Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Advertisement

 

 

 

 

 

MEMBUAT PROGRAM MULTIMEDIA BERBASIS LINGO (DIRECTOR)

TIK.PR08.014.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

BAB.  I. 3

KONSEP   PENILAIAN. 3

1.1      Bagaimana  Pelatih  Menilai. 3

1.2      Tipe  Penilaian. 3

BAB II. 8

PELAKSANAAN PENILAIAN. 8

2.1      KUNCI JAWABAN  TUGAS  TERTULIS. (  Seri.  A  ) 8

2.2      KUNCI  JAWABAN  TUGAS UNJUK KERJA. (  Seri.  A  ) 9

2.3      KUNCI  JAWABAN  TUGAS  SIKAP  KERJA. (  Seri .  A  ) 12

2.4      Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik) 14

2.5      CHECK LIST PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP KERJA. 15

2.6      LEMBAR  HASIL  PENILAIAN. 16

LEMBAR PENILAIAN. 18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB.  I.

KONSEP   PENILAIAN

 

1.1        Bagaimana  Pelatih  Menilai.

 

Dalam sitem pelatihan berbasis kompetensi kerja, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan anda, unjuk kerja aktivitas  tugas-tugas / keterampilan anda dan sikap kerja anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan, apakahg anda telah mencapai kompetensi sesuai standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berbasiskan kompetensi kerja , pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah ” Penilaian berdasarkan kriteria / Criterion – Referenced Asessment ” .  Pendekatan ini mengukur unjuk kerja anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian formatif :

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar / berlatih anda. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian Sumatif.

Penilaian juga  dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah anda telah mencapai hasil dari program belajar dan berlatih ( contohnya pencapaian kompetensi dalam unit komptensi ). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

 

1.2        Tipe  Penilaian.

 

1.2.1  Tes  Tertulis. ( Knowledge ).

 

Dalam tes tertulis, akan menilai pengetahuan anda dan pemahaman konsep serta prisip yang merupakan dasar  unjuk kerja dalam melakukan  tugas pekerjaan anda yang dijelaskan dalam  pengetahuan (knowledge) pada kriteria unjuk kerja.

Tes tertulis biasanya berupa seri-seri pertanyaan pilihan ganda dan/ atau beberapa bentuk tes obyektif lainnya, yaitu dimana setiap pertanyaan tertulis memiliki satu jawaban yang benar.

Penilaian tes obyektif tertulis pada  umumnya   mempunyai   kisi-kisi   dengan 3 (tiga) tingkatan  kesulitan,  yaitu :

 

1). Soal Mudah.

Adalah  menghafal tanpa mengerti apa maksudnya, menyebutkan bagian-bagian   suatu   alat,    benda,     nama mesin,   memberi nama,   memberi nomor, menjodohkan informasi faktual dengan kejadian.

 

2). Soal  Sedang

Adalah  mampu mengenal dan mengerti fungsi  sesuatu / poses sesuatu, membandingkan,   memberikan,   membedakan,   menemukan   keuntungan   dan kerugian serta memberi fisualisasi fungsi / proses.

 

3). Soal  Sulit :

Adalah  merupakan  problem solving,   menganalisis   kesalahan   dan  kerusakan, mencari pemecahan,   meramalkan   kondisi   yang   tidak menguntungkan, mencari penyebab,   menggunakan   pertimbangan   dan    mengevaluasi. Rentangan  nilai tes tertulis, yaitu  0  -  1,   artinya  nilai setiap  soal tertulis yang   dinyatakan   benar   (kompeten)   mempunyai   nilai   1  (satu),   dan   yang dinyatakan    salah  (belum kompeten)  mempunyai nilai 0 (nol).

 

 

1.2.2  Tes  Unjuk  Kerja  (praktek keterampilan / keahlian).

 

Dalam tes unjuk kerja , akan menilai kompetensi anda dalam menampilkan tugas pekerjaan  dari elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam keterampilan  (skill) pada kriteria unjuk kerja. Oleh sebab itu, anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman anda terhadap  unjuk kerja  anda.

 

Penilaian biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen kompetensi sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi anda, dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika anda dinyatak kompeten, dan merencanakan pelatihan ulang jika anda belum dinyatakan kompeten pada kesempatan pertama ini.

 

Daftar Cek Unjuk Kerja, berisi :

1). Masing-masing elemen kompetensi dengan  sebaran  kriteria  unjuk  kerja harus kompeten.

2). Setiap tugas yang sedang dilaksanakan, penilai  akan mengisi daftar cek analisis elemen kompetensi yang telah disiapkan untuk menentukan kompetensi kerja anda dan umpan balik unjuk kerja anda. untuk setiap soal / perintah untuk melakukan unjuk kerja  dinyatakan benar mempunyai

3). Untuk memberi cacatan bagi diri anda dan penilai  anda.

4). Ketika tugas dari setiap indikator kerja tidak dilaksanakan sesuai standar kriteria keterampilan / kehlian secara  benar, maka  rencana pelatihan kerja ulang  akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

Untuk setiap  soal / perintah   untuk melakukan unjuk kerja   mempunyai rentang nilai 0 (nol)  -  1 (satu). Bila anda melaukan untuk kerja  dinyatakan   benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan bila dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

 

1.2.3  Tes Sikap  Kerja  ( Attitude ).

 

Dalam   tes   sikap kerja ,   akan   menilai   kompetensi   anda   dalam menampilkan sikap kerja dari   elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam sikap (attitude)  pada kriteria unjuk kerja. Penilaian sikap kerja dapat dlakukan dalam waktu relatif pendek (efektif) berdasarkan atas instruksi sikap  kerja yang harus anda lakukan dalam waktu yang telah ditentukan.

 

Sikap kerja merupakan unsur kompetensi kerja yang agak sulit menilainya, namun demikian perlu  dimulai  dari sekarang,   karena kita harus mengacu pada Standar Kompetensi  Kerja  Nasional  Indonesia (SKKNI)   yang telah ditetapkan, yaitu kemampuan seseorang yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian dan sikap kerja sesuai pelaksanaan tugas dan syarat jabatan.

Penilaian sikap kerja, dilakukan selain melalui pemahaman sikap kerja secara tertulis , kemampuan aspek sikap ditujukan untuk meningkatkan kinerja seseorang (anda) dimasa mendatang dalam arti yang sebenarnya, dan tidak dianggap lagi sudah menyatu dengan keterampilan /  keahlian.

Anda terampil atau memiliki keahlian yang bagus,  tetapi sikap  kerja anda tidak kompeten, ini ada sesuatu  yang salah pada diri anda, termasuk penilai anda juga punya andil atas kesalahan penilaian kompetensi terhadap diri anda.

 

 

Penilaian sikap kerja.

 

Dilakukan untuk kurun waktu yang tidak terlalu panjang terhadap kriteria attitude / sikap perilaku yang mudah diamati seperti pada waktu mengerjakan pekerjaan yang dilakukan sesuai tugas atau perintah sikap dari kriteria unjuk kerja pada elemen kompetensi,  adalah  sebagai  berikut :

 

1). Pengamatan sikap kerja.

 

a.   Untuk Jaminan Keselamatan  ( Saffety Insurance ).

 

No. Sikap untuk Jaminan Keselamatan. Benar Salah Keterangan

1.

Penggunaan pakaian kerja.      

2.

Kerapihan dan kebersihan tempat kerja      

3.

Penataan alat-alat kerja.      

4.

Penataan bahan-bahan kerja.      

5.

Tertib sesuai aturan / prosedur/ standar.      

6.

Ketepatan waktu kerja.      

7.

Sopan, ramah, lembut dan sabar.      

8.

Teliti, cermat, hati-hati.      

9.

Obyektif, akurat.      

10.

Bakat, minat dan temperamen kerka.      

 

 

b.  Untuk Jaminan Kualitas.  ( Quality Insurance ).

 

No. Sikap untuk Jaminan Kualitas. Benar Salah Keterangan

1.

Penerimaan / kesadaran/ kemauan..      

2.

Partisipasi/ kepatuhan, ikut secara aktif.      

3.

Penilaian / penentuan sikap.      

4.

Organisasi / bertanggung jawab.      

5.

Pembentukan pola /disiplin pribadi.      

 

Rentang nilai sikap dengan pengamatan langsung untuk memenuhi jaminan keamanan ( saffety insurance ) dan jaminan kualitas ( quality insurance ), yaitu :  0 (nol) – 1 (satu). Pada setiap soal sikap kerja yang dinyatakan benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan yang dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

2). Wawancara dan /atau Tes  Tertulis Sikap Kerja.

 

Wawancara dan / atau Tes tertulis tentang pemahaman atau pengetahuan  materi sikap kerja untuk jaminan keselamatan dan jaminan kualitas (Saffety and Quality Insurance) dalam aktivitas tugas pekerjaan / perintah elemen kompetensi sesuai kriteria unjuk kerja setiap unit kompetensi, agar kinerja seseorang (anda) meningkat  lebih baik lagi.

 

Wawancara atau tes tertulis dapat  dalam satu  atau beberapa bentuk tes obyektif materi sikap kerja, mempunyai rentang nilai 0 (nol) – 1 (satu).

 

Setiap   soal   pertanyaan   yang   dinyatakan  benar   (kompeten)   mempunyai nilai  1 (satu)   dan   yang   dinyatakan   salah   (belum kompeten)     mempunyai nilai  0 (nol).

 

 

Hasil nilai sikap kerja dapat  diperoleh dengan kombinasi pengamatan sikap kerja berdasarkan atas instruksi sikap kerja   dengan tes tertulis, yaitu :

 

 

  • Nilai akhir sikap kerja  =  Nilai pengamatan benar  + Nilai  tertulis benar

2.

1  +   1

=     ———–      =     1  (satu) /   atau kompeten.

2.

  • Atau nilai akhir sikap kerja tertulis  benar = 1 (satu) / atau kompeten

 

 

  • Atau nilai akhir hasil pengamatan sikap kerja  benar  = 1 (satu) / atau kompeten

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

 

2.1     KUNCI JAWABAN  TUGAS  TERTULIS. (  Seri.  A  )

 

Soal

Nomor

Kunci  Jawaban  Tugas  tertulis.

Keterangan  Nilai

a

b

c

d

Benar

Salah

1.

X

   

2.

X

   

3.

X

   

4.

X

   

5.

X

   

6.

X

   

7.

X

   

8.

X

   

9.

X

   

10.

X

   

11.

X

   

12.

X

   

13.

X

   

14.

X

   

15.

X

   

16.

X

   

17.

X

   

18.

X

   

19.

X

   

20.

X

   

21

X

   

22

X

   

23

X

   

24

X

   

25

X

   

 

 


2.2     KUNCI  JAWABAN  TUGAS UNJUK KERJA. (  Seri.  A  )

 

1.  TUGAS 1 :  Buatlah movie atau animasi mengunakan dasar – dasar Director yang berupa flash dengan mengikuti langkah – langkah yang dijelskan pada buku operasi

     Waktu  :  10.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

    Terinci sesuai dengan yang disarankan di buku informasi

  

3. Instruksi Kerja     :

Membuat movie atau animasi mengunakan dasar – dasar Director yang berupa flash dengan mengikuti langkah – langkah yang dijelskan pada buku operasi

 

4.Jawaban Tugas 1   : 

1. Pada dasarnya untuk membuat sebuah movie, kita harus mengetahui mengenai :

  • Dimana kita akan menulis scriptnya
  • Event Handler
  • Commands
  • Argument
  • Markers
  • Dan behavior nya.

 

setting terhadap stage, langkah – langkahnya yaitu :

  • Dari file menu pilih new dan kemudian Movie
  • Kemudian pada modify menu, pilih movie dan kemudian Properties
  • Pada inspector property, rubah ukuran stage menjadi 640 X 480
  • Kemudian setting lokasi stage ke tengah dan warna stage putih
  • Kemudian setting palette ke system – win atau system – mac
  • Tutup Inspector property.
  • Pada file menu, pilih preference dan kemudian cast.
  • Kemudian pilih Thumbnail untuk melihat cast dan number : nama untuk sebuah label. Kemudian klik save as Default Button untuk menyimpan hasil settingan anda, kemudian pilih OK untuk menutup dialog box.
  • Pada view menu, pilih sprite Overlay.
  • Kemudian pada file menu, pilih save dan simpan file sebagai Gmetrics.dir.

 

menambahkan anggota cast yaitu dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Buka paint window, pilih dari menu window atau dengan menekan Control – 5 ( windows ) atau Command – 5 ( Macintosh )
  • Kemudian pilih warna untuk foreground, dan kemudian pilih filled Ellipse Tool.
  • Tekan tombol shift dan kemudian drag mouse ke dalam area paint.

Pada area paint kita bisa membuat sebuah bola hitam. Kemudian kita bisa rubah juga ukurannya, jika kita tidak menyukainya maka kita bisa menghapusnya dengan klik dua kali eraser tool dan kemudian buat lagi yang sesuai dengan keinginan kita.

  • Kemudian pada paint window, klik field just below.
  • Kemudian tekan enter ( windows ) atau return ( macintosh )

 

Pada pengaturan brush tool terdapat dua pilihan yaitu :

  • Ketika kita mengingat warna yang telah kita pilih. Warna yng dipilih pada foreground paint chip akan dipilih ke tool , warna tersebut bisa tidak jadi dipilih kapan saja ketika kita pilih tool tersebut, sampai kita pilih warna yang lain.
  • Selalu ingat kegunaan ink .

 

Berikut ini akan menjelaskan dua pilihan dalam menampilkan color cycling, yaitu :

  • Ketika kita memilih repeat sequence, warna akan dipilih melalui pilihan warna foreground paint chip.
  • Ketika kita memilih reverse sequence, itu akan dikembalikan sampai itu kembali ke posisi semula.

 

 

1. TUGAS  2 :  Melakukan import yang ditambahkan teks dan suara

       Waktu    : 10. menit

 

2. Standar Kriteria :

    Terinci sesuai dengan yang disarankan di buku informasi

  

3. Instruksi Kerja     :

Mengimport dengan ditambahkan teks dan suara

 

4.Jawaban Tugas 2   : 

  • Buat sebuah movie Director yang baru dan beri nama Digital.dir
  • Pada menu file pilih import. Maka dialog file import akan muncul.
  • Kemudian pada file yang berjenis field, pilih QuickTime.
  • Kemudian pada posisi yang paling atas pada dialog box import file, atur ke folder digital video pada Demystified CD.
  • Pilih LeapQT.mov , klik add, dan kemudian klik import.
  • Import LeapAVI.avi pada manner yang sama.
  • Windows hanya : mengimport LeapAVI.avi, Pada saat tersebut pilih untuk import file seperti sebuah anggota cast AVI
  • Klik dua kali sebuah anggota cast digital video.

 

menambahkan suara  dengan kata lain yaitu mengimport suara :

  • Pada menu file pilih import
  • Pada dialog import, atur jenis filenya ke suara.
  • Kemudian buka tutorial label pada CD – ROM
  • Kemudian pilih fileouch.wav dan kemudian klik add.
  • Lalu klik import

File suara diimport dan ditempatkan pada slot pertama pada cast window. Sebagai catatan bahwa suara seperti tipe data.

 

1. TUGAS 3 :  Membuat objek yang menarik

     Waktu  :  10.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

    Terinci sesuai dengan yang disarankan di buku informasi

  

3. Instruksi Kerja     :

Buatlah sebuah objek yang menarik

 

4.Jawaban Tugas 1   : 

Untuk melakukan peng editan pada objek maka ikutilah langkah – langkah berikut :

  • Pilih objek 1 pada score dengan meng klik beberapa objek
  • Pada menu edit, pilih edit sprite frame
  • Pilih cell objek 1 pada kolom 4
  • Tahan shift, kemudian klik untuk memilih dua cell selanjutnya pada channel.
  • Tekan tombol hapus atau backspace untuk mengeliminasi semua cell
  • Ulangi proses sampai empat cell. Lanjutkan dengan melakukan sampai anda mencapai akhir sebuah objek
  • Kembali ke movie ke posisi awal
  • Klik play pada control panel

 

Untuk mengetahui info suatu objek dapat dilakukan dengan langkah – langkah berikut :

  • Klik objek cell yang pertama pada score ( channel 1 )
  • Pada menu modify, pilih objek dan kemudian pilih properties
  • Jika properties inspector terlihat lebih menyerupai daftar maka image akan ditampilkan, klik daftar view mode button untuk melihat properties inspector dalam bentuk graphic.
  • Kemudian klik restore untuk semuanya. Kemudian tekan enter ( window ) atau return ( macintosh )

 

 

 


2.3     KUNCI  JAWABAN  TUGAS  SIKAP  KERJA. (  Seri .  A  )

 

1. TUGAS 1.  : Jelaskanlah mengenai  beberapa dasar – dasar Director serta menerapkannya

   Waktu  :  10.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

Sesuai dengan contoh pada buku informasi

 

3.  Instruksi Sikap Kerja :

Menjelaskan  beberapa dasar – dasar Director serta menerapkannya

 

4. Jawaban Tugas 1  : 

Sebuah Director mempunyai beberapa dasar yang harus ada, yaitu seperti scene, paint, ink, filter, vectors, dan colors. Pada sub bab ini kita akan membahas satu persatu dari dasar – dasar Director tersebut.

 

Scene merupakan sebuah keterangan animasi atau scripting yang mempunyai identitas ciri tersendiri di dalam konteks movie Director. Sebagai contoh, “Opening Screen “ dapat menjadi scene “ Help File “. Sebuah scene memungkinkan terdiri dari sebuah frame atau banyak frame. Konsep sebuah penggunaan scene yaitu untuk pembuatan prototype sebuah movie.

 

Director menyediakan sebuah paint window sebuah dialog box untuk mengatur hasil dari beberapa efek ink. Kita dapat menggunakannya untuk melakukan lebih dari itu.

 

Pada pengaturan brush tool terdapat dua pilihan yaitu :

  • Ketika kita mengingat warna yang telah kita pilih. Warna yng dipilih pada foreground paint chip akan dipilih ke tool , warna tersebut bisa tidak jadi dipilih kapan saja ketika kita pilih tool tersebut, sampai kita pilih warna yang lain.
  • Selalu ingat kegunaan ink .

 

Berikut ini akan menjelaskan dua pilihan dalam menampilkan color cycling, yaitu :

  • Ketika kita memilih repeat sequence, warna akan dipilih melalui pilihan warna foreground paint chip.
  • Ketika kita memilih reverse sequence, itu akan dikembalikan sampai itu kembali ke posisi semula.

 

Selanjutnya kita akan membahas mengenai efek sebuah ink. Kita mengetahui bahwa setiap objek merupakan individu dari anggota cast. Ink efek dapat merubah nature dari hasil copy dan bagaimana digambarkan di sebuah screen. Ink pada dasarnya merupakan bentuk dari tampilan, beberapa perubahan bentuk. Untuk memulainya, maka kita akan menyederhanakan score dan menambahkan sebuah blackdrop hitam ke dalam Gmetrics movie, yaitu dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Hapus semua segmen objek di dalam score
  • Lakukan semudah mungkin, kemudian drag anggota cast Marble ke sisi kiri stage dan kemudian letakkan pada frame 30 di score
  • Gunakan tweening untuk membuat pemindahan Marble menyeberang ke stage
  • Pada modify menu, pilih movie dan kemudian Properties. Pada property inspector gunakan Stage fill color chip untuk merubah backdrop ke beberapa warna yang menarik.
  • Kemudian pilih segment objek entire pada channel 1
  • Lalu klik copy di dalam pop – up menu ink pada window score.
  • Lalu pilih matte dari menu pop – up

 

Pada field window tidak terdapat tab, format paragraph, atau control sebuah typographic dan menempatkannya pada sebuah stage. Kita mungkin akan berpikir bahwa pada paint window terdapat text tool yang bagus. Text dapat ditampilkan pada 3 form, sebagai text window, sebagai field window, dan sebagai representasi grafik. Setiap tipe mempunyai kelebihan dan kekurangan. Text bitmap akan terlihat sama seperti movie yang sedang dijalankan, tetapi hal itu banyak mengambil tempat didalam disk dan RAM.

 

Pada vector shape window menyerupai bitmap, tetapi sebagai pengganti pixel ke pixel pada sebuah gambar, sebuah vector meruapak deskripsi matematika sebuah bentuk yang ditambahkan ke sebuah gambar. Untuk lebih mengerti perbedaannya, bayangkanlah secara sederhana : kita dapat menggambar garis pada sehelai kertas, atau kita dapat meletakkan titik koordinat a dan b. Vector akan mengambil dengan penjelasan matematika pada sebuah garis. Walaupun screen computer akan menampilkan garis, format vector merupakan serba guna. Deskripsi sebuah vector matematika tidak hanya sebuah panjang (“ titik a ke tiik b ”) dan bentuk (“ 30 derajat ”), tetapi itu juga terdiri dari warna fill pada garis.

 

Selanjutnya kita akan membahas mengenai color. Kita dapat merubah sebuah warna palette ke modifikasi yang lain atau membuat palette yang baru. Jika kita klik dua kali sebuah warna pada palette yang sedang aktif maka kita dapat membuat modifikasi ke warna tersebut. Jika palette di buat di dalam palette , seperti system Win atau system Mac, Director akan mengcopy palette seperti sebuah palette yang baru untuk di modifikasi. Kita dapat membuat sebagian dari artwork dan kemudian meng importnya ke dalam Director. Jika artwork digunakan pada palette yang berbeda dan membangun satu palette, maka Director akan mengimport palette seperti bitmap.

1. TUGAS 2.  Memanipulasi suara di dalam Director

      Waktu  :  5.  menit.

 

2. Standar Kriteria :

Sesuai dengan contoh pada buku informasi

 

3.  Instruksi Sikap Kerja :

Memanipulasi suara di dalam Director

 

4. Jawaban Tugas 2  : 

Suara merupakan anggota Cast yang dapat membuat pengulangan dengan pilihan pengulangan pada info window. Berikut ini adalah cara untuk menambahkan suara  dengan kata lain yaitu mengimport suara :

  • Pada menu file pilih import
  • Pada dialog import, atur jenis filenya ke suara.
  • Kemudian buka tutorial label pada CD – ROM
  • Kemudian pilih fileouch.wav dan kemudian klik add.
  • Lalu klik import

File suara diimport dan ditempatkan pada slot pertama pada cast window. Sebagai catatan bahwa suara seperti tipe data.

 

Semua audio anggota cast, termasuk di dalamnya yaitu suara dan file hubungan dapat ditempatkan lebih dari satu dari dua channel. Tidak ada perbedaan diantara keduanya, tetapi pada dasarnya hanya terdapat dua . Jumlah dari suara yang dapat kita mainkan pada satu waktu hanya terbatas dengan pencarian system pengguna, akan tetapi jika kita ingin movienya dimainkan lebih dari dua suara pada saat yang bersamaan, maka kita membutuhkan Lingo. Dengan menggunakan Lingo maka tidak terbatas dalam penggunaan suara karena jika movie yang kita buat bermasalah, kita mungkin akan langsung menggunakan Lingo.

 

 

 

2.4     Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Memahami sebuah Lingo ( Director ) baik itu dasar – dasarnya serta penggunaannya.      
2 Dapat memanipulasi objek      
3 Dapat memanipulasi suara      
4 Membuat animasi yang menarik      

2.5     CHECK LIST PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP KERJA

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

No.

Uraian   Materi  Check  List.

Penge-

tahuan

Keterampilan

Sikap

Kerja.

Ya./

Tidak

Ya./

Tidak

Ya./

Tidak

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

1. Membuat sebuah Movie

 1. Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?

2.

Apakah peserta pelatihan dapat memahami sebuah movie dan animasi?

3.

Apakah peserta pelatihan dapat memahami konsep – konsep record?

4.

Apakah peserta pelatihan dapat mengaplikasikan flash ke dalam director?

5.

Apakah peserta pelatihan sudah memahami dasar – dasar director?

   

2. Memanfaatkan file eksternal, teks dan suara.

1.

Apakah peserta pelatihan dapat membuat digital video dan animasi?

2.

Apakah peserta pelatihan sudah mengerti mengenai memanipulasi file – file?

3.

Apakah peserta pelatihan dapat memanipulasi suara?  

3. Menerapkan Lingo

1.

Apakah peserta pelatihan dapat menerapkan Lingo?  

2

Apakah peserta pelatihan dapat membuat objek yang menarik?  

Jakarta,  ……………2008

                      Peserta  pelatihan,                                          Penilai,

 

(………………………)                                    (…………………..)

 

 


2.6     LEMBAR  HASIL  PENILAIAN

 

- Unit Kompetensi           :  Membuat Program Multimedia Berbasis Lingo      ( Director )

 

- Kode Unit Kompetensi   :   TIK.PR08.014.01

 

 

- Nama Peserta Pelatihan :   ……………………………………………………

 

- Nama Pelatih                :   …………………………………………………….

 

 

- Kompetensi yang dicapai         :   Kompeten  :                   /  Belum Kompeten  :

 

- Umpan Balik Untuk Peserta Pelatihan :

 

 

 

 

 

 

Tanda  tangan peserta   :

 

 

Peserta sudah diberitahu tentang hasil penilaian dan alas an-alasan pengambilan keputusan  dari penilai.

 

Tanda tangan Penilai :

 

 

Tanggal :

 

Saya sudah diberitahu tentang hasil penilaian dan alasa n pengambilan keputusan tersebut.

 

Tanda tangan Peserta Pelatihan :

 

 

Tanggal :

 

Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

  1. A.   Data Buku  Manual :

- Gross Phil & Roberts Jason, Director 8 demystified, United States, 2000

 

B. Data Buku Pendukung Teori.

- Lihat pada Modul Buku Informasi Membuat Program Multimedia Berbasis Lingo (Director)

 

C. Website Yang Dapat Dikunjungi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: