Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Menerapkan Prinsip-Prinsip Rancangan Instruksional TIK.MM01.009.01

Mar
17
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP RANCANGAN INSTRUKSIONAL

TIK.MM01.009.01

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

DAFTAR ISI. 1

BAB I  2

STANDAR KOMPETENSI. 2

1.1    Unit Kompetensi Yang Dipelajari 2

1.1.1Kode dan Judul Unit 2

1.1.2Deskripsi Unit 2

1.1.3Elemen Kompetensi 2

1.1.4Batasan Variabel 4

1.1.5Panduan Penilaian. 6

1.1.6Kompetensi Kunci 7

BAB II  8

TAHAPAN BELAJAR. 8

2.1    Langkah-langkah/tahapan belajar 8

BAB III  17

TUGAS TEORI, UNJUK KERJA DAN SIKAP KERJA. 17

3.1    TUGAS  TERTULIS  : 17

3.2    TUGAS UNJUK KERJA. 24

3.3    TUGAS SIKAP KERJA. 25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

 

STANDAR KOMPETENSI

 

 

 

 

1.1     Unit Kompetensi Yang Dipelajari

 

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan  untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

 

1.1.1      Kode dan Judul Unit

 

Kode Unit   :  TIK.MM01.009.01

Judul Unit   :  Menerapkan Prinsip-Prinsip Rancangan Instruksional

 

1.1.2      Deskripsi Unit

 

Unit ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menggunakan prinsip desain instruksional pada pengembangan produk multimedia untuk digunakan dalam industri seni.

 

1.1.3      Elemen Kompetensi

 

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kriteria unjuk kerja (KUK) untuk masing-masing elemen :

 

 

ELEMEN KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
01 Menerima dan memahami laporan untuk desain instruksional 1.1     Bergabung dengan personel terkait untuk memahami dan menentukan tujuan dan output produk multimedia, meneliti aplikasi desain visual dan teknik komunikasi untuk memastikan bahwa syarata-syarat kreatif, teknis dan produksi sesuai laporan dapat dipenuhi.

1.2     Semua faktor terkait yang mungkin dapat menentukan dan berdampak pada desain visual, konsep komunikasi dan aplikasi melalui breakdown serta pemahaman laporan dan bekerja sama dengan personil terkait ditentukan

1.3     Pengguna dan audience yang ditujukan untuk menentukan format dan platform penyampaian dari produk multimedia melalui diskusi dengan personil terkait ditentukan.

02 Menghasilkan dan menilai ide-ide 2.1     Serangkaian ide-ide desain visual dan komunikasi yang secara teknik layak pakai dihasilkan, laporan direspon dan solusi kreatif untuk semua isu desain disediakan.

2.2     Ide-ide desain visual dan komunikasi untuk memastikan kontribusi sejumlah ide-ide dan solusi kreatif pada konsep aal didiskusikan dengan personel terkait.

2.3     Selalu merujuk pada ide-ide kreatif dan solusinya dan dilakukan penilaian untuk implikasi pendanaan, kerangka waktu, kelayakan teknis dan kesesuaian untuk memenuhi laporan.

03 Melaksanakan riset 3.1 Pendekatan instruksional yang merujuk pada syarat-syarat laporan dan dapat mempengaruhi keseluruhan pengembangan desain diteliti.

3.2 Media riset dan temuan-temuan untuk digunakan oleh semua personil terkait selama proses pengembangan desain disusun dan diperbaharui jika diperlukan

3.3 Diskusi awal dan laporan desain terhadap temuan dievaluasi dan didiskusikan dengan personil terkait

04 Memilih media / materi untuk digunakan pada desain visual dan komunikasi 4.1   Model desain instruksional, dimana karakteristiknya, perbedaanya dan kemampuannya ditentukan dan dipertimbangkan untuk memenuhi laporan.

4.2   Dikonsultasikan dengan personil terkait untuk memastikan bahwa berbagai macam model telah diidentifikasi dan disediakan.

4.3   Desain visual dan teknik komunikasi yang cocok yang dapat memenuhi kreatif, teknis dan laporan produksi dipilih.

4.4   Pilihan berdasarkan pengertian akan karakteristik dan kemampuan pengguna dipastikan

05 Menerapkan desain visual dan teknik komunikasi 5.1 Teknik desain visual yang sudah ditentukan digunakan untuk menentukan komposisi struktur produk, dan dipastikan semua elemen didokumentasikan untuk digunakan selanjutnya.

5.2 Content, rangkaian dan antar aktifitas untuk digunakan sesuai dengan syarat-syarat teknis, kreatif dan produksi direncanakan.

5.3 Elemen multimedia relevan yang penting untuk mengkonstruksi produk ditentukan.

5.4 Parameter teknis dan perencanaan teknis didiskusikan dengan personil terkait untuk mendapatkan format yang paling sesuai.

5.5  Parameter desain yang sesuai ditentukan dan digunakan untuk memenuhi laporan, dapat dipastikan sumber kreatif, dan produksi cukup untuk mencapai hasil akhir.

06 Mengevaluasi teknik desain visual dan komunikasi 6.1  Produk instruksional untuk mengukur aplikasi diperiksa dari solusi kreatif pada laporan desain, kelayakan teknis dan ketepatannya dengan pengguna / audience

6.2 Syarat-syarat tambahan atau modifikasi desain instruksional didiskusikan dan dikonfirmasikan dan langkah-langkah perbaikan dilakukan jika diperlukan.

 

 

 

1.1.4      Batasan Variabel

 

Batasan variabel unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:

  1. Identifikasi Komponen Sistem

1.1      Tujuan produk instruksional untuk :

1.1.1       Meningkatkan lingkungan belajar

1.1.2       Memperluas kemampuan pendidik untuk mendidik

1.1.3       Menambah kemampuan pembelajar

1.1.4       Menyediakan pengalaman yang tidak tersedia pada dunia nyata

1.1.5       Menyediakan fasilitas kolaborasi antar budaya, sosial dan batas fisiknya

1.1.6       Mendukung cara belajar individu maupun kelompok

1.2      Faktor-faktor terkait dapat meliputi :

1.2.1       Audience

1.2.2       1.2.2. Lingkungan

1.2.3       Kebutuhan akan sumber atau acuan

1.2.4       Bahasa dan tahap perkembangan dari pembelajar

1.3      Faktor-faktor pada model instruksional dapat meliputi :

1.3.1       Derajat antar aktifitas

1.3.2       Relevansi terhadap audience ( berdasarkan konsultasi dan riset)

1.3.3       Akomodasi dari berbagai macam gaya belajar

1.3.4       Pemahaman teknologi dari audience yang dituju

1.3.5       Tingkat bahasa dan literacy

1.3.6       Keseimbangan antara berbagai komponen (gambar, teks, bunyi, animasi)

1.3.7       Kemudahan penggunaan

1.3.8       Tingkatan minat dan strategi untuk menghargai pengguna

1.4      Faktor-faktor yang harus dipikirkan pada perencanaan instruksional

1.4.1       Materi dalam susunan yang logis, berurut-urutan

1.4.2       Kesulitan disusun berdasarkan tingkatan: sulit, lebih sulit, dan sangat sulit

1.4.3       Kesempatan untuk mengulang dan memeriksa

1.4.4       Kebutuhan akan antar aktifitas

1.4.5       Menggunakan berbagai macam pendekatan, teknik penyajian informasi dan aktifitas

1.4.6       Struktur Informasi

1.4.7       Apa yang terjadi jika seseorang melakukan kekeliruan

1.4.8       Bagaimana cara meminta bantuan

1.4.9       Teknik untuk mendapat perhatian pengguna dan membuat program tersebut menarik

1.5      Platform penyampaian dapat meliputi:

1.5.1       World Wide Web

1.5.2       CD-ROM

1.6      Aspek atau bagian dari produksi film/video:

1.6.1       Feature

1.6.2       Film dokumenter

1.6.3       Film dan/atau video pendek

1.6.4       Animasi

1.6.5       Komersial (iklan)

1.6.6       Pertunjukan langsung, siaran tunda, atau siaran ulang

1.6.7       Video musik

1.6.8       Program televisi jenis apapun (musik, drama,komedi,variety,olah raga)

1.6.9       Produksi televisi langsung, siaran tunda, maupun siaran ulang

1.6.10    Produk pendidikan

1.6.11    Permainan

1.6.12    Produk promosi

1.6.13    Produk informasi

1.6.14    Produk pelatihan

1.6.15    E-commerce

 

1.1.5      Panduan Penilaian

 

Panduan penilaian terdiri dari :

  1. 1.     Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Penilaian harus mencakup bukti dari pengetahuan penting dan keterampilan sebagai berikut:

1.1         Prinsip pendekatan belajar dan instruksional

1.2         Perencanaan dan riset

1.3         Komunikasi efektif

1.4         Pengetahuan mengenai lingkup, teknologi dan komponen yang dapat diterapkan pada produk multimedia

1.5         Pengetahuan dan aplikasi dari sejumlah software instruksional

1.6         Pengetahuan mengenai prinsip desain dan konstruksi instruksional

1.7         Pengetahuan mengenai faktor keterbatasan hardware dan software komputer

1.8         Pengetahuan mengenai strategi untuk menguji produk instruksional

1.9         Memahami informasi kreatif, skrip dan gambar

1.10      Memahami kemampuan personil lai yang bekerja bersama

1.11      Memahami elemen kreatif dari suatu produksi

1.12      Keterampilan desain dan menggambar

1.13      Kemampuan untuk memeliharan integritas desain

1.14      Sumber informasi dan manajemen

1.15      Undang-undang hak cipta, peraturan dan prosedur penghapusan hak cipta

 

2.   Konteks penilaian

Kompetensi harus dinilai di lingkungan kerja menggunakan sumber-sumber dan software industri

2.1     Penilaian dapat dilaksanakan di tempat kerja, di luar tempat kerja atau gabungan diantara keduanya. Penilaian di luar tempat kerja harus dilaksanakan pada lingkungan simulasi seperti di tempat kerja

2.2     Penilaian dapat menggunakan gabungan beberapa metode untuk menilai kemampuan dan aplikasi pengetahuan yang diperlukan, dan dapat meliputi:

 

3.   Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan

3.1      Kemampuan untuk menyajikan dan menyusun informasi untuk tujuan pendidikan dan belajar

3.2      Memahami sejumlah software untuk belajar on-line

3.3      Mengembangkan keterampilan berkomunikasi

 

4.   Kaitan dengan unit-unit lainnya

 

4.1      Keterkaitan unit kompetensi untuk penilaian akan bervariasi dengan projek atau skenario tertentu. Unit ini penting untuk suatu range pelayanan teknologi informasi dan oleh karena itu harus dinilai secara keseluruhan dengan unit technical / support

4.2      Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu / khusus, pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut

 

 

 

1.1.6      Kompetensi Kunci

 

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

3

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

3

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

3

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika

1

6

Memecahkan masalah

2

7

Menggunakan teknologi

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

 

 

2.1        Langkah-langkah/tahapan belajar

 

  • Penyajian materi,  pengajaran /  pelatihan  kerja, peserta pelatihan dan  penilai / asesor harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam unit komoetensi dari standar kompetensi kerja nasional Indonesia.
  • Isi perencanaan dari buku kerja ini merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja

 

 

2.2        Indikator Kerja

 

Merupakan  pernyataan persyaratan tingkat standar kriteria kinerja pelaksanaan tugas pekerjaan ( task ) / unit kompetensi untuk mencapai  mencapai kompetensi dari setiap kegiatan atau langkah kerja ( aktivitas ) / elemen kompetensi  yang terukur pada masing-masing kriteria unjuk kerja dengan persyaratan yang dibutuhkan ( domein K, S, A ) pada kategori  jenis perilaku dan kemampuan internal setiap individu peserta pelatihan kerja, yaitu :

 

  1. Pengetahuan / Knowledge ( Kognitif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan kata  : “ Dapat.
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.   Pengetahuan, Pemahaman.

-  Kemampuan internal        : Dapat  mengetahui, memahami,……….dll.

-  Tahapan Belajar     : Pengetahuan, Pemahaman,…….dst.

2.2.   Penerapan, Analisa , dst..

 

  1. Keterampilan / Skill  ( Psikomotorik ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Mampu.”
  2. Jenis kategori perilaku :

Persepsi, Kesiapan, Gerakan terbimbing, Gerakan Biasa,

- Kemampuan internal         : Mampu menyiapkan, melakukan, ….. dll.

- Tahapan Berlatih    : Kesiapan, Gerakan biasa, ………dst.

Gerakan Komplek,  Penyesuaian Pola Gerakan, dst..

 

  1. Sikap Kerja  / Attitude  ( Affektif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Harus.”
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.    Penerimaan, Partisipasi, Tanggung Jawab, Ketelitian, Kecermatan, dst.

-  Kemampuan internal        : Harus menunjukkan, bertanggung jawab,

-  Kemampuan safety          : Harus Teliti, Cermat, Ramah, Sabar………..dll.

-  Tahapan Berlatih   :  Sikap,

2.2.    Penentuan sikap / Penilaian,  dst..

 

Tabel  Indikator Kerja :

Tabel indikator kerja, terdiri atas Nomor, KUK,  indikator, tahapan berlajar dan sumber belajar. Pada Unit Kompetensi TIK.MM01.009.01, meliputi 6 (enam) elemen kompetensi dan  20 (Dua puluh) Kriteria Unjuk Kerja, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

 

No

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1. Menerima dan Memahami Laporan Untuk Desain Instruksional
1.1

 

 

 

 

 

 

Bergabung dengan personel terkait untuk memahami dan menentukan tujuan dan output produk multimedia, meneliti aplikasi desain visual dan teknik komunikasi untuk memastikan bahwa syarat-syarat kreatif, teknis dan produksi sesuai laporan dapat dipenuhi Dapat memahami tujuan dan ouput produk multimedia sesuai laporan yang diterima
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

 

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Kesiapan

  • Buku Informasi

 

 

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

 

 

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu menentukan tujuan dan output pada pengembangan produk multimedia sesuai laporan yang diterima
Harus meneliti aplikasi desain visual dan teknik komunikasi
1.2

 

 

Semua faktor terkait yang mungkin dapat menentukan dan berdampak pada desain visual, konsep komunikasi dan aplikasi melalui breakdown serta pemahaman laporan dan bekerja sama dengan personil terkait ditentukan

 

Dapat Mengetahui faktor terkait yang mungkin dapat menentukan dan berdampak pada desain visual.
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

 

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Kesiapan

  • Buku Informasi

 

 

 

 

 

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu menjelaskan faktor yang terkait yang dapat berdampak pada desain visual
Harus menunjukkan faktor yang terkait yang dapat berdampak pada desain visual
1.3 Pengguna dan audience yang ditujukan untuk menentukan format da platform penyampaian dari produk multimedia melalui diskusi dengan personil terkait ditentukan. Dapat mengetahui pengguna dan audience produk multimedia
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

 

 

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

 

 

 

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi pengguna dan audience produk multimedia
Harus mengerti format dan platform produk multimedia disesuaikan dengan pengguna dan audience produk multimedia
2. Menghasilkan dan Menilai Ide-Ide
2.1 Serangkaian ide-ide desain visual dan komunikasi yang secara teknik layak pakai dihasilkan, laporan direspon dan solusi kreatif untuk semua isu desain disediakan. Dapat mengerti bagaimana mendapatkan suatu ide
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka
  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu menghasilkan ide-ide
Harus menghasilkan ide-ide disesuaikan dengan tujuan, output, pengguna atau audience.
2.2 Ide-ide desain visual dan komunikasi untuk memastikan kontribusi sejumlah ide-ide dan solusi kreatif pada konsep awal didiskusikan dengan personil terkait. Dapat mengerti bagaimana mendapatkan suatu ide
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka
  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengetahui kontribusi apa saja dari ide-ide yang dihasilkan
Harus berdiskusi dengan personil terkait
2.3 Selalu merujuk pada ide-ide kreatif dan solusinya dan dilakukan penilaian untuk implikasi pendanaan, kerangka waktu, kelayakan teknis dan kesesuaian untuk memenuhi laporan Dapat mengetahui isu-isu desain
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka
  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi solusi-solusi kreatif terhadap isu desain
Harus memberikan solusi terhadap ide-ide desain terhadap isu-isu desain
3. Melaksanakan Riset
3.1 Pendekatan instruksional yang merujuk pada syarat-syarat laporan dan dapat mempengaruhi keseluruhan pengembangan desain diteliti. Dapat mengerti pendekatan instruksional
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi pendekatan instruksional
Harus meneliti pendekatan instruksional.
3.2 Media riset dan temuan-temuan untuk digunakan oleh semua personil terkait selama proses pengembangan desain disusun dan diperbaharui jika diperlukan. Dapat mengetahui  riset dan teknik mendapatkan pengetahuan
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi riset dan teknik mendapatkan pengetahuan
Harus melaksanakan riset dan teknik  untuk mendapatkan pengetahuan
3.3 Diskusi awal dan laporan desain terhadap temuan dievaluasi dan didiskusikan dengan personil terkait Dapat mengetahui  riset dan teknik mendapatkan pengetahuan
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi riset dan teknik mendapatkan pengetahuan
Harus mengevaluasi temuan-temuan
4. Memilih Media / Materi Untuk Digunakan Pada Desain Visual Dan komunikasi
4.1 Model desain instruksional, dimana karakteristiknya, perbedaannya dan kemampuannya ditentukan dan dipertimbangkan untuk memenuhi laporan Dapat mengerti framework instruksional beserta definisi dan contoh-contohnya
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

 

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi framework perancangan instruksional
Harus menentukan jenis strategi dan  metode insrruksional
4.2 Dikonsultasikan dengan personil terkait untuk memastikan bahwa berbagai macam model telah diidentifikasi dan disediakan Dapat mengerti strategi dan metode instruksional yang digunakan pada produk multimedia
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasikan model perancangan instruksional
Harus melakukan konsultasi dengan personil terkait untuk memastikan model telah diidentifikasi dan disediakan
4.3 Desain visual dan teknik komunikasi yang cocok yang dapat memenuhi kreatif, teknis dan laporan produksi dipilih Dapat mengerti berbagai macam media
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi berbagai macam media
Harus memilih media yang tepat untuk produk
 
4.4 Pilihan berdasarkan pengertian akan karakteristiknya dan kemampuan pengguna dipastikan Dapat mengerti karakteristik media yang dipilih
  • Tahapan belajar :

Pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih :

Berlatih

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi berbagai macam media
Harus memastikan media atau materi sesuai dengan pengguna atau audience
5. Menerapkan Desin Visual dan Teknik Komunikasi
5.1 Teknik desain visual yang sudah ditentukan digunakan untuk menentukan komposisi struktur produk, dan dipastikan semua elemen didokumentasikan untuk digunakan selanjutnya Dapat mengerti peta navigasi
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu Mengidentifikasi macam-macam peta navigasi
Harus menentukan navigasi produk multimedia yang dikembangkan seperti apa.
5.2 Content, rangkaian dan antar aktifitas untuk digunakan sesuai dengan syarat-syarat teknis, kreatif dan produksi direncanakan. Dapat mengerti tampilan layar produk multimedia
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka
  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu merancang tampilan layar dan bagaimana membuat perancangan tampilan layar
Harus menyesuaikan tampilan layar dengan syarat-syarat teknis
5.3 Elemen multimedia relevan yang penting untuk mengkonstruksi produk ditentukan Dapat mengerti elemen-elemen multimedia
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka
  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi elemen-elemen multimedia
Harus menentukan elemen-elemen multimedia
5.4 Parameter teknis dan perencanaan teknis didiskusikan dengan personil terkait untuk mendapatkan format yang paling sesuai. Dapat mengerti parameter teknis
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka
  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi parameter teknis
Harus berdiskusi dengan personil terkait berkaitan dengan format yang paling sesuai
5.5 Parameter desain yang sesuai ditentukan dan digunakan untuk memenuhi laporan, dapat dipastikan sumber kreatif, teknis dan produksi cukup untuk mencapai hasil akhir. Dapat mengerti parameter desain
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka
  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi parameter desain

 

Harus memastikan sumber teknis dan produksi cukup untuk mencapai hasil akhir
6. Mengevaluasi Teknik Desain Visual dan Komunikasi
6.1 Produk instruksional untuk mengukur aplikasi diperiksa dan solusi kreatif pada laporan desain, kelayakan teknis dan ketepatannya dengan pengguna atau audience Dapat mengerti evaluasi produk multimedia seperti apa
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

 

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengevaluasi interaksi dan media pada produk multimedia
Harus bertanggung jawab atas evaluasi yang dilakukan.
6.2 Syarat-syarat tambahan atau modifikasi desain instruksional didiskusikan dan dikonfirmasikan dan langkah-langkah perbaikan dilakukan jika diperlukan Dapat mengerti modifikasi desain instruksional.
  • Tahapan belajar :

Pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih :

Persepsi

 

 

 

  • Tahapan sikap:

Pelaksanaan

  • Buku Informasi

 

  • Internet
  • Referensi dari Daftar Pustaka

 

  • SOP (Sistem Operasional Prosedur)
Mampu mengidentifikasi syarat-syarat modifikasi desain instruksional
Harus berdiskusi dan konfirmasi terhadap langkah-lagkah perbaikan

 

 

 

 

 

 

BAB III

 

TUGAS TEORI, UNJUK KERJA DAN SIKAP KERJA

 

 

TUGAS TEORI , UNJUK KERJA DAN  SIKAP  KERJA :

 

Berlaku untuk setiap elemen kompetensi dan krteria unjuk kerja dalam level Unit Kompetensi TIK.MM01.009.01, Menerapkan Prinsip-Prinsip Rancangan Instruksional dan jumlah nilai tingkat gradasi kompetensi kunci yang terindikasi pada 7 (tujuh) kompetensi kunci.

 

Tugas teori dan tugas unjuk kerja dalam Bab III  pada  Buku Kerja ini, meliputi :

 

3.1        Tugas Tertulis :

  • Tugas tertulis untuk  menilai pengetahuan ( Knowledge ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi penilaian unjuk kerja dan unjuk sikap kerja.
  • Didukung  aspek pengetahuan yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kiteria unjuk kerja  dan kompetensi kunci.
  • Dapat dimasukkan penilaian pengetahuan sikap kerja.

 

3.2.      Tugas  Unjuk Kerja :

  • Tugas unjuk kerja untuk menilai keterampilan ( Skill ) seseorang dalam menampilkan elemen komptensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung  aspek keterampilan  yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.3.      Tugas  Sikap  Kerja :

  • Tugas unjuk sikap kerja untuk menilai sikap ( Attitude ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung aspek kritis atau penyikapan kerja  dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.1     TUGAS  TERTULIS  :

 

3.1.1.        Memiliki tingkatan kesulitan :

  1. Soal mudah.
  2. Soal sedang.
  3. Soal sulit.

Kisi-kisi  soal dan jumlah soal dibedakan pada setiap level unit kompetensi.

3.2.2.        Bentuk tugas tertulis adalah Obyektive Test., terdiri atas :

  1. Pilihan Ganda  (Multiple Choice).
  2. Menjodohkan (Matching).
  3. Jawaban Singkat (Short Answer)

 

Penilaian dengan menggunakan satu atau lebih dari satu pertanyaan untuk setiap elemen kompetensi,   jika penilai   kurang puas   dengan   kesiapan anda   dalam melakukan  penilaian unjuk kerja dan sikap kerja anda,   maka rencana pelatihan unjuk kerja dan sikap kerja  ulang / remidial akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

PILIHAN GANDA :

( Seri  A ).

 

  1. Selesaikan semua tugas tertulis sesuai pertanyaan masing-masing dengan mengacu pada bentuk soal pilihan ganda (Muliple Choice), seri A.
  2. Waktu tersedia 25 menit, jumlah soal 25 pertanyaan.

 

Tugas :  Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda  X pada  huruf a, b, c dan d yang anda pilih.

 

  1.                1.       Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui tentang tujuan produk multimedia, kecuali: (KUK 1.1)
    1. Bagaimana produk multimedia tersebut dikerjakan
    2. Apa yang dapat produk multimedia kerjakan
    3. Apakah area permasalahan yang dibahas pada produk multimedia tersebut
    4. Untuk siapa produk multimedia tersebut ditujukan

 

  1.                2.       Terdapat dua macam output produk multimedia, yaitu: (KUK 1.1)
    1. Online
    2. Offline
    3. Jawaban a dan b salah
    4. Jawaban a dan b benar

 

  1.                3.       Cara menghasilkan ide-ide untuk produk multimedia yang dikembangkan adalah, kecuali: (KUK 2.1)
    1. Penggunaan white board
    2. Penggunaan kertas catatan
    3. Penggunaan bantuan softwae komputer
    4. Penggunaan buku-buku bekas

 

  1.                4.       Teknik-teknik untuk melakukan riset terhadap area permasalahan produk multimedia yang dibuat adalah, kecuali: (KUK 3.2)
    1. Wawancara terstruktur
    2. Eksperimen
    3. Brain storming
    4. Pengelompokkan kata-kata

 

  1.                5.       Pernyataan yang benar tentang isu desain yang harus dipikirkan adalah: (KUK 2.2)
    1. Apakah material konten telah tersedia
    2. Proses pengembangan produk multimedia
    3. Elemen multimedia apa yang terbaik yang dapat menyampaikan pesan
    4. Apakah software multimedia yang dibutuhkan untuk pengembangan produk multimedia telah tersedia

 

  1.                6.       Dibawah ini adalah salah satu dari model instruksional yaitu: (KUK 4.1)
    1. Pemrosesan data
    2. Pemrosesan kelompok
    3. Pemrosesan Informasi
    4. Pemrosesan belajar

 

  1.                7.       Model instruksional apa yang menekankan pengembangan dari konsep diri individual: (KUK 4.1)
    1. Pemrosesan informasi
    2. Personal
    3. Interaksi sosial
    4. Perilaku

 

  1.                8.       Model instruksional apa yang menekankan pada akuisisi dan memroses informasi: (KUK 4.1)
    1. Pemrosesan informasi
    2. Personal
    3. Interaksi sosial
    4. Perilaku

 

  1.                9.       Dibawah ini adalah strategi-strategi instruksional yang terdapat dalam framework instruksional yaitu, kecuali : (KUK 4.1)
    1. Instruksi langsung
    2. Instruksi tidak langsung
    3. Instruksi interaktif
    4. Belajar berkelompok

 

  1.             10.       Strategi apakah yang sangat efektif untuk menyediakan informasi atau mengembangkan keahlian secara tahap demi tahap: (KUK 4.1)
    1. Instruksi langsung
    2. Instruksi tidak langsung
    3. Instruksi interaktif
    4. Pembelajaran eksperimen

 

  1.             11.       Dibawah ini adalah jenis-jenis media pada produk pengembangan multimedia, kecuali: (KUK 5.3)
    1. Video
    2. Audio
    3. Warna
    4. Teks

 

  1.             12.       Peta navigasi yang manakah yang menunujukkan urutan dari satu frame ke frame lainnya: (KUK 5.1)
    1. Linear
    2. Hirarki
    3. Non linear
    4. Komposit

 

  1.             13.       Peta Navigasi yang manakah, pengguna dan audience secara bebas bernavigasi melalui content tanpa batasan apapun: (KUK 5.1)
    1. Linear
    2. Hirarki
    3. Non linear
    4. Komposit

 

  1.             14.       Desainer multimedia harus bekerja pada dua tipe struktur, yaitu: (KUK 5.1)
    1. Struktur permukaan dan struktur kedalaman
    2. Struktur permukaan dan struktur navigasi
    3. Struktur kedalaman dan struktur navigasi
    4. Struktur kedalaman dan struktur tampilan layar

 

  1.             15.       Metode yang disediakan kepada calon pengguna dan audience untuk bernavigasi dari satu tempat ke tempat lainnya: (KUK 5.1)
    1. Navigasi
    2. Tampilan Layar
    3. Layout
    4. Semua salah

 

  1.             16.       Dibawah ini adalah tipe-tipe pada media foto, kecuali: (KUK 5.3)
    1. Film-based
    2. Digital
    3. Library
    4. Dokumenter

 

  1.             17.       Media apakah yang dapat menghemat penggunaan teks, memperlihatkan emosi seseorang: (KUK 5.3)
    1. Video
    2. Audio
    3. Grafik komputer
    4. Foto

 

  1.             18.       Dibawah ini merupakan contoh output produk multimedia online yaitu: (KUK 1.1)
    1. DVD-ROM
    2. CD-ROM
    3. HybridCD
    4. Semua jawaban salam

 

  1.             19.       Dibawah ini merupakan contoh output produk multimedia offline yaitu: (KUK 1.1)
    1. DVD-ROM
    2. CD-ROM
    3. Kios Informasi
    4. Semua jawaban benar

 

  1.             20.       Tahap kedua dari teknik-teknik mendapatkan informasi adalah: (KUK 3.2)
    1. Brain storming
    2. Pengelompokan
    3. Diagram
    4. Wawancara terstruktur

 

  1.             21.       Tahap ketiga dari teknik-teknik mendapatkan informasi adalah: (KUK 3.2)
    1. Brain storming
    2. Pengelompokkan
    3. Diagram
    4. Wawancara terstruktur

 

  1.             22.       Peta apakah yang dapat memberikan garis koneksi atau hubungan antara bermacam-macam area dari content dan membantu dalam mengorganisasikan content dan pesan: (KUK 5.1)
    1. Navigasi
    2. Layout
    3. Tampilan layar
    4. Semua salah

 

  1.             23.       Berikut ini adalah beberapa peraturan mengenai perancangan layar produk multimedia, kecuali: (KUK 5.1)
    1. Menggunakan ukuran tulisan yang berbeda-beda
    2. Menyediakan sebuah tampilan layar default sehingga pengguna dapat kembali kepadanya.
    3. Kelompokkan item-tem interface bersamaan.
    4. Gunakan teks yang berada pada sisi kiri

 

  1.             24.       Dibawah ini, adalah hal-hal yang berkaitan terhadap evaluasi produk multimedia berdasarkan prinsip-prinsip rancangan instruksional, kecuali : (KUK 6.1)
    1. Interaksi dan tampilan layar
    2. Media
    3. Jawaban a dan b benar
    4. Jawaban a dan b salah

 

  1.             25.       Berikut ini adalah dokumentasi yang digunakan oleh tim pengembang yaitu: (KUK 5.1)
    1. Dokumentasi kode
    2. Dokumentasi solusi masalah
    3. Dokumentasi gaya
    4. Dokumentasi interaksi dan implikasi

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta  untuk Tugas Tertulis :

(  Seri   A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Tertulis Seri A.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

19.

20.

21

22

23

24

25

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.25  Seri  A, telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

 

 

Total  waktu

25  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan   :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                  :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai      :   ……………………………

 

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3.2     TUGAS UNJUK KERJA

 

  1. Selesaikan semua tugas unjuk kerja  sesuai instruksi unjuk kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. Waktu tersedia 20  menit, jumlah soal 2 Instruksi Kerja.

 

Tugas 1 :  Menjelaskan macam-macam media yang dapat dipilih untuk dapat diterapkan pada perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia

 

a. Waktu                  :        10 menit.

 

b. Alat                     :        Pensil atau pulpen

c. Bahan                  :        Komputer, buku catatan, contoh media

 

d. Indikator Kerja     :        Dapat menjelaskan macam-macam media yang akan digunakan untuk perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia

 

e. Standar Kriteria     :        Sesuai dengan Buku Informasi

 

f. Instruksi Kerja       :        Jelaskan macam-macam media yang dapat dipilih untuk dapat diterapkan pada perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia!

 

Tugas 2 :  Menjelaskan navigasi-navigasi yang dapat dijadikan acuan yang dapat diterapkan pada perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia!

 

a. Waktu                  :        10 menit.

 

b. Alat                     :        Pensil atau pulpen

c. Bahan                  :        Komputer, buku catatan

 

d. Indikator Kerja     :        Dapat Menjelaskan navigasi-navigasi untuk dapat diterapkan pada perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia

 

e. Standar Kriteria     :        Sesuai dengan Buku Informasi

 

f. Instruksi Kerja       :        Jelaskan navigasi-navigasi yang dapat dijadikan acuan yang dapat diterapkan pada perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia!

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas Unjuk  Kerja :

(  Seri  A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Unjuk Kerja, seri A

Benar

Salah

1.

2.

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.2, Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total waktu

20  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3     TUGAS SIKAP KERJA

 

  1. a.   Selesaikan semua tugas unjuk kerja sesuai instruksi sikap kerja masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. b.   Waktu tersedia 30 menit, jumlah soal 2 Instruksi Sikap Kerja.

 

Tugas 1 : 

 

a. Waktu                  :        15 menit.

 

b. Alat                     :        Pensil atau pulpen

c. Bahan                  :        Komputer, buku catatan

 

d. Indikator Kerja     :        Dapat menjelaskan strategi-strategi untuk perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia

 

e. Standar Kriteria     :        Sesuai dengan contoh buku informasi

 

f. Instruksi Kerja       :        Menentukan strategi instruksional untuk perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia.

 

 

Tugas 2 : 

 

a. Waktu                  :        15 menit.

 

b. Alat                     :        Pensil atau pulpen

c. Bahan                  :        Komputer, buku catatan

 

d. Indikator Kerja     :        Dapat menjalankan perancangan instruksional tanpa ada tahap yang terlewati

 

e. Standar Kriteria     :        Sesuai dengan contoh buku informasi

 

f. Instruksi Kerja       :        Menjalankan tahapan penerapan perancangan instruksional pada pengembangan produk multimedia.

 


Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas  Sikap   Kerja :

( Seri  A )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No. Uraian Pertanyaan Tugas  Sikap  Kerja, Seri  A. Benar Salah

1.

2.

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.2, Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total  waktu

30  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tngan Penilai         :   ……………………………

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

  1. A.   Data Buku  Manual :

 

  1. Vaughan, Tay. 2006. Multimedia:Making it work. Mcgraw-Hill
  2. Clark, Ruth Calvin. 2006. E-learning & the science of instruction proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. Pfeiffer.
  3. England, Elaine., Andy Finney. 2006. Managing Multimedia. Addison Wesley
  4. Elsom-cook, Mark. 2003. Principles of interactive multimedia. Mcgraw-hill

 


B. Data Buku Pendukung Teori.

 

- Lihat pada Modul Buku Informasi Menerapkan Prinsip-Prinsip Rancangan Instruksional

 

C. Website Yang Dapat Dikunjungi.

o     http://www.wikipedia.org

o     http://www.sasked.gov.sk.ca/docs/policy/approach/instrapp03.html

 

3.4 Daftar Cek Unjuk Kerja

 

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi.

 

Kode unit

: TIK.MM01.009.01

Judul Unit

: Menerapkan Prinsip-Prinsip Rancangan Instruksional

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

  1. Menerima dan memahami laporan untuk desain instruksional

1.1 Bergabung dengan personel terkait untuk memahami dan menentukan tujuan dan output produk multimedia, meneliti aplikasi desain visual dan teknik komunikasi untuk memastikan bahwa syarata-syarat kreatif, teknis dan produksi sesuai laporan dapat dipenuhi.

1.2 Semua faktor terkait yang mungkin dapat menentukan dan berdampak pada desain visual, konsep komunikasi dan aplikasi melalui breakdown serta pemahaman laporan dan bekerja sama dengan personil terkait ditentukan

1.3  Pengguna dan audience yang ditujukan untuk menentukan format dan platform penyampaian dari produk multimedia melalui diskusi dengan personil terkait ditentukan.

  1. Menghasilkan dan menilai ide-ide

2.1  Serangkaian ide-ide desain visual dan komunikasi yang secara teknik layak pakai dihasilkan, laporan direspon dan solusi kreatif untuk semua isu desain disediakan.

 

2.2 Ide-ide desain visual dan komunikasi untuk memastikan kontribusi sejumlah ide-ide dan solusi kreatif pada konsep aal didiskusikan dengan personel terkait.

2.3    Selalu merujuk pada ide-ide kreatif dan solusinya dan dilakukan penilaian untuk implikasi pendanaan, kerangka waktu, kelayakan teknis dan kesesuaian untuk memenuhi laporan.
  1. Melaksanakan riset

3.1  Pendekatan instruksional yang merujuk pada syarat-syarat laporan dan dapat mempengaruhi keseluruhan pengembangan desain diteliti.

3.2    Media riset dan temuan-temuan untuk digunakan oleh semua personil terkait selama proses pengembangan desain disusun dan diperbaharui jika diperlukan

3.3    Diskusi awal dan laporan desain terhadap temuan dievaluasi dan didiskusikan dengan personil terkait

  1. Memilih media / materi untuk digunakan pada desain visual dan komunikasi

4.1 Model desain instruksional, dimana karakteristiknya, perbedaanya dan kemampuannya ditentukan dan dipertimbangkan untuk memenuhi laporan.

 

4.2   Dikonsultasikan dengan personil terkait untuk memastikan bahwa berbagai macam model telah diidentifikasi dan disediakan.

 

4.3 Desain visual dan teknik komunikasi yang cocok yang dapat memenuhi kreatif, teknis dan laporan produksi dipilih.

4.4  Pilihan berdasarkan pengertian akan karakteristik dan kemampuan pengguna dipastikan

  1. Menerima dan memahami laporan untuk desain instruksional

5.1   Teknik desain visual yang sudah ditentukan digunakan untuk menentukan komposisi struktur produk, dan dipastikan semua elemen didokumentasikan untuk digunakan selanjutnya.

5.2  Content, rangkaian dan antar aktifitas untuk digunakan sesuai dengan syarat-syarat teknis, kreatif dan produksi direncanakan.

5.3  Elemen multimedia relevan yang penting untuk mengkonstruksi produk ditentukan.

5.4 Parameter teknis dan perencanaan teknis didiskusikan dengan personil terkait untuk mendapatkan format yang paling sesuai.

5.5  Parameter desain yang sesuai ditentukan dan digunakan untuk memenuhi laporan, dapat dipastikan sumber kreatif, dan produksi cukup untuk mencapai hasil akhir.

  1. Menerima dan memahami laporan untuk desain instruksional

6.1 Produk instruksional untuk mengukur aplikasi diperiksa dari solusi kreatif pada laporan desain, kelayakan teknis dan ketepatannya dengan pengguna / audience

6.2 Syarat-syarat tambahan atau modifikasi desain instruksional didiskusikan dan dikonfirmasikan dan langkah-langkah perbaikan dilakukan jika diperlukan.

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

Testimoni

artikel lainnya Menerapkan Prinsip-Prinsip Rancangan Instruksional TIK.MM01.009.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Wednesday 13 August 2014 | blog

Surakarta, Oktober 2011 No : 001 / RJ / MARK / 09 / 2013 Perihal :…

Wednesday 11 September 2013 | blog

Hebohnya Vicy dan Zaskia Batik akhirnya mewarnai panggung entertaintmen Indonesia. Kita lihat bahwa pakaian Zaskia begitu…

Monday 19 January 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER     MENGOPERASIKAN DASAR-DASAR BASIS DATA…

Monday 16 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR MULTIMEDIA     MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP RANCANGAN INSTRUKSIONAL TIK.MM01.009.01…