Advertisement
loading...

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Advertisement

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

MEMBUAT PROGRAM MULTIMEDIA BERBASIS LINGO (DIRECTOR)

TIK.PR08.014.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI. 1

BAB I. 2

STANDAR KOMPETENSI. 2

1.1      Unit Kompetensi Yang Dipelajari 2

1.1.1       Kode dan Judul Unit 2

1.1.2       Deskripsi Unit 2

1.1.3       Elemen Kompetensi 2

1.1.4       Batasan Variabel 3

1.1.5       Panduan Penilaian. 3

1.1.6       Kompetensi Kunci 4

BAB  II. 5

TAHAPAN   BELAJAR. 5

2.1      Langkah-langkah / Tahapan Belajar. 5

2.2      Indikator Kerja. 5

BAB III. 9

TUGAS TEORI, UNJUK KERJA  DAN SIKAP KERJA. 9

3.1    TUGAS  TERTULIS  : 9

3.2     Tugas Unjuk Kerja : 16

3.3    Tugas Sikap Kerja (  Seri  A  ). 19

3.4    Daftar Cek Unjuk Kerja. 21

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

1.1        Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan criteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

1.1.1           Kode dan Judul Unit

Kode Unit          : TIK.PR08.018.01

Judul Unit          : Membuat Program Multimedia Berbasis Lingo ( Director )

 

 

1.1.2           Deskripsi Unit

Unit ini berlaku untuk seluruh sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi. Unit ini berkaitan dengan penggunaan Director sebagai aplikasi dan Lingo sebagai bahasa pemogramannya

 

1.1.3           Elemen Kompetensi

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

 

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Membuat sebuah Movie 1.1  Konsep sebuah movie dijelaskan dan animasi dari objek (sprites) dilakukan.

 

1.2.   Konsep dari Step Record dan realtime Record dijelaskan.

 

1.3.   Flash ke dalam Director di aplikasikan.

 

1.4.   Dasar – dasar dari director (scene, paint, ink, filters, vectors, colors) dijelaskan.

 

02     Memanfaatkan file eksternal, teks dan suara. 2.1  Digital Video dan animated gifts diimpor dan diedit.

 

2.2. Konsep dan manipulasi teks, embedding font, dan input/output fieldtext dijelaskan.

 

2.3 Konsep manipulasi suara dalam director dijelaskan.

 

03     Menerapkan Lingo 3.1  Handlers, messages, variables dan events dari Lingo digunakan.

 

3.2.   Sprites yang interaktif dibuat.

 

 

 

1.1.4           Batasan Variabel

Batasan variabel dalam bahasan ini adalah:

  1. Unit ini berlaku untuk sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  2. Membuat program multimedia berbasis Lingo (director) bersifat internal pada bidang informasi dan komunikasi

1.1.5           Panduan Penilaian

Panduan penilaian terdiri dari :

 

  1. 1.   Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Untuk mendemostrasikan kompetensi, diperlukan bukti keterampilan dan pengetahuan dibidang berikut ini :

 

1.1   Pengetahuan dasar yang dibutuhkan

1.1.1  Menetapkan property dokumen.

1.1.2  Pemograman script.

 

1.2   Keterampilan dasar

1.2.1  Menggunakan vector art.

1.2.2  Efek – efek movie clip.

1.2.3  Memodifikasi button dan menambah navigasi.

1.2.4  Menambah streaming dan sounds.

 

2.  Konteks penilaian

 

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau ditempat lain secara praktek dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

3.  Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan :

3.1     Kemampuan untuk membuat movie.

3.2     Kemampuan untuk memanipulasi file – file eksternal, teks dan suara.

3.3     Kemampuan untuk menggunakan scripting Lingo.

 

4.  Kaitan dengan unit-unit lainnya

Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit kompetensi yang berkaitan dengan multimedia.

 

1.1.6           Kompetensi Kunci

NO KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

3

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

3

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

2

6

Memecahkan masalah

2

7

Menggunakan teknologi

2

 


BAB  II

TAHAPAN   BELAJAR.

 

2.1     Langkah-langkah / Tahapan Belajar.

 

  • Penyajian materi,  pengajaran /  pelatihan  kerja, peserta pelatihan dan  penilai / asesor harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam unit komoetensi dari standar kompetensi kerja nasional Indonesia.
  • Isi perencanaan dari buku kerja ini merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja

 

2.2     Indikator Kerja

 

Merupakan pernyataan persyaratan tingkat standar kriteria kinerja pelaksanaan tugas pekerjaan ( task ) / unit kompetensi untuk mencapai  mencapai kompetensi dari setiap kegiatan atau langkah kerja ( aktivitas ) / elemen kompetensi  yang terukur pada masing-masing kriteria unjuk kerja dengan persyaratan yang dibutuhkan ( domein K, S, A ) pada kategori  jenis perilaku dan kemampuan internal setiap individu peserta pelatihan kerja, yaitu :

 

  1. Pengetahuan / Knowledge ( Kognitif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan kata  : “ Dapat.
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.   Pengetahuan, Pemahaman.

-  Kemampuan internal : Dapat  mengetahui, memahami,……….dll.

-  Tahapan Belajar        : Pengetahuan, Pemahaman,…….dst.

2.2.   Penerapan, Analisa , dst..

 

  1. Keterampilan / Skill  ( Psikomotorik ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Mampu.”
  2. Jenis kategori perilaku :

Persepsi, Kesiapan, Gerakan terbimbing, Gerakan Biasa,

- Kemampuan internal  : Mampu menyiapkan, melakukan, ….. dll.

- Tahapan Berlatih       : Kesiapan, Gerakan biasa, ………dst.

Gerakan Komplek,  Penyesuaian Pola Gerakan, dst..

 

  1. Sikap Kerja  / Attitude  ( Affektif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Harus.”
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1. Penerimaan, Partisipasi, Tanggung Jawab, Ketelitian, Kecermatan, dst.

-  Kemampuan internal  : Harus menunjukkan, bertanggung jawab,

-  Kemampuan safety   : Harus Teliti, Cermat, Ramah, Sabar………..dll.

-  Tahapan Berlatih       :  Sikap,

2.2. Penentuan sikap / Penilaian,  dst..

 

 

Tabel  Indikator Kerja :

Tabel indikator kerja, terdiri atas Nomor, KUK,  indikator, tahapan berlajar dan sumber belajar. Pada Unit Kompetensi TIK.PR08.014.01 ,  meliputi 3 (tiga) elemen kompetensi dan  9 (sembilan) Kriteria Unjuk Kerja, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

No

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

01  Membuat sebuh movie
1.

 

 

 

 

 

Konsep sebuah movie dijelaskan dan animasi dari objek (sprites) dilakukan. 1.1 Dapat memahami sebuah movie dan animasi

 

1.2 Mampu membuat animasi pada sebuah objek

 

1.3 Harus mengerti konsep – konsep pembuatan animasi dan movie

 

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih pembuatan

 

  • Tahapan sikap pemahaman
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP (Standar Operasional Prosedur) /SPM
2

 

 

 

 

Konsep dari Step Record dan realtime Record dijelaskan 2.1 Dapat memahami konsep record

 

2.2 Mampu menjelaskan beberapa mengenai record

 

2.3 Harus dapat mengaplikasikan record – record

  • Tahapan belajar pemahaman

 

  • Tahapan berlatih pembuatan

 

 

  • Tahapan sikap

berlatih

 

  • Internet

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP/SPM
3 Flash ke dalam Director di aplikasikan 3.1 Dapat membuat flash

 

3.2  Mampu membuat flash ke dalam director

 

3.3 Harus dapat mengerti mengenai flash dan director

  • Tahapan belajar pengetahuan
  • Tahapan berlatih pembuatan

 

  • Tahapan sikap

pengaplikasian

 

  • Internet

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP/SPM
4 Dasar – dasar dari director (scene, paint, ink, filters, vectors, colors) dijelaskan 4.1 Dapat mengerti mengenai dasar – dasar director

 

4.2 Mampu mengaplikasikan dasar – dasar director

 

4.3 Harus dapat menjelaskan dasar – dasar director

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih pemahaman

 

 

  • Tahapan sikap pengaplikasian
  • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP/SPM
2. Memanfaatkan file eksternal, teks dan suara.
1 Digital Video dan animated gifts diimpor dan diedit. 1.1 Dapat mengerti mengenai animasi

 

1.2 Mampu mengetahui mengenai digital video

 

1.3 Harus dapat mengimport dan mengedit

  • Tahapan belajar pemahaman
  • Tahapan berlatih mengimport

 

 

  • Tahapan sikap pengaplikasian
  • Internet
 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP/SPM
2 Konsep dan manipulasi teks, embedding font, dan input/output fieldtext dijelaskan 2.1 Dapat memahami konsep dan manipulasi

 

2.2 Mampu menjelaskan konsep – konsep tersebut

2.3 Harus dapat memanipulasi teks, font, dan lain – lain

  • Tahapan belajar pengetahuan
  • Tahapan berlatih memanipulasi

 

 

  • Tahapan sikap pemahaman
  • Internet
 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

 

  • SOP/SPM

 

 

 

3 Konsep manipulasi suara dalam director dijelaskan

 

3.1 Dapat memahami mengenai manipulasi

 

3.2 Mampu memanipulasi suara

 

3.3 Harus dapat memanipulasi suara di dalam director

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih memanipulasi
  • Tahapan sikap pemahaman
 

  • Internet

 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP/SPM
3. Menerapkan Lingo
1 Handlers, messages, variables dan events dari Lingo digunakan. 1.1 Dapat mengerti dasar – dasar Lingo

 

1.2 Mampu menjelaskan dasar – dasar Lingo

 

1.3 Harus dapat mengaplikasikan dasar – dasar Lingo.

  • Tahapan belajar pengetahuan
  • Tahapan berlatih mengaplikasikan
  • Tahapan sikap pemahaman
  • Internet
 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

 

  • SOP/SPM
2 Sprites yang interaktif dibuat.

 

2.1 Dapat memahami mengenai objek

 

2.2 Mampu menjelaskan mengenai objek

 

2.3 Harus dapat membuat objek interaktif

  • Tahapan belajar pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih mengaplikasikan
  • Tahapan sikap pemahaman
    • Internet
 

 

 

  • Referensi dari daftar pustaka

 

  • SOP/SPM

 


BAB III

TUGAS TEORI, UNJUK KERJA  DAN SIKAP KERJA

 

 

 

TUGAS TEORI , UNJUK KERJA DAN  SIKAP  KERJA :

 

Berlaku untuk setiap elemen kompetensi dan krteria unjuk kerja dalam level Unit Kompetensi TIK.PR08.014.01, Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja dan  jumlah nilai tingkat gradasi kompetensi kunci yang terindikasi pada 7 (tujuh) kompetensi kunci.

 

Tugas teori dan tugas unjuk kerja dalam Bab III  pada  Buku Kerja ini, meliputi :

 

3.1        Tugas Tertulis :

  • Tugas tertulis untuk  menilai pengetahuan ( Knowledge ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi penilaian unjuk kerja dan unjuk sikap kerja.
  • Didukung  aspek pengetahuan yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kiteria unjuk kerja  dan kompetensi kunci.
  • Dapat dimasukkan penilaian pengetahuan sikap kerja.

 

3.2.      Tugas  Unjuk Kerja :

  • Tugas unjuk kerja untuk menilai keterampilan ( Skill ) seseorang dalam menampilkan elemen komptensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung  aspek keterampilan  yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.3.      Tugas  Sikap  Kerja :

  • Tugas unjuk sikap kerja untuk menilai sikap ( Attitude ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung aspek kritis atau penyikapan kerja  dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.1 TUGAS  TERTULIS  :

 

3.1.1.  Memiliki tingkatan kesulitan :

  1. Soal mudah.
  2. Soal sedang.
  3. Soal sulit.

Kisi-kisi  soal dan jumlah soal dibedakan pada setiap level unit kompetensi.

3.2.2.  Bentuk tugas tertulis adalah Obyektive Test., terdiri atas :

  1. Pilihan Ganda  (Multiple Choice).
  2. Menjodohkan (Matching).
  3. Jawaban Singkat (Short Answer)

 

Penilaian dengan menggunakan satu atau lebih dari satu pertanyaan untuk setiap elemen kompetensi,   jika penilai   kurang puas   dengan   kesiapan anda   dalam melakukan  penilaian unjuk kerja dan sikap kerja anda,   maka rencana pelatihan unjuk kerja dan sikap kerja  ulang / remidial akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

        PILIHAN GANDA :

( Seri  A ).

 

  1. Selesaikan semua tugas tertulis sesuai pertanyaan masing-masing dengan mengacu pada bentuk soal pilihan ganda (Muliple Choise), seri A.
  2. Waktu tersedia 25 menit, jumlah soal 25 pertanyaan.

 

Tugas :  Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda  X pada  huruf a, b, c dan d yang anda pilih.

 

  1. Bahasa yang ditulis oleh Macromedia Director adalah : ( KUK 1.1)
    1. Lingo
    2. Director
    3. Flash
    4. Software

 

2.   Salah satu kegunaan Lingo yaitu, kecuali : ( KUK 1.1 )

a. Flexible

b. Terdiri dari ebebrapa seri frame

c. Dapat mengontrol

d. Efisien

 

3.     Perubahan – perubahan berikut ini yang akan dilakukan terhadap movie yaitu, kecuali : (KUK 1.1)

 

  1. Movie Palette
  2. Stage Fill
  3. RGB
  4. Print

 

  1. Hal – hal berikut ini harus diperhatikan dalam membuat sebuah movie, kecuali: (KUK 1.1)
    1. Event
    2. Event Handler
    3. Argument
    4. Markers

 

5.    Pada contoh yang dilakukan di buku informasi, berapakah ukuran stage yang digunakan untuk membuat sebuah movie: (KUK 1.1)

 

  1. 500 X 200
  2. 500 X 300
  3. 500 X 330
  4. 500 X 360

 

6.     Perintah apakah yang digunakan untuk menjalankan sebuah movie: ( KUK 1.1)

 

  1. Ctrl + Load
  2. Ctrl + Open
  3. Ctrl + Play
  4. Alt + Play

 

 

 

  1. Perintah untuk membuat sebuah movie yaitu: ( KUK 1.1)
  2. Ctrl + Made
  3. Ctrl + Enter
  4. Ctrl + New
  5. Ctrl + Add

 

 

  1. Langkah yang ke 3 dalam melakukan setting terhadap stage yaitu : (KUK 1.1)
    1. Dari file menu pilih new dan kemudian movie
    2. Pada modify menu, pilih movie dan kemudian properties
    3. Pada inspector property, rubah ukuran stage menjadi 640 X 480
    4. Tutup inspector property

 

  1. Perintah apakah yang harus dilakukan untuk membuka paint window, jika menggunakan macintosh : (KUK 1.1)
    1. Ctrl – 5
    2. Command – 5
    3. Ctrl – 6
    4. Command – 6

 

  1. Proses perekaman animasi dari frame ke frame disebut sebagai : (KUK 1.2)
    1. Step
    2. Next
    3. Step Record
    4. Next Record

 

  1. Yang merupakan plug in yang sangat mendukung semua produk Macromedia yaitu : (KUK 1.3)
  2. Flash
  3. Animasi
  4. Lingo
  5. Director

 

 

 

 

 

 

 

  1. Berikut ini merupakan dasar – dasar yang harus dimiliki oleh director, kecuali : (KUK 1.4)
    1. Scene
    2. Paint
    3. Ink
    4. Image

 

  1. Yang merupakan sebuah keterangan animasi yang mempunyai identitas tersendiri di dalam konteks movie director disebut : (KUK 1.4)
    1. Scene
    2. Paint
    3. Ink
    4. Vectors

 

 

 

 

  1. Ada beberapa metodologi yang digunakan pada cara kerja digital video berikut ini, kecuali : (KUK 2.1)
    1. Digital Video
    2. film
    3. AVI
    4. QuickTime

 

 

  1. Langkah ke 2 dalam proses meng import digital video yaitu : (KUK 2.1)
    1. Buat sebuah movie director yang baru dan beri nama.
    2. Pada menu file pilih import.
    3. Pada file yang berjenis field pilih QuickTime
    4. Pilih LeapQT.mov

 

 

  1. Langkah yang ke 6 dalam proses meng import digital video yaitu : (KUK 2.1)
    1. Klik dua kali sebuah anggota cast digital video
    2. Import LeapAVI.avi pada manner yang sama
    3. Pilih LeapQT.mov
    4. Pada menu pilih import

 

  1. Berapakah ukuran sebuah agar dapat di kompres : (KUK 2,2)
    1. 10K – 15 K
    2. 15K – 20K
    3. 14K – 25K
    4. 30K – 34K

 

  1. Langkah ke 1 dalam proses meng import suara yaitu : (KUK 2.3)
    1. Pada menu file pilih import
    2. Pada dialog import, atur jenis file ke suara
    3. Buka tutorial label pada CD – ROM
    4. Klik import

 

  1. Langkah ke 2 dalam proses meng import suara yaitu : (KUK 2.3)

 

  1.  Pada menu file pilih import
  2. Pada dialog import, atur jenis file ke suara
  3. Buka tutorial label pada CD – ROM
  4. Klik import

 

  1. Berikut ini merupakan jenis command yaitu : (KUK 3.1)
    1. Freestanding Command
    2. Linear Command
    3. Short Command
    4. Long Command

 

  1. Berikut ini contoh – contoh command yang terdapat pada freestanding command yaitu, kecuali : (KUK 3.1)
    1. Halt
    2. Quit
    3. Restart
    4. Start

 

  1. Dibawah ini merupakan elemen – elemen yang terdapat pada Lingo yaitu, kecuali : (KUK 3.1)
    1. Commands
    2. Keyword
    3. String
    4. Konstan

 

 

  1. Yang termaksud ke dalam konstan yaitu, kecuali : (KUK 3.1)
    1. Enter
    2. Backspace
    3. Empty
  2. True

 

 

 

  1. Arimetik, Komparatif, String, dll. Merupakan salah satu kelompok dari tipe : (KUK 3.1)
    1. Konstan
    2. Operator
    3. Ekspresi
    4. Keyword

 

  1. Langkah ke 2 yang dilakukan pada tahap peng editan objek yaitu : (KUK 3.2)
  1. Pilih objek 1 pada score
  2. Pada menu edit pilih edit sprite frame
  3. Tekan tombol hapus atau backspace
  4. Pilih cell objek

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta  untuk Tugas Tertulis :

(  Seri   A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Tertulis Seri A.

Benar

Salah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

19.

20.

21

22

23

24

25

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.25  Seri  A, telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

 

 

Total  waktu

25  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2     Tugas Unjuk Kerja :

( Seri A ).

 

  1. Selesaikan semua tugas unjuk kerja  sesuai instruksi unjuk kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. Waktu tersedia 25  menit, jumlah soal   3  Instruksi Kerja..

 

Tugas 1 :  Membuat movie atau animasi mengunakan dasar – dasar director yang berupa flash dengan mengikuti langkah – langkah yang dijelskan pada buku operasi. (KUK 1.1, KUK 1.2, KUK 1.3, KUK 1.4)

 

a. Waktu                      :    10  menit.

 

b. Alat                         :    Komputer

 

c. Bahan                      :    Buku catatan dan Macromedia director Lingo

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu mengerti dan memahami mengenai movie dan animasi

 

e. Standar Kriteria        :   Terjawab dengan benar atau terinci dengan benar , terserah nanti dilihat di contoh yg lain

 

f. Instruksi Kerja          :   Membuat movie atau animasi mengunakan dasar – dasar director yang berupa flash dengan mengikuti langkah – langkah yang dijelskan pada buku operasi (KUK 1.1, KUK 1.2, KUK 1.3, KUK 1.4)

 

Tugas 2 :  Melakukan import yang ditambahkan teks dan suara (KUK 2.1, KUK2.2, KUK 2.3)

 

a. Waktu                     :    10  menit.

 

b. Alat                        :    Komputer

c. Bahan                      :    Buku catatan dan Macromedia director Lingo

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu melakukan import dengan menambahkan teks dan suara

 

e. Standar Kriteria        :    Terjawab dengan benar atau terinci dengan benar , terserah nanti dilihat di contoh yg lain

 

f. Instruksi Kerja          :  Mengimport dengan ditambahkan teks dan suara (KUK 2.1, KUK2.2, KUK 2.3)

 

 

Tugas 3 :  Membuat objek yang menarik. (KUK 3.2)

 

a. Waktu                     :    5  menit.

 

b. Alat                        :   Komputer

c. Bahan                      :    Buku catatan dan Macromedia Director Lingo

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu membuat objek yang menarik

 

e. Standar Kriteria        :    Terjawab dengan benar atau terinci dengan benar , terserah nanti dilihat di contoh yg lain

 

f. Instruksi Kerja          :    Buatlah sebuah objek yang menarik (KUK 3.2)

 

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas Unjuk  Kerja :

       (  Seri  A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Unjuk Kerja, seri A

Benar

Salah

1.

2.

3.

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.3, Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total waktu

25  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3.3 Tugas Sikap Kerja (  Seri  A  ).

 

  1. a.   Selesaikan semua tugas unjuk kerja  sesuai instruksi sikap  kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. b.   Waktu tersedia 15  menit, jumlah soal  2  Instruksi Sikap Kerja.

 

 

Tugas 1 : 

a. Waktu                      :    10.  menit.

 

b. Alat                         :    Pensil dan Pulpen

c. Bahan                      :    Buku catatan

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu menjelaskan dasar – dasar director

e. Standar Kriteria        :    Sesuai dengan contoh pada buku informasi

 

f. Instruksi Sikap          :    Menjelaskan  beberapa dasar – dasar director serta menerapkannya

 

Tugas 2 : 

a. Waktu                     :    5.  menit.

 

b. Alat                        :    pulpen dan pensil

c. Bahan                      :    Buku catatan

 

d. Indikator Kerja         :    Mampu memanipulasi suara dalam director

 

e. Standar Kriteria        :    Sesuai dengan contoh pada buku informasi

 

f. Instruksi Sikap          :    Memanipulasi suara di dalam director

 

 

 

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas  Sikap   Kerja :

( Seri  A )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

No. Uraian Pertanyaan Tugas  Sikap  Kerja, Seri  A. Benar Salah

1.

2.

 

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.2, Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total  waktu

15  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                   :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

  1. A.   Data Buku  Manual :

- Gross Phil & Roberts Jason, Director 8 demystified, United States, 2000

 

B. Data Buku Pendukung Teori.

- Lihat pada Modul Buku Informasi Membuat Program Multimedia Berbasis Lingo (Director)

 

C. Website Yang Dapat Dikunjungi.


3.4 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR08.014.01

Judul Unit

: Membuat Program Multimedia Berbasis Lingo (Director)

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1 Membuat sebuah movie

1.1 Konsep sebuah movie dijelaskandan animasi dari objek (sprites) dilakukan

1.2 Konsep dari step record dan realtime record dijelaskan.

1.3 Flash ke dalam director di aplikasikan.

1.4 Dasar – dasar dari director (scene, paint, ink, filters, vector, colors) dijelaskan.

2 Memanfaatkan file eksternal, teks dan suara

2.1 Digital video dan animated gifts diimpor dan di edit

2.2 Konsep dari manipulsi teks, embedding font, dan input / output fieldtext dijelaskan.

 

2.3 Konsep manipulasi suara dalam director dijelaskan

3 Menerapkan Lingo

3.1 Handler, message, variables, event dari Lingo digunakan

3.2. Sprites yang interaktif dibuat

 

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: