Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

Advertisement

SUB SEKTOR MULTIMEDIA

 

 

MENGIDENTIFIKASI

KOMPONEN MULTIMEDIA

TIK.MM01.005.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………       2

 

BAB I     KONSEP PENILAIAN……………………………………………………….       3

1.1   Bagaimana Instruktur akan Menilai                                               3

1.2   Tipe Penilaian                                                                            4

 

BAB II    PELAKSANAAN PENILAIAN ……………………………………………..      5

               2.1  Kunci Jawaban Tugas Teori                                                          5

2.2   Penyelesaian untuk Soal Praktek                                                  7

2.3   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)                                                  9

            2.4   Check List Teori dan Praktek                                                       10

 

LEMBAR PENILAIAN………………………………………. ……………………………  11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

1.1.          Bagaimana Instruktur akan Menilai

Dalam Sistem Berbasis Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan kriteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (di tempat kerja) atau dilembaga pelatihan (di luar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan di tempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

 

1.2.          Tipe Penilaian  

Penilaian dilakukan dengan 2 jenis ujian, yaitu:

  1. Tes Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

  1. Tes Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

 

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.

 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

2.1        Kunci Jawaban Tugas Teori

  1. Komponen CPU dibagi menjadi beberapa macam, yakni sebagai berikut, kecuali:

d. Cluster

 

  1. Mengirimkan sinyal base band ke elektrical sub carrier PN OR menggunakan teknik-teknik standar seperti:

d. Semua benar

 

  1. Serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti disebut sebagai:
    1. a.   Komputer

 

  1. Asas kepada pengetahuan dan kebolehan ini merupakan proses kreatif dan analitis yang antaranya ialah:

d. Semua benar

 

  1. Perkakasan komputer yang perlu dikendalikan dalam menghasilkan sesuatu karya grafik ialah:

d. A dan b benar

 

  1. Elemen penting dalam penghasilan produksi multimedia yang dapat bertindak untuk menyampaikan maklumat kepada pengguna sama ada dalam bentuk lakaran, tulisan, lukisan atau grafik berbentuk 2D dan 3D disebut sebagai:
    1. a.   Grafik

 

  1. Latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition) disebut sebagai

b. Komunikasi visual

 

  1. Desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori, yang mana yang bukan:

c. Camera

 

  1. Benda-benda atau struktur-struktur fisik lain, ataupun perangkat-perangkat institusional, yang dibentuk dengan struktur dan pola laku yang merupakan penjelmaan dari operasionalisasi informasi yang diobjektifikasikan di kenal sebagai:
    1. a.   Medium aktif

 

10. Notepad, Wordpad dan MS Word  adalah contoh program yang digunakan untuk:

b. Perisian teks

 

11. Software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan disebut sebagai:

  1. a.   Sistem operasi

 

12. Contoh dari sistem berkas, mana yang bukan merupakan sistem berkas:

d. DOS

 

13. Sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an adalah

  1. a.   UNIX

14. Mana yang bukan merupakan untuk Windows compression software dapat digunakan

c. PeaZip

 

15. Spesifikasi Komputer Multimedia berikut adalah benar, kecuali

d. Harddisk

 

16. Sebuah piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data digital, yang pada awalnya dikembangkan untuk menyimpan audio digital disebut sebagai

  1. a.   CD

 

17. Berikut adalah yang bukan merupakan sumber video digital, kecuali

  1. a.   Turutan gambar grafik yang disusun secara berseri

 

18. Jenis-Jenis Video Analog adalah

d. Semua benar

 

19. Sebuah wadah untuk menyimpan dan membaca data yang digunakan oleh komputer, merupakan media penyimpan data yang terjadi pada pioneer era dalam pengembangan software (software evolution) disebut sebagai

b. Punched card

 

20. Sesuatu yang digunakan untuk memberi gambaran pergerakan kepada suatu objek. dan suatu objek dapat terlihat bergerak dan kelihatan hidup disebut sebagai

  1. a.   Animasi

 

21. Merancang / menyusun bahan (huruf, gambar dan unsur grafis lain) menjadi informasi visual pada media (cetak) yang dimengerti publik disebut sebagai

b. Desain grafis

 

22. Contoh perisian animasi yang benar adalah

d. Semua benar

 

23. Sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti, pilih lah yang salah

d. Microsoft

 

24. Berikut ialah beberapa format fail yang menjadi pilihan pembuatan video digital

d. Semua benar

 

25. Satu format video yang agak baik dan menyokong sistem Windows dan Macintosh dan iperlu di instal terlebih dahulu adalah

b. Quicktime

 

 

 

2.2 Tugas Unjuk Kerja

  1. Jelaskan dan uraikan fungsi dari CPU (KUK 1)

CPU berfungsi sebagaimana layaknya kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti halnya keyboard, scanner, joystick, atau mouse. CPU dikontrol dengan menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak, yang disebut sebagai program komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari perangkat media penyimpanan, seperti halnya hard disk, floppy disk, CD-ROM atau tape magnetik. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu ke dalam memori fisik (RAM), di mana setiap instruksi akan diberikan alamat yang unik yang disebut sebagai alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data dalam RAM dengan menentukan alamat data yang ia mau.

Selagi sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubunkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian di-decode dengan menggunakan unit pemroses yang disebut sebagai Instruction Decoder yang menerjemahkan instruksi-instruksi. Dari instruction decoder, data kemudian berjalan ke unit aritmetika dan logika yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data dapat disimpan secara sementara oleh unit aritmetika dan logika dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register, agar dapat diambil kembali dengan cepat. Unit aritmetika dan logika dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik atau media penyimpanan lainnya (register juga bisa, jika memang hendak menggunakan hasil pemrosesan tersebut kembali). Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan Program Counter akan memantau instruksi-instruksi yang suskes dijalankan agar instruksi-instruksi tersebut dieksekusi dengan urutan yang benar.

 

  1. Sebutkan dan jelaskan sistem operasi-sistem operasi utama (KUK 3.1)

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Mengetahui komponen multimedia      
2 Mengetahui cara penggunaan multimedia      
3 Mengembangkan tahapan multimedia      
4 Mengetahui cara mencari multimedia sesuai dengan kebutuhan      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.4 Check List Teori dan Praktek

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

Penguasaan Bahan

Ya

Apakah semua komponen telah dipelajari  
Apakah peserta pelatihan mampu mengidentifikasi komponen multimedia?  
Apakah peserta pelatihan telah dapat menguraikan identifikasi multimedia?  
Apakah peserta pelatihan mampu menyiapkan syarat komponen multimedia sesuai dengan kebutuhan?  
Apakah peserta pelatihan mampu mengidentifikasi kebutuhan multimedia?  
Apakah peserta pelatihan mampu melakukan perbedaan multimedia dahulu dengan multimedia sekarang?  
Apakah peserta pelatihan mampu mengerti perbedaan fungsi-fungsi CPU?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu memastikan perbedaan antara media aktif dan pasif?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu menjelaskan video analog dengan digital?  
Apakah peserta pelatihan telah mengerti kegunaan multimedia dan fungsinya?  
Apakah peserta pelatihan  dapat mengidentifkasikan garis besar peran multimedia?  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

 

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: