Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Menulis Dan Mengkompilasi Kode Program Sesuai Dengan Kebutuhan TIK.PR02.013.01

May
02
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

 

MENULIS DAN MENGKOMPILASI KODE PROGRAM SESUAI DENGAN KEBUTUHAN

TIK.PR02.013.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI 2

BAB I 3

STANDAR KOMPETENSI 3

1.1.  Unit Kompetensi Yang Dipelajari 3

1.1.1.  Kode dan Judul Unit 3

1.1.2.  Deskripsi Unit 3

1.1.3.  Elemen Kompetensi 3

1.1.4.  Batasan Variabel 4

1.1.5.  Panduan Penilaian. 5

1.1.6. Kompetensi Kunci 6

BAB II 7

TAHAPAN BELAJAR. 7

2.1. Langkah-langkah/tahapan belajar 7

2.2. Indikator Kerja. 7

BAB III 15

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA. 15

3.1. Tugas Tertulis 15

3.2. Tugas Unjuk Kerja. 23

3.3 Tugas Sikap Kerja. 24

3.4 Daftar Cek Unjuk Kerja. 26

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

1.1.      Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

1.1.1.     Kode dan Judul Unit

Kode Unit               : TIK.PR02.013.01

Judul Unit               : Menulis dan Mengkompilasi Kode Program Sesuai                          dengan kebutuhan

 

1.1.2.     Deskripsi Unit

Unit ini menentukan kompetensi yang diperlukan untuk menghasilkan kode program sesuai persyaratan. 

 

 

1.1.3. Elemen Kompetensi

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Mendeklarasikan dan menetapkan variable-variabel  1.1    Penamaan variable sesuai kaidah dan benar.

1.2    Variabel-variabel di deklarasikan menurut        persyaratan.

1.3     Variabel-variabel dinamis yang garbage di kumpulkan setelah di gunakan.

02     Membuat kode modul  2.1    Kelas instansi atau kode modul-modul di           kembangkan setelah di tetapkan.

2.2.   Kepaduan dan standar perangkai/coupling dipenuhi modul-modul.

2.3.   Array dinamis, table, dan struktur memori di    kembangkan

03     Menguji setiap modul 3.1.   Pengujian rutin di kembangkan untuk memverifikasi bahwa kode yang di hasilkan memenuhi persyaratan.

3.2.   Struktur memori yaitu array di uji untuk pelanggaran batas.

3.3.   Struktur kontrol atau loop diakhiri

04      Menetapkan prosedur-prosedur exception handling 4.1   Pengkodean area dimana exception dapat        terjadi ditentukan.

4.2      Rutin-rutin exception handling diimpelementasikan.

4.3         Semua exception sudah tercakup

05     Menggunakan teknik-teknik    debugging dan penanganan eror 5.1         Teknik debugging dan fasilitas penanganan error digunakan.

5.2         Metoda-metoda error handling eksternal (penggunaan data base) menyisakan kepaduan sangat tinggi dan loosly coopled.

5.3         Kode di kompilasi dan di uji jika di perlukan di terasi

 

1.1.4. Batasan Variabel

  1. Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi
  2. Menulis dan mengkompilasi kode sesuai dengan kebutuhan bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi

 

 


1.1.5. Panduan Penilaian

  1. 1.                   Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk mendemontrasikan kompetensi, memerlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini.

 

1.1.    Pengetahuan dasar

1.1.1  Pengetahuan detail metodologi-metodologi pengembangan

1.1.2            Teknologi dan konsep object oriented programming

1.1.3            Teori Pemograman object oriented programming

1.1.4            Implementasi dari objek dan kelas

1.1.5            Pengetahuan dasar konsep teoritikal dan pemograman real time

1.1.6            Pengetahuan dasar konsep teoritikal dari drivers input/output

1.1.7    Pengetahuan dasar konsep teoritikal dari proses-proses manajemen konfigurasi pengembangan software

1.1.8            Pengetahuan dasar konsep teoritikal dari perkiraan size

1.1.9            Hak cipta dan property intelektual

1.2.    Keterampilan dasar

1.2.1  Teknik-teknik dokumentasi program

1.2.2  Deteksi error dan teknik handling

1.2.3  Keterampilan algoritma dan hubungannya dengan analisis, evaluasi dan identifikasi solusi

 

2.       Konteks penilaian

Kompetensi harus di ujikan di tempat kerja atau di tempat lain secara praktek dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

3.       Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan

3.1   Kemampuan untuk menulis kode modul

3.2   Kemampuan menguji kode modul

3.3   Kemampuan menetapkan prosedur exception handling

Kemampuan menggunakan teknik-teknik debugging dan penanganan error

4.        Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1         Unit ini di dukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit          kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar teknologi informasi

4.1.1.  TIK.PR02.004.01 Menggunakan spsesifikasi program

4.1.2.  TIK.PR02.006.01 Menulis program lanjut

4.1.3.  TIK.PR02.008.01 Mengoperasikan bahasa pemrograman terstruktur

 

4.2.   Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu           dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi           harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian           konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sekor tertentu. Batasan           variable akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut. tingkat dasar (PC).

 

1.1.6. Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

3

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

3

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

3

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

3

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

2.1. Langkah-langkah/tahapan belajar

 

  1. Penyajian bahan, pengajaran dan peserta harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengerti apa itu sebenarnya operating system dan komponen-kompoenen lain yang tercakup di dalamnya termasuk kebutuhan operating system yang bersangkutan.
  4. Peserta belajar untuk mempersiapkan operating sistem pasca instalasi.
  5. Peserta mempelajari dan mengerti cara menjalankan perintah-perintah sederhana pada sistem.
  6. Peserta mempelajari dan mengerti cara mengelola folder/file, jendela, desktop, serta aplikasi-aplikasi yang tersedia.
  7. Peserta dapat mengelola dan mengatur sistem serta perangkat komputer melalui panel kendali sistem.

 

2.2. Indikator Kerja

 

Merupakan  pernyataan persyaratan tingkat standar kriteria kinerja pelaksanaan tugas pekerjaan ( task ) / unit kompetensi untuk mencapai  mencapai kompetensi dari setiap kegiatan atau langkah kerja ( aktivitas ) / elemen kompetensi  yang terukur pada masing-masing kriteria unjuk kerja dengan persyaratan yang dibutuhkan ( domein K, S, A ) pada kategori  jenis perilaku dan kemampuan internal setiap individu peserta pelatihan kerja, yaitu :

 

  1. Pengetahuan / Knowledge ( Kognitif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan kata  : “ Dapat.
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.   Pengetahuan, Pemahaman.

-  Kemampuan internal : Dapat  mengetahui, memahami,……….dll.

-  Tahapan Belajar        : Pengetahuan, Pemahaman,…….dst.

2.2.   Penerapan, Analisa , dst..

 

  1. Keterampilan / Skill  ( Psikomotorik ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Mampu.”
  2. Jenis kategori perilaku :

Persepsi, Kesiapan, Gerakan terbimbing, Gerakan Biasa,

- Kemampuan internal  : Mampu menyiapkan, melakukan, ….. dll.

- Tahapan Berlatih       : Kesiapan, Gerakan biasa, ………dst.

Gerakan Komplek,  Penyesuaian Pola Gerakan, dst..

 

  1. Sikap Kerja  / Attitude  ( Affektif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Harus.”
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1. Penerimaan, Partisipasi, Tanggung Jawab, Ketelitian, Kecermatan, dst.

-  Kemampuan internal  : Harus menunjukkan, bertanggung jawab,

-  Kemampuan safety   : Harus Teliti, Cermat, Ramah, Sabar………..dll.

-  Tahapan Berlatih       :  Sikap,

2.2. Penentuan sikap / Penilaian,  dst..

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

01 Mendeklarasikan dan menetapkan variable-variabel
1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penamaan variable sesuai kaidah dan benar 1.1.   Dapat membedakan penamaan yang benar dan salah bagi sebuah variabel

1.2.   Mampu membuat nama variabel sesuai kebutuhan

1.3.   Mampu membuat nama variabel dengan benar

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih pemahaman

 

 

  • Tahapan sikap pemahaman
  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
    • SOP (Standar Operasional Prosedur)
2.

 

 

 

 

Variabel-variabel di deklarasikan menurut        persyaratan 2.1.       Dapat mengetahui cara mendeklarasikan variabel dengan benar

2.2.       Mampu mendeklarasikan variabel dengan benar

2.3.       Mampu menginisialisasi variabel sesuai dengan tipe datanya

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih pengelolaan

 

 

  • Tahapan sikap pemahaman

 

 

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
1.3 Variabel-variabel dinamis yang garbage di kumpulkan setelah di gunakan. 3.1.       Dapat menganalisa variabel yang sudah tidak terpakai lagi (garbage)

3.2.       Mampu melakukan garbage collector pada variabel yang sudah tidak terpakai

3.3.       Mampu membuat kode untuk memaksa program melakukan garbage collector

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

 

 

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
02 Membuat kode modul
1. Kelas instansi atau kode modul-modul di kembangkan setelah di tetapkan. 1.1.   Mampu merancang modul untuk suatu program besar

1.2.   Mampu mengembangkan kelas instansi sesuai dengan rancangan yang telah ditetapkan

1.3.   Mampu mengembangkan kode pada modul yang sudah didesain

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih dan mempraktekkan

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
2. Kepaduan dan standar perangkai/coupling dipenuhi modul-modul 2.1.   Dapat mengerti standar pengkodean agar dapat dirangkai

2.2.   Dapat menjabarkan prinsip yang membuat kode program menjadi lebih mudah dimengerti

2.3.   Mampu membuat komentar-komentar pada kode program

2.4.   Mampu mengembangkan modul sesuai standar yang dapat dipadukan dengan modul lainnya

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih pengelolaan

 

 

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3. Array dinamis, table, dan struktur memori dikembangkan 3.1.   Dapat mengembangkan kode yang menggunakan array dinamis

3.2.   Dapat mengembangkan kode yang menggunakan tabel (Array dinamis 2 dimensi)

3.3.   Dapat mengembangkan kode yang menggunakan struktur memori

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih mempraktekkan

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
03 Menguji kode modul
1. Pengujian rutin di kembangkan untuk memverifikasi bahwa kode yang di hasilkan memenuhi persyaratan. 1.1.       Mampu melakukan pengujian rutin

1.2.       Mampu melakukan validasi pada kode program

1.3.       Mampu melakukan verifikasi kode yang dihasilkan

  • Tahapan belajar pemahaman

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
2. Struktur memori yaitu array di uji untuk pelanggaran batas. 2.1.    Dapat Mengetahui cara mengambil batas array

2.2.    Dapat Mengetahui cara menguji array seuai dengan batas yang diberikan

2.3.    Mampu menguji array

  • Tahapan belajar pemahaman

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3. Struktur kontrol atau loop diakhiri 3.1 Dapat mengetahui struktur kontrol dan loop yang lengkap

3.2 Dapat mengetahui cara mengakhiri struktur kontrol dan loop dengan benar

3.3 Mampu membuat struktur loop dan kontrol yang benar

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
04 Menetapkan prosedur-prosedur exception handling
1. Pengkodean area dimana exception dapat terjadi ditentukan. 1.1.  Dapat mengetahui arti dan kegunaan exception

1.2.  Dapat mengenal perbedaan exception dengan jenis error lainnya

1.3.  Dapat Menentukan pada bagian mana dari program yang memungkinkan terjadinya exception

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
2. Rutin-rutin exception handling diimpelementasikan. 2.1.Dapat mengetahui prinsip exception handling

2.2.Mampu membuat kode rutin dengan menyertakan try..catch..finally sebagai penanganan exception

2.3.Mampu melakukan pelemparan exception (throw atau throws) untuk exception handling

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

 

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3. Semua exception sudah tercakup 3.1.Dapat mengetahui jenis-jenis dan cakupan exception

3.2.Dapat menganalisa semua kemungkinan exception

3.3.Mampu membuat exception handling yang mencakup seluruh exception

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
05 Menggunakan teknik-teknik debugging dan penanganan eror
1. Teknik debugging dan fasilitas penanganan error digunakan. 1.1.   Dapat mengetahui fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk debugging dan penanganan error pada suatu tools bahasa pemrograman

1.2.   Mampu melakukan trace program untuk debugging

1.3.   Mampu membuat watch pada saat trace program

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
2. Metoda-metoda error handling eksternal (penggunaan data base) menyisakan kepaduan sangat tinggi dan loosly coopled. 2.1.       Dapat mengetahui error ekternal yang sering terjadi dan cara menanganinya

2.2.       Mampu membuat kode untuk mengkoneksikan program dan database dengan benar

2.3.       Mampu melakukan penanganan error pada koneksi database dengan program

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3. Kode di kompilasi dan di uji jika di perlukan di terasi. 3.1.   Mampu mengkompilasi program

 

3.2.   Mampu melakukan trace program

 

 

3.3.   Mampu membuat watch pada saat trace program

 

3.4.   Mampu melakukan breakpoint trace

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih pengujian

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet
  • Buku/artikel tentang Pemrograma n (C/C++, Java, .Net dsb)
  • Referensi dari daftar pustaka
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)


BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

TUGAS TEORI , UNJUK KERJA DAN  SIKAP  KERJA :

 

Berlaku untuk setiap elemen kompetensi dan krteria unjuk kerja dalam level Unit Kompetensi TIK.PR02.013.01, Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja dan  jumlah nilai tingkat gradasi kompetensi kunci yang terindikasi pada 7 (tujuh) kompetensi kunci.

 

Tugas teori dan tugas unjuk kerja dalam Bab III  pada  Buku Kerja ini, meliputi :

 

3.1        Tugas Tertulis :

  • Tugas tertulis untuk  menilai pengetahuan ( Knowledge ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi penilaian unjuk kerja dan unjuk sikap kerja.
  • Didukung  aspek pengetahuan yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kiteria unjuk kerja  dan kompetensi kunci.
  • Dapat dimasukkan penilaian pengetahuan sikap kerja.

 

3.2.      Tugas  Unjuk Kerja :

  • Tugas unjuk kerja untuk menilai keterampilan ( Skill ) seseorang dalam menampilkan elemen komptensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung  aspek keterampilan  yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.1. Tugas Tertulis

3.1.1.  Memiliki tingkatan kesulitan :

  1. Soal mudah.
  2. Soal sedang.
  3. Soal sulit.

Kisi-kisi  soal dan jumlah soal dibedakan pada setiap level unit kompetensi.

3.2.2.  Bentuk tugas tertulis adalah Obyektive Test., terdiri atas :

  1. Pilihan Ganda  (Multiple Choice).
  2. Menjodohkan (Matching).
  3. Jawaban Singkat (Short Answer)

 

              Penilaian dengan menggunakan satu atau lebih dari satu pertanyaan untuk setiap elemen kompetensi,   jika penilai   kurang puas   dengan   kesiapan anda   dalam melakukan  penilaian unjuk kerja dan sikap kerja anda,   maka rencana pelatihan unjuk kerja dan sikap kerja  ulang / remidial akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

PILIHAN GANDA :

( Seri  A ).

 

  1. Selesaikan semua tugas tertulis sesuai pertanyaan masing-masing dengan mengacu pada bentuk soal pilihan ganda (Muliple Choise), seri A.
  2. Waktu tersedia 25 menit, jumlah soal 25 pertanyaan.

 

Tugas :  Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda  X pada  huruf a, b, c dan d yang anda pilih.

 

  1. Berikut ini adalah nama variabel yang diperbolehkan, kecuali (KUK 1.1)

a. bilangan2

b. bilangan_dua

c. 2bilangan

d. bilangan_2

 

  1. Cara untuk menginisialisasi variabel yang benar untuk bahasa pemrograman Java yang benar adalah (KUK 1.2)

a. float bilanganBerkoma = 17,9;

b. float bilanganBerkoma = 17.9;

c. float bilanganBerkoma = 17.90000;

d. float bilanganBerkoma = 17.9f;

 

  1. Cara untuk mendeklarasikan array yang benar pada bahasa C/C++ adalah seperti berikut ini, kecuali (KUK 1.2, KUK 2.3)

a. int sebuahArray[] = {1,2,3,4,5};

b. int sebuahArray= {1,2,3,4,5};

c. int sebuahArray[10];

d. int sebuahArray[];

 

  1. Tabel dalam bahasa pemrograman dapat direpresentasikan dalam bentuk lain, yaitu sebagai (KUK 2.3)

a. array dua dimensi

       b. array tiga dimensi

       c. pointer

d. array satu dimensi dinamis

 

 

 

 

 

 

 

 

01 class Mobil {

02    private String Warna;

03    private String Tipe;

04 }

  1. Perhatikan source code di atas. Hal yang dapat ditambahkan oleh pemrogram agar atribut-atribut di dalam class dapat diakses adalah sebagai berikut, kecuali (KUK 2.1, KUK 2.2)

a. menambahkan konstruktor

b. membuat getter dan setter untuk atribut

c. membuat fungsi public yang dapat mengakses langsung atribut

d. mengubah tipe data dari atribut

 

  1. Perhatikan source code pada soal nomor 5. Alasan yang tepat bagi penggunaan access modifier private adalah (KUK 2.1, KUK 2.2)

a. hanya dapat diakses oleh class tertentu saja

b. melindungi data dari akses langsung

c. agar tidak dapat terjadi pewarisan

d. meminimalisir terjadinya bug

01 int j=0;

02 for(int i=1;i<20;i++){

03    if((i%2==0)&&(i<10){

04          j++;

05    }

06 }

 

  1. Kesalahan fatal yang terjadi poada source code di atas adalah (KUK 3.1, KUK 3.3)

a. baris 02 à for menggunakan kurung kurawal

b. baris 03 à if kelebihan kurung buka

c. baris 03 à if kekurangan kurung tutup

d. baris 03 à tanda ‘&’ tercetak dobel

 

  1. Perhatikan penggalan source code pada nomor 7. Apabila seluruh kode telah dibenarkan, maka nilai j pada akhir program adalah (KUK 3.1,  KUK 3.3, KUK 5.3)

a. 4

b. 9

c. 5

d. 10

 

  1. Perhatikan source code pada soal nomor 7. Cara yang paling tepat untuk mengetahui isi dari variabel j adalah (KUK 5.1, KUK 5.3)

 

       a. beri breakpoint pada baris 04

b. buat sebuah watch untuk variabel j

c. trace satu persatu perulangan yang terjadi

d. menghilangkan inisialiasi pada j

 

 

01 #include<iostream.h>

02 void main(){

03    int angka[]={17,9,19,87};

04    for(int i=0;i<10;i++){

05          cout<<angka[i]<<endl;

06    }

07 }

 

10. Bila source code di atas dijalankan, kesalahan yang terjadi adalah (KUK 3.2)

 

       a. Pengisian string yang salah

b. Perulangan yang tidak terbatas

c. array akan melewati batasnya pada saat i=4

d. array akan melewati batasnya pada saat i=5

 

11. Perhatikan penggalan source code pada soal nomor 10. Pada Bahasa C/C++ ada suatu fungsi yang berguna untuk mengetahui panjang suatu string. Fungsi tersebut adalah (KUK 3.1, KUK 3.2)

 

       a. len

b. length

c. charlen

d. strlen

 

01 class Coba{

02    public static void main(String []args){

03          int []angka={17,9,19,87};

04          for(int i=0;i<10;i++){

05                System.out.println(;

06          }

07    }

08 }

 

12. Bila source code di atas dijalankan, exception yang terjadi adalah (KUK 4.1)

a. ArrayIndexOutOfBoundsException

b. ArithmeticException

c. FileNotFoundException

d. IndexOutOfBoundsException

 

 

13. Blok finally pada exception handling akan dijalankan apabila (KUK 4.1, KUK 4.2, KUK 4.3)

a. program berjalan dengan baik

b. pada program terjadi exception

c. program berjalan baik maupun terjadi exception

d. program memiliki sintax error

 

14. Perhatikan source code pada soal nomor 12. Blok Try dapat  diletakkan pada baris-baris berikut ini, kecuali (KUK 4.1, KUK 4.2)

a. sebelum baris ke 02

b. sebelum baris ke 03

c. sesudah baris ke 02

d. sesudah baris ke 03

 

15. Class Exception yang paling tinggi hirarkinya adalah (KUK 4.1, KUK 4.2, KUK 4.3)

a. SourceException

b. IOException

c. AllException

d. Exception

 

16. Dalam pemrograman Java, array statis memiliki banyak batasan sehingga dapat digantikan oleh array dinamis. Array dinamis di dalam Java direpresentasikan sebagai (KUK 2.3, KUK 3.2)

a. Array Multidimensi

b. Pointer

c. ArrayList

d. VectorList

 

01 class Luas{

02    public double luasLingkaran(int r){

03                return (3.14*r*r);

04    }

05 }

 

17. Bila terdapat class lain yang ingin menggunakan method luasLingkaran, maka cara yang paling tepat adalah (KUK 2.1, KUK 2.2)

a. Luas l = new Luas(); l.luasLingkaran(10);

b. Luas l = new luas(); double luasLing=l.luasLingkaran(10);

c. Luas l = new luas().luasLingkaran(10);

d. Luas l; double luasLing=l.luasLingkaran(10);

 

18. Perhatikan source code pada soal nomor 17. Jika pada method luas lingkaran parameternya diisi dengan angka 10/0, maka exception yang paling mungkin terjadi adalah (KUK 4.1, KUK 4.3)

a. ArrayIndexOutOfBoundsException

b. ArithmeticException

c. NumericException

d. DivideByZeroException

 

19. Pada C/C++ trace source code biasanya dimulai dari awal kode, urut hingga akhirnya. Apabila seorang programmer ingin melakukan trace dari baris tertentu pada program, maka cara yang tepat adalah (KUK 5.1, KUK 5.3)

a. menyalin bagian yang akan ditrace saja ke dalam file baru, kemudian       lakukan trace seperti biasa

b. membuat watch hanya pada baris-baris tertentu yang ingin ditrace          kemudian trace seperti biasa

c. meletakkan breakpoint pada baris tertentu yang ingin ditrace,                   kemudian jalankan program seperti biasa

d.meletakkan breakpoint pada baris tertentu yang ingin ditrace,                   kemudian trace seperti biasa

 

20. Di bawah ini adalah hal-hal yang berkenaan dengan penggunaan breakpoint adalah sebagai berikut, kecuali (KUK 5.1, KUK 5.3)

a. Breakpoint termasuk salah satu fasilitas debugging

b. Breakpoint hanya boleh satu dalam program

c. Program akan ditrace mulai dari bagian yang ditandai

d. Breakpoint dapat diberikan pada baris manapun dari program

 

21. Untuk mengkompilasi kode program java, misalnya kita memiliki file test1.java, maka perintah yang harus diketikkan pada Command Prompt adalah (KUK 5.3)

a. javac test1.class

b. javac test1

c. javac test1.java

d. java test1.java

 

22. Pada Program yang berkoneksi dengan database MySQL, maka exception yang paling sering terjadi adalah (KUK 5.2)

a. SQLException

b. SQLConnectionException

c. MySQLException

d. DatabaseNotFoundException

 

23. Struktur do-while yang benar agar program dapat dikompilasi dengan baik adalah  (KUK 3.3)

a. do{ pernyataan…}while(kondisi)

b. do while(kondisi){ pernyataan…}

c. while(kondisi) do {pernyataan…}

d. do{ pernyataan…}while(kondisi);

 

24. Pemanggilan fungsi bertipe integer yang benar seperti di bawah ini, kecuali (KUK 3.1)

a. int a = fungsiTambah(17,9);

b. int a; a = fungsiTambah(17,9);

c. int a = 0,b = 17,c = 9; a = fungsiTambah(b,c);

d. int a = 0, b = 17, c = 9; fungsiTambah(b,c);

 

25. Pada Bahasa C/C++, pengumpulan garbage dilakukan dengan menggunakan destruktor class, namun pada java tidak ada destruktor class. Untuk memaksa Java melakukan pengumpulan garbage, maka perintah yang dipergunakan adalah (KUK 1.3)

a. System.gc();

b. System.finalize();

c. System.destructor();

d. System.runGarbageCollector();

 

Bobot nilai untuk setiap soal teori di atas adalah 2, jadi total nilai untuk soal teori adalah 50

Lembar Pemeriksaan Peserta  untuk Tugas Tertulis :

(  Seri   A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Tertulis Seri A.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

19.

20.

21

22

23

24

25

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.25  Seri  A, telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

 

 

Total waktu

25 menit.

      1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2. Tugas Unjuk Kerja

(Seri A)

 

  1. Selesaikan semua tugasunjuk kerja  sesuai instruksi unjuk kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. Waktu tersedia 20  menit, jumlah soal 1 Instruksi Kerja.

 

TUGAS 1 :  Menjelaskan standar penamaan variabel yang benar

 

a. Waktu                      :    20  menit.

 

b. Alat                         :    Peralatan tulis

 

c. Bahan                      :    Buku Informasi

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu menjelaskan sesuai dengan yang di contoh

 

e. Standar Kriteria        :    Terinci sesuai dengan kaidah pada buku informasi

   

f. Instruksi Kerja          :    Jelaskan bagaimana penamaan variabel yang sesuai dengan kaidah yang ada !(KUK 1.1)

 

Total nilai untuk soal praktikum adalah 20 point.

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas Unjuk  Kerja :

       (  Seri  A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Unjuk Kerja, seri A

Benar

Salah

1.

 

 

Apakah pertanyaan Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total waktu

20  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Tugas Sikap Kerja

(Seri A)

 

  1. Selesaikan semua tugasunjuk kerja  sesuai instruksi unjuk kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. Waktu tersedia 20  menit, jumlah soal 1 Instruksi Kerja.

 

TUGAS 1 :  MEMBUAT MODUL DARI PROGRAM YANG TELAH DITENTUKAN.

 

a. Waktu                      :    20  menit.

 

b. Alat                         :    Komputer yang sudah terinstall Soistem operasi                                           Windows/Linux dan sudah terinstall tools bahasa                                              pemrograman C++/Java

 

c. Bahan                      :    Buku pemrograman

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu membuat modul dengan kode program yang                                     benar dan dapat dikompilasikan.

 

e. Standar Kriteria        :    Modul yang telah dibuat dapat dikompilasi dan                                            dijalankan dengan benar.

   

f. Instruksi Kerja           :    Uraikan dan pratekkan langkah-langkah kerja anda,                                     beserta perintah-perintah yang digunakan dalam                                              pembuatan minimal dua buah modul sederhana yang                                       saling terintegrasi di mana program ini menggunakan                                        arraylist untuk menyimpan nama, alamat, dan nomor                                       telepon minimal 5 orang teman Anda dengan                                             menggunakan program Java (KUK 2.1, KUK 2.2, KUK                                          2.3, KUK 3.1, KUK 3.3).

 

Total nilai untuk soal praktikum adalah 50 point.

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas Unjuk  Kerja :

       (  Seri  A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Sikap Kerja, seri A

Benar

Salah

1.

 

 

Apakah pertanyaan Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total waktu

20  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

  1. A.    Data Buku  Manual :
  1. Kadir, Abdul. 2005. Dasar Pemrograman Java 2. Yogyakarta :  Andi.
  2. Papilaya, Victor N. Dan Jasson Prestiliano. 2006. C/C++ Goes To Open Source : Belajar Membuat Pustaka Sendiri. Yogyakarta : Gava Media.
  3. Prasetyo, Didik Dwi. 2007. 150 Rahasia Pemrograman Java. Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

B. Data Buku Pendukung Teori.

 

  • Lihat pada Modul Buku Informasi Menulis dan Mengkompilasikan Kode Program Sesuai dengan Kebutuhan

 

C. Website yang Dapat Dikunjungi:

  1. http://id.wikipedia.org
  2. http://www.ilmukomputer.com
  3. http://www.benpinter.net
  4. http://blog.abud.web.id/category/java/

 

3.4 Daftar Cek Unjuk Kerja

 

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR02.013.01

Judul Unit

: Menulis dan Mengkompilasikan Kode Program Sesuai dengan Kebutuhan

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1. Mendeklarasikan dan menetapkan variable-variabel

1.1   Penamaan variable sesuai kaidah dan benar.

1.2   Variabel-variabel dideklarasikan menurut        persyaratan.

1.3  Variabel-variabel dinamis yang garbage dikumpulkan setelah di gunakan.

2. Membuat kode modul.

2.1   Kelas instansi atau kode modul-modul dikembangkan setelah ditetapkan.

2.2   Kepaduan dan standar perangkai/coupling dipenuhi modul-modul.

2.3    Array dinamis, table, dan struktur memori di kembangkan.

3. Menguji setiap modul

3.1     Pengujian rutin di kembangkan untuk memverifikasi bahwa kode yang di hasilkan memenuhi persyaratan.

3.2   Struktur memori yaitu array di uji untuk pelanggaran batas.

3.3    Struktur kontrol atau loop diakhiri.

4. Menetapkan prosedur-prosedur exception handling.

4.1   Pengkodean area dimana exception dapat terjadi ditentukan.

4.2    Rutin-rutin exception handling diimpelementasikan.

4.3   Semua exception sudah tercakup.

5. Menggunakan teknik-teknik debugging dan penanganan eror

5.1   Teknik debugging dan fasilitas penanganan error digunakan.

 

5.2   Metoda-metoda error handling eksternal (penggunaan data base) menyisakan kepaduan sangat tinggi dan loosly coopled.

 

5.3   Kode di kompilasi dan di uji jika di perlukan di terasi

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

Testimoni

artikel lainnya Menulis Dan Mengkompilasi Kode Program Sesuai Dengan Kebutuhan TIK.PR02.013.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Monday 4 May 2015 | blog

Dewan pimpinan daerah partai golongan karya kabupaten cilacap sekretariat: jl. Perwira no. 2 - g cilacap…

Wednesday 11 January 2012 | blog

No                   : 0126/MK/08/2010                                               Malang, 10 Agustus 2010 Lampiran          : ReadMore >>Testimoni Related posts: Contoh Surat…

Tuesday 20 January 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER  …

Friday 30 October 2015 | blog

ReadMore >>Testimoni Related posts: SP08 GANTI CARTRIDGE-HP-72-22 SP10 GANTI CARTRIDGE-HP-60 SP09 GANTI CARTRIDGE-HP-802 SP06 GANTI CARTRIDGE-HP-901…