Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 25000 setahun dan dapatkan Trafik setiap harinya

Menerapkan Prinsip – Prinsip Rancangan Visual TIK.MM01.008.01

Mar
15
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR MULTIMEDIA

 

 

MENERAPKAN PRINSIP – PRINSIP RANCANGAN VISUAL

TIK.MM01.008.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

DAFTAR ISI. 1

BAB I   3

1.1      Unit Kompetensi Yang Dipelajari 3

1.1.1 Kode dan Judul Unit 3

1.1.2 Deskripsi Unit 3

1.1.3 Elemen Kompetensi 3

1.1.4 Batasan Variabel 5

1.1.5 Panduan Penilaian. 6

1.1.6 Kompetensi Kunci 7

BAB II   8

BAB III  20

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

 

 

 

1.1     Unit Kompetensi Yang Dipelajari

 

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan  untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

 

1.1.1      Kode dan Judul Unit

 

Kode Unit   :  TIK.MM01.008.01

Judul Unit   :  Menerapkan Prinsip – Prinsip Rancangan Visual

 

1.1.2      Deskripsi Unit

 

Unit ini menerangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menggunakan prinsip desai visual dan komunikasi untuk mengembangkan produk multimedia yang digunakan dalam industri seni.

 

1.1.3      Elemen Kompetensi

 

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kriteria unjuk kerja (KUK) untuk masing-masing elemen:

 

 

ELEMEN KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
  1. Menerima dan memahami laporan
1.1     Bergabung dengan personal terkait agar tujuan dan hasil produk multimedia dapat dipahami dan ditentukan, aplikasi desain visual dan teknik komunikasi diteliti untuk memastikan bahwa syarat-syarat kreatif, teknis dan produksi dapat terpenuhi.

1.2     Semua faktor terkait yang mungkin dapat menentukan dan berdampak pada desain visual dan konsep komunikasi dan aplikasi ditentukan melalui breakdown dan pemahaman laporan dan bekerja sama dengan personil terkait.

1.3     Pengguna / audience yang ditujukan untuk menentukan format dan delivery platform ditentukan dari produk multimedia melalui diskusi dengan personil terkait.

  1. Menghasilkan dan menilai ide-ide
2.1     Serangkaian ide-ide desain visual dan komunikasi yang secara teknik layak pakai dihasilkan, laporan direspon dan solusi kreatif untuk semua isu desain disediakan.

2.2     Ide-ide desain visual dan komunikasi untuk memastikan kontribusi sejumlah ide-ide dan solusi kreatif pada konsep awal didiskusikan dengan personil terkait.

2.3     Ide-ide kreatif dan solusi selalu dirujuk dan dinilai untuk implikasi pendanaan, kerangka waktu, kelayakan teknis dan suitability untuk memenuhi laporan.

  1. Melaksanakan Riset
3.1     Teknik dan perkakas untuk desain visual dan komunikasi yang digunakan dalam membuat produk multimedia diteliti dan dibandingkan, serta karakteristik dan perbedaan dari imaging digital dan tradisional dieksplorasi.

3.2     Serangkaian delivery platform untuk produk multimedia diteliti dan dibandingkan.

3.3     Tipografik dan elemen visual yang cocok untuk pengembangan produk multimedia dieksplorasi.

3.4     Hubungan antara komponen visual dengan hardware yang dibutuhkan ditentukan.

3.5     Media riset dan temuan-temuan untuk digunakan oleh semua personil terkait selama proses pengembangan desain disusun; diadakan pembaharuan jika diperlukan.

3.6     Diskusi awal dan laporan desain terhadap temuan dievaluasi dan didiskusikan dengan personil terkait.

 

  1. Memilih media / materi untuk digunakan pada desain visual dan komunikasi
4.1     Serangkaian desain visual dan teknik komunikasi yang ada ditentukan dan disajikan kepada personil terkait untuk pemikiran lebih lanjut mengenai kemampuan desain dan teknik tersebut dapat memenuhi kreatif, teknis dan laporan produksi.

4.2     Desain visual dan teknik komunikasi yang cocok yang dapat memenuhi kreatif, teknis dan laporan produksi dipilih.

4.3     Materi dan media yang relevan dikumpulkan dan dipastikan untuk kreatif dan spesifikasi teknis dari suatu produk multimedia.

4.4     Dikonsultasikan dengan personil terkait untuk memastikan bahwa semua media yang dibutuhkan telah diperiksa dan tersedia, serta dipastikan bahwa pilihan tersebut berdasarkan pada pemahaman karakteristik dan kemampuan pengguna.

  1. Menerapkan desain visual dan teknik komunikasi
5.1     Teknik desain yang dipilih untuk mengembangkan struktur produk, memastikan bahwa semua elemen telah dimasukkan dalam dokumen untuk digunakan di masa yang akan datang.

5.2     Elemen multimedia yang relevan yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan ditentukan.

5.3     Parameter teknis dan perencanaan teknis didiskusikan dengan personil terkait untuk mencapai format yang paling sesuai.

5.4     Rentangan parameter desain yang sesuai ditentukan dan digunakan untuk memnuhi laporan, memastikan kreatif, teknis dan sumber produksi cukup untuk mencapai hasil akhir.

  1. Mengevaluasi teknik desain visual dan komunikasi
6.1     Teknik desain visual dan komunikasi diperiksa untuk menilai solusi kreatif untuk mendesain laporan, ketepatannya untuk pengguna / audience dan kelayakan teknis.

6.2     Syarat-syarat tambahan atau modifikasi pada seluruh desain didiskusikan dan dikonfirmasikan dan dilakukan perbaikan yang diperlukan.

 

1.1.4      Batasan Variabel

 

Identifikasi Komponen Sistem:

1.1.4.1     Personil yang cocok untuk berkonsultasi dapat meliputi:

  • Pengarah seni
  • Pengarah teknis
  • Desainer grafik komputer
  • Pembuat program
  • Desainer grafik
  • Kepala bagian
  • Staf teknis lain
  • Audience
  • Staf ahli kreatif dan teknis lain

1.1.4.2     Teknik desain

1.1.4.3     Elemen desain visual dan komunikasi

1.1.4.4     Elemen multimedia visual

1.1.4.5     Platform penyampaian

1.1.4.6     Produksi multimedia

 

 

1.1.5      Panduan Penilaian

 

Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Penilaian harus mencakup bukti dari pengetahuan penting dan keterampilan sebagai berikut:

 

  1. 1.     Pengetahuan dasar

1.1     Penerapan prinsip komunikasi grafik dan visual.

1.2     Karakteristik dari grafik digital dan grafik tradisional.

1.3     Mengetahui kemampuan sejumlah perkakas dan teknik untuk memproduksi dan memanipulasi gambar-gambar.

1.4     Mampu memeriksa keputusan-keputusan yang berhubungan dengan karakteristik pengguna dan syarat-syarat.

1.5     Prinsip belajar dan pendekatan instruksional.

1.6     Perencanaan dan riset.

1.7     Keterampilan efektif komunikasi visual.

1.8     Pengetahuan tentang lingkup, teknologi dan komponen yang dapat diterapkan pada produk multimedia.

1.9     Pengetahuan dan penerapan sejumlah software desain komputer.

1.10  Pengetahuan faktor keterbatasan hardware dan software komputer.

1.11  Pengetahuan mengenai strategi untuk menguji produk instruksional.

1.12  Memahami informasi, naskah dan gambar-gambar kreatif.

1.13  Memahami kemampuan personil lain yang bekerja sama.

1.14  Memahami elemen kreatif dari suatu produksi.

1.15  Keterampilan desain dan menggambar.

1.16  Mampu untuk memelihara integritas desain.

1.17  Manajemen dan sumber informasi.

1.18  Hak cipta, peraturan dan penghapusan hak cipta.

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1.6      Kompetensi Kunci

 

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika

2

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

 

 

 

2.1. Langkah-langkah / Tahapan Belajar.

 

  • Penyajian materi, pengajaran / pelatihan kerja, peserta pelatihan dan penilai/ asesor harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam unit kompetensi dari standar kompetensi kerja nasional Indonesia.
  • Isi perencanaan dari buku kerja ini merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja

 

2.2. Indikator Kerja

 

Merupakan pernyataan persyaratan tingkat standar kriteria kinerja pelaksanaan tugas pekerjaan (task) / unit kompetensi untuk mencapai  mencapai kompetensi dari setiap kegiatan atau langkah kerja (aktivitas) / elemen kompetensi  yang terukur pada masing-masing kriteria unjuk kerja dengan persyaratan yang dibutuhkan (domein K, S, A) pada kategori jenis perilaku dan kemampuan internal setiap individu peserta pelatihan kerja, yaitu:

 

  1. Pengetahuan / Knowledge (Kognitif).

 

  1. Dapat menerapkan prinsip-prinsip rancangan visual pada pembuatan proyek multimedia.
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.   Pengetahuan, Pemahaman.

-         Kemampuan internal           :

Dapat memahami tahapan-tahapan perancangan produk multimedia

Tahapan Belajar                 :

Pemahaman terhadap prinsip dan elemen-elemen rancangan serta teknik desain visual

 

 

  1. Keterampilan / Skill  ( Psikomotorik ).

 

  1. Mampu melakukan riset, analisa dan memilih media yang  tepat
  2. Jenis kategori perilaku :

-         Kemampuan internal           :

Mampu melakukan diskusi dengan personel-personel terkait

-         Tahapan Berlatih                :

Berdiskusi dengan personel terkait mengenai teknik dan desain visual

  1. Sikap Kerja  / Attitude  ( Affektif ).

 

  1. Harus mampu berinteraksi dengan personel-personel lain
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.

-   Kemampuan internal         :

Harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas

-  Kemampuan safety            :

Harus teliti dan cermat dalam mengevaluasi elemen visual yang                 tepat

-  Tahapan Berlatih              :

Menjaga sikap dengan personel lain

 

 

Tabel  Indikator Kerja :

Tabel indikator kerja, terdiri atas Nomor, KUK,  indikator, tahapan berlajar dan sumber belajar. Pada Unit Kompetensi TIK.MM01.008.01, meliputi 1 (satu) elemen kompetensi dan 6 (enam) Kriteria Unjuk Kerja, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

 

No.

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1 Menerima dan memahami laporan
1.1

 

 

 

 

 

 

Bergabung dengan personel terkait agar hasil produk multimedia dapat dipahami dan ditentukan 1.1 Dapat belajar berkomunikasi dengan anggota lain

 

1.2 Mampu memahami komunikasi antar personel

 

1.3 Harus disampaikan dengan cara yang benar

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

  • Tahapan sikap penerimaan

 

  • Internet

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
1.2

 

 

Semua faktor terkait didiskusikan bersama dengan personel terkait

 

1.1 Dapat menentukan faktor terkait yang berdampak pada rancangan visual melaui breakdown

 

1.2 Mampu memilah faktor yang terkait dengan rancangan visual

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

 

  • Tahapan sikap penerimaan

 

  • Internet

 

 

 

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
1.3 Menentukan format dan media penyampaian untuk ditujukan kepada pengguna / audience 1.1 Dapat menentukan format dan media penyimpanan yang sesuai

 

1.2 Mampu menyimpan sesuai dengan format yang dibutuhkan

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap penerimaan

 

  • Internet

 

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur )
2 Menghasilkan dan menilai ide-ide
2.1 Ide-ide desain visual yang layak pakai dihasilkan 1.1 Dapat menentukan ide desain visual

 

1.2 Mampu memakai ide desain visual

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

  • Tahapan sikap penerimaan

 

  • Internet

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
2.2 Ide-ide desain visual didiskusikan dengan personel terkait 1.1 Dapat menghasilkan ide desain visual

 

1.2 Mampu mendiskusikan ide dengan personel terkait

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap penerimaan

 

  • Internet

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
2.3 Ide-ide kreatif dan solusi selalu dirujuk dan dinilai untuk implikasi pendanaan, kerangka waktu 1.1 Dapat menggunakan ide untuk implikasi pendanaan dan kerangka waktu

 

1.2 Mampu menjalankan ide yang dihasilkan

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap penerimaan

 

  • Internet

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3 Menghasilkan dan menilai ide-ide
3.1 Membandingkan teknik dan perkakas untuk desain visual dan komunikasi 1.1 Dapat mengetahui macam-macam teknik dan perkakas yang dipakai

 

1.2 Mampu memilih teknik dan perkakas yang cocok

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet

 

 

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3.2 Meneliti dan membandingkan delivery platform 1.1 Dapat mengetahui jenis-jenis delivery platform

 

1.2 Mampu memilih delivery platform yang cocok

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3.3 Mengeksplorasi elemen visual yang cocok untuk pengembangan produk 1 Dapat mengetahui jenis-jenis elemen yang cocok untuk pengembangan produk

 

1.2 Mampu memilih elemen visual yang cocok

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

  • Tahapan sikap penerimaan

 

  • Internet

 

 

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3.4 Hubungan antara hardware dengan komponen visual yang dibutuhkan 1 Dapat mengetahui hubungan antara hardware dengan komponen visual

 

1.2 Mampu menyesuaikan hardware dan komponen visual

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet

 

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur
3.5 Media riset dan temuan selama proses pengembangan desain disusun 1 Dapat mengetahui media riset dalam pengembangan

 

1.2 Mampu menyusun media riset dan desain temuan

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan

 

  • Internet

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
3.6 Diskusi awal dan laporan dievaluasi 1 Dapat mengetahui evaluasi laporan

 

1.2 Mampu mendiskusikan laporan dan evaluasi

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap penerimaan

 

  • Internet

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
4 Memilih media / materi untuk digunakan pada desain visual dan komunikasi
4.1 Desain visual dan teknik komunikasi yang ada ditentukan dan disajikan kepada personel terkait 1 Dapat memberikan desain visual dan teknik komunikasi yang telah ditentukan kepada personel terkait

 

1.2 Mampu menyajikan dengan benar

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
4.2 Memilih teknik desain visual dan komunikasi 1 Dapat menentukan teknik desain visual dan komunikasi yang tepat digunakan

 

1.2 Mampu menyajikan dengan benar

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
4.3 Mengumpulkan materi-materi yang relevan 1.1 Dapat menentukan materi yang relevan

 

1.2 Mampu menyajikan dengan benar

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
4.4 Memastikan semua media telah diperiksa dan tersedia 1.1 Dapat menentukan media data yang diperiksa

 

1.2 Mampu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan media

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
5 Menerapkan desain visual dan teknik komunikasi
5.1 Melakukan dokumentasi 1.1 Dapat menentukan dokumentasi yang perlu

 

1.2 Mampu membuat dokumentasi teknik desain dan elemen-elemen yang terkait

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
5.2 Menentukan elemen multimedia yang relevan 1.1 Dapat mengetahui elemen multimedia yang perlu

 

1.2 Mampu menentukan elemen multimedia yang relevan

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
5.3 Parameter teknis dan perencanaan didiskusikan 1.1 Dapat  menetapkan parameter teknis dan perencanaan

 

1.2 Mampu

mendiskusikan parameter teknis dan perencanaan yang digunakan

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
5.4 Memastikan kreatif, teknis dan sumber produksi cukup untuk mencapai hasil akhir 1.1 Dapat  menetapkan sumber daya yang dimiliki

 

1.2 Mampu

memastikan sumber daya yang dimiliki dapat mencapai hasil akhir

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
6 Mengevaluasi teknik desain visual dan komunikasi
6.1 Teknik desain visual dan komunikasi diperiksa untuk menilai solusi kreatif 1.1 Dapat  mengetahui macam-macam teknik desain dan visual komunikasi

 

1.2 Mampu

melakukan penilaian terhadap solusi kreatif yang disajikan

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

 

  • Tahapan sikap penerimaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
6.2 Tambahan atau modifikasi pada seluruh desain didiskusikan 1.1 Dapat  mengetahui tambahan atau modifikasi yang perlu

 

1.2 Mampu

melakukan diskusi jika ada perubahan atau tambahan pada desain

 

1.3 Harus disesuaikan dengan standar operasional

 

 

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih

Pelatihan

 

 

 

 

  • Tahapan sikap penerimaan
    • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)

 

 

 

 

 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA DAN SIKAP KERJA

 

 

 

 

TUGAS TEORI , UNJUK KERJA DAN  SIKAP  KERJA :

 

Berlaku untuk setiap elemen kompetensi dan krteria unjuk kerja dalam level Unit Kompetensi TIK.MM01.008.01, Menerapkan Prinsip-Prinsip Rancangan Visual dan  jumlah nilai tingkat gradasi kompetensi kunci yang terindikasi pada 7 (tujuh) kompetensi kunci.

 

Tugas teori dan tugas unjuk kerja dalam Bab III  pada  Buku Kerja ini, meliputi :

 

3.1        Tugas Tertulis :

  • Tugas tertulis untuk  menilai pengetahuan (Knowledge) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi penilaian unjuk kerja dan unjuk sikap kerja.
  • Didukung  aspek pengetahuan yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kiteria unjuk kerja  dan kompetensi kunci.
  • Dapat dimasukkan penilaian pengetahuan sikap kerja.

 

3.2.      Tugas  Unjuk Kerja :

  • Tugas unjuk kerja untuk menilai keterampilan (Skill) seseorang dalam menampilkan elemen komptensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung  aspek keterampilan  yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.3.      Tugas  Sikap  Kerja :

  • Tugas unjuk sikap kerja untuk menilai sikap (Attitude) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung aspek kritis atau penyikapan kerja  dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.1. TUGAS  TERTULIS  :

 

3.1.1.  Memiliki tingkatan kesulitan :

  1. Soal mudah.
  2. Soal sedang.
  3. Soal sulit.

Kisi-kisi  soal dan jumlah soal dibedakan pada setiap level unit kompetensi.

 

 

 

3.2.2.  Bentuk tugas tertulis adalah Obyektive Test., terdiri atas :

  1. Pilihan Ganda  (Multiple Choice).
  2. Menjodohkan (Matching).
  3. Jawaban Singkat (Short Answer)

 

              Penilaian dengan menggunakan satu atau lebih dari satu pertanyaan untuk setiap elemen kompetensi,   jika penilai   kurang puas   dengan   kesiapan anda   dalam melakukan  penilaian unjuk kerja dan sikap kerja anda,   maka rencana pelatihan unjuk kerja dan sikap kerja  ulang / remidial akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

PILIHAN GANDA :

(Seri  A).

 

  1. Selesaikan semua tugas tertulis sesuai pertanyaan masing-masing dengan mengacu pada bentuk soal pilihan ganda (Muliple Choise), seri A.
  2. Waktu tersedia 10 menit, jumlah soal 20 pertanyaan.

 

Tugas :  Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda  X pada  huruf a, b, c dan d yang anda pilih.

 

  1.                1.       Urutan yang tepat dari struktur industri multimedia adalah: (KUK 1.1)
    1. Content – Application – Platform (hardware) – Networking
    2. Application – Content – Platform (hardware) – Networking
    3. Networking – Content – Application – Platform (hardware)
    4. Platform (hardware) – Networking – Application – Content

 

  1.                2.       Dibawah ini adalah contoh-contoh aplikasi multimedia, kecuali: (KUK 3.1)
    1. Dreamweaver
    2. Flash
    3. Photoshop
    4. Textpad

 

  1.                3.       Dibawah ini adalah contoh-contoh aplikasi yang termasuk kategori web design, kecuali: (KUK 3.1)
    1. Dreamweaver
    2. Fireworks
    3. Premiere Pro
    4. Flash

 

  1.                4.       Aplikasi multimedia dibawah ini yang dapat digunakan untuk mendesain gambar berbasis vektor adalah: (KUK 1.1)
    1. CorelDRAW dan Illustrator
    2. Photoshop dan PhotoPaint Pro
    3. PremierePro dan Pinnacle Studio
    4. 3Ds Max dan Poser

 

  1.                5.       Berikut ini personel yang umumnya terkait dengan proses pembuatan aplikasi multimedia dan komunikasi, kecuali (KUK 1.1):
    1. Project Manager
    2. Desainer Multimedia
    3. Video Specialist
    4. Human Resources Development

 

  1.                6.       Media penyampaian yang dapat diproduksi dalam jumlah banyak dan harga yang relatif murah adalah: (KUK 3.2):
    1. Kios Informasi
    2. Website
    3. CD/DVD
    4. Console Game

 

  1.                7.       Dibawah ini merupakan prinsip-prinsip desain visual, kecuali (KUK 3.3):
    1. Keseimbangan (balance)
    2. Kontras (contrast)
    3. Pengulangan (repetition)
    4. Komersial (commercial)

 

  1.                8.       Fungsi dan tugas dari seorang Project Manager yang tepat adalah: (KUK 1.1)
    1. Mencari dan mengatur tawaran pengerjaan proyek
    2. Sebagai pengatur dana, jadwal, waktu, waktu dan kedinamisan dan kerjasama tim
    3. Merancang tampilan antarmuka, seperti ikon, warna latar dan lainnya
    4. Membuat narasi, tampilan teks dan mengembangkan karakter untuk mempermudah terciptanya lingkungan interaksi

 

  1.                9.       Dibawah ini yang termasuk lima faktor manusia terukur: (KUK 1.2)
    1. Waktu belajar
    2. Format produk
    3. Media penyampaian
    4. Usia

 

  1.             10.       Dibawah ini yang merupakan tahapan pretesting adalah: (KUK 2.2)
    1. Membuat model prototipe
    2. Mendesain denah isi
    3. Membuat outline isi
    4. Detail dan alur cerita

 

  1.             11.       Aplikasi Pinnacle Studio termasuk dalam kategori: (KUK 3.1)
    1. Web authoring
    2. Image editing
    3. Video editing
    4. 3D modelling

 

  1.             12.       Yang merupakan kelebihan dari media CD/DVD adalah: (KUK 3.2)
    1. Menggurangi biaya per-pengguna
    2. Harga murah
    3. Dapat diakses oleh banyak orang sekaligus
    4. Biaya pemeliharaan mahal

 

  1.             13.       Yang dimaksud dengan white space adalah: (KUK 3.3)
    1. Kertas kosong
    2. Lembar desain termasuk teks dan gambar
    3. Lembar desain tidak termasuk teks dan gambar
    4. Jawaban a dan b benar

 

  1.             14.       Dibawah ini termasuk kedalam 10 kesalahan utama dalam pembuatan website menurut Jakob Nielsen, kecuali: (KUK 2.1)
    1. Pencarian yang buruk
    2. Warna link yang tidak berubah
    3. Informasi yang informatif
    4. Terlalu banyaknya iklan pada site

 

  1.             15.       Pada struktur industri multimedia, level 1 berisikan: (KUK 1.2)
    1. Diisi oleh para pengembang aplkasi multimedia
    2. Terdiri dari penyedia content multimedia
    3. Diisi oleh perusahaan perangkat keras
    4. Diisi oleh infrastruktur jaringan

 

  1.             16.       Berikut ini bidang-bidang yang menggunakan multimedia sebagai bagian operasionalnya: (KUK 1.2)
    1. Kedokteran
    2. Periklanan
    3. Pendidikan
    4. Semua jawaban diatas benar

 

  1.             17.       Berikut ini bagian dari tahapan pretesting, kecuali: (KUK 2.1)
    1. Menentukan tujuan akhir produk
    2. Membuat outline isi
    3. Membuat rancangan prototipe
    4. Membuat model prototipe

 

  1.             18.       Suatu aplikasi video editing harus memiliki fungsi sebagai berikut: (KUK 3.1)
    1. Menggabungkan beberapa video menjadi satu
    2. Memanipulasi gambar dan grafik
    3. Membuat gambar berbasiskan vektor
    4. Membuat model 3 dimensi

 

 

 

  1.             19.       Aplikasi di bawah ini yang memiliki kesamaan dengan CorelDRAW adalah: (KUK 3.1)
    1. Illustrator
    2. FrontPage
    3. Photoshop
    4. Dreamweaver

 

  1.             20.       Berikut adalah aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk melakukan video editing, kecuali: (KUK 2.1)
    1. PremierePro
    2. Vegas
    3. Pinnacle Studio
    4. Paradox

 

  1.             21.       Urutan yang tepat dari proses pembuatan multimedia adalah: (KUK 2.3)
    1. Ide produk – analisa – pretesting – prototipe – alpha – beta – pengenalan produk
    2. Analisa – ide produk – pretesting – prototipe – beta – alpha – pengenalan produk
    3. Pretesting – prototipe – alpha – beta – pengenalan produk – analisa
    4. Ide produk – pretesting – analisa – alpha – beta

 

  1.             22.       Berikut ini merupakan manfaat dari penggunaan warna pada desain visual (KUK 3.3)
    1. Menyejukan
    2. Menarik perhatian
    3. Menimbulkan reaksi yang bersifat emosional
    4. Semua jawaban benar

 

  1.             23.       Shortcuts adalah (KUK 3.3)
    1. Kombinasi tombol-tombol keyboard
    2. Garis bantu dalam pembuatan gambar
    3. Kotak yang berisikan kumpulan warna-warna
    4. Komponen untuk membuat objek

 

  1.             24.       Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan produk multimedia, kecuali (KUK 1.2)
    1. Tujuan
    2. Pengguna
    3. Format produk
    4. Ruangan Produksi

 

 

 

 

 

  1.             25.       Dibawah ini yang tidak termasuk perangkat keras utama yang dibutuhkan dalam pembuatan produk multimedia adalah (KUK 3.1)
    1. VGA
    2. Monitor
    3. UPS
    4. Graphic Tablet

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta  untuk Tugas Tertulis :

(Seri A)

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Tertulis Seri A.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

19.

20.

21

22

23

24

25

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.25  Seri  A, telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

 

 

Total  waktu

25  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan    :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta      :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                  :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2. Tugas Unjuk Kerja :

(Seri A).

 

  1. Selesaikan semua tugas unjuk kerja  sesuai instruksi unjuk kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. Waktu tersedia 20 menit, jumlah soal 1 Instruksi Kerja

 

Tugas 1                  :    Membuat rancangan tampilan awal website                                    berdasarkan prinsip-prinsip perancangan visual                             dengan tema perpustakaan

 

a. Waktu                   :    20 menit

 

b. Alat                      :    Kertas

c. Bahan                   :    Buku catatan

 

d. Indikator Kerja      :    Mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan visual               pada pembuatan produk multimedia

 

e. Standar Kriteria     :    Sesuai dengan elemen-elemen visual yang telah                          diberikan

 

f. Instruksi Kerja        :    Buatlah rancangan tampilan antarmuka dengan menerapkan prinsip-prinsip rancangan visual (KUK 4.1 dan KUK 4.2)

 

 

3.3 Tugas Sikap Kerja (Seri  A).

 

  1. a.   Selesaikan semua tugas unjuk kerja sesuai instruksi sikap kerja masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. b.   Waktu tersedia 10  menit, jumlah soal 2 Instruksi Sikap Kerja.

 

Tugas 1                    :   Menjelaskan komponen-komponen yang penting              dalam penerapan prinsip-prinsip perancangan                  visual         

a. Waktu                     :   5 menit

 

b. Alat                        :   Pensil / pulpen, buku catatan

c. Bahan                     :   Buku catatan

 

d. Indikator Kerja        :  Menjelaskan komponen penting dalam perancangan visual

 

e. Standar Kriteria       :   Sesuai dengan prinsip-prinsip perancangan visual

 

f. Instruksi Sikap         :   Dapat menjelaskan komponen-kompnen penting dalam              penerapan prinsip-prinsip peracangan visual

 

Tugas 2                    :   Berdiskusi dengan personel terkait mengenai                   teknik dan desain visual yang tepat

a. Waktu                     :    5 menit

 

b. Alat                        :   Pensil / pulpen, buku catatan

c. Bahan                     :   Memilih desain visual yang cocok untuk pembuatan           website

 

d. Indikator Kerja        :   Berdiskusi mengenai pemilihan desain visual yang cocok dengan personel terkait

 

e. Standar Kriteria       :   Mendapat hasil mengenai diskusi

 

f. Instruksi Sikap         :   Bersikap tenang, ramah dan bersahabat

 

 

 

 

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas  Sikap   Kerja :

(Seri A)

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No.

Uraian Pertanyaan Tugas  Sikap  Kerja, Seri  A.

Benar Salah

1.

2.

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai 2 telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total  waktu

10  menit.

1. Nama Peserta pelatihan    :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta      :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                  :    ……………………………

 

Tanda tngan Penilai        :   ……………………………

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

  1. a.     Data Buku  Manual :

 

  1.                      1.   Shneiderman, Ben (1998) Designing the User Interface: Strategies for         Effective Human-Computer Interaction. Third Edition. Addison-Wesley

 

  1.                      2.   Nielsen, Jakob (2000) Designing Web Usability: The Practice of Simplicity.   New Riders Publishing

 

  1.                      3.   Nielsen, Jakob & Tahir, Marie (2001) Homepage Usability: 40 Web Sites      Deconstructed. New Riders Publishing

 

  1.                      4.   Krug, Steve (2000) Don’t Make Me Think: A Common Sense Approach to     Web Usability. Que/Circle.com Library.

 

 

  1. b.     Data Buku Pendukung Teori.

 

  1.                   1.       Shneiderman, Ben (1998) Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction. Third Edition. Addison-Wesley
  2.                   2.       Modul BUku Informasi Mengenai Menerapkan Prinsip-Prinsip Rancangan Visual

 

  1. c.      Website Yang Dapat Dikunjungi.

http://www.wikipedia.org

http://www.useit.com

 

3.4 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

TIK MM01.008.01

Judul Unit

Penerapan Prinsip – Prinsip Rancangan Visual

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1. Menerima dan memahami laporan     1.1 Bergabung dengan personel terkait agar tujuan dan hasil produk multimedia dapat dipahami

      1.2 Semua faktor terkait yang mungkin dapat menentukan dan berdampak pada desain visual

      1.3 Menentukan format, pengguna dan media penyampaian

2. Menghasilkan dan menilai ide-ide     2.1 Ide-ide desain visual dan komunikasi dihasilkan

      2.2 Ide-ide desain visual dan komunikasi didiskusikan

      2.3 Ide-ide kreatif dirujuk dan dinilai

3. Melaksanakan Riset     3.1 Membandingkan teknik dan tools desain visual

      3.2  Membandingkan media penyampaian

      3.3 Menentukan elemen visual  yang sesuai

      3.4 Menyusun media riset dan temuan

      3.5 Melakukan evalusi terhadap laporan desain

4. Memilih media / materi untuk digunakan pada desain visual dan komunikasi     4.1 Menentukan dan menyajikan teknik desain visual kepada personel terkait

      4.2 Desain visual dan teknik komunikasi

      4.3 Mengumpulkan materi-materi pendukung yang relevan

      4.4 Memastikan materi telah diperiksa dan tersedia

5. Menerapkan desain visual dan teknik komunikasi     5.1 Membuat dokumentasi teknik desain visual dan komunikasi

      5.2 Menentukan elemen multimedia yang relevan

      5.3 Mendiskusikan parameter teknis dan perencanaan teknis

      5.4 Menentukan parameter desain yang sesuai

6. Mengevaluasi teknik desain visual dan komunikasi     6.1 Memeriksa teknik desain visual untuk menilai solusi

      6.2 Melakukan diskusi dan konfirmasi bila ada modifikasi terhadap struktur produk

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

Testimoni

artikel lainnya Menerapkan Prinsip – Prinsip Rancangan Visual TIK.MM01.008.01

Wednesday 19 September 2012 | blog

ALFABANK LATAR BELAKANG LEMBAGA ALFABANK berdiri tahun 1994. memperoleh status terakreditasi tingkat B oleh DEPDIKNAS DIY…

Sunday 11 October 2015 | blog

Aplikasi Pengolah Angka dengan Microsoft Excel Pekerjaan yang dilakukan dengan computer tidak selalu menggunakan tulisan berupa…

Wednesday 13 February 2013 | blog

Langkah pertama dalam menyusun perangkat pembelajaran adalah menghitung minggu efektif dalam setiap semester. Dengan mengetahui jumlah…

Friday 17 July 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT       MERANCANG…