Advertisement
loading...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Mata Pelajaran             :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Kelas/ semester            :   XII / 2

Pertemuan Ke -             :   1 -  2

Alokasi Waktu              :   4 X 45 Menit

Standar Kompetensi    :   2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi

Kompetensi Dasar        :   2.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

 

I.     Indikator

1.    Menjelaskan manfaat program presentasi

2.    Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam program presentasi

3.    Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon – ikon yang tidak diperlukan

 

II.    Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa dapat mengetahui pengertian grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap

2.    Siswa dapat mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap

3.    Siswa mengetahui pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

4.    Siswa mengetahui fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

5.    Siswa mampu menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon – ikon yang tidak diperlukan

 

III.   Materi Ajar

1.    Pengertian grafis grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap

2.    Aplikasi pembuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap

3.    Pengertian menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

4.    Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

6.    Menu dan ikon yang tersembunyi dan cara menyembunyikan ikon – ikon yang tidak diperlukan dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

IV.   Metode Pembelajaran

       1.    Penugasan Individu

2.    Uraian

3.    Praktik

 

V.    Langkah-langkah pembelajaran

A.   Kegiatan Pendahuluan

1.    Pembukaan (berdo’a)

2.    Mempersiapkan bahan dan media pembelajaran

3.    Absensi siswa

 

 

 

B.   Kegiatan Inti

1.    Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap

2.    Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap

3.    Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap.

4.    Menjelaskan tentang pengertian ikon dan menu

5.    Menjelaskan fungsi menu dan ikon

6.    Menunjukkan menu dan ikon

7.    Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon

C.  Kegiatan akhir

1.    Pemberian tugas perorangan

2.    Pemberian tugas Kelompok

3.    Penutup

 

VI.   Alat / Bahan / Sumber Belajar :

1.    Media cetak

2.    Buku panduan yang relevan

3.    E – Book

4.    Internet

 

VII. Penilaian

1.    Uraian (Individu dan kelompok)

2.    Tugas (Individu dan kelompok)

3.    Afektif

4.    Praktik (Individu dan kelompok)

 

 

 

Banjarbaru, ………………………………. 2007

 

Mengetahui :

Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru                                  Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

Dra. Purwati                                                               Nama

NIP. 131288372                                                               NIP

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Mata Pelajaran             :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Kelas/ semester            :   XII / 1

Pertemuan Ke -             :   3 -  5

Alokasi Waktu              :   6 X 45 Menit

Standar Kompetensi    :   1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar        :   1.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

 

I.     Indikator

1.    Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru

2.    Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman

3.    Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks

4.    Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk

5.    Memodifikasi pewarnaan pada garis

6.    Mendemonstarikan pemberian efek khusus pada grafis

7.    Mendemonstrasikan pencetakan dan penampilan (publish) grafis

 

II.    Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa dapat mengetahui cara pembuatan dokumen baru

2.    Siswa dapat memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman

3.    Siswa dapat memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks

4.    Siswa mampu membuat garis dan bentuk

5.    Siswa mampu memodifikasi pewarnaan pada garis

6.    Siswa mampu memberi efek khusus pada grafis

7.    Siswa mampu mencetak dan menampilkan (publisher) grafis

 

III.   Materi Ajar

1.    Cara pembuatan dokumen baru

2.    Pengaturan Halaman

3.    Pembuatan dan modifikasi teks

4.    Pembuatan obyek dan pemberian efek pada grafis

 

IV.   Metode Pembelajaran

       1.    Penugasan Individu

2.    Uraian

3.    Praktik

 

V.    Langkah-langkah pembelajaran

A.   Kegiatan Pendahuluan

1.    Pembukaan (berdo’a)

2.    Mempersiapkan bahan dan media pembelajaran

3.    Absensi siswa

 

 

 

B.   Kegiatan Inti

1.    Mempraktikkan cara membuat, menyimpan, mengatur ukuran dan mengubah warna halaman

2.    Mempraktikkan cara membuat, ukuran, jenis dan warna teks.

3.    Mempraktikkan cara membuat dan pewarnaan garis

4.    Mempraktikkan cara membuat, pewarnaan pada bentuk

5.    Mempraktikkan cara memberikan efek sederhana dan efek lanjutan pada grafis

6.    Mempraktikkan cara mencetak dokumen grafis

7.    mempraktikkan cara menampilkan (publisher) dokumen grafis

C.  Kegiatan akhir

1.    Pemberian tugas perorangan

2.    Pemberian tugas Kelompok

3.    Penutup

 

VI.   Alat / Bahan / Sumber Belajar :

1.    Media cetak

2.    Buku panduan yang relevan

3.    E – Book

4.    Internet

5.    Media Pembelajaran (bahan praktik)

 

VII. Penilaian

1.    Uraian (Individu dan kelompok)

2.    Tugas (Individu dan kelompok)

3.    Afektif (individu)

4.    Praktik (Individu dan kelompok)

 

 

 

Banjarbaru, ………………………………. 2007

 

Mengetahui :

Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru                                  Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

Dra. Purwati                                                               Nama

NIP. 131288372                                                               NIP

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Mata Pelajaran             :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Kelas/ semester            :   XII / 1

Pertemuan Ke -             :   6 -  15

Alokasi Waktu              :   20 X 45 Menit

Standar Kompetensi    :   1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar        :   1.3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran

 

 

 

 

I.     Indikator

1.    Membuat beberapa kreasi grafis

2     Membuat sebuah karya fotografi

3.    Membuat Leaflet

4.    Membuat Surat Undangan

 

II.    Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa mampu membuat beberapa kreasi grafis

2.    Siswa mampu membuat sebuah karya fotografi

3.    Siswa mampu membuat beberapa kreasi leaflet

4.    Siswa mampu membuat sebuah surat undangan

 

III.   Materi Ajar

1.    Membuat Kreasi Grafis

2.    Membuat Karya fotografi

3.    Membuat Leaflet

4.    Membuat Surat Undangan

 

IV.   Metode Pembelajaran

       1.    Penugasan Individu

2.    Uraian

3.    Praktik

 

V.    Langkah-langkah pembelajaran

A.   Kegiatan Pendahuluan

1.    Pembukaan (berdo’a)

2.    Mempersiapkan bahan dan media pembelajaran

3.    Absensi siswa

 

B.   Kegiatan Inti

1.    Melakukan observasi dilingkungan sekolah yang akan dijadikan obyek desain grafis

2.    Melakukan persiapan program desain grafis dan pengaturan halamannya

3.    Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk

4.    Melakukan pencetakan dan menampilkan (publisher) grafis

5.    Melakukan observasi dilingkungan sekolah yang akan dijadikan obyek pemotretan

6.    Melakukan persiapan program desain grafis dan pengaturan halamannya

7.    Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk untuk sebuah karya fotografi

8.    Melakukan pencetakan dan menampilkan (publisher) grafis

9.    Melakukan observasi dilingkungan sekolah yang akan dijadikan obyek pembuatan leaflet

10.  Melakukan persiapan program desain grafis dan pengaturan halamannya

11.  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk dalam pembuatan leaflet

12.  Melakukan pencetakan dan menampilkan (publisher) grafis

13.  Melakukan observasi dilingkungan sekolah yang akan dijadikan obyek pembuatan surat undangan

14.  Melakukan persiapan program desain grafis dan pengaturan halamannya

15.  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk dalam pembuatan surat undangan

16.  Melakukan pencetakan dan menampilkan (publisher) grafis

C.  Kegiatan akhir

1.    Pemberian tugas perorangan

2.    Pemberian tugas Kelompok

3.    Penutup

 

VI.   Alat / Bahan / Sumber Belajar :

1.    Media cetak

2.    Buku panduan yang relevan

3.    E – Book

4.    Internet

5.    Media Pembelajaran (bahan praktik)

 

VII. Penilaian

1.    Uraian (Individu dan kelompok)

2.    Tugas (Individu dan kelompok)

3.    Afektif (individu)

4.    Praktik (Individu dan kelompok)

 

 

 

Banjarbaru, ………………………………. 2007

 

Mengetahui :

Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru                                  Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

Dra. Purwati                                                               Nama

NIP. 131288372                                                               NIP

 

Testimoni

Filed under : blog, tags: