Advertisement
loading...

 

 

Advertisement

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER

 

MEMBUAT ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR

TIK.PR02.001.01

 

 

 

 

 

BUKU KERJA

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………. 1

 

BAB I    STANDAR KOMPETENSI………………………………………………………………. 2

 

1.1.           Unit Kompetensi yang Dipelajari …………………………………………  2

1.1.1        Judul dan Kode Unit ………………………………………………  2

1.1.2        Deskripsi Unit ……………………………………………………..  2

1.1.3        Kemampuan Awal …………………………………………………  2

1.1.4        Elemen Kompetensi ………………………………………………  2

1.1.5        Kriteria Unjuk Kerja ………………………………………………  2

1.1.6        Batasan Variabel …………………………………………………..  4

1.1.7        Panduan Penilaian ………………………………………………..  4

1.1.8        Kompetensi Kunci ………………………………………………… 6

 

BAB II   TAHAPAN BELAJAR ……………………………………………………………………  7

 

BAB III  TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA ………………………………………………….  8

3.1         Tugas Tertulis ……………………………………………………………………. 13

3.2         Tugas unjuk kerja ……………………………………………………………….. 20

3.3         Daftar cek unjuk kerja ………………………………………………………….. 21

 

Buku-buku Referensi untuk bahan pelatihan yang telah direkomendasikan:

-                  Data Buku Pendukung Teori

 

 

 

 

BAB I

STANDAR KOMPETENSI

 

  KODE UNIT                    : TIK.PR02.001.01

                                           

                                         JUDUL UNIT      : Membuat Algoritma Pemrograman Dasar

                                                                

                                                          DESKRIPSI UNIT :

 

Unit ini menentukan kompetensi yang diperlukan untuk  mempelajari algoritma yang akan diterapkan pada program, tidak tergantung bahasa pemrograman yang akan digunakan. Algoritma pemrograman merupakan materi dasar yang harus dikuasai oleh setiap programer.

Untuk tingkat dasar ini penekanan kepada penguasaan algoritma dengan struktur data yang sederhana (melibatkan variabel statik)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Menjelaskan varian dan invarian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1   Tipe data, variabel, konstanta dan  parameter yang berlaku umum pada  pemrograman dijelaskan.

 

1.2   Tipe data baru dan tipe data yang ada dibuat dan dijelaskan pemanfaatannya.

 

1.3    Pemakaian nama pada tipe data, variabel, konstanta dan parameter dijelaskan

 

02     Membuat alur logika pemrograman  

2.1    Algoritma dengan skema program   sekuensial dibuat.

 

 

 

2.2    Algoritma dengan skema program percabangan dibuat.

 

2.3    Algoritma dengan skema program pengulangan dibuat.

 

03     Menerapkan pengelolaan array  

3.1    Algoritma dibuat dengan array atau dimensi.

 

3.2    Algoritma pencarian data dan algoritma pengurutan data (sorting) dibuat dengan menggunakan array.

 

04     Memelihara pekerjaan secara praktis  

4.1    Algoritma program penulisan data dan pembacaan data ke dalam media penyimpanan data berupa hard disk, floppy disk atau lainnya dibuat dan ditunjukkan.

 

4.2    Algoritma program pembacaan dan penulisan data dalam file dibuat secara sekuensial dan indeks.

 

 

 

 BATASAN VARIABEL

 

  1. Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Menjaga etika bersifat internal pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

 PANDUAN PENILAIAN

 

  1. 1.           Pengetahuan dan keterampilan penunjang untuk mendemontrasikan kompetensi, memerlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini :

 

1.1                   Pengetahuan dasar :

1.1.1   Matematika dasar dan matematika logika

1.1.2   Flowchart dan dasar pemrograman

 

1.2        Keterampilan dasar

Mengoperasikan sistem computer

 

  1. 2.           Konteks penilaian

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau di tempat lain secara teori dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal.

 

  1. Aspek penting penilaian

Aspek yang harus diperhatikan:

3.1     Kemampuan mengidentifikasi varian dan invarian yang berlaku umum pada pemrograman.

3.2     Kemampuan mengidentifikasi alur logika pemrograman sekuensial dan membuat algoritma.

3.3     Kemampuan mengidentifikasi pengelolaan array pada program.

3.4     Kemampuan menyimpan program ke dalam media penyimpanan.

3.5     Kemampuan membuat program membaca dan menulis data ke dalam file secara sekuensial dan indeks.

 

4.     Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1     Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dalam unit-unit kompetensi yang berkaitan dengan dasar-dasar teknologi informasi yaitu mengoperasikan PC dan sistem informasi.

4.2     Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/khusus, pelatihan harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

Kompetensi Kunci

 

No Kompetensi Kunci Dalam Unit ini Tingkat
1 Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi 1
2 Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi 2
3 Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas 2
4 Bekerja dengan orang lain dan kelompok 1
5 Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 3
6 Memecahkan masalah 2
7 Menggunakan teknologi 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TAHAPAN BELAJAR

 

Langkah-langkah/tahapan belajar

  • Penyajian bahan, pengajaran, peserta dan penilai harus yakin dapat memenuhi seluruh rincian yang tertuang dalam standar kompetensi.
  • Isi perencanaan merupakan kaitan antara criteria unjuk kerja dengan pokok-pokok keterampilan dan pengetahuan.
  • Peserta harus mengenali berbagai sintaks yang digunakan
  • Peserta juga harus memiliki melatih kemampuan logika pemrograman yang benar
  • Belajar membuat program yang benar dan efiesien

 

K U K

Indikator Kerja

Tahapan Belajar

Sumber

1.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe data, variabel, konstanta dan parameter yang berlaku umum pada pemrograman dijelaskan. Mengetahui tentang tipe – tipe data dasar, variabel dan konstanta serta penggunaanya dalam program.

 

  • Mencari informasi tentang dasar –dasar algoritma dan pemrograman.
  • Mencari informasi di buku dan internet.

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++3.1
  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.
 

  • Internet

 

 

Mengetahui penulisan variabel dengan benar.
Mampu memilih tipe data yang tepat untuk menyelesaikan masalah
1.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe data baru dan tipe data yang ada dibuat dan dijelaskan pemanfaatannya.

 

 

Mampu mengaplikasikan tipe – tipe data yang telah dipelajari dalam menyelesaikan sebuah masalah.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 

  • Internet

 

 

1.3 Pemakaian nama pada tipe data, variabel, konstanta dan parameter dijelaskan. Mengetahui tata cara penamaan dan aturan dalam pendeklarasian kode program.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 

  • Internet

 

2.1

 

 

Algoritma dengan skema program   sekuensial dibuat Mengetahui konsep dasar dari eksekusi sebuah instruksi pada program.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Internet

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 

2.2

 

 

Algoritma dengan skema program   percabangan dibuat Mengetahui dasar dari percabangan dan mampu mengaplikasikan pada penulisan program.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Internet

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 

2.3

 

 

Algoritma dengan skema program   pengulangan dibuat Mengetahui dasar dari percabangan dan mampu mengaplikasikan pada penulisan program.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Internet

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 

3.1

 

 

Algoritma dibuat dengan array atau dimensi.

 

Mengetahui konsep dasar dari struktur data array dan aturan – aturan yang harus diperhatikan dalam penulisan kode program.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Internet

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 

3.2

 

 

Algoritma pencarian data dan algoritma pengurutan data (sorting) dibuat dengan menggunakan array.

 

 

Mengetahui konsep dasar algoritma pengurutan data dasar dan mampu mengimplementasikan pada struktur data array.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Internet

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 

4.1

 

 

Algoritma program penulisan data dan pembacaan data ke dalam media penyimpanan data berupa hard disk, floppy disk atau lainnya dibuat dan ditunjukkan Mengetahui konsep dasar dari pengelolaan file dan mengetahui fungsionalitas yang dapat dilakukan dalam melakukan pengelolaan file.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Internet

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 

4.2

 

 

Algoritma program pembacaan dan penulisan data dalam file dibuat secara sekuensial dan indeks.

 

Mengetahui konsep dasar dari pembacaan file secara sekuensial dan menggunakan indeks.
  • Membaca buku dasar – dasar algoritma dan pemrograman

 

  • Melakukan praktek penulisan program dasar menggunakan Borland C++ 3.1

 

  • Internet

 

  • Buku tentang dasar – dasar algoritma dan Pemrograman.

 


 

BAB III

TUGAS TEORI DAN UNJUK KERJA

 

3.1. Tugas Tertulis

 

Tugas tertulis dapat digunankan oleh panitia untuk mengidentifikasi kesiapan Anda untuk melaksanakan penilaian unjuk kerja.

 

Penilaian akan menggunakan satu atau lebih pertanyaan untuk setiap elemen, jika penilai kurang puas dengan kesiapan Anda dalam melakukan Penilaian Unjuk Kerja, maka rencana pelatihan atau Penilaian Unjuk Kerja  ulang /remidial akan dibicarakan antara Anda dengan Penilai.

 

  1. Yang bukan merupakan struktur dasar Algoritma adalah (KUK 1.1):

a. Sequence

b. Selection

c. Repetition

d. Choosing

 

  1. Sebuah variabel untuk menampung jumlah siswa dalam sebuah kelas yang memilikii jumlah murid 100 siswa. Tipe data apa yang paling tepat digunakan (KUK 1.1) :

a. tipe bilangan bulat

b. tipe bilangan riil

c. tipe booelan

d. tipe karakter

 

 

  1. Terdapat 2 buah variabel string A =  “ALGORITMA dan B =  “PEMROGRAMAN”, kemudian dilakukan operasi penjumlahan antara kedua buah variabel A dan B tersebut. Bagaimanakah hasil akhirnya (KUK 1.2) :

a. error. Tidak dapat menggabungkan kalimat

b. “ALGORITMAPEMROGRAMAN”

c. “ALGORITMA PEMROGRAMAN”

d. “AB”

 

  1. Terdapat 2 buah string : “aku” dan “AKU”. Di antara kedua variabel tersebut dilakukan operator perbandingan, apakah hasil yang diperoleh (KUK 1.2) :

a. error. Tidak dapat membandingkan kalimat

b. “aku” akan lebih kecil dari “AKU”

c. “AKU” akan lebih kecil dari “aku”

d. memberikan hasil -1

 

  1. Pilihlah salah satu penamaan variabel yang tepat sesuai dengan aturan – aturan penamaan yang benar (KUK 1.3) :

a. jumlah mahasiswa

b. jumlah_mahasiswa

c. jumlah-mahasiswa

d. %jumlah_mahasiswa

 

 

 

 

  1. Sebuah variabel yang memiliki nilai yang tetap selama program berlangsung disebut sebagai (KUK 1.1) :

a. operator

b. konstanta

c. identifier

d. tipe data

 

  1. Terdapat operasi logika terhadap variabel bertipe booelan, pilihlah hasil yang salah dibawah ini :  (kondisi awal A = true dan B = true) (KUK 1.2)

a. A && B hasilnya adalah “true”

b. A && B hasilnya adalah “false”

c. A or B hasilnya adalah “true”

d. A xor B hasilnya adalah “false”

 

  1. Salah satu struktur dasar dari Algoritma Pemrograman adalah sequence / runtunan. Manakah pernyataan dibawah ini yang tepat (KUK 2.1):

a. Setiap instruksi akan dijalankan sesuai keinginan komputer

b. Setiap instruksi akan dijalankan sesuai dengan urutan yang ada

c. Setiap instruksi akan dijalankan secara acak

d. Setiap instruksi akan dijalankan sesuai urutan apabila terdapat proses pengulangan di dalamnya

 

 

 

 

  1. Kemampuan komputer untuk melakukan proses perhitungan dalam jumlah yang besar dan berulang kali tanpa berhenti disebut (KUK 2.3) :

a. Pengulangan

b. Runtunan

c. Percabangan

d. Abstraksi

 

10. Kemampuan komputer untuk menjalankan setiap instruksi dari awal sesuai dengan urutan hingga instruksi terakhir disebut (KUK 2.1):

a. Runtunan / Sequence

b. Polymorphism

c. Pengulangan

d. Percabangan

 

11. Sebuah variabel A memiliki nilai = 10, dan akan dilakukan pengulangan dengan struktur WHILE – DO dengan kondisi selama nilai variabel A < 10, maka pengulangan akan tetap dijalankan. Di dalam tubuh perulangan terdapat instruksi untuk mencetak nilai A dan menambahkan 1 setiap instruksi dijalankan. Berapakah nilai yang tercetak di layar ? (KUK 2.3)

a. tidak sama sekali. Karena nilai A sudah mencapai nilai 10.

b. Nilai 10.

c. Nilai 10 hingga 19.

d. Nilai 10 hingga 20.

 

 

 

12. Ketika sebuah program memanggil prosedur yang ada dalam dirinya sendiri secara terus menerus, maka ini dinamakan (KUK 2.3) :

a. Rekursif

b. Polymorphism

c. Pengulangan

d. Percabangan

 

13. Apakah array itu (KUK 3.1) :

a. Array adalah variabel yang sejenis dan jumlahnya hanya satu.

b. Array adalah sebuah konstanta yang berarti nilainya akan tetap sama selama program berjalan.

c. Array adalah tipe data terstruktur yang berupa kumpulan data dengan tipe data dasar yang sama, dan jumlahnya tergantung saat awal pendeklarasian.

d. Array adalah tipe data terstruktur yang berupa kumpulan data dengan tipe data dasar yang sama, dan jumlahnya dideklarasikan secara acak oleh komputer saat proses berlangsung.

 

14. Terdapat sebuah variabel array dengan tipe bilangan bulat, dideklarasikan sebanyak 10 buah. Manakah yang benar dalam mendeklarasikan variabel array dibawah ini (KUK 3.1) :

a. int [10]

b. int A[10]

c. A[10]

d. A_10

 

 

15. Proses untuk mengurutkan data dalam sebuah struktur data array disebut sebagai (KUK 3.2):

a. Encapsulation

b. Sorting

c. Inheritance

d. Pengulangan

 

16. Algoritma pengurutan yang memuat seluruh data yang akan diurutkan ke dalam memori komputer, disebut sebagai algoritma (KUK 3.2) :

a. Algoritma Sorting Eksternal

b. Algoritma Sorting Internal

c. Merge Sort

d. Pengurutan array 2 dimensi

 

17. Algoritma pengurutan yang memecah data menjadi beberapa bagian dan mengurutkan secara serta menggabungkan kembali saat data sudah terurut, disebut sebagai algoritma (KUK 3.2) :

a. Algoritma Sorting Eksternal

b. Algoritma Sorting Internal

c. Merge Sort

d. Pengurutan array 2 dimensi

 

 

 

 

18. Algoritma yang selalu membagi 2 data pada setiap pengurutan data, disebut sebagai algoritma (KUK 3.2):

a. Algoritma Sorting Eksternal

b. Algoritma Binary Search

c. Algoritma Linier Search

d. Algoritma Radix Search

 

19. Sekumpulan karakter yang disusun dalam baris – baris yang berpindah dari satu media ke media lain dalam sistek komputer disebut (KUK 4.1) :

a. Struktur Data

b. Tipe Data

c. File Stream

d. Array

 

20. Struktur file yang berisi data – data ASCII sehingga dapat ditampilkan di layar apa adanya disebut (KUK 4.1):

a. File Biner

b. File Teks

c. Tipe Data Array

d. Struktur Data

 

21. Struktur file yang berupa byte stream sehingga tidak dapat ditampilkan apa adanya di layer, disebut sebagai (KUK 4.1) :

a. File Biner

b. File Teks

c. Tipe Data Array

d. Struktur Data

 

22. Setiap karakter dalam file biner akan memiliki ukuran sebesar (KUK 4.1) :

a. 1 Byte

b. 1 Bit

c. 1 KByte

d. Tidak terbatas dan sesuai dengan kebutuhan.

 

23. Mekanisme dalam melakukan manipulas file pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu (KUK 4.1) :

a. Open File – Manipulasi File – Close File

b. Open File – Manipulasi File (Otomatis akan di close saat tidak dipakai)

c. Open File – Sorting File – Manipulasi File – Close File

d. Tergantung dari kebutuhan dan dapat berubah – ubah.

 

3.2 Tugas unjuk kerja

 

  1. Buatlah pseudocode program untuk meminta inputan dari pengguna menggunakan keyboard dan memeriksa apakah yang diinput berupa bilangan atau bukan  dan menampilkan apakah bilangan tersebut ganjil atau genap. (KUK 1.1)
  2. Tuliskan kode program dalam bahasa C untuk mengurutkan data 2,5,7,8,10,23,4,5,16 dalam algoritma selection sort. (KUK 3.2)

 

  1. Tuliskan kode program dalam bahasa C untuk proses algoritma sorting menggunakan algoritma bubble sort. (KUK 3.2)
  2. Buatlah sebuah runtunan algoritma untuk menghitung bilangan prima (bilangan yang hanya habis dibagi 2 dan bilangan itu sendiri)
  3. Buatlah pseudocode program untuk menampilkan bilangan ganjil dan genap dari 100 hingga 200. (KUK 1.1)
  4. Tulislah sebuah kode program dalam bahasa C untuk menuliskan kalimat “Selamat Belajar Algoritma Pemrograman” ke dalam file testing.txt (Semua KUK)
  5. Bacalah file tersebut lagi dan tampilkan isinya ke layar monitor. (Semua KUK)

 

 

3.3 Daftar Check Unjuk Kerja (Praktek)  

Demonstrasikan validitas perencanaan berkaitan komponen standar kompetensi

 

Kode unit

: TIK.PR02.001.01

Judul Unit

Algoritma dan Pemrograman Tingkat Dasar

Nomor Elemen

Ya

Tidak

KUK

Ya

Tidak

1.  Menjelaskan varian dan invarian

1.1 Tipe data, variabel, konstanta dan  Parameter yang berlaku umum pada  pemrograman dijelaskan.

1.2  Tipe data baru dan tipe data yang ada dibuat dan dijelaskan pemanfaatannya.

1.3  Pemakaian nama pada tipe data, variabel, konstanta dan parameter dijelaskan.

2.  Membuat alur logika pemrograman

2.1  Algoritma dengan skema program   sekuensial dibuat

2.2  Algoritma dengan skema program percabangan dibuat

2.3  Algoritma dengan skema program pengulangan dibuat

3.  Menerapkan pengelolaan array

3.1 Algoritma dibuat dengan array atau dimensi.

3.2  Algoritma pencarian data dan algoritma pengurutan data (sorting) dibuat dengan menggunakan array.

 

4.  Memelihara pekerjaan secara praktis

4.1  Algoritma program penulisan data dan pembacaan data ke dalam media Penyimpanan data berupa hard disk, floppy disk atau lainnya dibuat dan ditunjukkan.

 

4.2 Algoritma program pembacaan dan penulisan data dalam file dibuat secara sekuensial dan indeks.

  Kondisi Unjuk Kerja

 
  Penunjang Ketrampilan dan Pengetahuan

 
  Aspek – aspek penting dalam Pengujian

 

 

Testimoni

Filed under : blog, tags:
SLIDESERAGAMBATIK