Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Mengidentifikasi Komponen Multimedia TIK.MM01.005.01

Mar
14
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR MULTIMEDIA

 

 

MENGIDENTIFIKASI

KOMPONEN MULTIMEDIA

TIK.MM01.005.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………       1

 

BAB I     STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………. 3

 

1.1   Unit Kompetensi Yang Dipelajari                                                3

1.1.1  Kode dan Judul Unit                                                        3

1.1.2  Deskripsi Unit                                                                3

1.1.3  Elemen Kompetensi                                                        3

1.1.4  Batasan Variabel                                                             5

1.1.5  Panduan Penilaian                                                          5

1.1.6  Kompetensi Kunci                                                           6

 

BAB II    TAHAPAN BELAJAR…………………………………………………………….         7

 

BAB III  TUGAS DAN TEORI UNJUK KERJA………………………………………. 12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

 

1.1        Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

 

1.1.1   Kode dan Judul Unit

Kode Unit               : TIK.MM01.001.01

Judul Unit               : Mengidentifikasi komponen multimedia

 

 

1.1.2                   Deskripsi Unit

Unit ini mendeskripsikan keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi komponen multimedia pada industri film, televisi, radio dan multimedia.

 

 

1.1.3   Elemen Kompetensi

ELEMEN KOMPETENSI

 

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Mengidentifikasi komponen elektronika multimedia 1.1  Teknologi Komputer termasuk CPU, ROM, RAM, storage devices, monitor, dan peralatan input sehubungan dengan multimedia diidentifikasi dan dijelaskan fungsi-fungsinya.

 

1.2  Peralatan analog dan digital yang relevan dengan multimedia diidentifikasi dan dikenali.

 

1.3  Properti dari data yang telah dikenal didefinisikan dengan benar menjadi spesifikasi.

 

1.4  Permasalahan sehubungan dengan perubahan teknologi yang cepat termasuk media elektronik dan fotografi digital didiskusikan untuk mendapatkan hasil yang spesifik.

 

02     Mengeksplorasi ruang lingkup multimedia 2.1  Ruang lingkup multimedia dieksplorasi dan dijelaskan secara relevan dengan sektor industri.

 

2.2  Peran pembuatan proyek multimedia diidentifikasi dan dijelaskan secara benar.

 

2.3  Beragam komponen-komponen proyek multimedia termasuk teks, grafik, fotografi, tipografi, suara, animasi dan video diperinci secara benar ke dalam media komponen.

 

2.4  Kegunaan multimeda dan hubungannya dengan pra cetak untuk mendapatkan hasil yang spesifik dijabarkan.

 

2.5  Perbedaan antara media pasif dan interaktif dieksplorasi dan dijelaskan secara benar.

 

2.6  Fungsi-fungsi software multimedia kontemporer sehubungan dengan teks, grafik, fotografi, tipografi, suara, animasi, dan video, diidentifikasi untuk memastikan aplikasi pada hasil telah relevan.

 

  2.7  Kegunaan multimedia sehubungan dengan berbagai hasil termasuk surat kabar, majalah, sheet fed tradisional, percetakan digital, halaman www internet, bill board digital dan CD ROM diidentifikasi dan kesesuaian multimedia untuk hasil tersebut didiskusikan.

 

03     Menilai fungsi dan kegunaan sistem operasi multimedia 3.1  Pengenalan fungsi sistem operasi kontemporer termasuk DOS, UNIX, OS/2, VMS, Macintosh, Sistem Windows dan Sistem Emerging diidentifikasi secara benar.

 

3.2  Format disk Sistem Operasi diidentifikasi secara benar.

 

3.3  Fungsi dan struktur sistem operasi diidentifikasi secara benar.

 

3.4     Compression software yang sesuai dengan sistem operasi diidentifikasi.

 

04     Mengidentifikasi garis besar peran multimedia 4.1  Atribut multimedia secara umum didefinisikan sesuai relasinya dengan sektor industri.

 

4.2  Atribut multimedia secara spesialisasi didefinisikan sesuai relasinya dengan sektor industri.

 

4.3  Kepentingan resolusi diteliti secara relevan dengan mode penampilan multimedia.

 

 

 

1.1.4   Batasan Variabel

1.  Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.

2.  Unit ini  tidak terbatas pada sesama individu, supervisor, dan anggota organisasi, yang berasal dari berbagai sosial, budaya, dan etika.

3.  Organisasi tidak terbatas pada orgranisasi pada bagan organisasi dan alur kerja, tetapi juga berdasarkan organisasi dari pekerjaan, tujuan pekerjaan dalam organisasi.

 

 

1.1.5   PANDUAN PENILAIAN

  1. 1.   Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk mendemonstrasikan kompetensi, memerlukan bukti keterampilan dan pengetahuan dibidang ini yang mencakup:

1.1   Tingkat Kemandirian

1.1.1  Ruang lingkup multimedia dieksplorasi di tempat kerja dengan cara konsultasi dengan supervisor untuk memastikan bahwa pemahaman parameter multimedia secara menyeluruh telah didapat.

1.2   Tipe Sistem

1.2.1  Sistem Multimedia yang digunakan pada sektor Pra cetak dan sektor-sektor lain terkait yang diperlukan oleh organisasi Pra cetak untuk bekerja.

1.3   Komponen elektronik multimedia

1.4   Ruang lingkup multimedia

1.5   Jenis dan fungsi sistem operasi multimedia

1.6   Peran multimedia

 

2.  Konteks penilaian

Kompetensi harus dinilai di lingkungan kerja menggunakan sumber-sumber dan software industri

 

3. Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan :

3.1   Kemampuan dasar untuk eksplorasi dan menilai multimedia harus dapat dipindahkan ke industri percetakan dan sektor yang terkait.

 

4.  Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1   Unit ini berdiri sendiri dan tidak ada kaitannya dengan pengetahuan dan keterampilan dalam unit kompetensi yang lain.

 

4.2   Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu / khusus, pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

 

1.1.6   Kompetensi Kunci

 

          NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

1

6

Memecahkan masalah

2

7

Menggunakan teknologi

3

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  1. Penyajian bahan, pengajaran dan peserta harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengerti apa itu sebenarnya multimedia dan mengerti guna dan fungsi dari masing-masing multimedia.
  4. Peserta harus dapat mengidentifikasikan komponen-komponen multimedia.
  5. Peserta mempelajari dan mengerti cara membedakan perubahan multimedia dari dahulu ke sekarang.
  6. Peserta mempelajari dan mengerti tiap aspek kebutuhan sesuai dengan multimedia yang digunakan.
  7. Peserta dapat mengetahui perkembangan multimedia serta perangkat-perangkat multimedia yang telah ada dan dipelajari akan kegunaan masing-masing disesuaikan dengan kualifikasi kebutuhan.

 

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

 

 

 

 

 

 

 

Teknologi Komputer termasuk CPU, ROM, RAM, storage devices, monitor, dan peralatan input sehubungan dengan multimedia diidentifikasi dan dijelaskan fungsi-fungsinya
  • Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia
  • Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet
 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

 

1.2

 

 

 

 

 

 

Peralatan analog dan digital yang relevan dengan multimedia diidentifikasi dan dikenali Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia
1.3 Properti dari data yang telah dikenal didefinisikan dengan benar menjadi spesifikasi Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

 

1.4 Permasalahan sehubungan dengan perubahan teknologi yang cepat termasuk media elektronik dan fotografi digital didiskusikan untuk mendapatkan hasil yang spesifik Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

2.1 Ruang lingkup multimedia dieksplorasi dan dijelaskan secara relevan dengan sektor industri Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia
2.2 Peran pembuatan proyek multimedia diidentifikasi dan dijelaskan secara benar Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

2.3 Beragam komponen-komponen proyek multimedia termasuk teks, grafik, fotografi, tipografi, suara, animasi dan video diperinci secara benar ke dalam media komponen Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

2.4 Kegunaan multimeda dan hubungannya dengan pra cetak untuk mendapatkan hasil yang spesifik dijabarkan Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

2.5 Perbedaan antara media pasif dan interaktif dieksplorasi dan dijelaskan secara benar Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

 

2.6 Fungsi-fungsi software multimedia kontemporer sehubungan dengan teks, grafik, fotografi, tipografi, suara, animasi, dan video, diidentifikasi untuk memastikan aplikasi pada hasil telah relevan Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

2.7 Kegunaan multimedia sehubungan dengan berbagai hasil termasuk surat kabar, majalah, sheet fed tradisional, percetakan digital, halaman www internet, bill board digital dan CD ROM diidentifikasi dan kesesuaian multimedia untuk hasil tersebut didiskusikan Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

3.1 Pengenalan fungsi sistem operasi kontemporer termasuk DOS, UNIX, OS/2, VMS, Macintosh, Sistem Windows dan Sistem Emerging diidentifikasi secara benar Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

3.2 Format disk Sistem Operasi diidentifikasi secara benar Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia
3.3 Fungsi dan struktur sistem operasi diidentifikasi secara benar Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia
3.4 Compression software yang sesuai dengan sistem operasi diidentifikasi Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia
4.1 Atribut multimedia secara umum didefinisikan sesuai relasinya dengan sektor industri Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

4.2 Atribut multimedia secara spesialisasi didefinisikan sesuai relasinya dengan sektor industri Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

4.3 Kepentingan resolusi diteliti secara relevan dengan mode penampilan multimedia Melakukan pencarian informasi tentang penampilan multimedia Membaca dan mengerti informasi multimedia
  • Internet

 

  • Buku/artikel tentang multimedia

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

 

3.1        Tugas Teori

Bacalah soal-soal berikut dengan seksama dan kerjakanlah dengan tepat!

 

  1. Komponen CPU dibagi menjadi beberapa macam, yakni sebagai berikut, kecuali: (KUK 1.1)
    1. Unit kontrol
    2. Unit eksekusi
    3. Memori
    4. Cluster

 

  1. Mengirimkan sinyal base band ke elektrical sub carrier PN OR menggunakan teknik-teknik standar seperti: (KUK 1.1)
    1. Amplitude modulation (AM)
    2. Frekuensi modulation (FM)
    3. Phase modulation (PM)
    4. Semua benar

 

  1. Serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti disebut sebagai: (KUK 1.2)
    1. Komputer
    2. Memory
    3. Harddisk
    4. VGA

 

  1. Asas kepada pengetahuan dan kebolehan ini merupakan proses kreatif dan analitis yang antaranya ialah: (KUK 2.2)
    1. Memperhatikan
    2. Membuat refleksi
    3. Memperihal
    4. Semua benar

 

  1. Perkakasan komputer yang perlu dikendalikan dalam menghasilkan sesuatu karya grafik ialah: (KUK 2.2)
    1. Perkakasan asas sistem komputer
    2. Tabel grafik dan pena
    3. A dan b salah
    4. A dan b benar

 

  1. Elemen penting dalam penghasilan produksi multimedia yang dapat bertindak untuk menyampaikan maklumat kepada pengguna sama ada dalam bentuk lakaran, tulisan, lukisan atau grafik berbentuk 2D dan 3D disebut sebagai: (KUK 2.3)
    1. Grafik
    2. Video
    3. Film
    4. Semua salah

 

  1. Latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition) disebut sebagai (KUK 2.4)
    1. Komunikasi verbal
    2. Komunikasi visual
    3. Komunikasi grafis
    4. Semua salah

 

  1. Desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori, yang mana yang bukan : (KUK 2.4)
    1. Printing
    2. Web design
    3. Camera
    4. Film

 

  1. Benda-benda atau struktur-struktur fisik lain, ataupun perangkat-perangkat institusional, yang dibentuk dengan struktur dan pola laku yang merupakan penjelmaan dari operasionalisasi informasi yang diobjektifikasikan di kenal sebagai: (KUK 2.5)
    1. Medium aktif
    2. Medium pasif
    3. Medium aktif dan pasif
    4. Semua salah

 

10. Notepad, Wordpad dan MS Word  adalah contoh program yang digunakan untuk: (KUK 2.6)

  1. Perisian data
  2. Perisian teks
  3. Perisian grafis
  4. Semua benar

 

11. Software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan disebut sebagai: (KUK 3.1)

  1. Sistem operasi
  2. Sistem prosedur
  3. Operasi sistem
  4. Semua benar

 

12. Contoh dari sistem berkas, mana yang bukan merupakan sistem berkas: (KUK 3.2)

  1. FAT
  2. NTFS
  3. HFS
  4. DOS

 

13. Sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an adalah (KUK 3.3)

  1. UNIX
  2. WINDOWS
  3. VISTA
  4. MAC

 

14. Mana yang bukan merupakan untuk Windows compression software dapat digunakan (KUK 3.4)

  1. WinZip
  2. WinRar
  3. PeaZip
  4. 7zip

 

15. Spesifikasi Komputer Multimedia berikut adalah benar, kecuali (KUK 4.1)

  1. Pemproses
  2. RAM
  3. Storan
  4. Harddisk

 

16. Sebuah piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data digital, yang pada awalnya dikembangkan untuk menyimpan audio digital disebut sebagai (KUK 4.2)

  1. CD
  2. Harddrive
  3. CPU
  4. Semua salah

 

17. Berikut adalah yang bukan merupakan sumber video digital, kecuali (KUK 4.3)

  1. Turutan gambar grafik yang disusun secara berseri
  2. Gambar yang bergerak secara berurutan
  3. Video yang berjalan dengan bertahap
  4. Suara yang dijalankan

 

18. Jenis-Jenis Video Analog adalah (KUK 4.3)

  1. NTSC
  2. PAL
  3. SECAM
  4. Semua benar

 

19. Sebuah wadah untuk menyimpan dan membaca data yang digunakan oleh komputer, merupakan media penyimpan data yang terjadi pada pioneer era dalam pengembangan software (software evolution) disebut sebagai (KUK 1.2)

  1. Cd atau compact disk
  2. Punched card
  3. Cpu
  4. Semua salah

 

20. Sesuatu yang digunakan untuk memberi gambaran pergerakan kepada suatu objek. dan suatu objek dapat terlihat bergerak dan kelihatan hidup disebut sebagai (KUK 1.3)

  1. Animasi
  2. Grafik
  3. Video
  4. Teks

 

21. Merancang / menyusun bahan (huruf, gambar dan unsur grafis lain) menjadi informasi visual pada media (cetak) yang dimengerti publik disebut sebagai (KUK 1.4)

  1. Menggambar
  2. Desain grafis
  3. A dan b salah
  4. A dan b benar

 

22. Contoh perisian animasi yang benar adalah (KUK 1.6)

  1. Macromedia Flash
  2. Ulead Gif Animator
  3. Animation Shop
  4. Semua benar

 

23. Sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti, pilih lah yang salah (KUK 1.7)

  1. IBM
  2. AIX
  3. HP/UX
  4. Microsoft

 

24. Berikut ialah beberapa format fail yang menjadi pilihan pembuatan video digital (KUK 4.3)

  1. Avi
  2. Quicktime
  3. Mpeg
  4. Semua benar

 

25. Satu format video yang agak baik dan menyokong sistem Windows dan Macintosh dan iperlu di instal terlebih dahulu adalah (KUK 4.3)

  1. Avi
  2. Quicktime
  3. Mpeg
  4. Semua salah

 

 

3.2 Tugas Unjuk Kerja

  1. Jelaskan dan uraikan fungsi dari CPU (KUK 1.1)
  2. Sebutkan dan jelaskan sistem operasi utama (KUK 3.1)

 

 

3.3 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

TIK.MM01.001.01

Judul Unit

Mengidentifikasi komponen multimedia

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1.  Mengidentifikasi komponen  elektronika multimedia

1.1  Teknologi Komputer termasuk CPU, ROM, RAM, storage devices, monitor, dan peralatan input sehubungan dengan multimedia diidentifikasi dan dijelaskan fungsi-fungsinya

 

1.2 Peralatan analog dan digital yang relevan dengan multimedia diidentifikasi dan dikenali.

 

1.3 Properti dari data yang telah dikenal didefinisikan dengan benar menjadi spesifikasi.

 

1.4 Permasalahan sehubungan dengan perubahan teknologi yang cepat termasuk media elektronik dan fotografi digital didiskusikan untuk mendapatkan hasil yang spesifik.

2.  Mengeksplorasi ruang lingkup multimedia

2.1 Ruang lingkup multimedia dieksplorasi dan dijelaskan secara relevan dengan sektor industri.

 

2.2 Peran pembuatan proyek multimedia diidentifikasi dan dijelaskan secara benar.

 

2.3 Beragam komponen-komponen proyek multimedia termasuk teks, grafik, fotografi, tipografi, suara, animasi dan video diperinci secara benar ke dalam media komponen.

 

2.4 Kegunaan multimeda dan hubungannya dengan pra cetak untuk mendapatkan hasil yang spesifik dijabarkan.

 

2.5 Perbedaan antara media pasif dan interaktif dieksplorasi dan dijelaskan secara benar.

 

2.6 Fungsi-fungsi software multimedia kontemporer sehubungan dengan teks, grafik, fotografi, tipografi, suara, animasi, dan video, diidentifikasi untuk memastikan aplikasi pada hasil telah relevan.

 

2.7 Kegunaan multimedia sehubungan dengan berbagai hasil termasuk surat kabar, majalah, sheet fed tradisional, percetakan digital, halaman www internet, bill board digital dan CD ROM diidentifikasi dan kesesuaian multimedia untuk hasil tersebut didiskusikan.    
3.  Menilai fungsi dan kegunaan sistem operasi multimedia

3.1 Pengenalan fungsi sistem operasi kontemporer termasuk DOS, UNIX, OS/2, VMS, Macintosh, Sistem Windows dan Sistem Emerging diidentifikasi secara benar.    
 

3.2 Format disk Sistem Operasi diidentifikasi secara benar.    
 

3.3 Fungsi dan struktur sistem operasi diidentifikasi secara benar.    
 

3.4 Compression software yang sesuai dengan sistem operasi diidentifikasi.    
4.  Mengidentifikasi garis besar peran multimedia

4.1 Atribut multimedia secara umum didefinisikan sesuai relasinya dengan sektor industri.    
 

4.2 Atribut multimedia secara spesialisasi didefinisikan sesuai relasinya dengan sektor industri.    
 

4.3 Kepentingan resolusi diteliti secara relevan dengan mode penampilan multimedia.    
 

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

Testimoni

artikel lainnya Mengidentifikasi Komponen Multimedia TIK.MM01.005.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Thursday 23 April 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI     MENJAGA ETIKA TIK.PR01.016.01…

Thursday 19 June 2014 | blog

BAB I PENDAHULUAN   Latar Belakang. Pertanian sebagai mata pencaharian utama dalam kehidupan manusia telah mengalami…

Saturday 18 July 2015 | blog

Solo, 07 Agustus 2006 No. 001/Sentra/M1/Med/VIII/06 Kepada Yth. Acc Honda Jl. SURAKARTA ------------------ Up. Bapak Sigit…

Monday 15 December 2014 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA     MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN DALAM…