Advertisement
loading...

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Advertisement

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

 

MEMBUAT ALGORITMA

PEMROGRAMAN LANJUT

TIK.PR02.002.01

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………. 2

 

BAB I    KONSEP PENILAIAN…………………………………………………………………… 3

 

1.1.           Bagaimana Instruktur akan Menilai ……………………………………… 4

1.2.           Tipe Penilaian ……………………………………………………………….. 4

 

BAB II   PELAKSANAAN PENILAIAN ………………………………………………………….. 5

 

2.1.           Kunci Jawaban Tugas-tugas Teori ……………………………………….. 5

2.2.           Daftar Check Unjuk Kerja (Praktek) …………………………………….. 16

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Buku-buku Referensi untuk bahan pelatihan yang telah direkomendasikan:

 

 

1.Data Buku Pendukung Teori

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

1.1.          Bagaimana Instruktur akan Menilai

 

Dalam sistem berdasarkan Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan criteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (ditempat kerja) atau dilembaga pelatihan (diluar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan ditempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

 

1.2.          Tipe Penilaian  

 

Test Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

 

Test Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.


 

BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

  1. Kunci Jawaban Tugas-tugas Teori dan praktek

 

 

  1. Cara mendeklarasikan array 2 dimensi bertipe integer denagn jumlah dimensi (2,2) yang tepat yaitu : (KUK 1.1)

Jawaban : a. int a[2][2];

 

  1. Pengertian yang paling benar mengenai array adalah ? (KUK 1.1)

Jawaban : c. Array adalah sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan memiliki jumlah yang telah ditentukan sebelumnya.

 

  1. Secara teori array memiliki maksimal dimensi berapa banyak (KUK 1.1)

Jawaban : d. Tidak terbatas

 

  1. Terdapat array 2 dimensi dengan jumlah seperti dibawah ini :

Jawaban : c. 6 elemen

 

  1. Apa itu file library ?  (KUK 1.2)

Jawaban : c. Sekumpulan fungsi – fungsi dan prosedur yang secara otomatis ada dalam setiap program dan sudah memiliki fungsionalitasnya masing – masing.

 

 

 

  1. Sebuah atribut yang melekat dalam sebuah fungsi / prosedur dan biasanya membawa nilai tertentu, disebut sebagai ? (KUK 1.2)

Jawaban : b. parameter

 

  1. Tata cara penulisan prosedur / fungsi yang tepat dibawan ini, yaitu :

Jawaban : b. void tampilkan_data();

 

  1. Definsi yang tepat mengenai parameter aktual yaitu ? (KUK 1.2)

Jawaban : b. Parameter yang dipakai dalam pemanggilan fungsi.

 

  1. Definsi yang tepat mengenai parameter formal yaitu ? (KUK 1.2)

Jawaban : c. Parameter yang ada pada daftar parameter dalam definisi fungsi.

 

  1. 10.  Pemanggilan prosedur untuk menjalankan sistem pada modus grafis ditulis dalam bentuk yang paling tepat dalam pemrograman menggunakan Turbo C, yaitu (KUK 1.3) :

Jawaban : a. void initgraph (int far * graphdriver, int far * graphmode, char far * pathtodriver)

 

  1. 11.  File library yang harus ditulis ketika hendak menggunakan fungsi – fungsi  pemrograman grafis antara lain dalam pemrograman Turbo C (KUK 1.3):

Jawaban : c. graphics.h

 

 

  1. 12.  Fungsi yang digunakan untuk merubah warna tulisan dalam pemrograman  Turbo C adalah (KUK 1.3) ?

Jawaban : a. void setcolor(int color);

 

  1. 13.  Definisi yang tepat mengenai obyek 3 dimensi adalah (KUK 1.3)?

Jawaban : c. Objek 3D adalah sekumpulan titik-titik 3D (x,y,z) yang membentuk luasan-luasan (face) yang digabungkan menjadi  satu kesatuan.

 

  1. 14.  Obyek 3D terdiri dari 3 komponen dasar, yaitu (KUK 1.3):

Jawaban : c. point, polyline dan polygon

 

  1. 15.  Fungsi Windowing (pada pemrograman grafik lanjutan menggunakan open GL) berfungsi sebagai ? (KUK 1.3)

Jawaban : a. Untuk mengatur windows, mouser dan penggunaan keyboard.

 

Soal Praktek

 

Soal Kasus Pertama

#include <dos.h>

#include <math.h>

#include <time.h>

#include <conio.h>

#include <stdio.h>

#include <stdlib.h>

 

int BestSpot , NumOfMember ;

double distance[10] ;

 

void calculate ( int[10] , int[10] ) ;

void main ( void ){

int x[10] , y[10] , i , j ;

textmode ( C80 ) ;

clrscr ( ) ;

gotoxy ( 30 , 1 ) ; printf ( “Meeting in Grid City” ) ;

gotoxy ( 30 , 2 ) ; printf ( “=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-” ) ;

do  {

gotoxy ( 1 , 4 ) ; clreol ( ) ;

printf ( “Masukkan Jumlah Anggota [3..5] : ” ) ;

scanf ( “%d” , &NumOfMember ) ;  }

while ( NumOfMember < 3 || NumOfMember > 5 ) ;

for ( i = 0 ; i < NumOfMember ; i ++ ) {

if ( i % 2 == 0 )

textcolor ( LIGHTRED ) ;

else

textcolor ( LIGHTBLUE ) ;

gotoxy ( 1 , i + 6 ) ; cprintf ( “Koordinat rumah anggota ke %2d [0..10] ->” , i + 1     ) ;

do {

gotoxy ( 42 , i + 6 ) ; cprintf ( “koordinat x : ” ) ;

 

clreol ( ) ;

scanf ( “%d” , &x[i] ) ;

} while ( x[i] < 0 || x[i] > 10 ) ;

do{

gotoxy ( 62 , i + 6 ) ; cprintf ( “koordinat y : ” ) ;

clreol ( ) ;

scanf ( “%d” , &y[i] ) ;

}while ( y[i] < 0 || y[i] > 10 ) ;

}

calculate ( x , y ) ;

gotoxy ( 5 , 20 ) ; printf ( “Tempat terbaik adalah di rumah anggota ke %d dengan    jarak total %.3lf” , BestSpot + 1 , distance[BestSpot] ) ;

while ( !kbhit ( ) ) {

gotoxy ( 20 , 25 ) ;

textcolor ( random ( 15 ) + 1 ) ;

textbackground ( random ( 8 ) ) ;

cprintf ( “Tekan sembarang tombol untuk selesai” ) ;

delay ( 500 ) ;  }}

 

void calculate ( int x[10] , int y[10] ){

int i , j ;

for ( i = 0 ; i < NumOfMember ; i ++ )  {

for ( distance[i] = 0 , j = 0 ; j < NumOfMember ; j ++ ){

distance[i] += sqrt ( ( x[i] – x[j] ) * ( x[i] – x[j] ) + ( y[i] – y[j] ) * ( y[i] – y[j] ) ) ;

 

gotoxy ( 10 , i + 12 ) ; printf ( “Jarak total untuk kumpul di rumah anggota ke %d =    %.3lf\n” , i + 1 , distance[i] ) ; }  }

for ( BestSpot = 0 , i = 1 ; i < NumOfMember ; i ++ )

if ( distance[BestSpot] > distance[i] )

BestSpot = i ;}

 

 

Soal Kasus Kedua

#include <time.h>

#include <conio.h>

#include <stdio.h>

#include <stdlib.h>

#define maxdata 20

 

void drawborder ( void ) ;

void drawmenu ( void ) ;

void sortnilaiac ( int[] , float[] , int ) ;

void sortnilaidc( int[] , float[] , int ) ;

void sortbynim ( int[] , float[] , int ) ;

void cetak ( int[] , float[] , int ) ;

 

void main ( void ){

int ID[maxdata] ; float data[maxdata] ;

int i , j , out , out2 , selector = 0 ;

 

char key ;

textmode ( C80 ) ;

_setcursortype ( _NOCURSOR ) ;

clrscr ( ) ;

for ( i = 0 ; i < maxdata ; i ++ ) {

ID[i] = i + 10000 ;

data[i] = random ( 10000 ) / 100.0 ;

}

out = out2 = 0 ; textcolor ( YELLOW ) ;

while ( out == 0 ) {

drawborder ( ) ;

gotoxy ( 10 , 2 ) ;

printf ( “Daftar nilai mata kuliah Algoritma dan Pemrograman ( T0016 )” ) ;

gotoxy ( 20 , 3 ) ; printf ( “%-20s %-10s” , “NIM” , “Nilai” ) ;

for ( i = 0 ; i < maxdata ; i ++ ) {

gotoxy ( 20 , i + 4 ) ; printf ( “0700%06d %15.2f” , ID[i] , data[i] ) ;

}

drawmenu ( ) ;

out2 = 0 ;

do {

gotoxy ( 51 , 12 + selector ) ; printf ( “¯” ) ;

key = getch ( ) ;

gotoxy ( 51 , 12 + selector ) ; printf ( ” ” ) ;

if ( key == 0 ){

key = getch ( ) ;

switch ( key ) {

case 72 : if ( selector > 0 ) selector — ; break ;

case 80 : if ( selector < 4 ) selector ++ ; break ;

}}

if ( key == 13 ){

out2 = 1 ;

switch ( selector ) {

case 0 : sortbynim ( ID , data , maxdata ) ; break ;

case 1 : sortnilaiac ( ID , data , maxdata ) ; system ( “leocapt” ) ; break ;

case 2 : sortnilaidc ( ID , data , maxdata ) ; break ;

case 3 : cetak ( ID , data , maxdata ) ; break ;

case 4 : out = 1 ; break ;

}} }

while ( out2 == 0 ) ; }}

void drawborder ( void ){

int i ;

for ( i = 1 ; i <= 80 ; i ++ )

gotoxy ( i , 1 ) , printf ( “Û” ) , gotoxy ( i , 24 ) , printf ( “Û” ) ;

for ( i = 1 ; i < 25 ; i ++ )

gotoxy ( 1 , i ) , printf ( “Û” ) , gotoxy ( 80 , i ) , printf ( “Û” ) ;

}

void drawmenu ( void ){

gotoxy ( 52 , 10 ) ; printf ( “M E N U” ) ;

gotoxy ( 52 , 11 ) ; printf ( “ßÜßÜßÜß” ) ;

 

gotoxy ( 52 , 12 ) ; printf ( “Sort by NIM” ) ;

gotoxy ( 52 , 13 ) ; printf ( “Sort by score ascending” ) ;

gotoxy ( 52 , 14 ) ; printf ( “Sort by score descending” ) ;

gotoxy ( 52 , 15 ) ; printf ( “Print to file” ) ;

gotoxy ( 52 , 16 ) ; printf ( “Exit” ) ;

}

void sortnilaiac ( int NIM[] , float nilai[] , int array_size ){

int i , j , increment , temp2 ;

float temp1 ;

increment = 3 ;

while ( increment > 0 ) {

for ( i = 0 ; i < array_size ; i ++ )  {

j = i ;

temp1 = nilai[i] ;

temp2 = NIM[i] ;

while ( (j >= increment ) && ( nilai[j-increment] > temp1 ) ){

nilai[j] = nilai[j-increment] ;

NIM[j] = NIM[j-increment] ;

j = j – increment ;

}

nilai[j] = temp1 ;

NIM[j] = temp2 ;

}

 

 

if ( increment/2 != 0 )

increment = increment / 2 ;

else if ( increment == 1 )

increment = 0 ;

else

increment = 1 ; }}

void sortnilaidc ( int NIM[] , float nilai[] , int array_size ){

int i , j , increment , temp2 ;

float temp1 ;

increment = 3 ;

while ( increment > 0 ) {

for ( i = 0 ; i < array_size ; i ++ ) {

j = i ;

temp1 = nilai[i] ;

temp2 = NIM[i] ;

while ( ( j >= increment ) && ( nilai[j-increment] < temp1 ) ){

nilai[j] = nilai[j-increment] ;

NIM[j] = NIM[j-increment] ;

j = j – increment ;

}

nilai[j] = temp1 ;

NIM[j] = temp2 ;

}

 

 

if ( increment/2 != 0 )

increment = increment / 2 ;

else if ( increment == 1 )

increment = 0 ;

else

increment = 1 ; }}

 

void sortbynim ( int NIM[] , float nilai[] , int array_size ){

int i , j , increment , temp2 ;

float temp1 ;

increment = 3 ;

while ( increment > 0 ) {

for ( i = 0 ; i < array_size ; i ++ )   {

j = i ;

temp1 = nilai[i] ;

temp2 = NIM[i] ;

while ( (j >= increment ) && ( NIM[j-increment] > temp2 ) ){

nilai[j] = nilai[j-increment] ;

NIM[j] = NIM[j-increment] ;

j = j – increment ;}

nilai[j] = temp1 ;

NIM[j] = temp2 ;}

if ( increment/2 != 0 )

increment = increment / 2 ;

 

else if ( increment == 1 )

increment = 0 ;

else

increment = 1 ; }}

void cetak ( int NIM[] , float nilai[] , int NumOfData ){

int i ;

FILE* out = fopen ( “soal10.out” , “w” ) ;

fprintf ( out , “%-20s %-10s\n” , “NIM” , “Nilai” ) ;

for ( i = 0 ; i < NumOfData ; i ++ )

fprintf ( out , “0700%06d %15.2f\n” , NIM[i] , nilai[i] ) ;

fclose ( out ) ;

}

 

 

2.2        Daftar Check Unjuk Kerja (Praktek)       

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN KOMPETEN BELUM

KOMPETEN

TANGGAL
1. Memahami dengan baik dasar – dasar pemrograman.      
2. Memahami tentang dasar array multi dimensi.

 

     
3. Memahami tentang dasar – dasar operasi array multi dimensi.

 

     
4. Memahami tentang dasar – dasar prosedur dan fungsi.

 

     
5. Memahami tentang mengaplikasikan fungsi dan prosedur sendiri.

 

     
6. Memahami tentang dasar – dasar pemrograman grafis.

 

     
7. Memahami fungsi – fungsi penting dalam pengelolaan grafis.

 

     
8. Memahami tentang pemrograman grafis obyek 3D

 

     

2.3 Check List Teori dan Praktek

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

Penguasaan Bahan

Ya

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami sintaks -  sintaks dasar dalam pemrograman ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami tentang dasar – dasar prosedur dan fungsi ?  
Apakah peserta pelatihan mampu mampu memahami fungsi – fungsi penting dalam pemrograman ?.  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami tentang membuat fungsi dan prosedur sendiri ?  

 

Apakah peserta pelatihan mampu memahami dasar – dasar pemrograman grafis ?  
Apakah peserta pelatihan mampu memahami fungsi – fungsi penting dalam pemrograman grafis ?  
Apakah peserta pelatihan telah mampu memahami pemrograman grafis obyek 3D menggunakan Open GL ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

KOPMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

 

Buku-buku Referensi untuk bahan pelatihan yang telah direkomendasikan:

 

  1.     2.            Data Buku Manual

 

  1.     3.            Data Buku Pendukung Teori

 

 

 

 

 

 

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: