Advertisement
loading...

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

MEMBUAT PROGRAM UTILITAS

TIK.PR02.011.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI. 2

 

BAB I. 3

STANDAR KOMPETENSI. 3

1.1 Unit Kompetensi Yang Dipelajari 3

1.1.1 Kode dan Judul Unit 3

1.1.2 Deskripsi Unit 3

1.1.3 Elemen Kompetensi 3

1.1.4 Batasan Variabel 4

1.1.5 Panduan Penilaian. 5

1.1.6 Kompetensi Kunci 6

 

BAB  II. 7

TAHAPAN   BELAJAR. 7

 

BAB III. 12

TUGAS TEORI, UNJUK KERJA  DAN SIKAP KERJA. 12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

1.1 Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan criteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

1.1.1 Kode dan Judul Unit

Kode Unit     : TIK.PR02.011.01

Judul Unit     : Membuat Program Utilitas

 

1.1.2 Deskripsi Unit

Unit ini menentukan kompetensi yang diperlukan untuk mengembangkan program utilitas yang relatif kecil dalam sebuah bahasa prosedural, sebuah bahasa aplikasi atau bahasa scripting dari persyaratan yang diidentifikasikan.

 

1.1.3 Elemen Kompetensi

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01 Membuat kode untuk setiap modul atau segmen program.

 

1.1      Variabel-variabel dibuat dan digunakan menurut persyaratan.

 

1.2      Kode yang terstruktur dengan baik untuk setiap modul atau segmen program ditulis, penggunaan struktur kontrol yang tepat agar bekerja secara efisien.

 

1.3      Kode untuk penggabungan elemen-elemen media ditulis.

 

02 Menggabungkan kode penanganan error.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1  Area terjadinya error diidentifikasi.

 

2.2  Kode untuk penanganan lokasi error ditulis atau merujuk kepada rutin exception handling umum.

 

03 Menguji setiap modul atau segmen program

3.1  Tes data untuk pelengkap pengujian modul atau segmen program dirancang sesuai kebutuhan.

 

3.2  Output  yang benar dapat dihasilkan dari kode program yang dibuat dengan input yang diketahui, yaitu saat normal dan kondisi error diverifikasi.

 

3.3  Fasilitas debugging  digunakan pada bahasa untuk identifikasi dari koreksi error.

 

3.4 Program klien beroperasi secara benar, dengan hasil yang benar dan sesuai persyaratan klien, diverifikasi.

 

 

 

 

04 Membuat dokumentasi pada program

4.1  Dokumentasi internal digabungkan ke dalam program atau script.

 

4.2  Dokumen eksternal diidentifikasi oleh user dan pemelihara

 

4.3  Dokumentasi eksternal dibuat sesuai kebutuhan user dan pemelihara.

 

 

 

1.1.4 Batasan Variabel

1. Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.

2. Membuat program utilitas bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

1.1.5 Panduan Penilaian

Panduan penilaian terdiri dari :

  1. 1.     Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk mendemontrasikan kompetensi, memerlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini :

 

1.1   Pengetahuan dasar

1.1.1           Tipe-tipe data dan format.

1.1.2           Konstruksi pemograman dan kendali struktur.

1.1.3           Standar dokumentasi.

1.1.4           Hak cipta dan properti intelektual.

 

1.2    Keterampilan dasar

1.2.1           Teknik dokumentasi program.

1.2.2           Deteksi error dan teknik handling.

1.2.3           HTML.

1.2.4           Keterampilan dokumentasi terutama pentargetan                 pengguna.

 

2.  Konteks penilaian

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau di tempat lain secara praktek dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

3. Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan :

3.1   Kemampuan untuk menulis kode yang terstruktur dengan baik untuk setiap modul atau segmen program.

3.2   Kemampuan mengidentifikasi error.

3.3   Kemampuan menggunakan modul atau segmen program.

3.4   Kemampuan membuat dokumentasi.

 

4.  Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1 Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar teknologi informasi

4.1.1 TIK.PR02.004.01 Menggunakan spesifikasi program.

4.1.2 TIK.PR02.006.01 Menulis program lanjut.

4.1.3 TIK.PR02.008.01 Mengoperasikan pemrograman terstruktur.

4.2 Unit ini juga mendukung kinerja dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan pemrograman.

 

4.3 Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

 

1.1.6 Kompetensi Kunci

NO KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

3

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

1

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

3

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

3

 

 


BAB  II

TAHAPAN   BELAJAR.

 

2.1. Langkah-langkah / Tahapan Belajar.

 

  • Penyajian materi,  pengajaran /  pelatihan  kerja, peserta pelatihan dan  penilai / asesor harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam unit komoetensi dari standar kompetensi kerja nasional Indonesia.
  • Isi perencanaan dari buku kerja ini merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja

 

2.2. Indikator Kerja

 

Merupakan  pernyataan persyaratan tingkat standar kriteria kinerja pelaksanaan tugas pekerjaan ( task ) / unit kompetensi untuk mencapai  mencapai kompetensi dari setiap kegiatan atau langkah kerja ( aktivitas ) / elemen kompetensi  yang terukur pada masing-masing kriteria unjuk kerja dengan persyaratan yang dibutuhkan ( domein K, S, A ) pada kategori  jenis perilaku dan kemampuan internal setiap individu peserta pelatihan kerja, yaitu :

 

  1. Pengetahuan / Knowledge ( Kognitif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan kata  : “ Dapat.
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.   Pengetahuan, Pemahaman.

-  Kemampuan internal : Dapat  mengetahui, memahami,……….dll.

-  Tahapan Belajar        : Pengetahuan, Pemahaman,…….dst.

2.2.   Penerapan, Analisa , dst..

 

  1. Keterampilan / Skill  ( Psikomotorik ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Mampu.”
  2. Jenis kategori perilaku :

Persepsi, Kesiapan, Gerakan terbimbing, Gerakan Biasa,

- Kemampuan internal  : Mampu menyiapkan, melakukan, ….. dll.

- Tahapan Berlatih       : Kesiapan, Gerakan biasa, ………dst.

Gerakan Komplek,  Penyesuaian Pola Gerakan, dst..

 

  1. Sikap Kerja  / Attitude  ( Affektif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Harus.”
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1. Penerimaan, Partisipasi, Tanggung Jawab, Ketelitian, Kecermatan, dst.

-  Kemampuan internal  : Harus menunjukkan, bertanggung jawab,

-  Kemampuan safety   : Harus Teliti, Cermat, Ramah, Sabar………..dll.

-  Tahapan Berlatih       :  Sikap,

2.2. Penentuan sikap / Penilaian,  dst..

 

 

Tabel  Indikator Kerja :

Tabel indikator kerja, terdiri atas Nomor, KUK,  indikator, tahapan berlajar dan sumber belajar. Pada Unit Kompetensi TIK.PR01.001.01 ,  meliputi 2 (dua) elemen kompetensi dan  8 (delapan) Kriteria Unjuk Kerja, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

No

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

01  Membuat Kode Untuk Setiap Modul atau Segmen Program
1.

 

 

 

 

 

Variabel-variabel dibuat dan digunakan menurut persyaratan.

 

1.1 Dapat mengetahui variabel-variabel yang dibutuhkan

 

1.2 Mampu memahami fungsi variabel-variabel tersebut

 

1.3 Harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan akan variabel

 

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih

-  Persepsi

 

  • Tahapan sikap penerimaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
2

 

 

 

 

Kode yang terstruktur dengan baik untuk setiap modul atau segmen program ditulis, penggunaan struktur kontrol yang tepat agar bekerja secara efisien.

 

2.1 Dapat memahami kode yang terstruktur untuk setiap modul program

 

2.2 Mampu Mengidentifikasi kode yang tepat dan menyusunnya secara terstruktur

 

2.3 Harus menggunakan struktur kontrol yang tepat

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih

-  Gerakan

 

 

 

  • Tahapan sikap

- Partisipasi

 

  • Internet

 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP/SPM
3 Kode untuk penggabungan elemen-elemen media ditulis. 3.1 Dapat memahami kode penggabungan elemen

 

3.2 Mampu menggabungkan elemen media

 

3.3 Harus sesuai dengan prosedur

  • Tahapan belajar pemahaman

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

  • Tahapan sikap Pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP/SPM
2. Menggabungkan kode penanganan error.
1 Area terjadinya error diidentifikasi. 1.1 Dapat mengetahui error yang terjadi

 

1.2 Mampu mengidentifikasi area terjadinya error

 

1.3 Harus diidentifikasi dengan benar

  • Tahapan belajar pemahaman

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP/SPM
2 Kode untuk penanganan lokasi error ditulis atau merujuk kepada rutin exception handling umum. 2.1 Dapat mengetahui kode error yang terjadi

 

2.2 Mampu menulis kode error

 

 

2.3 Harus ditulis dengan benar

  • Tahapan belajar pemahaman

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP/SPM
  1. 3.     Menguji setiap modul atau segmen program
1 Tes data untuk pelengkap pengujian modul atau segmen program dirancang sesuai kebutuhan.

 

 

1.1 Dapat mengetahui tes data yang perlu dirancang

 

1.2 Mampu merancang tes data untuk pelengkap pengujian

 

1.3 Harus dirancang sesuai prosedur

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

 

  • SOP/SPM
2 Output  yang benar dapat dihasilkan dari kode program yang dibuat dengan input yang diketahui, yaitu saat normal dan kondisi error diverifikasi.

 

2.1 Dapat mengetahui output yang benar

 

2.2 Mampu menghasilkan output yang benar

 

2.3 Harus dirancang sesuai prosedur

  • Tahapan belajar pemahaman

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP/SPM
3 Fasilitas debugging  digunakan pada bahasa untuk identifikasi dari koreksi error.

 

3.1 Dapat mengetahui fasilitas debugging yang benar

 

3.2 Mampu menggunakan fasilitas debugging

 

3.3 Harus sesuai prosedur

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP/SPM
4 Program klien beroperasi secara benar, dengan hasil yang benar dan sesuai persyaratan klien, diverifikasi.

 

4.1 Dapat mengetahui persyaratan dari klien

 

4.2 Mampu memenuhi persyaratan klien

4.3 Harus sesuai prosedur

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan
  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP/SPM
4. Membuat dokumentasi pada program.
1 Dokumentasi internal digabungkan ke dalam program atau script.

 

1.1 Dapat mengetahui syarat dokumentasi internal

 

1.2 Mampu menggabungkan dokumentasi ke dalam program

 

1.3 Harus sesuai dengan prosedur

  • Tahapan belajar pemahaman

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP/SPM
2 Dokumen eksternal diidentifikasi oleh user dan pemelihara

 

2.1 Dapat mengetahui syarat dokumentasi eksternal

 

2.2 Mampu mengidentifikasi dokumen eksternal

 

2.3 Harus sesuai dengan prosedur

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP/SPM
3 Dokumentasi eksternal dibuat sesuai kebutuhan user dan pemelihara.

 

3.1 Dapat mengetahui syarat dokumentasi eksternal

 

3.2 Mampu mengidentifikasi dokumen eksternal

 

3.3 Harus sesuai dengan prosedur

  • Tahapan belajar pemahaman

 

 

  • Tahapan berlatih  pelatihan

 

 

  • Tahapan sikap pelaksanaan
  • Internet
 

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP/SPM

BAB III

TUGAS TEORI, UNJUK KERJA  DAN SIKAP KERJA

 

 

TUGAS TEORI , UNJUK KERJA DAN  SIKAP  KERJA :

 

Berlaku untuk setiap elemen kompetensi dan krteria unjuk kerja dalam level Unit Kompetensi TIK.PR01.001.01, Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja dan  jumlah nilai tingkat gradasi kompetensi kunci yang terindikasi pada 7 (tujuh) kompetensi kunci.

 

Tugas teori dan tugas unjuk kerja dalam Bab III  pada  Buku Kerja ini, meliputi :

 

3.1        Tugas Tertulis :

  • Tugas tertulis untuk  menilai pengetahuan ( Knowledge ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi penilaian unjuk kerja dan unjuk sikap kerja.
  • Didukung  aspek pengetahuan yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kiteria unjuk kerja  dan kompetensi kunci.
  • Dapat dimasukkan penilaian pengetahuan sikap kerja.

 

3.2.      Tugas  Unjuk Kerja :

  • Tugas unjuk kerja untuk menilai keterampilan ( Skill ) seseorang dalam menampilkan elemen komptensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung  aspek keterampilan  yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.3.      Tugas  Sikap  Kerja :

  • Tugas unjuk sikap kerja untuk menilai sikap ( Attitude ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung aspek kritis atau penyikapan kerja  dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.1. TUGAS  TERTULIS  :

 

3.1.1.  Memiliki tingkatan kesulitan :

  1. Soal mudah.
  2. Soal sedang.
  3. Soal sulit.

Kisi-kisi  soal dan jumlah soal dibedakan pada setiap level unit kompetensi.

3.2.2.  Bentuk tugas tertulis adalah Obyektive Test., terdiri atas :

  1. Pilihan Ganda  (Multiple Choice).
  2. Menjodohkan (Matching).
  3. Jawaban Singkat (Short Answer)

 

              Penilaian dengan menggunakan satu atau lebih dari satu pertanyaan untuk setiap elemen kompetensi,   jika penilai   kurang puas   dengan   kesiapan anda   dalam melakukan  penilaian unjuk kerja dan sikap kerja anda,   maka rencana pelatihan unjuk kerja dan sikap kerja  ulang / remidial akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

        PILIHAN GANDA :

( Seri  A ).

 

  1. Selesaikan semua tugas tertulis sesuai pertanyaan masing-masing dengan mengacu pada bentuk soal pilihan ganda (Muliple Choise), seri A.
  2. Waktu tersedia 25 menit, jumlah soal 25 pertanyaan.

 

Tugas :  Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda  X pada  huruf a, b, c dan d yang anda pilih.

 

  1. Definisi Program adalah: (KUK 1.1)
    1. kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program)
    2. Kekayaan formal tentang simbol dan tanda
    3. studi tentang hubungan antara simbol dan tanda dan mereka apa yang menghadirkan
    4. Urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah.

 

  1. Berikut ini yan tidak termasuk pada paradigma pemrograman yaitu: (KUK 1.1)
    1. Pemrograman Prosedural
    2. Pemrograman Fungsional
    3. Pemrograman Berorientasi Obyek
    4. Pemrograman Berorientasi Subyek

 

 

 

  1. Contoh yang termasuk pada pemrograman berorientasi obyek, kecuali: (KUK 1.1)
    1. MODULA-2
    2. C++
    3. Object Pascal
    4. Java

 

 

 

  1. Berikut ini yang bukan termasuk pada bahasa pemrograman adalah: (KUK 1.1)
    1. C
    2. C++
    3. Pascal
    4. Mind Map Manager

 

 

 

  1. Kriteria Algoritma menurut Donald E.Knuth, kecuali : (KUK 1.1)
    1. Input : Algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar.
    2. Output : Algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran.
    3. Finiteness: Algoritma tidak memerlukan titik batas
    4. Effectiveness : Algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif.

 

  1. Berikut ini yang merupakan pertanyaan yang tepat untuk penjelasan tentang jenis proses algoritma: (KUK 1.1)
    1. Sequence Process : instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan.
    2. Selection Process : Instruksi dikerjakan jika memenuhi suatu kondisi tertentu
    3. Concurrent Process : beberapa instruksi dikerjakan secara bersama
    4. Iteration Process : instruksi dikerjakan selama memenuhi kondisi tertentu

 

 

 

  1. Berikut ini yang bukan termasuk dalam langkah-langkah dalam pemrograman komputer: (KUK 1.2)
    1. Mendefinisikan masalah
    2. Memilih algoritma
    3. Menemukan solusi
    4. Mencetak program

 

 

 

  1. Contoh utility internal pada windows, kecuali: (KUK 1.2)
    1. notepad
    2. wordpad
    3. paint
    4. McAfee

 

 

 

  1. Yang bukan termasuk bidang desain grafis: (KUK 2.5)
    1. Paint
    2. Adobe Photoshop
    3. JSP
    4. Corel

 

  1. Yang termasuk pada bidang web programming & desain: (KUK 1.2)
    1. Flash
    2. Pascal
    3. MiRC
    4. BitchX

 

  1. Yang termasuk software connectivity:

(KUK 1.2)

 

  1. IrDA
  2. PHP
  3. Visual Basic 6.0
  4. C++

 

 

 

 

 

  1. Prinsip Menginstall Software, kecuali: (KUK 1.2)
    1. Pilih yang diperlukan saja, semakin banyak semakin berat beban komputer kita
    2. Hati-hati terhadap software yang kita download dari internet, terutama virus dan spyware
    3. Sesuaikan dengan spesifikasi software yang akan kita install. (misalnya harddisk space, memori, VGA, soundcard)
    4. Gunakan software ilegal saja

 

  1. Tipe data int memiliki ciri-ciri sebagai berikut ,kecuali: (KUK 1.2)
    1. Jumlah bit 8
    2. Jumlah bit 16

 

c.Keterangannya integer

  1. Jangkauannya -32768 s/d 32767

 

 

  1. Yang bukan termasuk pada tipe data adalah: (KUK 1.2)
    1. int
    2. char
    3. string
    4. float

 

 

 

  1. Yang merupakan real presesisi ganda adalah: (KUK 1.2)
    1. double
    2. int
    3. void
    4. float

 

 

 

  1. Pengertian dari simbol “>>”  adalah: (KUK 1.2)
    1. Geser bit ke kanan
    2. Geser bit ke kiri
    3. AND
    4. OR

 

  1. Pengertian dari simbol “~”  adalah: (KUK 1.2)
    1. NOT
    2. OR
    3. XOR
    4. AND

 

  1. IdentifierList adalah: (KUK 1.2)
    1. Mampu menerjemahkan kata dan ucapan
    2. Ide yang terdapat dalam suatu kata
    3. Nama – nama identifier (variabel) yang akan digunakan
    4. tipe data dari nama-nama variabel tersebut

 

  1. DataType  adalah: (KUK 1.3)
    1. Mampu menerjemahkan kata dan ucapan
    2. Ide yang terdapat dalam suatu kata
    3. Nama – nama identifier (variabel) yang akan digunakan
    4. tipe data dari nama-nama variabel tersebut
    5. Berikut ini pernyataan yang tepat, kecuali: (KUK 1.3)
      1. Integer, merupakan tipe data bilangan bulat yang memiliki jangkauan antara -32768 s/d 32767
      2. Real, merupakan tipe data bilangan riil yang memiliki jangkauan 3.4 x 10-38 s/d 3.4 x 1038, demikian pula untuk bilangan negatifnya
      3. c.    String, merupakan tipe data untuk nilai yang berupa karakter.
      4. Boolean, merupakan tipe data yang hanya bernilai TRUE atau FALSE saja.

 

  1. Indentifier yang dikenal dalamDelphi adalah : (KUK 1.3)
    1. data
    2. label
    3. karakter
    4. Semua jawaban betul

 

  1. Sebuah format bilangan yang dapat digunakan untuk merepresentasikan sebuah nilai yang sangat besar atau sangat kecil adalah definisi dari: (KUK 1.2)
    1. Variabel
    2. Floating point
    3. Bahasa skrip
    4. Integer

 

 

 

  1. Bahasa komputer yang diinterpretasikan secara khas dan dapat diketik langsung dari keyboard.: (KUK 2.1)
    1. Variabel
    2. Floating point
    3. Bahasa skrip
    4. Integer

 

 

 

 

  1. Berikut adalah bahasa scripting yang populer saat ini, yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, kecuali: (KUK 1.3)
    1. Perl
    2. PHP
    3. Ruby
    4. DOS

 

  1. Yang bukan  sebagai bahasa scripting pertama, dan umumnya digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi di sisi server : (KUK 2.1)

 

  1. Perl
  2. PHP
  3. Ruby
  4. Java Script

 

Lembar Pemeriksaan Peserta  untuk Tugas Tertulis :

(  Seri   A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Tertulis Seri A.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

19.

20.

21

22

23

24

25

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.25  Seri  A, telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

 

 

Total  waktu

25  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2. Tugas Unjuk Kerja :

( Seri A ).

 

  1. Selesaikan semua tugas unjuk kerja  sesuai instruksi unjuk kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. Waktu tersedia 25  menit, jumlah soal   5  Instruksi Kerja..

 

Tugas 1 :  Menjelaskan definisi program

a. Waktu                      :    5  menit.

 

b. Alat                         :    PC, bolpoin

c. Bahan                      :    Buku catatan

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu menjelaskan definisi program

 

e. Standar Kriteria        :    Terjawab dengan benar

 

f. Instruksi Kerja           :   Jelaskan definisi program!

 

 

Tugas 2 :  Menjelaskan floating point

 

a. Waktu                      :    5  menit.

 

b. Alat                        :   PC, bolpoin

 

c. Bahan                      :    Buku catatan

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu menjelaskan yang dimaksud dengan floating point.

 

e. Standar Kriteria        :    Terjawab dengan benar

 

f. Instruksi Kerja          :    Jelaskan yang dimaksud dengan floating point!

 

 

Tugas 3 :  Menjelaskan definisi algoritma.

 

a. Waktu                      :    5  menit.

 

b. Alat                        :   PC, bolpoin

c. Bahan                      :    Buku catatan

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu mendefinisikan algoritma

 

e. Standar Kriteria        :    Terjawab dengan benar

 

f. Instruksi Kerja          :    Jelaskan definisi algoritma!

 

 

Tugas 4 :  Jelaskan Kriteria Algoritma Menurut Donald E. Knuth!

 

a. Waktu                      :    5  menit.

 

b. Alat                        :    PC, bolpoin

c. Bahan                      :    Buku catatan

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu menjelaskan kriteria algoritma

 

e. Standar Kriteria        :    Terjawab dengan benar

 

f. Instruksi Kerja             :    Jelaskan Kriteria Algoritma Menurut Donald E. Knuth!

 

 

Tugas 5 :  Jelaskan jenis proses algoritma!

 

a. Waktu                      :    5  menit.

 

b. Alat                        :    PC, bolpoin

c. Bahan                      :    Buku catatan

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu menjelaskan jenis proses algoritma

 

e. Standar Kriteria        :    Terjawab dengan benar

 

f. Instruksi Kerja           :   Jelaskan jenis proses algoritma!

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas Unjuk  Kerja :

       (  Seri  A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Unjuk Kerja, seri A

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.5, Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total waktu

25  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Tugas Sikap Kerja (  Seri  A  ).

 

  1. a.   Selesaikan semua tugas unjuk kerja  sesuai instruksi sikap  kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. b.   Waktu tersedia 10  menit, jumlah soal  2  Instruksi Sikap Kerja.

 

  1. Tugas 1 :   Tentukan hasilnya!
  1. 5%2
  2. 10%3
  3. 15%7
  4. 18%5

a. Waktu                :    5.  menit.

 

b. Alat                             :    bolpoin, PC

 

c. Bahan                 :    Buku catatan , pensil / pulpen..

 

d. Indikator Kerja    :    Mampu mengetahui fungsi mod pada algoritma

e. Standar Kriteria   :    Terjawab dengan benar

 

f. Instruksi Sikap     :    Menentukan hasil mod

 

  1. Tugas 2 : Tentukan hasil akhir nilai variabel x!
  1. x=15; x–; maka x=???
  2. X=10; x–; maka x=???
  3. X=3;x–; maka x=???
  4. X=2; x++; maka x=???
  5. X=15;x++;maka x=???

a. Waktu                :    5.  menit.

 

b. Alat                             :    bolpoin, PC

 

c. Bahan                 :    Buku catatan , pensil / pulpen..

 

d. Indikator Kerja    :    Mampu mengetahui fungsi + dan –  pada algoritma

e. Standar Kriteria   :    Terjawab dengan benar

 

 

f. Instruksi Sikap                    :    Menentukan nilai variabel X

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas  Sikap   Kerja :

( Seri  A )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No. Uraian Pertanyaan Tugas  Sikap  Kerja, Seri  A. Benar Salah

1.

2.

 

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.3, Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total  waktu

10 menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

  1. A.   Data Buku  Manual :
    1. Abelson H., Sussman G.J., and Sussman J. : “Structure and Interpretation of Computer Programs”, MIT Press, McGraw-Hill, 4th printing, 1986.

 

  1. Bird R. and Wadler P. : “An Introduction to Functional Programming”, Prentice-Hall International, 1988.

 

  1. Scholl P.C., Fauvet M.C., Lagnier F., Maraninchi F. : “Cours d’informatique:langage et programmation”, Masson (Paris), 1993.

 

  1. 4.    Friedman D. and Felleisen M.: “The little LISPer”, Pergamon Pub.Co., 3rd edition, 1989.

 

  1. Steele G.L. : “Common LISP”, 1984.

 

  1. Winston P.H. and Horn B.K.P. : “LISP”, Addison-Wesley, 3rd edition, 1989.

 

B. Data Buku Pendukung Teori.

 

- Lihat pada Modul Buku Informasi Membuat Program Utilitas

 

 

C. Website Yang Dapat Dikunjungi.

 

3.4 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR02.011.01

Judul Unit

: Membuat Program Utilitas

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1 Membuat kode untuk setiap modul atau segmen program     1.1 Variabel-variabel dibuat dan digunakan menurut persyaratan.

      1.2  Kode yang terstruktur dengan baik untuk setiap modul atau segmen program ditulis, penggunaan struktur kontrol yang tepat agar bekerja secara efisien.

 

      1.3 Kode untuk penggabungan elemen-elemen media ditulis.

 

2 Menggabungkan kode penanganan error.

 

    2.1 Area terjadinya error diidentifikasi.

      2.2 Kode untuk penanganan lokasi error ditulis atau merujuk kepada rutin exception handling umum.

3 Menguji setiap modul atau segmen program     3.1  Tes data untuk pelengkap pengujian modul atau segmen program dirancang sesuai kebutuhan.

 

      3.2  Output  yang benar dapat dihasilkan dari kode program yang dibuat dengan input yang diketahui, yaitu saat normal dan kondisi error diverifikasi.

 

      3.3  Fasilitas debugging  digunakan pada bahasa untuk identifikasi dari koreksi error.

 

      3.4 Program klien beroperasi secara benar, dengan hasil yang benar dan sesuai persyaratan klien, diverifikasi.

4 Membuat dokumentasi pada program     4.1 Dokumentasi internal digabungkan ke dalam program atau script.

 

      4.2 Dokumen eksternal diidentifikasi oleh user dan pemelihara

 

      4.3 Dokumentasi eksternal dibuat sesuai kebutuhan user dan pemelihara.

 

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

 

Testimoni

Filed under : blog, tags: