Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Menulis Program Lanjut TIK.PR02.006.01

Apr
28
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

 

 

 

MENULIS PROGRAM LANJUT

TIK.PR02.006.01

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI                                                                                                  Hal

 

BAB I       STANDAR KOMPETENSI                                                                     2

1.1   Unit Kompetensi Yang Dipelajari                                                3

1.1.1  Kode dan Judul Unit                                                        3

1.1.2  Deskripsi Unit                                                                3

1.1.3  Elemen Kompetensi                                                        4

1.1.4  Batasan Variabel                                                             5

1.1.5  Panduan Penilaian                                                          5

1.1.6  Kompetensi Kunci                                                           7

 

BAB II     TAHAPAN BELAJAR                                                                         8

 

BAB III    TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA                                                     11

3.1 Tugas Teori                                                                                 11

3.2 Tugas Unjuk Kerja                                                                        16

3.3  Daftar Cek Unjuk Kerja                                                                17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

 

 

1.1        Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat:

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan criteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

1.1.1   Kode dan Judul Unit

Kode Unit     : TIK.PR02.006.01

Judul Unit     : Menulis Program Lanjut

 

1.1.2   Deskripsi Unit

Unit ini menentukan kompetensi yang diperlukan untuk menulis  program dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Penulisan program merupakan penerapan hasil perancangan program. Informasi hasil perancangan program dalam bentuk diagram dan deskripsi. Programer dapat menulis program berdasarkan hasil perancangan program, tanpa mengalami kesulitan dalam menterjemahkan dan memahami alur proses dari spesifikasi program tersebut.Untuk tingkat lanjut ini dibatasai untuk dapat menuliskan program kedalam bahasa pemrograman tertentu dengan memasukan kualitas program dapat menangani kompleksitas program

 

 

 

 

1.1.3   Elemen Kompetensi

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01  Menerapkan kualitas program 1.1   Parameter kualitas program sesuai standar kualitas yang dipakai

 

1.2         Kompleksitas dari program sesuai dengan   standar kualitas yang dipakai

 

 

02 Menulis program 2.1   Program ditulis sesuai dengan desain modul   yang sudah dibuat dan aspek kualitas dipenuhi

 

2.2      Program ditulis mengikuti standar bahasa pemrograman yang telah ditentukan

 

 

2.3   Penanganan kesalahan program dimasukan   dalam penulisan kode program. Kode program yang ditulis dapat menampilkan      kesalahan kode program tanpa menyebabkan         program menjadi tak jalan

 

 

03 Mengkompilasi program 3.1   Program dikompilasi dengan benar. Kesalahan kompilasi akan ditunjukkan oleh kompiler.   Kesalahan yang timbul dibetulkan sesuai dengan jenis kesalahannya

 

3.2   Program bebas dari kesalahan dan dapat di running

 

 

 

 

1.1.4   Batasan Variabel

Batasan variabel unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:

  1. Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Menulis program lanjut bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

1.1.5   Panduan Penilaian

Panduan penilaian terdiri dari:

  1. Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk mendemontrasikan kompetensi, diperlukan bukti keterampilan dan pengetahuan dibidang berikut  ini:

1.1     Pengetahuan dasar yang dibutuhkan:

1.1.1    Memahami algoritma pemrograman.

1.1.2    Memahami struktur data

1.1.3    Memahami spesifikasi program.

1.1.4    Membuat program dengan bahasa terstruktur

 

1.2       Keterampilan Dasar

1.2.1                  Mengoperasikan sistem computer

1.2.2                  Mengoperasikan bahasa pemrograman

 

  1. Konteks penilaian

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau tempat lain secara teori dan praktek dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

  1. Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan

3.1   Kemampuan mengidentifikasi kualitas program sesuai standar yang digunakan.

3.2     Kemampuan mengkompilasi program dengan benar sehingga program dapat berjalan dengan baik.

3.3     Melaporkan kinerja program.

 

  1. Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1   Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar teknologi informasi:

4.1.1 TIK.PR02.004.01 Menggunakan Spesifikasi Program

4.1.2 TIK.PR02.005.01 Menulis program dasar

4.1.3 TIK.PR02.008.01 Mengoperasikan bahasa pemrograman terstruktur

 

4.2  Unit ini juga mendukung kinerja dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan:

4.2.1 Pengujian program

4.2.2 Mengkonfigurasikan program

 

4.3     Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu        dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian        konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sekor tertentu. Batasan     variable akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

1.1.6   Kompetensi Kunci

NO KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

1

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

3

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  1. Penyajian bahan, pengajaran dan peserta harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengerti dan memahami konsep pemrograman C
  4. Peserta mengetahui, mengerti dan menguasai bahasa C
  5. Peserta  belajar mengembangkan dan mengaplikasikan pengetahuan dasar yang dimiliki kedalam proses yang lebih kompleks.
  6. Peserta mempelajari fungsi-fungsi lanjut untuk mempermudah pemrograman dan untuk menyelesaikan aplikasi yang lebih kompleks.

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

 

 

 

 

 

 

 

Parameter kualitas program sesuai standar kualitas yang dipakai Memahami konsep dasar pemrograman C
  • Memahami teori dasar pemrograman C

 

  • Membaca referensi atau manual dari buku atau internet
  • Buku C Programming
 

  • Internet

 

 

 

 

 

1.2

 

 

 

 

 

Kompleksitas dari program sesuai dengan standar kualitas yang dipakai Memahami kelebihan dan kekurangan pemrograman dengan menggunakan bahasa C
  • Mempelajari sejarah bahasa C dari buku dan internet

 

  • Buku C Programming

 

  • Internet
2.1 Program ditulis sesuai dengan desain modul yang sudah dibuat dan aspek kualitas dipenuhi Cara-cara untuk menulis kode pemrograman berdasarkan cara pemecahan logika progam
  • Memahami cara-cara penulisan logika program dengan metode loop, while, dll
  • Buku C Programming
 

  • Buku algoritma pemrograman

 

  • Internet
2.2 Program ditulis mengikuti standar bahasa pemrograman yang telah ditentukan Penulisan program dengan menggunakan logika loop, while
  • Menuliskan logika pemrograman
  • Buku C Programming
 

  • Internet

 

2.3 Penanganan kesalahan program dimasukan dalam penulisan kode program. Mengetahui cara penanganan error yang terjadi
  • Mencari informasi pendekatan terhadap error yang mana yang paling baik digunakan
  • Buku C Programming
 

  • Internet

 

  • Buku tentang debugging Error

 

3.1 Program dikompilasi dengan benar. Kesalahan kompilasi akan ditunjukkan oleh kompiler. Kesalahan yang timbul dibetulkan sesuai dengan jenis kesalahannya Mengetahui cara kompilasi program
  • Mencoba latihan kompilasi bahasa C
  • Buku C Programming
 

  • Berbagai referensi tentang kompiler C

 

  • Internet

 

3.2 Program bebas dari kesalahan dan dapat di running Menjalankan hasil kompilasi
  • Mencoba menjalankan hasil kompilasi
  • Mencari informasi tentang kompilasi dari buku referensi dan internet
  • Buku C Programming
  • Internet
 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

 

 

3.1        Tugas Teori (Bobot 2×25)

Bacalah soal-soal berikut dengan seksama dan kerjakanlah dengan tepat!

 

  1. Salah satu alasan mengapa bahasa pemrograman C sangat terkenal dalam penulisan program adalah: (KUK 1.1)
    1. Mampu menampilkan program dengan resolusi yang tinggi
    2. Memiliki portabilitas yang tinggi
    3. Memiliki kata kunci (keyword) yang sedikit
    4. Jawaban B & C benar

 

  1. Fungsi paling utama dan harus ada pada program C adalah fungsi: (KUK 1.1)
    1. Main()
    2. #include
    3. Printf
    4. Char

 

 

 

  1. Metode pengulangan (loop) yang akan terus melakukan looping hingga statement conditionalnya menjadi false disebut: (KUK 2.1)
    1. For Loop
    2. While Loop
    3. If Loop
    4. Jawaban A dan B benar

 

 

 

  1. Bila sebuah conditional ditambahkan dalam conditional sebelumnya maka jenis conditional ini disebut: (KUK 2.1)
    1. Looping
    2. If clause
    3. Nested conditional
    4. Symbolic constan

 

 

 

  1. C adalah bahasa pemrograman yang bersifat modular, artinya (KUK 1.1)
    1. Program C yang ditulis bisa di-kompile dan jalankan di platform lain
    2. Bahasa C bisa dikompile menjadi bahasa  pemrograman lain
    3. Program C ditulis dalam routine yang dipanggil dengan fungsi, dimana fungsi-fungsi  tersebut bisa digunakan kembali dalam program ataupun aplikasi lain
    4. C mempunyai kata kunci yang mudah dijalankan

 

  1. Fungsi untuk memastikan bahwa conditional statement tidak akan dijalankan, kecuali persyaratan dari conditional tersebut terpenuhi disebut fungsi: (KUK 2.1)
    1. Printf
    2. Break
    3. Main()
    4. Constan

 

 

 

  1. Proses merubah source code ke bahasa mesin sehingga bisa dieksekusi  atau dijalankan (KUK 2.1)
    1. a.    Compile
    2. b.    Execute
    3. c.    Loading
    4. d.    Function

 

 

 

  1. Bentuk perulangan (looping) di bawah ini disebut (KUK 2.1)
                        for (expression_1; expression_2; expression_3)

{

..fungsi untuk dijalankan…

}

 

  1. a.    For Loop
  2. b.    While Loop
  3. c.    For While Loop
  4. A dan C benar

 

 

  1. Syntax untuk mendefinisikan constant adalah (KUK 2.1)
    1. #include
    2. #define
    3. break
    4. library
    5. Salah  satu fleksibilitas yang diberikan oleh pointer adalah (KUK 2.1)
      1. Bisa mengalokasikan tempat di memori
      2. Bisa menggunakan fungsi-fungsi yang sudah ada
      3. Bisa melakukan manipulasi memori
      4. Jawaban A dan C benar

 

  1. Character array bisa ditampilkan dengan menggunakan fungsi (KUK 2.1)
    1. a.    Char
    2. b.    Float
    3. c.    Printf
    4. Point

 

 

 

  1. Syntax dasar array adalah: (KUK .1)
    1. Type nama[dim]
    2. #define name
    3. Void name()
    4. #include <>

 

  1. Perintah untuk melakukan kompilasi program adalah (KUK 3.1)
    1. cc nama file.c
    2. c nama file.cc
    3. cc nama file.out
    4. .out

 

 

 

  1. Untuk menentukan di lokasi memori mana suatu variable ditempatkan gunakan (KUK 2.1)
    1. Float
    2. Pointer
    3. Operator “&”
    4. Operator “||”

 

 

 

  1. Bila ingin memanggil fungsi dari file lain, gunakan perintah  (KUK 2.1)
    1. #include
    2. main
    3. nama fungsi()
    4. library

 

 

 

  1. Untuk membuat nama variable degree menjadi bernilai 360, syntax yang tepat adalah (KUK 2.1)
    1. #define degree 360;
    2. #define 360;
    3. #define degree for degree = 360;
    4. Jawaban A dan B benar

 

  1. Keunggulan bahasa C adalah memiliki keyword yang sedikit, maksudnya adalah  … (KUK 1.1)
    1. C memiliki kemampuan mengakses fungsi-fungsi dan perintah-perintah dasar bahasa mesin/hardware
    2. C bisa dikembangkan untuk berbagai platform
    3. Menulis program C menjadi lebih mudah karena tidak perlu banyak menghafalkan keyword
    4. A & C benar

 

  1. Dalam menguraikan logika, dikenal top down design, dimana komponen utama solusi disusun berurutan menjadi langkah penyelesaian dan dari situ dikembangkan detailnya satu per satu. Yang termasuk top down design adalah (KUK 2.1)
    1. Top down design dengan algoritma function
    2. Top down design dengan algoritma pengulangan (repetition)
    3. Top down design dengan algoritma sequence dan selection
    4. Semua jawaban benar

 

Perhatikan syntax di bawah ini untuk soal 19 & 20

Float x;

Float* px;

X = 6.5;

Px = &x;

 

  1. Perintah float x dimaksudkan untuk (KUK 2.1)
    1. Mendefinisikan variable x dengan type float
    2. Mendefinisikan variable x sebagai px
    3. Menset nilai x = px
    4. Menset nilai x = 6.5

 

  1. Perintah px = &x dimaksudkan untuk (KUK 2.1)
    1. Nilai px = nilai x
    2. Nilai px = 6.5
    3. Lokasi memori px = x
    4. Semua jawaban salah

 

 

 

  1. String dijalankan oleh pointer atau routines khusus yang tersedia dalam standard library, yaitu (KUK 2.1)
    1. Stdlib.h
    2. String.h
  2. Stdio.h
  3. Main()

 

 

 

  1. Bahasa pemrograman yang termasuk dalam kelompok Structured Programming Languange adalah (KUK 1.1)
    1. Pascal
    2. C++
    3. Fortran
    4. Jawaban A dan B benar

 

  1. Salah satu metode untuk mengatasi error adalah dengan melakukan debug, yang artinya (KUK 2.3)
    1. Meminta program C menjalankan perintah satu per satu dan akan terhenti pada penyebab error
    2. Menggunakan standard library C berupa fungsi signal() dan raise()
    3. Menggunakan fungsi GOTO
    4. Membuat global error condition flag

 

  1. Bahasa pemrograman C memecahkan fungsi-fungsi yang ada menjadi perbagian yang disebut (KUK 1.1)
    1. a.    Function
    2. b.    Subroutine
    3. c.    Main
    4. d.    Array

 

  1. Perintah #include ditujukan untuk (KUK 1.1)
    1.                     a.        Memanggil fungsi dari file lain
    2.                     b.        Menjadikan fungsi sebagai fungsi utama
    3.                     c.        Menggunakan standard library
    4.                     d.        Jawaban A & B benar

 

 

3.2        Tugas Unjuk Kerja (Bobot 50)

  1. Tuliskan syntax dasar: (KUK 2.1, 2.2)
    1. While Loop (10)
    2. For Loop (10)
    3. Conditional (10)

 

  1. Tuliskan baris perintah untuk menampilkan NIM dan nilai. (Gunakan variable nama (type char), nim dan nilai (type int), kompilasi file C tersebut dengan nama tugas1, gunakan compiler cc, dan cobalah jalankan program yang telah dicompiler tersebut. (KUK 2.1, 2.2, 3.1, 3.2) (20)

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR02.006.01

Judul Unit

: Menulis Program Lanjut

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

01 Menerapkan kualitas program

1.1 Parameter kualitas program sesuai standar kualitas yang dipakai

1.2  Kompleksitas dari program sesuai dengan standar kualitas yang dipakai

02 Menulis program

        2.1 Program ditulis sesuai dengan desain modul     yang sudah dibuat dan aspek kualitas dipenuhi

2.2   Program ditulis mengikuti standar bahasa pemrograman yang telah ditentukan

2.3 Penanganan kesalahan program dimasukan dalam penulisan kode program

03 Mengkompilasi Program

3.1 Program dikompilasi dengan benar. Kesalahan kompilasi akan ditunjukkan oleh kompiler.

3.2 Program bebas dari kesalahan dan dapat di running

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

~-^- Selamat Mengerjakan -^-~

Testimoni

artikel lainnya Menulis Program Lanjut TIK.PR02.006.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Saturday 27 June 2015 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA            …

Tuesday 27 November 2012 | blog

Kata Pengantar Anda masih risih dengan kekayaan atau kata ‘kaya’? Nah, saya sarankan Anda baca dulu…

Wednesday 8 August 2012 | blog

SING TELP EMAIL CP AMI 87794740 athuan@aami.or.id Vince Gowan API 5272171 sekretariat@bpnapi.org Benny Soetrisno APGI 3919231…

Saturday 18 July 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     MEMILIH CASING DAN…