Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

Advertisement

SUB SEKTOR MULTIMEDIA

 

 

 

MENGGABUNGKAN TEKS

KE DALAM SAJIAN MULTIMEDIA

TIK.MM02.069.01

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………       2

 

BAB I     STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………. 3

 

1.1   Unit Kompetensi Yang Dipelajari                                                3

1.1.1  Kode dan Judul Unit                                                        3

1.1.2  Deskripsi Unit                                                                3

1.1.3  Elemen Kompetensi                                                        3

1.1.4  Batasan Variabel                                                             4

1.1.5  Panduan Penilaian                                                          4

1.1.6  Kompetensi Kunci                                                           4

 

BAB II    TAHAPAN BELAJAR…………………………………………………………….  ..6

 

BAB III  TUGAS DAN TEORI UNJUK KERJA…………………………………………..9

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

 

 

1.1        Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

1.1.1   Kode dan Judul Unit

Kode Unit               : TIK.MM02.069.01

Judul Unit               : Menggabungkan Teks ke Dalam Sajian Multimedia

 

1.1.2                   Deskripsi Unit

Unit ini mendeskripsikan ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menggabung teks ke dalam sajian multimedia dalam produksi pada industri budaya.

 

 

1.1.3   Elemen Kompetensi

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Menggunakan software teks multimedia 1.1  Software yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy atau screen).

1.2  Software yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy atau screen)

1.3  Teks disimpan dan dibuka menggunakan format file yang tertentu

02     Menciptakan teks multimedia 2.1  Teks yang menggabungkan prinsip-prinsip typografi diciptakan dengan menggunakan software yang telah dipilih

2.2  Permasalahan huruf elektronik termasuk Multiple Masters, jenis huruf dan True Type diidentifikasi dan didiskusikan

2.3     Teks diedit (ditekankan dan ditambahkan) dan disimpan dengan menggunakan software yang telah dipilih

2.4     Elemen teks digabungkan ke dalam rangkaian

multimedia yang telah dipilih

 

2.5     Teks diuji dan dijalankan sebagai bagian dari

tampilan multimedia

2.6     Teks dipublikasikan secara elektronik sesuai

dengan pekerjaan yang dilaksanakan

Tabel 1 Element Kompetensi

         

1.1.4   Batasan Variabel

Batasan variabel dalam bahasan ini adalah:

1.       Tingkat Kemandirian :

Teks Multimedia diciptakan di tempat kerja dengan konsultasi dengan supervisor untuk memastikan bahwa kemampuan yang benar dan prosedur yang benar telah digunakan

2.       Jenis Sistem

Sistem Multimedia yang digunakan pada Sektor Pre-Press dan sektor terkait lain yang kemungkinan diperlukan oleh Organisasi Pre-Press untuk bekerja

 

1.1.5   Panduan Penilaian

1. Pengetahuan dan keterampilan penunjang

1.1         Software teks multimedia yang tersedia dan dapat membedakan software teks multimedia yang dipilih

1.2         Prinsip yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan software teks

dan mengerti feature software teks yang dipakai

1.3         Prinsip pada typografi layar dan publikasi elektronik

1.4       Sumber informasi

 

          2.       Konteks penilaian

Kompetensi harus dinilai di lingkungan kerja menggunakan software dan sumber industri

          3.       Aspek penting penilaian

Kemampuan dasar pembuatan Teks Multimedia harus dapat dipindah ke Industri percetakan dan sektor terkait.

 

1.1.6   Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

3

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

2

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

3

Tabel 2 Kompetensi Kunci

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  1. Penyajian bahan, pengajaran dan peserta harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengerti apa itu sebenarnya operating system dan komponen-kompoenen lain yang tercakup di dalamnya termasuk kebutuhan operating system yang bersangkutan.
  4. Peserta belajar untuk mempersiapkan operating sistem pasca instalasi.
  5. Peserta mempelajari dan mengerti cara menjalankan perintah-perintah sederhana pada sistem.
  6. Peserta mempelajari dan mengerti cara mengelola folder/file, jendela, desktop, serta aplikasi-aplikasi yang tersedia.
  7. Peserta dapat mengelola dan mengatur sistem serta perangkat komputer melalui panel kendali sistem.

 

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Software yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy atau screen).
  • Mengetahui software aplikasi multimedia yang ada di pasaran
  • Menilai software aplikasi yang cocok untuk digunakan.
  • Mencari informasi tentang software aplikasi multimedia
  • Mencari informasi software aplikasi yang cocok untuk digunakan
  • Internet
 
1.2 Teks disimpan dan dibuka menggunakan format file yang tertentu

 

  • Dapat menyimpan teks dengan format tertentu
  • Dapat mengetahui format yang ada
Mencari informasi mengenai format-format yang tersedia

 

  • Internet

 

 

2.1 Teks yang menggabungkan prinsip-prinsip typografi diciptakan dengan menggunakan software yang telah dipilih Dapat mengetahui prinsip-prinsip typografi, dan menciptakan teks sesuai kaedah dengan software aplikasi multimedia
  • Mencari dan mempelajari prinsip-prinsip typografi teks
  • Menciptakan teks sesuai kaedah
  • Internet
 

 

2.2 Permasalahan huruf elektronik termasuk Multiple Masters, jenis huruf dan True Type diidentifikasi dan didiskusikan
  • Mengetahui dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul
  • Mengetahui jenis-jenis Multiple Masters, jenis huruf dan True Type
  • Mencari dan mempelajari Multiple Masters, jenis huruf dan True Type
  • Mengidentifikasi permasalahan
  • Internet
 
2.3 Teks diedit (ditekankan dan ditambahkan) dan disimpan dengan menggunakan software yang telah dipilih

 

Mengetahui cara mengedit teks yang telah dibuat Melakukan langkah yang mendukung proses kerja

 

  • Internet

 

2.4 Elemen teks digabungkan ke dalam rangkaian           multimedia yang telah dipilih

 

Mengetahui cara menggabungkan teks ke dalam rangkaian multimedia Melakukan langkah yang mendukung proses kerja

 

  • Internet

 

2.5 Teks diuji dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan multimedia

 

Dapat melakukan uji tes kelayakan dan menjalankan tampilan multimedia Melakukan langkah yang mendukunug proses kerja
  • Internet

 

 

2.6 Teks dipublikasikan secara elektronik sesuai dengan pekerjaan yang dilaksanakan Dapat mengetahui cari mempulikasikan secara elektronik hasil kerja yang telah dilaksanakan Mencari dan mempelajari cara mempublikasikan hasil multimedia secara elektronik
  • Internet

 

Tabel 3 KUK


 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

 

3.1        Tugas Teori

Bacalah soal-soal berikut dengan seksama dan kerjakanlah dengan tepat!

  1. Berikut ini adalah bukan merupakan software aplikasi multimedia (KUK 1.1)

a. Macromedia Flash

b. Adobe Photoshop

c. Swish Max

 d. Flashget

 

  1. Yang bukan merupakan bagian dari elemen multimedia adalah (KUK 2.1)

a. Audio

b. Teks

c. File

d. Video

 

  1. Semua pernyataan berikut adalah benar, kecuali (KUK 1.1)

       a. Swish Max merupakan aplikasi multimedia untuk mengedit photo

b. Macromedia Flash merupakan aplikasi multimedia yang sejenis dengan Swish Max

c. Hasil output Swish Max berupa file dengan format (.swf)

d. Swish Max merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi sederhana multimedia

 

  1. Kelebihan dari penggunaan teks dibanding elemen multimedia lainnya adalah, kecuali (KUK 2.1)

a. Mudah digunakan

       b. Murah

       c. Menarik perhatian

d. Mudah diperbaharui

 

  1. Fungsi dari tombol shortcut Ctrl + Enter adalah untuk (KUK 2.1)

       a. Play Movie

b. Play TimeLine

c. Play Effect

d. Preview Frame

 

  1. Selain teks, elemen lain yang dapat digabungkan kedalam multimedia adalah (KUK 2.1)

a. Audio

b. Gambar

c. Video

d. Benar semua

 

  1. Berikut ini adalah perintah-perintah dasar pada Swish Max, kecuali (KUK 1.1)

a. Ctrl + S

b. Ctrl + O

c. Ctrl + N

d. Ctrl + End

 

  1. Untuk menyimpan teks dalam format (.swf) terlebih dahulu perlu dilakukan proses (KUK 1.3)

a. Sent

b. Recieve

c. Export

d. Import

 

  1. Swish Max dapat melakukan export file ke dalam format lain, kecuali

 

       a. AVI

b. EXE

c. MPEG

d. HTML+SWF

 

  1. Pada kolom tool box gambar  dinamakan (KUK 1.1)

a. Select

b. Reshape

c. Fill Transform

d. Motion Path

 

 

  1. Pada kolom tool box gambar  dinamakan (KUK 1.1)

 

     a. Select

b. Reshape

c. Fill Transform

d. Motion Path

 

 

  1. Pada kolom tool box gambar  dinamakan (KUK 1.1)

 

     a. Select

b. Reshape

c. Fill Transform

d. Motion Path

 

 

  1. Berikut adalah yang bukan termasuk bagian dari menu properties docked window adalah (KUK 1.1)

a. Import

b. Export

c. Debug

d. Movie

 

 

  1. Berikut adalah bagian dari menu properties docked window yang dapat mengedit background color adalah (KUK 1.1)

a. Import

b. Export

c. Debug

d. Movie

 

 

 

  1. Kekurangan dari penggunaan teks pada multimedia adalah (KUK 2.1)

a. Mahal

b. Tidak menarik

c. Membosankan

d.Tidak mudah diingat

 

  1. Multimedia dapat didefinisikan menjadi 2 kategori, yaitu (KUK 2.1)

a.  Content production multimedia dan communication multimedia

b.  Pre-production multimedia dan Post-production multimedia

c. Console multimedia dan broadcast multimedia

d. Salah semua

 

  1. Perintah yang digunakan untuk membuka window baru adalah (KUK 2.3)

a. Ctrl + Shift + T

b. Ctrl + Alt + T

c. Crtl + Shift + N

d. Ctrl + Alt + N

 

  1. Elemen teks dapat dikategorikan menjadi, kecuali (KUK 2.1)

a. Karakter alpahet

b. Nomor

c.  Karakter spesial

d. Karakter Font

 

  1. Yang bukan merupakan effect font adalah (KUK 2.1)

a. Bold

b. Underline

c. Shadow

d. Case sensitif

 

  1. Yang merupakan tipe kelas Font adalah (KUK 3.1)

a. Sherif

b. Sans Sherif

c. A dan B benar

d. Tidak ada yang benar

 

  1. Tombol shortcut yang digunakan untuk Play Timeline pada menu Control adalah :

a. Ctrl  + Enter

b. Ctrl + Alt + Enter

c. Ctrl + Shift + Enter

d. Ctrl + Tab + Enter

 

  1. Format bawaan Swish Max untuk me-save project yang dibuat adalah :

a. (.swi)

b. (.exe)

c. (.swf)

d. (.doc)

 

  1. Untuk melakukan Stop pada saat animasi multimedia berjalan ketika diuji adalah (KUK 2.5)

a. Ctrl + Shift + Enter

b. Ctrl + Alt + Enter

c. Ctrl  + Enter

d. Ctrl + Tab + Enter

 

  1. Hasil kerja multimedia dapat dipadukan / digabungkan ke dalam (KUK 2.4)

a. Website

b. Audio

c. Radio

d. TV

 

  1. Untuk menampilkan tampilan project secara full screen dapat dilakukan dengan perintah yang ada pada menu (KUK 2.1)

a. Edit

b. Control

c. Modify

d. View

 

Bobot nilai untuk setiap soal teori di atas adalah 2, jadi total nilai untuk soal teori adalah 50

 

3.2        Tugas Unjuk Kerja

1)       Uraikan langkah-langkah kerja anda dalam memilih software aplikasi multimedia yang akan digunakan. (KUK  1.1, KUK 1.2)

2)       Uraikan dan pratekkan langkah-langkah kerja anda, beserta perintah-perintah yang digunakan dalam pembuatan teks dan memadukannya dengan mulitmedia. (KUK 2.1, KUK 2.4)

 

Bobot nilai untuk setiap soal teori di atas adalah 25, jadi total nilai untuk soal teori adalah 50

 

3.3 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.MM02.069.01

Judul Unit

: Menggabungkan Teks ke Dalam Sajian Multimedia

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1.Menggunakan software teks multimedia

1.1   Software yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy atau screen).

1.2   Teks disimpan dan dibuka menggunakan format file yang tertentu.

2. Menciptakan teks multimedia

2.1   Teks yang menggabungkan prinsip-prinsip typografi diciptakan dengan menggunakan software yang telah dipilih

2.2   Permasalahan huruf elektronik termasuk Multiple Masters, jenis huruf dan True Type diidentifikasi dan didiskusikan.

 

2.3   Teks diedit (ditekan dan ditambahlan) dan disimpan dengan menggunakan software yang telah dipilih

2.4   Elemen teks digabungkan ke dalam rangkaian multimedia yang telah dipilih.

 

2.5   Teks diuji dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan multimedia.

2.7        Teks dipublikasikan secara elektronik sesuai dengan pekerjaan yang dilaksanakan.

 

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: