Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Merancang Dan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Kondusif PLK.MP02.007.01

Dec
16
2014
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 51 Lt. 6.A Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

DAFTAR ISI ————————————————————————————-  1

BAB  I     PENDAHULUAN———————————————————————- 2

  1. Latar Belakang—————————————————————— 2
  2. Tujuan —————————————————————————  2
  3. Metoda Penilaian   ————————————————————-  3

BAB II    PENILAIAN /KUNCI JAWABAN TUGAS TEORI …………………………………..   4

  1. Kunci Jawaban Pengetahuan Uraian Praktik ——————————- 14
  2. Kunci Jawaban Melengkapi/ Mengisi Pernyataan——————————- 15
  3. Kunci Jawaban Benar-Salah—————————————————- 17
  4. Pilihan Ganda——————————————————- 19
  5. Essay—————————————————————————- 20

 

BAB III  PENILAIAN PRAKTIK/  KUNCI JAWABAN TUGAS PRAKTIK……………………. 23

  1. Menganalisis Lingkungan Pembelajaran                            23
  2.  

BAB IV                    

  1. PENILAIAN SIKAP KERJA Lembar Penilaian Sikap Kerja —————— 17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.   Latar Belakang

Buku penilaian untuk unit kompetensi Merancang dan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif dibuat sebagai konsekuensi logis dalam pelatihan berbasis kompetensi yang telah menempuh tahapan penerimaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja melalui buku informasi dan buku kerja. Setelah latihan-latihan (exercise) dilakukan berdasarkan buku kerja maka untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimilikinya perlu dilakukan uji komprehensif secara utuh per unit kompetensi dan materi uji komprehensif itu ada dalam buku penilaian ini.

 

  1. B.   Tujuan

Adapun tujuan dibuatnya buku penilaian ini, yaitu untuk menguji kompetensi peserta pelatihan setelah selesai menempuh buku informasi dan buku kerja secara komprehensif dan berdasarkan hasil uji inilah peserta akan dinyatakan kompeten atau belum kompeten terhadap unit kompetensi Merancang dan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif.

 

  1. C.   Metoda Penilaian

 

  1. Metoda Penilaian Pengetahuan
    1. Tes Tertulis

Untuk menilai pengetahuan yang telah disampaikan selama proses pelatihan terlebih dahulu dilakukan tes tertulis melalui pemberian materi tes dalam bentuk tertulis yang dijawab secara tertulis juga. Untuk menilai pengetahuan dalam proses pelatihan materi tes disampaikan lebih dominan dalam bentuk obyektif tes, dalam hal ini  jawaban singkat, menjodohkan, benar-salah, dan pilihan ganda. Tes essay bisa diberikan selama tes essay tersebut tes essay tertutup, tidak essay terbuka, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi faktor subyektif penilai.

 

 

 

  1. Tes Wawancara

Tes wawancara dilakukan untuk menggali atau memastikan hasil tes tertulis sejauh itu diperlukan. Tes wawancara ini dilakukan secara perseorangan antara penilai dengan peserta uji/peserta pelatihan. Penilai sebaiknya lebih dari satu orang.

 

  1. Metoda Penilaian Keterampilan
    1. Tes Simulasi

Tes simulasi ini digunakan untuk menilai keterampilan dengan menggunakan media bukan yang sebenarnya, misalnya menggunakan tempat kerja tiruan (bukan tempat kerja yang sebenarnya), obyek pekerjaan disediakan atau hasil rekayasa sendiri, bukan obyek kerja yang sebenarnya.

  1. Aktivitas Praktik

Penilaian dilakukan secara sebenarnya, di tempat kerja sebenarnya dengan menggunakan obyek kerja sebenarnya.

 

  1. Metoda Penilaian Sikap Kerja
    1. Observasi

Untuk melakukan penilaian sikap kerja digunakan metoda observasi terstruktur, artinya pengamatan yang dilakukan menggunakan lembar penilaian yang sudah disiapkan sehigga pengamatan yang dilakukan mengikuti petunjuk penilaian yang dituntut oleh lembar penilaian tersebut. Pengamatan dilakukan pada waktu peserta uji/peserta pelatihan melakukan keterampilan kompetensi yang dinilai karena sikap kerja melekat pada keterampilan tersebut.

 

 

 

 

 


BAB II

PENILAIAN  PENGETAHUAN

 

  1. A.             KUNCI JAWABAN TEORI 1:  MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMBELAJARAN

 

Tugas Teori Menganalisis Lingkungan Pembelajaran

Waktu Penyelesain Tugas : 90 menit
Soal Tugas : URAIAN
  1. Ada empat lingkungan yang ada dalam lingkungan pembelajaran. sebutkan dan jelaskan keempat lingkungan tersebut.

Jawab:

  1. Lingkungan fisik terdiri atas lingkungan alam dan lingkungan buatan manusia yang merupakan tempat dan sekaligus memberikan dukungan dan kadang-kadang juga hambatan bagi berlangsungnya proses pembelajaran. Lingkungan fisik ini berupa sarana dan prasarana yang digunakan. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, baik secara kuantitas maupun kualitas, akan sangat mendukung berlang-sungnya pembelajaran yang efektif
  2. Lingkungan sosial merupakan lingkungan pergaulan antarmanusia, terutama antara instruktur dan peserta pelatihan. Interaksi dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh karakteristik pribadi dan corak pergaulan mereka termasuk dengan manusia lainnya yang terlibat dalam proses pembelajaran tersebut. Karakteristik setiap orang berbeda-beda, baik selaku individu maupun sebagai anggota kelompok. Karakteristik ini meliputi karakteristik fisik dan karakteristik psikhis. Karakteristik fisik seperti tinggi dan berat badan, nada suara, roman muka, gerak-gerik, dll. Karaterisitik psikhis seperti sabar, temperamen-tal, jujur, setia, kemampuan intelektual (cerdas, bodoh), kemampuan psikomotorik (cekatan, terampil). Corak pergaulan di lingkungan yang keras akan membentuk keras, demikian pula sebaliknya
  3. Lingkungan intelektual merupakan kondisi dan iklim sekitar yang mendukung pengembangan kemampuan berpikir, seperti perangkat lunak (modul pelatihan), perangkat keras (alat peraga, peralatan pelatihan), dan aktivitas-aktivitas pengembangan dan penerapan kemampuan berpikir
  4. Lingkungan nilai merupakan tata kehidupan nilai, baik nilai kemasyarakatan, ekonomi, sosial, politik, estetika, etika maupun nilai keagamaan yang hidup dan dianut dalam suatu daerah atau kelompok tertentu.

 

  1. Ruang lingkup pembelajaran meliputi tiga unsur. Sebutkan dan jelaskan ketiga unsur tersebut.

Jawab:

  1. Peserta pelatihan adalah seseorang atau sekelompok orang yang ingin memiliki kompetensi tertentu yang merupakan kesenjangan kemampuan dia/mereka guna memenuhi kualifikasi jabatan yang akan/ sudah dipangkunya. Tugas peserta pelatihan adalah belajar, dan dalam belajar inilah memerlukan bantuan agar belajarnya bisa efektif dan efisien
  2. Instruktur adalah seseorang yang menyampaikan materi pembelajaran yang berisi muatan kompetensi tertentu sesuai dengan kebutuhan pelatihan peserta pelatihan guna mengantarkan mereka menuju kualifikasi jabatan yang akan/sudah dipangkunya. Tugas instruktur adalah membantu peserta pelatihan dalam belajar sehingga peserta mengalami kemudahan dan kelancaran dalam mencapai tujuan pembelajaran
  3. Sarana/fasilitas pembelajaran meliputi:

1)       Perangkat Lunak (software)

Perangkat lunak merupakan sarana pembelajaran yang umumnya digunakan dalam mengisi kompetensi melalui aspek kognitif yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar melakukan keterampilan yang di dalamnya melekat sikap kerja yang harus dilakukan. Dalam Pelatihan Berbasis Kompetensi, perangkat lunak ini terutama modul pelatihan yang terdiri atas tiga buku, yaitu buku informasi, buku kerja, dan buku penilaian. Semakin komunikatif modul pelatihan maka semakin mudah peserta pelatihan melakukan proses belajar.

2)       Perangkat Keras (hardware)

Perangkat keras meliputi ruang teori, ruang praktik, peralatan pelatihan, baik yang berupa mesin maupun peralatan lainnya termasuk peralatan tangan.

3)       Perangkat Mengajar (teachware)

Perangkat mengajar/alat bantu mengajar meliputi alat peraga dan media pembelajaran yang merupakan sumber belajar bagi peserta pelatihan .

 

  1. Dalam membahas lingkungan pembelajaran yang kondusif tidak terlepas dari psikologi.  Jelaskan pengertian psikologi pelatihan menurut Crow & Crow.

Jawab:

Psikologi pelatihan adalah ilmu yang mempelajari pertumbuhan dan perkembangan manusia baik fisik maupun mental yang sangat erat hubungannya dengan masalah pelatihan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar/berlatih

 

  1. Ruang lingkup psikologi pelatihan meliputi sepuluh hal. Sebutkan paling tidak lima dari sepuh hal tersebut.

Jawab:

  1. Sampai sejauh mana faktor-faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap belajar
  2. Sifat-sifat dari proses belajar
  3. Hubungan antara tingkat kematangan dengan kesiapan belajar
  4. Signifikansi pendidikan terhadap perbedaan-perbedaan individual dalam kecepatan dan keterbatasan belajar.
  5. Perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama proses belajar

 

  1. Ada lima faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan peserta pelatihan secara individu. Sebutkan dan jelaskan kelima faktor tersebut.
    1. Kemampuan Mental

Dengan adanya perbedaan dalam kemampuan mental, maka ada beberapa peserta pelatihan mempelajari aspek-aspek pelatihan tertentu lebih mudah daripada peserta lain, ada beberapa peserta lebih mampu mempelajari jenis pengetahuan /keterampilan daripada peserta lai

 

  1. Kondisi Fisik

Peserta pelatihan berbeda dalam:

  • Ukuran fisik (gemuk, kurus, tinggi, pendek)
  • Karakteristik fisik (kecekatan tangan, koordinasi mata dan tangan, ketangkasan, kegesitan)
  • Kesehatan (sehat, sakit)
  • Persepsi indera (kemampuan indera menerima rangsangan)
  • Umur dan jenis kelamin.

 

  1. Lingkungan

Lingkungan banyak mempengaruhi pengalaman peserta pelatihan di masa lalu dan pengaruh lingkungan tersebut akan terlihat dalam pelatihan. Banyak peserta pelatihan, karena pengalamannya dipengaruhi lingkungan mereka, mengakibatkan mereka sangat terampil menggunakan alat/ perlengkapan.

 

  1. Latar Belakang Sosial-Budaya

Perbedaan latar belakang kebudayaan menunjukkan perbedaan pada nilai-nilai budaya kelompok. Nilai-nilai ini mungkin dipengaruhi oleh keadaan sosial dan kesukuannya. Perbedaan kebiasaan makan dan sikap terhadap pekerjaan, belajar, disiplin, ketepatan waktu, kehadiran dan lain-lain dapat berasal dari pengaruh kebudayaan.

.

  1. Keadaan Emosional

Peserta pelatihan adalah manusia dan sebagai manusia mempunyai perasaan. Peserta pelatihan akan berbeda dalam cara mengendalikan perasaan, dalam hubunganmereka antara satu dengan yang lainnya

 

 

  1. Kalau anda sebagai instruktur menjumpai peserta pelatihan yang lambat dalam belajar, bagaimana anda mengatasi peserta tersebut?  Ada empat cara.

Jawab:

  1. Instruktur membimbing peserta tersebut secara individual sesuai dengan kemampuannya
  2. Instruktur memberikan pujian bila diperlukan
  3. Instruktur memberikan penjelasan tambahan terhadap tugas yang diberikan
  4. Instruktur memberikan semangat agar belajar lebih giat

 

  1. Sebutkan lima tipe peserta pelatihan.

Jawab:

  1. Peserta yang lambat dalam belajar
  2. Peserta yang cepat dalam belajar
  3. Peserta yang kurang memperhatikan
  4. Peserta yang suka ’mencuri’
  5. Peserta yang banyak bicara

 

  1. Kalau anda sebagai instruktur, ada persoalan pokok dalam belajar yang harus anda camkam.  Sebutkan persoalan pokok dalam belajar tersebut..

Jawab:

Perlu dicankam: Apabila peserta pelatihan belum berubah tingkah lakunya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, artinya instruktur belum mengajar.

Oleh sebab itu, waktu mengajar instruktur harus fokus kepada peserta pelatihan. Instruktur harus mengenal peserta pelatihan agar ia dapat mengetahui kemampuan setiap peserta pelatihan sehingga akan lebih meningkatkan efektifitas dalam mengajar.

Jadi, seorang instruktur harus menguasai bidang keahliannya dan mampu mentransfer keahliannya kepada peserta pelatihan. Di samping itu, seorang instruktur harus memiliki sikap mental yang baik sehingga bisa mempengaruhi proses pembelajaran.

 

  1. Ada dua faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi keberhasilan belajar. sebutkan kedua faktor tersebut.

Jawab:

  1. Faktor Internal Individu Peserta Pelatihan

1)       Kemampuan peserta pelatihan dalam menyerap materi pelatihan

2)       Motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikhis

3)       Waktu yang tersedia

 

  1. Kualitas Pengajaran

1)       Kualitas Instruktur

a)  Kemampuan mentransfer memberikan kontribusi keberhasilan belajar 32,43 %

b) Penguasaan materi pembelajaran memberikan kontribusi 32,58 %

c)  Sikap instruktur meberikan kontribusi 8,6 %.

2)       Banyaknya Peserta Pelatihan

Rasio yang digunakan dalam pelatihan antara instruktur dan peserta pelatihan:

a)        1 : 16 untuk penyampaian materi di kelas (teori)

b)       2 : 16 untuk pembelajaran praktik.

 

3)       Suasana Belajar

Suasana belajar yang dimokratis akan memberi peluang mencapai hasil belajar yang optimal dibandingkan dengan suasana belajar yang kaku, disiplin ketat. Suasana belajar yang demokratis memberikan kebebasan peserta belajar, mengajukan pendapat, berdialog dengan instruktur dan teman sekelas.

4)       Fasilitas dan Sumber Belajar yang Tersedia

Sering ditemukan bahwa instruktur merupakan satu-satunya sumber belajar di kelas. Situasi ini kurang menunjang kualitas pengajaran sehingga hasil belajar kurang dicapai secara optimal. Jadi, harus disediakan sumber belajar yang lain seperti buku, alat peraga, dll.

 

  1. Ada tiga syarat penting yang harus dipenuhi untuk menjadi instruktur. sebutkan ketiga syarat penting tersebut.

Jawab:

  1. Memiliki keahlian tertentu
  2. Memiliki kemampuan mentransfer keahliannya kepada orang lain (peserta pelatihan)
  3. Memiliki sikap yang baik sehingga bisa menjadi teladan.

 

  1. Bagaimana anda mengatur ruang belajar dilihat dari faktor udara, suara, pencahayaan, dan ergonomi.

Jawab:

  1. Ruangan Belajar

Ruangan belajar harus disiapkan untuk kebutuhan belajar, baik dari ukuran luas yang disesuaikan dengan banyaknya peserta pelatihan dalam kelas, maupun dari penataan ruangan yang menunjang efisiensi dan efektivitas dalam proses pembelajaran. Tata letak ruangan kelas diatur agar interaksi di dalam kelas lancar dengan ruang gerak yang nyaman. Hal ini bisa terjadi kalau diatur sebagai berikut:

-      Banyaknya peserta pelatihan 16 orang

-      Setiap orang mendapatkan satu meja belajar dengan ukuran 70 cm X 90 cm

-      Penataan meja belajar menurut garis lurus (klasikal)

-      Jarak antar meja 80 cm, lorong tengah 120 cm, jarak meja dengan dinding samping dan belakang 80 cm. Jarak 80 cm diasumsikan tebal badan orang 40 cm sehingga masih bisa berpapasan dengan berjalan miring, sementara lebar lorong 120 cm diasumsikan lebar badan orang 60 cm sehingga masih bisa berjalan berpapasan.

-      Berdasarkan perhitungan di atas maka luar ruangan yang harus disediakan adalah sekitar 10m  X 8 m.

Di samping itu, agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar, maka perlu dilengkapi dengan media pembelajaran, baik sebagai media mengajar, maupun sebagai media belajar.

 

  1. Ventilasi atau Lubang Angin

Ruangan yang tidak ber-AC perlu dijaga masuk-keluarnya angin/udara cukup ke dalam ruangan sehingga sirkulasi udara akan menjaga suhu di dalam ruangan tidak membuat peserta pelatihan kegerahan karena kegerahan akan mempengaruhi suasana belajar yang tidak kondusif. Tubuh manusia secara terus-menerus mengeluarkan panas agar dapat hidup terus. Untuk dapat memancarkan panas itu, perlulah udara di sekelilingnya mempunyai suhu lebih rendah daripada suhu badan manusia. Badan manusia yang normal mempunyai suhu 37°C. Kelembaban udara (kadar air) juga akan mempengaruhi badan manusia. Kenyamanan di dalam ruangan untuk belajar/bekerja adalah suhu udara 25,6°C dan kelembaban 45%.

 

  1. Pencahayaan

1)  Cahaya Langsung

Cahaya ini memancar langsung dari sumbernya ke permukaan meja. Apabila menggunakan lampu pijar, cahaya bersifat sangat tajam. Bayangan yang ditimbulkan sangat jelas. Cahaya ini cepat menimbulkan kelelahan pada mata. Lebih-lebih apabila terletak dalam lingkungan sudut 45° dari penglihatan mata, lampu tersebut dapat menyilaukan peserta pelatihan. Jadi, penerangan lampu yang memberikan cahaya langsung kurang tepat digunakan dalam proses pembelajaran.

 

2)      Cahaya Setengah Langsung

Cahaya ini memancar dari sumbernya dengan melalui tudung lampu yang biasanya terbuat dari gelas dengan warna susu. Cahaya ini tersebar ke pelbagai jurusan sehingga bayangan yang ditmbulkan tidak begitu tajam. Namun demikian, sebagaian besar cahaya tetap langsung jatuh ke permukaan meja dan memantul kembali ke arah mata peserta pelatiha

 

3)      Cahaya Tak Langsung

Penerangan lampu yang terbaik adalah cahaya taklangsung. Cahaya ini dari sumbernya memancar ke arah langit-langit ruangan, dari situ barulan dipantulkan ke arah permukaan meja. Sifat cahaya ini benar-benar sudah lunak, karena itu tidak mudah menimbulkan kelelahan pada mata. Di samping itu, cahaya ini tersebar dengan merata ke semua penjuru, coraknya uniform dan tidak menimbulkan bayangan.

4)      Ergonomi

Ergonomi adalah penyerasian antara pekerja, macam peker-jaan, dan lingkungan. Apabila penyerasian ini bisa terwujd, maka akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas dalam pencapaian tujuan. Dalam penerapan ergonomi di proses pembelajaran merupakan kegiatan penyerasian peserta pelatihan, kegiatan belajar-mengajar, dan lingkungan belajar dengan tujuan untuk peningkatan efisiensi dan efektivitas guna pencapaian tujuan pembelajaran. Penyerasian yang dimaksudkan di sini adalah menyerasikan antara peserta pelatihan, kegiatan belajar-mengajar, dan lingkungan belajar untuk tujuan pencapaian tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar-mengajar diserasikan dengan kondisi peserta pelatihan, demikian pula lingkungan belajar diserasikan dengan kebutuhan pembelajaran dan kondis peserta pelatihan.

 

  1. Bagaimana anda menyiapkan fasilitas pelatihan yang meliputi peralatan, mesin, bahan, dan media pembelajaran agar peserta dapat belajar dengan lancar?

Jawab:

  1. Peralatan Pelatihan

Peralatan pelatihan adalah seluruh peralatan yang diperlukan dan digunakan untuk pelaksanaan suatu pelatihan kerja. Secara umum peralatan pelatihan terbagi atas dua bentuk yaitu perangkat keras dan perangkat lunak (hardware dan software). Peralatan yang termasuk dalam perangkat keras (hardware) antara lain dapat berbentuk ruang kelas/bengkel beserta perabotnya, mesin dan perlengkapannya, peralatan tangan, peralatan laboratorium, perangkat komputer dan perangkat keras lainnya sesuai dengan jenis atau bidang pelatihan yang akan dilaksanakan. Sedangkan perangkat lunak (software) antara lain dapat berbentuk perangkat lunak atau program-program yang bersifat untouchable, yang diperlukan untuk mendukung operasionalisasi perangkat keras dan pekerjaan yang terkait sesuai dengan kompetensi yang dilatihkan.

 

  1. Mesin

Pada waktu menempuh pelatihan untuk mencapai kompetensi sesuai dengan tuntutan unit kompetensi yang sedang dipelajari yang mengharuskan peserta pelatihan menggunakan mesin sebagai perlatan pelatihan, misalnya mesin bubut, frais, las, mobil, sepeda motor, gergaji, ketam, dsb. Seperti halnya peralatan pelatihan yang lain, mesin yang digunakan juga harus selalu dalam keadaan siap digunakan dalam keadaan berfungsi dengan baik agar peserta pelatihan tidak mengalami kendala/hambatan waktu melaksanakan tugas/instruksi dari instruktur.

  1. Bahan Pelatihan

Bahan pelatihan yang digunakan dalam proses pembelajaran (pelatihan) mencakup dua kelompok bahan, yaitu bahan untuk proses pembelajaran pengetahuan/teori dan bahan untuk proses pembelajaran keterampilan/praktik.

Untuk kepentingan teori, bahan disediakan untuk setiap orang peserta pelatihan dengan diberi kelebihan persediaan apabila peserta melakukan kesalahan sehingga harus mengulang. Sedangkan untuk kepentingan praktik, persediaan bahan praktik diperhitungkan sampai peserta melakukan tiga kali praktik (1X mencoba, 1X melakukan sendiri masih dengan bimbingan instruktur, 1X melakukan sendiri tanpa bimbingan instruktur). Jadi, jangan sampai terjadi kehabisan bahan pelatihan untuk proses pembelajaran.

 

  1. Media Instruksional/Pembelajaran

Media instruksional/pembelajaran adalah media yang digunakan instruktur dan peserta pelatihan dalam proses pembelajaran. Suatu saat bisa menjadi media mengajar/ melatih, tetapi suatu saat bisa menjadi media belajar.

Seperti diketahui bahwa dalam belajar akan terserap dengan baik apabila melalui pendengaran, penglihatan, dan pengalaman sendiri. Oleh sebab itu, media pembelajaran yang digunakan harus memenuhi ketiga hal tersebut.

Media pembelajaran harus menarik minat peserta pelatihan untuk dilihat. Setelah dilihat, media tersebut mudah dimengerti oleh peserta pelatihan karena komunikatif (kata-kata yang ditulis atau gambar yang dibuat mudah dimengertiI. Termasuk modul pelatihan yang meliputi Buku Informasi, Buku Kerja, dan Buku Penilaian.

Dewasa ini sudah lazim instruktur menggunakan power point sebagai media instruksional, di samping untuk kata-kata/gambar diam, juga bisa untuk gambar bergerak (animasi). Komputer/lap top yang digunakan juga bisa untuk gambar hidup (DVD/VCD) sebagai media belajar. Di samping itu, juga menggunakan media lain seperti benda aslinya, model, miniatur, dsb.

 

 


Lembar Evaluasi Tugas Teori URAIAN Menganalisis Lingkungan Pembelajaran

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

                  

No.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

 

Apakah semua pertanyaan Tugas Menganalisis Lingkungan Pembelajaran dijawab dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan ?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

  1. B.             KUNCI JAWABAN TEORI 2:    Merancang Lingkungan Pembelajaran
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesain Tugas : 30 menit
Soal Tugas :  
  1. Salah satu membangkitkan motivasi belajar peserta pelatihan dengan cara menciptakan suasana yang dimokratis dalam kelas. Ada tiga cara untuk itu. Sebutkan ketiga cara tersebut.

Jawab:

  1. a.      Peserta pelatihan bisa beradu pendapat dengan sesama teman

1)               Sifat ingin diperlakukan secara dewasa

2)               Sifat ingin sukses

3)               Kemampuan  mengevaluasi

4)               Sifat ingin bersaing

  1. b.      Peserta pelatihan diberi kesempatan berinovasi dan berkreasi
  2. c.       Peserta pelatihan diberi kesempatan menyampaikan pendapat karena memiliki:

 

  1. Sebutkan sedikitnya ada lima hal yang harus dihindari oleh instruktur karena tidak disenangi peserta pelatihan.

Jawab:

  1. a.      Hukuman
  2. b.      Ejekan, sindiran tajam
  3. c.       Kebencian, permusuhan, kemarahan, dendam
  4. d.      Menimbulkan rasa takut dan susah
  5. e.       Sering gagal
  6. f.        Rasa bosan/jenuh
  7. g.      Keletihan
  8. h.      Pekerjaan yang kurang bermanfaat
  9. i.        Pekerjaan yang sulit dikerjakan peserta pelatihan
  10. j.        Janji palsu (ingkar janji).

 

 

 

  1. Instruktur dinyatakan siap mengajar apabila dia sudah memenuhi 3 hal yang harus dimiliki sebagai bekal mengajar. Sebutkan ketiga hal tersebut.

Jawab:

  1. Kompetensi Instruktur
  2. Kompetensi Profesi
  3. Keteladanan

 

 

  1. Hal apa yang harus diperhatikan agar ruangan teori dinyatakan siap digunakan? Paling tidak sebutkan 5 hal.

Jawab:

  1. Meja dan kursi belajar sebanyak peserta dengan kondisi layak pakai
  2. Penerangan memadai untuk belajar yang pancaran cahayanya merata ke seluruh ruangan
  3. Sirkulasi aliran udara atau suhu udara ruangan ber-AC memadai kebutuhan kenyamanan (tidak gerah)
  4. Tidak terganggu kebisingan
  5. Warna dinding menunjang untuk belajar
  6. Media presentasi seperti OHP atau komputer, layar tersedia.
  7. Ruangan bersih dan rapi.

 

 


Lembar Evaluasi Tugas Teori Menganalisis Lingkungan Pembelajaran

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

                  

No.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

 

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Menganalisis Lingkungan Pembelajaran dijawab dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan ?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

 


  1. C.             KUNCI JAWABAN TUGAS TEORI 3:  Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesain Tugas : 45 menit
Soal Tugas :  
  1. Bagaimana kesiapan seorang instruktur agar dalam melaksanakan tugas mengajarnya kondusif sesuai dengan lingkungan pembelajaran yang dibutuhkan. Tolong anda uraikan dari tiga kemampuan yang harus dimiliki.

Jawab:

  1. Memiliki keahlian tertentu
  2. Memiliki kemampuan mentransfer keahliannya kepada orang lain (peserta pelatihan)
  3. Memiliki sikap yang baik sehingga bisa menjadi teladan.

 

  1. Bagaimana anda sebagai seorang instruktur menyiapkan sarana pelatihan yang kondusif sesuai dengan kebutuhan lingkungan pembelajaran. Ada 5 hal yang harus anda perhatikan.

 

Jawab:

  1. Ruangan Teori/Kelas sesuai dengan ketentuan
  2. Ruangan Praktik sesuai dengan ketentuan
  3. Peralatan pelatihan, baik peralatan tangan maupun mesin yang berfungsi dengan baik sebanyak peserta pelatihan
  4. Bahan pelatihan sesuai dengan ketentuan sebanyak peserta pelatihan, termasuk modul pelatihan
  5. Media pembelajaran yang memadai sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

 

 

 

  1. Bagaimana anda menata letak meja kursi belajar di ruangan teori apabila pesertanya ada 8 orang. Gambarkan denahnya dan berikan penjelasan.

Jawab:

 

 

 

  1. Menata letak ruangan di bengkel (ruang praktik) ada ketentuan mengatur jarak mesin yang satu dengan mesin yang lain. Tolong anda jelaskan pernyataan tersebut.

 

 

 

 

 

  1. Bagaimana anda mengatur pencahayaan di ruang bengkel khususnya terhadap pekerjaan membuat benda kerja berdasarkan gambar kerja? Tolong adan kaitkan juga dengan macam-macam pencahayaan.

 

Jawab:

Untuk menetapkan sejauh mana pencahayaan diperlukan terhadap suatu pekerjaan, di bawah ini disampaikan tabel banyaknya cahaya yang dibutuhkan.

Banyaknya Cahaya yang Dibutuhkan

NO.

MACAM PEKERJAAN

BESARNYA CAHAYA (Foot Candle)

1.

Pekerjaan yang membutuhkan penglihatan tajam.

(berkaitan dengan huruf-huruf dan angka-angka yang kecil, perbedaan warna yang samar-samar, pekerjaan jangka waktu lama secara terus-menerus)

Contoh: memeriksa perhitungan, melakukan pembukuan, menggambar, membaca gambar, pekerjaan ketelitian

50

2.

Pekerjaan yang membutuhkan penglihatan biasa

Contoh: membuat surat, mengurus arsip, meeting/rapat, bagian pengiriman

30

3.

Pekerjaan yang membutuhkan penglihatan sepintas lalu

Contoh: ruang resepsi

10

4.

Pekerjaan yang membutuhkan penglihatan sederhana

Contoh: lorong, jalan lalu lintas dalam gedung

5

 

Foot candle: Banyaknya cahaya yang dipancarkan dari sebuah lilin ukuran biasa pada sebuah benda yang jaraknya satu kaki (30,48 cm) dari lilin itu

Berkenaan dengan macamnya cahaya:

-       Mengoptimalkan penggunaan cahaya matahari  dengan cara memasang dinding kaca

-       Menggunakan pencahayaan yang bukan Cahaya Langsung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Evaluasi Tugas Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

                  

No.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

 

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif dijawab dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan ?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

 

  1. D.             KUNCI JAWABAN TUGAS TEORI 4: Meyakinkan kepada Pihak-pihak Terkait tentang Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesain Tugas : 90 menit
Soal Tugas :  
  1. Sebutkan lima parameter/ukuran lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi peserta pelatihan.

Jawab:

  1. Parameter Terhadap Peserta Pelatihan
  2. Parameter Terhadap Instruktur
  3. Parameter Terhadap Sarana Pelatihan
  4. Parameter Terhadap Peralatan Pelatihan
  5. Parameter Terhadap Bahan Pelatihan

 

  1. Sebutkan lima parameter/ukuran lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi instruktur pelatihan.

Jawab;

  1. Menguasai materi pelatihan sesuai dengan tuntutan unit kompetensi
  2. Menyajikan materi pelatihan secara sistematis dan mudah dimengerti oleh peserta pelatihan
  3. Bersikap terbuka, demokratis, dan senang menerima masukan dari peserta pelatihan
  4. Dapat bekerja sama, baik dengan atasan, rekan sejawat, dan peserta pelatihan
  5. Kreatif dan selalu menambah pengetahuan
  6. Berdisiplin dan bertanggung jawab
  7. Mampu berkomunikasi dengan baik
  8. Bersedia menolong orang lain dan senang membantu peserta pelatihan belajar
  9. Ramah, simpatik, dan rapi/necis
  10. Mempunya sifat teladan
  11. Tidak pemarah
  12. Cepat mengenal peserta pelatihannya
  13. Mau memberikan pujian dan penghargaan
  14. Tidak memojokkan, mencemoohkan peserta pelatihan.

 

  1. Sebutkan lima parameter/ukuran lingkungan pembelajaran yang kondusif terhadap ruangan teori.

Jawab:

Parameter/ ukuran lingkungan pembelajaran yang kondusif terhadap ruangan teori.

  1. Meja dan kursi belajar sebanyak peserta pelatihan dan dalam keadaan nyaman dipakai
  2. Pengaturan meja dan kursi belajar sedemikian rupa sehingga tidak berdesakan dengan ketentuan jarak ke dinding, lorong yang bukan lorong tengah, dan jarak meja dengan meja belakangnya 80 cm, sedangkan lorong tengah 120 cm
  3. Perlengkapan ruangan teori minimal papan tulis dan kelengkapannya, layar, OHP/infokus tersedia
  4. Pencahayaan merata ke segenap ruangan secara jelas, tetapi tidak menyilaukan
  5. Ruangan tidak membuat gerah
  6. Tidak ada suara bising yang masuk ke dalam ruangan
  7. Bersih dan rapi.

 

  1. Sebutkan lima parameter/ukuran lingkungan pembelajaran yang kondusif terhadap ruangan praktik.

Jawab:

  1. Peralatan/mesin/perlengkapan lainnya tersedia sebanyak peserta pelatihan dan dalam keadaan berfungsi dengan baik
  2. Penataan peralatan/mesin yang digunakan untuk praktik ditata sedemikian rupa sehingga peserta yang satu dengan peserta yang lain tidak saling terganggu
  3. Bahan praktik dan kelengkapannya tersedia cukup sebanyak peserta pelatihan dengan asumsi peserta diberi kesempatan mengulang tiga kali
  4. Peralatan dan perlengkapan K3 tersedia sebanyak peserta pelatihan
  5. Pencahayaan cukup terang mengarah ke benda kerja, bukan kepada peserta pelatihan yang menyebabkan silau. Menggunakan cahaya setengah langsung
  6. Kondisi ruangan praktik bersih dan rapi.

 

  1. Sebutkan dua parameter/ukuran lingkungan pembelajaran yang kondusif terhadap bahan pelatihan.

Jawab:

  1. Bahan pelatihan disediakan sebanyak peserta pelatihan, baik untuk teori maupun praktik dengan asumsi dilebihkan guna menyediakan kalau ada yang salah dan harus mengulang sesuai dengan tuntutan unit kompetensi yang akan dipelajari. Jangan sampai terjadi kekurangan bahan untuk pelatihan
  2. Apabila ada bahan yang berupa soft copy, maka harus difasilitasi untuk kepentingan penggunaan soft copy tersebut.

 

  1. Sebutkan sedikitnya lima hal yang perlu diperhatikan waktu melakukan presentasi.

Jawab:

  1. Percaya diri, tidak ragu-ragu atau bahkan rendah diri
  2. Bersikap alamiah/natural tidak dibuat-buat
  3. Bersikap empati agar yang hadir mau mendengarkan dengan sungguh-sungguh
  4. Tujuan presentasi diyakini dengan persiapan materi yang matang
  5. Berbicara dengan jelas, terstruktur, dan logic
  6. Bahasa tubuh terbuka, tetapi tidak jumawa
  7. Jaga eye contact dengan yang hadir
  8. Artikulasi jelas dengan suara yang terdengar oleh seluruh yang hadir
  9. Menjaga sikap tetap tenang dan posisi tangan di sekitar dada
  10. Manfaatkan waktu sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

 

  1. Bagaimana cara anda agar meninggalkan atau membuat kesan yang baik bagi audience? Sebutkan lima cara.

Jawab:

  1. Percaya diri
  2. Bersikap alamiah, tidak dibuat-buat
  3. Bersikap empati
  4. Menjaga kredibilitas
  5. Materi yang disajikan merupakan fakta dan up to date didukung dengan contoh-contoh atau data. Disampaikan secara runtut dan terstruktur dan disiapkan secara matang.
  6. Pilihan kata-kata yang tepat dan komunikatif
  7. Gerakan tubuh, mimik, pandangan mata terjaga dengan baik, tidak berlebihan
  8. Penampilan fisik rapi dan bersih termasuk berpakaian.

 

  1. Sebutkan lima hal yang harus diperhatikan dalam melakukan komunikasi persuasif.

Jawab:

  1. Bersikap simpatik dan empatik
  2. Tunjukkan sikap dapat dipercaya
  3. Bertindak yang mengarahkan
  4. Berbicara dengan sikap mengajak
  5. Bersikap yang meyakinkan
  6. Kemukakan fakta kebenaran

 

  1. Ada lima hal yang dihindari atau tidak dilakukan waktu melakukan komunikasi persuasif. Sebutkan kelima hal tersebut.

Jawab:

  1. Bersikap sombong
  2. Menggurui
  3. Mengkritik
  4. Emosional
  5. Mengemukakan hal-hal yang mengkhawatirkan.

 

  1. Ada tiga tahapan dalam melakukan negsiasi, yaitu pranegosiasi, proses negosiasi, dan pascanegosiasi. Tolong anda jelaskan secara ringkas kegiatan apa saja yang ada dalam setiap tahapan tersebut.

Jawab:

  1. Pra negosiasi

a)      Analisis internal: menganalisis kepentingan internal maupun kepentingan pihak adversary

b)     Riset: dilakukan sebagai pendalaman untuk mengetahui latar belakang proyek maupun pihak adversary

c)      Analisis SWOT: untuk mengetahui kekuatan, kelemahan dan peluang yang mungkin dapat diambil

d)     Menyusun rancangan strategi negosiasi : menyiapkan langkah dan cara untuk mendapatkan peluang.

  1. Proses Negosiasi.

a)    Pembukaan, kegiatan ini diawali dengan basa-basi yang biasa berlaku umum dalam sebuah pertemuan, bila negosiasi dilakukan oleh sebuah tim maka juru bicaranya memperkenalkan anggota tim dilanjutkan dengan menjelaskan tujuan.

b)    Pembahasan Inti pemasalahan, pembahasan diawali dengan presentasi dari negosiator dilanjutkan dengan pembcaraan yang harus diciptakan dalam suasana selaras dan besahabat. Kemungkinan terjadinya perbedaan sudut pandang dan perbedaan pendapat harus disikapi dengan arif dengan acara lebih menanamkan pengertian dan keyakinan kepada adversary yaitu melalui fakta atau data atau contoh-contoh yang sekiranya dapat mendekati dengan keinginan dan kepentingan adversary.

c)     Melaksanakan trial close, pada tahap ini negosiator belum meminta persetujuan namun lebih memahami posisi dari proses negosiasi.

d)    Menutup negosiasi, tahap ini sudah ada keputusan, negosiator meminta komitmen mengenai butir-butir kesepakatan .

 

  1. Pasca Negosiasi

a)    Perumusan hasil kesepakatan

Penyempurnaan rumusan hasil kesepakatan untuk dapat dijadikan sebagai pegangan oleh setiap pihak.

b)    Penyajian tertulis atas kesepakatan

Untuk permasalahan yang mempunyai nilai tinggi dan perlu ada penegasan formal, penuangan dalam bentuk tulisan diperlukan sebagai bentuk komitmen dari kedua belah pihak, kesepakatan dapat ditandatangani bersama.

c)     Rencana tindak lanjut

Kelanjutan dari kesepakatan adalah kegiatan yang diawali dengan penyusunan rencana tindakan dari keduabelah pihak. Langkah-langkah selanjutnya merupakan realisasi atau tindakan nyata untuk mewujudkan proyek yang disetujui bersama, didalam proses pelaksanaan perlu dipikirkan cara pengendalian yaitu evaluasi dan perbaikan.

 

 


Lembar Evaluasi Tugas Meyakinkan kepada Pihak-pihak Terkait tentang Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

                  

No.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

 

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Meyakinkan kepada Pihak-pihak Terkait tentang Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif dijawab dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. E.             TUGAS PENGETAHUAN  KONVERHENSIP:
    1. KUNCI JAWABAN MELENGKAPI/ MENGISI PERNYATAAN.
Unit kompetensi : Merancang dan Menciptakan Lingkungan
    Pembelajaran yang Kondusif
     
Pelatihan :  Instruktur
     
waktu : 60 menit
     

PETUNJUK UMUM

 

  • Bacalah materi tes secara cermat dan teliti.
  • Lengkapilan kalimat di bawah ini dengan cara mencari jawabannya pada kolom sebelah kanan dan tuliskan jawabannya saja pada kertas yang tersedia.
 

  1. Salah satu lingkungan pembelajaran adalah lingkungan fisik yang terdiri atas lingkungan alam dan lingkungan Buatan manusia
  2. Lingkungan intelektual. merupakan kondisi dan iklim sekitar yang mendukung pengembangan kemampuan berpikir.
  3. Salah satu ruang lingkup pembelajaran yang berkaitan dengan kualitas pengajaran adalah Instruktur.
  4. Perangkat lunak merupakan sarana pembelajaran yang umumnya digunakan dalam mengisi kompetensi melalui aspek kognitif.
  5. Psikologi adalah suatu ilmu yang berusaha menyelidiki semua aspek kepribadian dan tingkah laku manusia.
  6. Salah satu faktor penyebab adanya perbedaan individu adalah Persepsi indera.
  7. Peserta pelatihan yang lambar belajar merupakan salah satu Tipe peserta pelatihan.
  8. Faktor internal individu peserta pelatihan yang mempe-ngaruhi belajar adalah Ketekunan
  9. Penyerasian antara pekerja, macam pekerjaan, dan lingkungan adalah Ergonomi
  10. Kemampuan instruktur dalam mentransfer keahliannya kepada orang lain disebut Kompetensi profesi

 

  1. Instruktur.
  2. Pembelajaran.
  3. Tipe peserta pelatihan.
  4. Buatan manusia.
  5. Ergonomi.
  6. Kompetensi profesi.
  7. Lingkungan intelektual.
  8.  Perangkat lunak.
  9.  Ketekunan.
  10. Koordinasi.
  11. Psikologi.
  12. Persepsi indera .

 

 

 

Apakah semua pertanyaan Tugas Mengisi Pernyataan Menganalisis Lingkungan Pembelajaran dijawab dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan ?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

 

  1.  KUNCI JAWABAN  BENAR-SALAH.

Nyatakan pernyataan di bawah ini benar atau salah dengan cara menulis huruf B kalau Benar dan huruf S kalau Salah.

 

B

S

1. Salah satu ruang lingkup pembelajaran merupakan obyek identifikasi lingkungan pembelajaran.

B

S

2. Perbedaan ukuran dan karakteristik fisik mempengaruhi kecepatan otot mempelajari keterampilan baru.

   

B

S

3. Instruktur mengatur lebih banyak tugas terhadap peserta pelatihan yang lambat dalam belajar.

   

B

S

4. Mengajar bukanlah sekedar menjelaskan, menunjukkan atau memberi instruksi.

   

B

S

5. Kemampuan mentransfer memberikan kontribusi keberhasilan belajar 32,43 %.

   

B

S

6. Instruktur dalam melaksanakan tugas pokoknya (mengajar) mampu menilai diri sendiri melalui peserta pelatihan.

   

B

S

7. Kenyamanan di dalam ruangan untuk belajar/bekerja adalah suhu udara 28°C dan kelembaban 60%.

   

B

S

8. Lampu pijar yang memiliki efek sebaran pencahayaan yang terang tepat digunakan untuk ruang teori.

   

B

S

9. Waktu presentasi pandangan presenter sebaiknya melekat pada materi yang disampaikan.

   

B

S

10. Bersikap empatik diperlukan dalam melakukan komunikasi persuasif.

 

 

 

 


Lembar Evaluasi Tugas Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

                  

No.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

 

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif dijawab dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan ?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 


  1. KUNCI JAWABAN  Pilihan Ganda.

Pilihlan jawaban yang tepat melingkari atau menuliskan nomor  a/b/c/d yang sesuai dengan pilihan tersebut dibawah soal ini.

  1. Kualitas pengajaran lebih dominan ditentukan oleh …
a. kualitas peserta pelatihan b. kualitas instruktur
c. kualitas perlatan pelatihan d. kualitas bahan pelatihan

 

  1. Instruktur menugasi peserta pelatihan membaca referensi merupakan tindakan menghadapi tipe peserta pelatihan ……..
a. cepat dalam belajar b. lambat dalam belajar
c. sedang dalam belajar d. yang kurang memperhatikan

 

  1. Seorang instruktur dalam kelas praktik sebaiknya menghadapi peserta pelatihan sebanyak ………….. sesuai dengan ketentuan rentang kendali.
a. 8 orang b. 12 orang
c. 16 orang d. 20 orang

 

  1.  Jarak meja belajar dengan dinding ruangan kelas di sampingnya adalah ………
a. 40 cm b. 60 cm
c. 80 cm d. 120 cm

 

  1. Pencahayaan yang paling baik agar tidak menyilaukan dan cepat melelahkan mata adalah pencahayaan ………….
a. langsung b. setengah langsung
c. setengah tak langsung d. tak langsung

 

  1. Memberikan hukuman kepada peserta pelatihan merupakan tindakan instruktur dalam upaya ………..
a. mengenal lebih dekat siswanya b. menciptakan suasana demokratis
c. menciptakan suasana kelas yang “cair” d. melakukan tindakan yang tidak disenangi siswa

 

  1. Kegiatan menangani surat-menyurat memerlukan besaran cahaya ……….
a. 50 foot candle b. 30 foot candle
c. 10 foot candle d. 5 foot candle

 

  1. Memilih warna untuk mencat dinding berpedoman pada warna yang memiliki daya pantul sebesar ……………..
a. 80 – 92% b. 40 – 60%
c. 26 – 44 % d. 21 – 39%

 

  1. Menguasai materi yang dipresentasikan merupakan salah satu usaha untuk membuat kesan yang baik yang berkaitan dengan  ……………..
a. percaya diri b. tidak dibuat-buat
c. bersikap empati d. menjaga kredibilitas

 

  1. 10.  Kegagalan dalam bernegosiasi karena mempunyai tujuan masing-masing merupakan penolakan usulan karena :
a. adanya perbedaan kepentingan b. adanya perbedaan pengetahuan
c. adanya kelemahan konsep d. adanya kelemahan negosiator

 

Kunci Jawaban Pilihan Ganda

No.

c Kunci Jawaban

JAWABAN PESERTA

K

BK

1.

a

b

2.

a

b

c

d

3.

a

b

c

d

4.

a

b

c

d

5.

a

b

c

d

6.

a

b

c

d

7.

a

b

c

d

8.

a

b

c

d

9.

a

b

c

d

10.

a

b

c

d

 

 

  1. KUNCI JAWABAN  Essay.

Kunci Jawaban Soal Essay

NO

Kunci Jawaban Soal Essay

Jawaban Peserta

K

BK

  1. Ada dua faktor yang mempengaruhi belajar. Sebutkan dan jelaskan kedua faktor tersebut.
Jawab:

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar ada dua faktor utama, yaitu:

  1. Faktor Internal Individu Peserta Pelatihan

1)       Kemampuan peserta pelatihan dalam menyerap materi pelatihan

2)       Motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikhis

3)       Waktu yang tersedia

  1. Kualitas Pengajaran

1)     Kualitas Instruktur

a)     Kemampuan mentransfer memberikan kontribusi keberhasilan belajar 32,43 %

b)     Penguasaan materi pembelajaran memberikan kontribusi 32,58 %

c)      Sikap instruktur meberikan kontribusi 8,6 %.

2)     Banyaknya Peserta Pelatihan

Rasio yang digunakan dalam pelatihan antara instruktur dan peserta pelatihan:

a)     1 : 16 untuk penyampaian materi di kelas (teori)

b)     2 : 16 untuk pembelajaran praktik.

3)     Suasana Belajar

Suasana belajar yang dimokratis akan memberi peluang mencapai hasil belajar yang optimal dibandingkan dengan suasana belajar yang kaku, disiplin ketat. Suasana belajar yang demokratis memberikan kebebasan peserta belajar, mengajukan pendapat, berdialog dengan instruktur dan teman sekelas.

4)     Fasilitas dan Sumber Belajar yang Tersedia

Sering ditemukan bahwa instruktur merupakan satu-satunya sumber belajar di kelas. Situasi ini kurang menunjang kualitas pengajaran sehingga hasil belajar kurang dicapai secara optimal. Jadi, harus disediakan sumber belajar yang lain seperti buku, alat peraga, dll.

   
Peserta pelatihan harus dibuat siap untuk diajak dalam suasana pembelajaran yang terjadi interaksi antara instruktur dan peserta pelatihan, juga sesama peserta pelatihan. Untuk itu, setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan instruktur. Sebutkan dan jelaskan keempat hal tersebut

Jawab:

Yang dilakukan instruktur untuk menyiapkan peserta pelatihan:

  1. Mengenal dengan dekat peserta pelatihan secara individual
  2. Menciptakan suasana yang demokratis dalam kelas:

1)     Peserta pelatihan diberi kesempatan menyampaikan pendapat karena memiliki:

a)   Sifat ingin diperlakukan secara dewasa

b)   Sifat ingin sukses

c)    Kemampuan mengevaluasi

d)   Sifat ingin bersaing.

2)     Peserta pelatihan bisa beradu pendapat dengan sesama teman

3)     Peserta pelatihan diberi kesempatan berinovasi dan berkreasi

  1. Menciptakan suasana kelas yang ”cair” (tidak kaku karena disiplin yang ketat)
  2. Membuat peserta pelatihan dalam melaksanakan tugas dengan tenang dan leluasa karena tidak dihantui takut berbuat salah
  3. Menghindari hal-hal yang tidak disenangi peserta pelatihan.

 

   

 

 

 

BAB III

KUNCI JAWABAN PRAKTIK

 

  1. Tugas Praktik I  Menganalisis Lingkungan Pembelajaran
  2. Nama Tugas I
: Mengidentifikasi Lingkungan Pembelajaran
  1. Waktu Penyelesain Tugas I
: 90 menit
  1. Tujuan Pelatihan
:  
Setelah menyelesaikan tugas mengidentifikasi lingkungan pembelajaran peserta mampu:
1)    Mengidentifikasi unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran.
2)    Mengidentifikasi unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran berdasarkan kebutuhan materi yang akan diajarkan.
 
  1. Daftar Alat/Mesin dan Bahan :

NO.

NAMA BARANG

SPESIFIKASI

KETERANGAN

A. ALAT    

1.

Lap top Window XP, Word min. 2003 Untuk presentasi hasil

2.

Infocus/LCD Projector Ada menu ’freeze’ Untuk presentasi hasil

3.

Laptop + flash disk Aplikasi cepat Setiap kelompok

4.

Printer Cartridge atau laser Untuk satu kelas

5.

Pelubang kertas   Setiap kelompok

6.

Penjepret kertas/hecter 10 dan 24 Setiap kelompok

7.

Penjepit kertas Kecil, sedang Kecil: untuk menjepit hasil kerja kelompok

Sedang: untuk menjepit hasil kerja siswa kelas

     
B. BAHAN    

1.

Tinta printer Sesuai dengan printer Untuk memprint hasil kerja siswa

2.

Program pelatihan terkait    

3.

Modul Terkait    

4.

Rencana Jam Pembinaan    

5.

Kerta HVS A4  

6.

Staples 10 dan 24  

7.

     

 

 

  1. Indikator Unjuk Kerja (IUK):

1)    Mampu mengidentifikasi unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran

2)    Mampu membuat tabel guna mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran

3)    Mampu mengidentifikasi unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran berdasarkan materi yang akan diajarkan

  1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu dilakukan pada waktu melakukan praktik kerja ini adalah :

1)    Bertindak berdasarkan sikap kerja yang sudah ditetapkan sehingga diperoleh hasil seperti yang diharapkan, jangan sampai terjadi kesalahan karena ketidaktelitian dan tidak taat asas.

2)    Waktu menggunakan komputer, printer, dan alat lainnya mengikuti petunjuknya masing-masing yang sudah ditetapkan.

  1. Standar Kinerja

1)    Dikerjakan selesai tepat waktu, waktu yang digunakan tidak lebih dari yang ditetapkan.

2)    Toleransi kesalahan 5% dari hasil yang harus dicapai, tetapi bukan pada kesalahan kegiatan aspek kritis.

  1. Instruksi Kerja

1)    Siapkan materi pelatihan yang akan diajarkan.

2)    Identifikasi unsur-unsur dalam ruang lingkup pembelajaran.

3)    Peroleh kelas/grup mana yang akan diajar.

4)    Buat tabel untuk mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

5)    Masukkan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran dari kelas yang mau diajar ke dalam tabel.

6)    Isi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

7)    Ketik hasil identifikasi dengan menggunakan komputer.

8)    Print-out hasil ketikan.

9)    Bubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

  1. Langkah Kerja

1)    Menyiapkan materi pelatihan yang akan diajarkan.

2)    Mengidentifikasi unsur-unsur dalam ruang lingkup pembelajaran.

3)    Memperoleh kelas/grup mana yang akan diajar.

4)    Membuat tabel untuk mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

5)    Memasukkan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran dari kelas yang mau diajar ke dalam tabel.

6)    Mengisi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

7)    Mengetik hasil identifikasi dengan menggunakan komputer.

8)    Memprint-out hasil ketikan.

9)    Membubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

 

  1. Daftar Cek Unjuk Kerja Tugas B

NO

DAFTAR TUGAS/INSTRUKSI

POIN YANG DICEK

PENCAPAIAN

PENILAIAN

YA

TIDAK

K

BK

1.

Siapkan materi pelatihan yang akan diajarkan.

Unit kompetensi yang akan diajarkan

2.

Identifikasi unsur-unsur dalam ruang lingkup pembelajaran.

Ruang lingkup pembelajaran

3.

Peroleh kelas/grup mana yang akan diajar.

Jadwal pelajaran

4.

Buat tabel untuk mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

Tabel mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran

5.

Masukkan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran dari kelas yang mau diajar ke dalam tabel.

Unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran

6.

Isi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

Pedoman mengisi tabel

7.

Ketik hasil identifikasi dengan menggunakan komputer.

Tabel hasil mengidentifikasi

8.

Print-out hasil ketikan.

Prosedur memprint-out

9.

Bubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran

Kolom tanda tangan instruktur penyusun

 

Apakah semua instruksi kerja tugas praktik mengidentifikasi lingkungan pembelaajran dilaksanakan dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 


  1. Tugas Praktik II MERANCANG LINGKUNGAN PEMBELAJARAN
  2. Nama Tugas II
: Menganalisis Ruang Lingkup Pembelajaran
  1. Waktu Penyelesain Tugas II
: 90 menit
  1. Tujuan Pelatihan
:  
Setelah menyelesaikan tugas menganalisis ruang lingkup pembelajaran peserta mampu:
1)    Mengidentifikasi karakteristik peserta pelatihan.
2)    Mengidentifikasi kualitas instruktur yang akan mengajar
3)    Mengidentifikasi spesifikasi ruangan belajar yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.
4)    Mengidentifikasi spesifikasi peralatan pelatihan yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

 

  1. Daftar Alat/Mesin dan Bahan :

NO.

NAMA BARANG

SPESIFIKASI

KETERANGAN

A. ALAT    

1.

Peralatan praktik terkait    

2.

Ruangan teori dan praktik Ruangan teori ber-AC dan tidak ber-AC Untuk praktik suhu udara

3.

Kap lampu Setengah langsung, setengah tak langsung, tak langsung Untuk praktik macam-macam pencahayaan

4.

Perlengkapan K3 Kebutuhan standar bengkel Untuk praktik penyiapan bengkel

5.

Printer  Laser Untuk satu kelas

6.

Penjepret kertas/hecter 10 dan 24 Setiap kelompok

     
B. BAHAN    

1.

Bahan kelengkapan peralatan praktik terkait    

2.

Lampu Pijar dan putih susu  

3.

Tinta printer Sesuai dengan printer Untuk memprint hasil kerja siswa

4.

Daftar Riwayat Hidup peserta    

5.

Kerta HVS A4  

7.

Staples 10 dan 24  

 

  1. Indikator Unjuk Kerja (IUK):

1)    Mengidentifikasi karakteristik peserta pelatihan

2)    Mengidentifikasi kualitas instruktur yang akan mengajar

3)    Mengidentifikasi spesifikasi ruangan belajar yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran

4)    Mengidentifikasi spesifikasi peralatan pelatihan yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran

  1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu dilakukan pada waktu melakukan praktik kerja ini adalah :

1)    Bertindak berdasarkan sikap kerja yang sudah ditetapkan sehingga diperoleh hasil seperti yang diharapkan, jangan sampai terjadi kesalahan karena ketidaktelitian dan tidak taat asas.

2)    Mengikuti pedoman penggunaan alat/komputer/printer.

  1. Standar Kinerja

1)    Dikerjakan selesai tepat waktu, waktu yang digunakan tidak lebih dari yang ditetapkan.

2)    Toleransi kesalahan 5% dari hasil yang harus dicapai, tetapi bukan pada kesalahan kegiatan aspek kritis.

  1. Instruksi Kerja

1)    Siapkan tabel hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

2)    Catat karakteristik peserta pelatihan satu per satu berdasarkan daftar riwayat hidup dan perolehan nilai dari ijazahnya.

3)    Kelompokkan peserta berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat/jenis pendidikan, berasal dari daerah mana, status, pengalaman kerja, status sosial, dan kemampuan daya tangkapnya berdasarkan nilai rata-rata ijazah.

4)    Catat spesifikasi ruangan teori berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

5)    Catat spesifikasi media pembelajaran berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

6)    Catat spesifikasi ruangan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

7)    Catat spesifikasi bahan pelatihan teori dan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

8)    Buat rekapitulasi berdasarkan catatan hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

9)    Ketik di komputer rekapitulasi yang sudah dibuat.

10) Print-out hasil ketikan komputer.

11) Bubuhkan tanda tangan sebagai pihak penyusun identifikasi ruang lingku pembelajaran.

  1. Langkah Kerja

1)    Menyiapkan tabel hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

2)    Mencatat karakteristik peserta pelatihan satu per satu berdasarkan daftar riwayat hidup dan perolehan nilai dari ijazahnya.

3)    Mengelompokkan peserta berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat/jenis pendidikan, berasal dari daerah mana, status, pengalaman kerja, status sosial, dan kemampuan daya tangkapnya berdasarkan nilai rata-rata ijazah.

4)    Mencatat spesifikasi ruangan teori berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

5)    Mencatat spesifikasi media pembelajaran berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

6)    Mencatat spesifikasi ruangan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

7)    Mencatat spesifikasi bahan pelatihan teori dan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

8)    Membuat rekapitulasi berdasarkan catatan hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

9)    Mengetik di komputer rekapitulasi yang sudah dibuat.

10) Mem-print out hasil ketikan komputer.

11) Membubuhkan tanda tangan sebagai pihak penyusun identifikasi ruang lingku pembelajaran.

 

  1. Daftar Cek Unjuk Kerja Tugas II

NO

DAFTAR TUGAS/INSTRUKSI

POIN YANG DICEK

PENCAPAIAN

PENILAIAN

YA

TIDAK

K

BK

1.

Siapkan tabel hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.
  • Tabel hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran

2.

Catat karakteristik peserta pelatihan satu per satu berdasarkan daftar riwayat hidup dan perolehan nilai dari ijazahnya.
  • Daftar siswa,
  • riwayat hidup siswa,
  • daftar nilai ijazah siswa

3.

Kelompokkan peserta berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat/jenis pendidikan, berasal dari daerah mana, status, pengalaman kerja, status sosial, dan kemampuan daya tangkapnya berdasarkan nilai rata-rata ijazah.
  • Perbedaan individu,
  • tipe siswa,
  • daya tangkap siswa

4.

Catat spesifikasi ruangan teori berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.
  • Banyaknya siswa,
  • materi yang diajarkan,
  • persyaratan ruangan

5.

Catat spesifikasi media pembelajaran berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.
  • Materi yang diajarkan,
  • pedoman mengguna-kan media pembela-jaran

6.

Catat spesifikasi ruangan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.
  • Banyaknya siswa,
  • materi yang diajarkan,
  • persyaratan ruangan

7.

Catat spesifikasi bahan pelatihan teori dan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.
  • Banyaknya siswa,
  • materi yang diajarkan
  • pedoman menghitung bahan pelatihan

8.

Buat rekapitulasi berdasarkan catatan hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.
  • Kesesuaian tabel dengan hasil catatat

9.

Ketik di komputer rekapitulasi yang sudah dibuat.
  • Hasil rekapitulasi

10.

Print-out hasil ketikan komputer.
  • Kesesuaian dengan hasil rekapitulasi
  • Pedoman print out

11.

Bubuhkan tanda tangan sebagai pihak penyusun identifikasi ruang lingkup pembelajaran
  • Nama penyusun
  • Kolom tanda tangan

 

 

Apakah semua instruksi kerja tugas praktik menganalisis ruang lingkup pembelajaran dilaksanakan dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. .TUGAS PRAKTIK3: MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF

  1. Nama Tugas 3
: Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif
  1. Waktu Penyelesain Tugas IV
: 90 menit
  1. Tujuan Pelatihan
:  
Setelah menyelesaikan tugas menentukan kebutuhan pelatihan daerah sesuai dengan analisis kebutuhan dan sumber daya yang tersedia peserta mampu:
1)    Mengondisikan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran berdasarkan asas-asas psikologi belajar.
2)    Menata ruangan sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran.

 

  1. Daftar Alat/Mesin dan Bahan:

NO.

NAMA BARANG

SPESIFIKASI

KETERANGAN

A. ALAT    

1.

Laptop + flash disk Aplikasi cepat Setiap kelompok

2.

Printer    

3.

Ruang teori dan praktik    

4.

Peralatan praktik    
B. BAHAN    

1.

Tinta printer Sesuai dengan printer Untuk memprint hasil kerja siswa

2.

Daftar Nilai Peserta   Hasil skoring

3.

Rencana perancangan lingkungan pembelajaran    

4.

Pedoman warna dan pencahayaan Tabel daftar warna dan pantulan cahaya  

5.

Denah ruang teori dan praktik    

6.

Kerta HVS A4  

7.

Staples 10 dan 24  

 

  1. Indikator Unjuk Kerja (IUK):

1)    Mampu mengondisikan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran berdasarkan asas-asas psikologi belajar.

2)    Mampu menata ruangan sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran.

  1. Keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu dilakukan pada waktu melakukan praktik kerja ini adalah :

1)    Bertindak berdasarkan sikap kerja yang telah digariskan

2)    Ikuti petunjuk penggunaan komputer dan kalkulator

3)    Ikuti pedoman tata letak ruang teori dan bengkel.

  1. Standar Kinerja

1)    Dikerjakan selesai tepat waktu, waktu yang digunakan tidak lebih dari yang ditetapkan.

2)    Toleransi kesalahan 5% dari hasil yang harus dicapai, tetapi bukan pada kesa-lahan aspek kritis.

  1. Instruksi Kerja

1)    Siapkan rencana perancangan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif hasil rekapitulasi.

2)    Kondisikan peserta pelatihan berdasarkan hasil perancangan.

3)    Kondisikan instruktur berdasarkan hasil perancangan.

4)    Kondisikan ruangan teori berdasarkan hasil perancangan.

5)    Kondisikan ruangan praktik berdasarkan hasil perancangan.

6)    Kondisikan peralatan pelatihan berdasarkan hasil perancangan.

7)    Kondisikan bahan pelatihan berdasarkan hasil perancangan.

  1. Langkah Kerja

1)    Menyiapkan rencana perancangan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif hasil rekapitulasi.

2)    Mengondisikan peserta pelatihan berdasarkan hasil perancangan.

3)    Mengondisikan instruktur berdasarkan hasil perancangan.

4)    Mengondisikan ruangan teori berdasarkan hasil perancangan.

5)    Mengondisikan ruangan praktik berdasarkan hasil perancangan.

6)    Mengondisikan peralatan pelatihan berdasarkan hasil perancangan.

7)    Mengondisikan bahan pelatihan berdasarkan hasil perancangan.

 

  1. Daftar Cek Unjuk Kerja Tugas IV

NO

DAFTAR TUGAS/INSTRUKSI

POIN YANG DICEK

PENCAPAIAN

PENILAIAN

YA

TIDAK

K

BK

1.

Siapkan rencana perancangan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif hasil rekapitulasi. Rencana perancangan hasil rekapitulasi

2.

Kondisikan peserta pelatihan berdasarkan hasil perancangan. Pedoman kesiapan peserta pelatihan

3.

Kondisikan instruktur berdasarkan hasil perancangan. Pedoman kesiapan instruktur

4.

Kondisikan ruangan teori berdasarkan hasil perancangan. Pedoman kesiapan ruangan teori

5.

Kondisikan ruangan praktik berdasarkan hasil perancangan. Pedoman kesiapan ruang praktik

6.

Kondisikan peralatan pelatihan berdasarkan hasil perancangan. Pedoman kesiapan peralatan pelatihan

7.

Kondisikan bahan pelatihan berdasarkan hasil perancangan Pedoman kesiapan bahan pelatihan

 

Apakah semua instruksi kerja tugas praktik menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif sesuai dengan asas-asas psikologi belajar telah dilaksanakan dengan benar  dan dalam waktu yang telah ditentukan?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

 

 

 (Lembar Penilaian Keterampilan)

Tugas Unjuk Kerja Merancang dan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif

  1. Waktu                        : 180 Menit
  2. Alat                           : lap top, printer, hechmachine, kalkulator, penjepit kertas,

Ruang teori/praktik, perlengkapan alat praktik, kap lampu

  1. Bahan                        : program pelatihan, modul pelatihan, tabel-tabel, rencana

jam pembinaan/jadwal pelatihan,kertas HVS A4, penjepit

kertas, klip, staples, tinta printer. pensil, sign pen biru.

  1. Indikator Unjuk Kerja  :

a)   Mampu mengidentifikasi lingkungan pembelajaran.

b)   Mampu menganalisis ruang lingkup pembelajaran.

c)    Mampu merancang lingkungan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran.

d)   Mampu menata ruangan sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran.

e)   Mampu mempresentasikan hasil penerapan lingkungan pembelajaran kepada pihak-pihak terkait.

f)    Mampu melakukan negosiasi dengan pihak terkait untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif sesuai dengan asas-asas psikologi belajar.

  1. Standar Kinerja

a)   Selesai dikerjakan tidak melebihi waktu yang telah ditetapkan.

b)   Toleransi kesalahan 5% (lima persen), tetapi tidak pada aspek kritis.

  1. Instruksi Kerja

a)   Siapkan program pelatihan, materi yang akan diajarkan, dan jadwal pelatihan.

b)   Dapatkan data daftar riwayat hidup peserta pelatihan

c)    Identifikasi ruang lingkup pembelajaran berdasarkan grup pelatihan dan daftar riwayat hidup peserta pelatihan.

d)   Buat tabel untuk hasil identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

e)   Isi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

f)    Bubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

g)   Catat karakteristik peserta pelatihan satu per satu berdasarkan daftar riwayat hidup dan perolehan nilai dari ijazahnya.

h)   Kelompokkan peserta berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat/jenis pendidikan, berasal dari daerah mana, status, pengalaman kerja, status sosial, dan kemampuan daya tangkapnya berdasarkan nilai rata-rata ijazah.

i)     Catat spesifikasi ruangan teori berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

j)    Catat spesifikasi media pembelajaran berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

k)   Catat spesifikasi ruangan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

l)     Catat spesifikasi bahan pelatihan teori dan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

m)  Buat rekapitulasi berdasarkan catatan hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

n)   Bubuhkan tanda tangan sebagai pihak penyusun identifikasi ruang lingku pembelajaran.

  • o)   Buat rencana menciptakan lingkungan kondusif setiap unsur ruang lingkup pembelajaran (peserta pelatihan, ruangan teori dan praktik, peralatan pelatihan, dan bahan pelatihan).

p)   Tandai mana yang sudah sesuai dan mana yang belum sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran.

q)   Tetapkan rancangan yang sudah sesuai.

r)    Kondisikan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran sesuai dengan hasil perancangan.

s)    Tuangkan rencana perancangan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif ke dalam program power point.

t)    Siapkan sarana presentasi.

u)   Hubungi pihak terkait untuk membahas hasil rancangan.

v)   Sampaikan hard copy rancangan kepada pihak terkait.

w)  Lakukan presentasi berdasarkan pedoman presentasi.

x)   Adakan diskusi sebagai media negosiasi.

y)   Catat hal-hal yang belum disetujui pihak terkait sebagai bahan perbaikan.

z)    Minta tanda tangan pihak terkait kalau rancangan yang dipresentasikan disetujui.

  1. Langkah Kerja

a)   Menyiapkan program pelatihan, materi yang akan diajarkan, dan jadwal pelatihan.

b)   Mendapatkan data daftar riwayat hidup peserta pelatihan

c)    Mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran berdasarkan grup pelatihan dan daftar riwayat hidup peserta pelatihan.

d)   Membuat tabel untuk hasil identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

e)   Mengisi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

f)    Membubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

g)   Mencatat karakteristik peserta pelatihan satu per satu berdasarkan daftar riwayat hidup dan perolehan nilai dari ijazahnya.

h)   Mengelompokkan peserta berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat/jenis pendidikan, berasal dari daerah mana, status, pengalaman kerja, status sosial, dan kemampuan daya tangkapnya berdasarkan nilai rata-rata ijazah.

i)     Mencatat spesifikasi ruangan teori berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

j)    Mencatat spesifikasi media pembelajaran berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

k)   Mencatat spesifikasi ruangan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

l)     Mencatat spesifikasi bahan pelatihan teori dan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

m)  Membuat rekapitulasi berdasarkan catatan hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

n)   Membubuhkan tanda tangan sebagai pihak penyusun identifikasi ruang lingku pembelajaran.

  • o)   Membuat rencana menciptakan lingkungan kondusif setiap unsur ruang lingkup pembelajaran (peserta pelatihan, ruangan teori dan praktik, peralatan pelatihan, dan bahan pelatihan).

p)   Menandai mana yang sudah sesuai dan mana yang belum sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran.

q)   Menetapkan rancangan yang sudah sesuai.

r)    Mengondisikan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran sesuai dengan hasil perancangan.

s)    Menuangkan rencana perancangan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif ke dalam program power point.

t)    MenySiapkan sarana presentasi.

u)   Menghubungi pihak terkait untuk membahas hasil rancangan.

v)   Menyampaikan hard copy rancangan kepada pihak terkait.

w)  Melakukan presentasi berdasarkan pedoman presentasi.

x)   Mengadakan diskusi sebagai media negosiasi.

y)   Mencatat hal-hal yang belum disetujui pihak terkait sebagai bahan perbaikan.

z)    Meminta tanda tangan pihak terkait kalau rancangan yang dipresentasikan disetujui.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CHECKLIST AKTIFITAS PRAKTEK / OBSERVASI

(INDIKATOR UNJUK KERJA SKILL / ATTITUDE)

 

NO UNIT                :  PLK.MP02.007.01

JUDUL UNIT :  Merancang dan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif

NAMA ASESI :  …………………………………………………………………………..

INDIKATOR

UNJUK KERJA

TUGAS

HAL-HAL YANG DIAMATI

PENILAIAN

K

BK

  1. Mampu mengidentifikasi lingkungan pembelajaran
1.1    Siapkan program pelatihan, materi yang akan diajarkan, dan jadwal pelatihan.

1.2    Dapatkan data daftar riwayat hidup peserta pelatihan

1.3    Identifikasi ruang lingkup pembelajaran berdasarkan grup pelatihan dan daftar riwayat hidup peserta pelatihan.

1.4    Buat tabel untuk hasil identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

1.5    Isi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

1.6    Bubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

  • Unit kompetensi yang akan diajarkan
  • Ruang lingkup pembelajaran
  • Jadwal pelajaran
  • Tabel mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran
  • Unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran
  • Pedoman mengisi tabel
  • Tabel hasil mengidentifikasi
  • Prosedur memprint-out
  • Kolom tanda tangan instruktur penyusun
  •  

 

 

  1. Mampu menganalisis lingkungan pembelajarfan
2.1    Catat karakteristik peserta pelatihan satu per satu berdasarkan daftar riwayat hidup dan perolehan nilai dari ijazahnya.

2.2    Kelompokkan peserta berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat/jenis pendidikan, berasal dari daerah mana, status, pengalaman kerja, status sosial, dan kemampuan daya tangkapnya berdasarkan nilai rata-rata ijazah.

2.3    Catat spesifikasi ruangan teori berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

 

 

 

2.4    Catat spesifikasi media pembelajaran berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

2.5    Catat spesifikasi ruangan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

2.6    Catat spesifikasi bahan pelatihan teori dan praktik berdasarkan kebutuhan banyaknya peserta pelatihan dan materi yang akan diajarkan.

2.7    Buat rekapitulasi berdasarkan catatan hasil mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

2.8    Bubuhkan tanda tangan sebagai pihak penyusun identifikasi ruang lingkup pembelajaran

  • Daftar siswa,
  • Riwayat hidup siswa,
  • Daftar nilai ijazah siswa
  • Tipe siswa,
  • Daya tangkap siswa
  • Materi yang diajarkan,
  • Persyaratan ruangan
  • Pedoman mengguna-kan media pembela-jaran
  • Materi yang diajarkan,
  • Persyaratan ruangan
  • Pedoman menghitung bahan pelatihan
  • Nama penyusun
  • Kolom tanda tangan

 

 

 

  1. Mampu merancang lingkungan pembelajaran yang tepat dan sesuai
3.1    Buat rencana menciptakan lingkungan kondusif setiap unsur ruang lingkup pembelajaran (peserta pelatihan, ruangan teori dan praktik, peralatan pelatihan, dan bahan pelatihan).
  • Hasil rekapitulasi yang sudah ditandatangani
  • Pedoman perancangan lingkungan pembelajaran yang kondusif
  • Rencana lingkungan yang kondusif
  • Rencana lingkungan yang kondusif

 

 

 

  1. Mampu menetapkan lingkungan pembelajaran.
4.1    Tandai mana yang sudah sesuai dan mana yang belum sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran

4.2    Tetapkan rancangan yang sudah sesuai

  • Kesesuaian dengan peserta pelatihan dan materi ajar
  • Hasil penandaan

 

 

 

  1. Mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif sesuai dengan asas-asas psikologi belajar
5.1    Siapkan rencana perancangan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif hasil rekapitulasi
  • Rencana perancangan hasil rekapitulasi

 

 

 

  1. Mampu mengondisikan lay out, tata ruang dan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran
6.1    Kondisikan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran sesuai dengan hasil perancangan

 

  • Pedoman kesiapan peserta pelatihan
  • Pedoman kesiapan instruktur
  • Pedoman kesiapan ruangan teori
  • Pedoman kesiapan ruang praktik

 

  • Pedoman kesiapan peralatan pelatihan
  • Pedoman kesiapan bahan pelatihan

 

 

  1. Menjelaskan parameter lingkungan pembelajaran yang kondusif sesuai dengan asas-asas psikologi belajar kepada pihak terkait
7.1    Tuangkan rencana perancangan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif ke dalam program power point.

7.2    Siapkan sarana presentasi.

7.3    Hubungi pihak terkait untuk membahas hasil rancangan.

7.4    Sampaikan hard copy rancangan kepada pihak terkait.

7.5    Lakukan presentasi berdasarkan pedoman presentasi

  • Rencana perancangan hasil rekapitulas
  • Pedoman power point
  • Isi rancangan
  • Kesesuaian dengan rancangan
  • Kesesuaian dengan rancangan
  • Kelengkapan presentasi
  • Mekanisme kerja
  • Hardcopy
  • Pihak terkait
  • Pedoman presentasi

 

 

  1. Meyakinkan pihak terkait tentang lingkungan pembelajaran yang kondusif sesuai dengan asas-asas psikologi belajar
8.1    Adakan diskusi sebagai media negosiasi.

8.2    Catat hal-hal yang belum disetujui pihak terkait sebagai bahan perbaikan.

8.3    Minta tanda tangan pihak terkait kalau rancangan yang dipresentasikan disetujui

  • Pedoman negosiasi
  • Item yang belum disetujui
  • Format tanda tangan
  • Pihak terkait

 

 

 

 

Catatan :

 

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

Tanda Tangan Perserta Pelatihan :  ………………………….

 

 

Tanda Tangan Instruktur                       :  …………………………..

 

 

 

 

 


 

  1. Tugas Praktik Menganalisis Lingkungan Pembelajaran
  2. Nama Tugas I
: Mengidentifikasi Lingkungan Pembelajaran
  1. Waktu Penyelesain Tugas I
: 90 menit
  1. Tujuan Pelatihan
:  
Setelah menyelesaikan tugas mengidentifikasi lingkungan pembelajaran peserta mampu:
3)    Mengidentifikasi unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran.
4)    Mengidentifikasi unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran berdasarkan kebutuhan materi yang akan diajarkan.
 
  1. Daftar Alat/Mesin dan Bahan :

NO.

NAMA BARANG

SPESIFIKASI

KETERANGAN

A. ALAT    

1.

Lap top Window XP, Word min. 2003 Untuk presentasi hasil

2.

Infocus/LCD Projector Ada menu ’freeze’ Untuk presentasi hasil

3.

Laptop + flash disk Aplikasi cepat Setiap kelompok

4.

Printer Cartridge atau laser Untuk satu kelas

5.

Pelubang kertas   Setiap kelompok

6.

Penjepret kertas/hecter 10 dan 24 Setiap kelompok

7.

Penjepit kertas Kecil, sedang Kecil: untuk menjepit hasil kerja kelompok

Sedang: untuk menjepit hasil kerja siswa kelas

     
B. BAHAN    

1.

Tinta printer Sesuai dengan printer Untuk memprint hasil kerja siswa

2.

Program pelatihan terkait    

3.

Modul Terkait    

4.

Rencana Jam Pembinaan    

5.

Kerta HVS A4  

6.

Staples 10 dan 24  

7.

     

 

 

  1. Indikator Unjuk Kerja (IUK):

4)    Mampu mengidentifikasi unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran

5)    Mampu membuat tabel guna mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran

6)    Mampu mengidentifikasi unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran berdasarkan materi yang akan diajarkan

  1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu dilakukan pada waktu melakukan praktik kerja ini adalah :

1)    Bertindak berdasarkan sikap kerja yang sudah ditetapkan sehingga diperoleh hasil seperti yang diharapkan, jangan sampai terjadi kesalahan karena ketidaktelitian dan tidak taat asas.

2)    Waktu menggunakan komputer, printer, dan alat lainnya mengikuti petunjuknya masing-masing yang sudah ditetapkan.

  1. Standar Kinerja

1)    Dikerjakan selesai tepat waktu, waktu yang digunakan tidak lebih dari yang ditetapkan.

2)    Toleransi kesalahan 5% dari hasil yang harus dicapai, tetapi bukan pada kesalahan kegiatan aspek kritis.

  1. Instruksi Kerja

1)    Siapkan materi pelatihan yang akan diajarkan.

2)    Identifikasi unsur-unsur dalam ruang lingkup pembelajaran.

3)    Peroleh kelas/grup mana yang akan diajar.

4)    Buat tabel untuk mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

5)    Masukkan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran dari kelas yang mau diajar ke dalam tabel.

6)    Isi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

7)    Ketik hasil identifikasi dengan menggunakan komputer.

8)    Print-out hasil ketikan.

9)    Bubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

  1. Langkah Kerja

1)    Menyiapkan materi pelatihan yang akan diajarkan.

2)    Mengidentifikasi unsur-unsur dalam ruang lingkup pembelajaran.

3)    Memperoleh kelas/grup mana yang akan diajar.

4)    Membuat tabel untuk mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

5)    Memasukkan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran dari kelas yang mau diajar ke dalam tabel.

6)    Mengisi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

7)    Mengetik hasil identifikasi dengan menggunakan komputer.

8)    Memprint-out hasil ketikan.

9)    Membubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran.

 


  1. Daftar Cek Unjuk Kerja Tugas B

NO

DAFTAR TUGAS/INSTRUKSI

POIN YANG DICEK

PENCAPAIAN

PENILAIAN

YA

TIDAK

K

BK

1.

Siapkan materi pelatihan yang akan diajarkan.

Unit kompetensi yang akan diajarkan

2.

Identifikasi unsur-unsur dalam ruang lingkup pembelajaran.

Ruang lingkup pembelajaran

3.

Peroleh kelas/grup mana yang akan diajar.

Jadwal pelajaran

4.

Buat tabel untuk mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran.

Tabel mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran

5.

Masukkan unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran dari kelas yang mau diajar ke dalam tabel.

Unsur-unsur ruang lingkup pembelajaran

6.

Isi kolom-kolom tabel berdasarkan kondisi kelas yang akan diajar dan fakta di lapangan termasuk sumber-sumber terkait.

Pedoman mengisi tabel

7.

Ketik hasil identifikasi dengan menggunakan komputer.

Tabel hasil mengidentifikasi

8.

Print-out hasil ketikan.

Prosedur memprint-out

9.

Bubuhkan tanda tangan sebagai instruktur yang melakukan identifikasi ruang lingkup pembelajaran

Kolom tanda tangan instruktur penyusun

 

Apakah semua instruksi kerja tugas praktik mengidentifikasi lingkungan pembelaajran dilaksanakan dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 


BAB IV

PENILAIAN SIKAP KERJA

CEK LIS PENILAIAN SIKAP KERJA

Merancang dan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif

INDIKATOR UNJUK KERJA

NO. KUK

K

BK

KETERANGAN

  1. Harus bertindak cermat,teliti,

1.1

     
  1. Harus bertindak cermat,teliti, berpikir analitis, sintesis. evaluatif, dan taat asas

1.2

     
  1. Harus bertindak cermat,teliti, dan kreatif

2.1

     
  1. Harus bertindak cermat,teliti, dan kreatif

2.2

     
  1. Harus bertindak cermat,teliti, kreatif, dan taat asas

3.1

     
  1. Harus bertindak cermat,teliti, kreatif dan taat asas

3.2

     
  1. Harus bertindak cermat,teliti, kreatif,  taat asas, berpikir teratur, komunikatif

4.1

     
  1. Harus bertindak sopan, komunikatif, lugas, berpikir teratur, dan cermat

4.2

     

 

Catatan :

 

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

Tanda Tangan Peserta Pelatihan   :  ………………………….

 

 

Tanda Tangan Penilai/Instruktur   :  …………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

CEK LIS PENILAIAN PENGETAHUAN

NO. KUK

NO. SOAL

KUNCI JAWABAN

JAWABAN PESERTA

KETERANGAN

K

BK

Isian

   

 

A.1.

Buatan manusia  

 

A.2.

Lingkungan intelektual  

 

A.3.

Instruktur  

 

A.4.

Perangkat lunak  

 

A.5.

Psikologi  

 

A.6.

Persepsi indera  

 

A.7.

Tipe peserta pelatihan  

 

A.8.

Ketekunan  

 

A.9.

Ergonomi  

 

A.10.

Kompetensi profesi  

 

B-S

   

 

B.1.

B

 

 

B.2.

B

 

 

B.3.

S

 

 

B.4.

S

 

 

B.5.

B

 

 

B.6.

B

 

 

B.7.

S

 

 

B.8.

S

 

 

B.9.

S

 

 

B.10.

B

 

 

PG

   

 

C.1.

b

 

 

C.2.

a

 

 

C.3.

a

 

 

C.4.

c

 

 

C.5.

d

 

 

C.6.

d

 

 

C.7.

b

 

 

C.8.

b

 

 

C.9.

d

 

 

C.10.

a

 

 

 

 

 

Testimoni

artikel lainnya Merancang Dan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Kondusif PLK.MP02.007.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Wednesday 25 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR MULTIMEDIA       MENULIS ATAU MENYALIN ISI…

Wednesday 22 October 2014 | blog

 INSTRUMEN SUPERVISI STANDARISASI PENILAIAN HASIL BELAJAR BAGI PENDIDIK & SATUAN PENDIDIKAN (SD/SMP/SMA) Penilaian Dokumen GURU oleh…

Wednesday 29 April 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI           MENGOPERASIKAN…

Wednesday 4 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR JARINGAN KOMPUTER DAN SISTEM ADMINISTRASI     MENGKONFIGURASI…