Advertisement
loading...

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Advertisement

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

 

 

MENULIS PROGRAM DASAR

TIK.PR02.005.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi                                                                                                      Hal

 

BAB I       KONSEP PENILAIAN                                                                           3

1.1   Bagaimana Instruktur Akan Menilai                                             3

1.2   Tipe Penilaian                                                                            4

 

BAB II     PELAKSANAAN PENILAIAN                                                               5

2.1   Kunci Jawaban Tugas Teori                                                        5

2.2   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)                                                  5

2.3   Check list teori dan praktek                                                       11

Lembar Penilaian                                                                                           8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

 

 

1.1.          Bagaimana Instruktur akan Menilai

Dalam Sistem Berbasis Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan criteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (ditempat kerja) atau dilembaga pelatihan (diluar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan ditempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

 

 

1.2.          Tipe Penilaian  

Penilaian dilakukan dengan 2 jenis ujian, yaitu:

  1. Tes Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

  1. Tes Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

2.1        Kunci Jawaban Tugas Teori

  1. Bahasa pemrograman terstruktur adalah

D. A & B benar

 

  1. bahasa pemrograman berorientasi obyek adalah

D. Semuanya benar

 

  1. Berikut ini yang tidak termasuk pemrograman berorientasi fungsi adalah

D. C & C++

 

  1. Bahasa pemrograman deklaratif adalah

D. Prolog

 

  1. variabel adalah

D. suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program

 

  1. Tipe data char digunakan untuk

A. Karakter

 

  1. Tipe data float digunakan untuk

A. pecahan

 

  1. konstanta ‘/n’ berfungsi sebagai

A. Ganti garis baru

 

 

  1. konstanta ‘/0’ berfungsi sebagai

A. null

 

10. operasi aritmatika % adalah

A. Modulus

 

                  

                            

  1. 11.                 

                               if (kondisi)

{

/* aksi */ ;

                      }

              Adalah stuktur dasar pemilihan

B. IF

 

  1. 12.                  int x;

printf(“Masukkan sebuah bilangan = “);scanf(“%d”,&x);

if(x%2=0)

{

printf(“%x adalah bilangan genap”,x);

}

else

{

printf(“%x adalah bilangan ganjil”,x);

}

Adalah struktu dasar pemilihan

B. IF ELSE

 

13. Perhatikan pernyataan berikut

 

int i;

i=0;

do

{

printf(“%d “);

i++;

}

while(i<=20);

Jika pernyataan diatas dijalankan maka hasilnya adalah

B. Menampilkan hitungan mundur dari 20

14. Struktur perulangan yang digunakan untuk digunakan untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah perulangannya dinamakan

B. For

 

15. Yang tidak termasuk dalam perulangan adalah

B. Switch

 

16. While digunakan untuk

D. Jawaban a dan c benar

 

17. fungsi adalah

A. suatu bagian dari program yang dimaksudkan untuk mengerjakan suatu tugas tertentu dan letaknya terpisah dari program yang memanggilnya

 

18. fungsi for di atas adalah

B. untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah                   perulangannya

 

19. Yang terjadi pada coding diatas adalah

C. Menampilkan deret bilangan 1 – 100 yang habis dibagi dengan 2 dan habis dibagi dengan 3

 

20. Fungsi untuk menyalin suatu string asal ke variable string tujuan adalah

B. . strcpy()

 

21. compiler yang digunakan dalam microsoft untuk mengcompile bahasa c adalah

C. A dan b benar

 

22. compiler yang digunakan dalam linux untuk mengcompile bahasa c adalah

C. Mono

 

23. kesalahan yang dilakukan pada coding no 25 adalah

C. Kesalahan Grammar

 

24. Bentuk umum untuk pendeklarasi fungsi

C. Tipe_fungsi nama_fungsi(parameter_fungsi);

 

25. Perhatikan prosedur berikut!

inr I,val=1

For ( I = 0 ; I < = 4 ; I++{

Val *= 2;

}

 

Betulkan prosedur yang ada diatas

C. int I,val=1;

                    for ( I = 0 ; I <= 4 ; I++){

                    val *= 2;

                                }

 

 

 

 

2.2        Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Pendefinisian alat untuk menulis program dasar      
2 Mengidentifikasi algoritma dan struktur data      
3 Menulis program      
4 Mengkompilasi program      
5 Memeriksa program      

 

Berikut adalah solusi penyelesaian tes unjuk kerja (a)

1. Mendefinisikan masalah

Ini merupakan langkah pertama yang sering dilupakan orang. Menurut hukum      Murphy (oleh Henry Ledgard): “Semakin cepat menulis program, akan       semakin lama kita dapat menyelesaikannya”. Hal tersebut berlaku untuk           permasalahan yang kompleks. Tentukan masalahnya, apa saja yang harus dipecahkan dengan menggunakan komputer, dan apa inputan serta           outputnya.

2. Menemukan solusi

Setelah masalah didefinisikan, maka langkah berikutnya adalah menentukan        solusi. Jika masalah terlalu kompleks, maka ada baiknya masalah tersebut        dipecah menjadi modul-modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.

Contohnya masalah invers matriks, maka kita dapat membagi menjadi      beberapa modul:

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: