Advertisement
loading...

 

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

 

MENGOPERASIKAN BAHASA PEMROGRAMAN LEVEL MESIN

TIK.PR02.031.01

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………       2

 

BAB I     STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………. 2

 

1.1   Unit Kompetensi Yang Dipelajari                                                3

1.1.1  Kode dan Judul Unit                                                        3

1.1.2  Deskripsi Unit                                                                3

1.1.3  Elemen Kompetensi                                                        3

1.1.4  Batasan Variabel                                                             4

1.1.5  Panduan Penilaian                                                          4

1.1.6  Kompetensi Kunci                                                           5

 

BAB II    TAHAPAN BELAJAR…………………………………………………………….         6

 

BAB III  TUGAS DAN TEORI UNJUK KERJA………………………………………… 9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

1.1        Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat:

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan criteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

1.1.1   Kode dan Judul Unit

Kode Unit               : TIK.PR02.031.01

Judul Unit               : Mengoperasikan Bahasa Pemrograman Level Mesin

 

1.1.2                   Deskripsi Unit

Unit menentukan kompetensi yang di perlukan untuk membuat program  menggunakan bahasa level mesin. Bahasa pemrograman level mesin pemrograman merupakan bahasa untuk membuat program dengan menggunakan instruksi yang berorientasi pada mesin.

 

1.1.3       Elemen Kompetensi

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01 Memanfaatkan tipe data 1.1   Aturan membuat program di manfaatkan. Letak pendefinisian data dan instruksi di ketahui dan           di coba

1.2  Kontrol program dimanfaatkan. Urutan instruksi dapat di baca dan di runut

02 Memanfaatkan Mnemonics (bahasa      program)       2.1  Sintak kode bahasa pemrograman (Mnemonics) dimanfaatkan. Sintak kode   bahasa program (Mnemonics) diketahui macam dan fungsinya

2.2   Kompiler bahasa pemrograman dimanfaatkan. Kode program yang dibuat di kompilasi dengan menggunakan kompiletr bahasa pemrograman tersebut

03 Membuat program     sederhana 3.1     Kode program baca tulis ke standar input/output di buat. Program untuk membaca masukan data dari keyboard dan menampilkan ke layar          monitor sudah di buat dan di kompilasi.

3.2  Algoritma percabangan dan pengulangan di gunakan dalam kode program. Percabangan melibatkan instruksi perbandingan dan pengulangan (counter) di manfaatkan sesuai dengan kebutuhan program

04 Membuat program     menggunakan fungsi   dan prosedur

4.1     Prosedur dibuat dalam kode program. Prosedur merupakan anak/sub program yang mengumpulkan instruksi kode program sesuai dengan tujuan instruksi program

4.2   Fungsi dibuat dalam kode program. Fungsi merupakan anak/sub program yang mengumpulkan instruksi perhitungan

1.1.4 Batasan Variabel

Batasan variabel dalam bahasan ini adalah:

1.  Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.

  1. Mengoperasikan bahasa pemrograman level mesin bersifat internal dan terbatas pada bidang: Pemrograman Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. Bahasa pemrograman yang perlu di kuasai di sesuaikan dengan kebutuhan sistim dan mesin (sistem komputer yang di gunakan)

 

1.1.5   Panduan Penilaian

Panduan Penilaian terdiri dari:

  1. 1.   Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk dapat mendemontrasikan kompetensi, diperlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini :

1.1     Memahami algoritma pemrograman

1.2     Mamahami flowchart

 

  1. 2.   Konteks Penilaian

Unit ini dapat di nilai di dalam tempat kerja atau tempat lain secara praktek komputer dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal

 

  1. 3.   Aspek penting penilaian

Aspek yang harus di perhatikan :

3.1         Kemampuan membuat program dengan bahasa mnemonic

3.2       Kemampuan untuk membuat program dengan menggunakan kompiler   bahasa program

  1. 4.   Kaitan dengan unit lain :

4.1.       Unit ini di dukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan :

4.1.1.1   TIK.PR02.002.01 Membuat algoritma pemrograman lanjut

4.1.1.2   TIK.PR02.005.01 Menulis program dasar

4.1.1.3   TIK.PR02.008.01 Mengoperasikan bahasa pemrograman   terstruktur

 

4.2     Unit ini juga mendukung kinerja dalam unit kompetensi yang berkaitan          dengan pengembangan aplikasi real time dan embeded

4.3     Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini   perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sector tertentu. Batasan variable akan membantu dalam hal ini. Untuk sector tertentu/khusus pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sector tersebut

 

1.1.6 Kompetensi Kunci

 

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika

3

6

Memecahkan masalah

2

7

Menggunakan teknologi

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  1. Penyajian bahan, pengajaran dan peserta harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengerti dan memahami arti dari tipe data.
  4. Peserta belajar untuk memanfaatkan kontrol program.
  5. Peserta mempelajari menggunakan kompiler.
  6. Peserta mempelajari membuat program sederhana serta mampu menerapkan dan menggunakan algoritma pengulangan dan percabangan.
  7. Peserta mampu membuat dan menggunakan program dengan prosedur dan fungsi.

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aturan membuat program dimanfaatkan. Letak pendefinisian data data dan instruksi diketahui dan dicoba. Mengetahui dasar-dasar pembuatan program, tipe data dan instruksi.
  • Mencari informasi tentang pembuatan program dasar dan tipe data.
  • Buku tentang langkah-langkah pembuatan program menggunakan bahasa mesin.
 

  • Internet

 

 

1.2

 

 

 

 

 

 

 

Kontrol program dimanfaatkan. Urutan instruksi dapat dibaca dan dirunut. Mampu memanfaatkan kontrol program sehingga instruksi dapat dibaca dan dirunut.
  • Mencari informasi pada internet.
  • Membaca buku
  • Latihan memanfaatkan kontrol program

 

  • Buku tentang pemrograman bahasa mesin

 

  • Internet

 

 

2.1 Sintak kode pemrograman (mnemonics) dimanfaatkan. Sintak kode bahasa program diketahui macam dan fungsinya.

 

Mampu memanfaatkan sintaks kode pemrograman.
  • Membaca buku
  • Latihan memanfaatkan sintaks kode pemrograman
  • Buku tentang pemrograman bahasa mesin
 

  • Internet

 

 

2.2 Kompiler bahasa program dimanfaatkan. Kode program yang dibuat di kompilasi dengan menggunakan kompiletr bahasa pemrograman tersebut

 

Dapat melakukan kompilasi dengan kompiler bahasa pemrograman mesin.
  • Membaca buku
  • Latihan mengkompilasi program dengan kompiler bahasa mesin

 

  • Buku tentang pemrograman bahasa mesin

 

  • Internet

 

3.1 Kode program baca tulis ke standar input/output di buat. Program untuk membaca masukan data dari keyboard  dan menampilkan ke layar monitor sudah di buat dan di kompilasi.

 

Mampu membuat program sederhana seperti program baca tulis standar input/output dari keyboard ke layar.
  • Membaca buku
  • Melakukan latihan dengan praktek secara langsung

 

  • Internet

 

  • Buku pemrograman bahasa mesin

 

3.2 Algoritma percabangan dan pengulangan digunakan dalam kode program. Percabangan melibatkan instruksi perbandingan dan pengulangan (counter) dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan program

 

Mengetahui dan mampu menggunakan serta menerapkan algoritma perulangan dan percabangan.
  • Membaca buku
  • Latihan

 

  • Internet

 

  • Buku pemrograman bahasa mesin

 

4.1 Prosedur dibuat dalam kode program. Prosedur merupakan anak/sub program yang mengumpulkan instruksi kode program sesuai dengan tujuan instruksi program

 

Dapat membuat prosedur dalam kode program.
  • Membaca buku
  • Latihan membuat dan memanfaatkan prosedur
  • Internet
 

  • Buku pemrograman bahasa mesin

 

4.2 Fungsi dibuat dalam kode program. Fungsi merupakan anak/sub program yang mengumpulkan instruksi perhitungan

 

Dapat membuat dan memanfaatkan fungsi dalam kode program
  • Membaca buku
  • Latihan membuat fungsi
  • Internet
 

  • Buku pemrograman bahasa mesin

 

 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

3.1        Tugas Teori

Bacalah soal-soal berikut dengan seksama dan kerjakanlah dengan tepat!

  1. Berikut ini yang merupakan text editr pada bahasa mesin kecuali (KUK 2.2)
    1. Sidekick
    2. WordStar
    3. WordPerfect
    4. BallWorld

 

  1. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengkompilasi bahasa pemrograman masin adalah (KUK 2.2)
    1. Turbo Assembler
    2. Turbo C
    3. Turbo Basic
    4. Visual basic

 

  1. Salah satu sifat program EXE adalah (KUK 1.1)
    1. Bisa menggunakan lebih dari satu segmen
    2. Hanya dapat menggunakan satu segmen
    3. Lebih cepat
    4. Lebih pendek

 

  1. Salah satu sifat program COM adalah (KUK 1.1)
    1. Bisa menggunakan lebih dari satu segmen
    2. Hanya dapat menggunakan satu segmen
    3. Ukuran file tak terbatas
    4. Mudah mengakses data

 

  1. Bila dihasilkan interupsi 21h apa yang akan dikerjakan oleh komputer? (KUK 2.1)
    1. Melihat nilai yang dibawa oleh register H
    2. Melihat nilai yang dibawa oleh register AH
    3. Melihat nilai yang dibawa oleh register A
    4. Melihat nilai yang dibawa oleh register 21

 

  1. Perintah yang digunakan bahasa mesin untuk melakukan proses perulangan adalah (KUK 3.2)
    1. FOR
    2. WHILE
    3. LOOP
    4. IF

 

 

 

  1. Sintaks bahasa mesin untuk perintah perulangan adalah (KUK 3.2)
    1. FOR Tujuan
    2. LOOP Tujuan
    3. Tujuan LOOP
    4. Tujuan FOR

 

  1. Register yang digunakan sebagai counter  dalam proses perulangan adalah (KUK 2.1 dan KUK 3.2)
    1. DL
    2. H

c.AH

  1. CX

 

  1. Fungsi dari prosedur adalah kecuali (KUK 4.1)
    1. Membagi-bagi program menjadi lebih kecil

b. Mudah menemukan kesalahan

  1. Memudahkan programmer

d. Menggabung program

 

  1. Perintah yang digunakan untuk mengembalikan kontrol program pada si pemanggil prosedur adalah (KUK 2.1 dan 4.1)
    1. RETRY
    2. FAR

c.NEAR

  1. RET

 

  1. Sintaks untuk memanggil prosedur adalah (KUK 2.1 dan 4.1)
    1. CALL NamaProsedur
    2. NamaProsedur CALL

c.PANGGIL NamaProsedur

  1. NamaProsedur PANGGIL

 

  1. Sintaks yang digunakan untuk mencetak karakter adalah (KUK 2.1 dan 3.1)
    1. INT 13h
    2. INT 21h

c.INT 10h

  1. MOV AH,09

 

  1. Sintaks untuk mengambil kode ASCII yang ditekan adalah (KUK 2.1)
    1. MOV DL,AL
    2. MOV AL,DL

c.MOV AX,CX

  1. MOV CX,AX

 

 

 

  1. Sintaks yang digunakan untuk lompat ke exit adalah (KUK 2.1)
    1. JE
    2. Jump Exit

c.JE Exit

  1. JMP Exit

 

  1. Apakah maksud dari sintaks CMP AL,’Q’? (KUK 2.1)
    1. Apakah yang ditekan huruf Q
    2. Membandingkan huruf

c.Apakah yang ditekan huruf AL

  1. Membandingkan huruf AL dengan Q

 

  1. Kode yang dapat mendeteksi penekanan tombol fungsi maupun tombol kombinasi adalah (KUK 3.1)
    1. KODE EXTENDED
    2. KODE COMPARE

c.KODE COMBINATION

  1. KODE COMBINE

 

  1. Hasil dari pembacaan karakter, akan ditaruh pada register (KUK 3.1)
    1. AH
    2. DL

c.AL

  1. AX

 

  1. Salah satu kelemahan dari prosedur adalah (KUK 4.1)
    1. Tidak bisa menggunakan fungsi panggil
    2. Tidak bisa menggunakan algoritma perulangan

c.Tidak bisa menggunakan parameter

  1. Harus menggunakan parameter

 

  1. Bentuk yang digunakan dalam prosedur setelah kata PROC adalah, kecuali (KUK 4.1)
    1. FAR
    2. NEAR

c.FAR dan NEAR

  1. LONG

 

  1. Fungsi yang berfungsi untuk mendeteksi penekanan terhadap keyboard (keyboard buffer) adalah (KUK 3.1 dan 4.2)
    1. 11h
    2. 10h

c.21h

  1. 09h

 

 

 

  1. Interupsi yang dapat digunakan untuk mendapat satu masukkan karakter dari keyboard adalah (KUK 3.1)
    1. 16h
    2. 10h

c.21h

  1. 09CX

 

  1. Karakter kontrol yang berfungsi untuk Enter pada keyboard adalah (KUK 1.2)
    1. #8
    2. #13

c.#10

  1. #20

 

  1. Karakter kontrol yang berfungsi untuk pindah baris adalah (KUK 1.2)
    1. #8
    2. #13

c.#10

  1. #20

 

  1. Tipe data yang berukuran 6 byte adalah (KUK 1.1)
    1. DF
    2. DW

c.DB

  1. DQ

 

  1. Tipe data yang berukuran 8 byte adalah (KUK 1.1)
    1. DB
    2. DW

c.DD

  1. DQ

 

Bobot nilai untuk setiap soal teori di atas adalah 2, jadi total nilai untuk soal teori adalah 50.

 

 

3.2        Tugas Unjuk Kerja

 

  1. (25) Buatlah sebuah program yang menampilkan angka 65535!

 

  1. (25) Buatlah sebuah program untuk menampilkan bilangan prima antara 0-1000!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR02.031.01

Judul Unit

: Mengoperasikan Bahasa Pemrograman Mesin

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

01 Memanfaatkan tipe data

1.1   Aturan membuat program di manfaatkan. Letak pendefinisian data dan instruksi di ketahui dan dicoba

 

   

1.2    Kontrol program dimanfaatkan.  Urutan instruksi dapat di baca dan dirunut

 

   
02 Memanfaatkan Mnemonics (bahasa program)

2.1   Sintak kode bahasa pemrograman(Mnemonics) dimanfaatkan. Sintak kode bahasa program (Mnemonics) diketahui macam dan fungsinya

 

   
 

2.2    Kompiler bahasa pemrograman dimanfaatkan. Kode program yang dibuat di kompilasi dengan menggunakan kompiler bahasa pemrograman tersebut

 

   
03 Membuat program sederhana

3.1    Kode program baca tulis ke standar input/output di buat. Program untuk membaca masukan data dari keyboard  dan menampilkan ke layar monitor sudah di buat dan di kompilasi.

 

   

3.2   Algoritma percabangan dan pengulangan digunakan dalam kode program. Percabangan melibatkan instruksi perbandingan dan pengulangan (counter) di manfaatkan sesuai dengan kebutuhan program

 

   
04 Membuat program menggunakan fungsi      dan prosedur

4.1     Prosedur dibuat dalam kode program. Prosedur merupakan anak/sub program yang mengumpulkan instruksi kode program sesuai dengan tujuan instruksi program

 

   
 

4.2   Fungsi dibuat dalam kode program. Fungsi merupakan anak/sub program yang mengumpulkan instruksi perhitungan

 

   
Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

 

Testimoni

Filed under : blog, tags: