Menu

Mengoperasikan Komputer Personal Yang Berdiri Sendiri (Pc Stand Alone) TIK.OP02.001.01

Apr
02
2015
by : 3. Posted in : blog

 

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI

DAN KOMUNIKASI

SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER

 

 

MENGOPERASIKAN KOMPUTER PERSONAL YANG BERDIRI SENDIRI (PC STAND ALONE)

TIK.OP02.001.01

 

 

 

 

 

 

 

BUKU INFORMASI

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

Jl. Prapatan No.    Menteng Raya Jakarta Pusat

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………. Hal

 

BAB I    PENGANTAR ……………………………………………………………………………. 2

 

1.1.       Konsep Dasar Pelatihan Berbasis Kompetensi …………………………… 2

1.2.       Penjelasan Modul………………………………………………………………. 2

1.3.       Pengakuan Kompetensi Terkini (RCC)……………………………………… 3

1.4.       Pengertian-pengertian Istilah……………………………………………….. 3

 

BAB II   STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………………. 5

 

2.1.       Peta Paket Pelatihan …………………………………………………………. 5

2.2.       Pengertian Unit Standar …………………………………………………….. 6

2.3.       Unit Kompetensi yang Dipelajari …………………………………………… 6

2.3.1.      Judul Unit ………………………………………………………….. 6

2.3.2.      Kode Unit ………………………………………………………….. 6

2.3.3.      Deskripsi Unit …………………………………………………….. 6

2.3.4.      Elemen Kompetensi ……………………………………………… 6

2.3.5.      Kriteria Unjuk Kerja ……………………………………………… 6

2.3.6.      Batasan Variabel ………………………………………………….. 7

2.3.7.      Panduan Penilaian ……………………………………………….. 7

2.3.8.      Kompetensi Kunci ………………………………………………… 8

 

BAB III  STRATEGI DAN METODE PELATIHAN …………………………………………….. 9

 

3.1.           Strategi Pelatihan …………………………………………………………… 9

3.2.           Metode Pelatihan ……………………………………………………………. 9

 

BAB IV  MATERI UNIT KOMPETENSI …………………………………………………………. 11

BAB V   SUMBER-SUMBER YANG DIPERLUKAN UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI . 22

 

5.1.           Sumber Daya Manusia ……………………………………………………… 22

5.2.           Sumber-sumber Perpustakaan ……………………………………………. 22

5.3.           Daftar Peralatan/Mesin dan Bahan ………………………………………. 23

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENGANTAR

 

1.1.      Konsep Dasar Pelatihan Berbasis Kompetensi

  • Apakah pelatihan berdasarkan kompetensi?

Pelatihan berdasarkan kompetensi adalah pelatihan yang memperhatikan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan di tempat kerja agar dapat melakukan pekerjaan dengan kompeten. Standar Kompetensi dijelaskan oleh Kriteria Unjuk Kerja.

 

  • Apakah artinya menjadi kompeten ditempat kerja?

Jika Anda kompeten dalam pekerjaan tertentu, Anda memiliki seluruh keterampilan, pengetahuan dan sikap yang perlu untuk ditampilkan secara efektif ditempat kerja, sesuai dengan standar yang telah disetujui.

 

1.2     Desain Modul

Modul ini didisain untuk dapat digunakan pada Pelatihan Klasikal dan Pelatihan Individual/mandiri :

  • Pelatihan klasikal adalah pelatihan yang disampaiakan oleh seorang pelatih.
  • Pelatihan individual/mandiri adalah pelatihan yang dilaksanakan oleh peserta dengan menambahkan unsur-unsur/sumber-sumber yang diperlukan dengan bantuan dari pelatih.

 

1.2.1. Isi Modul

  1. a.   Buku Informasi

Buku informasi ini adalah sumber pelatihan untuk pelatih maupun peserta pelatihan.

 

  1. b.   Buku Kerja

Buku kerja ini harus digunakan oleh peserta pelatihan untuk mencatat setiap pertanyaan dan kegiatan praktik baik dalam Pelatihan Klasikal maupun Pelatihan Individual / mandiri.

Buku ini diberikan kepada peserta pelatihan dan berisi :

Kegiatan-kegiatan yang akan membantu peserta pelatihan untuk mempelajari dan memahami informasi.

  • Kegiatan pemeriksaan yang digunakan untuk memonitor pencapaian keterampilan peserta pelatihan.
  • Kegiatan penilaian untuk menilai kemampuan peserta pelatihan dalam melaksanakan praktik kerja.

 

  1. c.    Buku Penilaian

Buku penilaian ini digunakan oleh pelatih untuk menilai jawaban dan tanggapan peserta pelatihan pada Buku Kerja dan berisi :

  • Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peserta pelatihan sebagai pernyataan keterampilan.
  • Metode-metode yang disarankan dalam proses penilaian keterampilan peserta pelatihan.
  • Sumber-sumber yang digunakan oleh peserta pelatihan untuk mencapai keterampilan.
  • Semua jawaban pada setiap pertanyaan yang diisikan pada Buku Kerja.
  • Petunjuk bagi pelatih untuk menilai setiap kegiatan praktik.
  • Catatan pencapaian keterampilan peserta pelatihan.

 

1.2.2.   Pelaksanaan Modul

Pada pelatihan klasikal, pelatih akan :

  • Menyediakan Buku Informasi yang dapat digunakan peserta pelatihan sebagai sumber pelatihan.
  • Menyediakan salinan Buku Kerja kepada setiap peserta pelatihan.
  • Menggunakan Buku Informasi sebagai sumber utama dalam penyelenggaraan pelatihan.
  • Memastikan setiap peserta pelatihan memberikan jawaban / tanggapan dan menuliskan hasil tugas praktiknya pada Buku Kerja.

 

Pada Pelatihan individual / mandiri, peserta pelatihan akan :

  • Menggunakan Buku Informasi sebagai sumber utama pelatihan.
  • Menyelesaikan setiap kegiatan yang terdapat pada buku Kerja.
  • Memberikan jawaban pada Buku Kerja.
  • Mengisikan hasil tugas praktik pada Buku Kerja.
  • Memiliki tanggapan-tanggapan dan hasil penilaian oleh pelatih.

 

1.3        Pengakuan Kompetensi Terkini (RCC)

  • Apakah Pengakuan Kompetensi Terkini (Recognition of Current Competency).

Jika Anda telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk elemen unit kompetensi tertentu, Anda dapat mengajukan pengakuan kompetensi terkini (RCC). Berarti Anda tidak akan dipersyaratkan untuk belajar kembali.

  • Anda mungkin sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan, karena Anda telah:
  1. Bekerja dalam suatu pekerjaan yang memerlukan suatu pengetahuan dan keterampilan yang sama atau
  2. Berpartisipasi dalam pelatihan yang mempelajari kompetensi yang sama atau
  3. Mempunyai pengalaman lainnya yang mengajarkan pengetahuan dan keterampilan yang sama.

 

 

1.4         Pengertian-pengertian Istilah

 

Profesi

Profesi adalah suatu bidang pekerjaan yang menuntut sikap, pengetahuan serta keterampilan/keahlian kerja tertentu yang diperoleh dari proses pendidikan, pelatihan serta pengalaman kerja atau penguasaan sekumpulan kompetensi tertentu yang dituntut oleh suatu pekerjaan/jabatan.

 

Standardisasi

Standardisasi adalah proses merumuskan, menetapkan serta menerapkan suatu standar tertentu.

 

Penilaian / Uji Kompetensi

Penilaian atau Uji Kompetensi adalah proses pengumpulan bukti melalui perencanaan, pelaksanaan dan peninjauan ulang (review) penilaian serta keputusan mengenai apakah kompetensi sudah tercapai dengan membandingkan bukti-bukti yang dikumpulkan terhadap standar yang dipersyaratkan.

 

Pelatihan

Pelatihan adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan untuk mencapai suatu kompetensi tertentu dimana materi, metode dan fasilitas pelatihan serta lingkungan belajar yang ada terfokus kepada pencapaian unjuk kerja pada kompetensi yang dipelajari.

 

Kompetensi

Kompetensi adalah kemampuan seseorang untuk menunjukkan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan serta penerapan dari ketiga aspek tersebut ditempat kerja untuk mwncapai unjuk kerja yang ditetapkan.

 

Standar Kompetensi

Standar kompetensi adalah standar yang ditampilkan dalam istilah-istilah hasil serta memiliki format standar yang terdiri dari judul unit, deskripsi unit, elemen kompetensi, kriteria unjuk kerja, ruang lingkup serta pedoman bukti.

 

Sertifikat Kompetensi

Adalah pengakuan tertulis atas penguasaan suatu kompetensi tertentu kepada seseorang yang dinyatakan kompeten yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi.

 

Sertifikasi Kompetensi

Adalah proses penerbitan sertifikat kompetensi melalui proses penilaian / uji kompetensi.


BAB II

STANDAR KOMPETENSI

 

2.1.      Peta Paket Pelatihan

Modul yang sedang Anda pelajari ini adalah untuk mencapai satu unit kompetensi, yang termasuk dalam satu paket pelatihan, yang terdiri atas unit-unit kompetensi berikut:

2.1.1.  Dasar-dasar teknologi informasi.

2.1.2.  TIK.OP01.001.01 Mengetik pada papan ketik (keyboard) komputer standar.

2.1.3.  TIK.OP02.002.01  Mengoperasikan printer

2.1.4.  TIK.OP02.003.01 Mengoperasikan sistem operasi

2.1.5.  TIK.OP02.004.01 Mengoperasikan piranti lunak pengolah kata (word processor) – tingkat dasar

2.1.6.   TIK.OP02.005.01 Mengoperasikan piranti lunak lembar sebar (spreadsheet) – tingkat dasar

2.1.7.  TIK.OP02.006.01 Mengoperasikan Penelusur Web (Web Browser)

2.1.8.  TIK.OP02.007.01 Mengoperasikan piranti lunak klien e-mail (e-mail client)

2.1.9.  TIK.OP02.008.01 Mengidentifikasi komponen sistem komputer tingkat dasar (PC) penggunaan periphreral serta piranti lunak.

 

2.2.      Pengertian Unit Standar Kompetensi

Apakah Standar Kompetensi?

Setiap Standar Kompetensi menentukan :

a. Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kompetensi.

  1. Standar yang diperlukan untuk mendemonstrasikan kompetensi.
  2. Kondisi dimana kompetensi dicapai.

 

Apa yang akan Anda pelajari dari Unit Kompetensi ini?

Anda akan diajarkan untuk mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC stand alone)

 

Berapa lama Unit Kompetensi ini dapat diselesaikan?

Pada sistem pelatihan berdasarkan kompetensi, fokusnya ada pada pencapaian kompetensi, bukan pada lamanya waktu. Namun diharapkan pelatihan ini dapat dilaksanakan dalam jangka waktu satu hari. Pelatihan ini ditujukan bagi semua user terutama yang tugasnya berkaitan dengan penggunaan komputer personal, seperti operator, programmer, staff support, dan staff administrasi.

 

Berapa banyak/kesempatan yang Anda miliki untuk mencapai kompetensi?

Jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama, Pelatih Anda akan mengatur rencana pelatihan dengan Anda. Rencana ini akan memberikan Anda kesempatan kembali untuk meningkatkan level kompetensi Anda sesuai dengan level yang diperlukan.

Jumlah maksimum usaha/kesempatan yang disarankan adalah 3 (tiga) kali.

 

2.3.      Unit Kompetensi yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan  untuk dapat :

  • mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  • memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  • menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan criteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

 

KODE UNIT             : TIK.OP02.001.01

 

JUDUL UNIT           : Mengoperasikan Komputer Personal Yang Berdiri Sendiri (PC stand alone)

 

DESKRIPSI UNIT   : Unit kompetensi ini berkaitan dengan pengoperasian PC stand alone seperti persiapan penyalaan, penyalaan PC, penggunaan perintah sistem operasi dasar, dan pematian (power-off) PC

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01    Mempersiapkan pra- penyalaan komputer 1.1       Koneksi catu daya sudah tersambung.

1.2       Perangkat protektif seperti UPS dan stabilizer (jika ada) sudah dinyalakan.

1.3       Koneksi peralatan input/output sudah tersambung.

1.4       Semua komponen sudah disiapkan untuk kondisi penyalaan normal (default)

 

02 Menyalakan komputer dan mengamati proses aktifasi sistem (booting) hingga selesai 2.1    Indikator penyalaan seperti lampu dan atau suara muncul secara benar sesuai dengan user manual.

2.2 Proses Power-On-Self-Test (POST) dan proses aktifasi sistem operasi berjalan sesuai dengan petunjuk penggunaan (user manual).

2.3  Muncul tampilan pada layar monitor yang menandakan komputer siap pakai, yang merupakan tampilan sistem operasi sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi yang digunakan.

 

03   Mengoperasikan PC 3.1    Dapat menggunakan perintah pengelolaan berkas (file) dan folder, seperti melihat isi folder, membuat, mengubah, menghapus, mengganti nama file/folder, meyalin/ memindahkan folder dan menyalin/ memindahkan file dari suatu folder ke lokasi lain.

3.2 Dapat menggunakan  piranti  penunjuk seperti mouse, untuk melakukan perintah pengelolaan file dan folder.

04    Mematikan komputer dan mengamati proses de-aktivasi sistem operasi hingga selesai 4.1      Semua   piranti     lunak      aplikasi dan tools sudah ditutup atau tidak sedang dalam memproses.

4.2      Suah dipastikan tidak ada data antrian dari dan menuju peripheral.

4.3      Tampilan yang muncul pada layar monitor merupakan tampilan yang menandakan proses penghentian secara normal sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi yang digunakan.

4.4      Indikator seperti lampu dan atau suara akan tampak/terdengar secara benar sesuai dengan petunjuk penggunaan.

 

 

 

BATASAN VARIABEL

 

  1. Unit ini berlaku untuk sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi bidang operator.
  2. Pengoperasian PC ini terbatas pada:

2.1. Kondisi kerja normal dengan perangkat PC standard

2.2. Sistem operasi berbasis Graphic User Interface (GUI)

 

 

 

 

 

 

 

 

Panduan Penilaian

 

1.       Pengetahuan dan Ketrampilan Penunjang

 

Untuk mendemonstrasikan kompetensi, diperlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang :

1.1     Pengetahuan tentang komputer.

1.2   Kemampuan menyalakan dan mematikan komputer.

1.3   Pengoperasian perangkat PC seperti mouse dan keyboard.

 

2.       Konteks Penilaian :

 

Dalam penilaian unit ini harus mencakup uji keterampilan baik secara langsung ataupun melalui simulasi. Unit ini harus didukung oleh serangkaian metode untuk menilai pengetahuan penunjang dalam pengoperasian komputer.

 

3.       Aspek Penting Penilaian :

3.1   Kemampuan untuk melakukan proses pengoperasian komputer dari mulai mempersiapkan, menyalakan dan mematikan.

3.2   Kemampuan untuk menggunakan perangkat PC seperti keyboard dan mouse.

 

4.       Kaitan Dengan Unit-Unit Lain :

 

4.1     Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar Teknologi Informasi.

4.2     Unit ini juga mendukung kinerja dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan penggunaan peripheral serta piranti lunak.

 

Kompetensi Kunci

 

No

Kompetensi Kunci Dalam Unit ini

Tingkat

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

1

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

1

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

1

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

1

5

Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika

1

6

Memecahkan masalah

1

7

Menggunakan teknologi

2


BAB III

STRATEGI DAN METODE PELATIHAN

 

3.1.      Strategi Pelatihan        

Belajar dalam suatu sistem Berdasarkan Kompetensi berbeda dengan yang sedang “diajarkan” di kelas oleh Pelatih. Pada sistem ini Anda akan bertanggung jawab terhadap belajar Anda sendiri, artinya bahwa Anda perlu merencanakan belajar Anda dengan Pelatih dan kemudian melaksanakannya dengan tekun sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Persiapan/perencanaan

  1. Membaca bahan/materi yang telah diidentifikasi dalam setiap tahap belajar dengan tujuan mendapatkan tinjauan umum mengenai isi proses belajar Anda.
  2. Membuat catatan terhadap apa yang telah dibaca.
  3. Memikirkan bagaimana pengetahuan baru yang diperoleh berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah Anda miliki.
  4. Merencanakan aplikasi praktik pengetahuan dan keterampilan Anda.

 

Permulaan dari proses pembelajaran

a. Mencoba mengerjakan seluruh pertanyaan dan tugas praktik yang terdapat pada tahap belajar.

  1. Merevisi dan meninjau materi belajar agar dapat menggabungkan pengetahuan Anda.

 

Pengamatan terhadap tugas praktik

  1. Mengamati keterampilan praktik yang didemonstrasikan oleh Pelatih atau orang yang telah berpengalaman lainnya.
  2. Mengajukan pertanyaan kepada Pelatih tentang konsep sulit yang Anda temukan.

 

Implementasi

  1. Menerapkan pelatihan kerja yang aman.
  2. Mengamati indicator kemajuan personal melalui kegiatan praktik.
  3. Mempraktikkan keterampilan baru yang telah Anda peroleh.

 

Penilaian

Melaksanakan tugas penilaian untuk penyelesaian belajar Anda.

 

3.2.      Metode Pelatihan         

Terdapat tiga prinsip metode belajar yang dapat digunakan. Dalam beberapa kasus, kombinasi metode belajar mungkin dapat digunakan.

 

 

 

3.2.1 Belajar secara mandiri

Belajar secara mandiri membolehkan Anda untuk belajar secara individual, sesuai dengan kecepatan belajarnya masing-masing. Meskipun proses belajar dilaksanakan secara bebas, Anda disarankan untuk menemui Pelatih setiap saat untuk mengkonfirmasikan kemajuan dan mengatasi kesulitan belajar.

 

3.2.2 Belajar Berkelompok

Belajar berkelompok memungkinkan peserta untuk datang bersama secara teratur dan berpartisipasi dalam sesi belajar berkelompok. Walaupun proses belajar memiliki prinsip sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing, sesi kelompok memberikan interaksi antar peserta, Pelatih dan pakar/ahli dari tempat kerja.

 

3.2.3 Belajar terstruktur

Belajar terstruktur meliputi sesi pertemuan kelas secara formal yang dilaksanakan oleh Pelatih atau ahli lainnya. Sesi belajar ini umumnya mencakup topic tertentu.

 

 


BAB IV

MATERI UNIT KOMPETENSI

Gambar 4.1 Unit Komputer Personal

 

Untuk dapat mengoperasikan Komputer Personal yang berdisi sendiri (stand alone) mulai dari awal (semua unit perangkat keras belum terpasang) ada 4 elemen yang harus anda lakukan  antara lain :

 

4.1 Metode Persiapan Awal

4.2 Metode Mengamati Proses Booting

4.3 Metode Mengoperasikan Komputer Personal

4.4 Metode Mematikan Komputer

 

4.1 Metode Persiapan awal

 

4.1.1. Memahami perangkat keras yang dibutuhkan:

4  Central Proccessing Unit (CPU)

4  Papan Ketik (keyboard)

4  Mouse

4  Monitor

4  Uninteruptible Power Supply (UPS) atau Stabilizer (Jika ada)

4  Alat Cetak/printer (jika ada)

4  Kabel Penghubung Power Listrik (AC Plug) dan kabel sambung stop kontak (jika diperlukan)

4  Kabel koneksi printer jenis parallel atau Universal Serial Bus (USB) jika tersedia alat cetak/printer.

4.1.2. Metode pemahaman perangkat keras tersambung dengan benar sesuai buku panduan untuk kondisi penyalaan normal (default).

 

 

Gambar 4.2 Tampak depan sebuah CPU (front panel)

 

Hal-hal yang perlu dipahami untuk bagian depan (front panel) sebuah CPU antara lain:

4  Tombol Power (push button)

4  Tombol Reset (push button)

4  Lampu LED Power Indicator (warna hijau)

4  Lampu LED HDD Indicator (warna merah)

4  Floppy Drive (jika ada)

4  CDROM/DVDROM (jika ada)

4  Terminal USB (jika ada)

4  Terminal suara/sound (ear phone jack) jika ada

 

 

Gambar 4.3. Tampak belakang sebuah CPU (rear panel)

 

Hal-hal yang perlu dipahami untuk bagian belakang (rear panel) sebuah CPU antara lain:

4  AC Plug (terminal listrik AC) input/output

4  Exhaust Fan power supply untuk membuang panas ruang power supply

4  Exhaust Fan Casing untuk membuang panas ruang CPU

4  Paralel Port koneksi untuk printer

4  Serial Port koneksi untuk perangkat luar/external device

4  USB (Universal Serial Bus) untuk printer, flash disk dan perangkat luar lainnya

4  Konektor Monitor (display) LCD atau CRT

4  Konektor Suara (line in, line out dan mic)

4  Konektor Modem (jika ada) untuk akses internet

4  Konektor Jaringan/LAN (jika ada) untuk komunikasi jaringan lokal

4  Konektor Mouse untuk memilih, membuka, menutup menu dan atau obyek data/file

4  Konektor Papan Ketik/Keyboard untuk mengetik memasukan perintah proses

 

-Konektor Keyboard             -Konektor Printer           -Konektor LAN

-Konektor Mouse                 -Konektor Serial           -Konektor USB

-Konektor USB                                                 -Konektor Suara

 

 

Gambar 4.4. Terminal Konektor panel belakang CPU

 

A : AC Input

B : AC output ke Monitor

C : Exhaust Fan

Gambar 4.5. Konektor Power Supply

 

 

Gambar 4.6. Konektor Monitor/Display VGA

 

A : Port Paralel

B : Port Serial

Gambar 4.7. Konektor Paralel dan Serial

 

4.2. Metode Mengamati Proses Booting

 

4.2.1. Indikator penyalaan seperti lampu dan atau suara muncul secara benar sesuai dengan user manual. Indikator suara yang normal bunyi beep satu kali dan indicator lampu Power warna hijau menyala serta indicator lampu warna merah (HDD LED) menyala berkedip selama proses sistim operasi berlangsung.

4.2.2.  Proses Power-On-Self-Test (POST) dan proses aktifasi sistem operasi berjalan sesuai dengan petunjuk penggunaan (user manual). Proses aktivasi system dimulai dengan tampilnya informasi perangkat keras (hardware) yang terdeteksi oleh BIOS (Basic Input Output System)

4.2.3. Setelah proses booting BIOS selesai maka muncul tampilan pada layar monitor proses berikutnya adalah Operating System (misal; Dos, Windows, Linux, Macintos) dan apabila system menawarkan pilihan User maupun password harus dilengkapi untuk bisa login, dan berikutnya tunggu sampai komputer siap pakai, dengan tampilan desktop untuk sistem operasi model grafik atau tampilan mode text sesuai dengan petunjuk penggunaan sistim operasi

 

4.3. Metode Mengoperasikan Komputer Personal

4.3.1.  Fungsi papan ketik/keyboard :

4  Standar keyboard defaultnya adalah standar 101/102-Key (US)

4  Tombol Keyboard yang umum digunakan dalam penggunaan computer personal adalah;

  • Enter – untuk mengeksekusi perintah
  • Space bar – untuk menggeser spasi karakter dalam pengetikan
  • Shift – digunakan bersamaan dengan tombol karakter akan merubah menjadi huruf capital sesuai pilihan
  • Caps Lock – untuk merubah karakter menjadi huruf capital secara keseluruhan selama mengetik
  • Tab – untuk mengeser spasi dengan default 5 karakter (bisa diseting sesuai kebutuhan)
  • Esc – untuk membatalkan suatu perintah
  • Num Lock – untuk mengaktifkan fungsi numeric
  • Tombol Logo Windows – untuk membuka menu Start
  • Delete – untuk menghapus (karakter/huruf, file, dan folder
  • Home – untuk mengembalikan posisi kursor pada awal baris ketikan
  • End – untuk mengembalikan posisi kursor di akhir ketikan
  • Page Up – untuk menggeser/menggulung halaman keatas (default 15 baris)
  • Page Down – untuk menggeser/menggulung halaman kebawah (default 15 baris)
  • F1 s/d F12 sebagai tombol pintas untuk mengakses suatu perintah tertentu (misalnya F1 untuk membuka pertolongan/help)
  • Alt – untuk memilih menu pull down (contoh: Alt+F maka menu File akan membuka kebawah) Alt+E (Edit), Alt+V (View) dst
  • Ctrl – tombol Ctrl harus berpasangan dengan tombol lainya contoh: Ctrl+C (Copy), Ctrl+V (Paste), Ctrl+X (Cut/ memindah), Ctrl+B (Bold/menebalkan huruf), Ctrl+I (Italic/ membuat huruf miring), Ctrl+U (Underline/membuat garis bawah kalimat), Ctrl+D (Duplikat/membuat duplikat objek), Ctrl+S (Save/menyimpan data), Ctrl+A (Select All/memilih sluruh data dalam suatu folder/tempat), Ctrl+P (Print/mencetak data), Ctrl+Z (Undo/membatalkan perintah), Ctrl+F (Find/ mencari file), Ctrl+klik mouse (membuka hyperlink menu)

 

4.3.2. Fungsi dan cara menggunakan alat penunjuk/mouse :

Mouse sebagai alat penunjuk dan sekaligus sebagai perintah eksekusi perintah serta membuka sub menu yang terkait dengan aktivitas yang sedang berlangsung.

Mouse memiliki tiga fungsi yaitu; tombol kiri (untuk pengguna tangan kanan) berfungsi untuk memilih dan mengeksekusi perintah, roll tengah berfungsi untuk menggulung halaman/jendela yang sedang terbuka/aktif dan tombol kanan berfungsi untuk membuka sub menu yang terkait dengan aktivitas yang sedang berlangsung.

 

Cara menggunakan mouse untuk pengguna normal tangan kanan, posisi tumit telapak tangan sebagai tumpuan (tidak boleh bergeser) walaupun penunjuk sedang bergeser, dan gunakan jari telunjuk untuk tombol kiri mouse serta jari tengah untuk tombol kanan mouse. Untuk menggeser penunjuk (pointer) harus angkat dan geser sehingga tumit tangan tidak harus ikut bergeser.

 

4.3.3. Memahami Perintah-Perintah / Menu pada system operasi :

Perhatikan gambar desktop dibawah ini untuk mengenali menu dan icon menu yang harus dipahami untuk operasional sebuah system operasi WindowsXp

 

Gambar 4.8. Tampilan grafik yang disebut Desktop dari system operasi Windows

 

Keterangan :

Folder/irektory merupakan tempat menyimpan data/file, didalan folder bisa dibuat sub folder sampai level ke n. Cara membuat folder di desktop klik kanan mouse pada daerah kosong, kemudian sorot New à Folder, setelah tampil icon folder (default warna kuning) bila ingin menggati nama folder baru tersebut ; klik kanan mouse pada folder baru tersebut à setelah tampil sub menu à sorot dan klik Rename à ketik nama yang diinginkan (misal; DATA) à klik mouse di tempat kosong untuk mengakhiri perintah.

File atau data pada gambar 4.8 file pekerjaan yang disimpan di desktop untuk mempercepat proses (biasanya karena file tersebut sering dibuka).

Shortcut merupakan jalan pintas untuk membuka program aplikasi

Start adalah suatu menu tombol / button  untuk memilih dan membuka program aplikasi atau perintah dari sistim operasi didalam computer personal model grafik.

Quick Launch sama dengan shortcut yang defaultnya digunakan untuk membuka program penelusur web / browser, tetapi dapat juga ditempatkan shortcut dari program aplikasi lainnya.

 

4.3.4. Cara Membuat Folder (tempat menyimpan data/file) :

Untuk membuat folder yang ditempatkan di desktop caranya:

Tempatkan penunjuk mouse dihalaman kosong pada desktop à klik kanan mouse à sorot New à sorot Folder lalu kik kiri mouse à default akan menampilkan folder baru dengan nama “New Folder” dan bila ingin mengganti nama dari “New Folder” menjadi “data word” à sorot New Folder à klik kanan mouse à sorot dan klik Rename à ketik “data word” maka sekarang folder sudah ganti nama menjadi “data word

 

4.3.5 Cara Menyalin/Copy, Menghapus Data/File :

 

Gambar 4.9. Menu Start

 

Sorot dan klik Start à sorot dan klik My Computer (lihat Gbr. 4.9 Start Menu) à setelah terbuka sorot alamat yang memiliki data yang akan disalin (misal folder My Documents) à klik 2x untuk membukanya dan sorot data / file yang akan disalin (lihat gbr. 4.10) à klik kanan mouse à sorot dan klik menu “copy” kemudian buka folder “data word” yang telah dibuat di desktop à klik kanan mouse à sorot dan klik “paste

 

Untuk menghapus data/file cukup sorot + klik data tersebut kemudian klik kanan mouse sorot + klik “Delete” atau bisa langsung tekan tombol keyboard “Del/Delete

 

 

 

 

Gambar 4.10 Isi Folder My Documents

 

 

4.3.6. Mengganti nama (rename) file atau folder :

Mengganti nama file atau folder dengan menggunakan mouse cukup sorot data/file yang akan diganti nama (rename) kemudian klik kanan mouse à sorot + klik “Rename” à kemudian ketik nama file atau folder yang anda inginkan

 

4.3.7. Mengganti tampilan latar belakang desktop :

 

 

Gambar 4.11 Desktop Lama             Gambar 4.12 Desktop Baru

 

Caranya adalah tempatkan penunjuk / mouse pada halaman desktop kemudian klik kanan mouse à sorot + klik Properties à klik tab Desktop (lihat gbr. 4.13) kemudian sorot + klik gambar latar yang diinginkan à klik OK

Dengan menggunakan Properties desktop anda bisa mengganti Screen Saver, mengganti tampilan menu jendela dan Setting resolusi monitor sesuai keinginan

Gambar 4.13 Properties Desktop

 

 

 

4.3.8 Menata Tampilan Folder/File :

Pada sistim operasi Windows-Xp dapat melakukan penataan tampilan isi media storage (hardisk, floppy disk, flash disk dan CD) untuk memudahkan pencarian data/file atau folder, menu icon yang berfungsi untuk menata tampilan (View) lihat gambar 4.14 berikut

 

 

Gambar 1.14 Pull Down Menu dan Icon Menu

 

Contoh bentuk tampilan perhatikan gambar-gambar dibawah ini

 

 

Gambar 1.15 Thumbnails View      Gambar 1.16 Tiles View

 

 

Gambar 1.17 Icon View                                    Gambar 1.18 List View

 

 

Gambar 1.19 Detail View

 

4.4.  Cara Mematikan Komputer Personal

Untuk mematikan Komputer harus melalui prosedur yang benar sesuai buku pedoman penggunaan/manual yang direkomendasikan yaitu harus klik Start à sorot + klik “Turn Off Computer” à sorot + klik “Shut Down” atau “Turn Off” (lihat gbr. 4.14) kemudian tunggu sampai proses power mati (jangan menekan tombol Power CPU lagi) kemudian matikan monitor, matikan UPS/Stabilizer (jika ada) dan lepaskan kabel AC dari stop kontak.

 

 

Gambar 4.14. Tampilan menu untuk mematikan komputer

 

 

 

 

 

BAB V

SUMBER-SUMBER YANG DIPERLUKAN

UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

5.1.      Sumber Daya Manusia

 

Pelatih

Pelatih Anda dipilih karena dia telah berpengalaman. Peran Pelatih adalah untuk :

  1. Membantu Anda untuk merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing Anda melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
  3. Membantu Anda untuk memahami konsep dan praktik baru dan untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai proses belajar Anda.
  4. Membantu Anda untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang Anda perlukan untuk belajar Anda.
  5. Mengorganisir kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
  6. Merencanakan seorang ahli dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.

 

Penilai

Penilai Anda melaksanakan program pelatihan terstruktur untuk penilaian di tempat kerja. Penilai akan :

  1. Melaksanakan penilaian apabila Anda telah siap dan merencanakan proses belajar dan penilaian selanjutnya dengan Anda.
  2. Menjelaskan kepada Anda mengenai bagian yang perlu untuk diperbaiki dan merundingkan rencana pelatihan selanjutnya dengan Anda.
  3. Mencatat pencapaian / perolehan Anda.

 

Teman kerja/sesama peserta pelatihan

Teman kerja Anda/sesama peserta pelatihan juga merupakan sumber dukungan dan bantuan. Anda juga dapat mendiskusikan proses belajar dengan mereka. Pendekatan ini akan menjadi suatu yang berharga dalam membangun semangat tim dalam lingkungan belajar/kerja Anda dan dapat meningkatkan pengalaman belajar Anda.

 

5.2.      Sumber-sumber Perpustakaan       

Pengertian sumber-sumber adalah material yang menjadi pendukung proses pembelajaran ketika peserta pelatihan sedang menggunakan Pedoman Belajar ini.

Sumber-sumber tersebut dapat meliputi :

  1. Buku referensi dari perusahan
  2. Lembar kerja
  3. Gambar
  4. Contoh tugas kerja
  5. Rekaman dalam bentuk kaset, video, film dan lain-lain.

Ada beberapa sumber yang disebutkan dalam pedoman belajar ini untuk membantu peserta pelatihan mencapai unjuk kerja yang tercakup pada suatu unit kompetensi.

 

Prinsip-prinsip dalam CBT mendorong kefleksibilitasan dari penggunaan sumber-sumber yang terbaik dalam suatu unit kompetensi tertentu, dengan mengijinkan peserta untuk menggunakan sumber-sumber alternative lain yang lebih baik atau jika ternyata sumber-sumber yang direkomendasikan dalam pedoman belajar ini tidak tersedia/tidak ada.

 

Sumber-sumber bacaan yang dapat digunakan :

Judul

Pengarang

Penerbit

 

 

 

:

:

:

 

 

Komputer dan Trouble Shooting

Ramdani Nazarudin

Informatika

 

5.3.      Daftar Peralatan/Mesin dan Bahan         

  •  Komputer PC (CPU, monitor, keyboard, mouse dan mouse pad)
  •  Stabilizer/UPS (jika ada)

 

artikel lainnya Mengoperasikan Komputer Personal Yang Berdiri Sendiri (Pc Stand Alone) TIK.OP02.001.01

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Monday 19 January 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER  …

Monday 25 August 2014 | blog

MODUL KURSUS DESAIN GRAFIS Penyusun : Laboratorium Pengembangan Pengolahan Citra Lembaga Pengembangan Teknologi Industri UNIVERSITAS GUNADARMA…

Wednesday 14 November 2012 | blog

VI.  Manajemen Operasional   1.    Anggaran yang terencana : Setiap pemimpin center diharap untuk menyediakan program-program…

Monday 4 May 2015 | blog

<p style=”text-align: justify;”><strong>Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu</strong> untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunarungu (SMALB –…