Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Membuat Program Multimedia Berbasis Action Script (FLASH) TIK.PR08.013.01

May
22
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

 

MEMBUAT PROGRAM

MULTIMEDIA BERBASIS

ACTION SCRIPT (FLASH)

TIK.PR08.013.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………2

 

BAB I     KONSEP PENILAIAN……………………………………………………….    3

1.1   Bagaimana Instruktur akan Menilai                                             3

1.2   Tipe Penilaian                                                                          3

BAB II    PELAKSANAAN PENILAIAN ……………………………………………..    5

               2.1  Kunci Jawaban Tugas Teori                                                        5

2.2   Penyelesaian untuk Soal Praktek                                                10

2.3   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)                                                16

            2.4   Check List Teori dan Praktek                                                     17

LEMBAR PENILAIAN………………………………………. ……………………………  18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

Konsep Peniaian

 

1.1.          Bagaimana Instruktur akan Menilai

Dalam Sistem Berbasis Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan criteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (ditempat kerja) atau dilembaga pelatihan (diluar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan ditempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

1.2.          Tipe Penilaian  

Penilaian dilakukan dengan 2 jenis ujian, yaitu:

  1. Tes Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis

biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

  1. Tes Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

2.1    Kunci Jawaban Tugas Teori

  1. Berikut ini merupakan basic action yang terdapat pada flash, kecuali :
    1. NextPrev

 

  1. Berikut ini adalah perintah yang digunakan untuk mengendalikan gambar movie atau movie clip yang lain yaitu :
    1. tellTarget

 

  1. Berikut ini sintaks yang digunakan untuk melompat ke frame berikutnya adalah :
    1. FrameLoaded(this)

{

goToAndStop(“selesai”);

}

 

  1. Berikut ini merupakan jenis – jenis format file video yang dapat di import, kecuali :
    1. .jpg

 

  1. Bagaimana cara memindahkan obyek menggunakan panel:
    1. Menu > Panels > Info

 

  1. Berikut ini pilihan yang akan muncul ketika sudah memilih modify > Arrange, kecuali :
    1. Send To Front
    2. Mana yang dinamakan dengan arrow tool:
      1. c.   

 

  1. Berikut ini merupakan action script yang digunakan untuk mengembalikan nilai obyek yaitu :
    1.   Object.valueOf

 

  1. Berapa nilai ASCII untuk tombol DOWN :
  2.   40

 

  1. Tombol apa yang memiliki nilai ASCII 38:
    1.   UP

 

  1. Dimanakah file SWF ditampung pada flash player dari dokumen stack :
    1. Paling bawah

 

12    Teks apa yang dalam pengoperasiannya akan mengalami perubahan – perubahan secara dinamis sesuai dengan masukkan perintah yang diberikan, yaitu :

  1.   Dynamic Text Field

 

  1. Ada berapa jumlah frame di dalam suatu timeline :

d    Empat

 

  1. Berikut ini beberapa properties yang ada di dalam obyek sound,yang dapat di kontrol untuk memainkan sebuah movie, kecuali :
  2. Mp3

 

  1. Berikut ini format file yang hanya untuk macintosh yaitu :

c.       System 7 Sounds

 

Function HowClose ( Obx, Oby, MoX, MoY)

{

xDist = Math.abs(ObX-MoX);

yDist = Math.abs(ObY-MoY);

Diagonal = xDist * xDist + yDist * yDist ;

dDist = Math.sqrt (Diagonal);

return (dDist);

}

Untuk soal dari no 16 sampai no 20

 

  1. Pada program diatas, baris keberapa yang menentukan nama funtion :
  2.           Baris pertama

 

  1. Pada program diatas, baris keberapa yang menentukan jarak vertikal dalam pixel antara dua obyek :

c      Baris ketiga

 

  1. Pada program diatas, beris keberapa yang menentukan penambahan kuadrat dari dua nilai :

d     Baris keempat

 

  1. Pada program diatas, baris keberapa yang menggunakan method abs pada obyek math untuk menetapkan jarak horizontal dalam pixel antara dua variabel :
  2.     Baris kedua

 

  1. Pada program diatas, baris keberapa yang menunjukkan pengembalian nilai :

d.   Baris keenam

 

Gambar diatas merupakan salah satu menu yang terdapat di dalam flash, yaitu :

b.     Sound properties

 

  1. Ada beberapa tool yang dapat digunakan untuk memilih obyek dalam memodifikasi suatu obyek, kecuali :
  2. Brush Tool

 

  1. Apa nama lain dari file external action script :

c.          IDE

 

  1. Flash menyimpan suara di dalam :
    1. Library

 

  1. Flash juga biasanya menggunakan font khusus yang biasanya disebut dengan nama :
    1. Device Font

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2    Penyelesaian untuk soal praktek

Untuk penyelesaian ini, tergantung dari obyek yang akan dibuat oleh yang bersangkutan, kita akan membahas dengan obyek yang paling standard :

  1. Pertama – tama tentukan obyek yang akan dibuat, disini kita membentuk lingkaran, dengan memberi warna fill nya biru tua, garis lingkaran nya berwarna hijau tua dengan tebal garis 2.25 dan garis nya “solid”, seperti pada tampak berikut ini

 

 

  1. Kemudian kita akan menggerakkan lingkaran tersebut dengan menggunakan motion tween dan merubah lingkaran tersebut menjadi movie clip

 

Kemudian buat motion tween

 

Kemudian tentukan letak keyframe pada frame ke 25

 

 

 

Kemudian pindahkan lingkaran tersebut pada posisi yang ke 25

 

Untuk mengetahui jalannya obyek, maka tekan enter.

 

  1. Kemudian kita akan menambahkan suara kedalam obyek.

 

Pilih import, kemudian pilih sound yang akan kita import

 

Kemudian insert Layer

 

 

 

  1. Kemudian pada tahap akhir, kita dapat mengubah warna lingkaran ketika lingkaran sampai di posisi akhir.

 

 

Maka akan tampil lingkaran dengan warna seperti berikut

 

2.3   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Pemahaman tentang dasar – dasar action script      
2 Menciptakan dan memanipulasi obyek      
3 Penerapan continuous actions      
4 Penerapan interaksi antar obyek      
5 Memanipulasi suara dan text obyek      
6 Pengelolaan obyek      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.4 Check List Teori dan Praktek

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

 

Penguasaan Bahan

Ya

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  
Apakah peserta pelatihan mampu mengidentifikasi dasar – dasar action script?  
Apakah peserta pelatihan mampu menciptakan dan memanipulasi obyek – obyek yang dibuat dengan flash?  
Apakah peserta pelatihan mampu menampilkan obyek – obyek flash.  
Apakah peserta pelatihan mampu menerapkan interaksi antar obyek  
Apakah peserta pelatihan mampu melakukan dalam membentuk movie clip melalui kode action  
Apakah peserta pelatihan mampu melakukan manipulasi suara dan text obyek  
Apakah peserta pelatihan telah mampu mengelola obyek yang telah dibuat  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

Testimoni

artikel lainnya Membuat Program Multimedia Berbasis Action Script (FLASH) TIK.PR08.013.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Tuesday 14 April 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR OPERATOR KOMPUTER     MELAKUKAN PENANGANAN AWAL…

Tuesday 18 October 2011 | blog

65. Mata Pelajaran Biologi Kelompok Kesehatan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) A. Latar…

Sunday 26 April 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER     MEMBUAT STRUKTUR…

Friday 16 November 2012 | blog

BERIKUT ADALAH CONTOH PENULISAN PROFIL ABOUT US PADA WEBSITE BAGI ANDA YANG BARU MEMULAI MEMBANGUN WEBSITE.…