Menu

Menggabungkan Teks Ke Dalam Sajian Multimedia TIK.MM02.069.01

Mar
29
2015
by : 3. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

 

MENGGABUNGKAN TEKS KE  DALAM SAJIAN MULTIMEDIA

TIK.MM02.069.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………       2

 

BAB I     KONSEP PENILAIAN……………………………………………………….       3

1.1   Bagaimana Instruktur akan Menilai                                               3

1.2   Tipe Penilaian                                                                            3

BAB II    PELAKSANAAN PENILAIAN ……………………………………………..      5

               2.1  Kunci Jawaban Tugas Teori                                                          5

2.2   Penyelesaian untuk Soal Praktek                                                   7

2.3   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)                                                   8

            2.4   Check List Teori dan Praktek                                                        9

LEMBAR PENILAIAN……………………………………………………………………..  10

 

 

 

 

BAB I

Konsep Peniaian

 

1.1.          Bagaimana Instruktur akan Menilai

Dalam Sistem Berbasis Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan kriteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (di tempat kerja) atau dilembaga pelatihan (di luar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan di tempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

1.2.          Tipe Penilaian  

Penilaian dilakukan dengan 2 jenis ujian, yaitu:

  1. Tes Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

  1. Tes Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

2.1    Kunci Jawaban Tugas Teori

  1. Berikut ini adalah bukan merupakan software aplikasi multimedia (KUK 1.1)

 d. Flashget

 

  1. Yang bukan merupakan bagian dari elemen multimedia adalah (KUK 2.1)

c. File

 

  1. Semua pernyataan berikut adalah benar, kecuali (KUK 1.1)

       a. Swish Max merupakan aplikasi multimedia untuk mengedit photo

 

  1. Kelebihan dari penggunaan teks dibanding elemen multimedia lainnya adalah, kecuali (KUK 2.1)

       c. Menarik perhatian

 

  1. Fungsi dari tombol shortcut Ctrl + Enter adalah untuk (KUK 2.1)

       a. Play Movie

 

  1. Selain teks, elemen lain yang dapat digabungkan kedalam multimedia adalah (KUK 2.1)

d. Benar semua

 

  1. Berikut ini adalah perintah-perintah dasar pada Swish Max, kecuali (KUK 1.1)

d. Ctrl + End

 

  1. Untuk menyimpan teks dalam format (.swf) terlebih dahulu perlu dilakukan proses (KUK 1.3)

c. Export

 

  1. Swish Max dapat melakukan export file ke dalam format lain, kecuali

 

       c. MPEG

 

  1. Pada kolom tool box gambar  dinamakan :

d. Motion Path


 

  1. Pada kolom tool box gambar  dinamakan :

 

                 c. Fill Transform

 

  1. Pada kolom tool box gambar  dinamakan :

 

 b. Reshape

 

  1. Berikut adalah yang bukan termasuk bagian dari menu properties docked window adalah :

a. Import


 

  1. Berikut adalah bagian dari menu properties docked window yang dapat mengedit background color adalah

d. Movie


 

  1. Kekurangan dari penggunaan teks pada multimedia adalah (KUK 2.1)

d.Tidak mudah diingat

 

  1. Multimedia dapat didefinisikan menjadi 2 kategori, yaitu (KUK 2.1)

a.  Content production multimedia dan communication multimedia

 

  1. Perintah yang digunakan untuk membuka window baru adalah (KUK 2.3)

       c. Crtl + Shift + N

 

  1. Elemen teks dapat dikategorikan menjadi, kecuali (KUK 2.1)

       d. Karakter Font

 

  1. Yang bukan merupakan effect font adalah (KUK 2.1)

d. Case sensitif

 

  1. Yang merupakan tipe kelas Font adalah (KUK 3.1)

       c. A dan B benar

 

  1. Tombol shortcut yang digunakan untuk Play Timeline pada menu Control adalah :

b. Ctrl + Alt + Enter

 

  1. Format bawaan Swish Max untuk me-save project yang dibuat adalah :

a. (.swi)

 

  1. Untuk melakukan Stop pada saat animasi multimedia berjalan ketika diuji adalah (KUK 2.5)

       a. Ctrl + Shift + Enter

 

  1. Hasil kerja multimedia dapat dipadukan / digabungkan ke dalam (KUK 2.4)

       a. Website

 

  1. Untuk menampilkan tampilan project secara full screen dapat dilakukan dengan perintah yang ada pada menu (KUK 2.1)

d. View

 

 

2.2    Penyelesaian untuk soal praktek

 

1)

  • Pelajari dan buat list software aplikasi multimedia yang tersedia dipasaran pada masa kini
  • Identifikasi fungsi dan kegunaan masing-masing software aplikasi multimedia
  • Buat perbandingan antara software aplikasi multimedia sejenis, yang memiliki fungsi dan fitur yang mirip
  • Pertimbangkan fungsionalitas dan kemudahan dalam penggunaan software aplikasi multimedia

 

 

 

 

2)

  • Buat project baru menggunakaan Swish Max
  • Gunakan Tools Teks yang terdapat pada toolbox
  • Ciptakan teks yang akan dijadikan sajian multimedia
  • Variasikan ukuran,warna dan jenis font sesuai keinginan
  • Ciptakan atau tambahkan efek-efek spesial ke dalam teks yang akan dijadikan sajian multimedia
  • Perhatikan Timeline pada saat memadukan efek-efek multimedia
  • Lakukan uji coba
  • Edit teks atau tampilan jika diperlukan
  • Setelah tampilan sudah dirasa cukup maka hasilnya dapat disimpan dan dieksport menjadi format multimedia yang diinginkan (.swf atau .exe)
  • Publikasikan hasil kerja yang telah dilaksanakan

 

 

 

 

 

2.3   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Mengetahui cara penggunaan teks dan hypertext pada aplikasi multimedia.      
2 Mengetahui perintah-perintah sederhana yang digunakan dalam multimedia.      
3 Mengetahui cara mengelola toolbox yang ada pada aplikasi multimedia      
4 Mengetahui cara mengelola teks beserta atribut-atributnya ke dalam multimedia.      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.4 Check List Teori dan Praktek

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

Penguasaan Bahan

Ya

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  
Apakah peserta pelatihan mampu menggunakan aplikasi multimedia yang digunakan?  
Apakah peserta pelatihan mampu memilih software aplikasi yang akan digunakan?  
Apakah peserta pelatihan mampu menyiapkan aplikasi multimedia yang akan digunakan?  
Apakah peserta pelatihan mampu mengidentifikasi kebutuhan multimedia apa saja yang akan digunakan?  
Apakah peserta pelatihan mampu melakukan mencari permasalahan yang ada pada huruf elektronik?  
Apakah peserta pelatihan mampu mengedit multimedia yang telah dibuat?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu menggabungkan teks ke dalam rangkaian multimedia?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu menguji coba tampilan multimedia?  
Apakah peserta pelatihan mampu mempulikasikan secara elektronik sesuai pekerjaan yang dilaksanakan?  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

 

artikel lainnya Menggabungkan Teks Ke Dalam Sajian Multimedia TIK.MM02.069.01

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Wednesday 22 October 2014 | blog

Pemerintah Kabupaten Sragen menawarkan kerjasama oemasaran untuk mendongkrak produksi dan pemasaran motor strik Trekko. Tersedia tujuh…

Wednesday 31 October 2012 | blog

Rp 70.000,-/bulan Paket ini akan lebih memanjakan Anda karena kami yang akan bekerja untuk mengiklankan website…

Tuesday 20 October 2015 | blog

RENCANA TAKTIS DAN STRATEGIS KOPMA UNS JANGKA PENDEK 2006-2007 I. Pendahuluan Koperasi di lingkungan kampus di…

Wednesday 6 August 2014 | blog

NO AKTIFITAS MARKETING ONLINE √ KETERANGAN 1 UPDATE WEBSITE UTAMA MIN. 2 PRODUK / HARI 2…