Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Mengembangkan User Interface TIK.PR02.007.01

Apr
29
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

MENGEMBANGKAN USER INTERFACE

TIK.PR02.007.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………       1

 

BAB I     STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………. 2

 

1.1   Unit Kompetensi Yang Dipelajari                                                3

1.1.1  Kode dan Judul Unit                                                        3

1.1.2  Deskripsi Unit                                                                3

1.1.3  Elemen Kompetensi                                                        3

1.1.4  Batasan Variabel                                                             4

1.1.5  Panduan Penilaian                                                          4

1.1.6  Kompetensi Kunci                                                           5

 

BAB II    TAHAPAN BELAJAR…………………………………………………………….         6

 

BAB III  TUGAS DAN TEORI UNJUK KERJA………………………………………… 9

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

1.1        Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan criteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

1.1.1   Kode dan Judul Unit

Kode Unit               : TIK.PR02.007.01

Judul Unit               : Mengembangkan User Interface

 

1.1.2                   Deskripsi Unit

Unit ini akan menentukan kompetensi yang diperlukan untuk  melakukan manajemen sistem informasi. Sistem informasi akan dideskripsikan dalam bentuk alur informasi dan alur dokumen. Pengetahuan yang diperlukan untuk mengembangkan User interface adalah pengetahuan tentang program aplikasi dan prinsip-prinsip manajemen. Dalam mengimplementasikan user interface, diperlukan pengetahuan tentang prinsip-prinsip user interface.

 

 

1.1.3       Elemen Kompetensi

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01  Menerapkan hasil rancangan user interface 1.1   Bentuk rancangan user interface, alur       proses,data/table dipahami

 

1.2      Struktur menu dan user interface dialog diaplikasikan

 

1.3   Komponen user interface dialog di identifikasikan

 

1.3      Sekuensial dari akses komponen user interface dialog diaplikasikan

 

02 Mengimplementasikan rancangan user interface 2.1   Menu program sesuai dengan rancangan   Program  di implementasikan

 

2.2      Penempatan user interface dialog diatur sesuai sekuensial dari alur proses di implementasikan

 

2.3      Setting aktif – pasif komponen user interface dialog sesuai dengan urutan alur proses

 

2.4      Penentuan atau bentuk style dari komponen user interface sesuai dengan kebutuhan pengguna

 

03 Menguji user interface 3.1   Kode program dikompilasi dan dijalankan

 

3.2     Menu dialog dijalankan dan diuji sesuai dengan spesifikasi program

 

3.3     User interface dialog dijalankan dan diuji sesuai dengan spesifikasi program

 

3.4     Hasil pengujian direkam ke dalam catatan pengujian

 

 

1.1.4   Batasan Variabel

1.   Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi

2. Mengembangkan user interface ini bersifat internal dan terbatas pada bidang teknologi informasi dan telekomunikasi

 

1.1.5   Panduan Penilaian

Panduan penilaian terdiri dari :

1. Pengetahuan dan keterampilan penunjang untuk mendemontrasikan kompetensi, diperlukan bukti keterampilan dan pengetahuan dibidang berikut ini :

1.1     Mengoperasikan bahasa pemrograman

1.2   Menulis program

1.3   Melakukan pengujian unit

2.  Konteks penilaian

Unit ini dapat dunilai di dalam tempat kerja atau tempat lain secara praktek dengan kondisi kerja sesuai keadaan normal

 

3. Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan:

3.1   Kemampuan untuk mengimplementasikan komponen user interface

3.2   Kemampuan untuk mengimplementasikan setting aktif-pasif dan urutan akses komponen user interface

 

4.  Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1     Unit ini juga mendukung kinerja dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan bidang pemrograman

4.2   Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sekor tertentu. Batasan         variable akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus,   pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

 

1.1.6   Kompetensi Kunci

          NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

3

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

3

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

3

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

1

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

3

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  1. Penyajian bahan, pengajaran dan peserta harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengerti tentang fungsi dari User Interface.
  4. Peserta belajar untuk mengidentifikasi komponen dari User Interface.
  5. Peserta mengeri struktur menu dalam user interface.
  6. Peserta mempelajari bagaimana membuat alur sekuensial dari User Interface.

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

 

 

 

 

 

 

 

Bentuk rancangan user interface, alur proses,data/table dipahami Mengidentifikasi data dan informasi yang akan diaplikasikan

 

  • Mencari informasi tentang perancangan user interface
  • Mencari informasi tentang kebutuhan informasi dari pengguna

 

  • Buku tentang perancangan user interface
  • Internet

 

 

Dapat mengidentifikasi informasi yang akan ditampilkan dalam program aplikasi
1.2

 

 

 

 

 

Struktur menu dan user interface dialog diaplikasikan

 

Mampu mengidentifikasi struktur menu yang dipilih
  • Mencari informasi di buku dan internet.

 

  • Buku tentang perancangan user interface

 

  • Internet
1.3 Komponen user interface dialog di identifikasikan

 

Mengetahui komponen yang dibutuhkan dalam tampilan user interface
  • Mencari informasi dari buku user interface
  • Buku perancangan user interface
 

 

1.4 Sekuensial dari akses komponen user interface dialog diaplikasikan

 

Dapat mengidentifikasikan urutan dari eksekusi komponen dalam user interface
  • Membaca buku perancangan user interface

 

  • Buku tentang perancangan user interface

 

  • Internet
2.1 Menu program sesuai dengan rancangan Program  di implementasikan Mengetahui cara implementasi user interfave dalam program aplikasi.
  • Membaca buku
  • Melakukan latihan dengan praktek membuat program sederhana dengan user interface yang telah dirancang

 

  • Internet

 

  • Buku perancangan aplikasi

 

2.2 Penempatan user interface dialog diatur sesuai sekuensial dari alur proses di implementasikan

 

Mengetahui penempatan komponen sesuai dengan rancangan user interface yang dibutuhkan

 

  • Menganalisa alur komponen user interface

 

  • Internet

 

  • Buku user inteface

 

Mengetahui konsep penempatan komponen dalam user interface

 

2.3 Setting aktif – pasif komponen user interface dialog sesuai dengan urutan alur proses

 

Dapat membuat flowchart dari komponen user interface
  • Analisa alur dari komponen user interface

 

  • Internet

 

  • Buku tentang user interface

 

2.4 Penentuan atau bentuk style dari komponen user interface sesuai dengan kebutuhan pengguna Dapat menentukan model dari komponen user interface
  • Membaca buku tentang tipe komponen user interface
  • Internet
 

  • Buku tentang komponen user interface

 

3.1 Kode program dikompilasi dan dijalankan Dapat mengkompilasi program sesuai dengan compiler yang digunakan
  • Membaca buku kompilasi program aplikasi.
  • Internet
 

  • Buku kompilasi program aplikasi

 

3.2 Menu dialog dijalankan dan diuji sesuai dengan spesifikasi program

 

Dapat menjalankan menu dialog sesuai dengan spesifikasi program
  • Membaca buku perancangan user interface
  • Internet
 

  • Buku tentang user interface

 

3.3 User interface dialog dijalankan dan diuji sesuai dengan spesifikasi program

 

Dapat melakukan pengujian terhadap user interface dialog
  • Membaca buku perancangan user interface
  • Internet
 

  • Buku tentang user interface

 

3.4 Hasil pengujian direkam ke dalam catatan pengujian

 

Mampu membuat catatan pengujian dari program aplikasi
  • Membaca buku perancangan user interface
  • Internet
 

  • Buku tentang user interface

 

 

 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

 

3.1 Tugas Teori

  1. Apa yang dilakukan sebelum merancang user interface? (KUK 1.1)
    1. Metode spesifikasi
    2. Identifikasi proses bisnis
    3. Pemilihan komponen
    4. Evaluasi

 

  1. Struktur menu bagi menu tunggal disebut: (KUK 1.1)
    1. Single menu
    2. Struktur Pohon
    3. Linear
    4. Acyclic

 

Struktur di atas merupakan struktur: (KUK 1.2)

  1. Single Menu
  2. Linear sequence
  3. Jaringan Acyclic
  4. Pohon

 

  1. Struktur di mana pemakai dapat memilih perpindahan form dari satu tempat ke tempat lain disebut (KUK 1.2)
    1. Single menu
    2. Linear sequence
    3. Jaringan Acyclic
    4. Pohon

 

  1. Struktur di mana pemakai harus melakukan pemilihan form secara berurut dari satu tempat ke tempat lain disebut (KUK 1.2)
    1. Single menu
    2. Linear sequence
    3. Jaringan Acyclic
    4. Pohon

 

  1. Kata-kata spesifik dispesifikasikan dalam apa dalam BNF? (KUK 1.3)
    1. Nonterminal
    2. Terminal
    3. Spesifikasi
    4. Nomor

 

  1. Komponen tingkat tinggi dispesifikasikan dalam apa dalam BNF? (KUK 1.3)
    1. Nonterminal

b. Terminal

c. Spesifikasi

  1. Nomor

 

  1. Komponen yang digunakan untuk mendeskripsikan bahasa pemrograman disebut: (KUK 1.4)
    1. User Interface
    2. Use Case
    3. Class
    4. BNF

 

  1. Pemilihan menu yang paling sederhana adalah: (KUK 2.1)
    1. Struktur Pohon
    2. Linear
    3. Acyclic
    4. Cyclic

 

10. Pendekatan tata bahasa dalam user interface adalah (KUK 2.1)

  1. UAN
  2. UNF
  3. BNF
  4. UAS

 

  1. 11.  Sekuensi dalam user interface digambarkan dalam (KUK 2.2)
    1. Diagram transisi
    2. Use Case
    3. Flowchart
    4. Statechart

 

  1. 12.  Gambar di atas merupakan contoh (KUK 2.2)
    1. Diagram Transisi
    2. Statechart
    3. Class Diagram
    4. Deployment Diagram

13 Gambar di atas merupakan (KUK 2.3)

a. Diagram Transisi

b. Statechart

c. Teks dari diagram transisi

d. Class

 

14.Yang merupakan contoh CASE Tools adalah (KUK 2.4)

a. Java

b. Visual Basic

c. Database

d. Microsoft Visio

 

15.Analisa perancangan sistem dilakukan oleh (KUK 2.4)

a. Sistem analis

b. User

c. Programmer

d. Manajer

 

16.Peningkatan dari diagram transisi disebut (KUK 3.1)

a. Statechart

b. Flowchart

c. Piechart

d. Gantt Chart

 

17.Diagram apa yang menunjukan status dalam perancangan (KUK 3.1)

a. Statechart

b. Flowchart

c. Piechart

d. Gantt Chart

 

18.Sebelum aplikasi, perancangan dilakukan dalam (KUK 3.2)

a. Statechart

b. CASE Tools

c. Program aplikasi

d. Database

 

19 User interface yang dirancang ditempelkan pada (KUK 3.3)

a. Statechart

b. CASE Tools

c. Program aplikasi

d. Database

 

20 Menu program dibangun dengan menggunakan (KUK 3.3)

a. Statechart

b. CASE Tools

c. Program aplikasi

d. Interface Building Tools

 

21 Istilah untuk terminologi untuk produk bervariasi yang tergantung vendor adalah (KUK 3.4)

a. Statechart

b. CASE Tools

c. Program aplikasi

d. Rapid Prototyping

 

22 Mengembangkan prosedur perancangan merupakan fitur dari: (KUK 3.4)

a. Ketidakbergantungan user

b. Metodologi dan notasi

c. Rapid Prototyping

d. komponen user interface

 

23.Memisahkan rancangan interface dan internal merupakan fitur dari: (KUK 3.4)

a. Ketidakbergantungan user

b. Metodologi dan notasi

c. Rapid Prototyping

d. komponen user interface

 

24 Meningkatkan produktivitas merupakan fitur dari (KUK 3.5)

a. Ketidakbergantungan user

b. Metodologi dan notasi

c. Rapid Prototyping

d. komponen user interface

 

25 Menguji dan merevisi merupakan fitur dari (KUK 3.5)

a. Ketidakbergantungan user

b. Metodologi dan notasi

c. Rapid Prototyping

d. komponen user interface

 

Bobot nilai untuk setiap soal teori di atas adalah 2, jadi total nilai untuk soal teori adalah 50.

 

3.1        Tugas Unjuk Kerja

  1. Buatlah rancangan statechart untuk user interface dari program rental video. (KUK 1.4)

 

  1. Apa saja fitur untuk interface?  (KUK 2.2)

 

  1. Dalam alur sekuensial dari proses user interface, dikenal diagram transisi. Apa keuntungan dari pembuatan alur sekuensial dengan menggunakan diagram transisi? (KUK 1.4)

 

  1. Sebutkan simbol-simbol yang digunakan dalam perancangan sequence diagram! (KUK 1.4)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2        Daftar Cek Unjuk Kerja

 

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

Kode unit

: TIK.PR02.022.01

Judul Unit

: Menjelaskan Sistem Informasi Manajemen

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1   Menerapkan hasil rancangan user interface     1.1 Bentuk rancangan user interface, alur proses,data/table dipahami

 

      1.2  Struktur menu dan user interface dialog diaplikasikan

 

      1.3   Komponen user interface dialog di identifikasikan

 

      1.4   Sekuensial dari akses komponen user interface dialog diaplikasikan

 

2  Mengimplementa-sikan rancangan user interface     2.1 Menu program sesuai dengan rancangan Program di implementasikan

 

      2.2  Penempatan user interface dialog diatur sesuai sekuensial dari alur proses di implementasikan

 

      2.3 Setting aktif – pasif komponen user interface dialog sesuai dengan urutan alur proses

 

      2.4 Penentuan atau bentuk style dari komponen user interface sesuai dengan kebutuhan pengguna

3   Menguji user interface

3.1  Kode program dikompilasi dan dijalankan

3.2   Menu dialog dijalankan dan diuji sesuai dengan spesufikasi program

 

 

3.3 User interface dialog dijalankan dan diuji sesuai dengan spesifikasi program

 

3.4  Hasil pengujian direkam ke dalam catatan pengujian

 

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

 

 

Testimoni

artikel lainnya Mengembangkan User Interface TIK.PR02.007.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Wednesday 3 December 2014 | blog

        PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI PELAYANAN  PELANGGAN KLASTER (SERVICE EXCELLENCE)                      KODE…

Thursday 19 February 2015 | blog

Jasa pembuatan email sangat cepat, email sangat berguna untuk anda apalagi setiap registrasi apapun pasti menggunakan…

Friday 27 February 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR JARINGAN KOMPUTER DAN SISTEM ADMINISTRASI    …

Saturday 18 April 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER  …