Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

Advertisement

SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER

 

 

MENGOPERASIKAN UTILITAS DASAR UNTUK BACK UP, RESTORE, DATA RECOVERY

TIK.OP02.018.01

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

DAFTAR ISI. 2

BAB I. 3

KONSEP PENILAIAN. 3

1.1       Bagaimana Penilai Akan Menilai 3

1.2       Tipe Penilaian. 3

BAB II. 8

PELAKSANAAN PENILAIAN. 8

2.1    Kunci Jawaban Tugas Tertulis (Seri A) 8

2.2      Kunci Jawaban  Tugas  Unjuk Kerja dan Sikap Kerja (  Seri.  A  ) 9

2.3   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik) 16

2.4    Check List Teori dan Praktek. 17

LEMBAR PENILAIAN. 18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

1.1     Bagaimana Penilai Akan Menilai

 

Dalam sitem pelatihan berbasis kompetensi kerja, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan anda, unjuk kerja aktivitas  tugas-tugas / keterampilan anda dan sikap kerja anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan, apakahg anda telah mencapai kompetensi sesuai standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berbasiskan kompetensi kerja , pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah ” Penilaian berdasarkan kriteria / Criterion – Referenced Asessment ” .  Pendekatan ini mengukur unjuk kerja anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian formatif

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar / berlatih anda. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian Sumatif

Penilaian juga  dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah anda telah mencapai hasil dari program belajar dan berlatih ( contohnya pencapaian kompetensi dalam unit komptensi ). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

 

1.2     Tipe Penilaian

 

1.2.1   Tes  Tertulis (Knowledge)

 

Dalam tes tertulis, akan menilai pengetahuan anda dan pemahaman konsep serta prisip yang merupakan dasar  unjuk kerja dalam melakukan  tugas pekerjaan anda yang dijelaskan dalam  pengetahuan (knowledge) pada kriteria unjuk kerja.

Tes tertulis biasanya berupa seri-seri pertanyaan pilihan ganda dan/ atau beberapa bentuk tes obyektif lainnya, yaitu dimana setiap pertanyaan tertulis memiliki satu jawaban yang benar.

Penilaian tes obyektif tertulis pada  umumnya   mempunyai   kisi-kisi   dengan 3 (tiga) tingkatan  kesulitan,  yaitu :

1). Soal Mudah

Adalah  menghafal tanpa mengerti apa maksudnya, menyebutkan bagian-bagian   suatu   alat,    benda,     nama mesin,   memberi nama,   memberi nomor, menjodohkan informasi faktual dengan kejadian.

 

2). Soal  Sedang

Adalah  mampu mengenal dan mengerti fungsi  sesuatu / poses   sesuatu, membandingkan,   memberikan,   membedakan,   menemukan   keuntungan   dan kerugian serta memberi fisualisasi fungsi / proses.

 

3). Soal  Sulit

Adalah  merupakan  problem solving,   menganalisis   kesalahan   dan  kerusakan, mencari pemecahan,   meramalkan   kondisi   yang   tidak menguntungkan, mencari penyebab,   menggunakan   pertimbangan   dan    mengevaluasi. Rentangan  nilai tes tertulis, yaitu  0  -  1,   artinya  nilai setiap  soal tertulis yang   dinyatakan   benar   (kompeten)   mempunyai   nilai   1  (satu),   dan   yang dinyatakan    salah  (belum kompeten)  mempunyai nilai 0 (nol).

 

1.2.2.    Tes  Unjuk  Kerja  (praktek keterampilan/keahlian)

 

Dalam tes unjuk kerja , akan menilai kompetensi anda dalam menampilkan tugas pekerjaan  dari elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam keterampilan  (skill) pada kriteria unjuk kerja. Oleh sebab itu, anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman anda terhadap  unjuk kerja  anda.

 

Penilaian biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen kompetensi sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi anda, dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika anda dinyatak kompeten, dan merencanakan pelatihan ulang jika anda belum dinyatakan kompeten pada kesempatan pertama ini.

 

 

Daftar Cek Unjuk Kerja, berisi :

1). Masing-masing elemen kompetensi dengan  sebaran  kriteria  unjuk  kerja harus kompeten.

2). Setiap tugas yang sedang dilaksanakan, penilai  akan mengisi daftar cek analisis elemen kompetensi yang telah disiapkan untuk menentukan kompetensi kerja anda dan umpan balik unjuk kerja anda. untuk setiap soal/perintah untuk melakukan unjuk kerja  dinyatakan benar mempunyai

3). Untuk memberi cacatan bagi diri anda dan penilai  anda.

4). Ketika tugas dari setiap indikator kerja tidak dilaksanakan sesuai standar kriteria keterampilan/kehlian secara  benar, maka  rencana pelatihan kerja ulang  akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

Untuk setiap  soal / perintah   untuk melakukan unjuk kerja   mempunyai rentang nilai 0 (nol)  -  1 (satu). Bila anda melaukan untuk kerja  dinyatakan   benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan bila dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

 

1.2.3.    Tes Sikap Kerja (Attitude)

 

Dalam   tes   sikap kerja ,   akan   menilai   kompetensi   anda   dalam menampilkan sikap kerja dari   elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam sikap (attitude)  pada kriteria unjuk kerja. Penilaian sikap kerja dapat dlakukan dalam waktu relatif pendek (efektif) berdasarkan atas instruksi sikap  kerja yang harus anda lakukan dalam waktu yang telah ditentukan.

 

Sikap kerja merupakan unsur kompetensi kerja yang agak sulit menilainya,   namun demikian perlu  dimulai  dari sekarang,   karena kita harus mengacu    pada   Standar Kompetensi  Kerja  Nasional  Indonesia (SKKNI)   yang telah ditetapkan,  yaitu kemampuan seseorang yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian dan sikap kerja sesuai pelaksanaan tugas dan syarat jabatan.

 

Penilaian sikap kerja, dilakukan selain melalui pemahaman sikap kerja secara tertulis , kemampuan aspek sikap ditujukan untuk meningkatkan kinerja seseorang (anda) dimasa mendatang dalam arti yang sebenarnya, dan tidak dianggap lagi sudah menyatu dengan keterampilan /  keahlian.

 

Anda terampil atau memiliki keahlian yang bagus,  tetapi sikap  kerja anda tidak kompeten, ini ada sesuatu  yang salah pada diri anda, termasuk penilai anda juga punya andil atas kesalahan penilaian kompetensi terhadap diri anda.

 

 

Penilaian sikap kerja

 

Dilakukan untuk kurun waktu yang tidak terlalu panjang terhadap kriteria attitude / sikap perilaku yang mudah diamati seperti pada waktu mengerjakan pekerjaan yang dilakukan sesuai tugas atau perintah sikap dari kriteria unjuk kerja pada elemen kompetensi,  adalah  sebagai  berikut :

 

 

 

 

 

 

 

1). Pengamatan sikap kerja

 

a.   Untuk Jaminan Keselamatan (Saffety Insurance)

 

No.

Sikap untuk Jaminan Keselamatan

Benar

Salah

Keterangan

1.

Penggunaan pakaian kerja.      

2.

Kerapihan dan kebersihan tempat kerja      

3.

Penataan alat-alat kerja.      

4.

Penataan bahan-bahan kerja.      

5.

Tertib sesuai aturan / prosedur/ standar.      

6.

Ketepatan waktu kerja.      

7.

Sopan, ramah, lembut dan saabar.      

8.

Teliti, cermat, hati-hati.      

9.

Obyektif, akurat.      

10.

Bakat, minat dan temperamen kerka.      

 

b.  Untuk Jaminan Kualitas (Quality Insurance)

 

No. Sikap untuk Jaminan Kualitas Benar Salah Keterangan

1.

Penerimaan / kesadaran/ kemauan..      

2.

Partisipasi/ kepatuhan, ikut secara aktif.      

3.

Penilaian / penentuan sikap.      

4.

Organisasi / bertanggung jawab.      

5.

Pembentukan pola /disiplin pribadi.      

 

Rentang nilai sikap dengan pengamatan langsung untuk memenuhi jaminan keamanan ( saffety insurance ) dan jaminan kualitas ( quality insurance ), yaitu :  0 (nol) – 1 (satu). Pada setiap soal sikap kerja yang dinyatakan benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan yang dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

2). Wawancara dan/atau Tes  Tertulis Sikap Kerja

 

Wawancara dan/atau Tes tertulis tentang pemahaman atau pengetahuan  materi sikap kerja untuk jaminan keselamatan dan jaminan kualitas (Saffety and Quality Insurance) dalam aktivitas tugas pekerjaan / perintah elemen kompetensi sesuai kriteria unjuk kerja setiap unit kompetensi, agar kinerja seseorang (anda) meningkat  lebih baik lagi.

 

Wawancara atau tes tertulis dapat  dalam satu  atau beberapa bentuk tes obyektif materi sikap kerja, mempunyai rentang nilai 0 (nol) – 1 (satu).

 

Setiap   soal   pertanyaan   yang   dinyatakan  benar   (kompeten)   mempunyai nilai  1 (satu)   dan   yang   dinyatakan   salah   (belum kompeten)     mempunyai nilai  0 (nol).

 

Hasil nilai sikap kerja dapat  diperoleh dengan kombinasi pengamatan sikap kerja berdasarkan atas instruksi sikap kerja   dengan tes tertulis, yaitu :

 

  • Nilai akhir sikap kerja  =  Nilai pengamatan benar  + Nilai  tertulis benar

2.

1  +   1

=     ———–      =     1  (satu) /   atau kompeten.

2.

  • Atau nilai akhir sikap kerja tertulis  benar = 1 (satu) / atau kompeten

 

  • Atau nilai akhir hasil pengamatan sikap kerja  benar  = 1 (satu) / atau kompeten


BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

 

2.1    Kunci Jawaban Tugas Tertulis (Seri A)

 

Soal

Nomor

Kunci  Jawaban  Tugas  tertulis.

Keterangan  Nilai

a

b

c

d

Benar

Salah

1.

X

   

2.

X

   

3.

X

   

4.

X

   

5.

X

   

6.

X

   

7.

X

   

8.

X

   

9.

X

   

10.

X

   

11.

X

   

12.

X

   

13.

X

   

14.

X

   

15.

X

   

16.

X

   

17.

X

   

18.

X

   

19.

X

   

20.

X

   

21

X

   

22

X

   

23

X

   

24

X

   

25

X

   

 

 


2.2     Kunci Jawaban  Tugas  Unjuk Kerja dan Sikap Kerja (Seri A)

 

Tugas 1 :  Menjelaskan tentang system recovery Windows.

 

1. Waktu  :  15.  menit.

 

2. Standar Kriteria   :

Terjawab dan terselesaikan dengan benar

 

3. Instruksi Kerja     :   

Uraikan dan jelaskan cara:

a. Masuk ke dalam system recovery Windows.(KUK 2.2)

b. Mematikan semua Sytem Restore pada partisi. (KUK 2.2)

c. Cara membuat restore point secara manual. (KUK 2.2)

d. Menjalankan system restore (KUK 2.2)

 

4. Jawaban Tugas 1  : 

Uraikan dan jelaskan cara:

a. Masuk ke dalam system recovery Windows.

System Restore dapat diakses melaui menu Start à All Programs à System Tools à System Restore.

 

b. Mematikan semua Sytem Restore pada partisi.

System Restore dapat diakses melaui menu Start à All Programs à System Tools à System Restore. à System Restore Settings

 

 

 

Pada halaman ini, kita dapat mematikan semua Sytem Restore pada partisi dengan memberikan tanda centang pada pilihan Turn off system restore on all drives (dibagian paling atas). Atau secara manual mematikan System Restore satu persatu pada masing masing partisi. Caranya :

a)  Pilih partisi yang ada di kolom Available drives. Lalu tekan tombol setting di sebelah kanan

b)  Kemudian berikan tanda centang pada pilihan Turn off System restore on this drive

c)  Sebagai catatan: pada partisi dimana Windows di instal hal ini dapat dilakukan. Satu-satunya cara mematikan partisi ini adalah dengan mengikut langkah ketiga dimana system restore pada semua partisi ikut dimatikan.

 

c. Cara membuat restore point secara manual.

Cara membuat restore point secara manual adalah sebagai berikut:

1)  Tekan menu Start

2)  Pilih All Program, Accesories, System Tools, System Restore.

3)  Setelah System restore Wizard terbuka berikan tanda pada Create a restore point, dan tekan tombol Next

4)  Berikan nama pada restore point yang Anda buat, tekan Next

5)  Kemudian tekan tombol Create. Restore point yang Anda buat akan dicatat sebagai restore point  pada jam dan waktu pembuatan dilakukan

d. Menjalankan system restore

System Restore dapat digunakan baik dalam modul normal atau safe mode. Untuk mengakses  System Restore dari modul normal:

1)  Pilih menu Start, All Program, Accessories, System Tools, System Restore.

2)  Setelah itu pada pilihan dikanan atas pilih Restore My Computer to an earlier time. Tekan Next.

3) Tentukan waktu dimana sistem ingin dikembalikan.

 

4)  Jika sudah yakin tekan tombol Next, sampai kemudian System Restore akan berjalan.

5) Setelah selesai menjalankan restorasi akan muncul layar memberikan laporan.

Untuk menjalankan System Restore pada halaman Safe Mode, Anda dapat langsung menekan pilihan tersebut pada saat akan masuk dalam Safe Mode. System Restore dalam Safe Mode sangat berguna bila ternyata kerusakan yang ada membuat Anda tidak dapat melakukan booting sebagaimana normalnya. Sehingga dapat kembali dengan mudah ke keadaan sebelum booting gagal.

 

Tugas 1 :  Menjelaskan langkah kerja dalam melakukan konfigurasi jam, tangan dan pengaturan drive.

 

1. Waktu  :  15.  menit.

 

2. Standar Kriteria   :

Terjawab dan terselesaikan dengan benar

 

3. Instruksi Kerja     :

Uraikan tentang penggunaan salah satu software data recovery GetBackData dan 4 pilihan yang ada didalamnya serta tunjukan langkah-langkah untuk mengembalikan data yang terhapus dengan delete (KUK 3.2)

                                 

 

 

 

4. Jawaban Tugas 1  : 

Pertama-tama download free demo version dari GetDataBack. Terdapat 2 versi, yaitu GetDataBack FAT dan GetDataBack NTFS. Bila anda tidak mengetahui apakah drive anda FAT atau NTFS, maka ada sedikit petunjuk untuk anda. Bila system operasi pada drive bermasalah anda adalah Window 95, 98, ME atau Compact Flash Card, USB Stick, drive eksternal yang tidak pernah anda format, floopy disk. Sistem file yang sering dipakai adalah FAT maka gunakan GetDataBack FAT. Bila system operasi anda adalah Window NT, 2000,atau XP maka kemungkinan system file nya menggunakan NT. Oleh karena itu anda harus menggunakan  GetDataBack NTFS. Window XP dapat menggunakan kedua jenis system file di atas. Tetapi pada umumnya, drive yang lebih besar dari 32 GB menggunakan NTFS. Jika anda masih tidak yakin, maka tidak berbahaya untuk mencoba salah satu versi. Bila setelah proses scan di langkah 2 tidak menemukan entry system file yang berguna maka ulangilah dan coba versi yang lain. Install GetDataBack pada Master Boot(C:) dari komputer recovery yang digunakan.

Menjalankan GetDataBack

Mulai menjalankan GetDataBack dengan meng-klik Start à All Programs à GetDataBack maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

 

 

 

Terdapat 4 pilihan pada GetDataBack, yaitu:

1. I don’t know, use default setting

Pilihan ini untuk pemula pemakai software GetDataBack. GetDataBack akan mengambil semua langkah dari 3 langkah pilihan yang ada.

2. Systematic file system damage

Pilihan ini diambil bila media penyimpanan atau hard disk storage telah dilakukan format atau ada hilangnya partisi. Bahkan sistem hard disk anda tidak memiliki partisi lagi dapat mengunakan GetDataBack untuk melakukan recovery file dengan syarat hard disk anda memang masih dapat bekerja.

3. Sustained file system damage

Kondisi paling parah yang dapat terjadi dimana file yang ada pada sistem hard disk sudah tertimpa data baru, misalnya dengan menginstall OS. Walaupun sangat tipis kemungkinannya menemukan data yang telah terhapus, diharapkan masih sedikit tersisa data anda yang dapat diselamatkan oleh GetDataBack.

4. I want to recover Delete file

Cara ini paling umum terjadi karena data terhapus. GetDataBack dapat melakukan recover data baik file maupun direktori untuk dikembalikan utuh seperti semula termasuk nama file dan nama direktory.

Kemudian tekan Next.

Mengembalikan Data yang Terhapus Karena Delete dengan GetDatBack

Untuk mengembalikan file karena terhapus tidak sengaja, ada 4 langkah melakukan recovery dengan GetDataBack.

Langkah pertama adalah memilih kondisi penyelamatan yaitu dengan pilihan I want to recover Delete file.

Langkah kedua akan ditampilkan letak suatu data pada sebuah media penyimpanan misalnya hard disk. Anda dapat memilih drive letter dari letak data yang ingin diselamatkan. Berikut adalah tampilan yang muncul dari langkah kedua.

 

Langkah ketiga akan menampikan kondisi data anda, bila indikator menunjukan warna hijau maka data dapat dikembalikan secara utuh.

 

Langkah keempat adalah mencari nama file dan directory dari daftar software GetDataBack. Dan anda cukup meng-copy file yang anda inginkan untuk di-backup ke media atau storage lain

 

 

Pada test undelete GetDataback untuk NTFS, semua file yang akan di-recovery dapat dikembalikan dengan nama-nama file seperti semula. Untuk kecepatan melakukan recovery data yang terhapus, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari 50GB partisi.

 

 

2.3   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1. Mengetahui tentang system restore dan cara menggunakannya.      
2. Mengetahui salah satu jenis software data recovery GetBackData      

 


2.4 Check List Teori dan Praktek

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

 

No.

 

Uraian   Materi  Check  List

Penge-

tahuan

Keteram-pilan

Sikap

Kerja

Ya/

Tidak

Ya/

Tidak

Ya/

Tidak

1

2

3

4

5

 

  1. 1.   Mengidentifikasi dan mendeskripsikan aspek-aspek pengamanan data

1

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?

2

Apakah peserta pelatihan mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan aspek-aspek pengamanan data?

3

Apakah peserta pelatihan mampu menjelaskan jenis-jenis media penyimpanan data?

 

  1. 2.   Melindungi data di komputer dari gangguan

4

Apakah peserta pelatihan mampu menjelaskan apa yang terjadi pada komputer jika terjadi pemutusan hubungan listrik?

5

Apakah peserta pelatihan mampu menjelaskan tentang system restore?

6

Apakah peserta pelatihan mampu menjelaskan tentang backup data secara periodik?

7

Apakah peserta pelatihan mampu mengidentifikasi jenis data yang hilang/rusak?

 

  1. 3.   Melakukan data recovery

5

Apakah peserta pelatihan mengetahui  langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembalikan data yang rusak/hilang?

6

Apakah peserta pelatihan mampu menjelaskan beberapa jenis perangkat lunak untuk data recovery dan penggunaannya?

 

 

 

 


LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: