebaiknya lebih dari satu orang.

2. Metoda Penilaian Keterampilan
a. Tes Simulasi
Tes simulasi ini digunakan untuk menilai keterampilan dengan menggunakan media bukan yang sebenarnya, misalnya menggunakan tempat kerja tiruan (bukan tempat kerja yang sebenarnya), obyek pekerjaan disediakan atau hasil rekayasa sendiri, bukan obyek kerja yang sebenarnya.
b. Aktivitas Praktik
Penilaian dilakukan secara sebenarnya, di tempat kerja sebenarnya dengan menggunakan obyek kerja sebenarnya.

3. Metoda Penilaian Sikap Kerja
a. Observasi
Untuk melakukan penilaian sikap kerja digunakan metoda observasi terstruktur, artinya pengamatan yang dilakukan menggunakan lembar penilaian yang sudah disiapkan sehigga pengamatan yang dilakukan mengikuti petunjuk penilaian yang dituntut oleh lembar penilaian tersebut. Pengamatan dilakukan pada waktu peserta uji/peserta pelatihan melakukan keterampilan kompetensi yang dinilai karena sikap kerja melekat pada keterampilan tersebut.

BAB II
TUGAS TEORI
Unit kompetensi : Mengidentifikasi dan menganalisis standar kompetensi
Pelatihan : Instruktur
Waktu : 120 menit

A. TUGAS TEORI 1 : MENGIDENTIFIKASI DAN MENGANALISIS UNIT DAN ELEMEN KOMPETENSI
Tugas Teori Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi.
PETUNJUK UMUM
• Jawablah soal-soal di bawah ini pada lembar jawaban/kertas yang sudah disediakan.
• Modul terkait dengan unit kompetensi agar disimpan.
• Bacalah materi tes secara cermat dan teliti.
Soal Tugas : Essay

1. Tiga pilar pengembangan kompetensi SDM adalah standar kompetensi kerja, sistem sertifikasi dan sistem pelatihan kerja, yang ketiganya saling terkait satu sama lain. Jelaskan bagaimana saling keterkaitan dari ketiga pilar tersebut !.
Jawab:
Ketiga sub-sistem tersebut di atas saling terkait satu sama lain dalam pengertian bahwa jabatan-jabatan sesuai dengan jenjangnya dalam KKNI mempunyai profil kompetensi yang terdiri atas unit-unit kompetensi kerja yang tertuang di dalam SKKNI. Pengakuan atas unit-unit standar kompetensi kerja dilakukan melalui proses sertifikasi/ uji kompetensi yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) / Badan Nasional untuk Sertifikasi Profesi (BNSP), bagi mereka yang telah berpengalaman. Bagi yang belum mempunyai pengalaman, dapat melalui proses pelatihan kerja di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang telah terakreditasi baik LPK Pemerintah maupun LPK swasta untuk mencapai kompetensinya sebelum melakukan proses sertifikasi. Program pelatihan kerja harus mengacu kepada SKKNI
2. Seseorang disebut kompeten di tempat kerja adalah jika orang tersebut memiliki 5 dimensi keterampilan. Sebutkan kelima dimensi tersebut !
JAWAB
Dimensi Kompetensi mencakup 5 kemampuan:
• Kemampuan melakukan tugas-tugas sesuai dengan tingkat keterampilan yang dipersyaratkan/disepakati (Task Skill)
• Kemampuan untuk mengelola sejumlah tugas dalam rangka pelaksanaan pekerjaan dalam jabatannya (Task Management Skill)
• Kemampuan untuk menanggapi ketidak teraturan atau kendala yang timbul dalam pekerjaan sehari-hari (Contingency Management Skill)
• Bertanggung jawab dan memenuhi perannannya di dalam lingkungan tempat kerjanya termasuk bekerja dengan orang lain (Job/Role/Environment Skill)
• Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilannya pada situasi yang baru (adaptation or transfer skill) Task skill.

3. Terdapat beberapa definisi tentang kompetensi. Sebutkan satu definisi tentang kompetensi !.
Jawab:
Beberapa definisi tentang kompetensi, di antaranya adalah:
a) Kemampuan melaksanakan tugas-tugas pekerjaan sesuai dengan standar yang dipersyaratkan (versi inggris, MSC 1988)
b) Spesifikasi pengetahuan, keterampilan dan sikat serta penerapannya dalam pekerjaan sesuai dengan standar yang dipersyaratkan (National training Board, Australia 1992)
c) Uraian tentang sesuatu yang harus dilakukan seseorang dalam lingkup jabatan yang diembannya (National Council For Vocational Qualification, 1995)
d) Karakteristik pokok yang mendukung kinerja yang sepmurna dalam pekerjaan (Schroder )
e) Kompetensi Kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan (UU N0. 13 thn. 2003).
4. Berilah rumusan tentang standar kompetensi kerja !
Jawab:
kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

5. Terdapat 2 pola standarisasi yang pernah kita anut, MOSS dan RMCS. Jelaskan perbedaan dari kedua pola standarisasi tersebut !
Jawab:
MOSS

RMCS

6. Sedikitnya terdapat 3 bidang kompetensi, yaitu kompetensi dasar/umum, kompetensi inti dan kompetensi spesialisasi. Jelaskan apa yang diartikan dengan kompetensi dasar/umum !
Jawab:
Bidang-Bidang Kompetensi
1.) Kelompok Kompetensi Umum/Dasar
Pada kelompok kompetensi Umum ini mencakup unit-unit kompetensi yang berlaku dan dibutuhkan pada hampir semua sub bidang keahlian/pekerjaan, misal: yang terkait dengan menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja, merencanakan tugas rutin, menerapkan prosedur-prosedur mutu, melakukan komunikasi kerja timbal balik.
2.) Kelompok Kompetensi Inti
Pada kelompok Kompetensi Inti ini mencakup unit-unit kompetensi yang berlaku dan dibutuhkan untuk mengerjakan tugas-tugas inti pada suatu bidang keahlian/ pekerjaan tertentu dan merupakan unit- unit yang wajib (compulsary) dari sub bidang keahlian/pekerjaan dimaksud dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan spesifik. Misal : menerapkan sistem mutu, mengatur dan menganalisis informasi membuat laporan, membuat rencana kegiatan yang lengkap.
3.) Kelompok Kompetensi Khusus/ Spesialisasi
Pada kelompok Kompetensi Khusus ini mencakup unit-unit kompetensi yang dapat ditambahkan ke dalam sub bidang keahlian/pekerjaan tertentu yang memerlukan kekhususan/ spesialisasi dan memerlukan kemampuan analisis yang mendalam dan terstruktur.
Unit-unit ini sebagai pelengkap dan bersifat pilihan untuk mengerjakan tugas-tugas spesifik pada sektor, sub sektor atau bidang keahlian/pekerjaan tertentu. Misal : melakukan rutinitas las oksigen, mengelas dengan proses las gas metal.

7. Kompetensi kerja distandarkan dalam bentuk unit-unit kompetensi. Jelaskan apa yang diartikan dengan standar kompetensi kerja !
Jawab:
Standar kompetensi diartikan sebagai rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan..
8. Terdapat 5 kelompok kodifikasi pada kode unit kompetensi yang strandar, seperti terlihat di bawah ini:
x x x . x x 0 0 . 0 0 0 . 0 0
( 1 ) ( 2 ) ( 3 ) ( 4 ) ( 5 )
Jelaskan apa arti masing-masing kelompok kodifikasi tersebut (1) sampai (5) !
Jawab:
1) Sektor
2) Sub sektor
3) Bidang kompetensi
4) No. urut unit kompetensi
5) Versi

9. Deskripsi unit kompetensi menjelaskan lebih jauh tentang judul unit kompetensi. Sebutkan apa saja yang dijelaskan dalam deskripsi unit kompetensi atas suatu judul unit kompetensi !

Jawab:
Mendiskripsikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu tugas pekerjaan yang dipersyaratkan dalam judul unit kompetensi.

10. Elemen kompetensi merupakan bagian kecil dari unit kompetensi yang mengidentifikasikan aktivitas yang harus dikerjakan. Sebutkan 3 kriteria/ ketentuan dalam penulisan elemen kompetensi!
Jawab:

a. Menggunakan kata kerja aktif pada awakl kalimat
b. Menyatakan kegiatan yang memiliki kejelasan
c. Pernyataan elemen dapat diukur
d. Menggambarkan hasil yang dapat diamati
e. Penggunaan kata tidak memiliki arti lain

11. Kriteria unjuk kerja merupakan bentuk pernyataan yang menggambarkan kegiatan yang harus dikerjakan untuk memperagakan hasil kerja/karya pada setiap elemen kompetensi. Sebutkan 3 kriteria/ketentuan dalam penulisan kriteria unjuk kerja !
Jawab:

a. Dinyatakan dengan kalimat pasif
b. Dapat diukur melalui observasi atau hasil produk
c. Pernyataan realistis dan dapat dicapai
a. Mencakup persyaratan kualitas dan kuantitas

12. Batasan variabel menjelaskan sedikitnya 4 hal dalam suatu unit kompetensi. Jelaskan 4 hal apa saja yang dijelaskan dalam batasan variabel !
Jawab:

Kontek variabel kondisi lainnya yang diperlukan dalam melaksana kan tugas. Perlengkapan yang diperlukan seperti peralat an, bahan atau fasilitas, Tugas yang harus dilaku kan, Peraturan-peraturan yang diperlukan

13. Panduan penilaian ini digunakan untuk membantu penilai dalam melakukan penilaian/pengujian. Jelaskan 5 hal apa saja yang dijelaskan dalam panduan penilaian !
Jawab:

a. Penjelasan tentang prosedur, alat, bahan dan tempat penilaian,
b. Kondisi pengujian dengan metode test tertulis, wawancara, demonstrasi, praktek di tempat kerja
c. Pengetahuan yang dibutuhkan
d. Keterampilan yang dibutuhkan
e. Aspek kritis

14. Kompetensi kunci merupakan persyaratan kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk mencapai unjuk kerja yang dipersyaratkan. Sebutkan ke 7 kompetensi kunci tersebut !
Jawab:

a. Mengumpulkan, menganalisa dan mengorganisasikan informasi.
b. Mengkomunikasikan informasi dan ide-ide
c. Merencanakan dan mengorganisa sikan kegiatan.
d. Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok
e. Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis
f. Memecahkan masalah
g. Menggunakan teknologi

Lembar Evaluasi Tugas Teori 1
Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

No. Benar Salah
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi dijawab dengan benar dengan waktu yang telah ditentukan ?

YA
TIDAK

NAMA TANDA TANGAN
PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

Catatan Penilai :
B. TUGAS TEORI 2: MENDESKRIPSIKAN UNIT DAN ELEMEN KOMPETENSI

Tugas Teori: Mendeskripsikan unit dan elemen kompetensi

Perintah Tugas : Pilih yang paling benar di antara opsi jawaban
Waktu Penyelesain Tugas : 10 menit
Soal Tugas : Pilihan Ganda

1. Kode unit kompetensi dalam SKKNI terdiri atas 12 karakter seperti terlihat pada ilustrasi di bawah:
x x x . x x 0 0 . 0 0 0 . 0 0
( 1 ) ( 2 ) ( 3 ) ( 4 ) ( 5 )

Tiga karakter pertama (1) suatu kode unit kompetensi menyatakan:
a. Versi standar kompetensi
b. Nomer urut unit kompetensi
c. Sektor/bidang lapangan usaha

2. Kode unit kompetensi dalam SKKNI terdiri atas 12 karakter seperti terlihat pada ilustrasi di bawah:
x x x . x x 0 0 . 0 0 0 . 0 0
( 1 ) ( 2 ) ( 3 ) ( 4 ) ( 5 )

Karakter ke 6 dan 7 (3) suatu kode unit kompetensi menyatakan:
a. Bidang kompetensi
b. Sub sektor /lapangan usaha
c. Nomer urut unit kompetensi.
3. Judul unit kompetensi harus diawali dengan menggunakan kata kerja aktif. Berikut adalah contoh kata kerja aktif yang digunakan untuk mengawali judul unit kompetensi:
a. menggunakan, melayani, merawat,
b. memahami, mengetahui, menerangkan
c. a dan b semuanya benar

4. Berikut adalah persyaratan suatu elemen kompetensi, kecuali……………….
a. Menggambarkan hasil yang dapat diamati.
b. Dinyatakan dalam kalimat pasif.
c. Hanya memiliki satu konteks/tidak memiliki arti lain

Lembar Evaluasi Tugas Teori 2
Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

No. Benar Salah
1.
2.
3.
4.

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi dijawab dengan benar dengan waktu yang telah ditentukan ?
YA
TIDAK

NAMA TANDA TANGAN
PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

Catatan Penilai :

C. TUGAS TEORI 3 : MENDESKRIPSIKAN UNIT DAN ELEMEN KOMPETENSI
Tugas Teori 3 Mendeskripsikan Unit Dan Elemen Kompetensi
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesain Tugas : …… menit
Soal Tugas : Essay
1. Unit-unit kompetensi dapat dibedakan kedalam kelompok/ bidang kompetensi dasar/ umum, inti, khusus dan opsional. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bidang kompetensi dasar/umum !
Jawab
Pada kelompok kompetensi Umum ini mencakup unit-unit kompetensi yang berlaku dan dibutuhkan pada hampir semua sub bidang keahlian/pekerjaan, misal: yang terkait dengan menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja, merencanakan tugas rutin, menerapkan prosedur-prosedur mutu, melakukan komunikasi kerja timbal balik.

2. Jelaskan apa yang terkandung dalam deskripsi suatu unit kompetensi !
Jawab:
Diskripsi unit kompetensi merupakan bentuk kalimat yang menjelaskan secara singkat isi dari judul unit kompetensi yang mendiskripsikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu tugas pekerjaan yang dipersyaratkan dalam judul unit kompetensi.
3. Jelaskan apa yang dapat diidentifikasi pada suatu elemen kompetensi
Jawab:
Elemen kompetensi merupakan bagian kecil dari unit kompetensi yang mengidentifikasikan aktivitas yang harus dikerjakan untuk mencapai unit kompetensi tersebut. Jumlah elemen kompetensi untuk setiap unit kompetensi terdiri dari 2 sampai 5 elemen kompetensi.
Kandungan dari keseluruhan elemen kompetensi pada setiap unit kompetensi harus mencerminkan unsur : ”merencanakan, menyiapkan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan”.

Lembar Evaluasi Tugas Teori 3
Mendeskripsikan unit dan elemen kompetensi
Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

No. Benar Salah
1.
2.
3.

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi dijawab dengan benar dengan waktu yang telah ditentukan ?
YA
TIDAK

NAMA TANDA TANGAN
PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

Catatan Penilai :

D. TUGAS TEORI 4.: MENGANALISIS KRITERIA UNJUK KERJA DAN BATASAN VARIABEL

Tugas Teori : Menganalisis Kriteria Unjuk Kerja Dan Batasan Variabel
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesain Tugas : 10 menit
Soal Tugas : Essay

1. Sebutkan 3 hal yang merupakan ketentuan dalam penulisan suatu Kriteria Unjuk Kerja (KUK) !
Jawab:

Kriteria unjuk kerja harus mencerminkan aktivitas yang dapat menggambarkan 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja. Untuk setiap elemen kompetensi dapat terdiri 2 s/d 5 kriteria unjuk kerja dan dirumuskan dalam kalimat terukur dengan bentuk pasif

2. Gambaran aktivitas aspek apa saja yang harus dicerminkan oleh suatu K U K ?
Jawab:

K U K dianalisis agar dapat mengidentifikasi tahapan/langkah nyata yang diperlukan untuk memenuhi tugas, seperti yang dinyatakan dalam setiap elemen kompetensi. Tahapan lanjutan dapat juga dianalisis dalam bentuk indikator unjuk kerja. Hasil analisis ini dapat digunakan untuk acuan penyusunan program pelatihan, modul pelatihan dan instrumen uji kompetensi.

3. Empat (4) hal apa saja yang dimuat dalam batasan variabel suatu unit kompetensi ?
Jawab:
Batasan variabel untuk unit kompetensi minimal dapat menjelaskan :
a. Kontek variabel yang dapat mendukung atau menambah kejelasan tentang isi dari sejumlah elemen unit kompetensi pada satu unit kompetensi tertentu, dan kondisi lainnya yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.
b. Perlengkapan yang diperlukan seperti peralatan, bahan atau fasilitas dan materi yang digunakan sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksanakan unit kompetensi.
c. Tugas yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan unit kompetensi.
d. Peraturan-peraturan yang diperlukan sebagai dasar atau acuan dalam melaksanakan tugas untuk memenuhi persyaratan kompetensi.

Lembar Evaluasi Tugas Teori 4
Menganalisis kriteria unjuk kerja dan batasan variabel
Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

No. Benar Salah
1.
2.
3.

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi dijawab dengan benar dengan waktu yang telah ditentukan ?
YA
TIDAK

NAMA TANDA TANGAN
PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

Catatan Penilai :

TUGAS TEORI 5 : MENGIDENTIFIKASI PANDUAN PENILAIAN DAN KOMPETENSI KUNCI
1. Tugas Teori :
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesain Tugas : 10 menit
Soal Tugas : Essay

1. Jelaskan 5 hal apa saja yang dijelaskan dalam panduan penilaian !
Jawab:
Panduan penilaian ini digunakan untuk membantu penilai dalam melakukan penilaian/pengujian pada unit kompetensi antara lain meliputi :
a. Penjelasan tentang hal-hal yang diperlukan dalam penilaian antara lain : prosedur, alat, bahan dan tempat penilaian serta penguasaan unit kompetensi tertentu, dan unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya sebagai persyaratan awal yang diperlukan dalam melanjutkan penguasaan unit kompetensi yang sedang dinilai serta keterkaitannya dengan unit kompetensi lain.
b. Kondisi pengujian merupakan suatu kondisi yang berpengaruh atas tercapainya kompetensi kerja, dimana, apa dan bagaimana serta lingkup penilaian mana yang seharusnya dilakukan, sebagai contoh pengujian dilakukan dengan metode test tertulis, wawancara, demonstrasi, praktek di tempat kerja dan menggunakan alat simulator.
c. Pengetahuan yang dibutuhkan, merupakan informasi pengetahuan yang diperlukan untuk mendukung tercapainya kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi tertentu.
d. Keterampilan yang dibutuhkan, merupakan informasi keterampilan yang diperlukan untuk mendukung tercapainya kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi tertentu.
e. Aspek kritis merupakan aspek atau kondisi yang harus dimiliki seseorang untuk menemukenali sikap kerja untuk mendukung tercapainya kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi tertentu.

2. Sebutkan 7 kemampuan yang merupakan kompetensi kunci suatu unit kompetensi
Jawab :
a. Mengumpulkan, menganalisa dan mengorganisasikan informasi.
b. Mengkomunikasikan informasi dan ide-ide
c. Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan.
d. Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok
e. Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis
f. Memecahkan masalah
g. Menggunakan teknologi

3. Jelaskan masing-masing level kompetensi kunci jika dikaitkan dengan konteks pelaksanaan kegiatan (level 1…..level 2 ……. level 3 …..) !
Jawab :
Gradasi kompetensi kunci merupakan daftar yang menggambarkan :
a. Kompetensi kunci (berisi 7 kompetensi kunci)
1) Mengumpulkan, menganalisa dan mengorga-nisasikan infor-masi
2) mengkordinasi-kan ide dan in-formasi
3) Merencanakan dan mengorga-nisasikan kegi-atan
4) Bekerjasama dengan orang lain & kelom-pok
5) Menggunakan ide-ide dan tek-nik matematika
6) Memecahkan masalah
7) Menggunakan teknologi
b. Tingkat/nilai (1, 2 dan 3).:
1) Level/Tingkat I Melakukan Kegiatan”
2) Level/Tingkat 2 Mengelola Kegiatan”
3) Level/Tingkat 3 Mengevaluasi dan Memodifikasi Proses”

Lembar Evaluasi Tugas Teori 5
Mengidentifikasi panduan penilaian dan kompetensi kunci
Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

No. Benar Salah
1.
2.
3.

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi dijawab dengan benar dengan waktu yang telah ditentukan ?

YA
TIDAK

NAMA TANDA TANGAN
PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

Catatan Penilai :

……………………………

BAB III
TUGAS PRAKTIK
Lembar Penilaian Keterampilan
A. TUGAS UNJUK KERJA MENGIDENTIFIKASI DAN MENGANALISIS STANDAR KOMPETENSI
1. Waktu : 240 Menit
2. Alat : fasilitas internet, telepon, lap top, printer, hech machine
3. Bahan : Standar kompetensi, kertas HVS A4, spidol, penjepit
Kertas, klip, staples, tinta printer.
4. Indikator Unjuk Kerja :
a. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis unit kompetensi secara komprehensif
b. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis unit kompetensi secara fungsional
c. Mampu mengidentifikasi elemen kompetensi
d. Mampu mendiskripsikan unit kompetensi
e. Mampu mendeskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan
f. Mampu Menganalisis KUK secara komprehensif untuk menggambarkan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan .
g. Mampu Menganalisis batasan variabel berdasarkan kontek pelaksanaan tugas, perlengkapan yang dibutuhkan, tugas-tugas yang harus dilakukan
h. Mampu mengidentifikasi panduan penilaian berdasarkan konteks penilaian dan pengetahuan keterampilan, sikap yang disyaratkan
i. Mampu Mengidentifikasi kompetensi kunci berdasarkan gradasinya.

5. Standar Kinerja
a) Selesai dikerjakan tidak melebihi waktu yang telah ditetapkan.
b) Toleransi kesalahan 5% (lima persen), tetapi tidak pada aspek kritis.

6. Instruksi Kerja
a. Dapatkan standar kompetensi lengkap sesuai dengan sektor/bidang kompetensi kelompaok anda
b. Pilih salah satu unit kompetensi yang akan anda identifikasi.
c. Identifikasilah kode unit kompetensi secara komprehensif maupun fungsional, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
d. Identifikasilah judul unit kompetensi secara komprehensif maupun fungsional, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
e. Identifikasilah elemen-elemen kompetensinya secara komprehensif maupun fungsional, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
f. Deskripsikan unit kompetensi sesuai dengan judul unit kompetensi .
g. Deskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan
h. Analisis semua KUK kedalam indikator-indikator unjuk kerja.
i. Tentu an setiap indikator unjuk kerja apakah termasuk ranah pengetahuan, keterampilan atau sikap kerja
j. Analisis batasan variabel atas Kontek variabel yang dapat mendukung atau menambah kejelasan tentang isi dari sejumlah elemen unit kompetensi pada satu unit kompetensi tertentu, dan kondisi lainnya yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.
k. Analisis batasan variabel atas Perlengkapan yang diperlukan seperti peralatan, bahan atau fasilitas dan materi yang digunakan sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksanakan unit kompetensi.
l. Analisis batasan variabel atas Tugas yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan unit kompetensi.
m. Analisis batasan variabel atas Peraturan-peraturan yang diperlukan sebagai dasar atau acuan dalam melaksanakan tugas untuk memenuhi persyaratan kompetensi.
n. Identifikasilah prosedur, alat, bahan dan tempat penilaian dalam panduan penilaian
o. Identifikasi kondisi penilaian dan lingkup penilaian dalam panduan penilaian
p. Identifikasi pengetahuan yang dibutuhkan
q. Identifikasi keterampilan yang dibutuhkan
r. Identifikasi aspek kritis yang mendukung tercapainya KUK pada unit kompetensi
s. Identifikasi gradasi kompetensi kunci
7. Langkah Kerja
a. Mendapatkan standar kompetensi lengkap sesuai dengan sektor/bidang kompetensi kelompok anda
b. Memilih salah satu unit kompetensi yang akan anda identifikasi.
c. Mengidentifikasi kode unit kompetensi secara komprehensif maupun fungsional, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
d. Mengidentifikasi judul unit kompetensi secara komprehensif maupun fungsional, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
e. Mengidentifikasi elemen-elemen kompetensinya secara komprehensif maupun fungsional, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
f. Mendeskripsikan unit kompetensi sesuai dengan judul unit kompetensi .
g. Mendeskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan
h. Menganalisis semua KUK kedalam indikator-indikator unjuk kerja.
i. Menentuan setiap indikator unjuk kerja apakah termasuk ranah pengetahuan, keterampilan atau sikap kerja
j. Menganalisis batasan variabel atas Kontek variabel yang dapat mendukung atau menambah kejelasan tentang isi dari sejumlah elemen unit kompetensi pada satu unit kompetensi tertentu, dan kondisi lainnya yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.
k. menganalisis batasan variabel atas Perlengkapan yang diperlukan seperti peralatan, bahan atau fasilitas dan materi yang digunakan sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksanakan unit kompetensi.
l. Menganalisis batasan variabel atas Tugas yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan unit kompetensi.
m. Menganalisis batasan variabel atas Peraturan-peraturan yang diperlukan sebagai dasar atau acuan dalam melaksanakan tugas untuk memenuhi persyaratan kompetensi.
n. Mengidentifikasi panduan penilaian tentang prosedur, alat, bahan dan tempat penilaian dalam panduan penilaian
o. Mengidentifikasi kondisi penilaian dan lingkup penilaian dalam panduan penilaian
p. Mengidentifikasi pengetahuan yang dibutuhkan
q. Mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan
r. Mengidentifikasi aspek kritis yang mendukung tercapainya KUK pada unit kompetensi
s. Mengidentifikasi gradasi kompetensi kunci

B. UNJUK KERJA : Mendeskripsikan unit dan elemen kompetensi

1. Waktu Penyelesain Tugas I : 30 menit
2. Tujuan Pelatihan :
Setelah menyelesaikan tugas Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi peserta mampu:
a. Mampu mendiskripsikan unit kompetensi
b. mendeskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan

3. Daftar Alat/Mesin dan Bahan :
NO. NAMA BARANG SPESIFIKASI KETERANGAN
A. ALAT
1. Fasilitas internet dan telepon Akses cepat Untukmemperoleh data dankonfirmasi kevalidan data
2. Laptop + flash disk Aplikasi cepat Setiap kelompok
3. Standar chart Untuk inventaris data setiap kelompok
5. Printer Cartridge atau laser Untuk satu kelas
6. Pelubang kertas Setiap kelompok
7. Penjepret kertas 10 dan 24 Setiap kelompok
NO. NAMA BARANG SPESIFIKASI KETERANGAN
8. Penjepit kertas Kecil, sedang, besar Kecil: untuk menjepit hasil kerja peserta
Sedang: untuk menjepit berkas data daerah
Besar: untuk flipchart
B. BAHAN
1. Tinta printer Sesuai dengan printer Untuk memprint hasil kerja peserta
2. Paket standar kompetensi yang terkait sesuai sektor peserta Berbagai sektor Disiapkan berdasarkan sektor/bidang
3. Kertas flip-chart Standard
4. Kerta HVS A4
5. Staples 10 dan 24
6. Spidol whiteboard Hitam, biru, merah

4. Indikator Unjuk Kerja (IUK):
a. Mampu mendiskripsikan unit kompetensi
c. Mampu mendeskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan
5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu dilakukan pada waktu melakukan praktik kerja ini adalah :
a. Memperhatikan jam kerja sehingga tidak kecapaian, antara jam kerja dan istirahat proporsional
b. Bertindak berdasarkan sikap kerja yang sudah ditetapkan sehingga diperoleh hasil seperti yang diharapkan, jangan sampai terjadi kesalahan karena ketidak-telitian dan tidak taat asas.
c. Waktu menggunakan internet, telepon, printer, dan alat lainnya mengikuti petunjuknya masing-masing yang sudah ditetapkan.
6. Standar Kinerja
a. Dikerjakan selesai tepat waktu, waktu yang digunakan tidak lebih dari yang ditetapkan.
b. Toleransi kesalahan 5% dari hasil yang harus dicapai, tetapi bukan pada kesa-lahan kegiatan kritis.
7. Instruksi Kerja
a. Dapatkan standar kompetensi lengkap sesuai dengan sektor/bidang kompetensi kelompaok anda
b. Pilih salah satu unit kompetensi yang akan anda deskripsikan.
c. Deskripsikan unit kompetensi sesuai dengan judul unit kompetensi .
d. Deskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan
8. Langkah Kerja
a. Mendapatkan standar kompetensi lengkap sesuai dengan sektor/bidang kompetensi kelompaok anda
b. Memilih salah satu unit kompetensi yang akan anda deskripsikan
c. Mendeskripsikan unit kompetensi sesuai dengan judul unit kompetensi .
e. Mendeskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan
9. Daftar Cek Unjuk Kerja Tugas I
NO DAFTAR TUGAS/INSTRUKSI POIN YANG DICEK PENCAPAIAN PENILAIAN
YA TIDAK K BK
1. Mendeskripsikan unit kompetensi sesuai dengan judul unit kompetensi .
2. Mendeskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan

Apakah semua instruksi kerja tugas praktik Mendeskripsikan unit dan elemen kompetensi dilaksanakan dengan benar dengan waktu yang telah ditentukan?
YA
TIDAK

NAMA TANDA TANGAN
PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

Catatan Penilai :

C. TUGAS UNJUK KERJA 3 : MENGANALISIS KRITERIA UNJUK KERJA DAN BATASAN VARIABEL
Tugas Unjuk Kerja Menganalisis kriteria unjuk kerja dan batasan variabel
Tugas praktik 3
1. Nama Tugas : Menganalisis kriteria unjuk kerja dan batasan variabel
2. Waktu Penyelesain Tugas I : 180 menit
3. Tujuan Pelatihan :
Setelah menyelesaikan tugas Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi peserta mampu:
a. Menganalisis KUK secara komprehensif untuk menggambarkan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan
b. Menganalisis batasan variabel berdasarkan kontek pelaksanaan tugas, perlengkapan yang dibutuhkan, tugas-tugas yang harus dilakukan
4. Daftar Alat/Mesin dan Bahan :
NO. NAMA BARANG SPESIFIKASI KETERANGAN
A. ALAT
1. Fasilitas internet dan telepon Akses cepat Untukmemperoleh data dankonfirmasi kevalidan data
2. Laptop + flash disk Aplikasi cepat Setiap kelompok
3. Standar chart Untuk inventaris data setiap kelompok
5. Printer Cartridge atau laser Untuk satu kelas
6. Pelubang kertas Setiap kelompok
7. Penjepret kertas 10 dan 24 Setiap kelompok
NO. NAMA BARANG SPESIFIKASI KETERANGAN
8. Penjepit kertas Kecil, sedang, besar Kecil: untuk menjepit hasil kerja peserta
Sedang: untuk menjepit berkas data daerah
Besar: untuk flipchart
B. BAHAN
1. Tinta printer Sesuai dengan printer Untuk memprint hasil kerja peserta
2. Paket standar kompetensi yang terkait sesuai sektor peserta Berbagai sektor Disiapkan berdasarkan sektor/bidang
3. Kertas flip-chart Standard
4. Blanko isian analisis indikator unjuk kerja A4
5. Staples 10 dan 24
6. Spidol whiteboard Hitam, biru, merah

5. Indikator Unjuk Kerja (IUK):
a. Mampu Menganalisis KUK secara komprehensif untuk menggambarkan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan .
b. Mampu Menganalisis batasan variabel berdasarkan kontek pelaksanaan tugas, perlengkapan yang dibutuhkan, tugas-tugas yang harus dilakukan

6. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu dilakukan pada waktu melakukan praktik kerja ini adalah :
a. Memperhatikan jam kerja sehingga tidak kecapaian, antara jam kerja dan istirahat proporsional
b. Bertindak berdasarkan sikap kerja yang sudah ditetapkan sehingga diperoleh hasil seperti yang diharapkan, jangan sampai terjadi kesalahan karena ketidak-telitian dan tidak taat asas.
c. Waktu menggunakan internet, telepon, printer, dan alat lainnya mengikuti petunjuknya masing-masing yang sudah ditetapkan.
7. Standar Kinerja
a. Dikerjakan selesai tepat waktu, waktu yang digunakan tidak lebih dari yang ditetapkan.
b. Toleransi kesalahan 5% dari hasil yang harus dicapai, tetapi bukan pada kesa-lahan kegiatan kritis.
8. Instruksi Kerja
a. Dapatkan standar kompetensi lengkap sesuai dengan sektor/bidang kompetensi kelompaok anda
b. Pilih salah satu unit kompetensi yang akan anda deskripsikan.
c. Analisis semua KUK kedalam indikator-indikator unjuk kerja.
d. Tentu an setiap indikator unjuk kerja apakah termasuk ranah pengetahuan, keterampilan atau sikap kerja
e. Analisis batasan variabel atas Kontek variabel yang dapat mendukung atau menambah kejelasan tentang isi dari sejumlah elemen unit kompetensi pada satu unit kompetensi tertentu, dan kondisi lainnya yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.
f. Analisis batasan variabel atas Perlengkapan yang diperlukan seperti peralatan, bahan atau fasilitas dan materi yang digunakan sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksanakan unit kompetensi.
g. Analisis batasan variabel atas Tugas yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan unit kompetensi.
h. Analisis batasan variabel atas Peraturan-peraturan yang diperlukan sebagai dasar atau acuan dalam melaksanakan tugas untuk memenuhi persyaratan kompetensi.
9. Langkah Kerja
a. Mendapatkan standar kompetensi lengkap sesuai dengan sektor/bidang kompetensi kelompaok anda
b. Memilih salah satu unit kompetensi yang akan anda deskripsikan.
c. Menganalisis semua KUK kedalam indikator-indikator unjuk kerja.
d. Menetentukan setiap indikator unjuk kerja apakah termasuk ranah pengetahuan, keterampilan atau sikap kerja
e. Menganalisis batasan variabel atas Kontek variabel yang dapat mendukung atau menambah kejelasan tentang isi dari sejumlah elemen unit kompetensi pada satu unit kompetensi tertentu, dan kondisi lainnya yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.
f. Menganalisis batasan variabel atas Perlengkapan yang diperlukan seperti peralatan, bahan atau fasilitas dan materi yang digunakan sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksanakan unit kompetensi.
g. Menganalisis batasan variabel atas Tugas yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan unit kompetensi.
h. Menganalisis batasan variabel atas Peraturan-peraturan yang diperlukan sebagai dasar atau acuan dalam melaksanakan tugas untuk memenuhi persyaratan kompetensi.

10. Daftar Cek Unjuk Kerja Tugas I
NO DAFTAR TUGAS/INSTRUKSI POIN YANG DICEK PENCAPAIAN PENILAIAN
YA TIDAK K BK
1. Menganalisis semua KUK kedalam indikator-indikator unjuk kerja.
Ketepatan IUK untuk setiap KUK
2. Menetentukan setiap indikator unjuk kerja apakah termasuk ranah pengetahuan, keterampilan atau sikap kerja
Ketepatan penentuan ranah K, S, A , untuk setiap IUK
3 Menganalisis batasan variabel atas Kontek variabel yang dapat mendukung atau menambah kejelasan tentang isi dari sejumlah elemen unit kompetensi pada satu unit kompetensi tertentu, dan kondisi lainnya yang diperlukan dalam melaksanakan tugas.
ketepatan konteks variabelnya
4 Menganalisis batasan variabel atas Perlengkapan yang diperlukan seperti peralatan, bahan atau fasilitas dan materi yang digunakan sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksanakan unit kompetensi. Ketepatan perlengkapan hasil analisis batasan variabel
5 Menganalisis batasan variabel atas Tugas yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan unit kompetensi.
Ketepatan tugas-tugas yang harus dilakukan
6 Menganalisis batasan variabel atas Peraturan-peraturan yang diperlukan sebagai dasar atau acuan dalam melaksanakan tugas untuk memenuhi persyaratan kompetensi.
ketepatan peraturan-peraturan yang diperlukan

Apakah semua instruksi kerja tugas praktik menganalisis Kriteria Unjuk Kerja dan Btasan variabel dilaksanakan dengan benar dengan waktu yang telah ditentukan?

YA
TIDAK

NAMA TANDA TANGAN
PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

Catatan Penilai :

D. TUGAS UNJUK KERJA 4 MENGIDENTIFIKASI PANDUAN PENILAIAN DAN KOMPETENSI KUNCI
1. Nama Tugas : Mengidentifikasi panduan penilaian dan kompetensi kunci
2. Waktu Penyelesain Tugas I : 30 menit
3. Tujuan Pelatihan :
Setelah menyelesaikan tugas Mengidentifikasi dan menganalisis unit dan elemen kompetensi peserta mampu:
a. mengidentifikasi panduan penilaian berdasarkan konteks penilaian dan pengetahuan keterampilan, sikap yang disyaratkan
b. Mengidentifikasi kompetensi kunci berdasarkan gradasinyaa.
4. Daftar Alat/Mesin dan Bahan :
NO. NAMA BARANG SPESIFIKASI KETERANGAN
A. ALAT
1. Fasilitas internet dan telepon Akses cepat Untukmemperoleh data dankonfirmasi kevalidan data
2. Laptop + flash disk Aplikasi cepat Setiap kelompok
3. Standar chart Untuk inventaris data setiap kelompok
5. Printer Cartridge atau laser Untuk satu kelas
6. Pelubang kertas Setiap kelompok
7. Penjepret kertas 10 dan 24 Setiap kelompok
NO. NAMA BARANG SPESIFIKASI KETERANGAN
8. Penjepit kertas Kecil, sedang, besar Kecil: untuk menjepit hasil kerja peserta
Sedang: untuk menjepit berkas data daerah
Besar: untuk flipchart
B. BAHAN
1. Tinta printer Sesuai dengan printer Untuk memprint hasil kerja peserta
2. Paket standar kompetensi yang terkait sesuai sektor peserta Berbagai sektor Disiapkan berdasarkan sektor/bidang
3. Kertas flip-chart Standard
4. Kertas HVS/fotocopy A4
5. Staples 10 dan 24
6. Spidol whiteboard Hitam, biru, merah

5. Indikator Unjuk Kerja (IUK):
a. Mampu mengidentifikasi panduan penilaian berdasarkan konteks penilaian dan pengetahuan keterampilan, sikap yang disyaratkan
b. Mampu Mengidentifikasi kompetensi kunci berdasarkan gradasinya.

6. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu dilakukan pada waktu melakukan praktik kerja ini adalah :
a. Memperhatikan jam kerja sehingga tidak kecapaian, antara jam kerja dan istirahat proporsional
b. Bertindak berdasarkan sikap kerja yang sudah ditetapkan sehingga diperoleh hasil seperti yang diharapkan, jangan sampai terjadi kesalahan karena ketidak-telitian dan tidak taat asas.
c. Waktu menggunakan internet, telepon, printer, dan alat lainnya mengikuti petunjuknya masing-masing yang sudah ditetapkan.
7. Standar Kinerja
a. Dikerjakan selesai tepat waktu, waktu yang digunakan tidak lebih dari yang ditetapkan.
b. Toleransi kesalahan 5% dari hasil yang harus dicapai, tetapi bukan pada kesa-lahan kegiatan kritis.
8. Instruksi Kerja
a. Dapatkan standar kompetensi lengkap sesuai dengan sektor/bidang kompetensi kelompaok anda
b. Pilih salah satu unit kompetensi yang akan anda identifikasi.
c. Identifikasilah prosedur, alat, bahan dan tempat penilaian dalam panduan penilaian
d. Identifikasi kondisi penilaian dan lingkup penilaian dalam panduan penilaian
e. Identifikasi pengetahuan yang dibutuhkan
f. Identifikasi keterampilan yang dibutuhkan
g. Identifikasi aspek kritis yang mendukung tercapainya KUK pada unit kompetensi
h. Identifikasi gradasi kompetensi kunci

9. Langkah Kerja
a. mendapatkan standar kompetensi lengkap sesuai dengan sektor/bidang kompetensi kelompaok anda
b. Memilih salah satu unit kompetensi yang akan anda identifikasi.
c. Mengidentifikasi prosedur, alat, bahan dan tempat penilaian dalam panduan penilaian
d. Mengidentifikasi kondisi penilaian dan lingkup penilaian dalam panduan penilaian
e. mengidentifikasi pengetahuan yang dibutuhkan
f. mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan
g. Mengidentifikasi aspek kritis yang mendukung tercapainya KUK pada unit kompetensi
h. Mengidentifikasi gradasi kompetensi kunci

10. Daftar Cek Unjuk Kerja Tugas I
NO DAFTAR TUGAS/INSTRUKSI POIN YANG DICEK PENCAPAIAN PENILAIAN
YA TIDAK K BK
1. Mengidentifikasi prosedur, alat, bahan dan tempat penilaian dalam panduan penilaian

2. Mengidentifikasi kondisi penilaian dan lingkup penilaian dalam panduan penilaian

3 mengidentifikasi pengetahuan yang dibutuhkan

4 mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan
5 Mengidentifikasi aspek kritis yang mendukung tercapainya KUK pada unit kompetensi

6 Mengidentifikasi gradasi kompetensi kunci

Apakah semua instruksi kerja tugas praktik menidentifikasi panduan penilaian dan kompetensi kunci dilaksanakan dengan benar dengan waktu yang telah ditentukan?
YA
TIDAK

NAMA TANDA TANGAN
PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

Catatan Penilai :

CHECKLIST AKTIFITAS PRAKTEK / OBSERVASI
(INDIKATOR UNJUK KERJA SKILL / ATTITUDE)

NO UNIT : PLK.MP01.003.01
JUDUL UNIT : Mengidentifikasi dan Menganalisis Standar Kompetensi
NAMA ASESI : …………………………………………………………………………..
INDIKATOR
UNJUK KERJA TUGAS HAL-HAL YANG DIAMATI PENILAIAN
K BK
1. Mampu mengiden tifikasi dan meng analisis unit kom petensi secara komprehensif
Mengidentifikasi kode unit kompetensi secara komprehensif sesuai de ngan pedoman penyu sunan SKKNI.
Mengidentifikasi judul unit kompetensi secara kom prehensif sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.

2. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis unit kompetensi secara fungsional Mengidentifikasi kode unit kompetensi secara fungsi onal, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
Mengidentifikasi judul unit kompetensi secara mau pun fungsional, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
3. Mampu mengidentifikasi elemen kompetensi
Mengidentifikasi elemen-elemen kompetensinya se cara komprehensif mau pun fungsional, apakah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan SKKNI.
4. Mampu mendiskripsikan unit kompetensi Mendeskripsikan unit kompetensi sesuai dengan judul unit kompetensi
5. Mampu mendeskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan
mendeskripsikan elemen kompetensi menurut aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang dibutuhkan

6. Mampu Mengana lisis KUK secara komprehensif untuk menggam barkan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlu kan .
Menganalisis semua KUK kedalam indikator-indikator unjuk kerja.
Menentuan setiap indika tor unjuk kerja apakah termasuk ranah penge tahuan, keterampilan atau sikap kerja

7. Mampu Menga nalisis batasan variabel berdasar kan kontek pelak sanaan tugas, perleng kapan yang dibutuhkan, tugas-tugas yang harus dilakukan
Menganalisis batasan vari abel atas Kontek variabel yang dapat mendukung atau menambah kejelas an tentang isi dari sejum lah elemen unit kompe tensi pada satu unit kompetensi tertentu, dan kondisi lainnya yang diperlukan dalam melaksa nakan tugas.
menganalisis batasan vari abel atas Perlengkapan yang diperlukan seperti peralatan, bahan atau fasilitas dan materi yang digunakan sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksana kan unit kompetensi.

Menganalisis batasan var iabel atas Tugas yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan unit kompetensi.
Menganalisis batasan vari abel atas Peraturan-pera turan yang diperlukan sebagai dasar atau acuan dalam melaksanakan tu gas untuk memenuhi persyaratan kompetensi.
8. Mampu mengidentifikasi panduan penilaian berdasarkan konteks penilaian dan pengetahuan keterampilan, sikap yang disyaratkan
Mengidentifikasi panduan penilaian tentang prose dur, alat, bahan dan tempat penilaian dalam panduan penilaian

Mengidentifikasi kondisi penilaian dan lingkup penilaian dalam panduan penilaian

Mengidentifikasi pengeta huan yang dibutuhkan

Mengidentifikasi keteram pilan yang dibutuhkan

Mengidentifikasi aspek kri tis yang mendukung terca painya KUK pada unit kompetensi

9. Mampu Mengidentifikasi kompetensi kunci berdasarkan gradasinya. Mengidentifikasi gradasi kompetensi kunci

Catatan :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tanda Tangan Peserta Pelatihan : ………………………….

Tanda Tangan Instruktur : …………………………..

BAB IV.
PENILAIAN SIKAP KERJA

CEK LIS PENILAIAN SIKAP KERJA
Mengidentifikasi dan Menganalisis Standar Kompetensi
INDIKATOR UNJUK KERJA NO. KUK K BK KETERANGAN
1. Harus bertindak cermat,teliti, tekun, sopan/santun, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 1.1
2. Harus cermat, teliti, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 1.2
3. Harus cermat, teliti, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 1.3
4. Harus cermat, teliti, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 2.1
5. Harus cermat, teliti, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 2.2
6. Harus cermat, teliti, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 3.1
7. Harus cermat, teliti, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 3.2
8. Harus cermat, teliti, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 4.1
9. Harus cermat, teliti, dan taat asas terhadap pedoman atau SOP 4.2

Catatan :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tanda Tangan Asesi : ………………………….

Tanda Tangan Asesor: …………………………..

artikel lainnya MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Saturday 16 November 2013 | blog

Kami sudah 15 tahun menekuni usaha moment Pemilu sehingga kami mampu memberikan saran masukan kepada anggota…

Saturday 29 September 2012 | blog

Creative Economy – Entrepreneurship For Training of trainer program Sragen Techno Park By HARTONO, July 31,…

Thursday 4 September 2014 | blog

PENGURUS DAERAH – PPPI PERIODE : 2002 – 2005 NO NAMA PERUSAHAAN TELP/FAX EMAIL 1 ADNAN…

Tuesday 6 January 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER     MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI MICROSOFT…