Menu

menejemen file folder

Jan
18
2012
by : 1. Posted in : blog

menejemen file folder

BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab IV, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Pengaruh yang signifikan prestasi belajar kewirausahaan (X1) terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa (Y), dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,984> 1,979 pada taraf signifikansi 5%, dengan sumbangan relatif 37,40% dan sumbangan efektif sebesar 15,22%.
2. Kemandirian belajar mahasiswa (X2) berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa (Y), dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,777> 1,979 pada taraf signifikansi 5%, dengan sumbangan relatif 62,60% dan sumbangan efektif sebesar 25,48%.
3. Prestasi belajar kewirausahaan (X1) dan kemandirian belajar mahasiswa (X2) berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa (Y), dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 42,473 > 3,07.
4. Hasil analisis regresi linier ganda diperoleh persamaan Y=1,473 + 0,311X1 + 0,425X2 yang artinya motivasi berwirausaha mahasiswa (Y) dipengaruhi oleh prestasi belajar kewirausahaan (X1) dan kemandirian belajar mahasiswa (X2).
5. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,407 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh prestasi belajar kewirausahaan (X1) kemandirian belajar mahasiswa (X2) terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa (Y), adalah sebesar 40,7% sedangkan 59,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
B. Implikasi
Hasil penelitian ini tidak selalu sama dengan penelitian sebelumnya, namun hasil yang diperdapat dalam penelitian ini dapat menambah keyakinan kita bahwa prestasi belajar kewirausahaan dan kemandirian belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha pada mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009/2010. Hal ini menunjukkan prestasi belajar kewirausahaan dan kemandirian belajar yang tinggi akan memberi dampak yang tinggi terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta, sebaliknya prestasi belajar kewirausahaan dan kemandirian belajar mahasiswa yang rendah akan memberi dampak yang rendah terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan dan kemandirian belajar mahasiswa yang lebih baik untuk membantu peningkatan lebih tinggi dalam motivasi berwirausaha mahasiswa.

C. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka dapat diberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Bagi Mahasiswa
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar kewirausahaan (X1) dan kemandirian belajar mahasiswa (X2) terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa (Y), mempunyai koefien determinasi adalah sebesar 40,7%. Hal ini dapat menjadi bahan masukan mahasiswa yang berguna untuk meningkatkan motivasi berwirausahanya dengan cara meningkatkan hasil belajar kewirausahaan yang dipelajari dalam perkuliahan, karena hasil dari pembelajaran yang dilakukan tersebut biasanya dapat memberikan sumbangan yang positif untuk memotivasi diri dalam memulai kegiatan berwirausaha dan tidak ketinggalan mahasiswa harus mampu meningkatkan kemandirian belajarnya karena hal itu juga mampu meningkatkan lebih tinggi lagi motivasi berwirausaha.
2. Bagi Dosen
Bagi dosen semoga dengan adanya penelitian ini dosen bisa membantu mahasiswa untuk meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa dengan cara memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha, misalnya memberi masukan untuk menarik minat berwirausaha mahasiswa, mengembangkan kreativitas mahasiswa, dan lain sebagainya.

3. Bagi Peneliti yang akan datang
Bagi peneliti yang akan datang hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa, kemudian kepada peneliti yang akan datang disarankan untuk melakukan penelitian dengan populasi yang lebih luas dan memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi motivasi berwirausaha selain dari prestasi belajarnya dan kemandirian belajaranya, karena masih banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi berwirausaha misalnya latar belakang keluarga, kreativitas mahasiswa, dan orientasi masa depan mahasiswa, serta minat berwirausaha.

artikel lainnya menejemen file folder

Wednesday 19 August 2015 | blog

KOPMA-MU HARI INI KOPMA UNS sebagai laboratorium bisnis bagi anggota KOPMA UNS. Sifat dari koperasi dalam…

Saturday 17 January 2015 | blog

LAPORAN ANGGARAN DANA PERPISAHAN PPL UMS 2012 DI SMAN 1 KARTASURA tgl PENDAPATAN      …

Wednesday 27 May 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI           MENGKOORDINASIKAN…

Friday 8 August 2014 | blog

PANDUAN PENGISIAN FORMULIR PERMOHONAN MEREK Panduan pengisian formulir pendaftaran Merek ini bertujuan untuk memfasilitasi pengisian formulir…