Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 25000 setahun dan dapatkan Trafik setiap harinya

Memperbarui Isi Halaman Web TIK.MM02.059.01

Mar
27
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR MULTIMEDIA

 

 

 

MEMPERBARUI ISI HALAMAN WEB

TIK.MM02.059.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

 

DAFTAR ISI. 2

 

BAB.  I.   KONSEP   PENILAIAN. 3

1.1. Bagaimana  Pelatih  Menilai. 3

1.2. Tipe  Penilaian. 3

 

BAB IIPELAKSANAAN PENILAIAN. 8

2.1.    KUNCI JAWABAN  TUGAS  TERTULIS. (  Seri.  A  ) 8

2.2     KUNCI  JAWABAN  TUGAS UNJUK KERJA. (  Seri.  A  ) 9

2.3     KUNCI  JAWABAN  TUGAS  SIKAP  KERJA. (  Seri .  A  ) 11

2.4     Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik) 14

2.5.    CHECK LIST PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP KERJA. 15

2.6     LEMBAR  HASIL  PENILAIAN. 17

 

LEMBAR PENILAIAN. 19

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  I

KONSEP   PENILAIAN

 

 

1.1. Bagaimana  Pelatih  Menilai.

 

Dalam sitem pelatihan berbasis kompetensi kerja, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan anda, unjuk kerja aktivitas  tugas-tugas / keterampilan anda dan sikap kerja anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan, apakahg anda telah mencapai kompetensi sesuai standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berbasiskan kompetensi kerja , pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah ” Penilaian berdasarkan kriteria / Criterion – Referenced Asessment ” .  Pendekatan ini mengukur unjuk kerja anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian formatif :

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar / berlatih anda. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian Sumatif.

Penilaian juga  dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah anda telah mencapai hasil dari program belajar dan berlatih ( contohnya pencapaian kompetensi dalam unit komptensi ). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

 

1.2. Tipe  Penilaian.

          1.2.1. Tes  Tertulis. ( Knowledge ).

 

Dalam tes tertulis, akan menilai pengetahuan anda dan pemahaman konsep serta prisip yang merupakan dasar  unjuk kerja dalam melakukan  tugas pekerjaan anda yang dijelaskan dalam  pengetahuan (knowledge) pada kriteria unjuk kerja.

Tes tertulis biasanya berupa seri-seri pertanyaan pilihan ganda dan/ atau beberapa bentuk tes obyektif lainnya, yaitu dimana setiap pertanyaan tertulis memiliki satu jawaban yang benar.

Penilaian tes obyektif tertulis pada  umumnya   mempunyai   kisi-kisi   dengan 3 (tiga) tingkatan  kesulitan,  yaitu :

 

1). Soal Mudah.

Adalah  menghafal tanpa mengerti apa maksudnya, menyebutkan bagian-bagian   suatu   alat,    benda,     nama mesin,   memberi nama,   memberi nomor, menjodohkan informasi faktual dengan kejadian.

 

2). Soal  Sedang

Adalah  mampu mengenal dan mengerti fungsi  sesuatu / poses   sesuatu, membandingkan,   memberikan,   membedakan,   menemukan   keuntungan   dan kerugian serta memberi fisualisasi fungsi / proses.

 

3). Soal  Sulit :

Adalah  merupakan  problem solving,   menganalisis   kesalahan   dan  kerusakan, mencari pemecahan,   meramalkan   kondisi   yang   tidak menguntungkan, mencari penyebab,   menggunakan   pertimbangan   dan    mengevaluasi. Rentangan  nilai tes tertulis, yaitu  0  -  1,   artinya  nilai setiap  soal tertulis yang   dinyatakan   benar   (kompeten)   mempunyai   nilai   1  (satu),   dan   yang dinyatakan    salah  (belum kompeten)  mempunyai nilai 0 (nol).

 

          1.2.2. Tes  Unjuk  Kerja  (praktek keterampilan / keahlian).

 

Dalam tes unjuk kerja , akan menilai kompetensi anda dalam menampilkan tugas pekerjaan  dari elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam keterampilan  (skill) pada kriteria unjuk kerja. Oleh sebab itu, anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman anda terhadap  unjuk kerja  anda.

 

Penilaian biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen kompetensi sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi anda, dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika anda dinyatak kompeten, dan merencanakan pelatihan ulang jika anda belum dinyatakan kompeten pada kesempatan pertama ini.

 

 

   Daftar Cek Unjuk Kerja, berisi :

1). Masing-masing elemen kompetensi dengan  sebaran  kriteria  unjuk  kerja harus kompeten.

2). Setiap tugas yang sedang dilaksanakan, penilai  akan mengisi daftar cek analisis elemen kompetensi yang telah disiapkan untuk menentukan kompetensi kerja anda dan umpan balik unjuk kerja anda. untuk setiap soal / perintah untuk melakukan unjuk kerja  dinyatakan benar mempunyai

3). Untuk memberi cacatan bagi diri anda dan penilai  anda.

4). Ketika tugas dari setiap indikator kerja tidak dilaksanakan sesuai standar kriteria keterampilan / kehlian secara  benar, maka  rencana pelatihan kerja ulang  akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

Untuk setiap  soal / perintah   untuk melakukan unjuk kerja   mempunyai rentang nilai 0 (nol)  -  1 (satu). Bila anda melaukan untuk kerja  dinyatakan   benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan bila dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

 

          1.2.3. Tes Sikap  Kerja  ( Attitude ).

 

Dalam   tes   sikap kerja ,   akan   menilai   kompetensi   anda   dalam menampilkan sikap kerja dari   elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam sikap (attitude)  pada kriteria unjuk kerja. Penilaian sikap kerja dapat dlakukan dalam waktu relatif pendek (efektif) berdasarkan atas instruksi sikap  kerja yang harus anda lakukan dalam waktu yang telah ditentukan.

 

Sikap kerja merupakan unsur kompetensi kerja yang agak sulit menilainya,   namun demikian perlu  dimulai  dari sekarang,   karena kita harus mengacu    pada   Standar Kompetensi  Kerja  Nasional  Indonesia (SKKNI)   yang telah ditetapkan,  yaitu kemampuan seseorang yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian dan sikap kerja sesuai pelaksanaan tugas dan syarat jabatan.

Penilaian sikap kerja, dilakukan selain melalui pemahaman sikap kerja secara tertulis , kemampuan aspek sikap ditujukan untuk meningkatkan kinerja seseorang (anda) dimasa mendatang dalam arti yang sebenarnya, dan tidak dianggap lagi sudah menyatu dengan keterampilan /  keahlian.

Anda terampil atau memiliki keahlian yang bagus,  tetapi sikap  kerja anda tidak kompeten, ini ada sesuatu  yang salah pada diri anda, termasuk penilai anda juga punya andil atas kesalahan penilaian kompetensi terhadap diri anda.

 

Penilaian sikap kerja.

 

Dilakukan untuk kurun waktu yang tidak terlalu panjang terhadap kriteria attitude / sikap perilaku yang mudah diamati seperti pada waktu mengerjakan pekerjaan yang dilakukan sesuai tugas atau perintah sikap dari kriteria unjuk kerja pada elemen kompetensi,  adalah  sebagai  berikut :

 

1). Pengamatan sikap kerja.

 

a.   Untuk Jaminan Keselamatan  ( Saffety Insurance ).

 

No. Sikap untuk Jaminan Keselamatan. Benar Salah Keterangan

1.

Penggunaan pakaian kerja.      

2.

Kerapihan dan kebersihan tempat kerja      

3.

Penataan alat-alat kerja.      

4.

Penataan bahan-bahan kerja.      

5.

Tertib sesuai aturan / prosedur/ standar.      

6.

Ketepatan waktu kerja.      

7.

Sopan, ramah, lembut dan saabar.      

8.

Teliti, cermat, hati-hati.      

9.

Obyektif, akurat.      

10.

Bakat, minat dan temperamen kerka.      

 

 

b.  Untuk Jaminan Kualitas.  ( Quality Insurance ).

 

No. Sikap untuk Jaminan Kualitas. Benar Salah Keterangan

1.

Penerimaan / kesadaran/ kemauan..      

2.

Partisipasi/ kepatuhan, ikut secara aktif.      

3.

Penilaian / penentuan sikap.      

4.

Organisasi / bertanggung jawab.      

5.

Pembentukan pola /disiplin pribadi.      

 

Rentang nilai sikap dengan pengamatan langsung untuk memenuhi jaminan keamanan ( saffety insurance ) dan jaminan kualitas ( quality insurance ), yaitu :  0 (nol) – 1 (satu). Pada setiap soal sikap kerja yang dinyatakan benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan yang dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

2). Wawancara dan /atau Tes  Tertulis Sikap Kerja.

 

Wawancara dan / atau Tes tertulis tentang pemahaman atau pengetahuan  materi sikap kerja untuk jaminan keselamatan dan jaminan kualitas (Saffety and Quality Insurance) dalam aktivitas tugas pekerjaan / perintah elemen kompetensi sesuai kriteria unjuk kerja setiap unit kompetensi, agar kinerja seseorang (anda) meningkat  lebih baik lagi.

 

Wawancara atau tes tertulis dapat  dalam satu  atau beberapa bentuk tes obyektif materi sikap kerja, mempunyai rentang nilai 0 (nol) – 1 (satu).

 

Setiap   soal   pertanyaan   yang   dinyatakan  benar   (kompeten)   mempunyai nilai  1 (satu)   dan   yang   dinyatakan   salah   (belum kompeten)     mempunyai nilai  0 (nol).

 

 

Hasil nilai sikap kerja dapat  diperoleh dengan kombinasi pengamatan sikap kerja berdasarkan atas instruksi sikap kerja   dengan tes tertulis, yaitu :

 

 

  • Nilai akhir sikap kerja  =  Nilai pengamatan benar  + Nilai  tertulis benar

2.

1  +   1

=     ———–      =     1  (satu) /   atau kompeten.

2.

  • Atau nilai akhir sikap kerja tertulis  benar = 1 (satu) / atau kompeten

 

 

  • Atau nilai akhir hasil pengamatan sikap kerja  benar  = 1 (satu) / atau kompeten

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

 

2.1.    KUNCI JAWABAN  TUGAS  TERTULIS. (  Seri.  A  )

 

Soal

Nomor

Kunci  Jawaban  Tugas  tertulis.

Keterangan  Nilai

a

b

c

d

Benar

Salah

1.

X

   

2.

X

   

3.

X

   

4.

X

   

5.

X

   

6.

X

   

7.

X

   

8.

X

   

9.

X

   

10.

X

   

11.

X

   

12.

X

   

13.

X

   

14.

X

   

15.

X

   

16.

X

   

17.

X

   

18.

X

   

19.

X

   

20.

X

   

21

X

   

22

X

   

23

X

   

24

X

   

25

X

   

 

 


2.2     KUNCI  JAWABAN  TUGAS UNJUK KERJA. (  Seri.  A  )

 

 1. TUGAS 1 :  Menjelaskan langkah-langkah mengecek link

     Waktu  :  5  menit.

 

 2. Standar Kriteria :

    Point-point inti terjawab dengan baik dan benar

  

 3. Instruksi Kerja :

Sebutkan dan jelaskan tentang langkah apa yang anda dalam mengecek link!

 

 4. Jawaban Tugas 1

     langkah-langkah sebagai berikut :

 

1. Pilih perintah menu File ® Check page ® Check Links. Pada bagian jendela Results akan ditampilkan panel Link Checker.

 

2. dari tampilan yang ada, akan terlihat file dan link yang mengalami kerusakan. Pada bagian bawah panel terdapat keterangan yang menunjukkan jumlah kerusakan link yang terdapat pada dokumen anda.

 

3. untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh link di dalam situs anda, tekan tombol panah berwarna hiaju yang terdapat pada panel Link Checkers, kemudian pilih Check Links For Entire Site.

 

4. Selanjutnya akan ditampilkan laporan keseluruhan link yang memiliki masalah link yang tidak berfungsi.

 

 

 

1. TUGAS 2Menjelaskan cara menditeksi broken link

     Waktu  :  5  menit.

 

2. Standar Kriteria :

    Point-point inti terjawab dengan baik dan benar

  

3. Instruksi Kerja :

Jelaskan cara menditeksi broken link !

 

4. Jawaban Tugas 2

 

Cara nya adalah :

  1. Pastikan jendela Link Checker menampilkan beberapa link yang cacat dengan memilih Broken Link pada kotak pilihan Show. Kemudian pilih link yang ingin diedit dengan mengklik file link pada kolom Broken Links.

 

  1. Kita dapat menganti file link dengan mengklik folder dan tentukan file link sebagai pengganti file link yang lama. Untuk mengakhiri kita dapat menekan tombol Enter pada keyboard.

 

  1. Setelah file link tersebut diganti maka file tersebut tidak akan ditampilkan lagi pada laporan Broken Links.

 

  1. Untuk menghapus file yang tidak terpakai, Kita dapat mengaktifkan Orphaned Files pada pilihan Show, sehingga akan tampil laporan beberapa file yang tidak terpakai. Lakukan pemilihan file yang ingin dihapus dari situs. Setelah itu tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapusnya.

 

  1. Berikutnya tampil sebuah kotak konfirmasi yang menyatakan Apakah Anda yakin ingin menghapus file yang terpilih ? jika ingin menghapus maka tekan Yes tetapi jika tidak maka tekan tombol No.

 

 

  1. Untuk file link dan file yang tidak terpakai pada situs kita buat, kita dapat melakukan penyimpanan dengan menekan tombol Save Report pada panel Link Checker.

 

 

 

1. TUGAS 3Menjelaskan langakah-langkah untuk merevisi link

     Waktu  :  5  menit.

 

2.  Standar Kriteria :

    Point-point inti terjawab dengan baik dan benar

  

3. Instruksi Kerja :

Jelaskan langkah-langkah dalam merevisi link lama dengan link yang baru!

 

4.  Jawaban Tugas 3

Cara nya adalah sebagai berikut ini :

  • Pilih link yang ingin kita ubah
  • Pilih perintah menu Modify ® Change link.
  • Atau lakukan perubahan pada properti link dalam Property Inspector.


2.3     KUNCI  JAWABAN  TUGAS  SIKAP  KERJA. (  Seri .  A  )

 

 

1. TUGAS 1  : Merevisi link image

     Waktu  :  5  menit.

 

 2. Standar Kriteria

     menampilkan image yang baru

 

 3. Instruksi Sikap Kerja

     menganti image yang lama dengan yang baru pada tampilan web !

 

 4. Jawaban Tugas 1

  • Pada kategori Common di Insert bar, klik ikon image geser ikon image ke document window.
  • Kita juga dapat klik menu Insert ® Image
  • Berikutnya akan tampil kotak dialog Select Image Source seperti gambar di bawah ini. Pilih File System untuk memilih file image atau pilih Data source untuk memilih sumber data image.

gambar 4.6 otak dialog Select Image Source

  • Geser sebuah file gambar dari Assets panel pada panel Files ke lokasi yang diinginkan pada document window. Tampilkan panel Assets tampak pada gambar 4.7.

 

  • Kita juga dapat menyisipkan file gambar dengan insert  menekan tombol Insert di bagian bawah panel. File-file yang tampak pada panel Assets merupakan file-file dalam folder situs kita. Untuk menampilkan file-file gambar, klik ikon Images.

      

                        

klik ikon image ini  untuk menampilkan daftar file gambar                                                                             yang ada di folder image .

  • File gambar yang telah kita pilih akan ditampilkan langsung ke dalam document window.

 


1.  Tugas 2.  : Membuat navigator teks yang baru

     Waktu  :  5.  menit.

 

 2. Standar Kriteria

navigator baru tergantikan

 

3.  Instruksi Sikap Kerja

Menganti navigator teks yang baru dengan benar!

 

4. Jawaban Tugas 2

 

Navigasi Teks

 

1. Buat sebuah tulisan

2. Berikan alamat link lewat properties klik, icon folder

3.Ikuti wizard menu link, pilih tujuan dari link navigasi, OK

4. Anda dapat mengubah tampilan navigasi teks missal mengubah warna dan facefont, cukup dengan menambahkan property teks yang mengatur nilai warna dan face tertentu (sudah dibahas pekan sebelumnya)

5. Perhatikan bundle htmlnya <a href=….><font….>Teks</font></a>

 

 

 

 


2.4     Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Merevisi link image      
2 Membuat navigator teks yang baru      

 

 

 


2.5.    CHECK LIST PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP KERJA

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

No.

Uraian   Materi  Check  List.

Penge-

tahuan

Keterampilan

Sikap

Kerja.

Ya./

Tidak

Ya./

Tidak

Ya./

Tidak

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

1. Merevisi link image

 

 1. Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?

2.

Apakah peserta pelatihan dapat melakukan komunikasi dengan baik?

3.

Apakah peserta pelatihan dapat memproses informasi dengan baik?

4.

Apakah peserta pelatihan dapat memberikan pertanyaan atau informasi dengan baik?

5.

Apakah peserta pelatihan sudah dapat merevisi link image

  2.  Membuat navigator teks yang baru

1.

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?

2.

Apakah peserta pelatihan dapat melakukan komunikasi dengan baik?

3.

Apakah peserta pelatihan sudah bisa membuat navigator teks  

3. Mengedit informasi sesuai kebutuhan

1.

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  

2.

Apakah peserta pelatihan dapat melakukan komunikasi dengan baik?  

3.

Apakah peserta pelatihan sudah bisa mengedit informasi ?  

 

4. Menguji dan memastikan perubahan-perubahan

1.

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  

2.

Apakah peserta pelatihan dapat melakukan komunikasi dengan baik?  

3.

Apakah peserta pelatihan sudah bisa menguji dan memastikan perubahan yang terjadi?  

Jakarta,  ……………2007

                      Peserta  pelatihan,                                          Penilai,

 

(………………………)                                    (…………………..)

 

 


2.6     LEMBAR  HASIL  PENILAIAN

 

- Unit Kompetensi           :  Memperbarui Isi Halaman Web

 

- Kode Unit Kompetensi   :   TIK.MM02.059.01

 

- Nama Peserta Pelatihan :   ……………………………………………………

 

- Nama Pelatih                :   …………………………………………………….

 

 

- Kompetensi yang dicapai:   Kompeten  :                   /  Belum Kompeten  :

 

-          Umpan Balik Untuk Peserta Pelatihan :

 

 

 

 

 

 

Tanda  tangan peserta   :

 

 

Peserta sudah diberitahu tentang hasil penilaian dan alas an-alasan pengambilan keputusan  dari penilai.

 

Tanda tangan Penilai :

 

 

Tanggal :

 

Saya sudah diberitahu tentang hasil penilaian dan alasa n pengambilan keputusan tersebut.

 

Tanda tangan Peserta Pelatihan :

 

 

Tanggal :

 


Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

A. Data Buku  Manual :

 

Judul

Pengarang

Penerbit

 

 

:

:

:

 

 

Macromedia Dreamweaver 8

Mei Lenawati

C.V ANDI

 

 

B. Data Buku Pendukung Teori.

 

- Lihat pada Modul Buku Informasi Memperbarui Isi Halaman Web

 

 

C. Website Yang Dapat Dikunjungi.

 

-          http://www.klik-kanan.com/fokus/sejarah_web.shtml

-          http://id.wikipedia.org

-          http://www.siaksoft.net/index.php?option=com_content&task=view&id=913&Itemid=46

-          http://www.indonetwork.net

-          http://www.google.com

-          http://www.prowebpro.com/news/mudah_update_website.php

-          http://www.indobloggers.com

-          http://www.master.web.id/mwmag/issue/08/content/tutorial-dreamweaver-1/tutorial-dreamweaver-1.html#sub2

-          http://72.14.235.104/search?q=cache:zQZiOPfc58QJ:mail.uns.ac.id/~dww_ok/page/upload/Pekan7.pdf+tujuan+mengubah+navigasi&hl=id&ct=clnk&cd=5&gl=id

 

 

 

 

 


LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

Testimoni

artikel lainnya Memperbarui Isi Halaman Web TIK.MM02.059.01

Friday 24 July 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     MEMASANG DRIVE OPTIK…

Sunday 3 May 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI             MEMBUAT…

Monday 4 May 2015 | blog

Brainware advertising menawarkan kepada anda yang ingin melakukan promosi baik indoor maupun outdoor dalam hal bikin…

Thursday 21 May 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI            …