Advertisement
loading...

YAYASAN PENDIDIKAN WARGA SURAKARTA

SMA WARGA SURAKARTA

Advertisement

Jl. Monginsidi 21 Surakarta, telp. 0271.638873

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

  1. A.                IDENTITAS

MATA PELAJARAN                              : T I K

MATERI POKOK                                   : Design Grafis

ALOKASI WAKTU                                : 2 X 45 menit

KELAS                                                     : XII

STANDAR KOMPETENSI                    : Menggunakan perangkat lunak pembuat

Grafis.

KOMPETENSI DASAR                        : Menunjukkan menu ikon yang

terdapat dalam perangkat lunak pembuat

grafis.

 

INDIKATOR                                           : * Menjelaskan pengertian grafis berbasis

Vektor dan grafis berbasis bitmap.

* Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk

membuat grafis berbasis vektor dan grafis

berbasis bitmap.

* Menjelaskan pengertian menu dan ikon

yang terdapat dalam perangkat lunak

pembuat grafis.

 

  1. B.                 TUJUAN PEMBELAJARAN  : * Siswa dapat mengetahui pengertian grafis      

                                                                     berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap.

                                                                     * Siswa dapat mengetahui aplikasi yang

digunakan untuk membuat grafis berbasis

vektor dan grafis berbasis bitmap.

* Siswa mengetahui pengertian menu dan ikon

yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat

grafis.

 

  1. C.                MATERI                                     : * Pengertian grafis grafis berbasis vector dan

                                                                     grafis berbasis bitmap.

                                                                          * Aplikasi pembuat grafis berbasis vector dan

grafis berbasis bitmap.

* Pengertian menu ikon yang terdapat dalam

perangkat lunak pembuat grafis.

 

  1. D.                METODE PEMBELAJARAN* Uraian

                                                         * Praktik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. E.                 KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

No

Tahap

Kegiatan

Alokasi waktu

Pendidik

Peserta Didik

1

 

2

3

 

Awal

 

 

 

 

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Akhir

a. Pembukaan / Salam

& Doa.

b. Memeriksa Presensi siswa ; apersepsi

 

a. Memberikan informasi tentang pengertian grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap

b. Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap.

c. Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap.

d. Menjelaskan tentang pengertian ikon dan menu

 

a. kita membuat kesimpulan dan menambahkan informasi tentang design grafis.

 

a. Menyambut salam & berdoa bersama.

b. Menjawab/merespon.

 

 

a. Mendengarkan dan menjawab bila ada pertanyaan.

 

b. Siswa ikut aktif dalam diskusi.

 

 

 

 

c. Mendengarkan dan menjawab bila ada pertanyaan.

 

 

d. Mendengarkan dan menjawab bila ada pertanyaan.

 

a. turut menyimpulkan dan menerima informasi.

10 menit

 

 

 

 

65 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

 

 

 

  1. F.                 PENILAIAN
    1. Aspek yang dinilai

1.1              Pengetahuan    : * siswa dapat menjelaskan tentang pengertian grafis berbasis

Vektor dan grafis berbasis bitmap.

* siswa dapat mengetahui aplikasi yang digunakan untuk

membuat grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap.

* siswa dapat menjelaskan tentang menu dan ikon.

1.2              Sikap               :  * perhatian /respek siswa terhapad materi yang diberikan.

 

  1. Jenis Tagihan

2.1              Ulangan Harian : * Tertulis.

 

  1. Bentuk Instrumen

3.1              Uraian terstruktur

 

  1. G.                SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
    1. Sumber Belajar

1.1              Buku Pegangan : Teknologi Informasi dan Komunikasi

1.2              Internet

 

  1. Alat Pembelajaran

2.1              Alat Praktek    : * Perangkat Komputer

* LCD Proyektor

 

  1. Media Pembelajaran

3.1              Modul

3.2              LCD

 

 

 

  1. KKM   : 60

 

H.        PEDOMAN PENILAIAN

 

  1. 1.      Pedoman Penilaian Pengetahuan

 

1.1                Penilaian Pengetahuan

No.

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen

1

2

 

 

 

 

 

3

 

Siswa dapat menjelaskan pengertian grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap.

Siswa dapat aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap.

Siswa dapat menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

Tes Tertulis.

 

Uraian terstruktur.

 

terlampir

 

 

      1.2     Skor Penilaian Pengetahuan

No.

Langkah-langkah

Skor

  1

 

 2

 

 3

 

 4

 

5

 

 

 

a. Jelaskan grafis berbasis vektor.

b. Sebutkan Program grafis berbasis vektor ( 2).

a. Jelaskan grafis berbasis bitmap.

b. Sebutkan Program grafis berbasis bitmap ( 2).

a. Sebutkan nama dan fungsi icon menu ( pick tool )

b. Sebutkan nama dan fungsi icon menu ( shape tool )

a. Sebutkan nama dan fungsi icon menu ( rectangel tool )

b. Sebutkan nama dan fungsi icon menu ( ellipse tool )

a. Sebutkan nama dan fungsi icon menu ( texttool )

b. Sebutkan nama dan fungsi icon menu ( interactive blend tool )

            10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

 

 

                                                             T O T A L            100

 

 

 

  1. 2.      Pedoman Penilaian Praktek

 

                         Penilaian kegiatan

No

Sub Kompetensi

Indikator keberhasilan

Skor Penilaian
1 2 3 4 5
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             
 

Skor total

         

 

RUMUS NILAI  ( a )          :          

  

 

                         Penilaian Laporan

No

Indikator keberhasilan

Skor Penilaian
1 2 3 4 5
 

 

 

 

 

 

 

 

 

           
 

Skor total

         

                

RUMUS NILAI  ( b )         :          

 

NILAI PSIKOMOTOR      :          

 

 

  1. 3.      Pedoman Penilalaian Sikap

 

Penilaian

-          tanggung jawab

-          kerja sama

-          perhatian

-          minat

-          kejujuran

 

Lembar Nilai

No

Nama

Tanggung jawab

Kerja sama

Perhatian

minat

kejujuran

Total

 

Catatan :   Rentang nilai 0 – 5

 

Keterangan nilai :

20 – 25            Tinggi

10 – 19            Sedang

0  –   9            Rendah

 

 

Kepala SMA WARGA Surakarta                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra. Ch. Titik Purwanti                                              A. Budi Santoso

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YAYASAN PENDIDIKAN WARGA SURAKARTA

SMA WARGA SURAKARTA

Jl. Monginsidi 21 Surakarta, telp. 0271.638873

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

  1. A.   IDENTITAS

MATA PELAJARAN                            : T I K

MATERI POKOK                        : Design Grafis

ALOKASI WAKTU                     : 2 X 45’

STANDAR KOMPETENSI                  : Menggunakan perangkat lunak

pembuat grafik.

 

KOMPETENSI DASAR              : – Menunjukkan menu ikon yang terdapat

dalam perangkat lunak pembuat grafis

INDIKATOR                              : – Menerangkan fungsi menu dan ikon yang

terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

  1. B.   TUJUAN PEMBELAJARAN

 

  1. C.   MATERI

 

  1. D.   METODE PEMBELAJARAN

 

 

 

  1. E.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

No

Tahap

Kegiatan

Alokasi waktu

Pendidik

Peserta Didik

1

 

2

3

 

 

 

 

Awal

 

 

 

 

 

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Akhir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

  1. F.    PENILAIAN
    1. Aspek yang dinilai

1.3              Pengetahuan

1.4              Praktek

1.5              Sikap

 

  1. Jenis Tagihan

2.2              Lisan

2.3              Ulangan Harian

2.4              Tugas Mandiri

 

  1. Bentuk Instrumen

3.2              Uraian terstruktur

3.3

 

  1. G.  SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
    1. Sumber Belajar

1.3              Buku Pegangan

1.4              Internet

1.5

 

  1. Alat Pembelajaran

2.2              Alat Praktek

2.3

 

  1. Media Pembelajaran

3.3              Modul

3.4              Lembar Evaluasi

3.5              LCD

 

  1. KKM

 

H.      PEDOMAN PENILAIAN

 

  1. 4.     Pedoman Penilaian Pengetahuan

 

1.1                Penilaian Pengetahuan

No.

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen

1

 

 

 

 

 

 

Indikator soal

     

terlampir

 

 

      1.2     Skor Penilaian Pengetahuan

No.

Langkah-langkah

Skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

           

  1. 5.     Pedoman Penilaian Praktek

 

            Penilaian kegiatan

No

Sub Kompetensi

Indikator keberhasilan

Skor Penilaian
1 2 3 4 5
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             
 

Skor total

         

 

RUMUS NILAI  ( a )          :          

  

 

            Penilaian Laporan

No

Indikator keberhasilan

Skor Penilaian
1 2 3 4 5
 

 

 

 

 

 

 

 

 

           
 

Skor total

         

                

RUMUS NILAI  ( b )         :          

 

NILAI PSIKOMOTOR      :          

 

 

  1. 6.     Pedoman Penilalaian Sikap

 

Penilaian

  1.                                                               i.      tanggung jawab
  2.                                                             ii.      kerja sama
  3.                                                           iii.      perhatian
  4.                                                           iv.      minat
  5.                                                             v.      kejujuran

 

Lembar Nilai

No

Nama

Tanggung jawab

Kerja sama

perhatian

minat

kejujuran

Total

 

Catatan :   Rentang nilai 0 – 5

 

Keterangan nilai :

20 – 25            Tinggi

10 – 19            Sedang

0  –   9            Rendah

 

 

 

YAYASAN PENDIDIKAN WARGA SURAKARTA

SMA WARGA SURAKARTA

Jl. Monginsidi 21 Surakarta, telp. 0271.638873

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

  1. H.  IDENTITAS

MATA PELAJARAN                            :

MATERI POKOK                        :

ALOKASI WAKTU                     :

STANDAR KOMPETENSI                  :

KOMPETENSI DASAR              :

INDIKATOR                               :

 

 

 

  1. I.      TUJUAN PEMBELAJARAN

 

  1. J.     MATERI

 

  1. K.  METODE PEMBELAJARAN

 

 

 

  1. L.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

No

Tahap

Kegiatan

Alokasi waktu

Pendidik

Peserta Didik

1

 

2

3

 

 

 

 

Awal

 

 

 

 

 

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Akhir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

M. PENILAIAN

  1. Aspek yang dinilai

1.6              Pengetahuan

1.7              Praktek

1.8              Sikap

 

  1. Jenis Tagihan

2.5              Lisan

2.6              Ulangan Harian

2.7              Tugas Mandiri

 

  1. Bentuk Instrumen

3.4              Uraian terstruktur

3.5

 

  1. N.   SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
    1. Sumber Belajar

1.6              Buku Pegangan

1.7              Internet

1.8

 

  1. Alat Pembelajaran

2.4              Alat Praktek

2.5

 

  1. Media Pembelajaran

3.6              Modul

3.7              Lembar Evaluasi

3.8              LCD

 

  1. KKM

 

H.      PEDOMAN PENILAIAN

 

  1. 7.     Pedoman Penilaian Pengetahuan

 

1.1                Penilaian Pengetahuan

No.

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen

1

 

 

 

 

 

 

Indikator soal

     

terlampir

 

 

      1.2     Skor Penilaian Pengetahuan

No.

Langkah-langkah

Skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

           

  1. 8.     Pedoman Penilaian Praktek

 

            Penilaian kegiatan

No

Sub Kompetensi

Indikator keberhasilan

Skor Penilaian
1 2 3 4 5
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             
 

Skor total

         

 

RUMUS NILAI  ( a )          :          

  

 

            Penilaian Laporan

No

Indikator keberhasilan

Skor Penilaian
1 2 3 4 5
 

 

 

 

 

 

 

 

 

           
 

Skor total

         

                

RUMUS NILAI  ( b )         :          

 

NILAI PSIKOMOTOR      :          

 

 

  1. 9.     Pedoman Penilalaian Sikap

 

Penilaian

  1.                                                               i.      tanggung jawab
  2.                                                             ii.      kerja sama
  3.                                                           iii.      perhatian
  4.                                                           iv.      minat
  5.                                                             v.      kejujuran

 

Lembar Nilai

No

Nama

Tanggung jawab

Kerja sama

perhatian

minat

kejujuran

Total

 

Catatan :   Rentang nilai 0 – 5

 

Keterangan nilai :

20 – 25            Tinggi

10 – 19            Sedang

0  –   9            Rendah

 

 

YAYASAN PENDIDIKAN WARGA SURAKARTA

SMA WARGA SURAKARTA

Jl. Monginsidi 21 Surakarta, telp. 0271.638873

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

  1. O.  IDENTITAS

MATA PELAJARAN                            :

MATERI POKOK                        :

ALOKASI WAKTU                     :

STANDAR KOMPETENSI                  :

KOMPETENSI DASAR              :

INDIKATOR                               :

 

 

 

  1. P.    TUJUAN PEMBELAJARAN

 

  1. Q.  MATERI

 

  1. R.   METODE PEMBELAJARAN

 

 

 

  1. S.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

No

Tahap

Kegiatan

Alokasi waktu

Pendidik

Peserta Didik

1

 

2

3

 

 

 

 

Awal

 

 

 

 

 

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Akhir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

  1. T.   PENILAIAN
    1. Aspek yang dinilai

1.9              Pengetahuan

1.10          Praktek

1.11          Sikap

 

  1. Jenis Tagihan

2.8              Lisan

2.9              Ulangan Harian

2.10          Tugas Mandiri

 

  1. Bentuk Instrumen

3.6              Uraian terstruktur

3.7

 

  1. U.   SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
    1. Sumber Belajar

1.9              Buku Pegangan

1.10          Internet

1.11

 

  1. Alat Pembelajaran

2.6              Alat Praktek

2.7

 

  1. Media Pembelajaran

3.9              Modul

3.10          Lembar Evaluasi

3.11          LCD

 

  1. KKM

 

H.      PEDOMAN PENILAIAN

 

  1. 10.                      Pedoman Penilaian Pengetahuan

 

1.1                Penilaian Pengetahuan

No.

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen

1

 

 

 

 

 

 

Indikator soal

     

terlampir

 

 

      1.2     Skor Penilaian Pengetahuan

No.

Langkah-langkah

Skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

           

  1. 11.                      Pedoman Penilaian Praktek

 

            Penilaian kegiatan

No

Sub Kompetensi

Indikator keberhasilan

Skor Penilaian
1 2 3 4 5
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             
 

Skor total

         

 

RUMUS NILAI  ( a )          :          

  

 

            Penilaian Laporan

No

Indikator keberhasilan

Skor Penilaian
1 2 3 4 5
 

 

 

 

 

 

 

 

 

           
 

Skor total

         

                

RUMUS NILAI  ( b )         :          

 

NILAI PSIKOMOTOR      :          

 

 

  1. 12.                      Pedoman Penilalaian Sikap

 

Penilaian

  1.                                                               i.      tanggung jawab
  2.                                                             ii.      kerja sama
  3.                                                           iii.      perhatian
  4.                                                           iv.      minat
  5.                                                             v.      kejujuran

 

Lembar Nilai

No

Nama

Tanggung jawab

Kerja sama

perhatian

minat

kejujuran

Total

 

Catatan :   Rentang nilai 0 – 5

 

Keterangan nilai :

20 – 25            Tinggi

10 – 19            Sedang

0  –   9            Rendah

 

 

 

 

 

 

 

 

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: