Advertisement
loading...

 

 

Advertisement

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

MEMBUAT PROGRAM

APLIKASI BERBASIS C++

TIK.PR08.001.01

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi                                                                                                      Hal

 

BAB I       KONSEP PENILAIAN                                                                           3

1.1   Bagaimana Instruktur Akan Menilai                                             3

1.2   Tipe Penilaian                                                                            4

 

BAB II     PELAKSANAN PENILAIAN                                                                 5

2.1   Kunci Jawaban Tugas Teori                                                        5

2.2   Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)                                                  14

              2.3   Daftar check list teori dan unjuk kerja                                          15

Lembar Penilaian                                                                                           16

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

1.1.          Bagaimana Instruktur akan Menilai

Dalam Sistem Berbasis Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan criteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (ditempat kerja) atau dilembaga pelatihan (diluar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan ditempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

 

 

 

 

1.2.          Tipe Penilaian  

Penilaian dilakukan dengan 2 jenis ujian, yaitu:

  1. Tes Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

  1. Tes Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

2.1        Kunci Jawaban Tugas Teori

 

  1. Dalam program dibawah ini, yang tercetak di monitor adalah:

int a=100;

if(a == 100) {

cout << “test 1”;

}

else {

cout << “test 2”;

}

a. “test 1”

 

  1. Dalam program dibawah ini, yang tercetak di monitor adalah:

int a=101;

if(a == 100) {

cout << “test 1”;

}

else {

cout << “test 2”;

}

 

b. “test 2”

 

  1. Program dibawah akan mencetak dimonitor:

cout << “test\n” << endl;

cout << “test2”;

a. test

 

                  test2”

  1. Bentuk for loop dari statement while dibawah adalah:

n = 4;

while (n > 0) {

cout << “n lebih besar dari 0”;

n = n – 1;

}

c. for(n=4; n<0; n=n-1) {

                   cout << “n lebih besar dari 0”;

                     }

 

5.    Pendeklarasian function yang benar dibawah ini adalah:

C. int afunc(int a, int b) {

                      return 1;

                        }

 

6.    Function yang tepat untuk dipanggil dari program dibawah ini adalah:

D. float multiply(float a, float b) {

                             return a*b;

                       }

 

7.    Program dibawah akan mencetak dilayar:

int *a;

int b=3;

a=&b

*a=5;

cout <<  b;

b. 5

 

8.    Bagaimana cari mendeklarasikan array yang benar:

a. type arrayname[number_of_element];

9.    Dalam contoh dibawah, bagaimana cara mengakses isi dari array yang         merupakan angka ’30′:

int test[5] = {10, 20, 30, 40, 50);

c. test[2]

 

10.   Jenis stream yang valid untuk bisa menulis kedalam file:

d. fstream dan ofstream

 

11.   Dalam c++ berapa byte memory yang dipakai oleh bool, float, dan int:

a. bool: 1, float:4, int:4

 

12.   Dalam c++ class, constructor digunakan untuk:

d. Tidak ada jawaban diatas

 

13.   Cara mendeklarasi class yang valid dibawah ini:

c. class Classname {

                      access_specifier:

                      member…

                      access_specifier:

                      member…

                      };

 

14.   Sebuah konsep dimana function dapat bernama sama dengan parameter                yang berbeda-beda, adalah konsep:

B. Overloading

 

15.   Untuk mengalokasikan suatu memory sembari berjalannya                                    program(runtime), keyword yang digunakan adalah:

b. new

 

 

16.   Dalam program di bawah, Rectangle merupakan:

b. class Rectangle: public Polygon {

                      public:

                             Rectangle(int a, int b) {

                                      width = a;

                                      height = b;

                             }

                             int area() {

                                      return width*height;

                             }

                      };

 

17.   Dalam suatu inheritance, sebuah constructor dari child class dapat                         memanggil constructor base class dengan:

b. Childclass(param1,…,paramn) : Baseclass(param1,…paramn);

 

18.   Yang menggambarkan  pemakaian polymorphism dibawah adalah:

b. int main() {

                      Rectangle rectangle1(3, 4);

                      Triangle triangle1(4, 5);

 

                      Polygon *polygon_pointer1 = &rectangle1;

                      Polygon *polygon_pointer2 = &triangle1;

 

                      cout << polygon_pointer1->area() << endl;

                      cout << polygon_pointer2->area() << endl;

                 }

 

19.   Keyword yang digunakan untuk penggunaan polymorphism:

d. virtual

 

20.   Abstract class adalah:

a. sebuah class dimana ada virtual function yang belum didefinisikan

 

21.   Untuk memanggil command line diunix melalui c++, function yang                        dipakai adalah:

b. system();

 

22.   Dalam client TCP, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk                              berkomunikasi

c.

  1. 1.   membuat socket dengan memanggil socket()
  2. 2.   membuat koneksi dengan server dengan memanggil connect()
  3. berkomunikasi (ada beberapa cara, bisa dengan read() dan write())

 

23.   Perintah read() dan write() digunakan oleh jenis komunikasi:

a. TCP

 

24.   ODBC adalah:

b. Sebuah spesifikasi yang disediakan untuk bahasa pemrograman dapat melakukan konektivitas dengan database engine

 

25. Dari statement dibawah, akan mencetak dilayar monitor:

 

for(int i=0; i<2; i++)

cout << i;

  1. a.   01

 

2.2        Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Dasar dasar pemrograman C++      
2 Menerapkan Function      
3 Menerapkan pointer      
4 Menerapkan Class      
5 Merancang aplikasi berorientasi obyek      
6 Menerapkan system call      
7 Menerapkan network programming      
8 Menerapkan database connection      

 

Berikut adalah solusi penyelesaian tes unjuk kerja

 

#include <iostream>

using namespace std;

main() {

SQLHENV env;

SQLHDBC dbc;

SQLHSTMT stmt;

SQLRETURN ret; /* ODBC API return status */

SQLCHAR outstr[1024];

SQLSMALLINT outstrlen;

if (SQL_SUCCEEDED(ret)) {

printf(“Connected\n”);

printf(“Returned connection string was:\n\t%s\n”, outstr);

if (ret == SQL_SUCCESS_WITH_INFO) {

printf(“Driver reported the following diagnostics\n”);

extract_error(“SQLDriverConnect”, dbc, SQL_HANDLE_DBC);

}

SQLDisconnect(dbc);         /* disconnect from driver */

} else {

fprintf(stderr, “Failed to connect\n”);

extract_error(“SQLDriverConnect”, dbc, SQL_HANDLE_DBC);

}

/* free up allocated handles */

SQLFreeHandle(SQL_HANDLE_DBC, dbc);

SQLFreeHandle(SQL_HANDLE_ENV, env);

}

 

// mendeklarasikan class Polygon

class Polygon {

protected:

float width, height;

public:

Polygon(float inputWidth, float inputHeight) {

width = inputWidth;

height = inputHeight;

}

Polygon set_value(float inputWidth, float inputHeight) {

width = inputWidth;

height = inputHeight;

}

virtual float perimeter() = 0;

virtual float area() = 0;

};

class Rectangle: public Polygon {

public:

Rectangle(float a, float b) : Polygon(a, b);

float perimeter() {

return ((2*width) + (2*height));

}

float area() {

return width*height;

}

};

 

class Triangle: public Polygon {

public:

Triangle(float a, float b) : Polygon (a, b);

float perimeter() {

return width+height+sqrt( (width*width) +(height*height));

}

float area() {

return (width*height/2);

}

};

 

int main() {

 

int pilihan=0;

float width, height;

Polygon *pointer_to_polygon;

Rectangle rect;

Triangle tri;

 

while(pilihan !=3) {

cout << “Pilihlah ruang datar berikut untuk perhitungan: “ << endl << endl;

cout << “1. Rectangle (persegi panjang)” << endl;

cout << “2. Triangle (segitiga)” << endl;

cout << “3. Keluar dari program << endl << endl;

cin >> pilihan;

 

if (pilihan == 1) {

cout << “masukan lebar:” << endl;

cin >> width;

cout << “masukan tinggi:” << endl;

cin >> height;

pointer_to_polygon=&rect;

}

else if (pilihan == 2) {

cout << “masukan lebar:” << endl;

cin >> width;

cout << “masukan tinggi:” << endl;

cin >> height;

pointer_to_polygon=&tri;

}

 

pointer_to_polygon->set_value(width, height);

cout << “perimeter=” <<  pointer_to_polygon->perimeter() << endl;

cout << “area=” << pointer_to_polygon->area() endl;

}

 

delete pointer_to_polygon;

}

 

 

2.3 CHECK LIST TEORI DAN PRAKTEK

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

 

Ya

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  
Apakah peserta latihan dapat menjelaskan dasar pemrograman dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan dapat menerapkan function dengan baik ?  
Apakah peserta pelatihan dapat menerapkan classdengan baik?  
Apakah peserta pelatihan dapat menerapkan pointer dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan dapat merancang aplikasi berorintasi obyek dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan dapat menerapkan system call dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan dapat menerapkan network programming dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan dapat menerapkan database connection dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan sudah mengumpulkan, menganalisa, dan mengelompokkan semua informasi menurut prosedur dan criteria yang sudah ditentukan ?  
Apakah peserta pelatihan sudah memberikan ide dan informasi yang tepat sesuai dengan  standard  yang dibutuhkan ?  
Apakah peserta pelatihan menggunakan sumber-sumber yang menguntungkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

 

 

KOPMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: