Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Membuat Algoritma Pemrograman Lanjut TIK.PR02.002.01

Apr
26
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

 

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

 

MEMBUAT ALGORITMA

PEMROGRAMAN LANJUT

TIK.PR02.002.01

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………. Hal

 

BAB I    STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………………. 2

 

1.1.           Unit Kompetensi yang Dipelajari …………………………………………  2

1.1.1        Judul dan Kode Unit ………………………………………………  2

1.1.2        Deskripsi Unit ……………………………………………………..  2

1.1.3        Kemampuan Awal …………………………………………………  2

1.1.4        Elemen Kompetensi ………………………………………………  2

1.1.5        Kriteria Unjuk Kerja ………………………………………………  2

1.1.6        Batasan Variabel …………………………………………………..  4

1.1.7        Panduan Penilaian ………………………………………………..  4

1.1.8        Kompetensi Kunci ………………………………………………… 6

 

BAB II   TAHAPAN BELAJAR ……………………………………………………………………  7

 

BAB III  TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA ………………………………………………….  8

3.1         Tugas Tertulis …………………………………………………………………….  11

3.2         Tugas unjuk kerja ……………………………………………………………….. 16

3.3         Daftar cek unjuk kerja ………………………………………………………….. 18

 

Buku-buku Referensi untuk bahan pelatihan yang telah direkomendasikan:

-                  Data Buku Pendukung Teori

 

 

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

  KODE UNIT                    : TIK.PR02.002.01                                           

                                        JUDUL UNIT       : Membuat Algoritma Pemrograman Lanjut

                                                                

                                                          DESKRIPSI UNIT :

 

Unit ini menentukan kompetensi yang diperlukan untuk mempelajari algoritma yang akan diterapkan pada program, tidak tergantung bahasa pemrograman yang akan digunakan. Algoritma pemrograman merupakan materi dasar yang harus dikuasai oleh setiap programer. Untuk tingkat lanjut ini ditekankan kepada penguasaan array multi dimensi, pemakaian prosedur dan fungsi serta pemanfaatan grafik.

 

 

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Menggunakan Array Multi Dimensi

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1 Algoritma array multi dimensi dibuat dan dijelaskan.

 

1.2 Matrik 2D, 3D dibuat dalam bentuk penjumlahan, pengurangan, perkalian dsb.

 

1.3 Algoritma pembacaan, pengisian, pengubahan dan penghapusan data dalam array multi dimensi dibuat dan ditunjukkan.

 

02     Menggunakan prosedur dan fungsi  

2.1  Algoritma program dibuat dengan prosedur

 

2.2  Algoritma program dibuat dengan fungsi.

 

2.3   Algoritma program dibuat dengan prosedur dan fungsi.

 

03     Menggunakan library pemrograman grafik  

3.1   Algoritma program dibuat dengan library berbasis grafik.

 

3.2   Algoritma pemrograman dengan grafik (gambar sederhana) berbentuk 2D dan 3D dibuat.

 

3.3   Algoritma pemrograman animasi dibuat dengan grafik (gambar sederhana).

 

 

 

 BATASAN VARIABEL

 

  1. Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Menjaga etika bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

 

 

 

 

 PANDUAN PENILAIAN

 

  1. 1.           Pengetahuan dan keterampilan penunjang untuk mendemontrasikan kompetensi, memerlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini :

 

1.1                   Pengetahuan dasar :

1.1.1   Matematika dasar dan matematika logika

1.1.2   Flowchart dan dasar pemrograman

 

1.2                   Keterampilan dasar

Mengoperasikan sistem computer

 

  1. 2.           Konteks penilaian

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau di tempat lain secara teori dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

  1. Aspek penting penilaian

 

Aspek yang harus diperhatikan:

3.1     Kemampuan mengidentifikasi varian dan invarian yang berlaku umum pada pemrograman.

3.2     Kemampuan mengidentifikasi alur logika pemrograman sekuensial dan membuat algoritma.

3.3     Kemampuan mengidentifikasi pengelolaan array pada program.

3.4     Kemampuan menyimpan program ke dalam media penyimpanan.

3.5     Kemampuan membuat program membaca dan menulis data ke dalam file secara sekuensial dan indeks.

 

 

4.     Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1     Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar teknologi informasi.

4.1.1    Mengoperasikan PC dan system informasi

4.1.2    TIK.PR02.001.01  Membuat Algoritma Pemrograman Dasar

 

4.2     Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

Kompetensi Kunci

 

No Kompetensi Kunci Dalam Unit ini Tingkat
1 Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi 1
2 Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi 1
3 Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas 1
4 Bekerja dengan orang lain dan kelompok 1
5 Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 2
6 Memecahkan masalah 1
7 Menggunakan teknologi 1

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  • Penyajian bahan, pengajaran, peserta dan penilai harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  • Isi perencanaan merupakan kaitan antara criteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  • Peserta harus mengenali berbagai sintaks yang digunakan
  • Peserta juga harus memiliki melatih kemampuan logika pemrograman yang benar
  • Belajar membuat program yang benar dan efiesien

 

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

 
1.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Algoritma array multi dimensi dibuat dan dijelaskan.

 

Mengetahui konsep dasar array multi dimensi.
  • Mencari informasi tentang algoritma dan pemrograman tingkat lanjut.
  • Mencari informasi di buku dan internet.

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1
  • Buku tentang algoritma dan Pemrograman lanjut.
 

  • Internet

 

 

Mampu menerapkan array multi dimensi ke dalam penulisan program.
 
1.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Matrik 2D, 3D dibuat dalam bentuk penjumlahan, pengurangan, perkalian dsb.

 

Mengetahui operasi – operas dasar dalam pengaplikasiaan array multi dimensi.
  • Membaca buku algoritma dan pemrograman lanjut.
  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Buku tentang algoritma dan Pemrograman lanjut.

 

  • Internet

 

 

1.3 Algoritma pembacaan, pengisian, pengubahan dan penghapusan data dalam array multi dimensi dibuat dan ditunjukkan. Mengetahui metode untuk melakukan pemberian nilai, perubahan dan penghapusan nilai pada array multi dimensi.
  • Membaca buku  algoritma dan pemrograman tingkat lanjut.
  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Buku tentang  algoritma dan Pemrograman lanjut.

 

  • Internet
Mampu menuliskan kode program untuk mengaplikasikan operasi array matriks dengan benar.
  • Membaca buku  algoritma dan pemrograman lanjut.
  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1
     
2.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Algoritma program dibuat dengan prosedur

 

Mengetahui definisi prosedur.

 

Mengetahui cara menuliskan prosedur dengan benar pada kode program.

  • Membaca buku algoritma dan pemrograman lanjut.
  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Buku tentang algoritma dan Pemrograman lanjut.

 

  • Internet

 

 

2.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Algoritma program dibuat dengan fungsi.

 

Mengetahui definisi fungsi.

 

Mengetahui cara menuliskan fungsi dengan benar pada kode program.

  • Membaca buku algoritma dan pemrograman lanjut.
  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Buku tentang algoritma dan Pemrograman lanjut.

 

  • Internet

 

2.3

 

 

 

Algoritma program dibuat dengan prosedur dan fungsi. Mampu melakukan definisi masalah yang diselesaikan menggunakan prosedur atau fungsi.
  • Membaca buku algoritma dan pemrograman lanjut.
  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1
  • Buku tentang algoritma dan Pemrograman lanjut.
 

  • Internet

 

3.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Algoritma program dibuat dengan libraryberbasis grafik.

 

Mengetahui dasar – dasar pemrograman grafis.

 

Mengetahu fungsi – fungsi dasar dalam pemrograman grafis.

  • Membaca buku algoritma dan pemrograman lanjut.
  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Buku tentang algoritma dan Pemrograman lanjut.

 

  • Internet

 

 

3.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Algoritma pemrograman dengan grafik (gambar sederhana) berbentuk 2D dan 3D dibuat.

 

  • Mampu mengetahui teknik / algotritma dalam pembentukan bangun grafis 2D dan 3D.
  • Mampu menuliskan fungsi – fungsi dengan benar.
  • Mampu mengetahui dasar – dasar pemrograman grafis menggunakan Open GL.
  • Mampu menguasai fungsi – fungsi penting dalam pemrograman grafis Open GL.
  • Membaca buku algoritma dan pemrograman lanjut.
  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Buku tentang algoritma dan Pemrograman lanjut.

 

  • Internet

 

 

3.3

 

 

 

 

 

 

 

 

Algoritma pemrograman animasi dibuat dengan grafik (gambar sederhana).
  • Mengerti algoritma pembuatan animasi sederhana.

 

  • Mampu mengaplikasikan dalam penulisan kode program sederhana.
    • Membaca buku algoritma dan pemrograman lanjut.
    • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1
    • Buku tentang algoritma dan Pemrograman lanjut.
 

  • Internet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

3.1. Tugas Tertulis

 

Tugas tertulis dapat digunankan oleh panitia untuk mengidentifikasi kesiapan Anda untuk melaksanakan penilaian unjuk kerja.

 

Penilaian akan menggunakan satu atau lebih pertanyaan untuk setiap elemen, jika penilai kurang puas dengan kesiapan Anda dalam melakukan Penilaian Unjuk Kerja, maka rencana pelatihan atau Penilaian Unjuk Kerja  ulang /remadial akan dibicarakan antara Anda dengan Penilai.

 

Algoritma dan Pemrograman Lanjut

 

  1. Cara mendeklarasikan array 2 dimensi bertipe integer denagn jumlah dimensi (2,2) yang tepat yaitu : (KUK 1.1)

a. int a[2][2];

b. int a{2}{2};

c. int a(2)(2);

d. int a[2][2][2];

 

  1. Pengertian yang paling benar mengenai array adalah ? (KUK 1.1)

a. Array adalah sekumpulan data yang berbeda – beda.

b. Array adalah sekumpulan data yang sama dan jumlahnya tidak terbatas.

c. Array adalah sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan memiliki jumlah yang telah ditentukan sebelumnya.

d. Array adalah struktur data yang multi dimensi.

 

  1. Secara teori array memiliki maksimal dimensi berapa banyak (KUK 1.1)

a. 2 dimensi

b. 1 dimensi

c. 3 dimensi

d. Tidak terbatas

 

  1. Terdapat array 2 dimensi dengan jumlah seperti dibawah ini :

Int a[2][3]

Berapakah jumlah elemen yang terdapat di dalamnya (KUK 1.1) ?

a. 2 elemen.

b. 5 elemen.

c. 6 elemen

d. Tidak terbatas.

 

  1. Apa itu file library ?  (KUK 2.1)

a. File yang terdapat dalam setiap program

b. Nama file setiap program

c. Sekumpulan fungsi – fungsi dan prosedur yang secara otomatis ada dalam setiap program dan sudah memiliki fungsionalitasnya masing – masing.

d. Fungsi yang dibuat secara manual oleh pengguna dan disimpan ke dalam program.

 

 

 

  1. Sebuah atribut yang melekat dalam sebuah fungsi / prosedur dan biasanya membawa nilai tertentu, disebut sebagai ? (KUK 2.1)

a. integral

b. parameter

c. variabel

d. nama prosedur / fungsi

 

  1. Tata cara penulisan prosedur / fungsi yang tepat dibawan ini, yaitu (KUK 2.1):

a. void tampilkan data();

b. void tampilkan_data();

c. void tampilkan-data();

d. void tampilkan+data();

 

  1. Definsi yang tepat mengenai parameter aktual yaitu ? (KUK 2.2)

a. Parameter yang nyata dan ada di setiap fungsi.

b. Parameter yang dipakai dalam pemanggilan fungsi.

c. Parameter yang ada pada daftar parameter dalam definisi fungsi.

d. Parameter yang terdapat dalam file library program

 

  1. Definsi yang tepat mengenai parameter formal yaitu ? (KUK 2.3)

a. Parameter yang nyata dan ada di setiap fungsi.

b. Parameter yang dipakai dalam pemanggilan fungsi.

c. Parameter yang ada pada daftar parameter dalam definisi fungsi.

d. Parameter yang terdapat dalam file library program

 

  1. 10.  Pemanggilan prosedur untuk menjalankan sistem pada modus grafis ditulis dalam bentuk yang paling tepat dalam pemrograman menggunakan Turbo C, yaitu (KUK 3.1) :

a. void initgraph (int far * graphdriver, int far * graphmode, char far * pathtodriver)

b. void detectgraph (int far * graphdriver, int far * graphmode, char far * pathtodriver)

c. void opengraph (int far * graphdriver, int far * graphmode, char far * pathtodriver)

d. void loadinggraph (int far * graphdriver, int far * graphmode, char far * pathtodriver)

 

  1. 11.  File library yang harus ditulis ketika hendak menggunakan fungsi – fungsi pemrograman grafis antara lain dalam pemrograman Turbo C (KUK 3.1):

a. math.h

b. ctype.h

c. graphics.h

d. graph.h

 

12. Fungsi yang digunakan untuk merubah warna tulisan dalam pemrograman Turbo C adalah (KUK 3.1) ?

a. void setcolor(int color);

b. void setbkcolor(int color);

c. void setfontcolor(int color);

d. void setcolor(void);

 

 

  1. 13.  Definisi yang tepat mengenai obyek 3 dimensi adalah (KUK 3.2)?

a. Obyek yang memiliki bentuk nyata

b. Obyek – obyek yang hidup yang selain obyek 2 dimensi

c. Objek 3D adalah sekumpulan titik-titik 3D (x,y,z) yang membentuk luasan-luasan (face) yang digabungkan menjadi  satu kesatuan.

d. Obyek nyata yang memiliki sekumpulan titik n(x,y,z) dan membentuk sebuah luasan tapi terpisah – pisah.

 

  1. 14.  Obyek 3D terdiri dari 3 komponen dasar, yaitu (KUK 3.2):

a. pixel, point dan vector

b. bitmap, point dan vector

c. point, polyline dan polygon

d. point, polyline dan line

 

  1. 15.  Fungsi Windowing (pada pemrograman grafik lanjutan menggunakan open GL) berfungsi sebagai ? (KUK 3.2)

a. Untuk mengatur windows, mouser dan penggunaan keyboard.

b. Untuk mengendalikan posisi virtual kamera pada open GL.

c. Untuk mengontrol tampilan layar primitf menjadi windowing.

d. Untuk mengendalikan perintah – perintah dalam pemrograman Open GL.

 

 

 

 

 

  Tugas unjuk kerja

 

1. Di era modern sekarang ini, keefisienan waktu menjadi masalah yang sering

dijumpai oleh berbagai orang dari berbagai kalangan. Tidak ada orang yang

mau  membuang-buang  waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, apalagi pada

saat-saat penting. Masalah  yang  serupa  dijumpai  oleh  sekawanan  anak  kost  di  sekitar Universitas Bina  Nusantara. Pada  saat kawanan  yang berbeda tempat kost

ini  ingin  berkumpul  bersama, mereka  kesulitan  untuk  menentukan akan

berkumpul di kost siapa agar menghemat waktu perjalanan. (KUK 1.3)

 

Program  yang Anda buat sebagai berikut :

1. Menerima  input  berupa  jumlah  anggota  dalam  kawanan  tersebut.

2. Meminta inputan lokasi masing – masing anggota ( dalam koordinat x dan

y ).

3. Mengkalkulasikan  jarak  total yang  harus  ditempuh  untuk  berkumpul

di  kost  anggota ke-1 , ke-2 , ke-3  dan  seterusnya.

4. Menentukan  kost  mana  yang  paling  efisien untuk bertemu dari hasil

perhitungan.

5. Menunggu penekanan sembarang tombol untuk mengakhiri program.

(KUK 1.1)

 

 

 

 

 

2. Menulis program yang menggunakan algoritma advanced sort dan menulis ke

file data (Semua KUK)

Buatlah program yang :

1. Merandom 20 nilai mahasiswa.

2. Menunggu pilihan dari user.

* Bila user memilih pilihan pertama, maka urutkan data berdasarkan NIM.

* Bila user memilih pilihan kedua, maka urutkan data berdasarkan  nilai

mahasiswa menaik ( ascending ).

* Bila user memilih pilihan ketiga, maka urutkan data berdasarkan nilai

mahasiswa menurun ( descending ).

* Bila user memilih pilihan keempat, maka cetak data di layar ke  dalam file.

* Bila user memilih pilihan kelima, maka program berakhir.

3. Kembali ke langkah ke-1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3  Daftar Check Unjuk Kerja (Praktek)

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR02.002.01

Judul Unit

Algoritma Pemrograman Tingkat Lanjut

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1. Menggunakan Array Multi Dimensi     1.1  Algoritma array multi dimensi dibuat dan dijelaskan

 

   

1.2 Matrik 2D, 3D dibuat dalam bentuk penjumlahan, pengurangan, perkalian dsb.

 

1.3 Algoritma pembacaan, pengisian, pengubahan dan penghapusan data dalam array multi dimensi dibuat dan ditunjukkan.

 

2. Menggunakan prosedur dan fungsi

2.1  Algoritma program dibuat dengan prosedur

 

2.2 Algoritma program dibuat dengan fungsi.

 

 

2.3 Algoritma program dibuat dengan prosedur dan fungsi.

 

3. Menggunakan library pemrograman grafik

3.1 Algoritma program dibuat dengan libraryberbasis grafik.

3.2 Algoritma pemrograman dengan grafik (gambar sederhana) berbentuk 2D dan 3D dibuat.

3.3 Algoritma pemrograman animasi dibuat dengan grafik (gambar sederhana).

Kondisi Unjuk Kerja

Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

Testimoni

artikel lainnya Membuat Algoritma Pemrograman Lanjut TIK.PR02.002.01



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Tuesday 22 October 2013 | blog

Nomor                  : 001/RJ/PEMB/IX/2013 Kepada                                  : Departemen Periklanan CV. Kayamara Mulia Sejahteran Perihal                  ReadMore >>Testimoni Related…

Sunday 1 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR JARINGAN KOMPUTER DAN SISTEM ADMINISTRASI     MENGOPTIMASI…

Monday 8 December 2014 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA     MENILAI KEBUTUHAN PELATIHAN SESUAI…

Wednesday 14 January 2015 | blog

Saya , SYAHRINI mahasiswa Pendidikan Akuntansi yang saat ini sedang mengadakan penelitian dalam rangka menyusun skripsi…