Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR MULTIMEDIA

 

 

 

MENULIS ATAU

MENYALIN ISI NASKAH

TIK.MM02.025.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

BAB.  I. 3

KONSEP   PENILAIAN. 3

 

1.1      Bagaimana  Pelatih  Menilai. 3

1.2      Tipe  Penilaian. 3

1.2.1       Tes  Tertulis. ( Knowledge ). 3

1.2.2       Tes  Unjuk  Kerja  (praktek keterampilan / keahlian). 4

1.2.3       Tes Sikap  Kerja  ( Attitude ). 5

 

 

BAB II. 8

PELAKSANAAN PENILAIAN. 8

 

2.1      KUNCI JAWABAN  TUGAS  TERTULIS. (  Seri.  A  ) 8

2.2      KUNCI  JAWABAN  TUGAS UNJUK KERJA. (  Seri.  A  ) 9

2.3      KUNCI  JAWABAN  TUGAS  SIKAP  KERJA. (  Seri .  A  ) 12

2.4      Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik) 16

2.5      CHECK LIST PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP KERJA. 17

2.6      LEMBAR  HASIL  PENILAIAN. 19

 

 

LEMBAR PENILAIAN. 21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB.  I

KONSEP   PENILAIAN

 

 

1.1     Bagaimana  Pelatih  Menilai.

 

Dalam sitem pelatihan berbasis kompetensi kerja, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan anda, unjuk kerja aktivitas  tugas-tugas / keterampilan anda dan sikap kerja anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan, apakahg anda telah mencapai kompetensi sesuai standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berbasiskan kompetensi kerja , pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah ” Penilaian berdasarkan kriteria / Criterion – Referenced Asessment ” .  Pendekatan ini mengukur unjuk kerja anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian formatif :

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar / berlatih anda. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian Sumatif.

Penilaian juga  dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah anda telah mencapai hasil dari program belajar dan berlatih ( contohnya pencapaian kompetensi dalam unit komptensi ). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

 

1.2     Tipe  Penilaian.

 

1.2.1  Tes  Tertulis. ( Knowledge ).

 

Dalam tes tertulis, akan menilai pengetahuan anda dan pemahaman konsep serta prisip yang merupakan dasar  unjuk kerja dalam melakukan  tugas pekerjaan anda yang dijelaskan dalam  pengetahuan (knowledge) pada kriteria unjuk kerja.

Tes tertulis biasanya berupa seri-seri pertanyaan pilihan ganda dan/ atau beberapa bentuk tes obyektif lainnya, yaitu dimana setiap pertanyaan tertulis memiliki satu jawaban yang benar.

Penilaian tes obyektif tertulis pada  umumnya   mempunyai   kisi-kisi   dengan 3 (tiga) tingkatan  kesulitan,  yaitu :

 

1). Soal Mudah.

Adalah  menghafal tanpa mengerti apa maksudnya, menyebutkan bagian-bagian   suatu   alat,    benda,     nama mesin,   memberi nama,   memberi nomor, menjodohkan informasi faktual dengan kejadian.

 

2). Soal  Sedang

Adalah  mampu mengenal dan mengerti fungsi  sesuatu / poses   sesuatu, membandingkan,   memberikan,   membedakan,   menemukan   keuntungan   dan kerugian serta memberi fisualisasi fungsi / proses.

 

3). Soal  Sulit :

Adalah  merupakan  problem solving,   menganalisis   kesalahan   dan  kerusakan, mencari pemecahan,   meramalkan   kondisi   yang   tidak menguntungkan, mencari penyebab,   menggunakan   pertimbangan   dan    mengevaluasi. Rentangan  nilai tes tertulis, yaitu  0  -  1,   artinya  nilai setiap  soal tertulis yang   dinyatakan   benar   (kompeten)   mempunyai   nilai   1  (satu),   dan   yang dinyatakan    salah  (belum kompeten)  mempunyai nilai 0 (nol).

 

1.2.2  Tes  Unjuk  Kerja  (praktek keterampilan / keahlian).

 

Dalam tes unjuk kerja , akan menilai kompetensi anda dalam menampilkan tugas pekerjaan  dari elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam keterampilan  (skill) pada kriteria unjuk kerja. Oleh sebab itu, anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman anda terhadap  unjuk kerja  anda.

 

Penilaian biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen kompetensi sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi anda, dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika anda dinyatak kompeten, dan merencanakan pelatihan ulang jika anda belum dinyatakan kompeten pada kesempatan pertama ini.

 

 

Daftar Cek Unjuk Kerja, berisi :

1). Masing-masing elemen kompetensi dengan  sebaran  kriteria  unjuk  kerja harus kompeten.

2). Setiap tugas yang sedang dilaksanakan, penilai  akan mengisi daftar cek analisis elemen kompetensi yang telah disiapkan untuk menentukan kompetensi kerja anda dan umpan balik unjuk kerja anda. untuk setiap soal / perintah untuk melakukan unjuk kerja  dinyatakan benar mempunyai

3). Untuk memberi cacatan bagi diri anda dan penilai  anda.

4). Ketika tugas dari setiap indikator kerja tidak dilaksanakan sesuai standar kriteria keterampilan / kehlian secara  benar, maka  rencana pelatihan kerja ulang  akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

Untuk setiap  soal / perintah   untuk melakukan unjuk kerja   mempunyai rentang nilai 0 (nol)  -  1 (satu). Bila anda melaukan untuk kerja  dinyatakan   benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan bila dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

 

1.2.3  Tes Sikap  Kerja  ( Attitude ).

 

Dalam   tes   sikap kerja ,   akan   menilai   kompetensi   anda   dalam menampilkan sikap kerja dari   elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam sikap (attitude)  pada kriteria unjuk kerja. Penilaian sikap kerja dapat dlakukan dalam waktu relatif pendek (efektif) berdasarkan atas instruksi sikap  kerja yang harus anda lakukan dalam waktu yang telah ditentukan.

 

Sikap kerja merupakan unsur kompetensi kerja yang agak sulit menilainya,   namun demikian perlu  dimulai  dari sekarang,   karena kita harus mengacu    pada   Standar Kompetensi  Kerja  Nasional  Indonesia (SKKNI)   yang telah ditetapkan,  yaitu kemampuan seseorang yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian dan sikap kerja sesuai pelaksanaan tugas dan syarat jabatan.

Penilaian sikap kerja, dilakukan selain melalui pemahaman sikap kerja secara tertulis , kemampuan aspek sikap ditujukan untuk meningkatkan kinerja seseorang (anda) dimasa mendatang dalam arti yang sebenarnya, dan tidak dianggap lagi sudah menyatu dengan keterampilan /  keahlian.

Anda terampil atau memiliki keahlian yang bagus,  tetapi sikap  kerja anda tidak kompeten, ini ada sesuatu  yang salah pada diri anda, termasuk penilai anda juga punya andil atas kesalahan penilaian kompetensi terhadap diri anda.

 

Penilaian sikap kerja.

 

Dilakukan untuk kurun waktu yang tidak terlalu panjang terhadap kriteria attitude / sikap perilaku yang mudah diamati seperti pada waktu mengerjakan pekerjaan yang dilakukan sesuai tugas atau perintah sikap dari kriteria unjuk kerja pada elemen kompetensi,  adalah  sebagai  berikut :

 

1). Pengamatan sikap kerja.

 

a.   Untuk Jaminan Keselamatan  ( Saffety Insurance ).

 

No. Sikap untuk Jaminan Keselamatan. Benar Salah Keterangan

1.

Penggunaan pakaian kerja.      

2.

Kerapihan dan kebersihan tempat kerja      

3.

Penataan alat-alat kerja.      

4.

Penataan bahan-bahan kerja.      

5.

Tertib sesuai aturan / prosedur/ standar.      

6.

Ketepatan waktu kerja.      

7.

Sopan, ramah, lembut dan saabar.      

8.

Teliti, cermat, hati-hati.      

9.

Obyektif, akurat.      

10.

Bakat, minat dan temperamen kerja.      

 

 

b.  Untuk Jaminan Kualitas.  ( Quality Insurance ).

 

No. Sikap untuk Jaminan Kualitas. Benar Salah Keterangan

1.

Penerimaan / kesadaran/ kemauan..      

2.

Partisipasi/ kepatuhan, ikut secara aktif.      

3.

Penilaian / penentuan sikap.      

4.

Organisasi / bertanggung jawab.      

5.

Pembentukan pola /disiplin pribadi.      

 

Rentang nilai sikap dengan pengamatan langsung untuk memenuhi jaminan keamanan ( saffety insurance ) dan jaminan kualitas ( quality insurance ), yaitu :  0 (nol) – 1 (satu). Pada setiap soal sikap kerja yang dinyatakan benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan yang dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

2). Wawancara dan /atau Tes  Tertulis Sikap Kerja.

 

Wawancara dan / atau Tes tertulis tentang pemahaman atau pengetahuan  materi sikap kerja untuk jaminan keselamatan dan jaminan kualitas (Saffety and Quality Insurance) dalam aktivitas tugas pekerjaan / perintah elemen kompetensi sesuai kriteria unjuk kerja setiap unit kompetensi, agar kinerja seseorang (anda) meningkat  lebih baik lagi.

 

Wawancara atau tes tertulis dapat  dalam satu  atau beberapa bentuk tes obyektif materi sikap kerja, mempunyai rentang nilai 0 (nol) – 1 (satu).

 

Setiap   soal   pertanyaan   yang   dinyatakan  benar   (kompeten)   mempunyai nilai  1 (satu)   dan   yang   dinyatakan   salah   (belum kompeten)     mempunyai nilai  0 (nol).

 

 

Hasil nilai sikap kerja dapat  diperoleh dengan kombinasi pengamatan sikap kerja berdasarkan atas instruksi sikap kerja   dengan tes tertulis, yaitu :

 

  • Nilai akhir sikap kerja  =  Nilai pengamatan benar  + Nilai  tertulis benar

2.

1  +   1

=     ———–      =     1  (satu) /   atau kompeten.

2.

  • Atau nilai akhir sikap kerja tertulis  benar = 1 (satu) / atau kompeten

 

  • Atau nilai akhir hasil pengamatan sikap kerja  benar  = 1 (satu) / atau kompeten

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

 

2.1     KUNCI JAWABAN  TUGAS  TERTULIS. (  Seri.  A  )

 

 

Soal

Nomor

Kunci  Jawaban  Tugas  tertulis.

Keterangan  Nilai

a

b

c

d

Benar

Salah

1.

X

   

2.

X

   

3.

X

   

4.

X

   

5.

X

   

6.

X

   

7.

X

   

8.

X

   

9.

X

   

10.

X

   

11.

X

   

12.

X

   

13.

X

   

14.

X

   

15.

X

   

16.

X

   

17.

X

   

18.

X

   

19.

X

   

20.

X

   

21

X

   

22

X

   

23

X

   

24

X

   

25

X

   

 

 


2.2     KUNCI  JAWABAN  TUGAS UNJUK KERJA. (  Seri.  A  )

 

1.  Tugas 1 :  Menjelaskan komponen materi naskah presentasi (KUK 1.1)

     Waktu  :  25.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

Komponen yang dibuat minimal mencakup seperti yang tertulis pada buku informasi

  

3. Instruksi Kerja     :

Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan naskah presentasi! (KUK 1.1)

 

4.Jawaban Tugas 1   : 

 

Materi Presentasi
Dalam Persiapan Presentasi, maka yang sangat mutlak dilakukan secara sungguh-sungguh adalah mempersiapkan Materi Presentasi. Dalam mempersiapkan materi presentasi ini, hal-hal yg perlu diperhatikan adalah :

 

(i) Tema Presentasi.
Materi Presentasi yang disiapkan harus sesuai dan saling mendukung satu sama lain terhadap Tema Presentasi. Presenter harus benar-benar menguasai Materi yang akan dipresentasikannya, termasuk juga mengantisipasi hal hal yang mungkin akan ditanyakan oleh peserta presentasi.

Langkah pertama dalam persiapan tema presentasi adalah memilih topik (apa yg akan dipresentasikan). Berikut adalah hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih topik presentasi yang sesuai dengan materi dan tema presentasi :

–         Apakah Anda tertarik dengan topik ?

–         Apakah Anda merasa nyaman dan menikmati berbicara tentang topik yang dipilih ?

–         Apakah tujuan presentasi Anda ? (entertain, inform atau persuade)

–         Apakah audience akan tertarik dengan topik ?

–         Apakah topik yg dibicarakan topik yang sensitif terhadap pihak-pihak tertentu dari sisi audience ?

–         Apakah ada peristiwa tertentu yang berkaitan dengan topik ?

 

(ii) Media Presentasi

Tentukan media presentasinya (misal : OHP, Powerpoint, dll) termasuk handout yang akan dibagikan ke audience.

 

(iii) Desain dan Urutan Materi Presentasi

Hendaknya materi presentasi didesain dan disusun sedemikian rupa hingga dalam penyajiannya menjadi sistematis, runut/urut, jelas, dan (saling) berkaitan. Desain Powerpoint boleh saja disertai dengsn gambar background, ilustrasi atau animasi yang cukup menarik, agar audience tidak bosan. Namun tambahan asesoris ini hendaknya jangan terlalu banyak, agar tidak mengganggu fokus pada substansi slide yg disajikan.

 

(iv) Budget Waktu

Hendaknya harus juga memperhitungkan budget waktu yang tersedia untuk menyampaikan Materi Presentasi, jangan sampai pada saat waktu yang disediakan untuk presentasi telah habis, sementara Materi Presentasi yang ada belum semua tersampaikan kepada audience. Sebaliknya, jika penyampaian presentasi terlalu cepat, maka audience akan merasa bahwa materi yang disampaikan tidak lengkap dan kurang informatif.

 

 

1.  Tugas 2 :  Menyebutkan orang-orang yang relevan dalam pembuatan naskah presentasi dan tugasnya masing-masing (KUK 1.1)

    

Waktu  :  5.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

Terinci sesuai dengan format yang dianjurkan di buku

  

3. Instruksi Kerja     :

Sebutkan dan jelaskan tugas-tugas orang-orang yang relevan pada pembuatan naskah presentasi(KUK 1.1)!

 

4.Jawaban Tugas 2   : 

 

Dalam produksi naskah presentasi, orang-orang yang relevan dan memiliki andil penting pada hasil akhir sebuah naskah presentasi adalah sebagai berikut :

 

  1. Client

Adalah pihak luar yang menentukan tema materi presentasi dan tenggat waktu (deadline) pembuatan presentasi.

 

  1. Project Manager

Adalah orang yang bertanggung jawab atas keseluruhan proyek yang diberikan oleh client.

 

  1. Project Designer

Adalah orang yang berperan sebagai perancang dan pembuat naskah presentasi. Project designer bertugas menentukan software yang digunakan dalam pembuatan naskah presentasi (Microsoft Power Point, Macromedia Flash, atau software lainnya) dan merancang tampilan user interface sesuai dengan permintaan Client. Project Designer juga bertanggung jawab untuk melakukan revisi jika terjadi kesalahan dalam naskah presentasi.

 

  1. Presenter

Adalah orang yang menyampaikan materi presentasi kepada audience sesuai dengan tujuan presentasi. (entertain, inform atau persuade)

 

  1. Audience

Adalah orang yang menghadiri dan menerima informasi atau berita yang disampaikan pada presentasi. Audience biasanya adalah public umum yang memiliki minat dan ketertarikan pada tema presentasi yang akan disampaikan.

 

 

1.  Tugas 3 :  Menyebutkan kegunaan dan fungsi naskah presentasi(KUK 1.2)

     Waktu  :  5.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

Terinci sesuai dengan format yang dianjurkan di buku

  

3. Instruksi Kerja     :

Sebutkan dan beri contoh dari tipe-tipe kegunaan dan fungsi naskah presentasi (KUK 1. 2)!

 

4.Jawaban Tugas 3   : 

 

Berikut adalah tipe-tipe kegunaan dan fungsi dari suatu isi naskah presentasi :

 

  1. Komersil

Bertujuan untuk memasarkan suatu produk ke masyarakat luas, misalnya : Demonstrasi Produk

 

  1. Informatif

Bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi baru kepada audience dengan harapan audience akan mengetahui dan memahami topik yang dipresentasikan, misalnya : Workshop, Seminar, Kuliah, dsb.

 

  1. Persuasif

Bertujuan untuk mengubah perilaku atau kebiasaan dari audience, misalnya: Kampanye, Penyuluhan narkoba, dsb.

 

  1. Entertaining

Bertujuan untuk menghibur peserta, berusaha agar peserta tetap memperhatikan kita

 

 

 

2.3     KUNCI  JAWABAN  TUGAS  SIKAP  KERJA. (  Seri .  A  )

 

 

1. Tugas 1  : Menjelaskan persyaratan bahasa ilmiah yang boleh dipakai pada naskah presentasi

     Waktu  :  5.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

Bahasa ilmiah yang dipakai mudah dimengerti dan memiliki koherensi kalimat, pengejaan, dan tanda baca yang benar

 

3.  Instruksi Sikap Kerja :

Menjelaskan persyaratan bahasa ilmiah yang boleh dipakai pada naskah presentasi

 

4. Jawaban Tugas 1  : 

 

Bahasa ilmiah harus memenuhi persyaratan :

 

  • Bahasa Ilmiah harus tepat dan tunggal makna, tidak remang nalar ataupun mendua.

Contoh:”penelitian ini mengkaji teknik pentajaman objek yang efektif dan efisien”

 

  • Bahasa Ilmiah mendefinisikan secara tepat istilah, dan pengertian yang berkaitan dengan suatu penelitian, agar tidak menimbulkan kerancuan.

 

  • Bahasa Ilmiah itu singkat, jelas dan efektif.

Contoh:”tulisan ini  (dilakukan dengan maksud untuk) membahas kecendrungan teknologi informasi menjelang abad ke-21”.

 

Catatan: kata-kata yang didalam kurung sebaiknya dihilangkan.

 

 

 

1. Tugas 2  : Mencetak dokumentasi presentasi yang sudah dibuat

     Waktu  :  5.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

Hasil jilid benar dan baik

 

3.  Instruksi Sikap Kerja :

Mencetak dokumentasi presentasi yang sudah dibuat

 

 

 

4. Jawaban Tugas 2  : 

 

Mencetak Slide

 

Untuk mencetak slide tersebut, setelah menentukan Page Setup, kita harus men-click menu File à Print atau dengan shortcut Ctrl+P.

 

Pada bagian ini anda harus menentukan printer yang akan digunakan pada printer name. Kita bisa juga menentukan properties dari printer kita. Berbeda printer maka akan berbeda pula properties dari printer ini. Apabila printer anda tidak muncul pada pilihan printer name, pastikan bahwa driver dari printer tersebut telah terinstal.

 

Selain itu, kita bisa menentukan apakah ingin mencetak seluruh isi dokumen, atau hanya sebagian pada kotak Print Range. Kita juga bisa menentukan berapa kali dokumen ini akan dicetak pada kotak Copies. Terdapat pula beberapa fungsi yang sama dengan fungsi pada Menu Print Preview, seperti Print What, Handouts, Scale to Fit Paper, dan Frame Slide.

Gambar Print

 

 

 

Setelah menentukan Print Setup, disarankan untuk melakukan preview sebelum menekan tombol OK, yaitu dengan menekan tombol Preview disudut kiri window. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kesalahan pencetakan.

 

 

1. Tugas 3  : Membuat laporan konfirmasi presentasi

     Waktu  :  5.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

Hasil laporan sesuai dengan persyaratan pada buku informasi

 

3.  Instruksi Sikap Kerja :

Menggunakan tips menulis laporan konfirmasi presentasi

 

4. Jawaban Tugas 3  : 

 

 

Di sini ada beberapa tips sederhana untuk menulis berbagai macam tulisan termasuk laporan:

 

  • Umumnya, apapun yang anda tulis, haruslah langsung ke inti permasalahan, jelas dan sederhana. Hindari pengantar yang panjang dan jangan menghabiskan waktu menjelaskan latar belakang dan sebagainya.

 

  • Pakailah bahasa yang pembaca anda mengerti.

 

  • Hindarilah kesalahan penyusunan kalimat karena dapat membuat kalimat terasa ambigu sehingga menyebabkan salah persepsi bagi pembaca.

 

  • Hindari akronim dan penyingkatan kata  kecuali sangat penting dan diperlukan.

 

  • Jenis font / bentuk tulisan akan memberikan gambaran yang berbeda. Jenis font Sans serif (seperti Arial, Helvetica dan Tahoma) kelihatan bersifat modern dan memberikan kesan modern. Jenis font Serif (seperti Garamond, Goudy dan Times New Roman), kelihatan tua dan cenderung memberikan kesan kurang modern.

 

  • Hindari jenis font yang terlalu rumit. Memang terlihat praktis dan inovatif tetapi akan sulit untuk dibaca dan beberapa diantaranya tidak mungkin terbaca.

 

  • Gunakan ukuran 10 – 12 untuk badan tulisan atau teks. Ukuran 14-20 dapat digunakan untuk judul, boleh ditebalkan dan untuk sub judul ukuran 10-12 ditebalkan.

 

  • Semua materi cetak akan terlihat berantakan jika menggunakan lebih dari dua jenis font yang berbeda dan dua jenis ukuran yang berbeda. Umumnya lebih sedikit lebih bagus.

 

  • Teks hitam pada latar putih adalah warna kombinasi yang paling mudah terbaca. Hindarilah jika mungkin untuk memakai latar berwarna dan hitam.

 

  • Hindari grafik atau gambar di latar yang ada dibelakang teks

 

  • Italics kurang mudah dibaca juga jenis yang terlalu tebal.

 

  • Jika aturan diatas harus dilanggar, lakukanlah hanya pada judul tulisan

 

  • Batas kata untuk menarik perhatian pada judul adalah tidak lebih dari 15 kata.

 

  • Buatlah posisi judul di antara 1/3 dari halaman di atas. Hal ini adalah tempat dimana mata secara alamiah mulai melihat lembaran.

 

  • Gunakan posisi rata kiri teks karena jenis ini yang paling mudah dibaca.

 

  • Hindari jenis rata kiri dan kanan karena akan menciptakan spasi antar kata yang tidak seimbang dan akan lebih sulit dibaca.

 

  • Ingatlah untuk menggunakan komunikasi tertulis yang efektif sehingga pembaca dapat mengerti dalam kata yang sesedikit mungkin.

 

 

 


2.4     Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Menjelaskan komponen materi naskah presentasi      
2 Menyebutkan orang-orang yang relevan dalam pembuatan naskah presentasi dan tugasnya masing-masing      
3 Menyebutkan kegunaan dan fungsi naskah presentasi      

 


2.5     CHECK LIST PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP KERJA

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

No.

Uraian   Materi  Check  List.

Penge-

tahuan

Keterampilan

Sikap

Kerja.

Ya./

Tidak

Ya./

Tidak

Ya./

Tidak

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

1. Menjelaskan komponen materi naskah presentasi

 

 1. Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?

2.

Apakah peserta pelatihan dapat melakukan komunikasi dengan baik?

3.

Apakah peserta pelatihan dapat memproses informasi dengan baik?

4.

Apakah peserta pelatihan dapat memberikan pertanyaan atau informasi dengan baik?

5.

Apakah peserta pelatihan sudah mengumpulkan, menganalisa, dan mengelompokkan semua informasi menurut prosedur dan criteria yang sudah ditentukan ?

6.

Apakah peserta pelatihan sudah memberikan ide dan informasi yang tepat sesuai dengan  standard  yang dibutuhkan ?

7.

 Apakah peserta pelatihan menggunakan sumber-sumber yang menguntungkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan ?

   

2. Menyebutkan orang-orang yang relevan dalam pembuatan naskah presentasi dan tugasnya masing-masing

 

1.

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?

2.

Apakah peserta pelatihan dapat melakukan komunikasi dengan baik?

3.

Apakah peserta pelatihan dapat memproses informasi dengan baik?  

4.

Apakah peserta pelatihan dapat memberikan pertanyaan atau informasi dengan baik?  

5.

Apakah peserta pelatihan mengenal orang-orang yang terkait dalam pembuatan presentasi?  

6.

Apakah peserta pelatihan  

7.

   

3. Menyebutkan kegunaan dan fungsi naskah presentasi

1.

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  

2.

Apakah peserta pelatihan dapat melakukan komunikasi dengan baik?  

3.

Apakah peserta pelatihan dapat memproses informasi dengan baik?  

4.

Apakah peserta pelatihan dapat memberikan pertanyaan atau informasi dengan baik?  

5.

Apakah peserta pelatihan sudah mengumpulkan, menganalisa, dan mengelompokkan semua informasi menurut prosedur dan criteria yang sudah ditentukan ?  

6.

Apakah peserta pelatihan sudah memberikan ide dan informasi yang tepat sesuai dengan  standard  yang dibutuhkan ?  

7.

 Apakah peserta pelatihan menggunakan sumber-sumber yang menguntungkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan ?  

Jakarta,  ……………2008

Peserta  pelatihan,                                          Penilai,

 

(………………………)                                    (…………………..)

 


2.6     LEMBAR  HASIL  PENILAIAN

 

- Unit Kompetensi           :  Menulis Atau Menyalin Isi Naskah

 

- Kode Unit Kompetensi   :   TIK.MM02.025.01

 

 

- Nama Peserta Pelatihan :   ……………………………………………………

 

- Nama Pelatih                :   …………………………………………………….

 

 

- Kompetensi yang dicapai         :   Kompeten  :                   /  Belum Kompeten  :

 

-          Umpan Balik Untuk Peserta Pelatihan :

 

 

 

 

 

 

Tanda  tangan peserta   :

 

 

Peserta sudah diberitahu tentang hasil penilaian dan alas an-alasan pengambilan keputusan  dari penilai.

 

Tanda tangan Penilai :

 

 

Tanggal :

 

Saya sudah diberitahu tentang hasil penilaian dan alasa n pengambilan keputusan tersebut.

 

Tanda tangan Peserta Pelatihan :

 

 

Tanggal :

 


Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

A. Data Buku  Manual :

-

 

B. Data Buku Pendukung Teori.

 

- Lihat pada Modul Buku Informasi Menulis Atau Menyalin Isi Naskah

 

C. Website Yang Dapat Dikunjungi.

  • http://www.headstart4u.net
  • http://www.ialf.edu
  • http://www.pancaroba.com
  • http://www.ilmukomputer.com
  • http://www.jasakom.com
  • http://www.mediadiknas.go.id
  • http://www.cs.ui.ac.id

 


LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

Testimoni

Filed under : blog, tags: