Advertisement
loading...

 

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

MENGOPERASIKAN BAHASA PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR

TIK.PR02.008.01

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………. Hal

 

BAB I   STANDAR KOMPETENSI…………………………………………………………… 2

 

1.1.           Unit Kompetensi yang Dipelajari …………………………………………  2

Judul dan Kode Unit …………………………………………………………  2

1.1.1        Deskripsi Unit ……………………………………………………..  2

1.1.2        Elemen Kompetensi ………………………………………………  2

1.1.3        Batasan Variabel …………………………………………………..  4

1.1.4        Panduan Penilaian ………………………………………………..  4

 

1.2.           Kompetensi Kunci ……………………………………………………………  6

 

 

BAB II TAHAPAN BELAJAR …………………………………………………………………  7

 

BAB III            TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA ………………………………….  8

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

1.1 Unit Kompetensi yang dipelajari

 

1.1.1           Judul dan Kode Unit

 

KODE UNIT             :        TIK.PR02.008.01

 

JUDUL UNIT            :       Mengoperasikan bahasa pemrograman terstruktur      

 

1.1.2  Deskripsi Unit

Unit ini menentukan kompetensi yang diperlukan untuk mempelajari konsep bahasa program untuk pemrograman terstruktur. Bahasa yang dapat digunakan untuk mempelajari pemrograman terstruktur ini bermacam-macam, seperti Pascal, C, Basic, Fortran dsb. Programer dapat memilih salah satu bahasa pemrograman yang dikehendaki untuk dikuasai. Penulis akan menggunakan bahasa C sebagai contoh.

 

1.1.3 Elemen Kompetensi

 

ELEMEN KOMPETENSI

 

KRITERIA UNJUK KERJA
01     Menggunakan tipe data dan kontrol program 1.1       Tipe data diketahui dan dipelajari. Tipe data berupa tipe data dasar dan tipe data bentukan

1.2       Aturan program berupa pemakaian nama dan sintak program diketahui dan dipelajari

1.3       Kontrol program diaplikasikan. Kontrol program merupakan urutan atau sekuensial program, harus terkendali dalam kode program

02     Membuat program sederhana 2.1       Program baca tulis untuk masukan data dari keyboard dan menampilkan ke layar monitor termasuk variasinya sesuai tandar input/output dibuat

2.2         Analisis kasus percabangan dan pengulangan digunakan dalam membuat program

03     Membuat program menggunakan prosedur dan fungsi 3.1       Program dengan menggunakan prosedur dibuat sesuai aturan penulisan program

3.2       Program dengan menggunakan fungsi dibuat sesuai aturan penulisan program

3.3       Program dengan menggunakan prosedur dan fungsi secara bersamaan dibuat sesuai aturan penulisan program

04     Membuat program menggunakan array 4.1       Program menggunakan array satu dimensi dan dua dimensi dibuat

4.2       Pencarian data dan mengurutkan data dalam array diaplikasikan

05     Membuat program untuk akses file Program untuk menulis data ke dalam media penyimpanan data dan membaca data dari media penyimpan data dibuat
06     Membuat program menggunakan pointer 6.1       Program untuk menulis data dan membaca data dengan menggunakan pointer dibuat

6.2       Data pointer dapat dioperasikan sesuai dengan kebutuhan seperti untuk pencarian data, pengurutan data, menambah data, menghapus data dsb.

07     Mengkompilasikan program 7.1       Program dikompilasi dengan mensetting pada editor program dan kode program yang dilibatkan

7.2       Kesalahan sintaks dan logika dikoreksi agar bebas dari error dan dapat dijalankan

 

1.1.4 Batasan Variabel

Batasan variabel dalam bahasan ini adalah:

1.  Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.

2.  Mengoperasikan bahasa pemrograman terstruktur bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

1.1.5 Panduan Penilaian

 

  1. 1.                   Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk mendemontrasikan kompetensi, diperlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini :

1.1         Pengetahuan dasar

1.2.1.          Memahami algoritma pemrograman

1.2.2.          Memahami struktur data

1.2.3.          Memahami spesifikasi program

1.2.4.          Membuat program dengan bahasa terstruktur

 

1.2         Keterampilan dasar

1.2.1.          Mengoperasikan sistem komputer

1.2.2.          Mengoperasikan bahasa pemrograman

 

2.       Konteks penilaian

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau di tempat lain secara praktek dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

3.       Aspek penting penilaian

          Aspek yang harus diperhatikan :

3.1         Kemampuan membuat program menggunakan prosedur dan fungsi sesuai dengan aturan tata cara penulisan

3.2         Kemampuan membuat program menggunakan array

3.3         Kemampuan membuat program menggunakan pointer

 

4.        Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1     Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar teknologi informasi :

4.1.1    Mengoperasikan PC dan sistem operasi

4.1.2    Mengoperasikan peralatan peripheral

4.1.3    TIK.PR02.001.01 menggunakan algoritma pemrograman dasar

4.2         Unit ini juga mendukung kinerja dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan pemrograman

4.3         Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, instritusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

1.2 Kompetensi Kunci

 

Kompetensi kunci dalam bahasan ini dapat dilihat dalam tabel di bawah ini.

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

1

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

2

6

Memecahkan masalah

2

7

Menggunakan teknologi

2

Tabel 2 Kompetensi Kunci

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  • Penyajian bahan, pengajaran, peserta dan penilai harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  • Isi perencanaan merupakan kaitan antara criteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  • Peserta harus mengenali berbagai jenis peralatan jaringan yang umum digunakan
  • Belajar membuat aturan membuat koneksi antar peralatan tersebut.

 

TABEL TAHAPAN BELAJAR

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

Tipe data diketahui dan dipelajari. Tipe data berupa tipe data dasar dan tipe data bentukan

 

Mengetahui pengertian tipe data
  • Mempelajari tentang tipe-tipe data

 

 

 

 

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

 

Dapat menjelaskan tentang tipe-tipe data yang ada
1.2

 

 

 

 

 

 

 

Aturan program berupa pemakaian nama dan sintak program diketahui dan dipelajari

 

Mengetahui aturan penamaan program seperti pemaikan nama dan sintaks
  • Mencari informasi tentang aturan penamaan program

 

 

 

 

 

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

 

1.3 Kontrol program diaplikasikan. Kontrol program merupakan urutan atau sekuensial program, harus terkendali dalam kode program Mengetahui tentan g kontrol program
  • Mencari informasi tentang kontrol program

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

 

 

2.1 Program baca tulis untuk masukan data dari keyboard dan menampilkan ke layar monitor termasuk variasinya sesuai tandar input/output dibuat

 

Mempelajari tentan g proses input output
  • Mencari informasi tentang proses input output

 

  • Membuat program untuk menampilkan ke layar monitor
  • Modul pelatihan
 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

2.2 Analisis kasus percabangan dan pengulangan digunakan dalam membuat program Menganalisis kasus percabangan dan pengulangan dalam membuat program
  • Mencari informasi tentang kasus percabangan dan pengulangan dalam membuat program

 

  • Melakukan perbandingan sintaks-sintaks yang dapat digunakan untuk melakukan proses percabangan atau pengulangan

 

 

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

3.1 Program dengan menggunakan prosedur dibuat sesuai aturan penulisan program

 

Mempelajari cara membuat program prosedural
  • Mencari informasi cara membuat program prosedural sesuai dengan aturan penulisan program

 

  • Membuat program dengan menggunakan prosedural

 

 

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

3.2 Program dengan menggunakan fungsi dibuat sesuai aturan penulisan program

 

Mempelajari program dengan menggunakan fungsi
  • Mencari informasi tentang program dengan menggunakn fungsi

 

  • Membuat program dengan menggunakan fungsi
  • Modul pelatihan
 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

3.3 Program dengan menggunakan prosedur dan fungsi secara bersamaan dibuat sesuai aturan penulisan program Mempelajari tentan g program menggunakan prosedural dan fungsi
  • Membuat program dengan menggunakan prosedural dan fungsi secara bersamaan

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

4.1 Program menggunakan array satu dimensi dan dua dimensi dibuat

 

Mempelajari tentang penggunaan array satu dimensi dan 2 dimensi
  • Mencari informasi tentang penggunaan array satu dimensi dan 2 dimens

i

  • Membuat program menggunakan array satu dimensi dan 2 dimensi

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

4.2 Pencarian data dan mengurutkan data dalam array diaplikasikan Mempelajari tentang pencarian data dan mengurutkan data dengan array
  • Mencari informasi tentang pencarian data dan pengurutan data dengan array

 

  • Membuat program pencarian data dan mengurutkan data dengan array

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

5.1 Program untuk menulis data ke dalam media penyimpanan data dan membaca data dari media penyimpan data dibuat Mempelajari cara menulis data ke dalam media penyimpanan

 

Mempelajari cara membaca data dari media penyimpanan

  • Mencari informasi tentang cara menulis dan membaca data dari media penyimpanan

 

  • Membuat program untuk menulis dan membaca data dari media penyimpanan
  • Modul pelatihan
 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

 

6.1 Program untuk menulis data dan membaca data dengan menggunakan pointer dibuat

 

Mempelajari cara untuk menulis data dan membaca data dengan menggunakan pointer
  • Mencari informasi tentang cara menulis data dan membaca data dengan menggunakan pointer

 

  • Membuat program untuk menulis dan membaca data dengan menggunakan pointer
  • Modul pelatihan
 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

6.2 Data pointer dapat dioperasikan sesuai dengan kebutuhan seperti untuk pencarian data, pengurutan data, menambah data, menghapus data dsb Mempelajari cara mengoperasikan data pointer utuk kebutuhan pencarian, pengurutan, menambah dan menghapus data
  • Mencari informasi tentang data pointer

 

  • Membuat program dengan data pointer untuk pencarian, pengurutan, menambah dan menghapus data

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

7.1 Program dikompilasi dengan mensetting pada editor program dan kode program yang dilibatkan

 

Mempelajari cara mengkompilasi dan mensetting editor
  • Mencari informasi tentang mengkompilasi dan mensetting editor

 

  • Melakukan kompilasi program dan setting editor
  • Modul pelatihan
 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

7.2 Kesalahan sintaks dan logika dikoreksi agar bebas dari error dan dapat dijalankan Mempelajari cara mengoreksi kesalahan sintaks dan logika
  • Mencari informasi tentang mengoreksi kesalahan sintaks dan logika

 

  • Melakukan koreksi kesalahan sintaks dan logika agar program bebas dari error

 

 

  • Modul pelatihan

 

  • Help atau manual

 

  • Internet

 

 

 

 


BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

3.1. Tugas Tertulis

 

Tugas tertulis dapat digunankan oleh panitia untuk mengidentifikasi kesiapan Anda untuk melaksanakan penilaian unjuk kerja.

 

Penilaian akan menggunakan satu atau lebih pertanyaan untuk setiap elemen, jika penilai kurang puas dengan kesiapan Anda dalam melakukan Penilaian Unjuk Kerja, maka rencana pelatihan atau Penilaian Unjuk Kerja  ulang /remidial akan dibicarakan antara Anda dengan Penilai.

 

Soal Teori

Pilihan Ganda (40 %)

 

1. Berikut ini yang termasuk tipe data dalam bahasa C, kecuali

a.       Integer

b.       Boolean

c.       Type

d.       Char

KUK 1.1

 

2. Tipe data yang memiliki rentang antara 0 to 4,294,967,295 adalah

a.       Long

b.       Unsigned Long

c.       Float

d.       Double

KUK 1.1

 

3. Dalam bahasa C, sintaks yang dapat digunakan untuk mencetak ke standard output adalah

a.       scanf

b.       clrscr

c.       out

d.       printf

KUK 2.1

 

4. Dalam bahasa C, sintaks yang dapat digunakan untuk meminta inputan dari user, adalah

a.       scanf

b.       clrscr

c.       out

d.       printf

KUK 2.1

 

5. Variabel dapat dikelompokkan menjadi berapa jenis, berdasarkan ruang lingkupnya ?

a.       1

b.       2

c.       3

d.       4

KUK 2.1

 

6. Sintaks perulangan yang langsung melakukan statement sebelum pengecekan adalah

a.       Do-while

b.       While

c.       For

d.       Switch

KUK 2.2

 

7. Yang tidak termasuk jenis ekspresi adalah

a.       Ekspresi Biner

b.       Ekspresi Numerik

c.       Ekspresi Majemuk

d.       Ekspresi Karakter

KUK 2.2

8. Manakah diantara ekspresi Boolean berikut yang menghasilkan true, jika x = 7 ?

a.       x > 10

b.       (x > 8) && (x < 10)

c.       (x < 4) || (x > 8)

d.       (x > 3) || (x < 0)

KUK 2.2

 

9. Penulisan sintaks seleksi yang salah adalah

a.       if( (x%2)==0 ) statement;

b.       if( (x%2)=0 ) statement ;

c.       if( x==2 ) statement

else statement ;

d.       if( (x%2) ) statement ;

KUK 2.2

 

10. Sekumpulan data yang memiliki tipe data yang sama adalah

a.       Procedur

b.       Function

c.       Array

d.       File

KUK 4.1

 

11. Blok program yang dapat dipanggil oleh bagian lain dalam program tetapi tidak dapat mengembalikan nilai adalah

a.       Prosedur

b.       Fungsi

c.       Array

d.       File

KUK 3.1

 

12.  Blok program yang dapat dipanggil oleh bagian lain dalam program dan dapat mengembalikan nilai adalah

a.       Prosedur

b.       Fungsi

c.       Array

d.       File

KUK 3.2

 

13.  Penulisan prosedur berikut yang benar adalah

a.       void cetak(void)

{

printf(”cetak”);

return 1;

}

 

  1. void cetak(int a)
  2. void cetak(int a)

{

printf(”nilai a adalah %d ”, a);

}

  1. void cetak(int a, b)

{

Printf(”nilai a adalah %d ”, a);

}

KUK 3.1

 

  1. Akses index pada array selalu dimulai pada indeks berapa ?
    1. 0
    2. 1
    3. 2
    4. 3

KUK 4.1

 

  1. Berapakah besar space untuk satu tipe integer ?
    1. 1 byte
    2. 2 byte
    3. 3 byte
    4. 4 byte

KUK 1.1

 

  1. Berapakah besar space untuk satu tipe float ?
    1. 1 byte
    2. 2 byte
    3. 3 byte
    4. 4 byte

KUK 1.1

 

  1. Berapakah besar space untuk satu tipe char ?
    1. 1 byte
    2. 2 byte
    3. 3 byte
    4. 4 byte

KUK 1.1

 

  1. Sintaks fopen, fclose terdapat dalam header apa ?
    1. conio.h
    2. stdio.h
    3. stdlib.h
    4. dos.h

KUK 5.1

 

  1. ”w” adalah mode file yang digunakan untuk
    1. baca
    2. tulis
    3. baca dan tulis
    4. menambahkan

KUK 5.1

 

  1.  ”a” adalah mode file yang digunakan untuk
    1. baca
    2. tulis
    3. baca dan tulis
    4. menambahkan

KUK 5.1

 

  1. ”wb” adalah mode file yang digunakan untuk
    1. Buka file binary untuk dibaca
    2. Buka file binary untuk ditulis
    3. Buka file text untuk dibaca
    4. Buka file text untuk ditulis

KUK 5.1

 

  1. Untuk membuka file dapat digunakan sintask berikut :
    1. fprintf
    2. fclose
    3. fopen
    4. fscanf

KUK 5.1

 

  1. Untuk menulis ke dalam file dapat digunakan sintaks berikut :
    1. fprintf
    2. fclose
    3. fopen
    4. fscanf

KUK 5.1

 

  1. Yang dimaksud dengan pointer adalah
    1. Variabel statis
    2. Variabel lokal
    3. Variable yang dapat digunakan untuk menyimpan alamat suatu variabel
    4. Konstanta

KUK 6.1

 

  1. Untuk mengkompilasi program BC 3.1 dapat digunakan perintah
    1. Alt + F1
    2. Alt + F9
    3. Ctrl + F1
    4. Ctrl + F9

KUK 7.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2. Tugas Unjuk Kerja (60%)

 

  1. Perhatikan contoh program berikut :

01       #include<stdio.h>

02       #include<conio.h>

03       void main()

04       {

05            int i=5;

06            clrscr();

07            while(i<8){

08                 printf(“%d “,i);

09                 i++;

10            }

11       }

 

Tuliskan simulasi alur jalannya perulangan program diatas

(KUK 2.2)

 

2.  Buatlah program untuk merandom 10 angka kemudian menuliskan nya ke dalam file ”tulis.txt”

(KUK 5.1)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR02.008.01

Judul Unit

: Mengoperasikan bahasa pemrograman terstruktur

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1

1.1

1.2

1.3

2

2.1

2.2

3

3.1

3.2

3.3

4

4.1

4.2

5

5.1

6

6.1

6.2

7

7.1

7.2

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan

Aspek – aspek penting dalam pengujian

 

 

 

 

 

 

Testimoni

Filed under : blog, tags: