Advertisement

 

 

Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

MENGOPERASIKAN BAHASA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK (OBJECT ORIENTED)

TIK.PR02.009.01

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………. Hal

 

BAB I    STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………………. 2

 

1.1.           Unit Kompetensi yang Dipelajari …………………………………………  2

1.1.1        Judul dan Kode Unit ………………………………………………  2

1.1.2        Deskripsi Unit ……………………………………………………..  2

1.1.3        Kemampuan Awal …………………………………………………  2

1.1.4        Elemen Kompetensi ………………………………………………  2

1.1.5        Kriteria Unjuk Kerja ………………………………………………  2

1.1.6        Batasan Variabel …………………………………………………..  4

1.1.7        Panduan Penilaian ………………………………………………..  4

1.1.8        Kompetensi Kunci ………………………………………………… 6

 

BAB II   TAHAPAN BELAJAR ……………………………………………………………………  7

 

BAB III  TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA ………………………………………………….  8

3.1         Tugas Tertulis ……………………………………………………………………. 15

3.2         Tugas unjuk kerja ……………………………………………………………….. 21

3.3         Daftar cek unjuk kerja ………………………………………………………….. 21

 

Buku-buku Referensi untuk bahan pelatihan yang telah direkomendasikan:

-                  Data Buku Pendukung Teori

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

  KODE UNIT                    :   TIK.PR02.009.01

                                           

                                           JUDUL UNIT    : Mengoperasikan Bahasa Pemrograman Berorientasi Obyek   (Object Oriented)

                                                              

                                                          DESKRIPSI UNIT :

Unit ini menentukan kompetensi yang diperlukan untuk mempelajari bahasa pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming) misalnya pemrograman visual. Kompetensi yang dipelajari berupa identifikasi terhadap obyek, class, message, inheritance, interface dan package serta properties lainnya.

 

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Menggunakan tipe data dan kontrol program

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1   Tipe data dasar dan tipe data bentukan dijelaskan.

 

1.2   Tata cara penulisan program Object Oriented diidentifikasi dan diaplikasikan.

 

1.3   Kontrol program berupa urutan atau sekuensial program dibuat dan dikendalikan dalam kode program.

 

 

 

02     Membuat program object oriented dengan class  

2.1   Program dengan penggunaan obyek atau class dibuat.

 

2.2   Properti class yang akan direalisasikan dalam bentuk prosedur/fungsi dibuat.

 

2.3   Data di dalam class dibuat mandiri. Artinya data di dalam class tidak dapat diakses secara langsung oleh class lain. Data hanya dapat diakses melalui property class (berupa fungsi atau prosedur).

 

03     Membuat program object oriented dengan inheritence, polimorphy, overloading dan friends. 3.1   Inheritance pada class diaplikasikan.

 

3.2   Polimorphy pada class diaplikasikan.

 

3.3   Overloading pada class diaplikasikan.

 

3.4   Friends pada class diaplikasikan.

 

04     Membuat program object oriented dengan interface dan paket  

4.1   Interface class program dibuat.

 

4.2   Paket dengan penggunaan class program dibuat.

 

 

 

 

05     Mengkompilasi dengan object  oriented  

5.1   Program dikompilasi denga setting pada editor program dan kode program dilibatkan

 

5.2   Kesalahan sintak dan logika dikoreksi dan dibetulkan. Program yang dibuat harus bebas dari error dan dapat dijalankan.

 

 

 

 BATASAN VARIABEL

 

  1. Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Menjaga etika bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

 PANDUAN PENILAIAN

 

  1. 1.           Pengetahuan dan keterampilan penunjang untuk mendemontrasikan kompetensi, memerlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini :

1.1                   Pengetahuan dasar :

1.1.1   Matematika dasar dan matematika logika

Flowchart dan dasar pemrograman

Mengidentifikasikan sistem operasi yang digunakan

Membuat program dengan bahasa terstruktur

 

  1. 2.           Konteks penilaian

 

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau di tempat lain secara teori dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

  1. Aspek penting penilaian

 

Aspek yang harus diperhatikan

Kemampuan mengidentifikasi tipe data dan aturan pemograman Object Oriented.

        Kemampuan membuat program dengan menggunakan obyek dan class, inheritance, polimorphy, overloading dan friend.

Kemampuan mengkompilasi program Object Oriented sehingga program bebas dari kesalahan.

 

4.     Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1     Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar teknologi informasi.

 

4.1.1  TIK.PR02.003.01Membuat struktur data.

4.1.2  TIK.PR02.004.01Menggunakan spesifikasi program.

4.1.3  TIK.PR02.008.01Mengoperasikan pemrograman terstruktur.

 

4.2     Unit ini juga mendukung kinerja dalam unit – unit kompetensi yang berkaitan dengan pemrograman.

4.3     Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

 

 

Kompetensi Kunci

 

No Kompetensi Kunci Dalam Unit ini Tingkat
1 Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi 3
2 Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi 2
3 Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas 3
4 Bekerja dengan orang lain dan kelompok 2
5 Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 3
6 Memecahkan masalah 3
7 Menggunakan teknologi 3

 

 


BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  • Penyajian bahan, pengajaran, peserta dan penilai harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  • Isi perencanaan merupakan kaitan antara criteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  • Peserta harus mengenali berbagai sintaks yang digunakan
  • Peserta juga harus memiliki melatih kemampuan logika pemrograman yang benar
  • Belajar membuat program yang benar dan efiesien

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe data dasar dan tipe data bentukan dijelaskan Mengetahui tipe data dasar, variabel dan konstanta.
  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

  • Melakukan praktek penulisan program secara langsung.
  • Buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek
  • Internet
 

 

Mengetahui tipe data bentukan dan mengaplikasikan ke dalam kode program.
Mampu menuliskan kode program dengan benar.
1.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tata cara penulisan program Object Oriented diidentifikasi dan diaplikasikan.

 

Mampu menuliskan kode – kode pemrograman berorientasi obyek dengan benar.
  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

1.3 Kontrol program berupa urutan atau sekuensial program dibuat dan dikendalikan dalam kode program Mampu mengetahui alur logika dari jalannya program dan mengetahui urutan eksekusi suatu instruksi program.
  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

 

 

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

 
  • Mencari informasi melalui internet

 

  • Melakukan praktek penulisan program secara langsung.
2.1 Program dengan penggunaan obyek atau class dibuat.

 

 

Mampu memahami dasar – dasar dari pemrograman berorientasi obyek dibuat dan mampu menuliskan kode program dasar menggunakan class dengan benar.
  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

2.2 Properti class yang akan direalisasikan dalam bentuk prosedur/fungsi dibuat. Mampu menuliskan sebuah class yang lengkap dengan benar.

 

Mampu membuat sebuah program sederhana menggunakan class.

  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

2.3 Data di dalam class dibuat mandiri. Artinya data di dalam class tidak dapat diakses secara langsung oleh class lain. Data hanya dapat diakses melalui property class (berupa fungsi atau prosedur).

 

Mampu memahami konsep enkapsulasi dengan baik.

 

Mampu mengerti tentang atribut private, protected dan public dengan baik.

 

Mampu menuliskan sebuah kode program yang benar.

  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

3.1 Inheritance pada class diaplikasikan.

 

Mampu memahami dasar – dasar pewarisan pada pemrograman berorientasi obyek dengan benar.
  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek
  • Mencari informasi melalui internet

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

3.2 Polimorphy

pada class diaplikasikan.

 

Mampu memahami dasar – dasar polimorfisme pada pemrograman berorientasi obyek dengan benar.
  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

3.3 Overloading

pada class diaplikasikan.

 

Mampu memahami konsep overloading pada pemrograman berorientasi obyek dengan benar.

 

Mengerti tentang konstruktor overloading dan method overloading.

  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

3.4 Friends

pada class diaplikasikan.

 

Mampu memahami tentang fungsi friends dengan baik.

 

Mampu memahami tentang kelebihan dan kekurangan fungsi friends.

  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

4.1 Interface class program dibuat.

 

Mampu memahami dasar – dasar dan kegunaan interface.

 

Mampu membuat sebuah interface sederhana dengan benar.

  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

4.2 Paket dengan penggunaan class program dibuat Mampu memahami dasar – dasar dan kegunaan package.

 

Mampu menuliskan sebuah program menggunakan paket dengan benar.

  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

5.1 Program dikompilasi denga setting pada editor program dan kode program dilibatkan

 

Mampu melakukan kompilasi program dengan benar dan menjalankan program dengan benar.

 

Mampu mengenali editor program sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan.

  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 

5.2 Kesalahan sintak dan logika dikoreksi dan dibetulkan. Program yang dibuat harus bebas dari error dan dapat dijalankan Mampu melakukan debugging pada kode program yang mengalami kesalahan.

 

Mampu menggunakan alat bantu pada editor program dalam melakukan debugging program.

  • Membaca buku tentang dasar – dasar pemrograman berorientasi obyek

 

  • Mencari informasi melalui internet

 

Melakukan praktek penulisan program secara langsung.

  • Buku tentang pemrograman berorientasi obyek

 

  • Internet

 


BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

3.1. Tugas Tertulis

 

Tugas tertulis dapat digunankan oleh panitia untuk mengidentifikasi kesiapan Anda untuk melaksanakan penilaian unjuk kerja.

 

Penilaian akan menggunakan satu atau lebih pertanyaan untuk setiap elemen, jika penilai kurang puas dengan kesiapan Anda dalam melakukan Penilaian Unjuk Kerja, maka rencana pelatihan atau Penilaian Unjuk Kerja  ulang /remidial akan dibicarakan antara Anda dengan Penilai.

 

  1. Yang bukan merupakan struktur bahasa pemrograman berorientasi obyek adalah (KUK 1.1)

a. Visual C++

b. Visual Basic

c. Visual Basic.NET

d. Visual C++

 

  1. Yang merupakan tipe data bentukan adalah (KUK 1.1):

a. Tipe data bilangan bulat

b. Tipe data bilangan riil

c. Tipe data logika

d. Class

 

 

  1. Yang bukan merupakan struktur dasar Algoritma adalah (KUK 1.3):

a. Sequence

b. Selection

c. Repetition

d. Choosing

 

  1. Pilihlah salah satu penamaan variabel yang tepat sesuai dengan aturan – aturan penamaan yang benar (KUK 1.1):

a. jumlah mahasiswa

b. jumlah_mahasiswa

c. jumlah-mahasiswa

d. %jumlah_mahasiswa

 

  1. Terdapat operasi logika terhadap variabel bertipe booelan, pilihlah hasil yang salah dibawah ini :  (kondisi awal A = true dan B = false) (KUK 1.1)

a. A && B hasilnya adalah “true”

b. A && B hasilnya adalah “false”

c. A or B hasilnya adalah “false”

d. A xor B hasilnya adalah “true”

 

  1. Sebuah obyek yang digunakan untuk menyimpan nilai tertentu berdasarkan sebuah tipe data dasar tertentu, disebut sebagai (KUK 1.1):

a. String

b. Variabel

c. Operator

d. Struktur Data

  1. Karakteristik sebuah class untuk menyembunyikan kompleksitas ketika obyek tersebut di ciptakan dan digunakan, disebut sebagai (KUK 2.1):

a. Enkasupsulasi

b. Inheritence

c. Penyembunyian

d. Polymorphism

 

  1. Kemampuan sebuah class untuk mewarikskan atribut dari dalam dirinya ke dalam class turunannya, disebut sebagai (KUK 2.1):

a. Enkasupsulasi

b. Inheritence

c. Penyembunyian

d. Polymorphism

 

  1. Apakah yang disebut sebaga obyek dari sebuah class (KUK 2.1):

a. Obyek adalah representasi sebenarnya dari sebuah class yang memiliki state dan behaviour tertentu.

b. Obyek adalah tipe data dari sebuah class.

c. Obyek adalah class turunan dari sebuah class.

d. Obyek adalah sebuah makhluk hidup yang mampu berinteraksi dengan class nya.

 

 

 

10. Kendali akses yang hanya memperbolehkan data member sebuah class hanya dapat diakses oleh bagian dari class nya sendiri, disebut sebagai (KUK 2.3) :

a. Public

b. Inheritence

c. Private

d. Protected

 

11. Kendali akses yang hanya memperbolehkan data member sebuah class hanya dapat diakses oleh bagian dari class nya sendiri dan anggota class turunannya, disebut sebagai (KUK 2.3):

a. Public

b. Inheritence

c. Private

d. Protected

 

12. Sebuah fungsi khusus yang akan langsung dijalankan ketika sebuah obyek diciptakan dari sebuah class adalah (KUK 2.3):

a. Destruktor

b. Variabel

c. Konstanta

d. Konstruktor

 

 

 

 

13. Sebuah fungsi khusus yang akan langsung dijalankan ketika sebuah obyek berakhir atau program berakhir, disebut sebagai (KUK 2.3):

a. Destruktor

b. Variabel

c. Konstanta

d. Konstruktor

 

14. Class yang menjadi induk bagi class turunannya biasa disebut sebagai (KUK 3.1):

a. Sub class

b. Super class

c. Abstract Class

d. Mother Class

 

15. Beberapa bentuk / jenis dari pewarisan, kecuali (KUK 3.1):

a. Single Inheritence

b. Multiple Inheritence

c. Multi Level Inheritence

d. Multi Channel Inheritence

 

16. Sebuah teknik pemrograman yang memungkinkan untuk membuat fungsi antarmuka dengan nama yang sama namun menjalankan aktifitas berbeda, disebut sebagai (KUK 3.2):

a. Overheating

b. Polymorphism

c. Overloading

d. Inheritence

 

17. Secara umum terdapat 2 bentuk dari overloading, yaitu (KUK 3.3):

a. Class Overloading & Konstruktor Overloading

b. Konstruktor Overloading & Method Overloading

c. Konstruktor Overloading & Variabel Overloading

d. Operator Overloading & Class Overloading

 

18. Sebuah obyek yang dapat menampung sekumpulan class disebut sebagai (4.2):

a. Package

b. Interface

c. Collection Class

d. Abstract Data Type (ADT)

 

19. Sebuah fungsi yang bukan anggota class dan berasal dari class lain, tetapi dapat mengakses data member dalam suatu class disebut sebagai (KUK 3.4):

a. Fungsi Friends

b. Fungsi Overloading

c. Operator Overloading

d. Overriding Method

 

 

 

 

 

 

3.2   Tugas unjuk kerja

1. Jelaskan dengan detail mengenai perbedaan class dan obyek (KUK 2.1)?

2. Buatlah sebuah program menggunakan class yang lengkap, serta tunjukkan detail tiap bagiannya (KUK 2.3).

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan encapsulation, inheritence dan polimorphysm (KUK 2.1, KUK 3.1 & KUK 3.2)

4.  Buatlah sebuah contoh program menggunakan konsep polimorphysm (KUK 3.2)

5.  Jelaskan tentang method overloading (KUK 3.3) ?

6. Buatlah sebuah contoh program menggunakan konsep method overloading (Semua KUK).

 

 

3.3 Daftar Check Unjuk Kerja (Praktek)

         

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR02.009.01

Judul Unit

: Mengoperasikan Bahasa Pemrograman Berorientasi Obyek

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1. Menggunakan tipe data dan kontrol program

 

1.1 Tipe data dasar dan tipe data bentukan dijelaskan.

1.2 Tata cara penulisan program Object Oriented diidentifikasi dan diaplikasikan.

1.3  Kontrol program berupa urutan atau sekuensial program dibuat dan dikendalikan dalam kode program.

2. Membuat program object oriented dengan class

2.1  Program dengan penggunaan obyek atau class dibuat.

 

2.2 Properti class yang akan direalisasikan dalam bentuk prosedur/fungsi dibuat.

2.3 Data di dalam class dibuat mandiri. Artinya data di dalam class tidak dapat diakses secara langsung oleh class lain. Data hanya dapat diakses melalui property class (berupa fungsi atau prosedur)

3. Membuat program object oriented dengan inheritence, polimorphy, overloading dan friends

3.1 Inheritance pada class diaplikasikan.

3.2 Polimorphy pada class diaplikasikan.

3.3 Overloading pada class diaplikasikan.

3.4 Friends pada class diaplikasikan.

4. Membuat program object oriented dengan interface dan paket

4.1  Interface class program dibuat.

4.2 Paket dengan penggunaan class program dibuat.

5. Mengkompilasi dengan object  oriented

5.1 Program dikompilasi denga setting pada editor program dan kode program dilibatkan

5.2 Kesalahan sintak dan logika dikoreksi dan dibetulkan. Program yang dibuat harus bebas dari error dan dapat dijalankan.

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

Testimoni

Filed under : blog, tags: