Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Memfasilitasi Proses Pembelajaran PLK.MP02.009.01

Dec
18
2014
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 51 Lt. 6.A Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

DAFTAR ISI ————————————————————————————-  1

BAB  I     PENDAHULUAN———————————————————————- 2

  1. Latar Belakang—————————————————————— 2
  2. Tujuan —————————————————————————  2
  3. Metoda Penilaian   ————————————————————-  3

BAB II    PENILAIAN TEORI …………………………………………………………………….   4

  1. Lembar Penilaian Pengetahuan ———————————————–  4

BAB III  PENILAIAN PRAKTIK ………………………………………………………………….  11

  1. Lembar Penilaian Keterampilan ———————————————– 11

BAB IV   PENILAIAN SIKAP KERJA …………………………………………………………….  18

  1. Lembar Penilaian Sikap Kerja ————————————————  18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.   Latar Belakang

Buku penilaian untuk unit kompetensi Memfasilitasi Proses Pembelajaran dibuat sebagai konsekuensi logis dalam pelatihan berbasis kompetensi yang telah menempuh tahapan penerimaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja melalui buku informasi dan buku kerja. Setelah latihan-latihan (exercise) dilakukan berdasarkan Buku Kerja maka untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimilikinya perlu dilakukan uji komprehensif secara utuh per unit kompetensi dan materi uji komprehensif itu ada dalam buku penilaian ini.

 

  1. B.   Tujuan

Adapun tujuan dibuatnya buku penilaian ini, yaitu untuk menguji kompetensi peserta pelatihan setelah selesai menempuh buku informasi dan buku kerja secara komprehensif dan berdasarkan hasil uji inilah peserta akan dinyatakan kompeten atau belum kompeten terhadap unit kompetensi Memfasilitasi Proses Pembelajaran pascapelatihan.

 

  1. C.   Metoda Penilaian

 

  1. Metoda Penilaian Pengetahuan
    1. Tes Tertulis

Untuk menilai pengetahuan yang telah disampaikan selama proses pelatihan terlebih dahulu dilakukan tes tertulis melalui pemberian materi tes dalam bentuk tertulis yang dijawab secara tertulis juga. Untuk menilai pengetahuan dalam proses pelatihan materi tes disampaikan lebih dominan dalam bentuk obyektif tes, dalam hal ini  jawaban singkat, menjodohkan, benar-salah, dan pilihan ganda. Tes essay bisa diberikan selama tes essay tersebut tes essay tertutup, tidak essay terbuka, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi faktor subyektif penilai.

 

 

 

  1. Tes Wawancara

Tes wawancara dilakukan untuk menggali atau memastikan hasil tes tertulis sejauh itu diperlukan. Tes wawancara ini dilakukan secara perseorangan antara penilai dengan peserta uji/peserta pelatihan. Penilai sebaiknya lebih dari satu orang.

 

  1. Metoda Penilaian Keterampilan
    1. Tes Simulasi

Tes simulasi ini digunakan untuk menilai keterampilan dengan menggunakan media bukan yang sebenarnya, misalnya menggunakan tempat kerja tiruan (bukan tempat kerja yang sebenarnya), obyek pekerjaan disediakan atau hasil rekayasa sendiri, bukan obyek kerja yang sebenarnya.

  1. Aktivitas Praktik

Penilaian dilakukan secara sebenarnya, di tempat kerja sebenarnya dengan menggunakan obyek kerja sebenarnya.

 

  1. Metoda Penilaian Sikap Kerja
    1. Observasi

Untuk melakukan penilaian sikap kerja digunakan metoda observasi terstruktur, artinya pengamatan yang dilakukan menggunakan lembar penilaian yang sudah disiapkan sehigga pengamatan yang dilakukan mengikuti petunjuk penilaian yang dituntut oleh lembar penilaian tersebut. Pengamatan dilakukan pada waktu peserta uji/peserta pelatihan melakukan keterampilan kompetensi yang dinilai karena sikap kerja melekat pada keterampilan tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PENILAIAN TEORI

Unit kompetensi : Memfasilitasi Proses Pembelajaran
     
     
Pelatihan :  Instruktur
     
Waktu : 60 menit
     
  1. A.    Tugas Pengetahuan 1 : Menjalin hubungan kerja yang baik pada situasi pembelajaran
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesaian Tugas : 30 menit
Soal Tugas :  
  1. Tolong anda sebutkan dan jelaskan enam macam metoda melatih.

Jawab

 

a)        Ceramah

Ceramah adalah metoda dimana Instruktur menyajikan informasi kepada siswa melalui pemakaian kata-kata, isyarat-isyarat, ekspresi-ekspresi wajah dan nada suara s

b)       Diskusi

Diskusi adalah metoda dimana para kelompok, melengkapi informasi dalam responnya (tanggapannya) terhadap suatu topik tertentu. Peranan Instruktur umumnya terbatas pada memilih topik, mengawasi dan menjaga agar diskusi tetap pada materi dan merangsang seluruh siswa agar turut ambil bagian

c)        Tanya Jawab

Tanya jawab adalah metoda dimana para siswa melengkapi bahan-bahan pelajaran yang telah dipelajari dengan memberikan jawaban secara lisan atau tindakan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara langsung oleh Instruktur dan sebaliknya. Pada waktu mengajar metoda ini sering dikombinasikan dengan metoda lainnya.

d)       Ceramah Bengkel.

Ceramah bengkel adalah metoda dimana Instruktur menyajikan informasi dengan menjelaskan dan memperlihatkan benda-benda atau ilustrasi kepada siswa, sehingga kata-kata yang digunakan menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti.

Metoda ini umumnya diberikan didalam bengkel dengan menjelaskan rencana kerja atau latihan dan biasanya dilengkapi dengan metoda demonstrasi

 

e)        Demonstrasi

Demonstrasi adalah metoda dimana Instruktur menggunakan model atau benda nyata untuk menyajikan/menjelaskan langkah-langkah suatu proses atau prosedur dengan memperlihatkan secara nyata. Instruktur menjelaskan apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya, mengapa dilakukan, bila dan dimana dilakukan. Pada waktu mengajar metoda demonstrasi ini sering dikombinasikan dengan metoda lainnya

f)         Praktik

Praktik adalah metoda yang memberikan kemungkinan pada siswa, untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari untuk meningkatkan keterampilan mereka

 

  1. Ada sepuluh ketentuan penggunaan suara dalam berkomunikasi instruksional. Tolong anda sebutkan dan jelaskan, minimal tujuh ketentuan.

Jawab

Penggunaan Suara dalam Berkomunikasi Instruksional

  1. a.        Atur waktu sehingga peserta pelatihan mempunyai kesempatan untuk berpikir dan bertanya bila diperlukan;
  2. b.        Berbicara dengan ucapan yang benar;
  3. c.        Jangan berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat agar peserta dapat mengikuti dengan baik;
  4. d.        Ucapkanlah kata-kata dengan jelas dan cukup keras untuk dapat didengar seluruh peserta pelatihan;
  5. e.        Berbicaralah menghadap peserta sehingga seluruh peserta pelatihan merasa bahwa mereka diajak berbicara dan instruktur dapat mengontrol kelas;
  6. f.         Jangan menyampaikan kata-kata pada waktu menulis di papan tulis, kertas chart atau alat peraga lainnya;
  7. g.        Jangan berbicara dengan nada monoton karena dapat membosankan peserta pelatihan;
  8. h.        Berikan tekanan pada nada ucapan informasi yang penting;
  9. i.         Pada waktu berbicara bersikaplah sebagai instruktur yang baik agar tidak diremehkan peserta pelatihan;
  10. j.         Pada waktu berbicara jangan melakukan gerakan-gerakan yang tidak perlu karena dapat menganggu perhatian/konsentrasi peserta pelatihan.

 

  1. Seorang instruktur waktu mengajar harus melakukan empat tahapan. Tolong  sebutkan dan jelaskan secara singkat empat tahapan tersebut.

Jawab

  1. a.  Tahap Pendahuluan (Introduction/Preparation)

Tahap pendahuluan dibagi dua bagian:

1)   Persiapan instruktur untuk mengajar:

2)   Menyiapkan peserta pelatihan untuk menerima materi pelatihan:

a)      Mencek kehadiran peserta pelatihan, dengan cara memanggil satu per satu atau menghitung jumlahnya kemudian dicocokkan dengan daftar hadir peserta dengan catatan jangan gunakan waktu terlalu lama untuk ini;

b)     Memperkenalkan judul pelajaran, di samping diucapkan, juga dsampaikan secara tertulis. Kemudian lakukan diskusi singkat dengan peserta pelatihan tentang judul tersebut;

c)      Melakukan apersepsi, menghubungkan materi yang akan disajikan dengan materi sebelumnya sehingga jelas kaitannya;

d)     Mengecek pengetahuan peserta pelatihan, dengan melakukan tanya jawab singkat untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta sebelumnya tentang materi yang akan disajikan. Dengan demikian, pelajaran dapat dimulai dari apa yang sudah diketahui peserta pelatihan;

e)      Menyampaikan tujuan belajar, agar para peserta pelatihan mengetahui dengan jelas kemampuan apa yang akan diperoleh setelah pelatihan selesai. Dalam hal ini juga disampaikan manfaat apa yang diperoleh termasuk arah yang akan dipelajari.

  1. b.    Tahap Penyajian

Bila peserta pelatihan telah benar-benar siap menerima materi pelatihan, barulah instruktur menyajikan isi pelajaran. Penyampaian isi pelajaran, baik teori maupun praktik merupakan tahap penyajian. Instruktur menjelaskan dengan metoda yang tepat.

1)     Menjelaskan

2)     Melukiskan/menggambarkan

3)     Mendemonstrasikan .

4)     Bertanya

  1. c.     Tahap Aplikasi

Pada tahap ini peserta diberi kesempatan untuk memperoleh pengalaman dengan melakukan sendiri apa yang sudah diajarkan. Aplikasi dilaksanakan dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan materi pelatihan.

1)     Untuk pelajaran teori.

2)     Untuk pelajaran praktik

  1. d.    Tahap Evaluasi

Tahap evaluasi merupakan tahap yang sangat membantu, baik untuk instruktur maupun peserta dalam penentuan tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran.

 

  1. Salah satu tugas instruktur adalah menentukan isi dan rencana pelajaran. Dalam tugas ini ada lima kegiatan yang harus dilakukan. Sebutkan kelima kegiatan tersebut.

Jawab

  1. Tahap Pendahuluan (Introduction/Preparation)
  2. Tahap Penyajian
  3. Tahap Aplikasi
  4. Tahap Evaluasi
  5. Instruktur juga mempunyai tugas mengikuti kegiatan dinas lainnya, di samping tugas mengajar. Dalam hal ini paling tidak ada dua kegiatan yang harus diikuti. Sebutkan kedua kegiatan tersebut.

Jawab

  1. Mengikuti kegiatan upgrading, baik di dalam maupun di luar kantor;
  2. Mengikuti rapat-rapat dinas.

 

  1. Sebutkan minimal sepuluh ciri-ciri instruktur yang baik.

 

Jawab:

  1.  Sehat jasmani dan rohani
  2. Sportif, obyektif, dan jujur
  3. Menguasai bidang keahliannya
  4. Menguasai metodologi pelatihan
  5. Menyenangi bidang pelatihan dan bersedia mengajar
  6. Dapat bekerja sama, baik dengan atasan, rekan sejawat, dan peserta pelatihan
  7. Mendahulukan kepentingan dinas daripada kepentingan pribadi
  8. Mempunyai wibawa
  9. Kreatif dan selalu menambah pengetahuan
  10. Mempunyai pengalaman kerja sesuai dengan bidang keahliannya
  11. Berdisiplin dan bertanggung jawab
  12. Sikap mental dan tingkah lakunya baik
  13. Mampu berkomunikasi dengan baik
  14. Bersedia menolong orang lain dan senang membantu peserta pelatihan belajar

 

 

 

 

 

 

  1. Bagaimana menentukan kualitas instruktur dari hasil penilaian peserta pelatihan.

Jawab

  1. Ketentuan rentang kualitas instruktur

1)       Siapkan lembaran angket sebanyak jumlah peserta pelatihan

2)       Bagikan lembaran angket tersebut kepada setiap peserta selesai mengajar dalam satu penyajian, satu unit kompetensi, atau secara periodik (mingguan, bulanan).

3)       Jelaskan kepada peserta bahwa anda sebagai instruktur memer-lukan masukan untuk perbaikan mengajar

4)       Peserta pelatihan tidak perlu mencantumkan nama mereka

5)       Setiap item pada kolom penilaian diberi tanda silang (X) atau cek (Ö) di tengah-tengah, tidak boleh pada garis antara dua kolom

6)       Kumpulkan semua lembaran angket sebanyak jumlah peserta

7)       Hitung tanda silang atau cek pada setiap item sesuai dengan hasil penilaian.

8)       Berikan bobot pada setiap nilai secara tingkatan, misalnya A=5, B=4, C=3, D=2, E=1.

9)       Hitung nilai rata-rata dengan rumus sbb.:

Nri

=

S(ni X W)

p

Nri          : nilai rata-rata setiap item pertanyaan

ni : banyaknya tanda silang/cek setiap kategori

W : bobot kategori

P   : jumlah peserta pelatihan.

 

  1. Cara menghitung nilai rata-rata akhir.

-      Berikan bobot pada setiap nilai secara tingkatan, misalnya A=5, B=4, C=3, D=2, E=1.

-      Hitung nilai rata-rata dengan rumus sbb.:

Nri

=

S(ni X W)

p

Nri          : nilai rata-rata setiap item pertanyaan

ni : banyaknya tanda silang/cek setiap kategori

W : bobot kategori

P   : jumlah peserta pelatihan.

 

  1. Sebutkan sedikitnya lima petunjuk bagi instruktur bagaimana memperlakukan peserta pelatihan.

Jawab

  1. Siswa adalah orang yang terpenting dalam pelaksanaan tugas melatih
  2. Siswa adalah tidak tergantung pada instruktur, tetapi instruktur yang tergantung pada siswa
  3. Siswa bukan perintang usaha instruktur, melainkan merupakan tujuan usaha instruktur
  4. Siswa merupakan keuntungan bagi instruktur bila mereka datang berkunjung, bukan sebaliknya
  5. Siswa adalah bagian dari usaha instruktur, mereka bukan orang luar
  6. Siswa juga manusia yang mempunyai pikiran dan perasaan seperti instruktur
  7. Siswa bukanlah lawan untuk bertengkar atau bertanding
  8. Siswa adalah seseorang yang menyampaiakan keinginannya, sedangkan instruktur yang mempunyai tugas untuk memenuhi keinginan tersebut
  9. Siswa sewajarnya mendapat pelayanan dan keramah-tamahan dari instruktur

 

  1. Sebutkan sedikitnya lima  kewajiban peserta pelatihan dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Jawab

  1. Mematuhi perintah instruktur dalam rangka proses belajar-mengajar (pembelajaran);
  2. Mematuhi tata tertib yang diberlakukan selama proses pembelajaran;
  3. Menanyakan materi pelatihan yang sedang dipelajari apabila dirasa belum dipahami sehingga betul-betul materi tersebut dapat dipahami/dikuasai;
  4. Memberikan saran/masukan kepada instruktur agar materi pelatihan dapat dipelajari dengan mudah;
  5. Ikut menjaga/memelihara suasana kelas agar kondusif untuk belajar apabila belajar secara kelas.

 

10. Sebutkan dan jelaskan enam hal yang harus diperhatikan untuk membuat lingkungan belajar yang kondusif.

Jawab

  1. Penerangan/cahaya
  2. Peragaan yang Menarik (interesting display)
  3. Sanitasi
  4. Kebersihan dan Keindahan
  5. Warna dinding ruangan
  6. Temperatur dan Ventilasi


Lembar Evaluasi Tugas Teori Menjalin hubungan kerja yang baik pada situasi pembelajaran

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

                  

No.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Menjalin hubungan kerja yang baik pada situasi pembelajaran dijawab dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan?

 

YA

TIDAK

 

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

  1. B.    Tugas Pengetahuan 2: Menerapkan  bimbingan yang tepat dalam situasi pembelajaran
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesaian Tugas : 60 menit
Soal Tugas :  
  1. Dalam mengidentifikasi materi bimbingan/pelatihan ada tujuh prinsip yang harus diperhatikan. Sebutkan ketujuh prinsip tersebut.

Jawab

  1. Memilih materi bimbingan berdasarkan prioritasnya
  2. Memilih materi bimbingan berdasarkan waktu
  3. Memilih materi bimbingan berdasarkan nilai belajar
  4. Memilih materi bimbingan berdasarkan fasilitas pelatihan
  5. Memilih materi bimbingan berdasarkan pada kekhususan
  6. Memilih materi bimbingan berdasarkan kemungkinan segera digunakan
  7. Memilih materi bimbingan berdasarkan frekuensi penggunaan

 

  1. Ada lima faktor yang menjadi penyebab terjadinya perbedaan individu. Sebutkan kelima faktor tersebut.

Jawab

  1. Kemampuan Mental
  2. Kondisi Fisik
  3. Lingkungan
  4. Latar Belakang Kebudayaan
  5. Keadaan Emosional

 

  1. Ada tiga cara untuk mengatasi peserta pelatihan yang memiliki kemampuan belajar yang cepat. Sebutkan ketiga cara tersebut.

Jawab

  1. Instruktur menganjurkan, mendorong peserta tersebut untuk melaksanakan pekerjaan praktis agar lebih maju;
  2. Instruktur menganjurkan, mendorong peserta tersebut untuk membaca buku-buku yang berkaitan dengan materi yang sedang diajarkan;
  3. Instruktur menyarankan agar peserta tersebut membantu peserta lain yang lambat belajarnya.

 

  1. Bagaimana anda mengatasi peserta pelatihan yang memiliki kemampuan belajar yang lambat. Paling tidak anda sebutkan tiga cara.

Jawab

  1. Instruktur membimbing peserta tersebut secara individu sesuai dengan kemampuannya;
  2. Instruktur memberikan pujian pada peserta tersebut bila diperlukan;
  3. Instruktur menggunakan lembaran instruksi yang lebih jelas agar mudah dipahami;
  4. Instruktur menganjurkan kepada peserta tersebut agar belajar lebih giat lagi dan selalu meningkatkan kemampuannya

 

  1. Peserta pelatihan juga memiliki ‘kemampuan menilai’. Bagaimana anda menyikapi ‘kemampuan menilai’ peserta pelatihan tersebut? Sebutkan empat hal yang anda lakukan.

Jawab

  1. Menyiapkan diri setiap saat
  2. Bekerja secara sistematis
  3. Mengatur tempat kerja dengan baik
  4. Menunjukkan contoh yang baik dalam penampilan dan tingkah laku.

 

  1. Bagaimana anda bersikap bahwa peserta pelatihan sebagai manusia memiliki sifat khilaf/keliru/salah? Sebutkan lima sikap anda.

Jawab

  1. Mengulangi instruksi untuk menunjukkan di mana letak kesalahannya;
  2. Mengarahkan peserta pelatihan untuk membetulkan kesalahan-kesalahannya sendiri;
    1. Menunjukkan kepada peserta pelatihan cara kerja yang benar dan tepat;
    2. Menjaga jangan sampai peserta mendapat malu
    3. Memberikan pembetulan-pembetulan dengan cepat dan tepat.

 

  1. Sebutkan lima prinsip simulasi dalam proses pembelajaran.

Jawab

  1. Semua peserta pelatihan harus terlibat langsung menurut peran masing-masing;
  2. Penentuan topik disesuaikan dengan kemampuan peserta pelatihan;
  3. Petunjuk simulasi diberikan terlebih dahulu;
  4. Dalam simulasi hendaknya digambarkan situasi secara lengkap dan menyeluruh;
  5. Hendaknya diusahakan terintegrasinya beberapa ilmu

 

  1. Dalam melakukan simulasi ada sepuluh langkah. Sebutkan kesepuluh langkah tersebut.

Jawab

  1. Menentukan topik dan tujuan simulasi;
  2. Memberikan gambaran secara garis besar tentang simulasi tersebut;
  3. Mengorganisasikan kebutuhan simulasi;
  4. Menunjuk/memilih peserta mana yang akan berperan;
  5. Menjelaskan kepada peserta yang sudah ditunjuk tentang peran yang akan dimainkan;
  6. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempersiapkan diri;
  7. Menetapkan lokasi dan waktu simulasi;
  8. Melaksanakan simulasi;
  9. Melakukan evaluasi dan umpan-balik;
  10. Mengulang simulasi.

 

  1. Dalam menghadapi kelompok kecil atau perseorangan ada empat keterampilan yang harus dikuasai instruktur. Sebutkan keempat keterampilan tersebut.

Jawab

  1. Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi, misalnya:
  2. Keterampilan mengorganisasi, misalnya:
  3. Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar, misalnya:
  4. Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan

 

  1. Dalam mengelola kelas ada enam prinsip yang harus diperhatikan. Sebutkan keenam prinsip tersebut.

 

Jawab

  1. Kehangatan dan keantusiasan;
  2. Penggunaan bahan-bahan yang menantang menggairahkan semangat belajar peserta;
  3. Perlu dipertimbangkan penggunaan variasi media, gaya mengajar, dan pola interaksi;
  4. Diperlukan keluwesan tingkah laku instruktur dalam mengubah strategi mengajarnya untuk mencegah gangguan-gangguan yang timbul;
  5. Penekanan hal-hal yang positif dan menghindari pemusatan perhatian peserta pada hal-hal yang negatif;
  6. Mendorong peserta pelatihan untuk mengembangkan disiplin diri sendiri dengan cara memberi contoh dalam perbuatan instruktur sehari-hari.

 

 


Lembar Evaluasi Tugas Teori Menerapkan  bimbingan yang tepat dalam situasi pembelajaran

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

                  

No.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

Apakah semua pertanyaan tugas menerapkan  bimbingan yang tepat dalam situasi pembelajaran dijawab dengan benar  dengan waktu yang telah ditentukan?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 


  1. C.    Tugas Pengetahuan 3: Memonitor proses pembelajaran dalam situasi pembelajaran
Perintah Tugas : Jawablah soal di bawah ini pada kertas yang telah disediakan
Waktu Penyelesaian Tugas : 60 menit
Soal Tugas :  

 

  1. Sebutkan enam pedoman mengidentifikasi proses pembelajaran sesuai dengan situasi pembelajaran.

Jawab

Adapun pedoman mengidentifikasi proses pembelajaran sesuai dengan situasi pembelajaran sebagai berikut:

  1. Menyiapkan lembar penilaian proses pembelajaran seperti tabel 5;
  2. Menyiapkan kriteria penilaian seperti tabel 6;
  3. Melakukan penilaian proses pembelajaran sesuai dengan lembar penilaian yang sudah disiapkan berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan;
  4. Menghitung hasil penilaian;
  5. Mengidentifikasi item-item mana yang nilaianya masih kurang;
  6. Menyimpulkan hasil penilaian.

 

  1. Sebutkan enam cara menilai tahapan pembelajaran.

Jawab

  1. a.          Isi lembar penilaian dengan tanda cek (Ö) pada kolom nilai berdasarkan kriteria penilaian terhadap unjuk kerja instruktur dalam proses pembelajaran;
  2. b.         Hitung tanda cek setiap kolom sehingga diperoleh banyaknya nilai A, B C, dan D;
  3. c.          Kalikan banyaknya setiap kolom tersebut dengan bobot masing-masing;
  4. d.         Hasil penjumlahan setiap kolom nilai merupakan nilai akhir;
  5. e.          Tetapkan berhasil atau belum berhasil dengan cara membandingkan nilai akhir tersebut berdasarikan standar keberhasilan;
  6. f.           Buat rekomendasi hasil penilaian item-item mana yang perlu diperbaiki atau belum sesuai dengan proses pembelajaran yang benar.

 

  1. Sebutkan tiga cara melaporkan hasil penilaian.

Jawab

Cara melaporkan hasil penilaian

  1. Himpun/salin hasil penilaian tahapan pembelajaran;
  2. Buat lembar isian tabel laporan hasil penilaian tahapan pembelajaran seperti tabel 7;
  3. Isi lembar isian sesuai dengan hasil penilaian dan rekomendasinya.

 

Lembar Evaluasi Tugas Teori Memonitor proses pembelajaran dalam situasi pembelajaran

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani.

                  

No.

Benar

Salah

1.

2.

3.

 

Apakah semua pertanyaan Tugas Teori Memonitor proses pembelajaran dalam situasi pembelajaran dijawab dengan benar  dalam waktu yang telah ditentukan?

 

YA

TIDAK

 

NAMA

TANDA TANGAN

PESERTA ………………………………………. ……………………………..
PENILAI ………………………………………. ……………………………..

 

Catatan  Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

.

  1. D.   Isian

PETUNJUK UMUM

Jawablah materi tes ini pada lembar jawaban/kertas yang sudah disediakan.

Modul  terkait dengan unit kompetensi agar disimpan. Bacalah materi tes secara cermat dan teliti.

Lengkapilah pernyataan di bawah ini dengan menuliskan jawabannya saja berdasarkan pilihan jawaban di kolom kanan.

  1. Yang dimaksudkan dengan hubungan kerja yang baik pada situasi pembelajaran adalah hubungan antara instruktur dan peserta pelatihan sedemikian rupa sehingga ……….. dapat berjalan dengan lancar sampai mencapai tujuan pembelajaran seperti yang telah ditetapkan.
  2. Metoda melatih dengan cara menyajikan/ menyampaikan informasi kepada peserta pelatihan melalui penggunaan kata-kata, isyarat, ekspresi wajah dan nada suara saja disebut metoda ………..
  3. Peserta pelatihan cepat jenuh merupakan salah satu kekurangan dalam metoda…………….
  4. Proses penyampaian materi pelatihan oleh seorang instruktur kepada peserta pelatihan berdasarkan ketentuan berkomunikasi dalam mengajar/melatih disebut …………
  5. Peserta pelatihan dalam proses komunikasi sebagai …… yang merupakan salah satu unsurnya.
  6. Mengatur ruangan (kelas/bengkel) seperti ventilasi, penerangan merupakan bagian kegiatan…….. dalam tahapan mengajar.
  7. Menghubungkan materi yang akan disajikan dengan materi sebelumnya sehingga jelas kaitannya merupakan kegiatan …………
  8. Dalam pelatihan berbasis kompetensi pengetahuan yang disampaikan kepada peserta pelatihan adalah pengetahuan yang ……… kalau dilihat berdasarkan prioritasnya.
  9. Ada beberapa peserta pelatihan mempelajari aspek-aspek pelatihan tertentu lebih mudah daripada peserta lain merupakan salah satu faktor karena adanya perbedaan dalam ……………
  10. Semua peserta pelatihan harus terlibat langsung menurut peran masing-masing merupakan salah satu prinsip dalam melakukan proses pembelajaran …………..
 

  1. simulasi
  2. diskusi
  3. apersepsi
  4. harus diketahui
  5. ceramah
  6. kemampuan mental
  7. ceramah
  8. komunikan
  9. komunikasi instruksional

10. pendahuluan

11. proses belajar-mengajar

12. review

 

 

 

 

 

 

 

 


  1. E.    Benar-Salah
   

Nyatakan pernyataan di bawah ini benar atau salah dengan cara menulis huruf B kalau Benar dan huruf S kalau Salah.

B

S

1.

Metoda melatih ’ceramah bergambar’ digunakan untuk menjelaskan prosedur .

B

S

2.

Untuk menggambarkan prinsip kerja dan konstruksi, metoda melatih yang digunakan adalah metoda ceramah bergambar.

B

S

3.

Sebaiknya instruktur segera menunjuk peserta pelatihan begitu selesai mangajukan pertanyaan secara lisan.

B

S

4.

Metoda tanya jawab digunakan untuk mengembangkan cara berpikir.

 

B

S

5.

Jangan menyampaikan kata-kata pada waktu menulis di papan tulis, kertas chart atau alat peraga lainnya.

B

S

6.

Memperkenalkan judul pelajaran, di samping diucapkan, juga dsampaikan secara tertulis.

 

B

S

7.

Waktu melakukan demonstrasi atur peserta sedemikian rupa sehingga mereka berada pada posisi seperti kedudukan instruktur.

 

B

S

8.

Rumus menghitung nilai rata-rata item penilaian adalah jumlah nilai item dikalikan bobot dibagi banyaknya item penilaian.

B

S

9.

Dalam mengatasi perbedaan emosional, instruktur menganjurkan peserta pelatihan untuk mengembangkan disiplin sendiri.

B

S

10.

Menghimpun hasil penilaian tahapan pembelajaran merupakan salah satu cara dalam menilai tahapan pembelajaran.

 

 

 

  1. F.    Pilihan Ganda

Jawablah pertanyaan/pernyataan di bawah ini dengan cara memilih pilihan jawaban yang tepat dan menuliskan huruf  a/b/c/d yang sesuai dengan pilihan tersebut.

  1. Mempertinggi efisiensi penggunaan waktu latihan merupakan salah satu keuntungan dalam menggunakan metoda melatih …..
a. ceramah bergambar b. tanya-jawab
c. demonstrasi d. praktik
  1. Salah satu kewajiban  ketua kelompok diskusi adalah …..
a. Hati-hati dalam melakukan pengamatan secara logis, mengajukan usul dan menarik kesimpulan b. selalu siap menyampaikan pendapatnya
c. memusatkan perhatian pada diskusi d. menahan diri untuk berpendapat
  1. Salah satu keuntungan menggunakan metoda diskusi adalah …….
a. fasilitas tidak banyak dibutuhkan b. dapat digunakan secara luas
c. sejumlah besar informasi dapat ditinjau kembali dalam waktu yang relatif singkat d. keaktifan peserta pelatihan tinggi
  1. Keefektifan dalam proses komunikasi dapat diketahui dari salah satu unsurnya, yaitu ………..
a. komunikator b. pesan
c. komunikan d. umpan balik
  1. Melakukan tanya-jawab dengan menciptakan suasana kompetitif merupakan kegiatan dalam langkah melatih ………….
a. pendahuluan b. penyajian
c. aplikasi d. evaluasi
  1. menentukan isi dan rencana pelajaran sehingga diperoleh kebutuhan pelatihan merupakan hasil dari kegiatan ….
a. menganalisis pekerjaan b. menafsirkan kurikulum dan silabus
c. menentukan tujuan pembelajaran d. menentukan isi pelajaran
  1. ciri instruktur yang baik yang berkaitan dengan kemampuannya mentrasfer keahliannya kepada siswanya adalah ………
a. menguasai bidang keahliannya b. menguasai metodologi pelatihan
c. menyenangi bidang pelatihan dan bersedia mengajar d. mampu berkomunikasi dengan baik
  1. Penataan ruangan kelas/bengkel yang berpengaruh secara psikologis adalah ………….
a. penerangan b. ventilasi/saluran udara
c. warna d. sanitasi
  1. Keragaman ketangkasan peserta pelatihan terjadi karena adanya perbedaan ……….
a. kemampuan mental b. kondisi fisik
c. lingkungan d. latar belakang budaya
  1. salah satu keterampilan mengorganisasi adalah ……….
a. membangun hubungan saling mempercayai b. menunjukkan kesiapan membantu
c. memvariasikan kegiatan d. menjadi pendengar yang baik

 

 

 

 

 


 

  1. G.    Essay
    1. Buatkan gambar skema penggunaan suarakomunikasi instruksional berdasarkan materi pelatihan yang telah anda terima.
    2. Jelaskan  melalui tabel apa perbedaan pengajaran mikro dan pengajaran makro.

 

 

CEK LIS PENILAIAN PENGETAHUAN

NO. KUK

NO. SOAL

KUNCI JAWABAN

JAWABAN PESERTA

KETERANGAN

K

BK

Isian

   

 

proses belajar mengajar  

 

ceramah  

 

ceramah  

 

komunikasi instruksional  

 

komunikan  

 

pendahuluan  

 

apersepsi  

 

harus diketahui  

 

kemampuan mental  

 

   10.

simulasi  

 

B-S

   

 

1.

B

 

 

2.

S

 

 

3.

S

 

 

4.

S

 

 

5.

B

 

 

6.

B

 

 

7.

B

 

 

8.

S

 

 

9.

B

 

 

10.

S

 

 

PG

   

 

1.

c

 

 

2.

a

 

 

3.

d

 

 

4.

d

 

 

5.

c

 

 

6.

a

 

 

7.

b

 

 

8.

c

 

 

9.

b

 

 

10.

c

 

 
  1. KUNCI JAWABAN TUGAS TEORI  ESSAY

 

Penggunaan Suara dalam Berkomunikasi Instruksional

 

2.

Perbedaan Pengajaran Mikro dan Pengajaran Makro

HAL YANG DIBANDINGKAN

PENGAJARAN MAKRO

PENGAJARAN MIKRO

Banyaknya siswa 30-40 orang 5-10 orang
Waktu Mengajar 30-45 menit 10-15 menit
Materi Pelatihan luas Sempit/terbatas pada aspek yang sederhana
Fokus Keterampilan yang terin-tegrasi dengan materi pelatihan Terisolasi, yakni pada keterampilan dasar mengajar dan bukan pada materi pelatihan
Umpan Balik - Rekaman Videdo dan Audio, lembar observasi

BAB III

PENILAIAN PRAKTIK

  1. A.    Lembar Penilaian Keterampilan
    1. Tugas Unjuk Kerja Memfasilitasi Proses Pembelajaran
      1. Waktu              : 180 Menit
      2. Alat                           : laptop, infocus, layar, laser pointer, peralatan pendukung

lainnya sesuai dengan pokok bahasan

  1. Bahan              : lesson plan dan bahan sesuai dengan pokok bahasan,

lembar penilaian proses pembelajaran, kriteria penilaian

  1. Indikator Unjuk Kerja  :
    1. Mampu mewujudkan hubungan kerja yang baik antara peserta dengan instruktur dengan situasi lingkungan pembelajaran dalam bentuk saling memahami peran masing-masing
    2. Mampu mengidentifikasi materi bimbingan sesuai dengan situasi pembelajaran
    3. Mampu melaksanakan proses pembelajaran simulasi dengan lancar, tertib sesuai dengan rencana
    4. Mampu melaksanakan proses pembelajaran secara individu, kelompok kecil dan kelompok besar
    5. Mampu mengidentifikasi proses pembelajaran sesuai dengan situasi pembelajaran
    6. Mampu memonitor proses pembelajaran sesuai dengan situasi pembelajaran
    7. Mampu melaporkan hasil penilaian proses pembelajaran sesuai dengan situasi pembelajaran
    8. Standar Kinerja
      1. Selesai dikerjakan tidak melebihi waktu yang telah ditetapkan.
      2. Toleransi kesalahan 5% (lima persen), tetapi tidak pada aspek kritis.
      3. Instruksi Kerja
        1. Siapkan informasi tentang tugas dan kewajiban peserta pelatihan
        2. Informasikan tugas dan kewajiban peserta pelatihan kepada peserta pelatihan
        3. Lakukan tanya-jawab dengan peserta hingga tercipta suasana kompetitif, tetapi tetap saling menghormati antar mereka
        4. Siapkan informasi tentang tugas dan peran instruktur
        5. Informasikan tugas dan peran instruktur kepada peserta pelatihan
        6. Lakukan tanya jawab tentang tugas dan peran instruktur hingga peserta memahaminya
        7. Siapkan materi bimbingan/pelatihan sesuai dengan urutan penyampaian
        8. Identifikasi metoda pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan penyampaian materi pelatihan
        9. Siapkan sarana/peralatan berdasarkan metoda pelatihan yang dipilih
        10. Buat lesson plan sesuai dengan ketentuan dan format yang standard
        11. Sampaikan materi bimbingan berdasarkan lesson plan
        12. Lakukan komunikasi instruksional waktu menyampaikan materi pelatihan
        13. Identifikasi materi bimbingan dari program pelatihan
        14. Tetapkan materi bimbingan berdasarkan prioritas dan waktu yang dibutuhkan
        15. Pilih bentuk simulasi yang akan digunakan sesuai dengan materi bimbingan
        16. Informasikan kepada peserta bentuk simulasi yang akan dilakukan
        17. Atur pembagian peran peserta pelatihan
        18. Laksanakan simulasi
        19. Lakukan pendekatan individu
        20. Berikan bantuan terhadap kesulitan siswa
        21. Bicarakan rencana kegiatan bersama siswa
        22. Berikan kasus yang bersifat menantang untuk dipecahkan
        23. Identifikasi proses pembelajaran berdasarkan metoda, komunikasi instruksional, dan tahapan melatih
        24. Siapkan lembar penilaian proses pembelajaran
        25. Siapkan kriteria penilaian
        26. Lakukan penilaian proses pembelajaran sesuai dengan lembar penilaian yang sudah disiapkan berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan
        27. Hitung hasil penilaian
        28. Identifikasi item-item mana yang nilaianya masih kurang
        29. Simpulkan hasil penilaian
        30. Siapkan lembar isian laporan penilaian proses pembelajaran
        31. Himpun data hasil penilaian
        32. Masukkan data hasil penilaian proses pembelajaran ke dalam lembar isian
        33. Sampaikan laporan hasil penilaian kepada pihak terkait.
        34. Langkah Kerja
          1. Menginformasikan tugas dan peran instruktur kepada peserta pelatihan
          2. Lakukan tanya jawab tentang tugas dan peran instruktur hingga peserta memahaminya
          3. Menyiapkan materi bimbingan/pelatihan sesuai dengan urutan penyampaian
          4. Mengidentifikasi metoda pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan penyampaian materi pelatihan
          5. Menyiapkan sarana/peralatan berdasarkan metoda pelatihan yang dipilih
          6. Membuat lesson plan sesuai dengan ketentuan dan format yang standard
          7. Menyampaikan materi bimbingan berdasarkan lesson plan
          8. Melakukan komunikasi instruksional waktu menyampaikan materi pelatihan
          9. Mengidentifikasi materi bimbingan dari program pelatihan
          10. Menetapkan materi bimbingan berdasarkan prioritas dan waktu yang dibutuhkan
          11. Memilih bentuk simulasi yang akan digunakan sesuai dengan materi bimbingan
          12. Menginformasikan kepada peserta bentuk simulasi yang akan dilakukan
          13. Mengatur pembagian peran peserta pelatihan
          14. Melaksanakan simulasi
          15. Melakukan pendekatan individu
          16. Memberikan bantuan terhadap kesulitan siswa
          17. Membicarakan rencana kegiatan bersama siswa
          18. Memberikan kasus yang bersifat menantang untuk dipecahkan
          19. Menyidentifikasi proses pembelajaran berdasarkan metoda, komunikasi instruksional, dan tahapan melatih
          20. Menyiapkan lembar penilaian proses pembelajaran
          21. Menyiapkan kriteria penilaian
          22. Melakukan penilaian proses pembelajaran sesuai dengan lembar penilaian yang sudah disiapkan berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan
          23. Menghitung hasil penilaian
          24. Mengidentifikasi item-item mana yang nilaianya masih kurang
          25. Menyimpulkan hasil penilaian
          26. Menyiapkan lembar isian laporan penilaian proses pembelajaran

aa. Menghimpun data hasil penilaian

bb.Memasukkan data hasil penilaian proses pembelajaran ke dalam lembar isian

  1. Menyampaikan laporan hasil penilaian kepada pihak terkait.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CHECKLIST AKTIFITAS PRAKTEK / OBSERVASI

(INDIKATOR UNJUK KERJA SKILL / ATTITUDE)

 

NO UNIT                :  PLK.MP02.009.01

JUDUL UNIT :  Memfasilitasi Proses Pembelajaran

NAMA ASESI :  …………………………………………………………………………..

INDIKATOR UNJUK KERJA

TUGAS

HAL-HAL YANG DIAMATI

PENILAIAN

K

BK

  1. Mampu mewujudkan hubungan kerja yang baik antar peserta pelatihan dalam proses pembelajaran dalam bentuk saling memahami peran masing-masing
1.1    Siapkan informasi tentang tugas dan kewajiban peserta pelatihan

1.2    Informasikan tugas dan kewajiban peserta pelatihan kepada peserta pelatihan

1.3    Lakukan tanya-jawab dengan peserta hingga tercipta suasana kompetitif, tetapi tetap saling menghormati antar mereka

  • § Tugas dan kewajiban peserta pelatihan

 

  • § Komunikasi instruksional

 

 

  • § Metoda tanya jawab

 

 

  1. Mampu mewujudkan hubungan kerja yang baik antara peserta dengan instruktur dalam bentuk saling memahami peran masing-masing
2.1    Siapkan informasi tentang tugas dan peran instruktur

2.2    Informasikan tugas dan peran instruktur kepada peserta pelatihan

2.3    Lakukan tanya jawab tentang tugas dan peran instruktur hingga peserta memahaminya

  • § Tugas dan peran instruktur

 

  • § Komunikasi instruksional

 

  • § Metoda tanya jawab

 

 

  1. Mampu mewujudkan hubungan kerja yang baik antara peserta dengan instruktur dengan situasi lingkungan pembelajaran dalam bentuk saling memahami peran masing-masing
3.1    Siapkan materi bimbingan/pelatihan sesuai dengan urutan penyampaian

3.2    Identifikasi metoda pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan penyampaian materi pelatihan

3.3    Siapkan sarana/peralatan berdasarkan metoda pelatihan yang dipilih

3.4    Buat lesson plan sesuai dengan ketentuan dan format yang standard

3.5    Sampaikan materi bimbingan berdasarkan lesson plan

3.6    Lakukan komunikasi instruksional waktu menyampaikan materi pelatihan

  • § Program pelatihan

 

 

 

  • § Metoda Melatih

 

 

 

 

  • § Kesesuaian peralatan dengan materi pelatihan

 

  • § Lesson plan

 

 

  • § Tahapan Melatih

 

 

  • § Komunikasi instruksional

 

 

  1. Mampu mengidentifikasi materi bimbingan sesuai dengan situasi pembelajaran
4.1    Identifikasi materi bimbingan dari program pelatihan

4.2    Tetapkan materi bimbingan berdasarkan prioritas dan waktu yang dibutuhkan

  • § Pedoman memilih materi bimbingan

 

  • § Ketepatan materi yang dipilih

 

 

  1. Mampu melaksanakan proses pembelajaran simulasi dengan lancar, tertib sesuai dengan rencana
5.1    Pilih bentuk simulasi yang akan digunakan sesuai dengan materi bimbingan

5.2    Informasikan kepada peserta bentuk simulasi yang akan dilakukan

5.3    Atur pembagian peran peserta pelatihan

5.4    Laksanakan simulasi

5.5    Awasi pelaksanaan simulasi

  • § Kesesuaian bentuk simulasi dengan materi bimbingan
  • § Komunikasi instruksional

 

  • § Kesesuaian peran

 

  • § Pedoman simulasi
  • § Pedoman pengawasan simulasi

 

 

  1. Mampu melaksanakan proses pembelajaran secara individu, kelompok kecil dan kelompok besar
6.1    Lakukan pendekatan individu

6.2    Berikan bantuan terhadap kesulitan siswa

6.3    Bicarakan rencana kegiatan bersama siswa

6.4    Berikan kasus yang bersifat menantang untuk dipecahkan

  • § Komunikasi individual

 

  • § Komunikasi kelompok kecil dan besar/kelas

 

 

  1. Mampu mengidentifikasi proses pembelajaran sesuai dengan situasi pembelajaran
7.1    Identifikasi proses pembelajaran berdasarkan metoda, komunikasi instruksional, dan tahapan melatih
  • § Pedoman mengidentifi-kasi proses pembelajaran

 

 

  1. Mampu memonitor proses pembelajaran sesuai dengan situasi pembelajaran
8.1    Siapkan lembar penilaian proses pembelajaran

8.2    Siapkan kriteria penilaian

8.3    Lakukan penilaian proses pembelajaran sesuai dengan lembar penilaian yang sudah disiapkan berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan;

8.4    Hitung hasil penilaian;

8.5    Identifikasi item-item mana yang nilaianya masih kurang;

8.6    Smpulkan hasil penilaian

  • § Format lembar penilaian proses pembelajaran
  • § Kriteria penilaian
  • § Pedoman penilaian proses pembelajaran

 

 

  1. Mampu melaporkan hasil penilaian proses pembelajaran sesuai dengan situasi pembelajaran
9.1    Siapkan lembar isian laporan penilaian proses pembelajaran

9.1    Himpun data hasil penilaian

 

  • § Lembar isian laporan penilaian proses pembelajaran
  • § Pedoman pembuatan laporan hasil penilaian

 

 

 

  9.2    Masukkan data hasil penilaian proses pembelajaran ke dalam lembar isian

9.3    Sampaikan laporan hasil penilaian kepada pihak terkait

 

 

 

 

 

Catatan :

 

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

Tanda Tangan Asesi :  ………………………….

 

 

Tanda Tangan Asesor:  …………………………..

 

 

 

 

 

BAB IV

PENILAIAN SIKAP KERJA

CEK LIS PENILAIAN SIKAP KERJA

Merumuskan Permasalahan Pelatihan di Daerah

INDIKATOR UNJUK KERJA

NO. KUK

K

BK

KETERANGAN

  1. Harus bertindak ramah, sabar, simpatik dan impatik

1.1

     
  1. Harus bertindak ramah, sabar, simpatik dan impatik

1.2

     
  1. Harus bertindak ramah, sabar, simpatik dan impatik

1.3

     
  1. Harus cermat, teliti, dan taat asas

2.1

     
  1. Harus Sabar, ramah, simpatik, empatik, cermat, teliti, tegas, kreatif.

2.2

     
  1. Harus Sabar, ramah, simpatik, empatik, cermat, teliti, tegas, kreatif

2.3

     
  1. Harus cermat, teliti, dan obyektif

3.1

     
  1. Harus cermat, teliti, tegas, dan beyektif

3.2

     
  1. Harus cermat, teliti, tegas, dan obyektif

3.3

     

 

Catatan :

 

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

Tanda Tangan Asesi :  ………………………….

 

 

Tanda Tangan Asesor:  …………………………..

 

 

Testimoni

artikel lainnya Memfasilitasi Proses Pembelajaran PLK.MP02.009.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Saturday 4 April 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI          …

Wednesday 12 August 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     MELAKUKAN PERAWATAN HARDDISK…

Thursday 22 May 2014 | blog

PROPOSAL USAHA PUDDING RIA RASA   DATA PRIBADI Nama                          : EVA YANTI Tempat dan Tgl lahir           …

Monday 25 August 2014 | blog

Tes Lisan Satuan pendidikan  : SMP Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia Kelas                       : VII Kompetensi dasar  …