Advertisement
loading...

MEMULAI COREL DRAW 11

Untuk mulai bekerja mneggunakan program CorelDraw 11, terlebih dulu memanggil program tersebut. Untuk memanggil programnya adalah sebagai berikut :
Klik menu Start , Program , Program Grafis , Corel Draw , Colerdraw 11 Maka program CorelDraw akan muncul seperti berikut :

Advertisement

Tampilan awal program Corel Draw

Keterangan :
a. Title Bar g. Color Pallete
b. Menu Bar h. Tool Box
c. Standard Tool Bar i. Vertical Scrool Bar
d. Property Bar j. Vertical Ruler
e. Horizontal Ruler k. Horizontal Scrool Bar
f. Printable area l. Status Bar

LAYAR COREL DRAW 11
- Title Bar
Memberi informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. Pada ujung pojok kanan atas terdapat tombol Maximize Button untuk membuat tampilan CoreDraw satu ayar penuh, Minimize button untuk meletakkan program pada Taskbar menu, sedangkan lose button untuk mengakhiri program.
- Menu Bar
Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menu menu tersebut.
- Standard Tool Bar
Perintah – perintah yang sering digunakan dapat juga diakses melalui Standard Tool Bar. Pada Standard Tool Bar terdapat icon – icon perintah yang sering kita gunakan, misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan sebagainya. Hanya dengan klik sekali pada icon yang dimaksud maka perintah akan langsung dijalankan oleh CorelDraw.
- Property Bar
Property Bar merupakan baris perintah yang unik, karena tampilannya akan selalu berubah dan perintah-perintah yang ada didalamnya akan menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif pada tool Box. Misalnya tool Box sedang aktif pada Zoom Tool, maka akan memunculkan property dari Zoom tool, demikian juga dengan tooltool yang lain. Disini kita akan dapat lebih cepat dalam mengakses perintah-perintah yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif.
- Horizontal Ruler
berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu-waktu.
- Printable Area
merupakan area dimana desain kita diletakkan untuk dicetak. Untuk mendesain kita boleh
di luar printable area, namun ketika akan dicetak maka harus dimasukkan ke printable area tersebut.
- Color Palette
Warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain grafis. Corel Draw memberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai model warna. Kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette, Color dialog box, maupun Color Roll-upuntuk memilih warna isi, outline, kertas dan lain- lain. Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-screen color palette yan gtesedia di sebelah kanan window.
- Tool Box
merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk pembuatan obyek dasar, editing obyek, efek-efek interaktif dan lain lain. – Vertical Scrool Bar Penggulung halaman secara vertical. Anda dapat menggeser scrool bar ke atas dan kebawah untuk memperluas lembar kerja atau untuk melihat bagian tertentu dari gambar yang belum terlihat.
- Vertical Ruler
Vertical ruler berfungsi untuk membuat garis bantu vertical. – Horizontal Scrool Bar penggulung halaman secara horisontal. Anda dapat menggeser horizontal scrool bar untuk melihat bagian kanan atau bagian kiri laembar kerja yang belum terlihat.
- Status Bar
Memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan, koordinat posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang diaktifkan, baik warna fill maupun outline.
Yang perlu diperhatikan pada setiap bagian window Corel Draw adalah, kita dapat mengakses suatu perintah melalui berbagai cara yang kita sukai. Misalnya untuk membuat file baru, dapat memalui menu bar, tool bar, maupun menggunakan perintah Short Cut.
TOOL BOX
Tool Box merupakan sarana utama pada Corel Draw. Tool Box menyimpan berbagai perintah perintah untuk membuat obyek dasar, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain.

Pick Tool

Sebelum memulai desain terlebih dulu disiapkan format halaman yang
digunakan, jenis kertasyang dipakai, ukuran, orientasi kertas dan lain-lain. Berikut ini adalah langkah-angkah untuk pengaturan halaman :
1. Klik menu Layout , Page Setup. Terdapat dua jenis layout yaitu
Normal Paper dan Label.
Gambar 2.3. Page Setup

artikel Kumpulan Contoh Administrasi klik di sini

2. Tentukan orientasi kertas dengan memilih Portrait atu landscape
3. Paper merupakan jenis kertas yang akan digunakan.
4. Width adalah menentukan lebar kertas, Height menentukan tinggi
kertas. Jika sudah ditentukan sesuai dengan kebutuhan lalu Klik OK.
Note : Untuk mengatur halaman dapat juga melalui Property Bar, dengan cara
mengaktifkan Pick Tool pada Tool Box.
Mahir Corel Draw 11 4
Warto Adi Nugraha
Interactive Fill Tool
Fill Tool
Outline Tool
EyeDropper Tool

Testimoni

SLIDESERAGAMBATIK