Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Advertisement

 

 

 

MEMBUAT ARTWORK DENGAN ACUAN NYATA / HIDUP

TIK.MM02.013.01

 

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

DAFTAR ISI. 1

BAB I STANDAR KOMPETENSI. 2

1.1    Unit Kompetensi Yang Dipelajari 2

1.1.1                                                                                            Kode dan Judul Unit 2

1.1.2                                                                                                      Deskripsi Unit 2

1.1.3                                                                                             Elemen Kompetensi 2

1.1.4                                                                                                  Batasan Variabel 3

1.1.5                                                                                               Panduan Penilaian. 4

1.1.6                                                                                                Kompetensi Kunci 5

BAB II  TAHAPAN BELAJAR. 7

BAB III TUGAS TEORI, UNJUK KERJA  DAN SIKAP KERJA. 13

3.1    Tugas Tertulis 13

3.2    Tugas Unjuk Kerja. 20

3.3    Tugas Sikap Kerja. 21

3.4    Daftar Cek Unjuk Kerja. 23

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

 

STANDAR KOMPETENSI

 

 

 

 

1.1     Unit Kompetensi Yang Dipelajari

 

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan  untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

 

1.1.1      Kode dan Judul Unit

 

Kode Unit   :  TIK.MM02.013.01

Judul Unit   :  Membuat Artwork dengan Acuan Nyata / Hidup

 

1.1.2      Deskripsi Unit

 

Unit ini mendeskripsikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk merakit materi-materi sumber dan karya seni, dan menggandakan dan memberikan karya seni dari referensi action langsung untuk produksi dalam industri budaya.

 

1.1.3      Elemen Kompetensi

 

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kriteria unjuk kerja (KUK) untuk masing-masing elemen :

 

 

ELEMEN KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
01 Mengumpulkan bahan pembuatan model 1.1     Penentuan bahan berdasarkan gambar yang akan dibuat, dikoordinasikan dengan personil yang sesuai

1.2     Bahan yang ditemukan, dirakit  berdasarkan teknik roto-scoping

1.3     Bahan dan sumber yang dirakit, dijaga tetap bersih dan aman.

02 Mengcopy gambar adegan 2.1     Gambar di-copy untuk memenuhi detail kerangka naskah.

2.2     Gambar diakurasi sesuai urutan adegan.

2.3     Secara detail digambarkan untuk memenuhi persyaratan-persyaratan.

03 Merakit bahan dan identifikasi bahan yang dibutuhkan untuk desain produksi 3.1   Bahan dirakit berdasarkan teknik yang   ditetapkan. Model rakita dipelihara tetap  bersih, selamat, dan aman.
04 Membuat model 4.1    Model dibuat untuk memenuhi bahan rujukan yang memenuhi standar teknik dan seni.

4.2    Model dibuat dengan mencerminkan naskah dan penggunaan teknik yang cocok dalam batasan-batasan produksi

4.3    Masalah yang ada kaitannya dengan sumber materi dilaporkan kepada personel yang sesuai.

4.4    Model dipelihara agar aman, bersih dan dalam susunan yang benar.

 

 

1.1.4      Batasan Variabel

 

Batasan variabel unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:

  1. Storyboard dapat mencerminkan berbagai gaya animasi meliputi:

1.1         Gambar-gambar

1.2         Puppetry

1.3         Digital imaging

1.4         Berbagai macam gaya dan teknik grafis

  1. Produksi mencakup satu atau lebih media:

2.1         Gambar-gambar

2.2         Puppetry

2.3         Digital imaging

  1. Jenis-jenis produksi meliputi beberapa:

3.1         Feature film

3.2         Film pendek

3.3         Iklan

3.4         Video musik

3.5         Program televisi

  1. Personel yang relevan meliputi:

4.1         Desainer produksi

4.2         Supervisor

4.3         Kepala bagian

4.4         Pengarah fotografi

4.5         Sutradara

4.6         Produser

4.7         Pengarah tehnik

4.8         Staf teknik lain

4.9         Staf spesialis lain

4.10      Desainer

4.11      Manager studio

4.12      Personil produksi animasi

4.13      Artist visual

  1. Elemen-elemen animasi meliputi:

5.1         Karakter

5.2         Latar

5.3         Property misalnya furniture

  1. Detail yang sesuai untuk model dapat dijumpai pada:

6.1         Storyboard

6.2         Gambar-gambar layout

6.3         Instruksi sutradara

6.4         Kamera sheet

6.5         Penggalan soundtrack

  1. Gambar animasi dapat:

7.1         Dimasukkan dengan gambar yang dibuat manual

7.2         Bentuk dan action dibuat dengan komputer

  1. Proses cetak dapat melibatkan:

8.1         Tracing referensi aksi langsung

8.2         Menggunakan media fisik misalnya kertas

8.3         Menggunakan media digital

  1. Karya seni dapat:

9.1         Dibuat dengan berbagai gaya grafis

9.2         Melibatkan berbagai gaya dan teknik grafis

 

 

1.1.5      Panduan Penilaian

 

Panduan penilaian terdiri dari :

  1. 1.     Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Penilaian harus meliputi bukti utama pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang-bidang berikut:

1.1         Visualisasi dan pemahaman konsep kreatif.

1.2         Pemahaman skrip, spesifikasi dan instruksi

1.3         Prinsip dan teknik produksi animasi

1.4         Komposisi dan pembuatan film

1.5         Memahami elemen-elemen seni suatu produksi

1.6         Mengenal metode dan teknik animasi saat ini.

1.7         Menjaga integritas design

1.8         Gambar hidup dan terjemahan ke karakter yang dianimasikan.

 

2.   Konteks penilaian

2.1        Penilaian dapat terjadi di tempat kerja, diluar kerja atau campuran keduanya

2.2        Penilaian yang diluar kerja harus dilakukan dengan lingkungan kerja yang disimulasikan mendekati tempat kerja

2.3        Penilaian dapat menggunakan beberapa metode untuk menilai kemampuan dan penerapan pengetahuan pendukung utama, dan mungkin meliputi:

2.3.1         Contoh karya atau kegiatan kerja yang disimulasikan

2.3.2         Pertanyaan lisan / wawancara yang diajukan dalam evaluasi proses yang digunakan dalam mengembangkan dan mewujudkan konsep kreatif

2.3.3         Proyek / laporan / buku catatan kemajuan

2.3.4         Laporan pihak ketiga da prestasi otentik sebelumnya

2.3.5         Bukti-bukti portofolio yang menggambarkan proses yang digunakan dalam mengembangkan dan mewujudkan konsep kreatif.

 

3.   Aspek penting penilaian

Bukti berikut ini penting untuk menilai kompetensi dalam unit ini:

3.1         Produksi karya kreatif yang memenuhi persyaratan praksi dan sesuai dengan laporan yang ada.

 

4.   Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1         Keterkaitan unit kompetensi untuk penilaian akan bervariasi dengan projek atau skenario tertentu. Unit ini penting untuk suatu range pelayanan teknologi informasi dan oleh karena itu harus dinilai secara keseluruhan dengan unit technical / support

4.2         Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hari-hati. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu / khusus, pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

 

1.1.6      Kompetensi Kunci

 

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

3

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

3

5

Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika

2

6

Memecahkan masalah

3

7

Menggunakan teknologi

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

 

TAHAPAN BELAJAR

 

 

 

2.1     Langkah-langkah/tahapan belajar

 

  • Penyajian materi,  pengajaran /  pelatihan  kerja, peserta pelatihan dan  penilai / asesor harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam unit komoetensi dari standar kompetensi kerja nasional Indonesia.
  • Isi perencanaan dari buku kerja ini merupakan kaitan antara kriteria unjuk kerja dengan pokok-pokok pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja

 

 

2.2     Indikator Kerja

 

Merupakan  pernyataan persyaratan tingkat standar kriteria kinerja pelaksanaan tugas pekerjaan ( task ) / unit kompetensi untuk mencapai  mencapai kompetensi dari setiap kegiatan atau langkah kerja ( aktivitas ) / elemen kompetensi  yang terukur pada masing-masing kriteria unjuk kerja dengan persyaratan yang dibutuhkan ( domein K, S, A ) pada kategori  jenis perilaku dan kemampuan internal setiap individu peserta pelatihan kerja, yaitu :

 

  1. Pengetahuan / Knowledge ( Kognitif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan kata  : “ Dapat.
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.   Pengetahuan, Pemahaman.

-  Kemampuan internal : Dapat  mengetahui, memahami,……….dll.

-  Tahapan Belajar        : Pengetahuan, Pemahaman,…….dst.

2.2.   Penerapan, Analisa , dst..

 

  1. Keterampilan / Skill  ( Psikomotorik ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Mampu.”
  2. Jenis kategori perilaku :

Persepsi, Kesiapan, Gerakan terbimbing, Gerakan Biasa,

- Kemampuan internal  : Mampu menyiapkan, melakukan, ….. dll.

- Tahapan Berlatih       : Kesiapan, Gerakan biasa, ………dst.

Gerakan Komplek,  Penyesuaian Pola Gerakan, dst..

 

  1. Sikap Kerja  / Attitude  ( Affektif ).

 

  1. Pada umumnya digunakan  kata :  “ Harus.”
  2. Jenis kategori perilaku :

2.1.    Penerimaan, Partisipasi, Tanggung Jawab, Ketelitian, Kecermatan, dst.

-  Kemampuan internal        : Harus menunjukkan, bertanggung jawab,

-  Kemampuan safety          : Harus Teliti, Cermat, Ramah, Sabar………..dll.

-  Tahapan Berlatih   :  Sikap,

2.2.   Penentuan sikap / Penilaian,  dst..

 

Tabel  Indikator Kerja :

Tabel indikator kerja, terdiri atas Nomor, KUK,  indikator, tahapan berlajar dan sumber belajar. Pada Unit Kompetensi TIK.MM02.013.01 ,  meliputi 4 (empat) elemen kompetensi dan  11 (sebelas) Kriteria Unjuk Kerja, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

 

K U K Indikator Kerja Tahapan Belajar Sumber
1. Mengumpulkan Bahan Pembuatan Model
1.1

 

 

 

 

 

 

Penentuan bahan berdasarkan gambar yang akan dibuat, dikoordinasikan dengan personil yang sesuai. Dapat Mengenal jenis-jenis bahan material pembuatan artwork
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan

 

 

  • Buku Informasi
  • Internet
  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
Mampu mengumpulkan bahan pembuatan model
Harus koordinasi dengan personil terkait sesuai pengumpulan model.
1.2

 

 

Bahan yang ditemukan, dirakit berdasarkan teknik roto-scoping

 

Dapat Mengenal teknik rotoscoping
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan
  • Buku Informasi
  • Internet
  • SOP (Standar Operasional Prosedur
Mampu merakit bahan sesuai dengan teknik rotoscoping
Harus bertanggung jawab atas bahan yang ditemukan
1.3 Bahan dan sumber yang dirakit, dijaga tetap bersih dan aman. Dapat mengerti library, linkage dan shared assets
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

 

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan
  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur
 
Mampu menyimpan sumber material pada library, membuat library dan membuka shared assets.
Harus bertanggung jawab atas bahan material yang disimpan.
2. Men-copy Gambar Adegan
2.1 Gambar dicopy untuk memenuhi detail kerangka naskah Dapat mengerti proses copy
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan
  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan
  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur
 
Mampu melakukan copy adegan video kedalam stage
Harus dapat memenuhi detail kerangka naskah.
2.2 Gambar diakurasi sesuai urutan adegan Dapat mengerti bagaimana gambar diakurasi sesuai urutan adegan
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih
  • Tahapan sikap : Pelaksanaan
  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur
 
Mampu mencopy adegan video sesuai storyboard
Harus menyesuaikan adegan dengan storyboard yang diterima
2.3 Secara detail digambarkan untuk memenuhi persyaratan-persyaratan Dapat mengerti persyaratan-persyaratan
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan

 

  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur

 

Mampu mengidentifikasi persyaratan-persyaratan pada storyboard
Harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada
3. Merakit Bahan dan Identifikasi Bahan yang dibutuhkan untuk Desain Produksi
3.1 Bahan dirakit berdasarkan teknik yang ditetapkan

Model Rakitan dipelihara tetap bersih, selamat, dan aman.

Dapat mengerti bagaimana merakit bahan
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

 

 

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

 

 

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan
  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur
 
Mampu merakit bahan yang telah disimpan pada library serta menyimpan dan membuka dokumen flash
Harus bertanggung atas bahan yang telah disimpan.
4. Membuat Model
4.1 Model dibuat untuk memenuhi bahan rujukan yang memenuhi standar teknik dan seni. Dapat mengerti format file pada dokumen flash
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan
  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur
 
Mampu membuat model sesuai storyboard dan arahan sutradara
Harus bertanggung jawab atas model yang dibuat.
4.2 Model dibuat dengan mencerminkan naskah dan penggunaan teknik yang cocok dalam batasan-batasan produksi Dapat mengerti teknik yang cocok untuk batasan produksi
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan
  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur
 
Mampu mengidentifikasi naskah pada proses produksi
Harus menceminkan naskah maupun arahan sutradara atas model yang dibuat.
4.3 Masalah yang ada kaitannya dengan sumber materi dilaporkan kepada personel yang sesuai. Dapat mengerti masalah-masalah berkaitan dengan sumber materi
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

 

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan

 

  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur

 

Mampu mengidentifikasi Masalah dan melaporkannya
Harus melapor pada personel yang terkait berkaitan dengan masalah-masalah
4.4 Model dipelihara agar aman, bersih dan dalam susunan yang benar. Dapat mengerti jenis-jenis publikasi
  • Tahapan belajar :
    Pengetahuan

 

  • Tahapan berlatih : Berlatih

 

 

 

  • Tahapan sikap : Pelaksanaan

 

  • Buku Informasi
  • Internet
  • Referensi dari aplikasi yang digunakan
  • SOP (Standar Operasional Prosedur

 

 

Mampu melakukan publikasi berdasarkan file format yang ditentukan
Harus memelihara model.

 

 

BAB III

 

TUGAS TEORI, UNJUK KERJA  DAN SIKAP KERJA

 

 

TUGAS TEORI , UNJUK KERJA DAN  SIKAP  KERJA :

 

Berlaku untuk setiap elemen kompetensi dan krteria unjuk kerja dalam level Unit Kompetensi TIK.MM02.013.01, Membuat Artwork dengan Acuan Nyata / Hidup dan  jumlah nilai tingkat gradasi kompetensi kunci yang terindikasi pada 7 (tujuh) kompetensi kunci.

 

Tugas teori dan tugas unjuk kerja dalam Bab III  pada  Buku Kerja ini, meliputi:

 

3.1     Tugas Tertulis :

  • Tugas tertulis untuk  menilai pengetahuan ( Knowledge ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi penilaian unjuk kerja dan unjuk sikap kerja.
  • Didukung  aspek pengetahuan yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kiteria unjuk kerja  dan kompetensi kunci.
  • Dapat dimasukkan penilaian pengetahuan sikap kerja.

 

3.2.    Tugas  Unjuk Kerja :

  • Tugas unjuk kerja untuk menilai keterampilan ( Skill ) seseorang dalam menampilkan elemen komptensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung  aspek keterampilan  yang dibutuhkan dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

3.3.    Tugas  Sikap  Kerja :

  • Tugas unjuk sikap kerja untuk menilai sikap ( Attitude ) seseorang dalam menampilkan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja.
  • Didukung aspek kritis atau penyikapan kerja  dalam panduan penilaian yang terindikasi pada kriteria unjuk kerja dan kompetensi kunci.

 

 

3.1     Tugas Tertulis

 

3.1.1.     Memiliki tingkatan kesulitan :

  1. Soal mudah.
  2. Soal sedang.
  3. Soal sulit.

Kisi-kisi  soal dan jumlah soal dibedakan pada setiap level unit kompetensi.

3.2.2.     Bentuk tugas tertulis adalah Obyektive Test., terdiri atas :

  1. Pilihan Ganda  (Multiple Choice).
  2. Menjodohkan (Matching).
  3. Jawaban Singkat (Short Answer)

 

Penilaian dengan menggunakan satu atau lebih dari satu pertanyaan untuk setiap elemen kompetensi,   jika penilai   kurang puas   dengan   kesiapan anda   dalam melakukan  penilaian unjuk kerja dan sikap kerja anda,   maka rencana pelatihan unjuk kerja dan sikap kerja  ulang / remidial akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

PILIHAN GANDA :

( Seri  A ).

 

  1. Selesaikan semua tugas tertulis sesuai pertanyaan masing-masing dengan mengacu pada bentuk soal pilihan ganda (Muliple Choise), seri A.
  2. Waktu tersedia 15 menit, jumlah soal 25 pertanyaan.

 

Tugas :  Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda  X pada  huruf a, b, c dan d yang anda pilih.

 

Kerjakanlah soal-soal uraian berikut secara seksama!

 

  1.                1.       Yang tepat mengenai teknik rotoscoping adalah: (KUK 1.2)
    1. Duplikasi objek nyata / hidup pada frame pertama
    2. Duplikasi objek nyata / hidup pada frame terakhir
    3. Duplikasi objek nyata / hidup frame demi frame
    4. Tidak ada jawaban yang tepat

 

  1.                2.       Sumber-sumber bahan material berikut ini yang tidak termasuk dalam sumber pembuatan artwork adalah: (KUK 1.1)
    1. Video
    2. Audio
    3. Pensil
    4. Gambar

 

  1.                3.       Personel-personel yang terkait dalam penentuan bahan, kecuali: (KUK 1.1)
    1. Supervisor
    2. Pengarah fotografi
    3. Sutradara
    4. Desainer produksi

 

  1.                4.       Untuk dapat menyimpan bahan-bahan material, yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan : (KUK 1.3)
    1. publish
    2. library
    3. save
    4. Stage

 

  1.                5.       Cara agar bahan material dapat terus digunakan walaupun membuka dokumen yang baru adalah dengan menggunakan: (KUK 1.3)
    1. Common Libraries
    2. Integrated assets
    3. Locked assets
    4. Shared assets

 

  1.                6.       Apa yang akan terjadi jika anda menekan tombol yes pada pesan notifikasi setelah men-copy bahan material adalah : (KUK 2.1)
    1. single keyframe muncul hanya pada frame pertama
    2. single keyframe muncul pada frame pertama hingga batas terakhir dari video yang di-copy
    3. blank keyframe muncul
    4. frame muncul hanya pada frame pertama

 

  1.                7.       Langkah pertama dari copy gambar adegan adalah memasukkan material yang telah kita simpan pada library kedalam: (KUK 2.1)
    1. Blank keyframe
    2. frame
    3. Stage
    4. Storyboard

 

  1.                8.       Untuk menduplikasi objek nyata / hidup, dapat menggunakan tool: (KUK 3.1)
    1. a.     Pencil
    2. b.     Eyedropper
    3. c.      Brush
    4. A dan C benar

 

  1.                9.       Dimanakah Anda dapat menduplikasi objek untuk membuat artwork: (KUK 3.1)
    1. Blank keyframe
    2. Frame
    3. Single keyframe
    4. Ketiga jawaban diatas salah.

 

  1.             10.       Untuk membuat blank keyframe untuk setiap frame yang ada adalah dengan menekan tombol: (KUK 3.1)
    1. F2
    2. F4
    3. F6
    4. F8

 

  1.             11.       Untuk publikasi artwork, file ekstensi yang tersedia pada aplikasi pembuatan artwork adalah : (KUK 4.1)
    1. .swf
    2. .doc
    3. .ppt
    4. .jar

 

  1.             12.       Penyataan yang benar untuk dapat menggunakan shared asets adalah: (KUK 1.3)
    1. File > Import > Open External Library
    2. File > Import > Import to stage
    3. File > Import > Import to library
    4. Tidak ada jawaban yang benar

 

  1.             13.       Sumber gambar sebagai bahan material pembuatan artwork terdiri dari dua jenis, yaitu: (KUK 1.1)
    1. Gambar vektor
    2. Gambar Bitmap
    3. Jawaban a dan b benar
    4. Tidak ada jawaban yang benar

 

  1.             14.       Menu apakah yang dipilih untuk dapat menyimpan shared assets: (KUK 1.3)
    1. Linkage
    2. Properties
    3. Save
    4. Save as

 

  1.             15.       Untuk dapat memasukkan sumber material teks atau karakter, tool yang digunakan adalah: (KUK 3.1)
    1. Text tool
    2. Character tool
    3. Edit tool
    4. Pencil tool

 

  1.             16.       Pengertian yang tepat tentang pencil tool adalah: (KUK 3.1)
    1. Menggambar objek yang diibaratkan dengan menggunakan pensil
    2. Menggambar objek yang diibaratkan dengan menggunakan kuas
    3. Menggambar sebuah objek pensil
    4. Menggambar sebuah objek kuas

 

  1.             17.       Pengertian yang tepat tentang brush tool adalah: (KUK 3.1)
    1. Menggambar objek yang diibaratkan dengan menggunakan pencil
    2. Menggambar objek yang diibaratkan dengan menggunakan kuas
    3. Menggambar sebuah objek pencil
    4. Menggambar sebuah objek kuas

 

  1.             18.       Agar supaya objek nyata / hidup yang diduplikasi dapat memiliki warna pada isinya, maka tool yang digunakan adalah: (KUK 3.1)
    1. Pencil tool
    2. Brush tool
    3. Paint tool
    4. Paint bucket tool

 

  1.             19.       Apa yang harus dilakukan jika model yang dirakit disimpan agar dapat dipergunakan kembali nanti : (KUK 3.1)
    1. Pilih menu  file > Save
    2. Pilih menu file > Open
    3. Pilih menu file > publish
    4. Pilih menu file > export

 

  1.             20.       Untuk dapat mempublikasi artwork yang diproduksi, ada baiknya untuk melakukan konfigurasi publikasi terlebih dahulu. Menu yang dipilih untuk konfigurasi publikasi dalam: (KUK 4.1)
    1. File > Publish setting
    2. File > Publish
    3. File > Publish Preview
    4. File > Export > export movie

 

  1.             21.       Sebelum artwork dipublikasikan, dapat dilakukan preview terhadap produksi. Menu yang dipilih untuk melakukan preview publikasi adalah: (KUK 4.1)
    1. File > Publish setting
    2. File > Publish
    3. File > Publish Preview
    4. File > Export > export movie

 

  1.             22.       Pernyataan yang tepat dibawah ini adalah: (KUK 1.3)
    1. Dalam menyimpan bahan material video, audio dan video tidak dapat dipisahkan
    2. Dalam menyimpan bahan material video, audio dan video dapat dipisahkan
    3. Dalam menyimpan bahan material video, dapat dipisahkan dan tidak dapat dipisahkan tergantung pilihan
    4. Dalam menyimpan bahan material video, dapat dipisahkan tetapi audionya tidak tersimpan.

 

  1.             23.       Selain menekan tombol pencil tool pada toolbox, hal yang dapat dilakukan untuk memilih pilihan pencil tool adalah dengan menekan: (KUK 3.1)
    1. B pada keyboard
    2. Y pada keyboard
    3. K pada keyboard
    4. Tidak ada jawaban yang benar

 

  1.             24.       Selain menekan tombol paint bucket tool pada toolbox, hal yang dapat dilakukan untuk memilih pilihan paint bucket tool adalah dengan menekan: (KUK 3.1)
    1. B pada keyboard
    2. Y pada keyboard
    3. K pada keyboard
    4. Tidak ada jawaban yang benar

 

  1.             25.       Selain menekan tombol brush tool pada toolbox, hal yang dapat dilakukan untuk memilih pilihan brush tool adalah dengan menekan: (KUK 3.1)
    1. B pada keyboard
    2. Y pada keyboard
    3. K pada keyboard
    4. Tidak ada jawaban yang benar

 

Lembar Pemeriksaan Peserta  untuk Tugas Tertulis :

(  Seri   A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

 

 

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Tertulis Seri A.

Benar

Salah

 

1.

 

2.

 

3.

 

4.

 

5.

 

6.

 

7.

 

8.

 

9.

 

10.

 

11.

 

12.

 

13.

 

14.

 

15.

 

16.

 

17.

 

18.

 

19.

 

20.

 

21

 

22

 

23

 

24

 

25

 Apakah pertanyaan No.1 sampai No.25  Seri  A, telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 
 

 

 

 

Total  waktu

15 menit.

 

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai                  :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai      :   ……………………………

 

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3.2     Tugas Unjuk Kerja

(Seri A)

 

  1. Selesaikan semua tugas unjuk kerja  sesuai instruksi unjuk kerja  masing-masing sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. Waktu tersedia 60 menit, jumlah soal 2 Instruksi Kerja..

 

Tugas 1 :  Membuat Artwork Dengan Teknik Roto-scoping

 

a. Waktu                  :        Disesuaikan dengan lamanya video dan kesulitan gambar tiap frame yang ada.

 

b. Alat                     :        Komputer

c. Bahan                  :        Buku catatan

 

d. Indikator Kerja     :        Mampu merakit bahan yang telah disimpan pada library serta menyimpan dan membuka dokumen flash

 

e. Standar Kriteria     :        Artwork yang dihasilkan sesuai dengan gambar pada video yang ada.

 

f. Instruksi Kerja       :        Bukalah Macromedia flash professional 8. Imporlah file video yang anda miliki kedalam library, dan gunakanlah teknik rotoscoping yang telah diajarkan pada buku informasi. (KUK 1.1 – 4.4)

 

Tugas 2 :  Mempublikasikan artwork yang telah dibuat pada tugas 1

 

a. Waktu                :          10  menit.

 

b. Alat                   :          Komputer

c. Bahan                 :          Buku catatan

 

d. Indikator Kerja    :          Mampu melakukan publikasi berdasarkan file format yang ditentukan

 

e. Standar Kriteria   :          Publikasi Artwork sesuai dengan format yang ditentukan.

 

f. Instruksi Kerja     :          Dari teknik rotoscoping berdasarkan acuan pada video yang anda miliki, publikasikanlah dalam bentuk JPEG image.

 

Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas Unjuk  Kerja :

       (  Seri  A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Unjuk Kerja, seri A

Benar

Salah

1.

2.

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.2, Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total waktu

60  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai          :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3     Tugas Sikap Kerja

 

  1. a.      Selesaikan semua tugas sikap kerja sesuai instruksi kerja dengan batasan pada indikator kerja dan mengacu pada standar kriteria masing-masing, seri A.
  2. b.      Waktu tersedia 30 menit, jumlah soal 2 Instruksi Sikap Kerja.

 

 


Tugas 1 : 

 

a. Waktu                  :        5 menit.

 

b. Alat                     :        Pensil atau Pulpen

c. Bahan                  :        Kertas

 

d. Indikator Kerja     :        Dapat menyebutkan format-format publikasi

 

e. Standar Kriteria     :        Sesuai dengan buku Informasi

 

f. Instruksi Kerja       :        Menyebutkan format-format publikasi pada pembuatan artwork dengan Macromedia Flash Professional 8

 

Tugas 2 : 

 

a. Waktu                  :        Disesuaikan dengan Tingkat kesulitan artwork

 

b. Alat                     :        Kamera video

c. Bahan                  :        Komputer dengan mouse dan keyboard, software Macromedia flash professional 8

 

d. Indikator Kerja     :        Artwork dibuat sesuai dengan tahap-tahap yang telah dijelaskan

 

e. Standar Kriteria     :        Sesuai dengan Buku Informasi

 

f. Instruksi Kerja       :        Menjalankan Tahapan Membuat artwork

 

 

 

 


Lembar Pemeriksaan Peserta untuk Tugas Unjuk  Kerja :

       (  Seri  A  )

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu, sebelum ditandatangani.

No.

Uraian Pertanyaan Tugas Unjuk Kerja, seri A

Benar

Salah

1.

2.

 

 

Apakah pertanyaan No.1 sampai No.2, Seri A  telah di jawab dengan benar ?

Keterangan

 

 

Total waktu

60  menit.

 

1. Nama Peserta pelatihan :   ……………………………

 

Tanda tangan Peserta     :   ……………………………

 

2. Nama Penilai          :    ……………………………

 

Tanda tangan Penilai       :   ……………………………

 

 

Catatan Penilai :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku-buku referensi untuk pelatihan yang telah direkomendasikan :

 

  1. A.   Data Buku  Manual :

 

  1. Kurniawan, Yahya. 2006. Macromedia flash 8. Elex Media Komputindo. Jakarta

 

B. Data Buku Pendukung Teori.

 

- Lihat pada Modul Buku Membuat Artwork dengan Acuan Nyata/Hidup

 

C. Website Yang Dapat Dikunjungi.

 

o      http://www.wikipedia.org

o      http://www.michaelspornanimation.com/splog/?m=200701

 

 


3.4 Daftar Cek Unjuk Kerja

 

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi.

 

Kode unit

: TIK.MM02.013.01

Judul Unit

: Membuat Artwork dengan Acuan Nyata/Hidup

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

  1. Mengumpulkan bahan pembuatan model

1.1  Penentuan bahan berdasarkan gambar yang akan dibuat, dikoordinasikan dengan personil yang sesuai

1.2  Bahan yang ditemukan, dirakit berdasarkan teknik rotoscoping

1.3  Bahan dan sumber yang dirakit, dijaga tetap bersih dan aman.

  1. Mencopy gambar adegan

2.1  Gambar di-copy untuk memenuhi detail kerangka naskah

2.2  Gambar diakurasi sesuai urutan adegan

2.3 Secara detail digambarkan untuk memenuhi persyaratan-persyaratan.

  1. Merakit bahan dan identifikasi bahan yang dibutuhkan untuk desain produksi

3.1  bahan dirakit berdasarkan teknik yang ditetapkan model rakitan dipelihara tetap bersih.

  1. Membuat model

4.1  Model dibuat untuk memenuhi bahan rujukan yang memenuhi standar teknik dan seni

4.2  Model dibuat dengan mencerminkan naskah dan penggunaan teknik yang cocok dalam batasan-batasan produksi

4.3  Masalah yang ada kaitannya dengan sumber materi dilaporkan kepada personel yang sesuai
4.4  model dipelihara agar aman, bersih dan dalam susunan yang benar.
Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: