Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Menjelaskan Konsep Dan Teknik Dasar Pemograman TIK.OP03.001.01

Apr
16
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER

 

 

 

MENJELASKAN KONSEP DAN TEKNIK DASAR PEMOGRAMAN

TIK.OP03.001.01

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

DAFTAR ISI. 1

 

BAB I STANDAR KOMPETENSI 2

1.1     Unit Kompetensi Yang Dipelajari 2

1.1.1   Kode dan Judul Unit 2

1.1.2   Deskripsi Unit 2

1.1.3   Elemen Kompetensi 2

1.1.4   Batasan Variabel 3

1.1.5   Panduan Penilaian. 3

1.1.6   Kompetensi Kunci 4

 

BAB II  TAHAPAN BELAJAR   5

 

BAB III TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA 8

3.1     Tugas Teori 8

3.2     Tugas Unjuk Kerja. 12

3.3     Daftar Cek Unjuk Kerja. 13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

 

 

 

1.1     Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan  untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

 

 

1.1.1      Kode dan Judul Unit

Kode Unit     :   TIK.OP03.001.01

Judul Unit     :   Mampu Menjelaskan Konsep dan Teknik Dasar Pemrograman

 

 

1.1.2      Deskripsi Unit

Unit ini akan menentukan kompetensi yang berkaitan dengan mempelajari algoritma pemograman yang akan diterapkan namun independen terhadap bahasa pemograman yang akan dipakai. Pada tingkat ini dibatasi pada kemampuan penguasaan algoritma dengan struktur data sederhana.

 

 

1.1.3      Elemen Kompetensi

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kriteria unjuk kerja (KUK) untuk masing-masing elemen:

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Mengidentifikasi Varian 1.1  Tipe data, konstanta dan parameter yang berlaku umum dapat diidentifikasi.

1.2.   Tipe data yang sudah ada digunakan dan tipe data baru dapat dibuka.

1.3.   Pemakaian nama pada tipe data, variabel, konstanta dan parameter diaplikasikan.

 

 

 

 

02     Membuat alur logika pemrograman 2.1  Algoritma dibuat/ditulis menggunakan skema program sekuensial. Pemograman sekuensial adalah pemograman yang hanya memiliki proses baca tulis (input output) ke alat standar dan memproses formula ekspresi

2.2. Algoritma dibuat/ditulis menggunakan skema percabangan (mis, IF – THEN, IF – THEN – ELSE, CASE, SWITCH, dan sebagainya).

2.3 Algoritma dibuat/ditulis menggunakan skema pengulangan (mis, FOR – DO, WHILE – DO, DO – WHILE, REPEAT – UNTIL, dan sebagainya).

 

03     Membuat program dengan array 3.1   Program dibuat dengan array satu dimensi

3.2.   Pencarian data (searching) dapat dilakukan dan data (sorting) dalam array diurutkan.

 

04     Menggunakan Prosedur dan Fungsi 4.1      Program dibuat dengan menggunakan prosedur.

4.2      Program dibuat menggunakan fungsi.

4.3      Program dibuat menggunakan prosedur dan fungsi secara bersamaan.

 

 

 

1.1.4      Batasan Variabel

Batasan variabel dalam bahasan ini adalah:

  1. Unit ini berlaku untuk sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi bidang operator.
  2. Mampu menjelaskan konsep dan teknik dasar pemograman ini terbatas pada pembuatan algoritma pembuatan program dasar.

 

 

1.1.5      Panduan Penilaian

Panduan penilaian terdiri dari :

  1. 1.     Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk mendemostrasikan kompetensi, diperlukan bukti keterampilan dan pengetahuan dibidang :

1.1   Matematika dasar dan matematika logika.

1.2   Menggambar flowchart

 

 

  1. 2.     Konteks penilaian

Dalam penilaian unit ini harus mencakup uji keterampilan baik secara langsung ataupun melalui simulasi. Unit ini harus didukung oleh serangkaian metode untuk menilai pengetahuan penunjang dalam bidang algoritma pemograman.

 

  1. 3.     Aspek penting penilaian

Dalam melaksanakan penilaian pada unit kompetensi ini harus mempertimbangkan:

3.1   Kemampuan mengidentifikasi varian dan invarian yang berlaku umum pada pemograman.

3.2   Kemampuan membuat alur logika pemograman sekuensial dan pembuatan algoritma.

3.3   Kemampuan pengolahan array pada program

3.4   Kemampuan penggunaan prosedur dan fungsi pada pemograman.

 

 

  1. 4.     Kaitan dengan unit-unit lainnya

Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit kompetensi yang berkaitan dengan pemograman.

 

 

1.1.6      Kompetensi Kunci

 

NO KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

3

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

3

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

3

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika

1

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  1. Penyajian bahan, pengajaran dan peserta harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengerti mengenai konsep – konsep dasar pemograman beserta teknik – tekniknya.
  4. Peserta belajar untuk mengidentifikasi berbagai macam tipe data, konstanta, parameter, dan variabel yang ada pada dasar pemograman.
  5. Peserta mempelajari dan mengerti mengenai pembuatan alur logika pemograman yang digunakan di dalam dasar pemograman.
  6. Peserta mempelajari bagaimana menggunakan array dalam pemograman baik itu dengan searching dan sorting.
  7. Peserta dapat menggunakan prosedur dan fungsi dengan benar.

 

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

Identifikasi tipe data, konstanta, dan parameter yang berlaku umum. Mengidentifikasi berbagai macam tipe data, konstanta dan parameter yang akan digunakan.
  • Mencari informasi tentang tipe data, konstanta dan parameter.
  • Mencari informasi tentang cara – cara penggunaannya.
  • Buku tentang tipe data, konstanta dan parameter.
 

  • Internet
Dapat memahami dalam penggunaan nya.
1.2

 

 

 

 

Menggunakan tipe data yang sudah ada dan membuka tipe data yang baru. Mampu menggunakan tipe data dan dapat mengaplikasikannya di dalam program.
  • Mencari informasi di buku dan internet mengenai tipe data.
  • Buku tentang penggunaan tipe data.
 

  • Internet

 

 

 

 

 

 

1.3 Mengaplikasikan pemakaian nama pada tipe data, variable dan konstanta Mampu mengaplikasikan pemakaian nama tipe data, variable dan konstanta dalam penggunaan program.
  • Membaca buku mengenai penamaan pada tipe data, variable dan konstanta.
  • Mencari informasi  di internet
  • Buku tentang pemakaian nama pada tipe data, variable dan konstanta.
  • internet
2.1 Membuat algoritma dengan skema program sekuensial

 

Mengetahui pengertian sekuensial
  • Membaca buku mengenai algoritma sekuensial
    • Mencari informasi tentang tentang algoritma sekuensial di internet
    • Buku tentang algoritma sekuensial
 

  • Internet

 

 

Mengetahui perbedaan sekuensial dengan algoritma yang lain
Mampu membuat algoritmanya
2.2 Membuat algoritma dengan menggunakan skema percabangan

 

Dapat melakukan percabangan di dalam pemograman
  • Membaca buku algoritma percabangani
  • Melakukan percabangan di dalam pemograman

 

  • Buku tentang percabangan

 

  • Internet

 

2.3 Membuat algoritma dengan menggunakan skema pengulangan Mengetahui konsep dalam pengulangan.
  • Membaca buku tentang pengulangan
  • Melakukan latihan dengan praktek secara langsung
  • Internet
 

  • Buku tuntunan algoritma pengulangan

 

Dapat membuat algoritma dengan pengulangan
3.1 Membuat program dengan array satu dimensi

 

Mengetahui cara kerja array di dalam program khususnya array satu dimensi
  • Membaca buku tentang array satu dimensi
  • Melakukan latihan di dalam programnya langsung

 

  • Internet

 

  • Buku mengenai array satu dimensi

 

Mampu membuat program dengan menggunakan array satu dimensi

 

 

 

3.2 Melakukan searching dan sorting dengan array Dapat membuat program yang menggunakan searching dan sorting dengan array
  • Buka aplikasi yang telah diinstall
  • Membaca buku tentang searching dan sorting dengan array

 

  • Internet

 

  • Buku tentang RedHat Linux 9.0

 

4.1 Membuat program dengan menggunakan prosedur Dapat memahami prosedur – prosedur yang akan digunakan dalam pembuatan program
  • Membaca buku mengenai tuntunan prosedur pembuatan program.
  • Internet
 

  • Buku tentang prosedur dalam pembuatan program

 

4.2 Membuat program dengan menggunakan fungsi Memahami penggunaan fungsi di dalam program
  • Membaca buku mengenai fungsi di program
  • Mencari informasi di internet
  • Internet
  • Buku tentang fungsi di dalam program
4.3 Membuat program dan fungsi secara bersamaan

 

Dapat menggabungkan pembuatan prosedur dan fungsi untuk menunjang dalam membangun sebuah program
  • Membaca buku mengenai penggabungan prosedur dan fungsi.
  • Menerapkannya di dalam program yang akan dibuat
  • Internet
 

  • Buku tentang penggabungan prosedur dan fungsi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

 

 

3.1     Tugas Teori

Bacalah soal-soal berikut dengan seksama dan kerjakanlah dengan tepat!

 

  1. Kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan, yaitu: (KUK 1.1)
    1. Program
    2. Aplikasi
    3. Data
    4. Software

 

  1. Berikut ini merupakan subnet karakter ASCII, kecuali: (KUK 1.1)

a. Huruf besar

b. Huruf kecil

c. Angka

d. Simbol

3.    Berapakah panjang maksimum huruf besar: (KUK 1.1)

  1. 30
  2. 31
  3. 32
  4. 33

 

  1. Berkut ini merupakan contoh penulisan identifier yang benar, kecuali: (KUK 1.1)
    1. Kampus
    2. _jumlah
    3. 3m
    4. tarif_Pph

 

5.    ‘H’ merupakan contoh konstanta sebuah: (KUK 1.1)

  1. Character constant  
  2. String constant
  3. Integer constant
  4. Float constant

 

6.    Suatu pengenal yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program yaitu: ( KUK 1.1)

  1. Parameter
  2. Konstanta

 

  1. Variabel
  2. Tipe data

 

  1. Berikut ini merupakan penamaan variabel yang benar, kecuali: ( KUK 1.1)
    1. NIM
    2. 80mahasiswa
    3. a
    4. f4

 

  1. Untuk mengetahui ukuran memori suatu tipe digunakan fungsi: ( KUK 1.2)
    1. TypeOf
    2. sizeof  
    3. size
    4. type cast

 

  1. Contoh dibawah yang menunjukkan deklarasi sebuah variabel bertipe double yaitu: ( KUK 1.3)
    1. Int x;
    2. Char y;
    3. Double beta;
    4. Float nilai

 

  1. Berikut ini merupakan berbagai macam tipe – tipe percabangan, kecuali: (KUK 2.2)
    1. for
    2. if
    3. else
    4. switch case

 

  1. Bentuk umum if yaitu: (KUK 2.2)
    1. If ( kondisi )

 

( kondisi );

  1. If ( kondisi )
  2. Kondisi ( pernyataan )

If ( pernyataan terakhir );

  1. If ( pernyataan, kondisi );

(pernyataan);

 

  1. Pernyataan yang digunakan untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan berdasarkan nilai dari sebuah ungkapan dan nilai penyeleksian adalah: (KUK 2.2)
    1. if
    2. switch
    3. else
    4. if else

 

 

  1. Untuk contoh program dibawah jika dimasukkan inputan angka 16, maka hasil yang akan ditampilkan adalah: (KUK 2.2)

 

Void main()

{

Int usia;

Printf(“Berapa usia anda:”);

Scanf(“%d”, usia);

If ( usia < 17 )

Printf(“anda tidak diperkenankan menonton”);

Else

Printf(“selamat menonton”);

}

 

  1. Berapa usia anda ? 16

Anda tidak   diperkenankan nonton

  1. Anda tidak diperkenankan nonton karena usia anda 16
  2. Berapa usia anda ? 16

Selamat menonton

  1. 16, anda diperkenankan nonton

 

  1. Berikut ini merupakan perintah atau notasi dalam struktur pengulangan, kecuali: (KUK 2.3)
    1. while
    2. loop
    3. for
    4. go to

 

 

  1. Didalam pernyataan do..while, minimal berapa kalikah pernyataan akan dieksekusi: ( KUK 2.3)
    1. 1 kali
    2. 2 kali
    3. 3 kali
    4. 4 kali

 

 

 

  1. Proses pengulangan yang akan dilakukan berkali – kali ( looping ) tanpa penggunaan kondisi apapun, terjadi didalam: (KUK 2.3)
    1. while
    2. for
    3. do..while
    4. go to

 

  1. Pernyataan yang digunakan untuk melakukan lompatan ke suatu pernyataan berlabel yang ditandai dengan tanda “:”, yaitu: (KUK 2.3)
    1. for
    2. while

 

  1. Do..while
  2. Go to

 

  1. Sekumpulan data yang mempunyai nama dan tipe yang sama disebut: (KUK 3.1)
    1. Variabel
    2. Array
    3. Konstanta
    4. Statement

 

  1. Pada array menggunakan tanda: (KUK 3.1)
    1.  ( )
    2. { }
    3. [ ]
    4. < >

 

  1. Proses mendapatkan informasi berdasarkan kunci tertentu dari sejumlah informasi yang telah disimpan, yaitu: (KUK 3.2)
    1. Searching  
    2. sorting
    3. looping
    4. shorting

 

  1. Pencarian data yang dimulai dari pertengahan data yang telah terurut, yaitu: (KUK 3.2)
    1. Sequential search
    2. Binary search 
    3. Middle search
    4. Short search

 

  1. Proses untuk mengurutkan data sesuai aturan tertentu disebut: (KUK 3.2)
    1. searching
    2. sorting 
    3. Looping
    4. Tidak ada yang benar

 

 

  1. Pada putaran pertama cari data terkecil dan dipertukarkan dengan data posisi pertama ( pada [0] ), pertukaran data hanya dilakukan setelah putaran selesai, disebut:  (KUK 3.2)
    1. Bubble sort
    2. Selection sort
    3. Merge sort
    4. Sequential sort

 

 

 

 

 

 

  1. Sekumpulan perintah operasi program yang dapat menerima argument input dan dapat memberikan hasil output yang dapat berupa nilai ataupun sebuah hasil operasi disebut: (KUK 4.2)
    1. Fungsi
    2. prosedur
    3. program
    4. pencarian

 

  1. parameter_list yang terdapat pada fungsi bersifat: ( KUK 4.2)
    1. abstrak                c. opsional
    2. normal                 d. terbatas

 

Bobot nilai untuk setiap soal teori di atas adalah 2, jadi total nilai untuk soal teori adalah 50.

 

 

3.2     Tugas Unjuk Kerja

 

Dalam tugas ini, anda diharapkan dapat membuat konsep dan teknik – teknik dasar pemograman . Dengan mengunakan berbagai varian, alur – alur logika pemograman, array, prosedur dan fungsi agar dapat membangun suatu program yang sangat akurat dan bermanfaat. Maka buatlah suatu program yang mencangkup semua yang terdapat pada hal – hal diatas yang telah disebutkan terlebih dahulu

Tugas Anda sekarang adalah:

1)       (20) Identifikasi tipe data, konstanta, variable yang akan digunakan serta gunakan pemakaian nama pada tipe data, konstanta dan variable yang akan diaplikasikan (KUK 1.1, KUK 1.2, KUK 1.3)

 

2)       (30) Dengan menggunakan alur logika pemograman, gunakan lah untuk mengaplikasikan nya di dalam program. (KUK 2.1, KUK 2.2, KUK 2.3)

 

3)       (25) Setelah itu, gunakan lah penggunaan array agar pemograman lebih efisien  (KUK 3.1,KUK 3.2)

 

4)       (25) Setelah itu buatlah prosedur dan fungsi di dalam program (KUK 4.1, KUK 4.2, KUK 4.3)

 

 

 

 

3.3    Daftar Cek Unjuk Kerja

 

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit : TIK.OP03.001.01
Judul Unit : Menjelaskan Konsep dan Teknik Dasar Pemograman
Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1  Mengidentifikasi  Varian

1.1  Tipe data, konstanta dan parameter yang berlaku umum dapat diidentifikasi.

1.2  Tipe data yang sudah ada digunakan dan tipe data baru dapat dibuka.

1.3  Pemakaian nama pada tipe data, variabel, konstanta dan parameter diaplikasikan.

2  Membuat alur logika pemrograman

2.1  Algoritma dibuat/ditulis menggunakan skema program sekuensial. Pemograman sekuensial adalah pemograman yang hanya memiliki proses baca tulis (input output) ke alat standar dan memproses formula ekspresi    

2.2  Algoritma dibuat/ditulis menggunakan skema percabangan (mis, IF – THEN, IF – THEN – ELSE, CASE, SWITCH, dan sebagainya).    

2.3  Algoritma dibuat/ditulis menggunakan skema pengulangan (mis, FOR – DO, WHILE – DO, DO – WHILE, REPEAT – UNTIL, dan sebagainya).    
3  Membuat program dengan array

3.1  Program dibuat dengan array satu dimensi    

3.2  Pencarian data (searching) dapat dilakukan dan data (sorting) dalam array diurutkan

 

 

4  Menggunakan Prosedur dan Fungsi

4.1  Program dibuat dengan menggunakan prosedur.    

4.2  Program dibuat menggunakan fungsi    

4.3  Program dibuat menggunakan prosedur dan fungsi secara bersamaan.    
Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

Testimoni

artikel lainnya Menjelaskan Konsep Dan Teknik Dasar Pemograman TIK.OP03.001.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Sunday 18 September 2011 | blog

lab komputer sma warga KOMPETENSI DASAR Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) KEMENTERIAN PENDIDIKAN ReadMore >>Testimoni…

Saturday 26 October 2013 | blog

YAYASAN PENDIDIKAN WARGA SURAKARTA SMA WARGA SKA JL. MONGINSIDI No. 21 TELP. 638873 SURAKARTA 57128 RENCANA…

Friday 12 June 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI             MELAKUKAN…

Saturday 9 June 2012 | blog

    SURAT KESEPAKATAN   Surat Kesepakatan ini dibuat antara Manajemen BES, dalam hal ini diwakili…