Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Mengoperasikan Aplikasi Multimedia Dasar TIK.PR05.001.01

May
15
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

MENGOPERASIKAN APLIKASI MULTIMEDIA DASAR

TIK.PR05.001.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI 2

BAB I  KONSEP PENILAIAN. 3

1.1     Bagaimana Instruktur Akan Menilai 3

1.2     Tipe Penilaian. 4

BAB II  PELAKSANAAN PENILAIAN. 5

2.1     Kunci Jawaban Tugas Teori 5

2.2     Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik) 9

2.3     Check List Teori dan Praktek. 16

LEMBAR PENILAIAN. 17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

 

1.1        Bagaimana Instruktur Akan Menilai

Dalam Sistem Berbasis Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan criteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (ditempat kerja) atau dilembaga pelatihan (diluar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan ditempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

 

 

1.2        Tipe Penilaian

Penilaian dilakukan dengan 2 jenis ujian, yaitu:

  1. Tes Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

  1. Tes Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

 

2.1        Kunci Jawaban Tugas Teori

Berikut adalah kunci jawaban 10 soal teori pada Buku Kerja :

 

  1. Berapa kecepatan minimal pergerakan gambar dalam animasi komputer yang baik? (KUK 1.1)

B. 12 – 15 fps

  1. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan oleh aplikasi Flash dan menjadi keunggulannya bila dibandingkan produk aplikasi lain, kecuali: (KUK 1.1)

            C. Dapat membuat animasi 3 dimensi.

  1. Untuk menganalisa sebuah file movie yang sudah jadi, hal-hal yang dapat dilakukan, kecuali: (KUK 1.1)
    1. D.   Menampilkan file movie yang sejenis
    2. Dari daftar komponen yang terdapat di bawah ini, yang kesemuanya merupakan komponen dalam lingkungan kerja Flash: (KUK 2.1)

 

 

A. Stage, Frame, Timeline, Layer, Toolbar.

  1. Tool dalam Flash yang berguna untuk menampilkan spesifikasi dari objek yang diinginkan adalah: (KUK 1.1)

 

C. Property Inspector

  1. Tool dalam Flash yang dapat memberikan informasi mengenai pengorganisasian dan alur dari sebuah movie yang sudah jadi adalah: (KUK 1.2)

A. Movie Explorer

  1. Properti-properti yang harus diatur pada saat persiapan pembuatan sebuah movie antara lain, kecuali: (KUK 2.1)

 

D. Jumlah layer yang akan dibuat

  1. Bahasa scripting yang dikenal dalam lingkungan Flash adalah: (KUK 3.3)

 

C. ActionScript

  1. Berikut ini yang bukan merupakan cara yang dapat digunakan untuk menciptakan efek animasi dalam Flash adalah: (KUK 3.3)

 

D. Compiling

10. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang benar mengenai vector art, kecuali: (KUK 2.4)

 

B. Ukuran file yang dihasilkan cenderung lebih besar jika dibandingkan bitmap images

11. Perintah-perintah dibawah ini jika dijalankan akan menghasilkan hal yang sama, kecuali: (KUK 3.4)

 

B. Ctrl+P


12. Panel yang memuat simbol-simbol dan objek-objek yang diimportkan ke dalam dokumen Flash adalah: (KUK 1.3)

 

  1. A.   Panel Library

13. Pada bagian apakah anda dapat mengubah ukuran stage agar sesuai dengan yang anda butuhkan? (KUK 2.1)

 

C. Document Properties

14. Apakah manfaat dari Snap accuracy pada setting Grid? (KUK 2.2)

 

B.  Untuk menentukan jarak antara suatu objek terhadap grid line sebelum ditempelkan pada grid

15. Apakah yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa suatu layer tidak akan dapat diubah-ubah oleh anda maupun orang lain ketika anda sedang mengerjakan suatu dokumen? (KUK 2.3)

 

C. Mengunci layer yang bersangkutan

16. Fungsi dari mask yang diaplikasikan di atas sebuah stage adalah: (KUK 2.4)

 

C.  Agar ketika movie dijalankan, hanya area yang berada dibawah mask saja yang terlihat


17. Berikut ini adalah pernyataan yang tidak berhubungan dengan kompresi image adalah: (KUK 3.1)

B. Tidak berpengaruh terhadap kualitas image yang ditampilkan

18. Isi dari suatu movie clip antara lain dapat berupa hal-hal berikut ini, kecuali: (KUK 3.2)

 

D. Timeline

19. Jika hendak menentukan titik perubahan pada animasi yang akan dibuat, yang dilakukan adalah: (KUK 3.2)

 

A. Membuat keyframe

20. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang benar mengenai pembuatan animasi dengan motion tweening adalah: (KUK 3.3)

 

D.  Hanya perlu menentukan titik awal dan titik akhir dari animasi yang hendak dibuat

21. Yang tidak termasuk prosedur pemformatan umum untuk objek yang berupa Text adalah: (KUK 4.1)

 

A.  Clonning

22. Symbol Button memiliki empat frame tersendiri dalam timeline, dan tiga diantaranya mendefinisikan state tombol sebagai berikut, kecuali: (KUK 5.1)

 

C. Scroll

23. Ketika event sound didownload seutuhnya, sebelum dimainkan ia akan terlebih dahulu di-load ke: (KUK 5.1)

 

C. RAM

24. Untuk menguji download performance dari suatu movie, serta mengetahui dimana kemungkinan terjadi pause, tool yang digunakan adalah: (KUK 7.2)

 

A.  Bandwith Profiler

25. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang benar mengenai Publish Setting, kecuali: (KUK 7.3)

 

D.  Perubahan nama file HTML yang dilakukan melalui Publish Setting akan secara otomatis merubah juga nama file SWF dan FLA yang sebelumnya.

 

 


2.2        Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Pengaturan properti dokumen baru      
2 Pengaturan asset dalam library      
3 Penerapan animasi frame by frame      
4 Penerapan Masking      
3 Penerapan ActionScript      

 

 

Berikut adalah solusi penyelesaian tes unjuk kerja (1)

  1. Buat dokumen flash baru
  2. Pilih frame pertama
  3. Import gambar pertama ke stage (ctrl + R)

  1. Pilih frame kedua
  2. Klik kanan di frame kemudian pilih insert blank keyframe
  3. Import gambar kedua ke stage

  1. Lakukan secara berulang-ulang
  2. Tes movie yang telah dibuat dengan memilih menu Control>Test Movie. Untuk mengatur kecepatan movie yang telah dibuat ubah frame ratenya pada menu  Modify>Document (makin besar fps-nya maka makin cepat pula movie akan dijalankan).

 

 

Berikut adalah solusi penyelesaian tes unjuk kerja (2)

  1. Buat tiga buah frame seperti berikut :

  1. Pada frame text buatlah tulisan bebas dan isi sampai ke frame 40.
  2. Pada frame senter buatlah lingkaran dengan fill radial gradient (warna pertama putih 50%, warna kedua hitam 100%)

  1. Buatlah motion tween pada lingkaran. Insert keyframe pada frame 20 lalu tempatkan lingkaran di sebelah kanan tulisan bebas dan pada frame 40 posisikan lingkaran seperti pada frame 1.
  2. Lalu copy seluruh frame pada layer senter ke frame mask.
  3. Klik kanan pada layer mask lalu pilih Mask

9.   Tes movie anda, Control>Test Movie

Di sini anda telah membuat efek senter yang seakan akan menyenteri tulisan bebas. Layer senter dibuat guna memberi kesan gradasi agar lebih terlihat seperti senter.

 

Berikut adalah solusi penyelesaian tes unjuk kerja (3)

  1. Buat file baru dengan nama biodata.fla
  2. Buat dua buah keyframe
  3. Isi keyframe pertama dengan data diri anda dan yang kedua dengan foto anda seperti berikut.

FRAME 1                                       FRAME 2

  1. Isi perintah stop pada kedua keyframe
  2. Save movie, lalu export movie dengan nama biodata.swf.
  3. Buat file baru lagi dengan nama menu.fla. (tempatkan pada folder yang sama degan biodata.fla).
  4. Buat dua buah tombol dan satu buah kotak seperti berikut :

  1. Buat sebuah movieclip dengan nama tempatbiodata (kosongkan saja layar kerjanya)
  2. Kembali ke Scene 1 dan masukkan movie tempatbiodata ke ujung kiri atas dari kotak yang telah dibuat dan beri nama untuk instance-nya target.

  1. Beri script berikut untuk tombol biodata :

  1. Berikan script berikut untuk tombol foto :

  1. Save file anda, kemudian export file dengan nama menu.swf.
  2. Tes movie yang telah anda buat barusan (Ctrl+enter)
  3. Publish movie yang telah anda buat juga ke dalam format HTML, sehingga dapat dikenali dalam browser.
  4. Tampilkan movie yang telah anda publish dalam web browser.


2.3        Check List Teori dan Praktek

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

Penguasaan Bahan

Ya

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  
Apakah peserta pelatihan mampu meninjau kelengkapan movie?  
Apakah peserta pelatihan mampu menetapkan properti dokumen baru?  
Apakah peserta pelatihan mampu membuat dan menguji efek dalam sebuah movie?  
Apakah peserta pelatihan mampu menambah teks dinamis pada movie?  
Apakah peserta pelatihan mampu menambah animasi dan navigasi pada button?  
Apakah peserta pelatihan mampu menambah streaming dan sound?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu mengatur library dan mempublikasikan movie?  

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

 

 

KOPMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

Testimoni

artikel lainnya Mengoperasikan Aplikasi Multimedia Dasar TIK.PR05.001.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Tuesday 25 November 2014 | blog

            PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR JASA PERUSAHAAN BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN LEVEL…

Tuesday 18 October 2011 | blog

SILABUS MATA PELAJARAN EKONOMI (PEMINATAN) Satuan Pendidikan : SMA/MA Kelas : XI (SEBELAS) Kompetensi Inti :…

Sunday 11 October 2015 | blog

Quotation by fax pt. Tecma mitratama advertindo fax. 62.271 - 625647 q / no : 0063/tec/m7/med/iii/06…

Saturday 6 June 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI            …