Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafis

Jan
30
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP 1.1.1

 

Satuan Pendidikan         :  SMA WARGA SURAKARTA

Mata Pelajaran               :  TIK

Kelas/Semester               :  XII / 1

Alokasi Waktu               :  4 x 45 menit ( 2 x tatap muka )

 

A. Standar Kompetensi  : 

  1. 1.  Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

B. Kompetensi Dasar            : 

1.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

C.Indikator                            :

1. Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap

2. Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap

3. Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

D. Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
  2. Siswa dapat mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
  3. Siswa dapat menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

E. Materi ajar  :

  1. Pengertian grafis berbasis vektor dan bitmap (www.dian-quinnara.weebly.com )
  2. Program pengolah grafis
  3. Menu dan ikon program pengolah grafis
  4. Fungsi dan menu tool program pengolah grafis
  5. Cara view tool pengolah grafis

 

F. Alokasi Waktu ; 4 x 45 menit

 

G. Langkah-langkah pembelajaran :

  1. Pertemuan ke 1 ( 2 x 45 menit )
Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal - Memberikan motivasi  dengan meminta siswa menyebutkan beberapa contoh produk desain grafis -  secara bergantian menyebutkan contoh produk desain grafis Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mencari info tentang produk grafis di internet

Elaborasi

-  Meminta satu persatu siswa mencatat apa yang telah mereka dapatkan

Konfirmasi

-  Menguatkan jawaban yang diberikan siswa dan memberikan kesimpulan

 

 

- Browsing

 

 

 

 

-  Satu persatu menyebutkan produk yang mereka catat

 

-  Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Koopperatif learnig tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 2 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa membaca tugas yang diberikan minggu lalu tentang Tool pengolah grafis

- beberapa siswa menerangkan tetang tugas yang dibuat

Elaborasi

-  Siswa diminta mempraktekkan salah satu fungsi tool pengolah grafis

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil praktek

 

 

-  Presentasi dari tugas

 

 

 

 

-   Memperhatikan dan memberikan tanggapan.

 

-   Menjelaskan tugas yang telah dibuat

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Kooperatif learning tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

H. Sumber

  1. Internet
  2. Modul TIK kelas XII : SMA Warga, 2013.

 

I. Tugas Mandiri

  • Tugas Terstruktur  :
  1. Membuat laporan tentang pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
  2. Membuat laporan tentang aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
  3. Membuat laporan tentang pengertian menu dan ikon
  • Tugas Tak Terstruktur :
  1. Membuat sample modul tentang pengertian menu dan ikon

 

 

 

 

 

J. Alat Evaluasi

1. Aspek Kognitif

 

No Soal

Nilai

1 Apa yang dimaksuk dengan desain grafis ?

10

2 Sebutkan unsur – unsur dan prinsip dalam desain grafis ?

10

3 Jelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap !

10

4 Sebutkan 2 macam  konsep warna dan jelaskan ?

10

Nilai = Jumlah perolehan nilai : 4

  1. 2.      Aspek Afektif

Aspek yang dinilai

Ya

Tidak

 

  1. Rasa ingun tahu

Tertarik dalam mempelajari materi

  1. Kecakapan berfikir rasional

Berusaha mencari literatur lebih banyak untuk memahami

  1. Kecakapan sosial

Dapat mengkomunikasikan tentang perkembangan desain grafis.

  1. Kecakapan akademik

Tertarik mempelajari desain grafis dapat memahami tentang bagaimana membuat suatu karya desain grafis.dengan program pengolah grafis

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apabila ya       : tinggi

Apabila tidak : rendah

 

Surakarta, Juli 2013

 

Mengetahui Kepala SMA WARGA                                                       Guru Mapel

 

 

 

Dra. CH. Titik Purwanti, M.Pd.                                                   Budi Prihono, S.I.Kom.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP 1.2.1

 

Satuan Pendidikan         :  SMA WARGA SURAKARTA

Mata Pelajaran               :  TIK

Kelas/Semester               :  XII / 1

Alokasi Waktu               :  8 x 45 menit ( 4 x tatap muka )

 

A. Standar Kompetensi  : 

  1. 1.  Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

B. Kompetensi Dasar            : 

1.2. Menggunakan menu ikon  yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

C.Indikator                            :

  1. Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
  2. Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
  3. Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
  4. Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk
  5. Memodifikasi pewarnaan pada grafis
  6. Mendemonstrasikan pemberian efek khusus pada grafis
  7. Mendemonstrasikan pencetakan dan penampilan (publish) grafis

D. Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat membuat dokumen baru
  2. Siswa dapat melakukan pengaturan dan pewarnaan halaman
  3. Siswa dapat memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
  4. Siswa dapat mengaplikasikan pembuatan garis dan bentuk
  5. Siswa dapat memvariasi pewarnaan pada grafis
  6. Siswa dapat menambahkan efek khusus pada grafis
  7. Siswa dapat melakukan pencetakan dan penampilan (publish) grafis

 

E. Materi ajar  :

  1. Ukuran kertas / setting page layout
  2. Pewarnaan halaman / page background
  3. Text tool
  4. Shape tool dan freehand tool
  5. Fountain fill, patern, dlll
  6. Coutour, drop shadow, dll
  7. Properties printer

 

F. Alokasi Waktu ; 8 x 45 menit

 

G. Langkah-langkah pembelajaran :

  1. Pertemuan ke 1 ( 2 x 45 menit )
Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal - Memberikan motivasi  dengan beberapa contoh kertas -  secara bergantian menyebutkan ukuran kertas Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mencari info tentang macam  ukuran dan jenis kertas di internet

 

Elaborasi

-  Meminta satu persatu siswa mencatat apa yang telah mereka dapatkan

Konfirmasi

-  Menguatkan jawaban yang diberikan siswa dan memberikan kesimpulan

 

 

- Browsing

 

 

 

 

-  Satu persatu menyebutkan hasil yang mereka catat

 

 

-  Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Koopperatif learnig tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 2 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa membaca tugas yang diberikan minggu lalu tentang pengertian desain grafis

- beberapa siswa menerangkan tentang tugas yang dibuat

Elaborasi

-  Siswa diminta maju menjelaskan tugas yang tentang pengertian desain grafis

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil presentasi

 

 

-  Presentasi dari tugas

 

 

 

 

 

-   Memperhatikan dan memberikan tanggapan.

 

-   Menjelaskan tugas yang telah dibuat

 

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Kooperatif learning tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 3 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa membaca tugas yang diberikan minggu lalu tentang Tool pengolah grafis

- beberapa siswa menerangkan tetang tugas yang dibuat

Elaborasi

-  Siswa diminta mempraktekkan salah satu fungsi tool pengolah grafis

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil praktek

 

 

-  Presentasi dari tugas

 

 

 

 

-   Memperhatikan dan memberikan tanggapan.

 

-   Menjelaskan tugas yang telah dibuat

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Kooperatif learning tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 4 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa membaca tugas yang diberikan minggu lalu tentang Tool pengolah grafis

- beberapa siswa menerangkan tetang tugas yang dibuat

Elaborasi

-  Siswa diminta mempraktekkan salah satu fungsi tool pengolah grafis

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil praktek

 

 

-  Presentasi dari tugas

 

 

 

 

-   Memperhatikan dan memberikan tanggapan.

 

-   Menjelaskan tugas yang telah dibuat

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Kooperatif learning tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

 

H. Sumber

  1. Internet
  2. Modul TIK kelas XII : SMA Warga, 2013.

I. Tugas Mandiri

  • Tugas Terstruktur  :
  1. Membuat desain layout label name tag
  2. Membuat desain layout print out dengan berbagai variasi ukuran kertas
  3. Mendesain nama dengan variasi efek teks
  4. Kombinasi desain shape
  5. Desain outline & contour
  6. Desain transparant & drop shadow
  7. Print out nama murid dengan efek outline,font, contour,dll
  • Tugas Tak Terstruktur :
  1. Membuat album yang berisikan desain kartu nama

 

J. Alat Evaluasi

1. Aspek Kognitif

 

No Soal

Nilai

1 Sebutkan ukuran kertas A0, A4, F4!

10

2 Apa yang dimaksud dengan weld dan trim ?

10

3 Perintah  yang dibutuhkan untuk memisahkan objek dengan countur!

10

Nilai = Jumlah perolehan nilai : 3

 

  1. 2.      Aspek Afektif

Aspek yang dinilai

Ya

Tidak

 

  1. Rasa ingun tahu

Tertarik dalam mempelajari materi

  1. Kecakapan berfikir rasional

Berusaha mencari literatur lebih banyak untuk memahami

  1. Kecakapan sosial

Dapat mengkomunikasikan tentang perkembangan desain grafis.

  1. Kecakapan akademik

Tertarik mempelajari desain grafis dapat memahami tentang bagaimana membuat suatu karya desain grafis.dengan program pengolah grafis

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apabila ya       : tinggi

Apabila tidak : rendah

 

Surakarta,  Juli 2013

 

Mengetahui Kepala SMA WARGA                                                       Guru Mapel

 

 

 

Dra. CH. Titik Purwanti, M.Pd.                                                    Budi Prihono, S.I.Kom

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP 1.3.1

 

Satuan Pendidikan         :  SMA WARGA SURAKARTA

Mata Pelajaran               :  TIK

Kelas/Semester               :  XII / 1

Alokasi Waktu               :  20 x 45 menit ( 10 x tatap muka )

 

  1. B.  Standar Kompetensi  : 
  2. 1.  Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

B. Kompetensi Dasar            : 

1.3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran

C.Indikator                            :

  1. Membuat beberapa kreasi grafis
  2. Membuat leaflet
  3. Membuat spanduk

D. Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat membuat beberapa kreasi grafis
  2. Siswa dapat membuat leaflet
  3. Siswa dapat desain spanduk

E. Materi ajar  :

  1. Desain kartu nama
  2. Tips desain interaktif
  3. Layout leaflet
  4. Layout spanduk / mmt

 

F. Alokasi Waktu ; 20 x 45 menit

G. Langkah-langkah pembelajaran :

  1. Pertemuan ke 1 ( 2 x 45 menit )
Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal - Memberikan motivasi  dengan beberapa desain kartu nama -  secara bergantian mencari desain brosur di internet Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mencari info tentang kartunama di internet

Elaborasi

-  Meminta satu persatu siswa mencatat apa yang telah mereka dapatkan

Konfirmasi

-  Menguatkan jawaban yang diberikan siswa dan memberikan kesimpulan

 

 

- Browsing

 

 

 

-  Satu persatu menyebutkan hasil yang mereka catat

 

 

-  Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Koopperatif learnig tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu & siswa diminta mencari contoh kartunama  untuk pertemuan akan datang Siswa mengerjakan soal penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 2 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa membaca tugas yang diberikan minggu lalu tentang contoh kartunama

- beberapa siswa menerangkan tentang tugas yang dibuat

Elaborasi

-  Siswa diminta maju menjelaskan tugas yang tentang kartu nama yang dipilih

 

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil presentasi

 

 

-  Presentasi dari tugas

 

 

 

-   Memperhatikan dan memberikan tanggapan.

 

-   Menjelaskan tugas yang telah dibuat

 

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Kooperatif learning tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 3 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mendesain kartunama yang sudah ditentukan

 

Elaborasi

-  Siswa diminta maju menjelaskan tugas yang tentang kartunama  yang dibuat

 

 

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil presentasi

 

 

-  Praktek layout kartu nama

 

 

 

-   Memperhatikan dan memberikan tanggapan.

 

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Kooperatif learning tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 4 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  tentang fungsi dan kegunaan  leaflet

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mencari contoh desain leaflet

 

Elaborasi

-  Siswa diminta mencatat hasil yang didapat

 

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil catatan siswa

 

 

-  browsing

 

 

 

 

-   mengumpulkan desain leaflet

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

 

Kooperatif learning tipe STAD

65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 5 ( 2 x 45 menit )

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal - Mengingatkan materi minggu lalu dan mempersiapkan siswa untuk memilih desain leaftet yang diminati -  memilih salah satu desai yang dikumpulkan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa melayout  halaman perencanaan  leaflet

Elaborasi

-  Meminta satu persatu siswa menyimpan hasil layout dasar dapatkan

Konfirmasi

-  Menguatkan jawaban yang diberikan siswa dan memberikan kesimpulan

 

 

- melakukan layout awal

 

 

-  Satu persatu menyebutkan hasil layout yang mereka catat

 

 

-  Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Koopperatif learnig tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 6 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mengumpulkan konten leaflet yang akan dibuat

 

Elaborasi

-  Siswa diminta maju menjelaskan konten yang terkumpul

 

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil presentasi

 

 

-  Browsing

 

 

 

 

 

-   Menjelaskan tugas yang telah dibuat

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

 

Kooperatif learning tipe STAD

 

65 menit

Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 7 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mendesain konten leaflet

- beberapa siswa menerangkan tentang tugas yang dibuat

 

 

Elaborasi

-  Siswa diminta maju menjelaskan hasil desain leaflet yang mereka buat

 

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil presentasi

 

 

-  Praktek

 

 

 

 

 

 

 

 

-   Menjelaskan tugas yang telah dibuat

 

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

 

Kooperatif learning tipe STAD

 

65 menit

Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 8 ( 2 x 45 menit )

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal - Memberikan motivasi  tentang desain spanduk -  Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mencari info tentang desain spanduk

 

Elaborasi

-  Meminta satu persatu siswa mencatat apa yang telah mereka dapatkan

Konfirmasi

-  Menguatkan jawaban yang diberikan siswa dan memberikan kesimpulan

 

 

- browsing

 

 

 

 

-  Satu persatu menyebutkan hasil yang mereka catat

 

 

-  Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Koopperatif learnig tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu & siswa diminta mencari contoh desain spanduk untuk pertemuan akan datang Siswa mengerjakan soal penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 9 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa membaca tugas yang diberikan minggu lalu tentang contoh  spanduk

- beberapa siswa menerangkan tentang tugas yang dibuat

 

Elaborasi

-  Siswa diminta maju menjelaskan tugas yang tentang spanduk yang dipilih

 

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil presentasi

 

 

-  praktek

 

 

 

 

-   Memperhatikan dan memberikan tanggapan.

 

 

-   Menjelaskan tugas yang telah dibuat

 

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Kooperatif learning tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

Pertemuan ke 10 ( 2 x 45 menit )

 

Kegiatan Guru Siswa Metode/Strategi Alokasi Waktu
Awal -  Memberikan motivasi  dengan mengingatkan materi minggu yang lalu

 

-   Menyimak penjelasan dan menjawab pertanyaan Tanya jawab 15 menit
Inti Explorasi

-  Meminta siswa mengatur scala pencetakan desain spanduk

 

Elaborasi

-  Siswa diminta maju menjelaskan tugas yang tentang spanduk yang dibuat

 

Konfirmasi

-  memberikan  tanggapan dan kesimpulan hasil print out

 

 

-  Praktek layout spanduk

 

 

 

 

-   Memperhatikan dan memberikan tanggapan.

 

 

 

 

-   Menyimak dan mencatat hal-hal yang perlu ditambahkan

Kooperatif learning tipe STAD 65 menit
Akhir Evalusi proses, soal individu Siswa mengerjakan soal

penugasan

10 menit

 

H. Sumber

  1. Internet
  2. Modul TIK kelas XII : SMA Warga, 2013.

 

I. Tugas Mandiri

  • Tugas Terstruktur  :
  1. Desain  kartu nama
  2. Desain  leaflet
  3. Print out spanduk dengan scala ukuran F4
  • Tugas Tak Terstruktur :
  1. Membuat artikel tentang macam2 efek font

 

J. Alat Evaluasi

1. Aspek Kognitif

 

No Soal

Nilai

1 Sebutkan ukuran standart kartu nama!

10

2 Sebutkan macam kertas yang biasa dipakai dalam pembuatan leaflet ?

10

3 Berapa scala ideal yang dipakai dalam desain spanduk?

10

Nilai = Jumlah perolehan nilai : 3

 

  1. 3.      Aspek Afektif

Aspek yang dinilai

Ya

Tidak

 

  1. Rasa ingun tahu

Tertarik dalam mempelajari materi

  1. Kecakapan berfikir rasional

Berusaha mencari literatur lebih banyak untuk memahami

  1. Kecakapan sosial

Dapat mengkomunikasikan tentang perkembangan desain grafis.

  1. Kecakapan akademik

Tertarik mempelajari desain grafis dapat memahami tentang bagaimana membuat suatu karya desain grafis.dengan program pengolah grafis

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apabila ya       : tinggi

Apabila tidak : rendah

 

Surakarta,  Juli 2013

 

Mengetahui Kepala SMA WARGA                                                       Guru Mapel

 

 

 

Dra. CH. Titik Purwanti, M.Pd.                                                    Budi Prihono, S.I.Kom

 

Testimoni

artikel lainnya Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafis



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Sunday 17 May 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER   MEMBUAT PROGRAM APLIKASI…

Thursday 30 April 2015 | blog

Rumah di perumahan palur jaten karanganyar luas 70m lb 90m kmr3 km2 keramik bagus ... Gambar…

Friday 27 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI         MEMBUAT ANIMASI DIGITAL…

Monday 16 February 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI           MEMPERBAIKI KEYBOARD…