Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR MULTIMEDIA

 

 

MEMPERAGAKAN PENGETAHUAN DAN SYARAT- SYARAT MULTIMEDIA

TIK.MM01.004.01

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

DAFTAR ISI. 1

 

BAB I STANDAR KOMPETENSI. 2

1.1 Unit Kompetensi yang Dipelajari 2

1.1.1 Kode dan Judul Unit 2

1.1.2 Deskripsi Unit 2

1.1.3 Elemen Kompetensi 2

1.1.5 Batasan Variabel 4

1.1.6 Panduan Penilaian. 5

1.1.6 Kompetensi Kunci 6

 

BAB II TAHAPAN BELAJAR.. 7

 

BAB III TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA. 14

3.1 Tugas Teori 14

3.2 Tugas Unjuk Kerja. 19

3.3 Daftar Cek Unjuk Kerja. 20

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

 

1.1 Unit Kompetensi yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan  untuk dapat :

1. mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.

2. memeriksa kemajuan peserta pelatihan.

3. menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

 

1.1.1 Kode dan Judul Unit

Kode Unit   : TIK.MM01.004.01

Judul Unit   : Memperagakan Pengetahuan dan Syarat – Syarat Multimedia

 

1.1.2 Deskripsi Unit

Standar ini mendefinisikan pengetahuan yang diperlukan oleh seseorang yang bekerja atau berkecimpung di bidang Multimedia khususnya Industri Percetakan. Pengetahuan tersebut mencakup komunikasi teknis dan kemampuan untuk bekerja sebagai anggota tim.

 

 

1.1.3 Elemen Kompetensi

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

 

KRITERIA UNJUK KERJA

01  Menampilkan pengetahuan multimedia dan industri percetakan 1.1  Istilah dan perbendaharaan kata bidang multimedia digunakan secara benar dan akurat.

 

1.2  Ruang lingkup produksi multimedia dideskripsikan.

 

1.3  Permasalahan sehubungan dengan pembuatan produk percetakan dan produk yang berhubungan dengan multimedia dideskripsikan.

 

02  Menampilkan pengetahuan tentang kebijakan & peraturan pemerintah 2.1   Prinsip dasar dan kewajiban sehubungan dengan bidang berikut: copyright, K3, perlindungan lingkungan, akses dan kejelasan, penghargaan industri dijabarkan.

 

03  Menampilkan pengetahuan proses pra cetak 3.1  Prinsip dasar dibalik fungsi-fungsi pra cetak berikut: produksi image (typesetting, scanning, graphic arts camera), penggabungan image (manual dan elektronik), image output (film, plates, direct to press) dijabarkan.

 

3.2  Berbagai tipe image (line, half-tone, dll) dan kegunaannya dijabarkan.

 

3.3  Jenis output setting yang berbeda, misalnya pengukuran layar dan sudut (angles), bentuk, dll dan menjelaskan bagaimana hal-hal tersebut mempengaruhi hasil akhir produk cetak diidentifikasi.

 

3.4     Berbagai jenis output yang dibutuhkan untuk jenis media dan proses percetakan yang berbeda diidentifikasi.

 

3.5     Berbagai jenis output devide, seperti film setters, plate setters, analogue proofs, digital proofs diidentifikasi.

 

04  Menampilkan pengetahuan teknik multimedia dan persyaratannya 4.1  Desain yang sesuai atau tidak sesuai untuk multimedia diidentifikasi.

 

4.2  Kriteria untuk memilih visual, audio atau text delivery untuk menampilkan elemen informasi tertentu dijabarkan.

 

4.3  Bagaimana fungsi teks dapat bervariasi pada penampilan Multimedia untuk keperluan yang berbeda dijelaskan.

 

4.4  Kriteria untuk memilih resolusi grafik dan format dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

4.5  Kriteria untuk memilih format audio untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

4.6  Kriteria untuk memilih format video untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

4.7  Kriteria untuk memilih format animasi untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

4.8  Platform multimedia dan persyaratan sistem komputer untuk produk multimedia yang berbeda diidentifikasi.

 

4.9  Software yang sesuai untuk membuat produk multimedia diidentifikasi.

 

4.10 Fungsi-fungsi pada sebuah sistem navigasi efektif dijabarkan.

 

05  Mengetahui dasar teori warna 5.1  Teori warna dari warna additive (terang); RGB dijelaskan.

 

5.2     Teori warna dari warna subtractive (pigmen);

CMYK dijelaskan.

 

5.3    Hubungan antara range warna visual RGB dan

CMYK dijelaskan.

 

5.4  Hubungan antara bayangan dan bagian berwarna gelap untuk koreksi pada suara dan warna dijelaskan.

06  Mengetahui dasar biaya produksi 6.1  Elemen biaya utama pada produksi multimedia diidentifikasi.

 

6.2  Cara untuk meminimalkan penggunaan material tanpa mempengaruhi kualitas hasil diidentifikasi.

 

 

 

1.1.5 Batasan Variabel

1. Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.

2. Unit ini  tidak terbatas pada sesama individu, supervisor, dan anggota organisasi, yang berasal dari berbagai sosial, budaya, dan etika.

3. Organisasi tidak terbatas pada orgranisasi pada bagan organisasi dan alur kerja, tetapi juga berdasarkan organisasi dari pekerjaan, tujuan pekerjaan dalam organisasi.

 

 

1.1.6 Panduan Penilaian

  1. 1.  Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk mendemonstrasikan kompetensi, memerlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang ini yang mencakup :

1.1   Pengetahuan dasar

1.1.1  Pengetahuan yang cukup diperlukan untuk mendikusikan dengan seksama tentang persyaratan pekerjaan dan modifikasi pada penjual, produksi manager atau pelanggan.

1.2   Tingkat Kemandirian

1.2.1  Bekerja dengan cara konsultasi dengan yang lain.

 

  1. 2.  Konteks penilaian

Kompetensi ini dapat dinilai pada pada saat bekerja atau sedang tidak bekerja. Berbagai macam piranti penilaian dapat digunakan, termasuk pertanyaan lisan atau tertulis, pertanyaan multiple choice, diskusi, projek tertulis, dll.

 

 

  1. 3.  Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan :

3.1   Proses peragaan tentang pengetahuan dan syarat-syarat multimedia.

 

 

  1. 4.  Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1   Unit ini berdiri sendri dan tidak ada kaitannya dengan pengetahuan dan keterampilan dalam unit kompetensi yang lain.

4.2   Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu / khusus, pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

 

1.1.6 Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

1

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

1

6

Memecahkan masalah

2

7

Menggunakan teknologi

2

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  1. Penyajian bahan, pengajaran, peserta dan penilai harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengenali berbagai jenis fungsi yang umum digunakan.

 

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

 

1.1

 

 

Istilah dan perbendaharaan kata bidang multimedia digunakan secara benar dan akurat.

 

 

  • Mengetahui berbagai istilah dalam multimedia
 

  • Menggunakan berbagai istilah multimedia pada saat belajar.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

1.2

 

Ruang lingkup produksi multimedia dideskripsikan.

 

 

  • Mengenali berbagai lingkup multimedia.
  • Bisa menentukan lingkup industri multimedia yang diinginkan

 

 

  • Mempelajari berbagai lingkup industri multimedia
  • Merencanakan lingkup suatu industri multimedia.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

1.3

 

Permasalahan sehubungan dengan pembuatan produk percetakan dan produk yang berhubungan dengan multimedia dideskripsikan.

 

 

  • Mengetahui berbagai permasalahan yang akan dihadapi.
  • Bisa menentukan solusi yang sesuai untuk menghadapi permasalahan
 

  • Mempelajari berbagai kasus permasalahan dari industri multimedia.
  • Mempelajari berbagai solusi yang digunakan untuk setiap masalah.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

2.1

 

Prinsip dasar dan kewajiban sehubungan dengan bidang berikut: copyright, K3, perlindungan lingkungan, akses dan kejelasan, penghargaan industri dijabarkan.

 

 

  • Mengetahui peraturan pemerintah tentang hak cipta.
  • Mengerti cara untuk membangun industri yang ramah lingkungan
 

  • Mempelajari peraturan pemerintah setempat.
  • Belajar menyadur karya tanpa melanggar hak cipta.
  • Mempelajari cara membangun industri yang ramah lingkungan.

 

 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

3.1

 

Prinsip dasar dibalik fungsi-fungsi pra cetak berikut: produksi image (typesetting, scanning, graphic arts camera), penggabungan image (manual dan elektronik), image output (film, plates, direct to press) dijabarkan.

 

 

  • Mengetahui berbagai proses pra cetak.
  • Bisa melakukan penggabungan image.
  • Mengetahui berbagai image output.
 

  • Mempelajari teknik-teknik pra produksi.
  • Berlatih cara untuk melakukan penggabungan image dengan berbagai cara.
  • Mempelajari berbagai image output, sesuai dengan kebutuhannya.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

3.2

 

Berbagai tipe image (line, half-tone, dll) dan kegunaannya dijabarkan.

 

 

  • Mengenali berbagai tipe image.
  • Mengetahui fungsi dari setiap tipe image.
 

  • Mempelajari tipe-tipe image.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

3.3

 

Jenis output setting yang berbeda, misalnya pengukuran layar dan sudut (angles), bentuk, dll dan menjelaskan bagaimana hal-hal tersebut mempengaruhi hasil akhir produk cetak diidentifikasi.

 

 

  • Mengerti tentang setting dari proses percetakan.
  • Mengetahui teknik untuk menghasilkan hasil terbaik.
 

  • Mempelajari melakukan berbagai setting pada proses percetakan.
  • Mempelajari teknik-teknik untuk meningkatkan kualitas cetakan.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

3.4

 

Berbagai jenis output yang dibutuhkan untuk jenis media dan proses percetakan yang berbeda diidentifikasi.

 

 

  • Mengerti tentang berbagai jenis output dan kegunaannya.
 

  • Mempelajari berbagai jenis output serta kegunaannya.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

3.5

 

Berbagai jenis output devide, seperti film setters, plate setters, analogue proofs, digital proofs diidentifikasi.

 

 

  • Mampu mengidentifikasikan berbagai output devide.
 

  • Mempelajari berbagai tipe output devide, termasuk fungsi dan kelebihan dari masing-masing tipe.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.1

 

Desain yang sesuai atau tidak sesuai untuk multimedia diidentifikasi.

 

 

  • Mengetahui target design dan bisa menentukan kesesuaian dari design dengan target.

 

 

  •  Menentukan target dari user.
  • Menentukan design untuk menyesuaikannya dengan user.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.2

 

Kriteria untuk memilih visual, audio atau text delivery untuk menampilkan elemen informasi tertentu dijabarkan.

 

 

  • Mengetahui berbagai kriteria untuk memilih visual, audio, dan text.
 

  • Mempelajari kriteria pemilihan suatu media.
  • Mempraktekan cara menentukan visual, audio, dan text sesuai dengan kebutuhan.

 

 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.3

 

Bagaimana fungsi teks dapat bervariasi pada penampilan Multimedia untuk keperluan yang berbeda dijelaskan.

 

 

  • Mengetahui berbagai fungsi text.
  • Bisa melakukan berbagai setting dari text.
 

  • Mempelajari pengetahuan umum tentang typhography.
  • Mempelajari berbagai fungsi dari text.

 

 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria untuk memilih resolusi grafik dan format dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

 

  • Mengerti tentang konsep resolusi.
  • Mengetahui berbagai tipe image.
  • Mengetahui keuntungan dan kekurangan masing-masing tipe image.

 

 

  • Mempelajari teori resolusi.
  • Mempelajari berbagai tipe image.
  • Mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.5

 

Kriteria untuk memilih format audio untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

 

  • Mengetahui berbagai tipe audio.
  • Mengetahui keuntungan dan kekurangan masing-masing tipe audio.

 

 

  • Mempelajari berbagai tipe audio.
  • Mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe audio.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.6

 

Kriteria untuk memilih format video untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

 

  • Mengetahui berbagai tipe video.
  • Mengetahui keuntungan dan kekurangan masing-masing tipe video.

 

 

  • Mempelajari berbagai tipe video.
  • Mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe video.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.7

 

Kriteria untuk memilih format animasi untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

 

  • Mengetahui jenis-jenis animasi.
  • Mengetahui berbagai tipe animasi.
  • Mengetahui keuntungan dan kekurangan masing-masing tipe animasi.

 

 

  • Mempelajari perbedaan animasi 2D dan 3D.
  • Mempelajari berbagai tipe animasi.
  • Mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe animasi.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.8

 

Platform multimedia dan persyaratan sistem komputer untuk produk multimedia yang berbeda diidentifikasi.

 

 

  • Bisa menentukan platform dari suatu multimedia.
  • Bisa menetukan spesifikasi komputer sesuai dengan platform.

 

 

  • Mempelajari berbagai platform multimedia.
  • Mempelajari kebutuhan spesifikasi komputer dari masing-masing platform.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.9

 

Software yang sesuai untuk membuat produk multimedia diidentifikasi.

 

 

  • Mampu menentukan software, sesuai dengan kebutuhan industri.
 

  • Mendefinisikan lingkup dari sebuah industri multimedia.
  • Mengidentifikasikan kebutuhan piranti lunak dari masing-masing bagian.

 

 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

4.10

 

Fungsi-fungsi pada sebuah sistem navigasi efektif dijabarkan.

 

 

  • Mengetahui konsep navigasi yang baik pada suatu multimedia.

 

 

  • Mempelajari konsep navigasi dalam multimedia.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

5.1

 

Teori warna dari warna additive (terang); RGB dijelaskan.

 

 

  • Mengetahui konsep warna RGB.
  • Mengetahui penggunaan warna RGB.

 

 

  • Mempelajari teori pewarnaan RGB.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

5.2

 

Teori warna dari warna subtractive (pigmen);        CMYK dijelaskan.

 

 

  • Mengetahui konsep warna CMYK.
  • Mengetahui penggunaan warna CMYK.

 

 

  • Mempelajari teori pewarnaan CMYK.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

5.3

 

Hubungan antara range warna visual RGB dan         CMYK dijelaskan.

 

 

  • Mengetahui hubungan warna antara RGB dan CMYK.

 

 

  • Mencari hubungan antara RGB dan CMYK.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

5.4

 

Hubungan antara bayangan dan bagian berwarna gelap untuk koreksi pada suara dan warna dijelaskan.

 

 

  • Mengetahui hubungan antara bayangan dan bagian bewarna gelap.
  • Mengetahui teknik koreksi pada suara dan warna.

 

 

  • Mempelajari konsep bayangan dan daerah bewarna gelap.
  • Memepelajari teknik koreksi pada suara.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

6.1

 

Elemen biaya utama pada produksi multimedia diidentifikasi.

 

 

  • Mampu menghitung biaya dari suatu produksi multimedia.
 

  • Mengidentifikasikan seluruh elemen biaya produksi multimedia.
  • Mengkalkulasikan seluruh elemen biaya tersebut.

 

 

  • Buku Informasi

 

  • Internet
 

6.2

 

Cara untuk meminimalkan penggunaan material tanpa mempengaruhi kualitas hasil diidentifikasi.

 

 

  • Mampu mengefektifkan seluruh elemen biaya.
  • Mampu melakukan kontrol dari kualitas produk.

 

 

  • Mencari ketidak efektifan dari anggaran biaya produksi.
  • Mempelajari konsep Quality Control.
 

  • Buku Informasi

 

  • Internet

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

Memperagakan Pengetahuan dan Syarat – Syarat Multimedia

 

3.1 Tugas Teori

        Tugas tertulis dapat digunakan oleh panitia untuk mengidentifikasi kesiapan Anda untuk melaksanakan penilaian unjuk kerja.

 

Penilaian akan menggunakan satu atau lebih pertanyaan untuk setiap elemen, jika penilai kurang puas dengan kesiapan Anda dalam melakukan Penilaian Unjuk Kerja, maka rencana pelatihan atau Penilaian Unjuk Kerja  ulang /remidial akan dibicarakan antara Anda dengan Penilai.

 

  1. Elemen yang merupakan bagian dari sebuah multimedia adalah…

(KUK 1.1)

  1. Image.
  2. Video.
  3. Teks.
  4. Animasi.
  5. Semua Benar.

 

  1. Yang bukan termasuk multimedia interaktif adalah:

(KUK 1.2)

  1. a.   Multimedia Games.
  2. b.   Website.
  3. Film animasi.
  4. d.   Online Portfolio.
  5. e.   Company Profile.

 

  1. Untuk mencegah kerugian besar akibat ketidak sesuaian hasil cetakan, maka yang perlu dilakukan adalah…

(KUK 1.3)

  1. a.   Proofing
  2. b.   Authoring
  3. c.   Drafting
  4. d.   Editing
  5. e.   Plotting

 

  1. Yang merupakan cara untuk memperoleh image, adalah…

(KUK 3.1)

  1. a.   Scanning, Camera, dan Designing.
  2. b.   Camera, authoring, dan designing.
  3. c.   Authoring, plotting, dan Scanning.
  4. d.   Drafting, Authoring, dan Scanning.
  5. e.   Camera, Designing, dan Drafting.

 

  1. proses untuk mentransmisikan sebuah design digital dan berbagai instruksinya dari sebuah file menjadi cetakan langsung tanpa melalui pembuatan film separasi, disebut:

(KUK 3.1)

  1. a.   Direct to Plates
  2. b.   Direct to Press
  3. c.   Direct to Print
  4. d.   Direct to Film
  5. e.   Direct to File

 

  1. Sebutan untuk image berbasikan garis adalah…

(KUK 3.2)

  1. a.   Halftones
  2. b.   Duotones
  3. c.   Separasi
  4. d.   Lines
  5. e.   Dot Art

 

  1. Sebutan untuk image berbasiskan titik adalah…

(KUK 3.2)

  1. a.   Halftones
  2. b.   Duotones
  3. c.   Separasi
  4. d.   Lines
  5. e.   Dot Art

 

  1. Sebutan untuk image berbasiskan titik tetapi memiliki dua warna adalah…

(KUK 3.2)

  1. a.   Halftones
  2. b.   Duotones
  3. c.   Separasi
  4. d.   Lines
  5. e.   Dot Art

 

  1. Sudut yang digunakan untuk menghasilkan cetakan terbaik dari sebuah halftones adalah….

(KUK 3.3)

  1. 90 Derajat.
  2. 45 Derajat.
  3. 30 Derajat.
  4. 60 Derajat.
  5. 25 Derajat.

 

10. Proses permintaan persetujuan dari client, melalui media elektronik, disebut….

(KUK 3.4)

  1. a.   Digital Proofing
  2. b.   Authoring
  3. c.   Analog Proofing
  4. d.   Manual Proofing
  5. e.   Dummy.

 

11. Proses untuk menyamakan kontras dan warna antara komputer client dan percetakan disebut.

(KUK 3.5)

  1. a.   authoring
  2. b.   Editing
  3. c.   formating
  4. Kalibrasi
  5. e.   Monitor Setting.

 

12. Yang disebut Additive Colour adalah…

(KUK 5.1)

  1. CMYK
  2. b.   Black and White
  3. c.   Grayscale
  4. RGB
  5. e.   Duotones

 

13. Yang disebut Subtractive Colour adalah…

(KUK 5.2)

  1. CMYK
  2. b.   Black and White
  3. c.   Grayscale
  4. RGB
  5. e.   Duotones

 

14. Warna magenta diperoleh dari penggabungan warna additive

(KUK 5.3)

  1. Green dan Yellow.
  2. Blue dan Cyan
  3. Green dan Red
  4. Blue dan Green
  5. Blue dan Red

 

15. Warna Cyan diperoleh dari penggabungan warna additive

(KUK 5.3)

  1. Green dan Yellow.
  2. Blue dan Cyan
  3. Green dan Red
  4. Blue dan Green
  5. Blue dan Red

 

16. Yang tidak termasuk dalam biaya pada industri multimedia adalah…

(KUK 6.1)

  1. Biaya pembangunan proyek
  2. Biaya produksi
  3. Biaya testing
  4. Biaya distribusi
  5. Biaya training

 

17. Teknik untuk mempersiapkan berbagai kemungkinan untuk menghadapi permasalahan disebut…

(KUK 6.2)

  1. a.   Scenario Schene
  2. b.   Risk Management
  3. c.   Threat Management
  4. d.   Solution Schene
  5. e.   Threat Schene

 

18. Tipe image yang memiliki ukuran paling besar, karena tidak ada proses pengecilan adalah…

(KUK 4.4)

  1. JPEG
  2. TIFF
  3. BMP
  4. GIF
  5. MIDI

 

19. JPEG merupakan singkatan dari…

(KUK 4.4)

  1. Joints Photographic Expert Group
  2. Joints Photo Expert Graphic
  3. Joints Photo Expert Group
  4. Joints Photographic Excellent Graphic
  5. Joints Photo Excellent Group

 

20. Yang bukan merupakan format audio adalah…

(KUK 4.5)

  1. MP3
  2. MP4
  3. WAV
  4. MOV
  5. MIDI

 

21. Format video yang digunakan pada negara US adalah…

(KUK 4.6)

  1. NTSC
  2. PAL
  3. SECAM
  4. HDTV
  5. ATSC DTV

 

22. HDTV memiliki tingkat resolusi garis untuk setiap framenya sebanyak…

(KUK 4.6)

  1. 625 garis
  2. 525 garis
  3. 1080 garis
  4. 1024 garis
  5. 768 garis

 

23. Yang merupakan software untuk pembuatan animasi 3D adalah

(KUK 4.7)

  1. Maya
  2. Photoshop
  3. Flash
  4. InDesign
  5. Illustrator

 

24. Yang merupakan software untuk Image Editing adalah

(KUK 4.9)

  1. Maya
  2. Photoshop
  3. Flash
  4. 3D’Max
  5. Adobe Premiere

 

 

25. Ilmu yang mempelajari tentang huruf adalah

(KUK 4.3)

  1. a.   Typhography.
  2. b.   Fontgraphy.
  3. c.   Literary.
  4. d.   Langguage Analysis.
  5. e.   Thesaurus.

 

Bobot nilai untuk setiap soal teori di atas adalah 2, jadi total nilai untuk soal teori adalah 50.

 

 

 

3.2 Tugas Unjuk Kerja

       

  1. Buat sebuah perencanaan industri Multimedia. Tentukan Lingkupnya, dan buat perencanaan kebutuhan biayanya. (kuk 1.2, kuk 1.3)

 

  1. Buat suatu brosur untuk dicetak. (kuk 4.1, kuk 4.3, kuk 4.4, kuk 4.9, kuk 5.1)

 

Bobot nilai untuk masing-masing soal adalah 25 sehingga total nilai untuk keseluruhan adalah 100.

 


3.3 Daftar Cek Unjuk Kerja

 

        Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi, untuk keterangan lengkap setiap point bisa dilihat pada bagian elemen kompetensi.

 

Kode unit

: TIK.MM02.054.01

Judul Unit

: Mengoperasikan Piranti Lunak Presentasi

No Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

  1. Menampilkan pengetahuan multimedia dan industri percetakan

 

    1.1.   Istilah dan perbendaharaan kata bidang multimedia digunakan secara benar dan akurat.

 

   
    1.2.   Ruang lingkup produksi multimedia dideskripsikan.

 

   
    1.3.   Permasalahan sehubungan dengan pembuatan produk percetakan dan produk yang berhubungan dengan multimedia dideskripsikan.

 

   
  1. Menampilkan pengetahuan tentang kebijakan & peraturan pemerintah

    2.1.   rinsip dasar dan kewajiban sehubungan dengan bidang berikut: copyright, K3, perlindungan lingkungan, akses dan kejelasan, penghargaan industri dijabarkan.

 

   
  1. Menampilkan pengetahuan proses pra cetak
    3.1.   Prinsip dasar dibalik fungsi-fungsi pra cetak berikut: produksi image (typesetting, scanning, graphic arts camera), penggabungan image (manual dan elektronik), image output (film, plates, direct to press) dijabarkan.

 

   
    3.2.   Berbagai tipe image (line, half-tone, dll) dan kegunaannya dijabarkan.

 

   
    3.3.   Jenis output setting yang berbeda, misalnya pengukuran layar dan sudut (angles), bentuk, dll dan menjelaskan bagaimana hal-hal tersebut mempengaruhi hasil akhir produk cetak diidentifikasi.

 

   
    3.4.   Berbagai jenis output yang dibutuhkan untuk jenis media dan proses percetakan yang berbeda diidentifikasi.

 

   
    3.5.    Berbagai jenis output devide, seperti film setters, plate setters, analogue proofs, digital proofs diidentifikasi.

 

   
  1. Menampilkan pengetahuan teknik multimedia dan persyaratannya

 

    4.1.   Desain yang sesuai atau tidak sesuai untuk multimedia diidentifikasi.

 

   
    4.2.   Kriteria untuk memilih visual, audio atau text delivery untuk menampilkan elemen informasi tertentu dijabarkan.

 

   
    4.3.   Bagaimana fungsi teks dapat bervariasi pada penampilan Multimedia untuk keperluan yang berbeda dijelaskan.

 

   
    4.4.   Kriteria untuk memilih resolusi grafik dan format dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

   
    4.5.   Kriteria untuk memilih format audio untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

   
    4.6.   Kriteria untuk memilih format video untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

   
    4.7.   Kriteria untuk memilih format animasi untuk multimedia dijabarkan dan diidentifikasi keuntungan dan keterbatasan dari berbagai format.

 

   
    4.8.   Platform multimedia dan persyaratan sistem komputer untuk produk multimedia yang berbeda diidentifikasi.

 

   
    4.9.   Software yang sesuai untuk membuat produk multimedia diidentifikasi.

 

   
    4.10.    Fungsi-fungsi pada sebuah sistem navigasi efektif dijabarkan.

 

   
  1. Mengetahui dasar teori warna
    5.1.   Teori warna dari warna additive (terang); RGB dijelaskan.

 

   
    5.2.   Teori warna dari warna subtractive (pigmen);        CMYK dijelaskan.

 

   
    5.3.   Hubungan antara range warna visual RGB dan         CMYK dijelaskan.

 

   
    5.4.   Hubungan antara bayangan dan bagian berwarna gelap untuk koreksi pada suara dan warna dijelaskan.

 

 

   
  1. Mengetahui dasar biaya produksi
    6.1.   Elemen biaya utama pada produksi multimedia diidentifikasi.

 

   
    6.2.   Cara untuk meminimalkan penggunaan material tanpa mempengaruhi kualitas hasil diidentifikasi.

 

   
Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan

Aspek – aspek penting dalam pengujian

 

Testimoni

Filed under : blog, tags: