Home » blog » Membuat Struktur Data TIK.PR02.003.01
Filed: blog
Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

 

 

MEMBUAT STRUKTUR DATA

TIK.PR02.003.01

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………. 1

 

BAB I    STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………………. 2

 

1.1.           Unit Kompetensi yang Dipelajari …………………………………………  2

1.1.1        Kode Unit …………………………………………………………..  2

1.1.2        Judul Unit …………………………………………………………..  2

1.1.3        Deskripsi Unit ……………………………………………………..  2

1.1.4        Elemen Kompetensi ………………………………………………  2

1.1.5        Batasan Variabel …………………………………………………..  4

1.1.6        Panduan Penilaian ………………………………………………..  4

 

1.2.           Kompetensi Kunci ……………………………………………………………  6

 

BAB II   TAHAPAN BELAJAR ……………………………………………………………………  7

 

BAB III  TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA ………………………………………………….  12

 

3.1       Tugas Tertulis………………………………………………………………… 12

3.2       Tugas Unjuk Kerja…………………………………………………………… 21

3.3       Daftar Cek Unjuk Kerja ……………………………………………………..  25

 

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

1.1 Unit Kompetensi yang dipelajari

 

1.1.1 KODE UNIT           :        TIK.PR02.003.01

 

1.1.2 JUDUL UNIT         :        Membuat Struktur Data

 

          1.1.3 DESKRIPSI UNIT   :       Unit ini menentukan kompetensi yang diperlukan        untuk mempelajari struktur data yang akan diterapkan pada setiap pemrograman yang akan dipakai. Struktur data merupakan materi dasar kelanjutan dari mengidentifikasi algoritma pemrograman dengan lingkup pembahasan pada           pemanfaatan array dan pointer untuk kasus – kasus yang mendekati kehidupan sehari-hari.

 

1.1.4 ELEMEN KOMPETENSI

 

ELEMEN KOMPETENSI

 

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Menerapkan konsep data

dan struktur data

1.1      Program dengan berbagai tipe data dibuat.

1.2     Program dengan tipe data array dan pointer dibuat.

 

02     Menerapkan array dan record 2.1     Algoritma program dengan array dan pengoperasiannya berupa pencarian dan pengurutan dibuat.

2.2     Algoritma program dengan record seperti pembuatan / penambahan, pengisian, pengubahan dan penghapusan record dibuat.

2.3     Algoritma program dengan array dan record dibuat.

03     Menerapkan pointer 3.1      Algoritma program dengan tipe data pointer dibuat.

3.2      Algoritma program manipulasi data (penambahan, pengurangan, pengisian data, dsb) tipe pointer dibuat.

04     Menerapkan list berkait 4.1     Macam-macam list berkait dijelaskan. List berkait dapat berupa list tunggal, list yang tercatat alamat awal dan akhir, list ganda dsb.

4.2     Algoritma program dengan operasi list berkait dibuat. Operasi list berkait yang diterapkan berupa pembuatan elemen list, penambahan data ke dalam elemen, penyambungan elemen ke dalam list, pemutusan elemen dari list.

4.3     List berkait dengan tipe array dibuat. Dengan penggunaan array sebagai list, maka komponen list  harus tetap direalisasikan.

4.4     List berkait dengan tipe pointer dibuat. Dengan penggunaan pointer sebagai list maka komponen list  harus tetap direalisasikan.

05     Menerapkan list berkait 5.1     List berkait dalam model antrian (queue) dalam array dan pointer dibuat. Model antrian direalisasikan.

5.2     List berkait untuk model tumpukan (stack) dibuat. Model tumpukan direalisasikan dalam bentuk array dan pointer.

5.3     List berkait untuk model graph dibuat. Model graph direalisasikan dalam bentuk array pointer.

5.4     List berkait untuk model pohon dibuat. Model pohon direalisasikan dalam bentuk array dan pointer.

5.5     List terkait untuk model Hash table dibuat. Model hash table direalisasikan dalam bentuk array dan pointer.

06     Mengoperasikan file secara list berkait 6.1 List berkait untuk pencarian file indeks dioperasikan. Penulisan file berbasis indeks banyak digunakan terutama untuk menyimpan data yang terorganisasi guna percepatan dalam proses pencarian dilakukan berdasarkan indeks yang telah disimpan pada list.

 

   1.1.5  BATASAN VARIABEL

 

1.       Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.

2.       Membuat struktur data bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

   1.1.6  PANDUAN PENILAIAN

 

1.       Pengetahuan dan keterampilan penunjang untuk mendemontrasikan kompetensi, diperlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini :

 

1.1         Pengetahuan dasar :

1.1.1  Mengidentifikasi algoritma pemrograman.

1.1.2    Menguasai bahasa pemrograman.

1.2     Keterampilan Dasar.

1.2.1  Mengoperasikan sistem komputer.

1.2.2  Mengoperasikan bahasa pemrograman.

2.       Konteks penilaian

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau di tempat lain secara praktek dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

3.       Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan

3.1     Kemampuan membuat algoritma program menggunakan array dan pointer.

3.2         Kemampuan mengidentifikasi penerapan list berkait sesuai dengan model yang akan direalisasikan (queue, stack, graph, tree atau hash table).

3.3         Kemampuan mengidentifikasi pengoperasian file dengan menerapkan model list  berkait.

 

4.       Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1         Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar teknologi informasi:

4.1.1    Mengoperasikan PC dan sistem operasi

4.1.2    TIK.PR02.001.01 Membuat algoritma pemrograman Dasar.

4.1.3    TIK.PR02.002.01 Membuat algoritma pemrograman lanjut

4.1.4    TIK.PR02.008.01 Mengoperasikan pemrograman terstruktur.

 

4.2         Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

1.2 Kompetensi Kunci

 

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

1

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

2

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  • Penyajian bahan, pengajaran, peserta dan penilai harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  • Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  • Peserta harus mengenali berbagai jenis peralatan yang umum digunakan.

 

 

KUK

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1

 

Menerapkan konsep data dan struktur data Program dengan berbagai tipe data dibuat
  • Mengetahui berbagai macam tipe data

 

 

  • Mengetahui pemakaian array dan pointer
  • Manual Pemrograman Borland C
 

  • Internet

 

 

Program dengan tipe data array dan pointer dibuat

 

2

 

 

 

 

 

 

 

Menerapkan array dan record Algoritma program dengan array dan pengoperasiannya berupa pencarian dan pengurutan dibuat
  • Membuat algoritma berupa sorting dan searching

 

  • Membuat algoritma dengan record aritmatika

 

  • Membuat algoritma array dan record
  • Manual Pemrograman Borland C
 

 

  • Internet

 

Algoritma program dengan record seperti pembuatan/ penambahan, pengisian, pengubahan dan penghapusan record dibuat
Algoritma program dengan array dan record dibuat.

 

3 Menerapkan pointer Algoritma program dengan tipe data pointer dibuat.
  • Membuat algoritma dengan pointer

 

  • Membuat algoritma manipulasi data
  • Manual Pemrograman Borland C
 

 

  • Internet

 

Algoritma program manipulasi data (penambahan, pengurangan, pengisian data, dsb) tipe pointer dibuat

 

4 Menerapkan list berkait Macam-macam list berkait dijelaskan. List    berkait dapat berupa list tunggal, list yang tercatat alamat awal dan akhir, list ganda dsb

 

  • Mengetahui bermacam-macam Linked-List

 

  • Membuat algoritma dengan bermacam-macam Linked-List

 

  • Membuat algoritma dengan array berdasarkan bermacam-macam Linked-List

 

  • Membuat algoritma dengan pointer berdasarkan bermacam-macam Linked-List

 

  • Manual Pemrograman Borland C

 

 

  • Internet

 

Algoritma program dengan operasi list berkait dibuat. Operasi list berkait yang diterapkan berupa pembuatan elemen list, penambahan data ke dalam elemen, penyambungan elemen ke dalam list, pemutusan elemen dari list.

 

List berkait dengan tipe array dibuat. Dengan penggunaan array sebagai list, maka komponen list harus tetap direalisasikan

 

List berkait dengan tipe pointer dibuat. Dengan penggunaan pointer sebagai list maka komponen list harus tetap direalisasikan

 

5 Menerapkan list berkait List berkait dalam model antrian queue) dalam array dan pointer dibuat. Model antrian direalisasikan

 

  • Membuat algoritma Linked-List dalam queue
  • Membuat algoritma stack dalam array dan pointer

 

  • Membuat algoritma graph dalam array dan pointer

 

  • Membuat algoritma tree dalam array dan pointer

 

  • Memahami algoritma hash table dalm array dan pointer
  • Manual Pemrograman Borland C
 

 

  • Internet

 

List  berkait untuk model tumpukan (stack) dibuat. Model tumpukan direalisasikan dalam bentuk array dan pointer

 

List  berkait untuk model graph dibuat. Model graph direalisasikan dalam bentuk array pointer

 

List  berkait untuk model pohon dibuat. Model pohon direalisasikan dalam bentuk array dan pointer

 

List  berkait untuk model Hash table dibuat. Model hash table direalisasikan dalam bentuk array dan pointer
6 Mengoperasikan file secara list berkait List  berkait untuk pencarian file indeks dioperasikan. Penulisan file berbasis indeks banyak digunakan terutama untuk menyimpan data yang terorganisasi guna percepatan dalam proses

pencarian dilakukan berdasarkan indeks yang telah disimpan pada list.

 

  • Membuat dan memahami algoritma pencarian file
  • Manual Pemrograman Borland C
 

 

  • Internet

 

 

 

 

 

 

 

 


 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

3.1.    Tugas Tertulis

 

Tugas tertulis dapat digunakan oleh panitia untuk mengidentifikasi kesiapan Anda untuk melaksanakan penilaian unjuk kerja.

 

Penilaian akan menggunakan satu atau lebih pertanyaan untuk setiap elemen, jika penilai kurang puas dengan kesiapan Anda dalam melakukan Penilaian Unjuk Kerja, maka rencana pelatihan atau Penilaian Unjuk Kerja ulang / remidial akan dibicarakan antara Anda dengan Penilai.

 

  1. Suatu tipe data terstruktur yang berupa sejumlah data sejenis (bertipe data sama) yang jumlahnya bisa statis ataupun dinamis dan diberi suatu nama tertentu adalah pengertian dari … (KUK 1.1) (KUK 1.2)
    1. Pointer
    2. Array
    3. Subscript
    4. Lingked-List

 

  1. Ciri algoritma program yang baik menurut Donald E. Knuth adalah, kecuali … (KUK 1.1)
    1. Output
    2. Efective
    3. Terminate
    4. Infinite

 

  1. char huruf[9];

int umur[10];

int kondisi[2] = {0,1}

int arr_dinamis[] = {1,2,3}

Dari penggalan program diatas, maksud dari int arr_dinamis[] adalah …   (KUK 2.1) (KUK 2.3)

  1. berarti mendeklarasikan array dengan ukuran minimum array tidak diketahui, namun ukuran tersebut diketahui berdasarkan inisialisasi yaitu sebanyak 3 elemen, yang isinya 1,2, dan 3.
  2. berarti mendeklarasikan array dengan ukuran minimum array diketahui, namun ukuran tersebut tidak diketahui berdasarkan inisialisasi yaitu sebanyak 3 elemen, yang isinya 1,2, dan 3.
  3. berarti mendeklarasikan array dengan ukuran maksimum array diketahui, namun ukuran tersebut tidak diketahui berdasarkan inisialisasi yaitu sebanyak 3 elemen, yang isinya 1,2, dan 3.
  4. Berarti mendeklarasikan array dengan ukuran maksimum array tidak diketahui, namun ukuran tersebut diketahui berdasarkan inisialisasi yaitu sebanyak 3 elemen, yang isinya 1,2, dan 3.

 

  1. Pada gambar dibawah ini angka 1, 2 dan 3 yang ditunjuk panah, berurutan adalah … (KUK 1.2)

 

  1. alamat, indeks, value.
  2. indeks, value, alamat.
  3. alamat, value, indeks.
  4. value, alamat, indeks.

Penggalan program ini untuk soal no. 5 dan 6

void main()

{

int vint = 55;   // i

int *pint;                  // ii

clrscr();

printf(”vint semula : ”, &vint);

pint = &vint;   // iii

*pint = 77;               // iv

printf(”\nvint sekarang : ”, &vint);

}

5.  Hasil output dari penggalan program diatas adalah … (KUK 3.1) (KUK 3.2)

a.  vint semula : 55

vint sekarang : 55

  1. vint semula : 55

vint sekarang : 77

  1. vint semula : 77

vint sekarang : 55

  1. vint semula : 77

vint sekarang : 77

 

6.  Pointer menunjuk ke vint, ditunjukkan oleh huruf … (KUK 3.1) (KUK 3.2)

a.  i

b.  ii

c.  iii

d.  iv

7.  Pernyataan yang bukan  mengenai pointer adalah … (KUK 3.1)

  1. Pointer berisi alamat memori dari suatu variabel tertentu.
  2. Deklarasi int *a;
  3. Bersifat statis
  4. Membutuhkan operator khusus “&” dan “ * ”.

 

  1. Salah satu bentuk struktur data, berisi kumpulan data (node) yang tersusun secara sekuensial, saling sambung menyambung, dinamis dan terbatas adalah pengertian dari … (KUK 4.1)

a.  Pointer

  1. Array
  2. Subscript
  3. Linked-List

 

9.  Kata dibawah ini yang benar dan berhubungan dengan karakteristik Linked-List adalah … (KUK 4.1)

  1. Sequential access
  2. Bersifat statis
  3. Random access
  4. Pengapusan Linked-List susah

 

10.     void tampil(){

TNode *bantu;

bantu = head;

 

if(isEmpty()==0){

while(bantu!=NULL){

cout<<bantu->data<<” “;

bantu=bantu->next;

}

cout<<endl;

} else cout<<”Masih kosong\n”;

}

Function diatas adalah untuk menampilkan isi dari … (KUK 4.2) (KUK 4.4)

  1.                         a.    Single Linked-List Circular
  2.                         b.    Single Linked-List Non Circular
  3.                         c.    Double Linked-List Non Circular
  4.                         d.    Double Linked-List Circular

 

11. Gambar dibawah ini adalah ilustrasi dari … (KUK 4.2) (KUK 4.3)

 

  1. Single Linked-List Circular

b.  Single Linked-List Non Circular

c. Double Linked-List Non Circular

d.  Double Linked-List Circular

 

12. Double Linked List Circular adalah linked list dengan menggunakan pointer, dimana setiap node memiliki 3 field yaitu … (KUK 4.2) (KUK 4.4)

  1. 2 field pointer yang menunjuk pointer berikutnya (next), dan 1 field menunjuk pointer sebelumnya (prev).
  2. 1 field menunjuk pointer sebelumnya (prev), serta 2 buah field yang berisi data untuk node tersebut.
  3. 1 field pointer yang menunjuk pointer berikutnya (next),serta 2 buah field yang berisi data untuk node tersebut.
  4. 1 field pointer yang menunjuk pointer berikutnya (next), 1 field menunjuk pointer sebelumnya (prev), serta sebuah field yang berisi data untuk node tersebut.

13. Untuk mengambil elemen teratas dari Stack, menggunakan fungsi …        (KUK 5.2)

  1. Pop
  2. Push
  3. isEmpty
  4. isFull

 

14. void TampilStack(){

for(int i=tumpuk.top;i>=0;i–) {

printf(“Data : %s\n”,tumpuk.data[i]);

}

}

Function diatas merupakan contoh fungsi dari operasi stack … (KUK 5.2) (KUK 5.4)

  1. Fungsi Pop
  2. Fungsi isEmpty
  3. Fungsi Print
  4. Fungsi Push

 

15. Untuk menambahkan elemen ke dalam Antrian (Queue), penambahan elemen selalu ditambahkan di elemen paling belakang, merupakan operasi dari queue yaitu … (KUK 5.1)

  1. Create()
  2. isEmpty()
  3. Dequeue()
  4. Enqueue()

 

 

 

 

 

16. Gambar dibawah ini adalah ilustrasi operasi queue yang mana? (KUK 5.1)

 

  1. Create()
  2. isEmpty()
  3. Dequeue()
  4. Enqueue()

 

17. Pada gambar tree dibawah ini Ancestor, Descendant, Parent dan Sibling ditunjukkan secara berurutan oleh huruf … (KUK 5.3) (KUK 5.4)

 

  1. B,A,F,G
  2. C&A, F&G, B, G
  3. F&G, B, E, A
  4. C&A, F, G, B

 

18. Tree dapat dibuat menggunakan Linked-List secara recursif. Linked-List yang digunakan adalah … (KUK 5.4)

  1. Double Linked-List
  2. Single Linked-List
  3. Double Linked-List Non Circular
  4. Single Linked-List Non Circular

 

19. Perhatikan gambar dibawah ini:

 

Hasil kunjungan InOrder (notasi infiks) dari gambar diatas adalah: (KUK 5.4)

  1. ABDGCEHIF
  2. GDBAHIEFCA
  3. ABCDEFGHI
  4. DGBAHEICF

 

20. Dibawah ini pernyataan yang benar mengenai PreOrder adalah … (KUK 5.4)

  1. Kunjungi left, cetak node yang dikunjungi, kunjungi right.
  2. Kunjungi left, kunjungi right, cetak node yang dikunjungi.
  3. Cetak node yang dikunjungi, kunjungi left, kunjungi right.
  4. Salah semua.

 

21. Fungsi dari Hash Table adalah … (KUK 5.5)

  1. Setiap key memiliki kemungkinan yang sama untuk di hash ke salah satu dari slot m tanpa tergantung pada key lain.
  2. Akan meminimalkan terjadinya kolisi.
  3. akan memaksimalkan terjadinya kolisi.
  4. a & b benar.

 

22. Sebelum file digunakan/diproses harus dibuka terlebih dahulu. Kita perlu mendefinisikan obyek file. Salah satu bentuk pernyataannya yang benar, adalah … (KUK 6.1)

 

a.  ofstream nama_variabel_file;

nama_variabel_file_input.open(“nama_file.txt”);

b. ofstream nama_variabel_file;

nama_variabel_file_output.open(“nama_file.txt”)

c. ofstream nama_variabel_file;

nama_variabel_file_output.open(“nama_file.txt”);

d.  ofstream nama_variabel_file

nama_variabel_file_input.open(“nama_file.txt”)

 

Function ini untuk soal no. 23 dan 24

#include <iostream.h>

#include <fstream.h>

 

void main(){

ofstream f;

f.open(“c:\\coba.txt”,ios::app);

cout<<”Penulisan dimulai…”<<endl;

f<<”hallo2″<<endl;

f<<”anton2″<<endl;

cout<<”Penulisan selesai.”<<endl;

f.close();

}

23. Function diatas menghasilkan file dengan nama … (KUK 6.1)

  1. coba.txt
  2. ios::app
  3. hallo2.txt
  4. anton2.txt

 

 

 

24. Function diatas akan menghasilkan sebuah file  .txt dengan isi … (KUK 6.1)

a. hallo

anton

hallo2

anton2

  1. anton

hallo

hallo2

anton2

  1. a & b benar
  2. a & b salah

 

25. Untuk menulis format  dalam file tertentu adalah … (KUK 6.1)

a.  int fscanf(fp, “Testing…\n”);

b.  int fprintf(fp, “Testing…\n”);

c.  int fputc( int c, FILE *fp );

d.  int fgetc (FILE *fp);

 

 

3.2.    Tugas Unjuk Kerja

  1. Perhatikan program bahasa C berikut, tentukan keluaran/output dan cara mendapatkan output tersebut! (KUK 1.1) (KUK 1.2) (KUK 3.1) (KUK 3.2)

#include <stdio.h>

#include <conio.h>

int a,b,p;

void ulang(int a,int *b){

p = a + *b;

*b = a;

a = p;

}

 

 

void alik(int *a,int b){

int p;

p = *a – b;

*a = b;

b = p;

}

 

void main(){

a = 5;

b = 17;

p = 10;

ulang(b,&a);

printf(“a = %d, b = %d, p = %d\n”,a,b,p);

alik(&a,b);

printf(“a = %d, b = %d, p = %d”,a,b,p);

}

 

2.  Perhatikan program bahasa C untuk algoritma selection sort berikut ini:

#include <stdio.h>

#include <conio.h>

void main(){

int a[] = {3, 21, 4, 7, 11, 23};

int n = 6;

int i, j, k, p, t;

 

printf(“p = 0, data = “);

for(k=0;k<n;k++)

printf(“%d “,a[k]);

printf(“\n”);

for(i=0;i<n-1;i++){

p = i;

for(j=i+1;j<n;j++){

if(a[j] > a[p]) p = j;

}

printf(“p = %d, data = “,p);

if(p != i){

t = a[p];

a[p] = a[i];

a[i] = t;

}

for(k=0;k<n;k++)

printf(“%d “,a[k]);

printf(“\n”);

}

}

Tuliskan output / tampilan dari program tersebut? (KUK 1.2) (KUK 2.1) (KUK 2.2) (KUK 2.3)

 

3.  Buatlah function untuk : (KUK 4.1) (KUK 4.2) (KUK 4.3) (KUK 4.4)

a.  Menampilkan isi single linked list non circular

b.  Menghapus semua elemen

c.  Mengetahui kosong tidaknya Linked-List

 

4.  Diketahui deklarasi tipe data struct sebagai berikut:

typedef struct Barang{

int kode;

int harga;

float berat;

Barang *lanjut;

};

Barang* br;

Gambarkan proses penghapusan dan buatlah function untuk menghapus barang dengan kode tertentu (misalkan nama variabelnya “kd”) pada tipe linked list di atas! (KUK 5.1) (KUK 5.2)

 

5.  a. Tuliskan function untuk membaca dari file dalam format field  tertentu!

(KUK 6.1)

b. Tuliskan function untuk menulis karakter ke file teks! (KUK 6.1)

c. Tuliskan output / tampilan dari program dibawah ini? (KUK 6.1)

#include <stdio.h>

#include <stdlib.h>

void main(){

FILE *fp;

if((fp=fopen(“C:\\anton.txt”,”w”))==NULL){

printf(“error!”);

exit(1);

}

fputs(“ABCDE\n”,fp);

printf(“alamat file : %p\n”,fp->buffer);

printf(“ukuran file : %d byte \n”,fp->bsize);

printf(“posisi file : %p\n”,fp->curp);

printf(“isi file :”);

for(int i=0;i<=4;i++){

printf(“%c”,*(fp->buffer+i));

}

printf(“\n”);

printf(“no pengenal file : %d\n”,fp->fd);

printf(“status file :\n”);

if((fp->flags & 1)==1) printf(“readonly\n”);

if((fp->flags & 2)==2) printf(“writeonly\n”);

if((fp->flags & 3)==3) printf(“read/write\n”);

if((fp->flags & 8)==8) printf(“file line\n”);

if((fp->flags & 16)==16) printf(“error\n”);

if((fp->flags & 32)==32) printf(“akhir file\n”);

if((fp->flags & 64)==64) printf(“file biner\n”); else printf(“file teks\n”);

if((fp->flags & 128)==128) printf(“data dari file\n”);

if((fp->flags & 256)==256) printf(“data ke file\n”);

if((fp->flags & 512)==512) printf(“file ada diterminal\n”); else printf(“file

di disk”);

fclose(fp);

}

 

 

3.3     Daftar Cek Unjuk Kerja

 

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

Kode unit

: TIK.PR02.003.01

Judul Unit

: Membuat Struktur Data

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1. Menerapkan konsep data dan struktur data

1.1 Program dengan berbagai tipe data dibuat.    

1.2 Program dengan tipe data array dan pointer dibuat.    
2. Menerapkan array dan record

2.1 Algoritma program dengan array dan pengoperasiannya berupa pencarian dan pengurutan dibuat.    

2.2 Algoritma program dengan record seperti pembuatan / penambahan, pengisian, pengubahan dan penghapusan record dibuat.    

2.3     Algoritma program dengan array dan record dibuat.    
3. Menerapkan pointer

3.1     Algoritma program dengan tipe data pointer dibuat.    

3.2     Algoritma program manipulasi data (penambahan, pengurangan, pengisian data, dsb) tipe pointer dibuat.

 

   
4. Menerapkan list berkait

4.1     Macam-macam list berkait dijelaskan. List berkait dapat berupa list tunggal, list yang tercatat alamat awal dan akhir, list ganda dsb.    

4.2     Algoritma program dengan operasi list berkait dibuat. Operasi list berkait yang diterapkan berupa pembuatan elemen list, penambahan data ke dalam elemen, penyambungan elemen ke dalam list, pemutusan elemen dari list.    

4.3 List berkait dengan tipe array dibuat. Dengan penggunaan array sebagai list, maka komponen list harus tetap direalisasikan.    

4.4     List berkait dengan tipe pointer dibuat. Dengan penggunaan pointer sebagai list maka komponen list harus tetap direalisasikan.    
5. Menerapkan list berkait

5.1     List berkait dalam model antrian (queue) dalam array dan pointer dibuat. Model antrian direalisasikan.    

5.2     List berkait untuk model tumpukan (stack) dibuat. Model tumpukan direalisasikan dalam bentuk array dan pointer.    

5.3     List berkait untuk model graph dibuat. Model graph direalisasikan dalam bentuk array pointer.    

5.4     List berkait untuk model pohon dibuat. Model pohon direalisasikan dalam bentuk array dan pointer.    

5.5     List berkait untuk model Hash table dibuat. Model hash table direalisasikan dalam bentuk array dan pointer.    
6. Mengoperasikan file secara list berkait

6.1     List berkait untuk pencarian file indeks dioperasikan. Penulisan file berbasis indeks banyak digunakan terutama untuk menyimpan data yang terorganisasi guna percepatan dalam proses pencarian dilakukan berdasarkan indeks yang telah disimpan pada list.    
Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan

Aspek – aspek penting dalam pengujian

 

Testimoni

Related Post Membuat Struktur Data TIK.PR02.003.01

Merancang Pembuatan Sarana Pendukung Pembelajaran PLK.MP02.005.01

Mengevaluasi Pelaksanaan Program Pelatihan PLK.MP02.012.01

Memasang Jaringan Nirkabel TIK.JK02.007.01

UNEG UNEG INFORMASI

Berkas Skripsi Fakultas Fisipol UNS