Menu

Menerapkan Program Scripting Multimedia TIK.PR05.003.01

May
15
2015
by : 3. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

MENERAPKAN PROGRAM SCRIPTING MULTIMEDIA

TIK.PR05.003.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI. 2

 

BAB I. 3

KONSEP PENILAIAN. 3

1.1.    Bagaimana Instruktur akan Menilai 3

1.2.    Tipe Penilaian. 4

 

BAB II. 5

PELAKSANAAN PENILAIAN. 5

2.1     Kunci Jawaban Tugas Teori 5

2.2     Penyelesaian untuk soal praktek. 8

2.3     Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik) 9

2.4     Check List Teori dan Praktek. 10

 

LEMBAR PENILAIAN. 11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

1.1.      Bagaimana Instruktur akan Menilai

Dalam Sistem Berbasis Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan kriteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (di tempat kerja) atau dilembaga pelatihan (di luar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan di tempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

1.2.      Tipe Penilaian

Penilaian dilakukan dengan 2 jenis ujian, yaitu:

 

  1. a.   Tes Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

 

  1. b.   Tes Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

 

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

2.1        Kunci Jawaban Tugas Teori

  1. Cara untuk membuat sebuah class di dalam action script pada Flash adalah:
    1. a.   class sesuatu { … }

 

  1. Cara untuk mendeklarasikan sebuah property yang hanya dapat diakses oleh class yang memiliki property tersebut saja adalah:

b. private var something:String;

 

  1. Cara untuk mendeklarasikan sebuah method public adalah:

c. public function fungsi():String { … }

 

  1. Dalam merencanakan sebuah story board untuk animasi, hal yang tidak perlu adalah:

b. Menuliskan cerita pada action script

 

 

 

  1. Perhatikan Gambar di atas. Bagian yang ditunjuk dengan angka 1 dan 2 secara berturut-turut adalah:


d. Layer dan frame

 

 

  1. Bagian yang tidak dapat ditulisi action script pada program Flash MX dan Flash 8 adalah:


c. Layer


 

 

  1. Cara untuk membuat sebuah rectangle yang sudah ada di dalam scene menjadi sebuah movie clip adalah:

b. Klik kanan pada rectangle kemudian pilih Convert To Symbol…, lalu pilih Movieclip

 

  1. Salah satu mode yang dapat digunakan untuk membuat action script pada Flash adalah:
    1. Expert Mode

 

 

 

  1. Untuk menuliskan action script panel yang harus dibuka adalah:

 

c. Actions-Frame

 

  1. Penulisan action script  untuk If…else yang benar adalah:

 

c.    If (score>100) {

loadMovieNum(“1.swf”,5);

}

else {

loadMovieNum(“2.swf”,5);

       }

 

 

  1. Penulisan action script  untuk If… dengan 2 syarat yang dihubungkan oleh logika OR yang benar adalah:

b. If (password ==null || email == null)

 

 

 

  1. Penulisan yang benar untuk sintaks action script yang berfungsi untuk pergi ke frame 5 dan menjalankan movie yang ada pada frame tersebut adalah:

 

c. gotoAndplay(5);

 

 

  1. Penulisan yang benar untuk sintaks action script yang berfungsi untuk pergi ke frame 5 dan menghentikan movie yang ada pada frame tersebut adalah:
    1. a.   gotoAndStop(5);

 

  1. Penulisan yang benar untuk mendeklarasikan variabel bertipe data String pada action script adalah:
    1. a.   var kata:String;

 


 

  1. Pemberian nama yang tidak diperbolehkan untuk sebuah variabel di dalam action script antara lain:

 

d. 1_variabel


 

  1. Operator yang menyatakan kesamaan suatu variabel dengan variabel lainnya (misalnya apakah variabel x sama dengan variabel y):

 

b. x==y

 

 

  1. Fungsi dari operator % pada action script adalah:

c. Melakukan pembagian dan menyimpan sisa hasil bagi atau modulo

 

  1. Tipe data yang dapat mengolah angka pada action script Flash adalah:

 

d. Number


 

  1. Cara yang tepat untuk mendeklarasikan fungsi bertipe String dengan satu parameter bertipe Number adalah:
    1. a.   function nama_fungsi(Angka:Number):String

 

  1. Cara untuk memanggil fungsi public function Sesuatu():Void { … } pada fungsi lain di action script adalah:

 

c. Sesuatu();

 

 

  1. Perhatikan gambar di atas. Apabila terdapat sebuah class seperti pada gambar, maka yang disebut dengan constructor adalah:
    1. function mobil(nNama:String, nJenis:String);

 

  1. Perhatikan kembali gambar pada soal nomor 2 di atas. Cara untuk menginstansiasi objek dari class Mobil yang terdapat di dalam gambar adalah:

d. var bmw:mobil = new mobil (“BMW”,”Sedan”);

 

  1. Sintaks yang benar untuk menduplikasi sebuah Movieclip pada action script Flash adalah:
    1. a.   duplicateMovieClip(nama_movieclip, nama_duplikat_movieclip, jumlah_duplikasi);

 

  1. Penulisan action script  untuk If yang benar adalah:

 

c. If (score>100) {

gotoAndStop(10);

}

 

 

  1. Cara yang tepat untuk membuat sebuah fungsi bertipe Number dengan satu parameter bertipe Number pula pada action script  Flash adalah:

b. public function getSpeed(bilangan:Number):Number

 

 

2.2        Penyelesaian untuk soal praktek

 

  1. Menjalankan 2 Buah Movie Clip:
  • Membuka program Flash MX atau Flash 8 yang telah disediakan
  • Buat sebuah file flash baru
  • Gambar dua buah shape pada layer yang berbeda kemudian convert menjadi movie clip, beri nama movie clip misalnya mc1 dan mc2.
  • Pada mc1 buat motion tween  ke arah kanan dan kiri.
  • Pada mc2 buat motion tween ke arah atas dan bawah.
  • Buat sebuah layer baru, kemudian buat dua buah tombol pada layer tersebut kemudian beri nama btStart dan btStop pada tombol tersebut (Langkah ini bisa digantikan dengan gambar dua buah shape kemudian convert menjadi button).
  • Pada tombol btStart buka panel action script.
  • Buat fungsi dengan nama bebas untuk menjalankan animasi pada mc1 dan mc2.
  • Buat fungsi on(release) yang berguna untuk memanggil fungsi yang dibuat sebelumnya apabila tombol btStart diklik.
  • Pada tombol btStop buka panel action script.
  • Buat fungsi dengan nama bebas untuk menghentikan animasi pada mc1 dan mc2.
  • Buat fungsi on(release) yang berguna untuk memanggil fungsi yang dibuat sebelumnya apabila tombol btStop diklik.
  • Tekan shortcut Ctrl+Enter untuk me-run file flash kemudian uji apakah script sudah berjalan dengan benar, kemudian publish file tersebut.

 

 

  1. Menjalankan Movie Clip melalui Class :
  • Membuka program Flash MX atau Flash 8 yang telah disediakan
  • Buat sebuah file flash baru
  • Gambar sebuah shape pada layer kemudian convert menjadi movie clip, beri nama movie clip misalnya mc1.
  • Pada mc1 buat motion tween  dengan gerakan bebas.
  • Buat sebuah layer baru, kemudian buat sebuah tombol pada layer tersebut kemudian beri nama btPlay pada tombol tersebut (Langkah ini bisa digantikan dengan gambar sebuah shape kemudian convert menjadi button).
  • Pada tombol btPlay buka panel action script.
  • Buat class dengan nama bebas, kemudian lengkapi dengan konstruktor, property dan method yang berguna untuk menjalankan dan menghentikan animasi pada mc1 (Di dalamnya harus ada perhitungan dan pengecekan jumlah klik tombol).
  • Buat class turunan dari class sebelumnya.
  • Buat fungsi on(release) yang berguna untuk memanggil fungsi yang dibuat sebelumnya apabila tombol btPlay diklik.
  • Tekan shortcut Ctrl+Enter untuk me-run file flash kemudian uji apakah script sudah berjalan dengan benar, kemudian publish file tersebut.

 

 

2.3        Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Mengetahui cara meng-convert obyek pada scene menjadi simbol      
2 Mengetahui cara membuat animasi pada tiap simbol      
3 Mengetahui cara membuat action script dan meletakkan script tersebut dengan benar      
4 Mengetahui cara mengintegrasikan script dengan obyek yang ada pada scene      
5 Mengetahui cara menjalankan script yang sudah dibuat pada file yang sedang dihadapi      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.4        Check List Teori dan Praktek

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

Penguasaan Bahan

Ya

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  
Apakah peserta pelatihan memahami kegunaan script di dalam program multimedia?  
Apakah peserta pelatihan mengenali lingkungan dan istilah pada pemrograman script multimedia yang dipergunakan?  
Apakah peserta pelatihan mampu membuat obyek-obyek grafis pada layer yang berbeda di dalam program multimedia yang disediakan (dalam hal ini Flash MX atau Flash 8)?  
Apakah peserta pelatihan mampu meng-convert obyek-obyek grafis yang dibuatnya menjadi simbol yang dibutuhkan?  
Apakah peserta pelatihan mampu membuat animasi untuk obyek?  
Apakah peserta pelatihan mampu membuat script pada lokasi yang tepat sesuai kebutuhannya?  
Apakah peserta pelatihan mampu membuat script dengan grammar yang benar?  
Apakah peserta pelatihan mampu menggunakan built in function dan buit in object yang ada pada program?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu menerapkan sistem aliran proes dan fungsi pada script yang dibuatnya?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu menerapkan pemrograman berorientasi obyek pada script yang dibuatnya?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu memastikan bahwa script yang dibuat bisa berjalan dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan mampu menjalankan dan mempublish file multimedia yang telah dibuatnya?  

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

 

artikel lainnya Menerapkan Program Scripting Multimedia TIK.PR05.003.01

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Friday 13 January 2012 | blog

Surakarta, 31 Agustus 2009   Nomor               : 2579/ AE/ MOB/ VIII/ 2009 Perihal              : Penawaran  …

Thursday 23 July 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI             MEMASANG…

Tuesday 22 October 2013 | blog

MASTER KREASI Sebagai salah satu perusahaan Web Development Indonesia, kami menyediakan beberapa Paket Produk Jasa Web…

Thursday 3 January 2013 | blog

sebagai alat untuk mengambil gambar sesuai dengan karakteristik mata manusia tersebut diatas mengalami kendala, yakni bahwa…