Advertisement
loading...

 

 

Advertisement

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

MENGOPERASIKAN BAHASA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK (OBJECT ORIENTED)

TIK.PR02.009.01

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………. Hal

 

BAB I    KONSEP PENILAIAN…………………………………………………………………… 2

 

1.1.           Bagaimana Instruktur akan Menilai ……………………………………… 3

1.2.           Tipe Penilaian ……………………………………………………………….. 3

 

BAB II   PELAKSANAAN PENILAIAN ………………………………………………………….. 3

 

2.1.           Kunci Jawaban Tugas-tugas Teori ……………………………………….. 5

2.2.           Kunci Jawaban Tugas Unjuk Kerja ……………………………………….. 9

2.3.           Daftar Check Unjuk Kerja (Praktek) …………………………………….. 13

2.4.           Checklist List Teori dan Unjuk Kerja …………………………………….. 14

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Buku-buku Referensi untuk bahan pelatihan yang telah direkomendasikan:

 

 

1.Data Buku Pendukung Teori

 

 

 

 

BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

1.1.          Bagaimana Instruktur akan Menilai

 

Dalam sistem berdasarkan Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan criteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (ditempat kerja) atau dilembaga pelatihan (diluar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan ditempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

 

1.2.          Tipe Penilaian  

 

Test Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

 

Test Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.


BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

 

 

2.1    Kunci Jawaban Tugas-tugas Teori

 

  1. Yang bukan merupakan struktur bahasa pemrograman berorientasi obyek adalah

Jawaban : b. ( Visual Basic )

 

  1. Yang merupakan tipe data bentukan adalah :

Jawaban : b  (Tipe data bilangan riil)

 

3.  Yang bukan merupakan struktur dasar Algoritma adalah :

Jawaban : d (Choosing)

 

4. Pilihlah salah satu penamaan variabel yang tepat sesuai dengan aturan – aturan penamaan yang benar :

Jawaban : b. (jumlah_mahasiswa)

 

5. Terdapat operasi logika terhadap variabel bertipe booelan, pilihlah hasil yang salah dibawah ini :  (kondisi awal A = true dan B = false)

Jawaban : b. (A && B hasilnya adalah “false”)

 

 

 

 

6. Sebuah obyek yang digunakan untuk menyimpan nilai tertentu berdasarkan sebuah tipe data dasar tertentu, disebut sebagai :

Jawaban : b. (Variabel)

 

7. Karakteristik sebuah class untuk menyembunyikan kompleksitas ketika obyek tersebut di ciptakan dan digunakan, disebut sebagai :

Jawaban :  a. (Enkasupsulasi)

 

8.  Kemampuan sebuah class untuk mewarikskan atribut dari dalam dirinya ke dalam class turunannya, disebut sebagai :

Jawaban : b. Inheritence

 

9. Apakah yang disebut sebaga obyek dari sebuah class :

Jawaban : a. (Obyek adalah representasi sebenarnya dari sebuah class yang memiliki state dan behaviour tertentu)

 

10. Kendali akses yang hanya memperbolehkan data member sebuah class hanya dapat diakses oleh bagian dari class nya sendiri, disebut sebagai :

  Jawaban : c.( Private)

 

11. Kendali akses yang hanya memperbolehkan data member sebuah class hanya dapat diakses oleh bagian dari class nya sendiri dan anggota class turunannya, disebut sebagai :

Jawaban :  d. (Protected)

 

 

 

12. Sebuah fungsi khusus yang akan langsung dijalankan ketika sebuah obyek diciptakan dari sebuah class adalah :

  Jawaban : d. (Konstruktor)

 

13. Sebuah fungsi khusus yang akan langsung dijalankan ketika sebuah obyek berakhir atau program berakhir, disebut sebagai :

Jawaban : a. ( Destruktor)

 

14. Class yang menjadi induk bagi class turunannya biasa disebut sebagai :

Jawaban : b. (Super class)

 

15. Beberapa bentuk / jenis dari pewarisan, kecuali :

Jawaban :  d. (Multi Channel Inheritence)

 

16. Sebuah teknik pemrograman yang memungkinkan untuk membuat fungsi antarmuka dengan nama yang sama namun menjalankan aktifitas berbeda, disebut sebagai :

Jawaban : c. (Overloading)

 

17. Secara umum terdapat 2 bentuk dari overloading, yaitu :

Jawaban : b. (Konstruktor Overloading & Method Overloading)

 

18. Sebuah obyek yang dapat menampung sekumpulan class disebut sebagai :

Jawaban : a. (Package)

 

 

19. Sebuah fungsi yang bukan anggota class dan berasal dari class lain, tetapi dapat mengakses data member dalam suatu class disebut sebagai :

Jawaban : a.  (Fungsi Friends)

 

 

 

2.2        Kunci Jawaban Tugas Unjuk Kerja

 

  1. Jelaskan dengan detail mengenai obyek dan class ?

-       Class adalah sebuah tipe data abstrak yang memiliki atribut, state dan behaviour. Class bukanlah representasi nyata dan hanya merupakan tipe data abstrak.

-       Obyek adalah representasi sebenarnya / nyata dari sebuah class yang memiliki state dan behaviour tertentu.

Contoh : Anita adalah obyek nyata dari kelas manusia.

 

  1. Buat sebuah program menggunakan class yang lengkap, serta tunjukkan detail tiap bagiannya.

#include <iostream.h>

 

class completeClass{

private : // data member / atribut

char *nama,*jenis_kelamin;

int usia;

public :

// method / behaviour

void tampil(){

cout<<”Nama saya adalah : “ << nama <<endl;

cout<<”Usia saya adalah : “<< usia <<endl;

cout<<”Jenis kelamin saya adalah : “<< jenis_kelamin<<endl;

}

completeClass(){ // konstruktor class

cout<<”Masukkan nama anda : “;

cin >> nama;

cout<<”Masukkan usia anda : “;

cin>>usia;

 

cout<<”Masukkan jenis kelamin anda : “;

cin>>jenis_kelamin;}

 

~completeClass() { //destructor class

cout<<”obyek telah dihancurkan. Program berakhir”;

}};

void main(){

completeClass obyek; // menciptakan obyek dari class.

obyek.tampil(); // memanggil method tampil

// untuk menampilkan atribut dari class

}

 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan encapsulation, inheritence dan polimorphysm
  • Encapsulation :

Sebuah konsep yang digunakan untuk menyembunyikan kompleksitas dari sebuah class, setiap class memiliki antarmuka untuk berkomunikasi dengan pihak eksternal sehingga kerumitan / kompleksitas sebuah class tidak nampak dari luar.

  • Inheritence :

Sebuah konsep yang digunkana untuk menurunkan sifat – sifat dari sebuah class kepada class lain, seluruh atribut,state dan behaviour yang dapat

diturunkan (yang bersifat protected) akan diturunkan kepada class turunannya.

  • Polimorphysm

Polimorfisme adalah sebuah konsep yang memungkinkan sebuah obyek berperilaku berubah – ubah sesuai dengan kondisi yang diinginkan ketika program berjalan. Hal ini bisa disebut juga sebagai obyek dinamis.

 

  1. Buatlah sebuah contoh program menggunakan konsep polimorphysm
  • Polimorfisme :

#include <iostream.h>

class bangun2D{ // class induk.

public:

double hitungLuas(double p,double L){}

double hitungLuas (double p){}

};

class kotak : public bangun2D{

// class turunan dari class bangun 2D.

public:

double hitungLuas(double sisi){ return sisi * sisi;}

};

class pPanjang : public bangun2D{

// class turunan dari class bangun 2D.

public:

double hitungLuas(double p,double L){

return p *l;

}};

void main(){

bangun2D square, persegi_panjang;

square = new kotak();

cout << square -> hitungLuas(10) <<endl;

 

persegi_panjang = new pPanjang();

cout << persegi_panjang -> hitungLuas(10,10) <<endl;

}

 

 

 

 

  1. Jelaskan tentang apa itu Method Overloading ?

Method overloading adalah method / function / behaviour yang memiliki nama sama namun menjalankan aktifitas / implementasi yang berbeda, dan terletak pada satu class yang sama.

 

  1. Buatlah sebuah contoh program menggunakan konsep method overloading

#include <iostream.h>

class bangun2D{ // class induk.

public:

// overloading method.

double hitungLuas(double p,double L){return p *l;}

double hitungLuas (double p) {return p * p;}

double hitungLuas(double alas, double tinggi){

return 0.5 * alas * tinggi;}};

 

void main(){

bangun2D segitiga, kotak, persegi_panjang;

// hitung luas segitiga

cout<<”Luas segitiga : “<<Segitiga.hitungLuas(10,10);

// hitung luas kotak

cout<<”Luas Kotak : “<<kotak.hitungLuas(10);

// hitung luas persegi panjang

cout<<”Luas P Panjang : “;

cout<<persegi_panjang.hitungLuas(10,10);

} // end of main.

 

 

 

 

2.3        Daftar Check Unjuk Kerja (Praktek)     

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN KOMPETEN BELUM

KOMPETEN

TANGGAL
1. Memahami tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek      
2. Memahami tentang pengertian class dan obyek      
3. Memahami tentang konsep enkapsulasi, pewarisan dan polimorfisme      
4. Memahami tentang penulisan program menggunakan konsep pemrograman berorientasi obyek dengan baik dan benar      
5. Memahami tentang penggunaan konstruktor dan function overloading      
6. Memahami tentang penggunaan package dan interface      

 

 

 

 

 

 

 

2.4     Check List Teori dan Praktek

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

Penguasaan Bahan

Ya

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami tentang obyek dan class ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami tentang konsep enkapsulasi ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami tentang konsep pewarisan ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami tentang konsep polimorfisme ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami tentang package dan interface ?  
Apakah peserta pelatihan mampu menulis program yang benar menurut konsep pemrograman berorientasi obyek ?  
Apakah peserta pelatihan mampu mengkompilasi program yang bebas dari kesalahan ?  
Apakah peserta pelatihan mampu melakukan debugging program ketika terjadi kesalahan pada kode program ?  


LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

KOPMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

Buku-buku Referensi untuk bahan pelatihan yang telah direkomendasikan:

 

  1.     2.            Data Buku Manual

 

  1.     3.            Data Buku Pendukung Teori

 

 

 

 

 

Testimoni

Filed under : blog, tags:
SLIDESERAGAMBATIK