Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 25000 setahun dan dapatkan Trafik setiap harinya

Membuat Program Multimedia Berbasis Action Script (FLASH) TIK.PR08.013.01

May
22
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

 

MEMBUAT PROGRAM

MULTIMEDIA BERBASIS

ACTION SCRIPT (FLASH)

TIK.PR08.013.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………       1

 

BAB I     STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………. 2

 

1.1   Unit Kompetensi Yang Dipelajari                                                2

1.1.1  Kode dan Judul Unit                                                        2

1.1.2  Deskripsi Unit                                                                2

1.1.3  Elemen Kompetensi                                                        3

1.1.4  Batasan Variabel                                                             5

1.1.5  Panduan Penilaian                                                          5

1.1.6  Kompetensi Kunci                                                           6

 

BAB II    TAHAPAN BELAJAR…………………………………………………………….         7

 

BAB III  TUGAS DAN TEORI UNJUK KERJA………………………………………. 15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

1.1        Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan criteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

1.1.1   Kode dan Judul Unit

Kode Unit               : TIK.PR08.013.01

Judul Unit               : Membuat Program Multimedia Berbasis Action Script (Flash)

 

1.1.2                   Deskripsi Unit

Unit kompetensi iniberkaitan dengan pembuatan program multimedia menggunakan action script. Pada unit ini lebih difokuskan pada action scripting tingkat menengah keatas dengan identifikasi terhadap OOP (Object Oriented Programming) yang cukup.

 

               

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1.3 Elemen Kompetensi

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Menjelaskan dasar – dasar action script 1.1  Dasar – dasar programming action script dan flow charting dijelaskan.

 

1.2.   Sintaks- sintaks khusus yang hanya terdapat pada flash dijelaskan.

 

1.3.   Dragable Movie Clip Control dijelaskan.

 

1.4.   Video dan streaming video diimpor.

 

02     Menciptakan dan memanipulasi obyek – obyek Flash 2.1  Konsep obyek – obyek dan classes dalam flash dijelaskan.

 

2.2. Obyek dalam flash diciptakan dan dimanipulasi.

 

03     Menerapkan Continuous Actions 3.1   Isi dari obyek ditampilkan ke dalam dynamic textfield.

 

3.2.   Konsep Button obyek, key obyek, dan listener dijelaskan.

 

 

 

 

 

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

04      Menerapkan interaksi antar obyek. 4.1   Konsep movie clip obyek dijelaskan.

 

4.2.   Bentuk dan movie clip obyek melalui kode action script dibuat.

 

4.3.    Komunikasi dan interaksi antar dokumen SWF diaplikasikan.

 

4.4.    Variable eksternal diterima baik melalui masukan pengguna atau dokumen lain.

 

05      Memanipulasi suara dan text obyek 5.1   Obyek suara dan propertinya digunakan.

 

5.2    Suara dari dokumen eksternal diambil

 

5.3   Textfield obyek untuk input dan output dimanipulasi.

 

06      Mengelola obyek 6.1   Action script eksternal digunakan.

 

6.2.  Script yang reusable dibuat.

 

6.3   Obyek/action/class dibuat melalui function.

 

6.4      Prototyping obyek flash dilakukan.

 

6.5   Components dimanipulasi.

 

 

 

1.1.4 Batasan Variabel

1   Unit ini berlaku untuk seluruh sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi.

  1. Membuat program multimedia berbasis Action Script (Flash) bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

1.1.5   Panduan Penilaian

Panduan penilaian terdiri dari :

  1. Pengetahuan dan Ketrampilan Penunjang

Untuk mendemonstrasikan kompetensi, diperlukan bukti ketrampilandan pengetahuan di bidang berikut ini :

1.Pengetahuan dasar yang dibutuhkan

  1. Menetapkan property dokumen.

2.Pemrograman script

 

2.Ketrampilan dasar

  1. Menggunakan vector art

2.Efek – efek movie clip

3.Memodifikasi button dan menambah navigasi

4.Menambah streaming dan sounds

 

  1. Konteks Penilaian:

Kompetensi harus di ujikandi tempat kerja atau tempat lain secara praktek dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

  1. Aspek Penting Penilaian :

Aspek yang harus diperhatikan :

  1. 1.    Menjelaskan dasar – dasar action script
  2. Kemampuan untuk membuat dan memanipulasi obyek – obyek di flash
  3. Kemampuan untuk melakukan interaksi antar obyek
  4. 4.    Kemampuan untuk memanipulasi suara dan text obyek
  5. Kemampuan untuk menangani obyek dan properties yang berbeda

 

  1. Kaitan Dengan Unit – Unit Lain :

Unit ini mendukung di dalam membuat program aplikasi multimedia berbasis Action Script Flash. Contoh mencakup namun tidak terbatas pada:

4.1.1  TIK.PR02.009.01     Mengoperasikan bahasa pemrograman berorientasi obyek

4.1.2  TIK.PR02.002.01     Membuat algoritma pemrograman lanjut

4.1.3  TIK.PR02.003.01     Membuat struktur data

4.1.4  TIK.PR05.003.01     Membuat program scripting multimedia

4.1.5  TIK.PR06.003.01     Menjelaskan sistem peripheral

 

Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati – hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu / khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

1.1.6  Kompetensi Kunci

 

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

3

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

3

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

3

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

1

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

3

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  1. Penyajian bahan, pengajaran dan peserta harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  2. Isi perencanaan merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  3. Peserta harus mengerti tentang flash dan komponen-kompoenen lain yang tercakup di dalamnya.
  4. Peserta belajar untuk mengerti tentang pembuatan program action script, dengan berbagai macam sintaks – sintaks nya beserta flow chart.
  5. Peserta mempelajari dan mengerti dalam menciptakan dan memanipulasi obyek – obyek pada flash.
  6. Peserta mempelajari bagaimana menerapkan interaksi antar obyek dalam flash.
  7. Peserta mempelajari bagaimana dalam mengelola obyek – obyek di dalam flash.

 

KUK

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1 Menjelaskan dasar – dasar action script dan flow charting Dapat menjelaskan dasar – dasar action script dan membuat flow chartnya pada flash
  • Mencari informasi mengenai dasar – dasar action script
  • Mencari infromasi mengenai flow chart pada flash
  • Internet
  • Buku mengenai action script dan flow chart
1.2 Mengerti sintaks – sintaks khusus yang hanya terdapat pada flash Dapat mengerti berbagai mancam sintaks yang ada pada flash, untuk menunjang pembuatan program flash.
  • Mencari informasi tentang sintak – sintaks pada flash
  • Mencari perbedaan sintaks pada flash dengan sintaks pada program yang lain
  • Internet
  • Buku mengenai sintaks – sintaks
1.3    Melakukan dragable movie clip control Dapat men-drag movis clip control dalam pembuatan program action script.
  • Mencari informasi mengenai dragable pada obyek
  • Mencari perbedaan mengenai cara dragable pada obyek biasa dan movie clip control
  • Internet
  • Buku mengenai dragable movie clip
1.4   Melakukan import pada video dan streaming video Dapat mengimport obyek ke dalam video.
  • Mencari informasi mengenai cara – cara mengimport
  • Internet
  • Buku mengenai video dan video streaming
2.1   Menjelaskan obyek – obyek dan classes dalam flash Mengerti tentang obyek – obyek dan classes sehingga mampu membuatnya pada flash
  • Mencari informasi mengenai Obyek – obyek dan classes pada buku
  • Mencari informasi pada internet
  • Internet
  • Buku mengenai obyek – obyek dan classes
2.2   Memanipulasi dan menciptakan obyek pada flash Dapat membuat berbagai bentuk obyek dan dapat memanipulasinya sehingga menjadi obyek yang sangat menarik.
  • Mencari informasi mengenai manipulasi dan menciptakan obyek di dalam flash dari buku dan internet
  • Internet
  • Buku mengenai obyek
3.1  Mengisi dari obyek kemudian ditampilkan ke dalam dynamic textfield Dapat menampilkan obyek di dalam dynamic textfield.
  • Mencari informasi tentang tata cara pengisian obyek ke dalam dynamic textfield
  • Melakukan pengisian pada dynamic textfield
  • Internet
  • Buku mengenai obyek pada dynamic textfield
3.2  Menerapkan button obyek,key obyek dan listener Dapat mengerti mengenai button obyek, key obyek dan listener dalam penggunaan di dalam flash
  • Mencari informasi mengenai button obyek, key obyek dan listener
  • Mencari informasi mengenai penerapannya
  • Internet
  • Buku mengenai button obyek, key obyek dan listener
4.1   Menerapkan konsep movie clip obyek. Dapat mengerti berbagai macam konsep movie clip obyek.
  • Mencari informasi mengenai movie clip obyek
  • Internet
  • Buku mengenai movie clip
4.2  Membuat movie clip melalui code action script. Dapat mengerti pembuatan movie clip dengan menggunakan action script
  • Mencari informasi mengenai pembuatan movie clip
  • Melakukan pembuatan movie clip dengan action script
  • Internet
  • Buku mengenai movie clip dengan action script
4.3  Mengaplikasikan antara dokumen SWF Dapat mengerti tentang penggunaan dokumen SWF
  • Mencari informasi dari buku dan internet mengenai dokumen SWF
  • Melakukan pembuatan antara dokumen SWF
  • Internet
  • Buku mengenai dokumen SWF
4.4  Menggunakan variabel eksternal Dapat mengerti penggunaan variabel, khususnya variabel eksternal.
  • Mencari informasi mengenai variabel eksternal dan internal
  • Melakukan penggunaan varaiable eksternal
  • Internet
  • Buku mengenai variabel eksternal
5.1  Memanipulasi obyek suara dan properti nya Dapat dan mengerti tentang berbagai cara memanipulasi obyek suara dan propertinya
  • Mencari informasi dari buku dan internet mengenai obyek suara dan propertinya
  • Melakukan menipulasi terhadap obyek suara
  • Internet
  • Buku mengenai obyek suara dan properti
5.2 Mengambil suara dari dokumen eksternal Dapat melakukan pengambilan suara dari dokumen eksternal.
  • Mencari informasi mengenai dokumen eksternal dari buku dan internet
  • Melakukan penggambilan suara dari dokumen eksternal
  • Internet
  • Buku mengenai suara dari dokumen eksternal
5.3   Memanipulasi textfield obyek Dapat memanipulasi textfield obyek pada flash
  • Melakukan manipulasi terhadap textfield obyek
  • Mencari informasi dari buku dan internet
  • Internet
  • Buku mengenai textfield
6.1 Melakukan action script eksternal 1. Mengerti perbedaan action scriot internal dan eksternal

2.  Dapat melakukan action script yang eksternal pada flash

 

  • Mencari informasi mengenai action script
  • Mencari perbedaan action script internal dan eksternal
  • Internet
  • Buku mengenai action script eksternal
6.2  Melakukan script yang reusable 1. Dapat memahami script yang reusable

2. Dapat melakukan script yang reusable

  • Mencari informasi mengenai script yang reusable dari buku dan internet
  • Internet
  • Buku mengenai script reusable
6.3   Membuat function obyek/action/class Dapat membuat function – function pada flash
  • Mencari informasi mengenai obyek, action dan class
  • Melakukan pembuatan function di dalam flash
  • Internet
  • Buku mengenai function
6.4  Melakukan prototyping obyek flash Dapat melakukan prototyping obyek di dalam flash
  • Mencari informasi mengenai prototyping pada flash
  • Melakukan prototyping terhadap obyek di dalam flash
  • Internet
  • Buku mengenai prototyping
6.5  Memanipulasi Komponen Dapat melakukan berbagai cara memanipulasi komponen – komponen dalam flash
  • Mencari informasi mengenai komponen – komponen pada flash
  • Melakukan manipulasi terhadap komponen flash
  • Internet
  • Buku mengenai komponen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

3.1        Tugas Teori

Bacalah soal-soal berikut dengan seksama dan kerjakanlah dengan tepat!

  1. Berikut ini merupakan basic action yang terdapat pada flash, kecuali : (KUK 1.1)
    1. gotoAndPlay
    2. nextFrame
    3. nextPrev
    4. nextFrame

 

  1. Berikut ini adalah perintah yang digunakan untuk mengendalikan gambar movie atau movie clip yang lain yaitu : (KUK 1.1)
    1. tellTarget
    2. loadMovie
    3. prevScene
    4. FSCommand

 

  1. Berikut ini sintaks yang digunakan untuk melompat ke frame berikutnya adalah : (KUK 1.2)
    1. OnClipEvent(mouseDown)

{

This._x += 10

}

  1. FrameLoaded(this)

{

goToAndStop(“selesai”);

}

 

  1. On (release)

{

Play();

}

  1. tellTarget(_root.plane)

{

Stop();

}

 

  1. Berikut ini merupakan jenis – jenis format file video yang dapat di import, kecuali : (KUK 1.4)
  2. .mov
  3. .mpg
  4. .jpg
  5. .avi

 

  1. Bagaimana cara memindahkan obyek menggunakan panel: (KUK 2.1)
  2. Menu > Panels > Info
  3. Menu > Modify > Arrange
  4. Window > Panel > Transform
  5. Insert > New symbol

 

  1. Berikut ini pilihan yang akan muncul ketika sudah memilih modify > Arrange, kecuali : (KUK 2.1)
    1. Bring To Front
    2. Send To Back
    3. Bring Forward
    4. Send To Front

 

 

 

  1. Mana yang dinamakan dengan arrow tool: (KUK 2.1)
    1. Berikut ini merupakan action script yang digunakan untuk mengembalikan nilai obyek yaitu : (KUK 2.1)
      1. Object.addProperty
      2. Object.Watch
      3. Object.valueOf
      4. Object.toString

 

  1. Berapa nilai ASCII untuk tombol DOWN : (KUK 3.2)
    1. 8
    2. 17
    3. 40
    4. 35

 

10. Tombol apa yang memiliki nilai ASCII 38: (KUK 3.2)

  1. SHIFT
  2. UP
  3. TAB
  4. SPACE

 

11. Dimanakah file SWF ditampung pada flash player dari dokumen stack : (KUK 4.3)

  1. Paling bawah
  2. Paling atas
  3. Paling kiri
  4. Paling kanan

 

12. Teks apa yang dalam pengoperasiannya akan mengalami perubahan – perubahan secara dinamis sesuai dengan masukkan perintah yang diberikan, yaitu : (KUK 3.1)

  1. Static Text Field
  2. Input Text Field
  3. Output Text Field
  4. Dynamic Text Field

 

13. Ada berapa jumlah frame di dalam suatu timeline : (KUK 3.2)

  1. Satu
  2. Dua
  3. Tiga
  4. Empat

 

  1. 14.  Berikut ini beberapa properties yang ada di dalam obyek sound,yang dapat di kontrol untuk memainkan sebuah movie, kecuali : (KUK 5.1)
    1. Mp3
    2. Durasi
    3. Id3
    4. Posisi

 

15. Berikut ini format file yang hanya untuk macintosh yaitu : (KUK 5.2)

  1. Sound Only QuickTime Movies
  2. Sun AU
  3. System 7 Sounds
  4. WAV

 

Function HowClose ( Obx, Oby, MoX, MoY)

{

xDist = Math.abs(ObX-MoX);

yDist = Math.abs(ObY-MoY);

Diagonal = xDist * xDist + yDist * yDist ;

dDist = Math.sqrt (Diagonal);

return (dDist);

}

Untuk soal dari no 16 sampai no 20

 

 

  1. 16.  Pada program diatas, baris keberapa yang menentukan nama funtion : (KUK 6.3)
    1. Baris pertama
    2. Baris kedua
    3. Baris ketiga
    4. Baris keempat

 

17. Pada program diatas, baris keberapa yang menentukan jarak vertikal dalam pixel antara dua obyek : (KUK 6.3)

  1. Baris pertama
  2. Baris kedua
  3. Baris ketiga
  4. Baris keempat

 

18. Pada program diatas, beris keberapa yang menentukan penambahan kuadrat dari dua nilai : (KUK 6.3)

  1. Baris pertama
  2. Baris kedua
  3. Baris ketiga
  4. Baris keempat

 

19. Pada program diatas, baris keberapa yang menggunakan method abs pada obyek math untuk menetapkan jarak horizontal dalam pixel antara dua variabel : (KUK 6.3)

  1. Baris pertama
  2. Baris kedua
  3. Baris ketiga
  4. Baris keempat

 

20. Pada program diatas, baris keberapa yang menunjukkan pengembalian nilai : (KUK 6.3)

  1. Baris pertama
  2. Baris keempat
  3. Baris kelima
  4. Baris keenam

 

21.

Gambar diatas merupakan salah satu menu yang terdapat di dalam flash, yaitu : (KUK 5.1)

  1. Library
  2. Sound properties
  3. Components
  4. TimeLine

 

22. Ada beberapa tool yang dapat digunakan untuk memilih obyek dalam memodifikasi suatu obyek, kecuali : (KUK 6.1)

  1. Arrow Tool
  2. SubSelection Tool
  3. Brush Tool
  4. Lasso Tool

 

23. Apa nama lain dari file external action script : (KUK 6.1)

  1. DEI
  2. EDI
  3. IDE
  4. ITE

 

24. Flash menyimpan suara di dalam : (KUK 5.2)

  1. Library
  2. Proprties
  3. Menu
  4. Components

 

25. Flash juga biasanya menggunakan font khusus yang biasanya disebut dengan nama : (KUK 5.1)

  1. Basic Font
  2. Device Font
  3. Special Font
  4. Standard Font

 

Bobot nilai untuk setiap soal teori di atas adalah 2, jadi total nilai untuk soal teori adalah 50

 

 

 

3.2        Tugas Unjuk Kerja

Anda diharapkan untuk membuat suatu program multimedia yang berbasiskan action script, anda akan membuat obyek terlebih dahulu kemudian akan memodifikasi obyek – obyek tersebut sehingga menjadi lebih menarik, selanjutnya anda akan menambahkan suara pada obyek yang anda buat.

Tugas anda sekarang adalah :

  1. (1.5) Menciptakan obyek – obyek flash yang akan dibuat berdasarkan keinginan kemudian manipulasi obyek – obyek tersebut  dengan berbagai komponen – komponen yang terdapat di dalam flash. (KUK 1.1, KUK 1.2, KUK 1.3, KUK 1.4,KUK 2.1, KUK 2.2 )
  2. (1.5) Setelah obyek – obyek tersebut dibuat dan dimanipulasi, kemudian lakukan interaksi terhadap obyek – obyek tersebut dengan menggunakan konsep – konsep movie clip (KUK 3.1, KUK 3.2, KUK 4.1, KUK 4.2, KUK 4.3, KUK 4.4)
  3. (1.0) Setelah itu, masukkan suara yang ingin ditambahkan pada obyek tersebut dan menggunakan text obyek.(KUK 5.1, KUK 5.2, KUK 5.3)
  4. (1.0) Pada tahap terakhir, anda diminta untuk mengelola obyek tersebut dengan berbagai macam cara.(KUK 6.1, KUK 6.2, KUK 6.3, KUK 6.4, KUK 6.5)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Daftar Cek Unjuk Kerja

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR08.013.01

Judul Unit

: Membuat Program Multimedia Berbasis Action Script (Flash)

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1 Menjelaskan dasar – dasar action script

1.1 Dasar- dasar programming action script dan flow charting dijelaskan

1.2 Sintaks – sintaks khusus yang hanya terdapat pada flash dijelaskan.

1.3 Dragable Movie Clip Control dijelaskan.

1.4 Video dan Streaming video diimpor

2 Menciptakan dan memanipulasi obyek – obyek flash

2.1 Konsep obyek – obyek dan classes dalam flash dijelaskan

2.2 Obyek dalam flash diciptakan dan dimanipulasi

3 Menerapkan Continuous Actions

3.1 Isi dari obyek ditampilkan ke dalam dynamic textfield

3.2 Konsep Button obyek, key obyek, dan listener dijelaskan.

4 Menerapkan interaksi antar obyek

4.1 Konsep Movie Clip obyek dijelaskan

4.2 Bentuk dan movie clip obyek melalui kode action script dibuat.

4.3 Komunikasi dan interaksi antar dokumen SWF diaplikasikan.

4.4 Variabel eksternal diterima baik melalui masukkan pengguna atau dokumen lain

5 Memanipulasi suara dan text obyek

5.1 Obyek suara dan propertinya digunakan.

5.2 Suara dari dokumen eksternal diambil

5.3 Textfield obyek untuk input dan output dimanipulasi.

6 Mengelola Obyek

6.1 Action Script eksternal digunakan

6.2 Script yang reusable dibuat

6.3 Obyek/Action/Class dibuat melalui function.

6.4 Prototyping obyek flash dilakukan.

6.5 Components dimanipulasi

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

Testimoni

artikel lainnya Membuat Program Multimedia Berbasis Action Script (FLASH) TIK.PR08.013.01

Sunday 18 September 2011 | blog

dijual rp 50000 d1200p smart modem 90. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/…

Tuesday 1 May 2012 | blog

  INDOKABANA, Indonesia Kain Batik Mempesona, Dapatkan Pesona Batik untuk tubuh indah anda dengan harga spesial,…

Wednesday 3 September 2014 | blog

Membuat PowerPoint 2003 Presentasi Menggunakan Windows 2000/Me/XP Memulai PowerPoint 2003 Klik dua kali dengan cepat pada…

Tuesday 18 November 2014 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI   SUBSEKTOR METODOLOGI PELATIHAN KERJA   MERANCANG STRATEGI DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN…